Saturday, April 2, 2022
MENJUAL MAKANAN DI BULAN RAMADHAN
📖 Menjual makanan di bulan puasa
وقوله من كل تصرف يفضي الى معصية بيان لنحو وذلك كبيع الدابة لمن يكلفها فوق طاقتها والامة على من يتخذها لغناء محرم والخشب على من يتخذه الة لهو. وكاطعام مسلم مكلف كافرا مكلفا في نهار رمصان وكذا بيعه طعاما علم او ظن انه باكله نهارا ( اعانة الطالبين ج٣ص٣٠)
وكذا بيعه طعاما علم او ظن انه ياكله نهارا كما افتى به شيخنا الرملى رحمه تعالى ( تحفة المختاج في شرح المنهاج ج٤ص٣١٧)
Keterangan :
Haram menjual makanan di siang hari bulan Romadhon ,hukum bagi pedagang yang yakin atau menduga makanan akan di makan siang hari.
Bersambung
OBAT TETES MATA TIDAK MEMBATALKAN PUASA
Obat Tetes mata Tidak membatalkan puasa
ولا يضر الاكتحال وان وجد طعمه اى الكحل بحلقه لانه لا منفذ من العين الى الحلق والواصل اليه من المسام ،_____ ولا يضر الاكتحال اى ولا يكره ايضا نهارا فهو خلاف الاولى وعند الامام مالك يغطر قوله وان وجد طعمه بحلقه وكذا لو وجد لونه في ريقه او نخامته قوله بقصد اى مع فعل لما سيأتى ( حاشيتا قليوبي وعميرة ج٢ص٣
Keterangan :
Madzab syafi'i mengobati mata di siang hari Ramadhan tidak membatalkan puasa sekalipun di tenggorokan merasakan obat mata tersebut.
Bersambung
MENETESKAN OBAT DITELINGA
📖 Meneteskan Obat di telinga
فائدة : ابتلى بوجع في اذنه لا يحتمل معه السكون الى بوضع دواء يستعمل في دهن او قطن وتحقق التخفيف او زوال الالم به ، بان عرف من نفسه او اخبره طببب جاز ذلك وصج صومه للضرورة اه فتاوى باحويرث ( بغية المسترشدبن ص ١٨٢)
Keterangan :
Mengobati lubang telinga yang luka tidak membatalkan puasa , bila yakin obat tersebut dapat meringankan atau menghilangkan rasa sakit, karena masuk kategori dorurot ,
Bersambung
NIAT PUASA UNTUK SEBULAN PENUH
BAB NIAT
📖 Niat puasa Untuk Sebulan penuh
قوله تنبيه اى كل ليلة عندنا كالحنابلة والحنفية وان اكتفى الحنفية بالنية نهارا لان كل يوم عبادة مستقلة ولذلك تعددت الكفارة بالوطء في كل يوم منه، ويندب ان ينوى اول ليلة صوم شهر رمضان او صوم رمضان كله لينفعه تقليد الامام مالك في يوم نسى النية فيه مثلا لانها عنده تكفى لجميع الشهر وعندنا لليلة الاولى فقط ( حاشية قليوبى وعميرة ج٢ص٦٧)
الثانية تجب النية كل يوم ،سواء رمضان وغيره وهذا لا خلاف فيه عندنا فلو نوى في اول ليلة من رمضان صوم الشهر كله لم تصح هذه النية لغير اليوم الاولى ( المجموع شرح المهذب ج٦ص ٣٠٣
وعند مالك انه يكفى نية صوم جمبع ااشهر في اول ليلة منه وللشافعى في ذلك لان لا نسي النية في ليلة فيختاج للقضاء البجوري ج١ص٢٨٨
Keterangan :
Di sunnahkan pada awal romadhon niat puasa sebulan penuh , tapi niat itu menurut madzab syafi'iy cuma mencukupi puasa satu hari , yang pertama , sehingga setiap hari harus di niati , sedangkan menurut imam malik mencukupi untuk sebulan, jadi hari berikutnya tidak wajib niat.
===== KAJIAN KEDUDUKAN KALIMAT NIAT DAN SANGGAHAN ====
🙏
🍁🍁🍁🍁
*Niat puasa dari berbagai kitab :*
*1. نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى*
_“Aku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.”_
_Lafal niat di atas dikutip dari Kitab Minhajut Thalibin. Kata “Ramadhana” merupakan mudhaf ilaihi sehingga dibaca khafadh dengan tanda baca akhirnya berupa fathah, sedangkan kata “sanati” diakhiri dengan tanda baca kasrah sebagai tanda khafadh atau tanda jarr dengan alasan lil mujawarah._
🐱🍁🦋
*2. نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةَ لِلهِ تَعَالَى*
_“Aku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.”_
_Lafal niat di atas termaktub dalam Kitab Asnal Mathalib. Kata_ _“Ramadhana” pada niat di atas menjadi mudhaf ilaihi sehingga dibaca khafadh dengan tanda fathah, sedangkan kata “sanata” diakhiri dengan fathah sebagai tanda nashab atas kezharafannya._
🐱🍁🦋
*3. نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى*
_“Aku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.”_
_Lafal niat di atas dikutip dari Kitab Hasyiyatul Jamal dan Kitab Irsyadul Anam. Kata “Ramadhani” dianggap sebagai mudhaf ilaihi yang juga menjadi mudhaf sehingga diakhiri dengan kasrah yang menjadi tanda khafadh atau tanda jarr-nya. Sementara kata “sanati” diakhiri dengan kasrah sebagai tanda khafadh atau tanda jar atas musyar ilaih kata "hādzihi" yang menjadi mudhaf ilaihi dari "Ramadhani"._
🐱🍁🦋
*4. نَوَيْتُ صَوْمَ رَمَضَانَ*
_“Aku berniat puasa bulan Ramadhan.”_
*5. نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ مِنْ/عَنْ رَمَضَانَ*
_“Aku berniat puasa esok hari pada bulan Ramadhan.”_
_Lafal niat 4 dan 5 diambil dari dari Kitab I’anatut Thalibin._
🐱🍁🦋
*6. نَوَيْتُ صَوْمَ الْغَدِ مِنْ هَذِهِ السَّنَةِ عَنْ فَرْضِ رَمَضَانَ*
_“Aku berniat puasa esok hari pada tahun ini perihal kewajiban Ramadhan.”_
_Redaksi niat nomor 6 ini dikutip dari Kitab Asnal Mathalib._
🐱🍁🦋
======== SANGGAHAN KAJIAN KEDUDUKAN KALIMAT========
Ma'af, sedikit ikut nimbrung nih tentang masalah Lafadz-Lafadz Niat puasa Romadhon dari berbagai kitab yang telah di share di atas itu ☝️.
1- Yang pertama yang katanya dikutip dari kitab "Minhajut Thalibin" dengan kalimat "Ramadhana (رمضان)" dengan dibaca Fathah hurup Nun (ن) nya dengan kedudukan sebagai Mudhof Ilaihi....
Kalau saya lihat dalam kitab "Qolyubi wa 'Umairoh" yang menjadi Syarah dari kitab Minhajut Tholibin tersebut. Justru sebenernya lafadz "Romadhona (رمضان)" itu hurup Nun (ن) nya seharus nya di baca Kasroh, sehingga bunyinya "Romadhoni", bukan "Romadhona". Dan dalam kitab Minhajut Tholibin sendiri sebetul nya telah dijelaskan bahwa kalimat رمضان itu status nya di Idhofat kan (kepada kalimat setelah nya/هذه السنة) sehingga gugur lah status isim ghoir munshorifnya.
Keterangan : Qolyubi wa 'Umairoh. Juz. II. hal. 53.
وكمال النية (فى رمضان ان ينوى صوم غد عن اداء فرض رمضان هذه السنة لله تعالى) باضافة رمضان.
(قوله باضافة رمضان) الى هذه. فنونه مكسورة لانه مخفوض. وذلك لاخراج توهم صوم رمضان غير هذه السنة فيها او لدفع توهم تعلق هذه بنويت ولا معنى له.
2- Seperti itu pula keterangan dalam kitab Asnal Mathalib pada Kitabus Shiyam. Kalimat "Romadhona (رمضان)" juga di Idhofatkan. Sehingga bunyinya seharusnya "Romadhoni" bukan Romadhona...
والله اعلم بالصواب.
🙏🙏🙏
Wednesday, March 30, 2022
HUKUM MEMBUKA WARUNG MAKANAN DI SIANG RAMADHAN
Membuka Warung makanan di siang Ramadhan
حكم فتح المطعم في نهار رمضان للمسلم والكافر ( السؤال ) هناك مسلم صاحب مطعم في فرنسا هل يجوز له أن يبيع فيه في نهار رمضان سواء للمسلم وللكافر ؟ الجواب لا يجوز للمسلم أن يبيع الطعام في نهار رمضان لا للمسلم ولا للكافر ( شرح سنن أبي داود _ عبد المحسن العباد ج٢١ص٢٤)
وقد أفتى جماعة من أهل العلم بوجوب إغلاق المطاعم في نهار رمضان والله أعلم ( فتاوى الشبكة الإسلامية ج٢ص ٦٤٠ )
لا يجوز بيع الطعام مأكولا كان أو مشروبا في نهار رمضان ممن يجب عليه الصيام من المسلمين إذا كان يستعمله في الوقت المحرم فيه عليه لان ذلك تعاون معه على الإثم قال الله تعالى # ولا تعاونوا على الإثم والعدوان أما إذا علم من حال المشتري أنه يريد لمن به عذر شرعي مانع له من الصيام الشيخ الفانى والمريض والحائض والصبي ،
فتاوى الشبكة الإسلامية
أما الذي يملك مطعما يتناول فيه الناس غذائهم أو مفهي تتناول فيه المشروبات فإن كان ذلك التناول في نهار رمضان وتأكد ان ما تناوله مفطر لا عذر له في الإفطار كانت مساعدته على ذلك محرمة
فتاوى الازهر ج٩ص ٢٨٦ )
Keterangan :
1 Tokoh ulama salaf berfatwa berupa larangan membuka warung makanan di siang Ramadhan ,alias wajib menutup warung.
2 Tetapi sebagian ulama ,memperbolehkan buka warung makanan , jika untuk menyediakan orang orang yang tidak puasa karena udzur ,jika tidak untuk menyediakan orang orang yang tidak puasa karena udzur ,maka hukumnya haram, sebab menolong dalam kemaksiatan.
Bersambung