Ngaji kitab At tibyaan
Halaman 106
قال العلماء ويستحب التأمين في الصلاة للإمام،والمأموم معه والمنفرد ويجهر الإمام والمنفرد بلفظ ( آمين ) في الصلاة الجهرية
Para ulama berpendapat : dianjurkan mengucapkan lafadz amin dalam shalat bagi imam dan makmum nya serta munfarid ( orang yang shalat sendiri an ) hendaknya imam dan munfarid mengeraskan pada shalat jahr.
واختلفوا في جهر المأموم ،والصحيح أنه يجهر والثاني لا يجهر والثالث يجهر إن كان جمعا كثيرا والا. فلا ، ويكون المأموم مع تأمين الإمام لا قبله ولا بعده لقول النبي صلى الله عليه وسلم في الصحيح
Para ulama berbeda pendapat di dalam perihal jahernya ( mengeraskan ) makmum , yang sahih : ia mengeraskan bacaannya .
Yang kedua : tidak perlu mengeraskan .
Yang ketiga : jaher jika jamaahnya banyak ,jika tidak maka tidak jaher
Hendaknya ucapan AMIN makmum bersamaan dengan ucapan amin imam , bukan sebelum maupun sesudahnya ,berdasarkan hadis Baginda Nabi saw dalam sebuah hadis sahih
اذا قال الامام ولا الضالين فقولوا آمين فمن وافق تامينه تامين الملائكة غفر له ما تقدم من ذنبه
Jika imam mengatakan waladh dhallin maka ucapkanlah AMIN barangsiapa ucapan amin nya bertepatan dengan ucapan amin para malaikat maka dihapuskan baginya dosa dosanya
وأما قوله صلى الله عليه وسلم في الحديث الصحيح اذا امن الامام فامنوا فمعناه إذا أراد التأمين
Adapun mengenai sabda Baginda Nabi saw dalam hadits , jika imam mengucapkan amin maka ucapkanlah amin
Maksudnya jika imam ingin mengucapkan amin
قال أصحابنا : وليس في الصلاة موضع يستحب أن يقترن قول المأموم بقول امام إلا في قوله امين وأما في الأقوال الباقية في تأخر قول المأموم
Para ulama berkata : dalam shalat tidak ada anjuran agar ucapan makmum bersamaan dengan ucapan imam kecuali perkataan amin, untuk perkataan lain makmum di akhirkan
Post a Comment