Bagaimana hukum menggunakan obat pelemah syahwat dan pencegah kehamilan...❓❓
--<>--<>--<>--<>--
*فإن لم ينكسر بالصوم .. لا يكسره بالكافور ونحوه، بل يتزوج ويتوكل على الله فإن الله تكفّل بالرزق للمتزوج بقصد العفاف، فإن كسره بالكافور الطيار ونحوه ... كره إن أضعف الشهوة، فإن قطعها من أصلها .. حرم، وكذلك استعمال المرأة الشيء الذي يبطئ الحبَل أو يقطعه من أصله ؛ فيكره في الأول، ويحرم في الثاني.*
[الباجوري، ٢/ ١٨٩]
_Apabila syahwatnya tidak dapat dikalahkan dengan puasa.. tidak boleh melemahkannya dengan kapur dan semisalnya. Tetapi, (hendaknya) menikah dan bertawakal kepada Allah, karena sesungguhnya Allah mencukupi rizki orang yang menikah dengan tujuan menjaga kehormatan. Apabila mengalahkan syahwatnya dengan kapur tiyar dan semisalnya, maka makruh hukumnya jika berakibat melemahkan syahwat. Jika menghilangkan syahwat sama sekali, maka haram. Demikian juga hukumnya wanita menggunakan sesuatu yang memperlambat kehamilan atau memutuskan total kehamilan. Hukumnya makruh pada kasus pertama (memperlambat) dan Haram pada kasus kedua (menghilangkan)._
Assalamualaikum, para yai mau nanya kalau kita mandi wajib, pada saat mandi wajib megang kemaluan, apakah setelah mandi hadas kecilnya hilang sehingga tidak perlu wudhu lagi?
Jawaban
[10/7 00.46] Kyai Sibawaih: Tetap wudhu lagi
TATA CARA MANDI WAJIB YANG MENCAKUP WUDHU
1- Basuh qubul-dubur dengan niat menghilangkan hadats besar "secara khusus". Pas basuh dubur niat "saya niat menghilangkan hadats besar khusus pada dubur". Dan pas basuh qubul niat "saya niat menghilangkan hadats besar khusus pada qubul."
2. Setelah itu jangan lagi memegang qubul dubur, karena itu bisa membatalkan wudhu yg nanti mandinya dinilai tidak lagi mencakup wudhu. Juga jangan sampai ada yang batalin wudhu selama proses mandi, seperti kencing, kentut dll. Kalau kencing lakukanlah sebelum proses mandi wajib.
3. Setelah basuh qubul dubur secara khusus kemudian basuh seluruh badan lain (selain qubul dubur) dengan niat menghilangkan hadats besar pada seluruh tubuh seperti yang telah lumrah di ketahui. Misal "saya niat menghilangkan hadats besar pada badan saya fardhon lillahi ta'ala".
Jika sesuai ketentuan nomor satu sampai tiga ini, maka mandi wajibnya sudah mencakup wudhu. Nantinya sehabis mandi wajib, tidak wudhu, langsung shalat, maka sudah sah, walaupun tidak wudhu sama sekali saat mandi.
Keterangan: Tulisan ini hanya berfokus membahas mandi wajib yang mencakup wudhu. Tidak membahas kesunahan dalam mandi wajib dll. karena khawatir kepanjangan.
فَإِن مَسّه بِبَطن كَفه من غير حَائِل انْتقض وضوؤه وَإِن لف على يَده خرقَة مثلا فَفِيهِ كلفة والمخلص من ذَلِك أَنه بعد فرَاغ الِاسْتِنْجَاء يَنْوِي رفع الْحَدث الْأَكْبَر مَعَ صب المَاء على الْمحل وَهَذِه الْمَسْأَلَة تسمى الدقيقة
ثمَّ يعود الْحَدث الْأَصْغَر على بَاطِن الْكَفّ بِمَسّ حَلقَة الدبر فَيحْتَاج المغتسل إِلَى إفَاضَة المَاء على بطن كَفه بنية رفع الْحَدث الْأَصْغَر عَنهُ بعد رفع حدث وَجهه وَإِنَّمَا قُلْنَا بعد رفع حدث وَجهه لوُجُوب التَّرْتِيب فِي الْحَدث الْأَصْغَر إِذا لم يكن ارتفاعه فِي ضمن الْأَكْبَر وَحدث الْكَفّ فِي هَذِه الْحَالة لَيْسَ فِي ضمن الْأَكْبَر فيراعى فِيهِ التَّرْتِيب وَالْمُسلم من هَذِه الورطة أَن يُقيد النِّيَّة بِأَن يَقُول نَوَيْت رفع الْحَدث الْأَكْبَر عَن مَحل الِاسْتِنْجَاء بِخُصُوصِهِ ثمَّ يَأْتِي بنية أُخْرَى لباقي بدنه وَهَذِه تسمى دقيقة الدقيقة فمجموع الْمَسْأَلَتَيْنِ يُسمى الدقيقة ودقيقة الدقيقة
Bagi yang tidak punya biaya sebaiknya tidak menikah...❓❓
--<>--<>--<>--<>--
*قوله ( فإن فقد الأهبة ) أي مع توقانه للوطء كما هو الفرض. وقوله ( لم يستحب له النكاح ) بل يستحب له تركه ؛ كما في المنهاج وغيره.*
[الباجوري، ٢/ ١٨٩]
_Ucapan Pensyarah [Jika tidak punya biaya] yakni bersamaan dengan kerinduannya pada senggama, sebagaimana pengandaian. Ucapan beliau [Tidak disunnahkan baginya menikah] bahkan disunnahkan baginya meninggalkannya, sebagaimana (disebutkan) dalam kitab Minhajut Tholibin dan selainnya._
Segala sesuatu yang berhubungan dengan Jumat menjadi istemewa.
Sebagai Sayyidul ayyam, malam harinya pun menjadi istemewa karena merupakan waktu diangkatnya amal manusia dalam sepekan.
Agar lebih mendapatkan keberkahannya, jangan lewatkan untuk membaca doa ini setelah selesai melaksanakan sholat Jumat.
Disebutkan dalam banyak kitab tentang doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat Jumat. Diantaranya dalam Bughyatul Mustarsyidin, I’anatut Thalibin dan Ittihaf Sadatul Muttaqin.
Di dalam kitab-kitab tersebut sekaligus dijelaskan tentang keutamaan membaca doa setelah selesai sholat Jumat ini.
Diantaranya:
◻️Akan dijaga keimanannya oleh Allah selama hidupnya.
◻️Dijauhkan dari keburukan hingga Jumat berikutnya.
◻️Bahkan akan dicukupkan kebutuhannya dan diberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.
Berikut penjelasan dalam Ittihaf Sadatul Muttaqin Juz III halaman 442:
"Apabila seseorang selesai dari Shalat Jumat kemudian membaca: Al-hamdulillah sebanyak tujuh kali sebelum berbicara dan Qul huwallahu ahad serta Al-Mu’awwidzatain masing-masing tujuh kali. Telah meriwayatkan sebagian ulama salaf bahwa orang yang melakukan hal tersebut akan dihindarkan dari berbuat dosa hingga Jumat berikutnya, dan dipelihara dari gangguan setan".
Masih dalam kitab yang sama. Setelah membaca surat-surat Al-Qur’an di atas, diajurkan untuk lanjut membaca berikut:
Maka setiap orang yang istiqomah membaca surat-surat dan doa yang telah disebutkan akan dicukupkan kebutuhannya dan diberi rezeki dari arah yang tidak terduga.
Bagaimana tertarik dan dan penasaran akan khasiat dari wirid sederhana ini...?
Makanya setelah selesai shalat jangan keburu keluar dan pulang.
Ini kami jelaskan urutan dan cara melakukan wirid ini:
1). Setelah selesai salam kedua dari shalat Jumat, jangan duduk bersila. Tetap dalam posisi duduk tawarruk
2). Jangan berbicara dengan seseorang, tapi langsung membaca:
◼️ Alhamdulillah 7 kali.
◼️ Surat Al-Fatihah 7 kali.
◼️ Surat Al-Ikhlash (Qul Huwallahu Ahad) 7 kali.
◼️ Surat Qul A’udzu bi Rabbil Falaq / Al-falaq 7 kali.
◼️ Dan Surat An-Naas 7 kali.
3. Kemudian membaca doa dibawah ini sebanyak 7 kali.
Apabila telah sempurna shalat Jum’at serta wirid² yang dianjurkan dan hendak keluar dari masjid, maka dianjurkan pula membaca do’a Iraq bin Malik dalam posisi berdiri dipintu masjid.
واعلم أن قولهم القديم ليس مذهبا للشافعي أو مرجوعا عنه أو لا فتوى عليه المراد به قديم نص في الجديد على خلافه أما قديم لم يخالفه في الجديد أو لم يتعرض لتلك المسألة في الجديد فهو مذهب الشافعي واعتقاده ويعمل به ويفتى عليه فإنه قاله ولم يرجع عنه
Wallohualam bisowab .awam juga..🙏🏻
[8/7 21.15] +62 853-3359-2253:
"فهو مذهب الشافعي واعتقاده ويعمل به ويفتى عليه فإنه قاله ولم يرجع عنه"
[8/7 21.15] +62 856-0930-1428:
Maaf boleh minta terjemahan nya?
[8/7 21.19] +62 853-3359-2253:
Maaf awam juga artinya..ungkapan ulama yang menyatakan..,Qaul qadim Imam As-Syafi’i telah dicabut dan tidak bisa dijadikan acuan fatwa... maka yang dimaksud dari ungkapan tersebut adalah qaul qadim yang bertentangan dengan penjelasan Imam As-Syafi’i di dalam qaul jadidnya... Adapun qaul qadim yang tidak bertentangan dengan qaul jadid, atau Imam As,Syafi’i tidak menyinggung permasalahan terebut dalam qaul jadid,... maka qaul qadim tersebut adalah pendpat Imam As,Syafi’i yang bisa diamalka dan difatwakan...wallahualam bisowab..awam....
[8/7 21.21] Kyai Sibawaih: Wa 'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh
[ تجب الزكاة على الشخص عن نفسه، *وعمن تلزمه نفقته من المسلمين* (1) ، إذ المعروف في قواعد الفقه أن: كل من تلزمه نفقته من المسلمين تلزمه فطرته. ويستثنى من هذه القاعدة الابن، فلا يلزم بفطرة زوجة أبيه حال إعسار الأب، وإن وجبت نفقتها عليه لإعسار الأب، لأن النفقة واجبة على الأب مع إعساره فيتحملها عنه ابنه، بخلاف الفطرة، فليست واجبة عليه مع إعساره فلا يتحملها عنه ابنه.
REFERENSI
[درية العيطة، فقه العبادات على المذهب الشافعي، ١٣٨/٢]
Pengertian biaya nikah yang dijadikan sebagai pertimbangan hukum dalam menikah sebenarnya seperti apa ...❓❓
--<>--<>--<>--<>--
والأُهبة - بضم الهمزة - مؤن النكاح. وقوله ( كمهر ونفقة ) أي وكسوة؛ كما أشار إليه بكاف التمثيل. والمراد بالمهر : الحال منه، وبالنفقة : نفقة يوم النكاح وليلته، وبالكسوة : كسوة فصل التمكين .*
[الباجوري ، ٢/ ١٨٩]
_Lafadz اُهبة -dengan mendhummahkan Hamzah- adalah biaya nikah. Ucapan pensyarah [Seperti Mahar dan Nafkah] yakni dan seperti pakaian (juga), sebagaimana yang diisyaratkan oleh pensyarah dengan menggunakan huruf ك yang bermakna percontohan. Yang dimaksud dengan Mahar yaitu mahar yang kontan dan yang dimaksud dengan Nafkah ialah nafkah hari pernikahan dan malamnya. Sedangkan yang dimaksud pakaian ialah pakaian masa tamkin._
Azay Nipira itu saya sebuah nama untuk dalam bermedia saja. Adalah terlahir dari seorang ibu yang cantik, baik, sholehah berdarah Sunda. Tentu saya adalah seorang manusia makhluk biasa yang senantiasa berdoa dan berusaha untuk terus berupaya dan untuk terus berdaya sekemampuan berbuat kebaikan untuk ibu, saudara saudari, seggenap keluarga, masyarakat, bangsa, negara sebagai perintah agama Islam yang saya yakini kebenarannya. Dengan tetap saling menghormati, menghargai, serta menjungjung tinggi siapapun orang untuk tetap saling mengenal satu sama yang lainnya. Ucapan terimakasih kepada siapapun yang telah memberikan ilmu ilmu kepada sayadan menjadi guruku, namun mohon ma'af saya tidak bisa membalasnya hanya saya selalu berdo'a untuk semua yang menjadi guruku dengan mendo'akan agar menjadi nilai tambah baginya sehingga mendapatkan balasan yang setimpal sepadan dari Allah SWT sebaik baiknya Dzat pemberi balasan kebaikan. Aamii..n. yaa..Rabbal Aalamiin....