KELAS 9 BAB 2 PERTEMUAN KE 2
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Macam-Macam Bentuk Tanda Waqaf Di Dalam Mushaf Al Qur’an
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh.
- KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Macam-Macam Bentuk Tanda Waqaf Di Dalam Mushaf Al Qur’an.
- CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Macam-Macam Bentuk Tanda Waqaf Di Dalam Mushaf Al Qur’an.
- COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Macam-Macam Bentuk Tanda Waqaf Di Dalam Mushaf Al Qur’an.
- COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
- CREATIVITY (KREATIVITAS)
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Macam-Macam Bentuk Tanda Waqaf Di Dalam Mushaf Al Qur’an. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami.
Penilaian yang akan dilakukan diantaranya penilaian skala sikap, penilaian “Membaca dengan Tartil”, penilaian tes uraian serta penilaian diskusi.
Macam-Macam Bentuk Tanda Waqaf Di Dalam
Mushaf Al Qur’an
pemahaman q.s. al-hujurat/49: 13 dan hadis terkait.
.
TENTUKAN HUKUM BACAAN TAJWID DARI
MUFRODAT ARTI KATA DIBAWAH INI يَٰٓأَيُّهَا = wahai
ٱلنَّاسُ = manusia إِنَّ. = sesungguhnya kami خَلَقْنَٰكُم. = kami menciptakan kalian مِّن = dari ذَكَرٍ = laki laki وَأُنثَىٰ = dan perempuan وَجَعَلْنَٰكُمْ = Dan kami ciptakan شُعُوبًا = Berbangsa bangsa وَقَبَآئِلَ = dan bersuku suku لِتَعَارَفُوٓا۟ = supaya saling mengenal إِنّ َ = sesungguhnya أَكْرَمَكُمْ = paling mulia diantara kamu عِند َ = disisi الـلَّـهِ = Allah أَتْقَىٰكُمْ = orang paling bertakwa diantara kalian إِنّ َ = sesungguhnya الـلَّـه ِ = Allah عَلِيم ٌ = sangat mengetahui خَبِيرٌ = maha mengetahui
1. ALIHKAN TULISAN ARTI DAN MUFRODAT
KATA SESUAI SKEMA DIATAS DALAM BUKU
TULISMU
2. CARIKAN DAN TENTUKAN HUKUM BACAAN
TAJWID DAN TANDA WAQOF DARI KATA
MUFRODAT DIATAS SEPERTI KATA ANNAASU
TERDAPAT HURUF ALIF LAM KEMUDIAN
DITENTUKAN ALIF LAM SYAMSIAH
APA ALIF LAM QOMARIYAH
DAN KALIMAT KALIMAT LAINNYA.
3. SEBAGAI BUKTI TELAH MENGERJAKAN
TUGAS KALIAN DIATAS, SILAHKAN KLIK
Post a Comment