BREAKING NEWS

Watsapp

Monday, August 8, 2022

AMALKAN HARI ASYURA DARI KITAB IANATUT THOLIBIN

 Amalan Hari Asyura dari kitab I'anatut Thalibiin.

Terjemahan I'anatut Thalibin Juz 2 Hal 266-267

Dalam kitab Fathul Mu’in Syaikh Zainuddin Al-Malibari menuturkan:

(و) يوم (عاشوراء): وهو عاشر المحرم، لأنه يكفر السنة الماضية - كما في مسلم -.

Dan disunnahkan muakkad berpuasa Asyura. Asyura adalah hari kesepuluh Muharram. Karena berpuasa Asyura menghapus tahun yang lewat sebagaimana dalam shahih Muslim

(وتاسوعاء): وهو تاسع، لخبر مسلم: لئن بقيت إلى قابل لأصومن التاسع. فمات قبله.

Dan disunnahkan muakkad berpuasa Tasu’a. Tasu'a adalah hari kesembilan Muharram. Karena khabar Imam Muslim:

“Sungguh jika aku masih hidup hingga tahun depan, sungguh-sungguh aku akan berpuasa di hari kesembilan.”

Beliau wafat sebelumnya.

وَالْحِكْمَةُ مُخَالَفَةُ الْيَهُوْدِ وَمِنْ ثَمَّ سُنَّ لِمَنْ لَمْ يَصُمْهُ صَوْمُ الْحَادِيَ عَشَرَ بَلْ إِنْ صَامَهُ لِخَبَرٍ فِيْهِ

Hikmah berpuasa Tasu’a bersama Asyura adalah menyelisihi yahudi.

Oleh karenanya bagi orang yang tidak berpuasa Tasu’a agar berpuasa hari kesebelas, bahkan seandainya dia berpuasa Tasu’a (juga disunnahkan berpuasa hari kesebelas) karena adanya khabar (hadits) didalamnya

وَفِي الْأُمِّ لَا بَأْسَ أَنْ يُفْرِدَهُ

Didalam kitab al Umm (diterangkan): Tidak apa-apa menyendirikan puasa Asyura

وَأَمَّا أَحَادِيْثُ الْإِكْتِحَالِ وَالْغُسْلِ وَالتَّطَيُّبِ فِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ فَمِنْ وَضْعِ الْكَذَّابِيْنَ

Adapun hadits-hadits (yang menerangkan) keutamaan bercelak, mandi dan memakai wangi-wangian, itu adalah termasuk bikinan pendusta

======

Kentar kitab I'anatut Thalibin syekh Abu Bakar Syatho menuturkan:

( قَوْلُهُ وَأَمَّا أَحَادِيْثُ الْإِكْتِحَالِ إِلَخْ )

(Perkataan pengarang Kitab Fathul Muin: Adapun hadits-hadits (yang menerangkan keutamaan bercelak…dst)

فِي النَّفَحَاتِ النَّبَوِيَّةِ فِي الْفَضَائِلِ الْعَاشُوْرِيَّةِ لِلشَّيْخِ اَلْعَدَوِيِّ مَا نَصُّهُ

Di Dalam kitab An Nafahat An Nabawiyyah Fil fadhail Al ‘Ashriyyah karya Syaikh Al ‘Adawi ditulis:

قَالَ الْعَلَّامَةَ اَلْأَجْهُوْرِيُّ أَمَّا حَدِيْثُ الْكَحْلِ فَقَالَ الْحَاكِمُ إِنَّهُ مُنْكَرٌ وَقَالَ ابْنُ حَجَرٍ إِنَّهُ مَوْضُوْعٌ بَلْ قَالَ بَعْضُ الْحَنَفِيَّةِ إِنَّ الْإِكْتِحَالَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ لَمَّا صَارَ عَلَامَةً لِبُغْضِ آلِ الْبَيْتِ وَجَبَ تَرْكُهُ

Al Allamah al Ajhuri berkata: Adapun hadits bercelak, Imam Hakim berkata bahwa itu hadits munkar. Sementara Imam Ibnu Hajar berpendapat itu hadits maudhu’..Bahkan sebagian ulama Hanafiyyah berkata, sesungguhnya bercelak pada hari Asyura, karena menjadi tanda kebencian kepada Ahlul bait maka wajib ditinggalkan

قَالَ وَقَالَ الْعَلَّامَةُ صَاحِبُ جَمْعِ التَّعَالِيْقِ يُكْرَهُ الْكَحْلُ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ لِأَنَّ يَزِيْدَ وَابْنَ زِيَادٍ اِكْتَحَلَا بِدَمِ الْحُسَيْنِ هَذَا الْيَوْمَ وَقِيْلَ بِالْإِثْمِدِ لِتَقَرَّ عَيْنُهُمَا بِفِعْلِهِ

Al Allamah Al ajhuri berkata:

Al Allamah Shahib kitab Jam'ul Ta'liq berkata: Dimakruhkan bercelak pada hari Asyura, karena Yazid dan Ibnu Ziyad, mereka berdua bercelak dengan darah Al Husain pada hari ini (hari Asyura), ada yang mengatakan mereka bercelak dengan itsmid, tujuan mereka berdua agar senang melihat perbuatannya itu

قَالَ الْعَلَّامَةُ اَلْأَجْهُوْرِيُّ وَلَقَدْ سَأَلْتُ بَعْضَ أَئِمَّةِ الْحَدِيِثِ وَالْفِقْهِ عَنِ الْكَحْلِ وَطَبْخِ الْحُبُوْبِ وَلُبْسِ الْجَدِيْدِ وَإِظْهَارِ السُّرُوْرِ فَقَالَ لَمْ يَرِدْ فِيْهِ حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَا عَنْ أَحَدٍ مِنَ الصَّحَابَةِ وَلَا اِسْتَحَبَّهُ أَحَدٌ مِنْ أَئِمَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ وَكَذَا مَا قِيْلَ إِنَّهُ مَنْ اِكْتَحَلَ يَوْمَهُ لَمْ يَرْمَدْ ذَلِكَ الْعَامَ

وَمَنْ اِغْتَسَلَ يَوْمَهُ لَمْ يَمْرَضْ كَذَلِكَ

Al Al Allamah Al Ajhuri berkata: Sungguh aku telah bertanya sebagian imam hadits dan fiqh mengenai bercelak, memasak biji-bijian, memakai pakaian baru, menampakkan kegembiraan, beliau menjawab: Dalam hal-hal tersebut tidak diriwayatkan hadits yang shahih dari Nabi shallallahu alaihi wasallam, dan juga tidak dari para sahabat, dan juga tidak ada satupun imam-imam muslimin yang menyunnahkannya.

Demikian juga apa yang dikatakan:

“Barang siapa bercelak pada hari Asyura maka tidak akan sakit matanya” dan: "Barang siapa mandi pada hari Asyura maka dia tidak akan sakit”

قَالَ وَحَاصِلُهُ أَنَّ مَا وَرَدَ مِنْ فِعْلِ عَشْرِ خِصَالٍ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ لَمْ يَصِحَّ فِيْهَا إِلَّا حَدِيْثُ الصِّيَامِ وَالتَّوْسِعَةِ عَلَى الْعِيَالِ وَأَمَّا بَاقِي الْخِصَالِ الثَّمَانِيَةِ فَمِنْهَا مَا هُوَ ضَعِيْفٌ وَمِنْهَا مَا هُوَ مُنْكَرٌ مَوْضُوْعٌ

Al Allamah Al Ajhuri berkata:

Walhasil, apa yang diriwayatkan berupa amalan sepuluh macam pada hari Asyura tidak ada yang shahih kecuali hadits berpuasa dan memberi kelonggaran atas keluarga. Adapun yang lainnya ada yang dhaif. Munkar dan maudhu’.

وَقَدْ عَدَّهَا بَعْضُهُمْ اِثْنَتَيْ عَشْرَةَ خَصْلَةً وَهِيَ اَلصَّلَاةُ وَالصَّوْمُ وَصِلَةُ الرَّحِمِ وَالصَّدَقَةُ وَالْإِغْتِسَالُ وَالْإِكْتِحَالُ وَزِيَارَةُ عَالِمٍ وَعِيَادَةُ مَرِيْضٍ وَمَسْحُ رَأْسِ الْيَتِيْمِ وَالتَّوْسِعَةُ عَلَى الْعِيَالِ وَتَقْلِيْمُ الْأَظْفَارِ وَقِرَاءَةُ سُوْرَةِ الْإِخْلَاصِ أَلْفَ مَرَّةٍ

Ulama menghitungnya menjadi dua belas macam, yaitu:

1. Shalat

2. Berpuasa

3.Silaturrahim

4. Bersedekah

5. Mandi

6. Bercelak

7. Mengunjungi orang alim

8. Menjenguk orang sakit

9. Mengusap kepala anak yatim

10. Memberi kelonggaran atas keluarga

11. Memotong kuku

12. Membaca surat Al Ikhlas seribu kali

ونظمها بعضهم فقال:

Dan sebagian ulama telah membuat Nadhoman ucapanya:

فِى يوْمِ عَاشُوْرَاءَ عَشْرٌ تَتَّصِلْ * بِهَا اثْنَتَانِ وَلهَاَ فَضْلٌ نُقِلْ 

Ada sepuluh amalan di dalam bulan ‘asyura, yang ditambah lagi dua amalan dan baginya keutamaan yang telah di ambil (dari Hadits)

صُمْ صَلِّ صَلْ زُرْ عَالمِاً عُدْ وَاكْتَحِلْ * رَأْسُ الْيَتِيْمِ امْسَحْ تَصَدَّقْ وَاغْتَسِلْ

Puasalah, shalatlah, sambung silaturahmi, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit dan celak mata. Usaplah kepala anak yatim, bersedekah, dan mandi,

وَسِّعْ عَلَى اْلعِيَالِ قَلِّمْ ظُفْرَا * وَسُوْرَةَ الْاِخْلاَصِ قُلْ اَلْفَ تَصِلْ 

Luaskanlah (dermawan) terhadap keluarga, memotong kuku, membaca surat al-Ikhlas 1000 kali.

(فائدة) عن أبي هريرة رضي الله عنه، قال: قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم -: إن الله عز وجل افترض على بين إسرائيل صوم يوم في السنة، وهو يوم عاشوراء، - وهو اليوم العاشر من المحرم - فصوموه ووسعوا على عيالكم فيه، فإنه من وسع فيه على عياله وأهله من ماله وسع الله عليه سائر سنته

“Dari Abi Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya Allah mewajibkan atas Bani Israil untuk berpuasa satu hari dalam setahun, yaitu hari asyura – yakni hari ke 10 dari bulan muharram – maka berpuasalah kalian, dan berilah kelonggaran nafkah pada orang yang menjadi tanggungan wajib kalian, karena barangsiapa memberi kelapangan nafkah di hari asyura dari hartanya maka dia akan diberi kelapangan oleh Allah di tahun itu, maka berpuasalah.

فصوموه فإنه اليوم الذي تاب الله فيه على آدم فأصبح صفيا، ورفع فيه إدريس مكانا عليا، وأخرج نوح من السفينة ونجا إبراهيم من النار، وأنزل الله فيه التوراة على موسى، وأخرج فيه يوسف من السجن، ورد فيه على يعقوب بصره، وفيه كشف الضر عن أيوب، وفيه أخرج يونس من بطن الحوت، وفيه فلق البحر لبني إسرائيل، وفيه غفر لداود ذنبه، وفيه أعطى الله الملك لسليمان، وفي هذا اليوم غفر لمحمد - صلى الله عليه وسلم - ما تقدم من ذنبه وما تأخر، وهو أول يوم خلق الله فيه الدنيا.

وأول يوم نزل فيه المطر من السماء يوم عاشوراء، وأول رحمة نزلت إلى الأرض يوم عاشوراء.

Lakukanlah puasa Asyura’, karena pada hari itu Allah :

1. Menerima taubat Nabi Adam, maka jadilah beliau orang yang bersih,

2. Allah mengeluarkan Nabi Nuh dari kapalnya,

3. Allah menyelamatkan Nabi Ibrahim dari kobaran api,

4. Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa,

5. Allah mengeluarkan Nabi Yusuf dari penjara,

6. Allah mengembalikan mata penglihatan Nabi Ya’qub,

7. Allah membebaskan Nabi Ayyub dari bencana (penyakit),

8. Allah mengeluarkan Nabi Yunus dari perut ikan,

9. Allah membelah lautan (menjadi daratan) bagi bani Israil,

10. Allah pada hari itu mengampuni dosa Nabi Daud,

11. Allah pada hari itu memberikan kerajaan kepada Nabi Sulaiman,

12. Allah pada hari itu mengampuni dosa-dosa Nabi Muhammad yang telah lalu maupun yang akan datang,

13. Hari Asyura’ adalah hari pertama yang Allah ciptakan dunia,

14. Pada hari Asyura’ Allah menurunkan hujan dari langit untuk pertama kalinya,

15. dan pada hari Asyura pertama kali rahmat Allah turun di bumi,

فمن صام يوم عاشوراء فكأنما صام الدهر كله، وهو صوم الأنبياء.

Barangsiapa berpuasa Asyura’, maka seakan-akan ia berpuasa sepanjang tahun. Puasa Asyura’ adalah puasanya para Nabi,

ومن أحيا ليلة عاشوراء بالعبادة فكأنما عبد الله تعالى مثل عبادة أهل السموات السبع.

Dan barangsiapa menghidupkan malam Asyura’ maka seakan-akan ia beribadah kepada Allah seperti ibadahnya para penghuni tujuh langit,

ومن صلى فيه أربع ركعات يقرأ في كل ركعة الحمد لله مرة، وقل هو الله أحد، إحدى وخمسين مرة، غفر الله له ذنوب خمسين عاما.

Barangsiapa shalat empat rakaat dan pada setiap rakaat ia membaca Alhamdulillah sekali dan Qul Huwallah Ahad 50 (lima puluh) kali, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya selama 50 tahun,

ومن سقى في يوم عاشوراء شربة ماء سقاه الله يوم العطش الأكبر كأسا لم يظمأ بعدها أبدا، وكأنما لم يعص الله طرفة عين.

Barangsiapa memberi seteguk air minum maka Allah akan memberikan kepadanya satu gelas minuman pada hari haus yang besar, yang mana dia tidak akan dahaga sesudah itu selamanya, dan seakan-akan ia tidak pernah bermaksiat kepada Allah sekejap pun,

ومن تصدق فيه بصدقة فكأنما لم يرد سائل قط.

Barangsiapa bersedekah dengan suatu sedekah pada hari Asyura’, maka seakan-akan ia tidak pernah menolak seorang pun yang meminta-minta,

ومن اغتسل وتطهر يوم عاشوراء لم يمرض في سنته إلا مرض الموت.

Barangsiapa mandi pada hari Asyura’, maka ia tidak akan mengalami sakit apapun kecuali kematian,

ومن مسح فيه على رأس يتيم أو أحسن إليه فكأنما أحسن إلى أيتام ولد آدم كلهم.

Barangsiapa tangannya mengusap kepala anak yatim atau berbuat baik kepadanya, maka seakan-akan ia ia telah berbuat baik kepada semua anak yatim bani Adam,

ومن عاد مريضا في يوم عاشوراء فكأنما عاد مرضى ولد آدم كلهم.

Dan barangsiapa menjenguk orang sakit pada hari Asyura’, maka seakan-akan ia telah menjenguk semua orang sakit dari keturunan nabi Adam,

وهو اليوم الذي خلق الله فيه العرش، واللوح، والقلم. وهو اليوم الذي خلق الله فيها جبريل، ورفع فيه عيسى. وهو اليوم الذي تقوم فيه الساعة.

Pada hari Asyura’ Allah menciptakan ‘Arsy, Lauh, Qalam, dan hari itu Allah menciptakan Jibril, dan mengangkat nabi Isa dan pada hari itu terjadinya kiamat.

[البكري الدمياطي ,إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ,2/267]

Sumber: Kitab I’anatut Thalibin Juz 2 hal 266-267 – As Sayyid Asy Syeikh Abu Bakar bin Muhammad Syatha

Wallahu a'lam.


Share this:

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes