PERBEDAAN ANTARA MASJID DAN MUSHOLLA
PENULIS/EDITOR : ANZAAY
Pengertian masjid.
Masjid
مَسْجِدٌ
التَّعْرِيفُ:
1 - الْمَسْجِدُ فِي اللُّغَةِ: بَيْتُ الصَّلاَةِ، وَمَوْضِعُ السُّجُودِ مِنْ بَدَنِ الإِْنْسَانِ وَالْجَمْعُ مَسَاجِدُ (1.
وَفِي الاِصْطِلاَحِ: عُرِّفَ بِتَعْرِيفَاتٍ كَثِيرَةٍ مِنْهَا: أَنَّهَا الْبُيُوتُ الْمَبْنِيَّةُ لِلصَّلاَةِ فِيهَا لِلَّهِ فَهِيَ خَالِصَةٌ لَهُ سُبْحَانَهُ وَلِعِبَادَتِهِ (2).
وَكُل مَوْضِعٍ يُمْكِنُ أَنْ يُعْبَدَ اللَّهُ فِيهِ وَيُسْجَدَ لَهُ (3) ، لِقَوْلِهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: جُعِلَتْ لِي الأَْرْضُ مَسْجِدًا وَطَهُورًا (4).
وَخَصَّصَهُ الْعُرْفُ بِالْمَكَانِ الْمُهَيَّأِ لِلصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ، لِيَخْرُجَ الْمُصَلَّى الْمُجْتَمَعِ فِيهِ لِلأَْعْيَادِ وَنَحْوِهَا، فَلاَ يُعْطَى حُكْمَهُ، وَكَذَلِكَ الرُّبُطُ وَالْمَدَارِسُ فَإِنَّهَا هُيِّئَتْ لِغَيْرِ ذَلِكَ (5.
الجامع
أ - الْجَامِعُ
2 - مِنْ مَعَانِي الْجَامِعِ فِي اللُّغَةِ: أَنَّهُ الْمَسْجِدُ الَّذِي تُصَلَّى فِيهِ الْجُمُعَةُ، وَسُمِّيَ بِذَلِكَ لأَِنَّهُ جَمَعَ النَّاسَ لِوَقْتٍ مَعْلُومٍ (1).
وَلاَ يَخْرُجُ الْمَعْنَى الاِصْطِلاَحِيُّ عَنْ هَذَا الْمَعْنَى (2.
وَالصِّلَةُ بَيْنَهُمَا هِيَ أَنَّ الْجَامِعَ أَخَصُّ مِنَ الْمَسْجِدِ.
Pengertian
Perbedaan antara masjid dan musholla dalam beberapa hal segi hukumnya adalah sebagai berikut:
Menurut Imam Nawawi: "Pendapat terkuat adalah sesungguhnya kepemilikan barang yang diwakafkan adalah dialih kuasakan kepada Allah SWT, artinya harus dijauhkan dari kepentingan tertentu yang sifatnya haqqul adamy. Dengan demikian, tidak ada lagi ikatan (kepemilikan) antara si pewakaf dan barang yang diwakafkan lagi.
Adapun musholla, maka hukumnya sah bila kondisinya adalah dinisbahkan kepemilikannya terhadap orang tertentu, dan shah (boleh) juga si pemilik menjualnya atau menukar gulingkan nya ke tempat lain, bahkan sah/boleh juga bila tempat tersebut diambil jasa/upah.
Kedua: Haram bagi perempuan haid atau junub berdiam di dalam masjid, sebaliknya mereka berdua boleh diam di dalam musholla.
Menurut Imam Nawawi: Haram bagi perempuan junub sesuatu yang diharamkan bagi penyandang hadats, berdiam di masjid, namun tidak bila sekedar lewat.
Ketiga, I'tikaf dan tahiyatul masjid tidak shah keduanya selain di masjid. Syekh Khatib Asy Syarbini berkata: Sebagian dari ibadah tidak membutuhkan ta'alluqnya dengan masjid kecuali 3 hal, yaitu: tahiyatul masjid, i'tikaf dan thawaf.
Musholla
المصلى
ب - الْمُصَلَّى
3 - الْمُصَلَّى فِي اللُّغَةِ بِصِيغَةِ اسْمِ الْمَفْعُول: مَوْضِعُ الصَّلاَةِ أَوِ الدُّعَاءِ (3).
وَيُرَادُ بِهِ فِي الاِصْطِلاَحِ الْفَضَاءُ وَالصَّحْرَاءُ (4) ، وَهُوَ الْمُجْتَمَعُ فِيهِ لِلأَْعْيَادِ وَنَحْوِهَا (5).
وَالصِّلَةُ بَيْنَ الْمَسْجِدِ وَالْمُصَلَّى أَنَّ الْمُصَلَّى أَخَصُّ مِنَ الْمَسْجِدِ.
Post a Comment