Bagi yang tidak punya biaya sebaiknya tidak menikah...❓❓
--<>--<>--<>--<>--
*قوله ( فإن فقد الأهبة ) أي مع توقانه للوطء كما هو الفرض. وقوله ( لم يستحب له النكاح ) بل يستحب له تركه ؛ كما في المنهاج وغيره.*
[الباجوري، ٢/ ١٨٩]
_Ucapan Pensyarah [Jika tidak punya biaya] yakni bersamaan dengan kerinduannya pada senggama, sebagaimana pengandaian. Ucapan beliau [Tidak disunnahkan baginya menikah] bahkan disunnahkan baginya meninggalkannya, sebagaimana (disebutkan) dalam kitab Minhajut Tholibin dan selainnya._
Segala sesuatu yang berhubungan dengan Jumat menjadi istemewa.
Sebagai Sayyidul ayyam, malam harinya pun menjadi istemewa karena merupakan waktu diangkatnya amal manusia dalam sepekan.
Agar lebih mendapatkan keberkahannya, jangan lewatkan untuk membaca doa ini setelah selesai melaksanakan sholat Jumat.
Disebutkan dalam banyak kitab tentang doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat Jumat. Diantaranya dalam Bughyatul Mustarsyidin, I’anatut Thalibin dan Ittihaf Sadatul Muttaqin.
Di dalam kitab-kitab tersebut sekaligus dijelaskan tentang keutamaan membaca doa setelah selesai sholat Jumat ini.
Diantaranya:
◻️Akan dijaga keimanannya oleh Allah selama hidupnya.
◻️Dijauhkan dari keburukan hingga Jumat berikutnya.
◻️Bahkan akan dicukupkan kebutuhannya dan diberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.
Berikut penjelasan dalam Ittihaf Sadatul Muttaqin Juz III halaman 442:
"Apabila seseorang selesai dari Shalat Jumat kemudian membaca: Al-hamdulillah sebanyak tujuh kali sebelum berbicara dan Qul huwallahu ahad serta Al-Mu’awwidzatain masing-masing tujuh kali. Telah meriwayatkan sebagian ulama salaf bahwa orang yang melakukan hal tersebut akan dihindarkan dari berbuat dosa hingga Jumat berikutnya, dan dipelihara dari gangguan setan".
Masih dalam kitab yang sama. Setelah membaca surat-surat Al-Qur’an di atas, diajurkan untuk lanjut membaca berikut:
Maka setiap orang yang istiqomah membaca surat-surat dan doa yang telah disebutkan akan dicukupkan kebutuhannya dan diberi rezeki dari arah yang tidak terduga.
Bagaimana tertarik dan dan penasaran akan khasiat dari wirid sederhana ini...?
Makanya setelah selesai shalat jangan keburu keluar dan pulang.
Ini kami jelaskan urutan dan cara melakukan wirid ini:
1). Setelah selesai salam kedua dari shalat Jumat, jangan duduk bersila. Tetap dalam posisi duduk tawarruk
2). Jangan berbicara dengan seseorang, tapi langsung membaca:
◼️ Alhamdulillah 7 kali.
◼️ Surat Al-Fatihah 7 kali.
◼️ Surat Al-Ikhlash (Qul Huwallahu Ahad) 7 kali.
◼️ Surat Qul A’udzu bi Rabbil Falaq / Al-falaq 7 kali.
◼️ Dan Surat An-Naas 7 kali.
3. Kemudian membaca doa dibawah ini sebanyak 7 kali.
Apabila telah sempurna shalat Jum’at serta wirid² yang dianjurkan dan hendak keluar dari masjid, maka dianjurkan pula membaca do’a Iraq bin Malik dalam posisi berdiri dipintu masjid.
واعلم أن قولهم القديم ليس مذهبا للشافعي أو مرجوعا عنه أو لا فتوى عليه المراد به قديم نص في الجديد على خلافه أما قديم لم يخالفه في الجديد أو لم يتعرض لتلك المسألة في الجديد فهو مذهب الشافعي واعتقاده ويعمل به ويفتى عليه فإنه قاله ولم يرجع عنه
Wallohualam bisowab .awam juga..🙏🏻
[8/7 21.15] +62 853-3359-2253:
"فهو مذهب الشافعي واعتقاده ويعمل به ويفتى عليه فإنه قاله ولم يرجع عنه"
[8/7 21.15] +62 856-0930-1428:
Maaf boleh minta terjemahan nya?
[8/7 21.19] +62 853-3359-2253:
Maaf awam juga artinya..ungkapan ulama yang menyatakan..,Qaul qadim Imam As-Syafi’i telah dicabut dan tidak bisa dijadikan acuan fatwa... maka yang dimaksud dari ungkapan tersebut adalah qaul qadim yang bertentangan dengan penjelasan Imam As-Syafi’i di dalam qaul jadidnya... Adapun qaul qadim yang tidak bertentangan dengan qaul jadid, atau Imam As,Syafi’i tidak menyinggung permasalahan terebut dalam qaul jadid,... maka qaul qadim tersebut adalah pendpat Imam As,Syafi’i yang bisa diamalka dan difatwakan...wallahualam bisowab..awam....
[8/7 21.21] Kyai Sibawaih: Wa 'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh
[ تجب الزكاة على الشخص عن نفسه، *وعمن تلزمه نفقته من المسلمين* (1) ، إذ المعروف في قواعد الفقه أن: كل من تلزمه نفقته من المسلمين تلزمه فطرته. ويستثنى من هذه القاعدة الابن، فلا يلزم بفطرة زوجة أبيه حال إعسار الأب، وإن وجبت نفقتها عليه لإعسار الأب، لأن النفقة واجبة على الأب مع إعساره فيتحملها عنه ابنه، بخلاف الفطرة، فليست واجبة عليه مع إعساره فلا يتحملها عنه ابنه.
REFERENSI
[درية العيطة، فقه العبادات على المذهب الشافعي، ١٣٨/٢]
Pengertian biaya nikah yang dijadikan sebagai pertimbangan hukum dalam menikah sebenarnya seperti apa ...❓❓
--<>--<>--<>--<>--
والأُهبة - بضم الهمزة - مؤن النكاح. وقوله ( كمهر ونفقة ) أي وكسوة؛ كما أشار إليه بكاف التمثيل. والمراد بالمهر : الحال منه، وبالنفقة : نفقة يوم النكاح وليلته، وبالكسوة : كسوة فصل التمكين .*
[الباجوري ، ٢/ ١٨٩]
_Lafadz اُهبة -dengan mendhummahkan Hamzah- adalah biaya nikah. Ucapan pensyarah [Seperti Mahar dan Nafkah] yakni dan seperti pakaian (juga), sebagaimana yang diisyaratkan oleh pensyarah dengan menggunakan huruf ك yang bermakna percontohan. Yang dimaksud dengan Mahar yaitu mahar yang kontan dan yang dimaksud dengan Nafkah ialah nafkah hari pernikahan dan malamnya. Sedangkan yang dimaksud pakaian ialah pakaian masa tamkin._
: وَلَعَلَّه كَانَ فِي الأَصْل الَّذِي نَقله الرَّافِعِيّ: أَن بعض الصَّحَابَة تطهَّر بِالْمَاءِ المسخن. . إِلَى آخِره، فَسقط لفظ «بعض»، إِمَّا من الأَصْل الْمَنْقُول مِنْهُ أَو من أصل الرَّافِعِيّ.
نعم، قد رُوِيَ (التطهر) بِالْمَاءِ المسخن من فعل جمع من الصَّحَابَة:
Badru munir
: ولا يكره التطهر بالماء المسخن بالنار؛ سواء كان مسخنًا بنار الحطب، أو بنار السرقين؛ لأن السخونة بالحرارة، ولا نجاسة فيها؛ فإن كان شديد السخونة - يكره؛ لأنه يحرق، وربما لا يمكنه إسباغ الوضوء به.
Soreh dari kitab tadzhib ala fiqih imam syafii.
Air musyammas pun di negara kita gak ada, itu hanya ada di negara yg panas nya banget 😁
: الماء المشمس، في قطر حار، في إناء منطبع (أي مصنوع من معدن قابل للصفح والطرق غير النقدين، الذهب والفضة، كالحديد والرصاص والنحاس) وعلة الكراهة فيه طبية
قال الشافعي رضي الله عنه: لا أكره المشمس إلا أن يكره من جهة الطب، وأسند الكراهة في ذلك إلى سيدنا عمر بن الخطاب رضي الله عنه لأنه كان يكره الاغتسال بالماء المشمس، ويقول إنه يورث البرص، (قال النووي في المجموع: الحديث ضعيف لأنه من رواية إبراهيم بن محمد بن أبي يحيى، وقد اتفقوا على تضعيفه إلا أن الشافعي وثقه) وضابط المشمس أن تخرج على الماء زهومة، وهي ناتجة عن تفاعل الماء مع معدن الإناء تحت أشعة الشمس، لذا فإن كراهته مقتصرة على استعماله للبدن، أما إذا استعمل لتطهير الثياب فليس فيه كراهة، وتزول الكراهة بالتبريد لتفكك الزهومة. *أما في بلادنا فالماء المشمس غير مكروه، لأن بلادنا معتدلة الحرارة*
[درية العيطة، فقه العبادات على المذهب الشافعي، ٥٠/١]
Dalam referensi lain redaksi sama yaitu
ولا يكره التطهر بالماء المسخن بالنار؛ سواء كان مسخناً بنار الحطب، أو بنار السرقين؛ لأن السخونة بالحرارة، ولا نجاسة فيها؛ فإن كان شديد السخونة - يكره؛ لأنه يحرق، وربما لا يمكنه إسباغ الوضوء به.
[البغوي ، أبو محمد، التهذيب في فقه الإمام الشافعي، ١٤٤/١]
Semoga bermanfaat untuk kita semuanya dalam hukum penggunaan air yang dipanaskan diperbolehkan.
Azay Nipira itu saya sebuah nama untuk dalam bermedia saja. Adalah terlahir dari seorang ibu yang cantik, baik, sholehah berdarah Sunda. Tentu saya adalah seorang manusia makhluk biasa yang senantiasa berdoa dan berusaha untuk terus berupaya dan untuk terus berdaya sekemampuan berbuat kebaikan untuk ibu, saudara saudari, seggenap keluarga, masyarakat, bangsa, negara sebagai perintah agama Islam yang saya yakini kebenarannya. Dengan tetap saling menghormati, menghargai, serta menjungjung tinggi siapapun orang untuk tetap saling mengenal satu sama yang lainnya. Ucapan terimakasih kepada siapapun yang telah memberikan ilmu ilmu kepada sayadan menjadi guruku, namun mohon ma'af saya tidak bisa membalasnya hanya saya selalu berdo'a untuk semua yang menjadi guruku dengan mendo'akan agar menjadi nilai tambah baginya sehingga mendapatkan balasan yang setimpal sepadan dari Allah SWT sebaik baiknya Dzat pemberi balasan kebaikan. Aamii..n. yaa..Rabbal Aalamiin....