BREAKING NEWS

Watsapp

Thursday, June 1, 2023

MENGHAFALKAN AL-QUR'AN SEORANG WANITA SEDANG HAID, BAGAIMANA KAH?

 


#RUMUSAN

Pertanyaan :

1.  Bagaimana cara menyikapi tentang seorang wanita yang menghafal al-Qur'an yang sedang haid, apakah ketika dia sedang haid diperbolehkan membawa dan membaca mushaf ?


Jawaban :


1.  Orang yang sedang haid membaca mushaf/ayat al-Qur’an itu khilaf :

a)  Menurut madzhab Syafi’iyah, tidak boleh kecuali melafalkan/mengucapkan ayat al-Qur’an dengan syarat tidak ada tujuan/membaca al-Quran.

b)  Menurut madzhab Malikiyah, boleh membaca mushaf al-Qur’an ketika perempuan tersebut keadaan aktif darah haid/nifasnya.


Sedangkan Ijma’ Ghalibiyah Ulama Fiqih menyatakan orang yang sedang haid membawa mushaf al-Qur’an itu dicegah (tidak boleh). 


Referensi jawaban no. 1 :

حاشية البجيرمي على الخطيب - (ج 1 / ص 259)

( وَ ) الثَّالِثُ ( قِرَاءَةُ ) شَيْءٍ مِنْ ( الْقُرْآنِ ) بِاللَّفْظِ أَوْ بِالْإِشَارَةِ مِنْ الْأَخْرَسِ كَمَا قَالَ الْقَاضِي فِي فَتَاوِيهِ، فَإِنَّهَا مُنَزَّلَةٌ مَنْزِلَةَ النُّطْقِ هُنَا وَلَوْ بَعْضَ آيَةٍ لِلْإِخْلَالِ بِالتَّعْظِيمِ، سَوَاءٌ أَقَصَدَ مَعَ ذَلِكَ غَيْرَهَا أَمْ لَا لِحَدِيثِ التِّرْمِذِيِّ وَغَيْرِهِ : { لَا يَقْرَأْ الْجُنُبُ وَلَا الْحَائِضُ شَيْئًا مِنْ الْقُرْآنِ }.

قَوْلُهُ : ( وَقِرَاءَةُ الْقُرْآنِ ) وَعَنْ مَالِكٍ : يَجُوزُ لَهَا قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ، وَعَنْ الطَّحَاوِيِّ يُبَاحُ لَهَا مَا دُونَ الْآيَةِ كَمَا نَقَلَهُ فِي شَرْحِ الْكَنْزِ مِنْ كُتُبِ الْحَنَفِيَّةِ.


المجموع شرح المهذب ـ (ج ٢ / ص ٣٥٧)

(فَرْعٌ) فِي مَذَاهِبِ الْعُلَمَاءِ فِي قِرَاءَةِ الْحَائِضِ الْقُرْآنَ قَدْ ذَكَرْنَا أَنَّ مَذْهَبَنَا الْمَشْهُورَ تَحْرِيمُهَا وَهُوَ مَرْوِيٌّ عَنْ عُمَرَ وَعَلِيٍّ وَجَابِرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَبِهِ قَالَ الْحَسَنُ الْبَصْرِيُّ وَقَتَادَةُ وَعَطَاءٌ وَأَبُو العالية والنخعي وسعيد بن جبير والزهرى واسحق وأبو ثور وعن مالك وأبى حنية وَأَحْمَدَ رِوَايَتَانِ إحْدَاهُمَا التَّحْرِيمُ وَالثَّانِيَةُ الْجَوَازُ وَبِهِ قَالَ دَاوُد وَاحْتُجَّ لِمَنْ جَوَّزَ بِمَا رُوِيَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّهَا كَانَتْ تَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَهِيَ حَائِضٌ: وَلِأَنَّ زَمَنَهُ يَطُولُ فَيَخَافُ نِسْيَانَهَا وَاحْتَجَّ أَصْحَابُنَا وَالْجُمْهُورُ بِحَدِيثِ ابْنِ عُمَرَ الْمَذْكُورِ وَلَكِنَّهُ ضَعِيفٌ وَبِالْقِيَاسِ عَلَى الْجُنُبِ فَإِنَّ مَنْ خَالَفَ فِيهَا وَافَقَ عَلَى الْجُنُبِ إلَّا دَاوُد وَالْمُخْتَارُ عِنْدَ الْأُصُولِيِّينَ أَنَّ دَاوُد لَا يُعْتَدُّ بِهِ فِي الْإِجْمَاعِ وَالْخِلَافِ وَفِعْلُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا لَا حُجَّةَ فِيهِ عَلَى تَقْدِيرِ صِحَّتِهِ لِأَنَّ غَيْرَهَا مِنْ الصَّحَابَةِ خَالَفَهَا وَإِذَا اخْتَلَفَتْ الصَّحَابَةُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ رَجَعْنَا إلَى الْقِيَاسِ وَأَمَّا خَوْفُ النِّسْيَانِ فَنَادِرٌ فَإِنَّ مُدَّةَ الْحَيْضِ غَالِبًا سِتَّةُ أَيَّامٍ أَوْ سَبْعَةٌ وَلَا يُنْسَى غَالِبًا فِي هَذَا الْقَدْرِ وَلِأَنَّ خَوْفَ النِّسْيَانِ يَنْتَفِي بِإِمْرَارِ الْقُرْآنِ عَلَى القلب والله أعلم


إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ـ (ج ١ / ص ٨٥)

والحاصل أنه إن قصد القرآن وحده أو قصده مع غيره كالذكر ونحوه فتحرم فيهما، وإن قصد الذكر وحده أو الدعاء أو التبرك أو التحفظ أو أطلق فلا تحرم، لأنه عند وجود قرينة لا يكون قرآنا إلا بالقصد، ولو بما لا يوجد نظمه في غير القرآن، كسورة الإخلاص، واستثنى من حرمة القراءة قراءة الفاتحة على فاقد الطهورين في المكتوبة، وقراءة آية في خطبة جمعة، فإنها تجب عليه لضرورة توقف صحة الصلاة عليها.

وقوله: ولو بعض آية قال في بشرى الكريم ولو حرفا منه وحيث لم يقرأ منه جملة مفيدة يأثم على قصده المعصية وشروعه فيها لا لكونه قارئا اهـ وإنما حرم ذلك لخبر الترمذي: ولا يقرأ الجنب ولا الحائض شيئا من القرآن. ويقرأ - بكسر الهمزة - على النهي، وبضمها على النفي فهو خبر على الثاني بمعنى النهي.

(قوله: بحيث يسمع نفسه) قيد لحرمة القراءة أي ومحل حرمة القراءة إذا تلفظ بها بحيث يسمع بها نفسه، حيث لا عارض من نحو لغط، فإن لم يسمع بها نفسه بأن أجراها على قلبه أو حرك بها شفتيه - ويسمى همسا - فلا تحرم.


الموسوعة الفقهية الكويتية ـ (ج 18 / ص 322)

وَذَهَبَ الْمَالِكِيَّةُ إِلَى أَنَّ الْحَائِضَ يَجُوزُ لَهَا قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ فِي حَال اسْتِرْسَال الدَّمِ مُطْلَقًا، كَانَتْ جُنُبًا أَمْ لاَ، خَافَتِ النِّسْيَانَ أَمْ لاَ، وَأَمَّا إِذَا انْقَطَعَ حَيْضُهَا، فَلاَ تَجُوزُ لَهَا الْقِرَاءَةُ حَتَّى تَغْتَسِل جُنُبًا كَانَتْ أَمْ لاَ، إِلاَّ أَنْ تَخَافَ النِّسْيَانَ، هَذَا هُوَ الْمُعْتَمَدُ عِنْدَهُمْ، لأَنَّهَا قَادِرَةٌ عَلَى التَّطَهُّرِ فِي هَذِهِ الْحَالَةِ، وَهُنَاكَ قَوْلٌ ضَعِيفٌ هُوَ أَنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا انْقَطَعَ حَيْضُهَا جَازَ لَهَا الْقِرَاءَةُ إِنْ لَمْ تَكُنْ جُنُبًا قَبْل الْحَيْضِ، فَإِنْ كَانَتْ جَنْبًا قَبْلَهُ فَلاَ تَجُوزُ لَهَا الْقِرَاءَةُ.


شرح الياقوت النفيس ـ (ج 1 / ص 116)

حمل المصحف للتعلم

قال أحد العلماء المعاصرين، في حديث عن الطالبات التي يضطررن إلى حمل المصحف للدراسة، وهن حائضات، أنه يجوز لهن ذلك، مستدلا بقول ابن تيمية. والذي يظهر لي، أن الطالبة إذا استطاعت أن تستعين بمن هي طاهرة، من زميلاتها، لتحتمل لها المصحف، وتكون قراءتها بنية التعليم، لأنه لايجوز لها حمله. ولعل العالم المذكور أخذ بقول الظاهرية، الذي يجوزون ذلك، متأولين قوله تعالى: "المطهرون" بأنهم المسلمون أوالملائكة. وفي ظلال القرأن لسيد قطب، تحقيق وفهم عجيب، يستأنس به في هذا المجال. فهذه الأقوال وأمثالها، تحمل هذه الطالبة في جواز حمل المصحف وهي حائض. ولكن إجماع غالبية الفقهاء يمنعها من ذلك.


الأذكار للنووي - (ص 10)

أجمع العلماء على جواز الذكر بالقلب واللسان للمحدث والجنب والحائض والنفساء، وذلك في التسبيح والتهليل والتحميد والتكبير والصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم والدعاء وغير ذلك. ولكن قراءة القرآن حرام على الجنب والحائض والنفساء، سواء قرأ قليلا أو كثيرا حتى بعض آية، ويجوز لهم إجراء القرآن على القلب من غير لفظ، وكذلك النظر في المصحف، وإمراره على القلب. قال أصحابنا : ويجوز للجنب والحائض أن يقولا عند المصيبة : إنا لله وإنا إليه راجعون، وعند ركوب الدابة : سبحان الذي سخر لنا هذا وما كنا له مقرنين، وعند الدعاء : ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار، إذا لم يقصدا به القرآن، ولهما أن يقولا : بسم الله، والحمد لله، إذا لم يقصدا القرآن، سواء قصدا الذكر أو لم يكن لهما قصد، ولا يأثمان إلا إذا قصدا القرآن، ويجوز لهما قراءة ما نسخت تلاوته ك (الشيخ والشيخة إذا زنيا فارجموهما). وأما إذا قالا لإنسان : خذ الكتاب بقوة، أو قالا : ادخلوها بسلام آمنين، ونحو ذلك، فإن قصدا غير القرآن لم يحرم، وإذا لم يجدا الماء تيمما وجاز لهما القراءة، فإن أحدث بعد ذلك لم تحرم عليه القراءة كما لو اغتسل ثم أحدث. ثم لا فرق بين أن يكون تيممه لعدم الماء في الحضر أو في السفر، فله أن يقرأ القرآن بعده وإن أحدث.


روضة الطالبين - (ج 1 / ص 86)

وَلَوْ قَرَأَ شَيْئًا مِنْهُ وَلَمْ يَقْصِدِ الْقُرْآنَ، جَازَ، كَقَوْلِهِ: بِسْمِ اللَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، أَوْ قَالَ: (سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ) الزُّخْرُفِ: الْآيَةُ 13. عَلَى قَصْدِ سُنَّةِ الرُّكُوبِ. وَلَوْ جَرَى هَذَا عَلَى لِسَانِهِ وَلَمْ يَقْصِدْ قُرْآنًا وَلَا ذِكْرًا، جَازَ. وَيَحْرُمُ عَلَى الْحَائِضِ وَالنُّفَسَاءِ مَا يَحْرُمُ عَلَى الْجُنُبِ مِنَ الْقِرَاءَةِ عَلَى الْمَذْهَبِ، وَأَثْبَتَ جَمَاعَةٌ مِنَ الْمُحَقِّقِينَ قَوْلًا قَدِيمًا أَنَّهَا لَا تَحْرُمُ.

قُلْتُ: وَلَوْ كَانَ فَمُ غَيْرِ الْجُنُبِ وَالْحَائِضِ نَجِسًا، فَفِي تَحْرِيمِ الْقِرَاءَةِ عَلَيْهِ وَجْهَانِ، الْأَصَحُّ يُكْرَهُ وَلَا يَحْرُمُ. وَلَا تُكْرَهُ الْقِرَاءَةُ فِي الْحَمَّامِ. وَيَجُوزُ لِلْحَائِضِ وَالْجُنُبِ قِرَاءَةُ مَا يُسْتَحَبُّ تِلَاوَتُهُ. وَاللَّهُ أَعْلَمُ.


المجموع - (ج 2 / ص 164)

(اﻟﻌﺎﺷﺮﺓ) ﺃﺟﻤﻊ اﻟﻤﺴﻠﻤﻮﻥ ﻋﻠﻰ ﺟﻮاﺯ التسبيح ﻭاﻟﺘﻬﻠﻴﻞ ﻭاﻟﺘﻜﺒﻴﺮ ﻭاﻟﺘﺤﻤﻴﺪ ﻭاﻟﺼﻼﺓ ﻋﻠﻰ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﻏﻴﺮ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ اﻷﺫﻛﺎﺭ ﻭﻣﺎ ﺳﻮﻯ اﻟﻘﺮﺁﻥ ﻟﻠﺠﻨﺐ ﻭاﻟﺤﺎﺋﺾ ﻭﺩﻻﺋﻠﻪ ﻣﻊ اﻹﺟﻤﺎﻉ ﻓﻲ اﻷﺣﺎﺩﻳﺚ اﻟﺼﺤﻴﺤﺔ ﻣﺸﻬﻮﺭﺓ:

ﻓﺄﻣﺎ ﺇﺟﺮاء اﻟﻘﺮاءﺓ ﻋﻠﻰ اﻟﻘﻠﺐ ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺗﺤﺮﻳﻚ اﻟﻠﺴﺎﻥ ﻭاﻟﻨﻈﺮ ﻓﻲ اﻟﻤﺼﺤﻒ ﻭﺇﻣﺮاﺭ ﻣﺎ ﻓﻴﻪ ﻓﻲ اﻟﻘﻠﺐ ﻓﺠﺎﺋﺰ ﺑﻼ ﺧﻼﻑ ﻭﺃﺟﻤﻊ اﻟﻌﻠﻤﺎء ﻋﻠﻰ ﺟﻮاﺯ التسبيح ﻭاﻟﺘﻬﻠﻴﻞ ﻭﺳﺎﺋﺮ اﻷﺫﻛﺎﺭ ﻏﻴﺮ اﻟﻘﺮﺁﻥ ﻟﻠﺤﺎﺋﺾ ﻭاﻟﻨﻔﺴﺎء ﻭﻗﺪ ﺗﻘﺪﻡ ﺇﻳﻀﺎﺡ ﻫﺬا ﻣﻊ ﺟﻤﻞ ﻣﻦ اﻟﻔﺮﻭﻉ اﻟﻤﺘﻌﻠﻘﺔ ﺑﻪ ﻓﻲ ﺑﺎﺏ ﻣﺎ ﻳﻮﺟﺐ اﻟﻐﺴﻞ ﻭاﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ.


مغني المحتاج - (ج 1 / ص 217)

(وَتَحِلُّ) لِجُنُبٍ (أَذْكَارُهُ) وَغَيْرُهَا كَمَوَاعِظِهِ وَأَخْبَارِهِ وَأَحْكَامِهِ (لَا بِقَصْدِ قُرْآنٍ) كَقَوْلِهِ عِنْدَ الرُّكُوبِ: {سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ} [الزخرف: 13] أَيْ مُطِيقِينَ، وَعِنْدَ الْمُصِيبَةِ {إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ} [البقرة: 156] وَلَا مَا جَرَى بِهِ لِسَانُهُ بِلَا قَصْدٍ، فَإِنْ قَصَدَ الْقُرْآنَ وَحْدَهُ أَوْ مَعَ الذِّكْرِ حَرُمَ، وَإِنْ أَطْلَقَ فَلَا كَمَا نَبَّهَ عَلَيْهِ فِي الدَّقَائِقِ لِعَدَمِ الْإِخْلَالِ بِحُرْمَتِهِ؛ لِأَنَّهُ لَا يَكُونُ قُرْآنًا إلَّا بِالْقَصْدِ، قَالَهُ الْمُصَنِّفُ وَغَيْرُهُ. وَظَاهِرٌ أَنَّ ذَلِكَ جَارٍ فِيمَا يُوجَدْ نَظْمُهُ فِي غَيْرِ الْقُرْآنِ كَالْآيَتَيْنِ الْمُتَقَدِّمَتَيْنِ، وَالْبَسْمَلَةِ وَالْحَمْدَلَةِ، وَمَا لَا يُوجَدُ نَظْمُهُ إلَّا فِيهِ كَسُورَةِ الْإِخْلَاصِ وَآيَةِ الْكُرْسِيِّ وَهُوَ كَذَلِكَ، وَإِنْ قَالَ الزَّرْكَشِيُّ: لَا شَكَّ فِي تَحْرِيمِ مَا لَا يُوجَدُ نَظْمُهُ فِي غَيْرِ الْقُرْآنِ، وَتَبِعَهُ عَلَى ذَلِكَ بَعْضُ الْمُتَأَخِّرِينَ كَمَا شَمِلَ ذَلِكَ قَوْلُ الرَّوْضَةِ، أَمَّا إذَا قَرَأَ شَيْئًا مِنْهُ لَا عَلَى قَصْدِ الْقُرْآنِ فَيَجُوزُ، وَلَوْ عَبَّرَ الْمُصَنِّفُ بِهَا هُنَا كَانَ أَوْلَى لِيَشْمَلَ مَا قَدَّرْتُهُ، بَلْ أَفْتَى شَيْخِي بِأَنَّهُ لَوْ قَرَأَ الْقُرْآنَ جَمِيعَهُ لَا بِقَصْدِ الْقُرْآنِ جَازَ


بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي - (ص 52) بيروت - دار الفكر

وَتَحْرُمُ قِرَاءَةُ القُرْآنِ عَلَى نَحْوِ جُنُبٍ بِقَصْدِ القِرَاءَةِ وَلَوْ مَعَ غَيْرِهَا لَا مَعَ الِإطْلَاقِ عَلَى الرَّاجِحِ وَلَا بِقَصْدِ غَيْرِ الْقِرَاءَةِ كَرَدِّ غَلَطٍ وَتَعْلِيمٍ وَتَبَرُّكٍ وَدُعَاءٍ.

AHLUL BAIT

 


Edisi nyimpen, Kamis 01 Juni 2023

عن عمر بن أبي سلمة ربيب النبي صلى الله عليه و سلم قال لما نزلت هذه الآية على النبي صلى الله عليه و سلم { إنما يريد الله ليذهب عنكم الرجس أهل البيت ويطهركم تطهيرا } في بيت أم سلمة فدعا فاطمة و حسنا و حسينا فجللهم بكساء و علي خلف ظهره فجللهم بكساء ثم قال اللهم هؤلاء أهل بيتي فأذهب عنهم الرجس وطهرهم تطهيرا قالت أم سلمة وأنا معهم يا نبي الله ؟ قال أنت على مكانك وأنت على خير.

Hadits Tirmidzi 3205
Dari Umar bin Abi Salamah putra sambung kn Nabi Saw. beliau berkata : ketika turun ayat ini

انما يريد الله ليذهب عنكم الرجس اهل البيت  ويطهركم تطهيرا   الأحزاب ٣٣
Dirumah Ummu Salamah, lalu kn. Nabi memanggil Fathimah, Hasan dan Husain lalu menutup mereka dengan kain, sedangkan 'Ali ada dibelakangnya lalu menutupinya juga dengan kain lalu bersabda : Ya Alloh mereka itu Ahlu baitku hilangkanlah hal yang kotor dari mereka dan sucikanlah mereka sesuci sucinya. Lalu Ummu Salamah berkata : Apa aku beserta mereka ya Nabiyalloh? Nabi bersabda : kamu ditempatmu dan kamu didalam kebaikan

Monggo difahami saja
Bukan penjelasan tapi sekedar terjamah
KL ada salah mohon diluruskan 🙏

DO'A KETIKA MAU MENYEMBELIH :

 




P E R T A N Y A A N :

Assalamu'alaikum. Nyuwun dituliskan niat menyembelih hewan kurban.. Suwun. [Junai Zain Almubaarok].

J A W A B A N :

DO'A KETIKA MAU MENYEMBELIH :

Allhumma Hadza minka wa ilaika fa taqobbal hadzihil udlkhiyyah ni'matan minka 'alayya wa taqorrobtu biha ilaika fa taqobbalha. [Hasyiyah Bajuri Juz 2].

- Al Fiqhu 'Ala Madzahibil Arba'ah :

الشافعية قالوا : يسن في الأضحية كونها سمينة سواء كان سمنها بفعله أو بفعل غيره وأن لا تكون مكسورة القرن ولا فاقدته وأن تذبح بعد صلاة العيد وأن يكون الذابح مسلما وأن يكون الذبح نهارا ويكره ليلا إن لم يكن لحاجة وإلا فلا كراهة وأن يطلب لها موضعا لينا لأنه أسهل لها وأن يوجه مذبحها للقبلة وأن يتوجه هو إليها أيضا . وأن يسمي الله تعالى ويكره تعمد ترك التسمية كما تقدم ويسن أن يصلي ويسلم على النبي صلى الله عليه و سلم وأن يكبر ثلاثا بعد التسمية وأن يقول : اللهم هذا منك وإليك . فتقبل مني . وأن تذبح الغنم والبقر . وتنحر الإبل وأن لا يبين رأسها . ويسن قطع الودجين ويسن أن تكون الإبل عند النحر قائمة معقولة رجلها اليسرى والغنم والبقر مضجعة على جنبها الأيسر وأن يحد المدية ويكره أن يحدها والذبيحة تنظر إليه كما يكره أن يذبح واحدة والأخرى تنظر

- Al Fiqhul Islamiy wa adillatuh :

وأضاف الجمهور كالحنفية: أنه يندب توجيه الذبيحة إلى القبلة على جنبها الأيسر إن كانت من البقر والغنم، ويقول الذابح: «بسم الله والله أكبر، اللهم هذا منك وإليك» لما روى ابن عمر: «أن النبي صلّى الله عليه وسلم ذبح يوم العيد كبشين، ثم قال حين وجهها: وجهت وجهي للذي فطر السموات والأرض حنيفاً، وما أنا من المشركين، إن صلاتي ونُسُكي (1) ومحياي ومماتي لله رب العالمين، لا شريك له، وبذلك أمرت، وأنا أول المسلمين، بسم الله ، والله أكبر، اللهم هذا منك ولك» (2) فإن قال بعدئذ: «اللهم تقبل مني كما تقبلت من إبراهيم خليلك» فحسن. وإن اقتصر على التسمية فقد ترك الأفضل.

وقد عدد الشافعية خمسة أشياء تستحب عند الذبح وهي: التسمية بالبسملة كلها أو بسم الله ، والصلاة على النبي صلّى الله عليه وسلم ، واستقبال القبلة بالذبيحة، والتكبير قبل التسمية أو بعدها، والدعاء بالقبول فيقول الذابح: اللهم هذه منك وإليك، أي نعمة صادرة منك، تقربت بها إليك.    الكتاب : الفِقْهُ الإسلاميُّ وأدلَّتُهُ

LAFAD NIAT BERQURBAN :

Shighot niatnya bisa seperti ini :

Qurban wajib: nawaitu an udlokhi 'an nafsi fardlon lillahi ta'ala

Qurban sunnah: nawaitu an udlokhi 'an nafsi sunnatan lillahi ta'ala

Niat qurban untuk orang banyak (qurban sapi) : nawaitu an udokhi 'an parmin, wa paimin, wa bejo, wa katijo, wa suradi, wa ngatini, wa sumini sunnatan lillahi ta'ala.

Kalau pengen lebih singkat, bisa semacam ini : nawaitu an udokhi 'an haaulaa'i sunnatan lillahi ta'ala.


Maksud qurban wajib adalah qurban yang sebelumnya diniati nadzar. Sedang qurban sunnah adalah qurban yang sebelumnya tidak diniati nadzar. Wallohu a'lam

Monday, May 29, 2023

IDEALISME GURU TELADAN YANG SUKSES

 


IDEALISME GURU TELADAN  YG SUKSES 


Ketika seorang guru sedang sibuk mengajar murid-muridnya di lembaga pendidikan formal atau santri-santrinya di pesantren,maka dia sedang menghadapi  urusan yang sangat besar sehingga harus menjaga etika serta memenuhi kewajibannya.

Inilah pituah-pituah dari imam Al - gojali yang dituangkan ke dalam kitab " ihya ulumuddin " juz : 1  hal : 55 - 58 Al-Hidayah surabaya.

Sebagai bekal seorang guru,kyai atau ustazd yang berhasil ketika membimbing dan mengajar murid-muridnya agar mereka mendapat ilmu yang barokah, manfaat serta maslahat sebagai bekal hidupnya di dunia dan di akhirat.amin 3x 


Sebelumnya saya mohon maaf,kalau keterangan dari kitabnya tidak dicantumkan semua,karena terlalu panjang menulisnya,hanya poin-poin pentingnya saja,di sini saya tidak lebih hanya menterjemahkannya dengan bahasa yang sangat sederhana,dengan harapan semoga besar manfaatnya bagi para guru,kyai dan asatizd.


 الوظيفة الاولي : الشفقة علي المتعلمين وان يجريهم مجري بنيه، قال رسول الله صلعم إنما انا لكم مثل الوالد لولده،رواه ابو داود والنسائ وابن ماجه وابن حبان 

 بأن يقصد انقاذهم من نار الاخرة وهو اهم من انقاد الوالدين ولدهما من نار الدنيا ولذلك صار حق المعلم اعظم من حق الوالدين فان الوالد سبب الوجود الحاضر والحياة الفانية والمعلم سببب الحياة الباقية لولا المعلم لانساق ما حصل من جهة الاب الي الهلاك الدائم وانما المعلم هو المفيد للحياة الاخر ية الدائمة اعني معلم علوم الاخرة او علوم الدنيا علي قصد الاخرة لا علي قصد الدنيا فاما التعليم علي قصد الدنيا فهو هلاك واهلاك نعوذ بالله منه وكما ان حق ابناء الرجل الواحد ان يتحابوا ويتعاونوا علي المقاصد كلها فكذلك حق تلامذة الرجل الواحد التحاب والتوادد ولا يكون الا كذلك ان كان مقصدهم الاخرة ولايكون الا التحاسد والتباغض ان كان مقصدهم الدنيا فان العلماء وابناء الاخرة مسافرون الي الله تعالي وسالكون اليه .


1. Guru harus menyayangi murid-muridnya atau santri-santrinya  sebagaimana ia menyayangi anak-anaknya sendiri,karena murid butuh kasih sayang gurunya,sebagaimana mereka butuh kasih sayang orang tuanya  sendiri,sebagaimana sabda nabi saw : sesungguhnya aku bagi kalian bagaikan orang tua terhadap anak-anaknya ( Hr abu daud,nasai,ibnu majah,ibnu hiban ).

Guru mempunyai tanggung jawab untuk menyelamatkan murid-muridnya dari siksa api neraka di akhirat kelak,hal ini lebih penting dibanding kedua orangtua yang harus menyelamatkan anak-anaknya dari api dunia,maka tanggung jawab guru lebih berat daripada orangtua,kalau saja orangtua menjadi penyebab lahirnya manusia di dunia yang fanna ini,maka guru menjadi penyebab adanya kehidupan kelak diakhirat yang abadi

Tanpa bimbingan guru seseorang akan celaka selamanya,karena guru akan berguna untuk kehidupan akhirat yang kekal,baik guru yang mengajarkan ilmu akhirat atau ilmu dunia dengan tujuan akhirat.

Guru harus mendidik  murid-muridnya atau santri-santrinya untuk selalu kompak,saling menyayangi,saling membantu di antara mereka untuk mencapai tujuannya,karena tujuan mereka adalah akhirat.

Guru harus selalu bersikap sabar dalam menghadapi berbagai karakter murid-muridnya, karena tidak semua anak didiknya rajin,penurut,taat,ada juga yang malas,nakal,bandel,ada juga yang cerdas ,yang lamban dll,sebagaimana orang tua ketika mengurus anak-anaknya,namun bagaimanapun karakter dan sifat mereka yangberbeda, mungkin mereka selalu menyusahkan,menjengkelkan,Mereka tetap anak-anaknya yang harus mendapat perlakuan yang sama tanpa pilih kasih,itu lah proses pengajaran dan pendidikan yang memang membutuhkan waktu dan kesabaran untuk merubah anak didiknya menjadi baik,berilmu,berakhlakul karimah serta bermartabat,oleh karena itu anggaplah murid-murid & santri-santri itu sebagai anak-anaknya.


الوظيفة الثانية : ان يقتدي بصاحب الشرع صلوات الله عليه وسلامه،فلا يطلب علي افادة العلم اجراولا يقصد به جزاء ولا شكرا بل يعلم لوجه الله تعالي  طلبا للتقرب اليه  لا يري لنفسه منة عليهم  ان كانت المنة لازمة عليهم بل يري الفضل لهم اذ هذبوا فلوبهم لان تتقرب الي الله تعالي بزراعة العلوم فيها كالذي يعيرك الارض لتزرع فيها لنفسك زراعة فمنفعتك بها تزيد علي منفعة صاحب الارض فكيف تقلده منة وثوابك في التعليم اكثر من ثواب المتعلمعند الله تعالي الخ ...


2.Guru harus mengikuti jejak langkah rosululloh saw,mengajar dengan sepenuh hati,tanpa pamrih,tidak mengharapkan upah,balasan atau imbalan,tetapi mengajar karena alloh,dengan tujuan mendekatkan diri kepada alloh,tidak menganggap dirinya istimewa akan tetapi murid-muridnya  itu yang istimewa baginya,ketika mereka membersihkan hati-hatinya untuk mendekatkan diri kepada alloh swt, karena menanamkan ilmunya di hati mereka.

Guru seperti orang yang meminjamkan sebidang tanah kepada muridnya untuk bercocok tanam,tentunnya orang yang dipinjami tanah itu akan merasakan manfaat yang lebih besar dari pada pemilik tanah itu sendiri,maka bagaimana seorang guru akan mengalungkan anugrahnya itu padahal pahala mengajar itu lebih banyak daripada pahala muridnya di sisi alloh swt 


الو ظيفة الثالثة  : ان لا يدع من نصح المتعلم شيئا وذلك بان يمنعه من التصدي لرتبة قبل استحقاقها  التشاغل بعلم خفي قبل الفراغ من الجلي ثم ينبه ان الغرض بطلب العلوم القرب الي الله تعالي دون الرياسة المباهات الخ ...


3. Guru harus senantiasa menasehati dan  mengarahkan santri-santrinya,agar jangan sampai tegiur bahkan terganggu atau terhambat oleh ilmu yang belum tingkatannya / belum saatnya dipelajari seperti  terlena dengan ilmu kanuragan,atau dengan ilmu di luar program pesantrennya atau lembaga formalnya,padahal disiplin ilmu yg sudah diprogram di pesantren atau lembaga formal pun belum terkuasai,maka santri harus lebih fokus terlebih dahulu untuk mengaji,menghafal,mempelajari serta mendalami  berbagai bidang ilmu yang jumlahnya ada 12 bidang yang harus dikuasai,karena tujuan mengaji adalah mendekatkan diri kepada alloh swt, bukan untuk mencari pangkat atau kedudukan.


الوظيفة الرابعة : وهي من دقائق صناعة التعليم،ان يزجر المتعلم عن سوء الاخلاق بطريق التعريض ما امكن ولا يصرح وبطريق الرحمة لا بطريق التوبيخ فان التصريح يهتك حجاب الهيئة ويورث الجرأة علي الهجوم بالخلاف الخ...

4. Guru harus mendidik murid-muridnya atau santri-santrinya agar tidak menerapkan budi pekerti yang tidak baik meskipun tugas ini sangat berat,namun harus tetap dengan kasih sayang,tidak dengan cara yang kasar bahkan caci maki,karena hal itu akan merusak wibawanya sehingga murid-muridnya mungkin akan berani menentangnya.


الوظيفة الخامسة : ان المتكفل ببعض العلوم ينبغي ان لا يقبح في نفس المتعلم العلوم التي وراءه كمعلم اللغة اذ عادته تقبيح علم الفقه ومعلم الفقه تقبيح علم الحديث والتفسير  ان ذلك نقل محض وسماع وهو شأن العجائز  ولا نظر للعقل فيه،ومعلم الكلام ينفر عن الفقه  يق ل ذلك فروع وهو كلام في حيض النسوان فاين ذلك من الكلام في صفة الرحمن فهذه اخلاق مذمومةللمعلمين ينبغي ان يجتنب بل المتكفل بعلم واحد ينبغي ان يوسع علي المتعلم طريق التعلم في غيره،فينبغي ان يراعي التدريج في ترقية المتعلم من رتبة الي رتبة 


5. Guru tidak cukup hanya mengajarkan satu bidang ilmu,namun juga harus memperluas ilmu serta wawasan murid-muridnya dengan berbagai bidang ilmu,agar pola pikir murid-muridnya tidak ortodok dan picik,atau kaku ( bahasa arab : jumud ) secara bertahap,dari satu jenjang ke jenjang yang lebih tinggi secara terprogram 


الو ظيفة السادسة : ان يقتصر بالمتعلم علي قدر فهمه فلا يلقي اليه مالا يبلغه فينفره او يخبط عليه عقلها اقتداء افي ذلك بسيد البشر صلعم حيث قال [ نحن معاشر الانبياء امرنا ان ننزل الناس منازلهم ونكلمهم علي قدر عقولهم الخ...


6. Guru mengajarkan disiplin ilmu sesuai dengan kemampuan murid-muridnya atau santri-santrinya,karena jika mengajarkan ilmu di luar kemampuan santri-santrinya,pasti mereka akan menjauhinya karena tidak dapat dijangkau oleh akalnya.

Sebagaimana sabda nabi saw: kami para nabi memerintahkan untuk menempatkan manusia pada tempatnya dan bicara kepada mereka sesuai kemampuan akalnya.


الو ظيفة السابعة : إن المتعلم القاصر ينبغي ان يلقي اليه الجلي اللائق به ولا يذكر له ان وراء هذا تدفيقا وهو يدخره عنه فان ذلك يفتر رغبة في الجلي ويشوس عليه قلبه ويوهم اليه البخل به عنه اذ يظن كل احد انه اهل لكل علم دقييق 


7. Guru harus membuat program belajar dan pelajaran yang jelas dan menyusun kurikulum yang lengkap terhadap murid-muridnya atau santri-santrinya,supaya mereka tidak asal-asalan semaunya sendiri dalam belajarnya,jangan pula mengiming-iminginya dengan ilmu lain yang lebih dalam atau lebih menarik yang selama ini dirahasiahkan,karena hal tersebut bisa mengganggu konsentrasi belajarnya,mereka akan menduga kalau gurunya itu pelit dengan ilmunya,karena akan menyangka kalau gurunya itu membidani setiap ilmu yang mendalam 


الوظيفة الثامنة : ان يكون المعلم عاملا بعلمه فلا يكذب قوله فعله لأن العلم يدرك بالبصائر والعمل يدرك بالأبصار وارباب الابصار اكثر فاذاخالف العمل العلم منع الرشد  كل من تناول شيئا و قال للناس لا تناولوه فانه سم مهلك   

 واتهموه وزاد حرصهم علي ما نهوا عنه فيقولون لولا انه اطيب الاشياء و الذها لما كان يستأثر به الخ ...


8. Guru harus memberikan pelajaran ilmu yang sudah diterapkan oleh dirinya,jangan sampai dusta, ucapannya berbeda dengan perbuatannya ( menipu muridnya ),karena ilmu bisa ditemukan dengan mata begitu pula amal,karena akan lebih banyaknya orang yang memperhatikannya,jika amal dan ilmunya berbeda,maka tidak akan mendapat petunjuk.

Setiap orang yang meraih sesuatu lalu dia mengatakan kepada orang lain agar jangan sampai meraih sesuatu itu,maka itu racun yang akan meruksak harga dirinya,orang lain / masyarakat akan menduga dan penasaran atas larangannya,mereka akan mengatakan seandainya sesuatu itu lebih wangi dan lebih enak pasti dia akan mengambilnya.


Penerjemah : Kang Jenal Bandung

Friday, May 26, 2023

IMAM TIDAK BOLEH MELANTANGKAN BACAAN TA'AWUDZ

I


mam tidak boleh melantangkan bacaan ta'udz


 يسن تعوذ ولو في صلاة الجنازة سرا ولو في الجهرية.

[زين الدين المعبري، فتح المعين بشرح قرة العين بمهمات الدين، صفحة ١٠٣]


 Izin nambahin


(قَوْلُهُ لِلِاتِّفَاقِ عَلَيْهَا) عِبَارَةُ أَصْلِهِ مَعَ شَرْحِ م ر وَيَتَعَوَّذُ كُلَّ رَكْعَةٍ عَلَى الْمَذْهَبِ وَالْأُولَى آكَدُ مِمَّا بَعْدَهَا لِلِاتِّفَاقِ عَلَيْهَا وَالطَّرِيقُ الثَّانِي قَوْلَانِ أَحَدُهُمَا هَذَا أَيْ: أَنَّ التَّعَوُّذَ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ وَالثَّانِي يَتَعَوَّذُ فِي الْأُولَى فَقَطْ؛ لِأَنَّ الْقِرَاءَةَ فِي الصَّلَاةِ وَاحِدَةٌ انْتَهَتْ.


(قَوْلُهُ وَإِسْرَارٌ بِهِمَا) أَيْ بِحَيْثُ يَسْمَعُ نَفْسَهُ لَوْ كَانَ سَمِيعًا اهـ شَرْحُ م ر أَيْ: فَلَا يَزِيدُ عَلَى ذَلِكَ وَظَاهِرُهُ وَلَوْ قَصَدَ تَعْلِيمَ الْمَأْمُومِينَ التَّعَوُّذَ وَالِافْتِتَاحَ لِإِمْكَانِ ذَلِكَ إمَّا قَبْلَ الصَّلَاةِ وَإِمَّا بَعْدَهَا اهـ ع ش عَلَيْهِ.


(قَوْلُهُ كَسَائِرِ الْأَذْكَارِ الْمَسْنُونَةِ) أَيْ: فَإِنَّهُ يُطْلَبُ الْإِسْرَارُ بِهَا وَالْمُرَادُ بِالْأَذْكَارِ مَا يَشْمَلُ الدُّعَاءَ فَيُسِرُّ بِهِ إلَّا الْقُنُوتَ عَلَى مَا يَأْتِي فِيهِ اهـ ع ش.

Thursday, May 18, 2023

PENJELASAN ZINA



Mau tanya ustadz..🙏🏾

ada wanita yg sudah berkeluarga kemudian hamil... singkat cerita wanita yg hamil tsb digosipkan hamil dengan pria lain.

Apakah ini termasuk kategori tuduhan zina?


 Zina muhson


Zina ada dua macam: 1. Muhson ( sudsh berkeluarga ), 2. Ghoiru Muhson ( Belum berkeluarga )

فالمحصن حده الرجم, وغير المحصن حده مائة جلدة, وتغريب عام, إلى مسافة القصر

Zina Muhson Hadnya Di ranjam. dan Ghoiru Muhson Hadnya adalah 100 cambukan dan diusir selama setahun sejauh perjalanan solat kosor

وشرائط الإحصان أربع البلوغ والعقل والحرية ووجود الوطء في نكاح صحيح

والعبد والأمة حدهما نصف حد الحر وحكم اللواط وإتيان البهائم كحكم الزنا, ومن وطئ فيما دون الفرج

عزر ولا يبلغ بالتعزير أدنى الحدود.

Syarat Muhson ada empat: 1. Baligh, 2. Berakal.3. Merdeka dan adanya Wati dalam nikah yang sah.Seorang hamba baik laki laki atau perempuan maka hadnya separo dari hadnya orang merdeka. Adapun Had Liwati dan menyetubuhi hewan adalah seperti Zina. Dana baranga siapa yanjg wati selain farji maka hadnya diusir yang tidak sampai sejauh ukuran usiran yang terendahnya Had.

"فصل" وإذا قذف غيره بالزنا فعليه حد القذف بثمانية شرائط, ثلاثة منها في القاذف, وهو أن يكون بالغا

عاقلا, وأن لا يكون والدا للمقذوف, وخمسة في المقذوف, وهو أن يكون مسلما بالغا عاقلا حرا عفيفا

ويحد الحر ثمانين والعبد أربعين ويسقط حد القذف بثلاثة أشياء إقامة البينة أو عفو المقذوف أو اللعان في

حق الزوجة.

Fasal

Bila seseorang menuduh orang lain berbuat zina maka dia berhak dihad tuduhan dengnan delapan sarat. Tiga di yang menuduh yaitu dia baligh, berakal dan bukan orang tua yang dituduh. Lima yang di tertuduh yaitu: Yang dituduh baligh, berakal, berakal merdeka dan terjaga. Dan dihad orang merdeka 80 kali dan hamba 40 kali. Had menuduh bias gugur dengan tiga sarat: Mendatangkan saksi, maaf dari yang dituduh atau lian di hak suami istri


Kitab Fathul Qorib bab Zinah

Monday, May 15, 2023

UDHIYAH (QURBAN)

 


بِسْمِ ْاللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الْرَحِيمِ 

فصل،،

فى احكام الأضحية،،

Pasal: menerangkan hukum hukumnya Udh-hiyyah (Qurban).


بضم الهمزة فى الأشهر وهي إسم لما يذبح من النعم يوم عيد 

النحر وأيام التشريق تقربا الى الله تعالى.

Kata "Udh-hiyyah " menurut pendapat yg lebih masyhur di baca dhommah.

Udh-hiyyah adalah nama bagi hewan yg di sembelih, yaitu berupa binatang piaraan pada hari raya kurban dn hari hari Tasyriq karena semata bertaqarrub(mendekatkan diri)  kepada Allah. 

             Keterangan

Pengertian "Udh-hiyyah"atau "kurban" yaitu suatu tindak beribadah kepada Allah dengan cara menyembelih binatang tertentu (seperti kambing, kerbau, unta dll) pada hari raya haji (Qurban) dan hari hari Tasyriq (ya itu tgl 11,12,dan 13 Dhulhijjah) sesuai dengan ketentuan ketentuan syara'. 

والأضحية سنة مؤكدة،،  على الكفاية فإذا اتى بها واحد من اهل بيت كفى عن جميعهم ولا تجيب الأضحية الا بالنذر.

Berkurban hukumnya adalah sunah yg di tekankan atas dasar kifayah, maka apa bila salah seorang dari ahli rumah (suatu kluarga) telah mengerjakan kurban, maka cukuplah seluruh mereka, dan tidak menjadi wajib suatu Kurban kecuali sebab ada nadzar. 


ويجزئ فيها الجذع من الضأن،،  وهو ما له سنة وطعن فى الثانية ،،والثني من المعز،،  وهو ما له سنتان وطعن فى الثالثة ، والثني من الإبل ما له خمس سنين ،وطعن فى الساد سة ،والثني من البقر ما له سنتان وطعن فى الثالثة.

Mencukupilah untuk kurban itu, domba yg telah gugur sebuah giginya yaitu domba yg berumur 1-2 tahun, kambing yg telah gugur dua giginya yaitu berumur 2-3 tahun, unta yg gugur dua giginya, yaitu yg berumur 5-6 tahun dan lembu (kerbau) yg telah gugur dua giginya yaitu yg berumur 2-3 tahun. 


وتجزئ البدنة عن سبعة،،  إشتركوا فى التضحية بها.

Dan mencukupilah seekor unta untuk menjadi kurban bagi 7 orang berserikat dalam berkurban dengan binatang unta tersebut. 


وتجزئ ،، البقر عن سبعة،،  كذالك وتجزئ ،، الشاة عن شخص ،،واحد،، وهى افضل من مشاركته فى بعير.

Juga mencukupi seekor lembu untuk berkurban bagi 7 orang yg berserikat dan mencukupi seekor kambing untuk kurban seorang saja. Hal ini (kambing satu untuk kurban seseorang)adalah lebih utama dari pada yg terjadi dengan perserikatan dalam hal berkurban unta. 

                            Keterangan

Perlu di ketahui, bahwa binatang yg di jadikan kurban itu tidak harus berjenis jantan (laki laki),  tetapi yg betina(perempuan)juga sah(boleh) di buat kurban asalkan umur binatang itu sudah mencukupi dengan ketentua ketentuan syara'. Jika sekiranya menghendaki yg lebih utama, maka sebaikny binatang yg di jadikan kurban itu tadi berjenis laki lalki. 


وافصل انواع الاضحية ابل ثم بقر ثم غنم.

Adapun yg lebih utama macam macam binatang yg di buat kurban, yaitu unta, lembu kemudian kambing. 

،،واربع،، وفى بعض النسخ واربعة ،، لا تجزئ فى الضحايا،،.

Empat binatang yg tidak mencukupi syarat untuk berkurban (menurut sebagian keterangan menggunakan kata "Arba'ah" ya itu... 

والله أعلم....

Bersambung....


Meneruskan yang Kemarin 🙏🙏🙏

احد  ها ،، العوراء البين،، اى الظهر ،،عورها،، وان بقيت الحدقة فى الاصح.

1. Binatang yg matanya rusak sebelah yg tampak terang rusaknya ,meskipun masih wujud kurnia(matanya) menurut pendapat yg lebih shoheh. 

والثانى ،،العرجاء البين عرجها،، ولو كان حصول العرج لها عنداضجاعها للتضحية بها بسبب اضطرابها.

2. Binatang yg pincang yg tampak terang pincangnya, meskipun kepincanganya binatang itu dapat di ketahui ketika di baringkan karena hendak di sembelih sebab meronta-ronta. 

والثالث ،،المريضة البين مرضها،، ولا يضر يسير هذه الأمور.

3. Binatang yg sakit yg tampak terang sakitnya dan tidak berbahaya akan sedikitnya beberapa perkara ini. 

والرابع ،،العجفاء،، وهى التى ذهب مخها ،،اى ذهب دماغها  ،،من الغزال،، الحاصل لها.

4. Binatang yang kurus yang telah hilang sumsumnya(sebab kekurusanya). 

ويجزئ الخصى،، اى المقطوع الخصيتين ،،والمقسور القرن،، ان لم يؤثر فى اللحم.

Dan mencukupilah untuk berqurban, ya itu binatang yg di kebiri artinya binatang yg di potong kedua ginjalnya dan juga mencukupi binatang yg pecah kedua tanduknya jika memang pecahnya itu tidak sampai membekas pada daging. 

ويجزئ ايضا فاقدة القرون وهي المسماة بالجلحاء.

Juga mencukupi (untuk berqurban) binatang yg tidak ada tanduknya, ya itu yg di namai binatang"prucul".

ولاتجزئ المقطوعة،، كل الأذن،، ولا بعضها ولاالمخلوقة بلااذن و لاالمقطوعة ،،الذنب،، ولابعضه.

Tidaklah mencukupi untuk qurban ya itu binatang yang buntung (putus) semua telinganya, juga binatang yang putus sebagian telinganya dan binatang yg terjadi tanpa telinga. Demikian pula binatang yg buntung (putus) ekornya. 


Bersambung  🙏🙏🙏

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes