﷽📚🍃●●━━━━━━━━━━━┓
📒 *NGAJI KITAB FATHUL QORIB* 📖
┗━━━━━━━━━━━━━●●✨🌹🌹
📚محمد ابن قاسم بن محمد الغزي ابن الغرابيلي أبو عبد الله شمس الدين
_*بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم*ِ_
_اَللّٰهُـــــمَّ صَلّ وَسَلّم وَبَرِك عَلَی سَيّـــــدِنَا مُحَمَّـــــد وَعَلَی آلِه وَصَحبِهِ وَسَلّــــــم، رَبِّ زِدْنِـي عِلْمًا وَارْزُقْنِي فَهْمًا وَاجْعَلْنِي مِنَ الصَّالِحِــــــيْنَ، اَلّلهُمَ اِنّي اسأَلُكَ عِلمًا نَافِــعًا، سُبْحٰــنَكَ لَا عِلْـمَ لَنَآ اِلَّا مَا عَلَّمْتَنَا ۗ اِنَّكَ اَنْتَ الْعَلِيْمُ الْحَكِـــــــيْمُ_
┈┈┈┈┈┈┈◎❅❀❦🌹❦❀❅◎┈┈┈┈┈┈┈
(فصل): وصلاة العيدين
*📒🍃﷽ (FASAL) SHOLAT HARI RAYA*
(فصل): وصلاة العيدين أي الفطر والأضحى (سنة مؤكدة)
_🔹🔷 (Fasal) sholat dua hari raya, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha hukumnya adalah sunnah muakkadah (sunnah yang sangat ditekankan dilakukan)_
وتشرع جماعة ولمنفرد ومسافر وحر وعبد وخنثى، وامرأة لا جميلة ولا ذات هيئة، أما العجوز فتحضر العيد في ثياب بيتها بلا طيب
_Sholat hari raya disunnahkan untuk berjama’ah bagi orang sendirian, musafir, orang merdeka, budak, khuntsa (berkelamin ganda) dan wanita yang tidak cantik dan tidak dzatul haiat (wanita yang gerak geriknya mengundang perhatian), Sedangkan untuk wanita lanjut usia, maka sunnah menghadiri sholat hari raya dengan mengenakan pakaian keseharian tanpa memakai wewangian_
ووقت صلاة العيدين ما بين طلوع الشمس وزوالها (وهي) أي صلاة العيد (ركعتان) يحرم بهما بنية عيد الفطر أو الأضحى ويأتي بدعاء الافتتاح
_🔹🔷 Waktu pelaksanaan sholat Ied adalah di antara terbitnya matahari dan tergelincirnya (waktu dzuhur), Sholat ied adalah sholat dua rokaat, yaitu melakukan takbiratul ihram dua rokaat tersebut dengan niat sholat idul Fitri atau idul Adha dan membaca do’a iftitah_
و (يكبر في) الركعة (الأولى سبعاً سوى تكبيرة الإحرام) ثم يتعوذ ويقرأ الفاتحة، ثم يقرأ بعدها سورة جهراً
_Di dalam rakaat pertama membaca takbir 7x selain takbiratul ihram, kemudian membaca ta’awudz, membaca surat Al Fatihah, dan membaca surat setelah Al Fatihah dengan mengeraskan suara_
(و) يكبر (في) الركعة (الثانية خمساً سوى تكبيرة القيام) ثم يتعوذ ثم يقرأ الفاتحة وسورة اقتربت جهراً
_Di dalam rakaat kedua membaca takbir 5x selain takbir untuk berdiri, kemudian membaca ta’awudz, lalu membaca surat Al Fatihah dan surat اقتربت dengan mengeraskan suara_
(ويخطب) ندباً (بعدهما) أي الركعتين (خطبتين يكبر في) ابتداء (الأولى تسعاً) ولاء (و) يكبر (في) ابتداء (الثانية سبعاً) ولاء،
_*🔹🔷 (Khutbah Hari Raya)* Setelah melaksanakan sholat dua rakaat, sunnah melakukan 2 khutbah dengan membaca takbir sembilan kali secara terus menerus dipermulaan khutbah pertama, dan membaca takbir tujuh kali secara terus menerus di permulaan khutbah kedua_
ولو فصل بينهما بتحميد وتهليل وثناء كان حسناً،
_Seandainya kedua khutbah dipisah dengan bacaan tahmid, tahlil dan puji-pujian, maka hal itu adalah baik_
والتكبير على قسمين: مرسل وهو ما لا يكون عقب صلاة. ومقيد وهو ما يكون عقبها
_*🔹🔷 (Pembagian Takbir Hari Raya)* Takbir terbagi menjadi dua, takbir mursal, yaitu takbir yang tidak dilaksanakan setelah sholat, Dan takbir muqayyad, yaitu takbir yang dilakukan setelah pelaksanaan sholat_
وبدأ المصنف بالأول فقال (ويكبر) ندباً كل من ذكر وأنثى وحاضر ومسافر في المنازل، والطرق والمساجد والأسواق (من غروب الشمس من ليلة العيد) أي عيد الفطر
memulai dengan menjelaskan takbir yang pertama (takbir mursal), Beliau berkata “bagi setiap orang laki-laki, wanita, orang yang berada di rumah, dan musafir, sunnah membaca takbir di rumah-rumah, jalan-jalan, masjid-masjid dan pasar-pasar, mulai dari terbenamnya matahari malam hari raya, maksudnya hari raya Idul Fitri_
ويستمر هذا التكبير (إلى أن يدخل الإمام في الصلاة) للعيد ولا يسن التكبير ليلة عيد الفطر عقب الصلوات، ولكن النووي في الأذكار اختار أنه سنة
_Kesunnahan takbir mursal ini tetap berlangsung hingga imam mulai melaksanakan sholat ied, Tidak disunnahkan membaca takbir mursal setelah pelaksanaan sholat di malam hari raya Idul Fitri, Akan tetapi di dalam kitab al Adzkar imam an Nawawi lebih memilih bahwa takbir tersebut hukumnya sunnah_
ثم شرع في التكبير المقيد فقال (و) يكبر (في) عيد (الأضحى خلف الصلوات المفروضات) من مؤداة وفائتة وكذا خلف راتبة، ونفل مطلق وصلاة جنازة (من صبح يوم عرفة إلى العصر من آخر أيام التشريق)
_Kemudian mushannif menjelaskan takbir muqayyad.. Beliau berkata “sunnah membaca takbir saat hari raya Idul Adha setelah melaksanakan sholat-sholat fardhu” ada’ dan qodho, Begitu juga setelah sholat sunnah rowatib, sholat sunnah mutlak dan sholat jenazah, mulai waktu Subuh hari Arafah (9 Dzuhijjah) hingga Ashar di akhir hari Tasyrik (11,12,13 Dzulhijjah)_
وصيغة التكبير: اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ، اللهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ صَدَّقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ
_*🔹🔷 (Lafadz bacaan takbir)*“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Tidak ada tuhan selain Allah. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan segala puji hanya milik Allah,. Allah Maha Besar dengan sesungguhnya. Dan segala puji yang banyak hanyak untuk Allah.. Maha Suci Allah di waktu pagi dan sore.. Tidak ada tuhan selain Allah, hanya Allah.. Yang Telah membenarkan janji-Nya, Menolong hamba-Nya, memenangkan pasukan-Nya dan mengalahkan musuh-musuhnya hanya dengan sendirian ”_
📚📚📚
┈┈┈━━━━✨🌹🕊️━━━━┈┈┈
◼️ قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : *من يرد الله به خيرًا يفقهه في الدين*