BREAKING NEWS

Watsapp

Friday, August 20, 2021

TOLERANSI DAN MENGHARGAI PERBEDAAN

KAMIS, 26 AGUSTUS 2021

KELAS 9 BAB 2 PERTEMUAN KE 2 

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Macam-Macam Bentuk Tanda Waqaf Di Dalam Mushaf Al Qur’an

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh.

  1. KEGIATAN LITERASI
  2. Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Macam-Macam Bentuk Tanda Waqaf Di Dalam Mushaf Al Qur’an.

  3. CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
  4. Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Macam-Macam Bentuk Tanda Waqaf Di Dalam Mushaf Al Qur’an.

  5. COLLABORATION (KERJASAMA)
  6. Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Macam-Macam Bentuk Tanda Waqaf Di Dalam Mushaf Al Qur’an.

  7. COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
  8. Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

  9. CREATIVITY (KREATIVITAS)
  10. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Macam-Macam Bentuk Tanda Waqaf Di Dalam Mushaf Al Qur’an. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami.


Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. 


Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.


J. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
  • Penilaian yang akan dilakukan diantaranya penilaian skala sikap, penilaian “Membaca dengan Tartil”, penilaian tes uraian serta penilaian diskusi.


BAHAN AJAR

Macam-Macam Bentuk Tanda Waqaf Di Dalam

Mushaf Al Qur’an

pemahaman q.s. al-hujurat/49: 13 dan hadis terkait.



TENTUKAN HUKUM BACAAN TAJWID DARI

MUFRODAT ARTI KATA DIBAWAH INI يَٰٓأَيُّهَا             = wahai

ٱلنَّاسُ          = manusia إِنَّ.             = sesungguhnya kami خَلَقْنَٰكُم.        = kami menciptakan kalian مِّن              = dari ذَكَرٍ            = laki laki وَأُنثَىٰ         = dan perempuan وَجَعَلْنَٰكُمْ     = Dan kami ciptakan شُعُوبًا        = Berbangsa bangsa وَقَبَآئِلَ         = dan bersuku suku لِتَعَارَفُوٓا۟      = supaya saling mengenal إِنّ َ             = sesungguhnya أَكْرَمَكُمْ       = paling mulia diantara kamu عِند َ            = disisi الـلَّـهِ            = Allah أَتْقَىٰكُمْ = orang paling bertakwa diantara kalian إِنّ َ             = sesungguhnya الـلَّـه ِ         = Allah عَلِيم ٌ         = sangat mengetahui خَبِيرٌ         = maha mengetahui




TUGAS KE 2 UNTUK KELAS 9

1. ALIHKAN TULISAN ARTI DAN MUFRODAT

KATA SESUAI SKEMA DIATAS DALAM BUKU

TULISMU


2. CARIKAN DAN TENTUKAN HUKUM BACAAN

TAJWID DAN TANDA WAQOF DARI KATA

MUFRODAT DIATAS SEPERTI KATA ANNAASU

TERDAPAT HURUF ALIF LAM KEMUDIAN

DITENTUKAN ALIF LAM SYAMSIAH

APA ALIF LAM QOMARIYAH

DAN KALIMAT KALIMAT LAINNYA.


3. SEBAGAI BUKTI TELAH MENGERJAKAN

TUGAS KALIAN DIATAS, SILAHKAN KLIK

MENJAWAB SOAL BERIKUT INI.




Share this:

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes