BREAKING NEWS

Watsapp

Saturday, April 2, 2022

WAKTU IMSAK


Waktu imsak 

وعن زيد بن ثابت قال ( تسحرنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم ثم قمنا الى الثلاة  قلت : كم كان قدر ما بينهما ؟ قال خمسين اية رواه البخارى ومسلم ( المجموع شرح المهذب  ج٦ص ٤٠٦ )تأخير السحور  بحيث لا يفحش التأخير ندبا عن الاكل قبل الفجر بنحو خمسين اية ( ربع ساعة ) ( التقريرات السديدة في المسائل المفيدة ص ٤٤٤)

Keterangan : 

1. Waktu imsak adalah 15 menit  sebelum fajar shodiq atau kira kira cukup untuk membaca 50 ayat ,namun di indonesia imsaknya 10 menit  menjelang subuh.

2. Pada waktu imasak ( 15 menit menjelang subuh ) sunnah tidak makan dan minum.



Bersambung.

MEMASUKAN BAWASIR BAGI PENDERITA AMBEYEN

MENJUAL MAKANAN DI BULAN RAMADHAN


📖 Menjual makanan di bulan puasa 

وقوله من كل تصرف يفضي الى معصية  بيان لنحو وذلك كبيع الدابة لمن يكلفها فوق طاقتها والامة على من يتخذها لغناء محرم  والخشب على من يتخذه الة لهو. وكاطعام مسلم مكلف كافرا مكلفا في نهار رمصان  وكذا بيعه طعاما  علم او ظن انه باكله نهارا ( اعانة الطالبين ج٣ص٣٠)

وكذا بيعه طعاما علم او ظن انه ياكله نهارا كما افتى به شيخنا الرملى رحمه تعالى  ( تحفة المختاج في شرح المنهاج ج٤ص٣١٧)

Keterangan :

Haram menjual makanan di siang hari bulan Romadhon ,hukum bagi pedagang yang yakin  atau menduga makanan akan di makan siang hari.

Bersambung 

OBAT TETES MATA TIDAK MEMBATALKAN PUASA

 



Obat Tetes mata Tidak membatalkan puasa 

ولا يضر الاكتحال  وان وجد طعمه  اى الكحل بحلقه لانه لا منفذ من العين الى الحلق والواصل اليه من المسام ،_____ ولا يضر الاكتحال  اى ولا يكره ايضا نهارا فهو خلاف الاولى وعند الامام مالك يغطر قوله وان وجد طعمه بحلقه  وكذا لو وجد لونه في ريقه او نخامته قوله بقصد اى مع فعل لما سيأتى ( حاشيتا قليوبي وعميرة ج٢ص٣

Keterangan :

Madzab syafi'i  mengobati  mata di siang hari Ramadhan  tidak membatalkan puasa  sekalipun  di tenggorokan merasakan obat mata tersebut.

Bersambung 

MENETESKAN OBAT DITELINGA

 


📖 Meneteskan Obat di telinga 

فائدة : ابتلى  بوجع في اذنه  لا يحتمل معه السكون  الى بوضع  دواء يستعمل في دهن او قطن  وتحقق التخفيف  او زوال الالم به ، بان عرف من نفسه  او اخبره طببب  جاز ذلك  وصج صومه للضرورة  اه فتاوى باحويرث ( بغية المسترشدبن ص ١٨٢)

Keterangan :

Mengobati  lubang telinga yang luka tidak membatalkan puasa , bila yakin obat tersebut dapat meringankan  atau menghilangkan  rasa sakit, karena masuk  kategori  dorurot ,

Bersambung 

AIR TERTELAN SAAT BERKUMUR

NIAT PUASA UNTUK SEBULAN PENUH

 


BAB NIAT

📖 Niat puasa Untuk  Sebulan penuh 

قوله تنبيه  اى كل ليلة عندنا كالحنابلة والحنفية وان  اكتفى الحنفية بالنية نهارا لان كل يوم عبادة مستقلة ولذلك  تعددت الكفارة بالوطء في كل يوم منه، ويندب ان ينوى اول ليلة صوم شهر رمضان  او صوم رمضان كله لينفعه تقليد الامام مالك  في يوم نسى النية فيه مثلا لانها عنده تكفى لجميع الشهر وعندنا لليلة الاولى فقط  ( حاشية قليوبى وعميرة ج٢ص٦٧)

الثانية تجب النية كل يوم ،سواء رمضان وغيره وهذا لا خلاف فيه عندنا  فلو نوى في اول ليلة من رمضان صوم الشهر كله لم تصح هذه النية لغير اليوم الاولى  ( المجموع شرح المهذب ج٦ص ٣٠٣

وعند مالك انه يكفى نية صوم جمبع ااشهر في اول ليلة منه وللشافعى في ذلك لان لا نسي النية في ليلة فيختاج للقضاء  البجوري ج١ص٢٨٨

Keterangan :

Di sunnahkan pada awal romadhon niat puasa sebulan penuh , tapi niat itu menurut madzab syafi'iy cuma mencukupi puasa satu hari , yang pertama , sehingga  setiap hari harus di niati , sedangkan menurut imam malik  mencukupi untuk sebulan, jadi hari berikutnya tidak wajib niat.

===== KAJIAN KEDUDUKAN KALIMAT NIAT  DAN SANGGAHAN ====

🙏

🍁🍁🍁🍁

*Niat puasa dari berbagai kitab :*

*1. نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى* 

_“Aku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.”_

_Lafal niat di atas dikutip dari Kitab Minhajut Thalibin. Kata “Ramadhana” merupakan mudhaf ilaihi sehingga dibaca khafadh dengan tanda baca akhirnya berupa fathah, sedangkan kata “sanati” diakhiri dengan tanda baca kasrah sebagai tanda khafadh atau tanda jarr dengan alasan lil mujawarah._

🐱🍁🦋

*2. نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةَ لِلهِ تَعَالَى* 

_“Aku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.”_

_Lafal niat di atas termaktub dalam Kitab Asnal Mathalib. Kata_ _“Ramadhana” pada niat di atas menjadi mudhaf ilaihi sehingga dibaca khafadh dengan tanda fathah, sedangkan kata “sanata” diakhiri dengan fathah sebagai tanda nashab atas kezharafannya._

🐱🍁🦋

*3. نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى* 

_“Aku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.”_

_Lafal niat di atas dikutip dari Kitab Hasyiyatul Jamal dan Kitab Irsyadul Anam. Kata “Ramadhani” dianggap sebagai mudhaf ilaihi yang juga menjadi mudhaf sehingga diakhiri dengan kasrah yang menjadi tanda khafadh atau tanda jarr-nya. Sementara kata “sanati” diakhiri dengan kasrah sebagai tanda khafadh atau tanda jar atas musyar ilaih kata "hādzihi" yang menjadi mudhaf ilaihi dari "Ramadhani"._

🐱🍁🦋

*4. نَوَيْتُ صَوْمَ رَمَضَانَ*

_“Aku berniat puasa bulan Ramadhan.”_

*5. نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ مِنْ/عَنْ رَمَضَانَ* 

_“Aku berniat puasa esok hari pada bulan Ramadhan.”_

_Lafal niat 4 dan 5 diambil dari dari Kitab I’anatut Thalibin._

🐱🍁🦋

*6. نَوَيْتُ صَوْمَ الْغَدِ مِنْ هَذِهِ السَّنَةِ عَنْ فَرْضِ رَمَضَانَ* 

_“Aku berniat puasa esok hari pada tahun ini perihal kewajiban Ramadhan.”_

_Redaksi niat nomor 6 ini dikutip dari Kitab Asnal Mathalib._

🐱🍁🦋

======== SANGGAHAN KAJIAN KEDUDUKAN KALIMAT========

Ma'af, sedikit ikut nimbrung nih tentang masalah Lafadz-Lafadz Niat puasa Romadhon dari berbagai kitab yang telah di share di atas itu ☝️.

1- Yang pertama yang katanya dikutip dari kitab "Minhajut Thalibin" dengan kalimat "Ramadhana (رمضان)" dengan dibaca Fathah hurup Nun (ن) nya dengan kedudukan sebagai Mudhof Ilaihi....

Kalau saya lihat dalam kitab "Qolyubi wa 'Umairoh" yang menjadi Syarah dari kitab Minhajut Tholibin tersebut. Justru sebenernya lafadz "Romadhona (رمضان)" itu hurup Nun (ن) nya seharus nya di baca Kasroh, sehingga bunyinya "Romadhoni", bukan "Romadhona". Dan dalam kitab Minhajut Tholibin sendiri sebetul nya telah dijelaskan bahwa kalimat رمضان itu status nya di Idhofat kan (kepada kalimat setelah nya/هذه السنة) sehingga gugur lah status isim ghoir munshorifnya.

Keterangan : Qolyubi wa 'Umairoh. Juz. II. hal. 53.

وكمال النية (فى رمضان ان ينوى صوم غد عن اداء فرض رمضان هذه السنة لله تعالى) باضافة رمضان.

(قوله باضافة رمضان) الى هذه. فنونه مكسورة لانه مخفوض. وذلك لاخراج توهم صوم رمضان غير هذه السنة فيها او لدفع توهم تعلق هذه بنويت ولا معنى له.

2- Seperti itu pula keterangan dalam kitab Asnal Mathalib pada Kitabus Shiyam. Kalimat "Romadhona (رمضان)" juga di Idhofatkan. Sehingga bunyinya seharusnya "Romadhoni" bukan Romadhona...

والله اعلم بالصواب.

🙏🙏🙏

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes