BREAKING NEWS

Watsapp

Wednesday, January 19, 2022

ZIYAROH KUBUR, BOLEHKAH

 Zirah Kubur, Bolehkah?


Dalam postingan sebelumnya, ada puluhan orang yang berdebat di kolom komentar. Perdebatannya terkait ziarah kubur. Mimin sama sekali tidak menanggapi, karena tahu betul akun apa saja yang sebenarnya hanya sebagai perecok di akun ini. Bagi Nahdliyyin ziarah kubur sudah budaya, tanpa ada perdebatan sama sekali.

Tapi biarkan saja, biar muncul perdebatan supaya logika berfikir dan semangat membaca para follower bertambah lagi.

Berikut kutipan hukum ziarah kubur yang dinukil dari assalaf_lirboyo. Silahkan disimak ya.

 كنتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرًا

“Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah),” (HR. Hakim).

Berdasarkan dalil dalam hadits di atas, telah jelas bahwa ziarah kubur adalah hal yang diperbolehkan bahkan tergolong sebagai hal yang dianjurkan (sunnah). Bahkan Imam Al-Ghazali mengatakan dalam Ihya’ Ulum ad-Dien nya, juz 4, hal. 521.

زيارة القبور مستحبة على الجملة للتذكر والاعتبار وزيارة قبور الصالحين مستحبة لأجل التبرك مع الاعتبار

“Ziarah kubur disunnahkan secara umum dengan tujuan untuk mengingat (kematian) dan mengambil pelajaran, dan menziarahi kuburan orang-orang shalih disunnahkan dengan tujuan untuk tabarruk(mendapatkan barakah) serta pelajaran,”

--

اللهم إني توكــلت علــيك وســلمـت أمــري إلـيك لا ملــجأ ولا منجى مـنك إلا إليــك

--

📷 Maqbaroh Agung Lirboyo, Akhusshu bidzikri Almarhum Almaghfurlah Simbah Yai Sepuh KH. Abdul Karim (Mbah Manab).

#alanu #alanumedia

Share this:

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes