BREAKING NEWS

Watsapp

Sunday, October 17, 2021

HIDUP TENANG DENGAN KEJUJURAN, AMANAH DAN ISTIQOMAH

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PERTEMUAN KE 3


Sekolah : SMPN 2 GARAWANGI

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/ Semester : VII / 1 (Ganjil)

Alokasi Waktu : 3 JP @40 Menit

Materi Pokok : Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah, dan Istiqamah


  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  • Menyebutkan pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait. 

  • Menjelaskan makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait. 

  • Menunjukkan contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait. 

  • Menampilkan contoh perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.


Media/Alat, Bahan & Sumber Belajar


Media/Alat

:

Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an


Bahan

:

Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus


Sumber Belajar

:

Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016


  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Ke-3

Pendahuluan (15 menit)

1.

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

2.

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

3.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : 

Pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait serta Makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait

4.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,


Kegiatan Inti

(90 Menit)

KEGIATAN LITERASI

  • Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait serta Makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

  • Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait serta Makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

COLLABORATION (KERJASAMA)

  • Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait serta Makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

  • Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

CREATIVITY (KREATIVITAS)

  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengertian istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait serta Makna istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al- Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup (15 menit)

1.

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. 

2.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.


  1. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

  • Penilaian Skala Sikap

  • Penilaian “Membaca dengan Tartil”

  • Penilaian Diskusi 



Mengetahui,

Kepala Sekolah




NIP. ……………………


GARAWANGI …………………. 20….


Guru Mata Pelajaran




NIP. …………………………...


BAHAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN KE 3

3. Menjadi Pribadi yang Istiqomah


a. Apa itu istiqomah?


Istiqomah adalah sikap kukuh pada pendirian dan konsisten dalam tindakan. Istiqomah merupakan salah satu sikap yang mulia.

Pengertian istiqomah adalah sikap teguh dalam melakukan suatu kebaikan, membela, dan mempertahankan keimanan dan keislaman sekalipun menghadapi berbagai macam tantangan dan godaan. Seseorang yang mempunyai sifat istiqomah bagaikan batu karang yang berada di tengah-tengah lautan yang tidak bergeser sedikitpun meskipun dihantam oleh gelombang yang sangat besar. Istiqomah terwujud karena adanya keyakinan akan kebenaran dan siap menanggung resiko. Sikap ini wajib dimiliki setiap muslim, termasuk kita sebagai pelajar. Istiqomah dapat membantu kita untuk membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam. Oleh karena itu, kita sebagai pelajar harus memberikan contoh yang baik kepada siapa saja dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat sekitarnya. Allah Swt. berfirman tentang hal itu.


Artinya :

Sesungguhnya orang-orang yang berkata, “Tuhan kami adalah Allah,” kemudian mereka tetap istiqomah tidak ada rasa khawatir pada mereka, dan mereka tidak (pula) bersedih hati. (Q.S. Al- Ahqaf/46: 13).


Ayat diatas menjelaskan sikap orang-orang yang istiqomah, yaitu orang mengikuti garis-garis yang telah ditentukan oleh agama, menjalankan semua perintah Allah Swt. dan meninggalkan semua larangan-Nya. Orang yang memiliki sifat istiqamah tidak perlu khawatir terhadap diri mereka di hari kiamat nanti karena Allah Swt. menjamin keselamatan mereka.


b. Contoh Perilaku Istiqamah dalam Kehidupan Sehari-hari


1) Selalu menjalankan perintah Allah Swt. dan menjauhi larangan-Nya dalam keadaan apa pun dan di mana pun.

2) Melaksanakan shalat tepat pada waktunya.

3) Belajar dengan rajin.

4) Selalu menaati peraturan baik yang ada di rumah, sekolah maupun masyarakat.

5) Selalu menjalankan kewajiban dengan rasa senang dan nyaman serta tidak merasa dipaksa atau dibebani.


c. Hikmah Perilaku Istiqamah

1) Allah Swt. akan memelihara dirinya dari rasa takut dan sedih dalam menjalani kehidupan.

2) Kesuksesan akan dapat diraih baik pada kehidupan di dunia maupun di akhirat kelak.

3) Orang yang istiqomah dan sabar serta mendirikan shalat akan selalu dilindungi oleh Allah Swt.


Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kita pun harus istiqomah. Negara Indonesia merupakan negara yang berdasarkan Pancasila yang menyatukan seluruh aspek kebangsaan, termasuk agama. Kita diharapkan dapat memiliki sikap istiqamah dalam menjalankan nilai-nilai kebaikan di dalam dasar negara tersebut sebagai buah dari kecintaan terhadap negara. Dalam hal ini termasuk di dalamnya bersikap istiqamah dalam memahami perbedaan yang ada di Indonesia yang sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.


Dalam hal ini, seorang pelajar muslim Indonesia diharapkan dapat mewujudkan perilaku istiqamah dalam mewarisi nilai budaya bangsa, merajut perbedaan, dan mengembangkan toleransi.


Setelah kalian membaca materi di atas, lakukan hal berikut ini.

1. Tuliskan cerita pengalaman pribadi mengenai jujur, amanah, dan

istikamah dalam kertas yang disediakan oleh guru!

2. Diskusikan dengan teman sekelompokmu!


Demikian pembahasan tentang istiqomah, semoga bermamfaat. Aamiin....

Share this:

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes