SHOLAT JANAZAH PART 8
Posted by
MWC.NUGAR.ANZAAY
on
May 29, 2024
in
FIQIH SHOLAT
|
BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN
TERJEMAH FATHUL MU'IN
SHOLAT JANAZAH
PART 8
وَ الْمُعَتَمَدُ أَنَّهَا تَجْزِىءُ بَعْدَ غَيْرِ الْأُوْلَى خِلَافًا لِلْحَاوِيْ،
Menurut pendapat yang mu‘tamad: Pembacaan al-Fātiḥah boleh dikerjakan setelah takbir yang bukan takbir pertama, hal ini berbeda dengan yang ada dalam kitab al-Ḥāwī,
كَالْمُحَرَّرِ وَ إِنْ لَزِمَ عَلَيْهِ جَمْعُ رُكْنَيْنِ فِيْ تَكْبِيْرَةٍ وَ خُلُوِّ الْأُوْلَى عَنْ ذِكْرٍ.
seperti juga al-Muḥarrar, (33) sekalipun masalah di atas mengharuskan akan terjadi dua rukun berkumpul pada satu takbir dan setelah takbir pertama tidak ada dzikir apa-apa.
--------------
33).
هو للرافعی وهو اصل المنهج
Milik Imām Rāfi‘ī yang sekaligus menjadi kitab asli Minhāj. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal.125
Nurul ilmi.
----------------
وَ يُسَنُّ إِسْرَارٌ بِغَيْرِ التَّكْبِيْرَاتِ، وَ السَّلَامُ، وَ تَعَوُّذٌ، وَ تَرْكُ افْتِتَاحٍ، وَ سُوْرَةٌ، إِلَّا عَلَى غَائِبٍ أَوْ قَبْرٍ.
Sunnah membaca dengan suara rendah, kecuali ketika takbīr dan salām, dan sunnah membaca ta‘awwudz, Dan sunnah meninggalkan bacaan doa iftitāḥ dan surat, kecuali jika menshalati mayat yang ghaib atau sudah dikubur. (34)
---------------
34).
الصلاة على ميت غائب عن البلد أو ميت في قبر فيأتي بهما فيها، لانتفاء المعنى الذي شرع له التخفيف، وهو خوف نحو التغير.
ketika sholat ghoib dari daerah lain atau sholat atas mayit yang telah qubur sunnah baca ta,awudz dan doa iftitah,
Sebab telah hilangnya ma‘na disunnahkannya untuk mempercepat shalat ya‘ni takut mayat berubah baunya.
والمعتمد عند الجمال الرملي - تبعا لوالده والخطيب - عدم الاستثناء، فلا يسن الإتيان بهما مطلقا عندهما
Yang mu,tamad adalah pendapat AlJamal Ar Romli, mengikuti pendapat Ayahnya dan Al khotib, yaitu yidak adanya pengecualian, maka tidak di sunnahkan baca ta,awudz dan iftitah pada sholat ghoib dan dholat atas mayit yang telah dikubur.
I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 126
Nurul ilmi.
-----------------
(وَ) خَامِسُهَا: (صَلَاةٌ عَلَى النَّبِيِّ) (بَعْدَ تَكْبِيْرَةٍ ثَانِيَةٍ) أَيْ عَقِبَهَا، فَلَا تُجْزِىءُ فِيْ غَيْرِهَا.
(5. Membaca shalawat kepada Nabi s.a.w. sesudah takbīr yang kedua. Karena itu, tidaklah cukup jika sholawat kepada nabi dibaca setelah takbīr yang lain.
وذلك لفعل السلف والخلف، ولقوله عليه الصلاة والسلام: لا صلاة لمن لم يصل علي فيها، ولأنه أرجى للإجابة.
Karena itu mengikuti perbuatan ulamak salaf dan kholaf, dan adanya sabda Nabi SAW:
لا صلاة لمن لم يصل علي فيها،
وَ يُنْدَبُ ضَمُّ السَّلَامِ لِلصَّلَاةِ، وَ الدُّعَاءِ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَ الْمُؤْمِنَاتِ عَقِبَهَا، وَ الْحَمْدُ قَبْلَهَا.
Sunnah mengumpulkan وسلم dan صل kepada Nabi s.a.w. serta doa salamnya.
Contoh:
اللهم صل وسلم علی سيدنا محمد.
Dan Sunnah berdoa untuk orang-orang mu’min dan mu’minat setelah membaca shalawat dan membaca ḥamdalah sebelum shalawat.
(وَ) سَادِسُهَا: (دُعَاءٌ لِمَيِّتٍ) بِخُصُوْصِهِ وَ لَوْ طِفْلًا، بِنَحْوِ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَ ارْحَمْهُ، (بَعْدَ ثَالِثَةٍ)، فَلَا يُجْزِىءُ بَعْدَ غَيْرِهَا قَطْعًا.
(6. Berdoa khusus untuk mayat, (35) sekalipun mayatnya adalah kanak-kanak.
Misalnya mengucapkan: (اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَ ارْحَمْهُ) “Ya, Allah, ampunilah dan berilah rahmat mayat ini”, yang dilakukan setelah takbīr yang ketiga. Secara pasti, doa ini tidak mencukupi jika dibaca setelah takbir lainnya.
----------------
35).
أي لأنه المقصود الأعظم من الصلاة، وما قبله مقدمة له.
Sebab doa adalah tujuan utama dalam shalat mayit sedangkan sebelumnya hanya sebagai permulaan saja. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 126
Nurul ilmi
---------------
وَ يُسَنُّ أَنْ يُكْثِرَ مِنَ الدُّعَاءِ لَهُ، وَ مَأْثُوْرُهُ أَفْضَلُ، وَ أَوْلَاهُ مَا رَوَاهُ مُسْلِمٌ عَنْهُ وَ هُوَ: “اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَ ارْحَمْهُ، وَ اعْفُ عَنْهُ وَ عَافِهِ، وَ أَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَ وَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَ اغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَ الثَّلْجِ وَ الْبَرَدِ، وَ نَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَ أَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَ أَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَ زَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَ أَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَ فِتْنَتِهِ وَ مِنْ عَذَابِ النَّارِ”.
Sunnah memperbanyak doa untuk mayat. Doa yang ma’tsūr dari Nabi adalah lebih utama. Sedangkan yang lebih utama adalah doa riwayat Imām Muslim, yaitu: (اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَ ارْحَمْهُ، وَ اعْفُ عَنْهُ وَ عَافِهِ،…..) – sampai selesai – “Ya Allah, ampunilah dosanya, berilah dia rahmat, sejahterakan dirinya, muliakan tempatnya, luaskan jalan masuknya, mandikanlah dia dengan air salju dan embun; bersihkanlah kesalahan-kesalahannya, sebagaimana pakaian putih yang dibersihkan dari kotoran; gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik daripada rumahnya, ahli yang lebih bagus daripada ahlinya, istri yang lebih bagus daripada jodohnya; masukkanlah dia ke surga; dan selamatkanlah dia dari siksa kubur, fitnahnya serta dari siksa api neraka”.
وَ يَزِيْدُ عَلَيْهِ، نَدْبًا: “اللّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَ مَيِّتِنَا” إِلَى آخِرِهِ. وَ يَقُوْلُ فِي الطِّفْلِ مَعَ هذَا: “اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا لِأَبَوَيْهِ، وَ سَلَفًا وَ ذُخْرًا وَ عِظَةً وَ اعْتِبَارًا وَ شَفِيْعًا، وَ ثَقِّلْ بِهِ مَوَازِيْنَهُمَا، وَ أَفْرِغِ الصَّبْرَ عَلَى قُلُوْبِهِمَا، وَ لَا تَفْتِنْهُمَا بَعْدَهُ، وَ لَا تَحْرِمْهُمَا أَجْرَهُ”.
Sunnah doa tersebut ditambah: (اللّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَ مَيِّتِنَا…..) “Ya Allah, ampunilah orang yang masih hidup dan yang sudah mati dalam golongan kami…. dan seterusnya).
Untuk mayat kanak-kanak, di samping doa tersebut, (sunnah) ditambahkan: (اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا لِأَبَوَيْهِ…..) sampai akhir; “Ya Allah, jadikanlah anak ini sebagai persediaan untuk bapak-ibunya simpanan, nasihat, ibarat dan penolong bagi kedua orang tuanya; beratkanlah timbangan ‘amal mereka; jangan Engkau turunkan fitnah pada mereka; dan janganlah Engkau halangi pahala mereka”.
قَالَ شَيْخُنَا: وَ لَيْسَ قَوْلُهُ: اللّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا إِلَى آخِرِهِ مُغْنِيًا عَنِ الدُّعَاءِ لَهُ، لِأَنَّهُ دُعَاءٌ بِاللَّازِمِ، وَ هُوَ لَا يَكْفِيْ، لِأَنَّهُ إِذَا لَمْ يَكْفِ الدُّعَاءُ لَهُ بِالْعُمُوْمِ الشَّامِلِ كُلِّ فَرْدٍ، فَأَوْلَى هذَا.
Guru kami berkata: Doa (اللّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا) – dan seterusnya – tidaklah cukup hanya itu saja sebagai doa khusus untuk mayat. Sebab, doa tersebut berisi permohonan sesuatu yang lazim terjadinya, di mana belum cukup sebagai syarat doa untuk mayat dalam shalat Jenazah. Sebab, doa yang bersifat umum dan mencakup setiap individu saja tidak cukup sebagai doa untuk mayat, maka lebih-lebih doa yang permohonannya lazim terjadi. (36)
----------------
36).
وخالف م ر فقال يكفي الطفل هذا الدعاء ولا يعارضه قولهم..... ومثله الخطيب
Berbeda dengan pendapat dari Imām Ramlī yang mengatakan cukup dengan doa tersebut begitu pula dengan Imām Khathīb as-Syarbiniī. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 146. Dār-ul-Fikr.
----------------
وَ يَؤَنَّثِ الضَّمَائِرَ فِي الْأُنْثَى، وَ يَجُوْزُ تَذْكِيْرُهَا بِإِرَادَةِ الْمَيِّتِ أَوِ الشَّخْصِ،
Untuk mayat wanita dhamīr yang ada dalam doa di atas diganti dengan dhamīr mu’annats. Namun, juga boleh tetap mudzakkar seperti di atas dengan menghendaki kembalinya dhamīr pada (الْمَيِّتِ) atau (الشَّخْصِ).
MOHON DIKOREKSI , DILENGKAPI
SEMOGA BERMANFAAT
Post a Comment