Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh kyai nyai, ustadz dan ustadzah 🙏mau nanya lagi👇
Salah satu kewajiban dalam menjalankan shalat adalah dilakukan dalam keadaan menetap di tanah bumi (istiqrar), atau melalui perantara seseuatu yang menempel pada tanah bumi, seperti bangunan, perahu, dan lain-lain. Oleh sebab itu, jika seandainya ada seseorang yang memiliki kemampuan dapat mengangkat dirinya untuk tidak menempel pada tanah (terbang) lalu saat dalam keadaan demikian ia melakukan shalat, maka shalat yang ia lakukan dianggap tidak sah sehingga ia wajib mengulangi shalatnya kembali.
Lalu, bagaimana dengan sholat di pesawat yang notabene tidak nempel ke bumi ??
Waalaikum salam warahmatullahi wabarokatuh
Jawaban
( وشرطه نصب فتاره ) بفتح الفاء : أي عظامه التي هي مفاصله ، لأن اسم القيام دائر معه فلا يضر إطراق الرأس بل يسن ، ولا الاستناد إلى نحو جدار وإن كان بحيث لو رفع لسقط لوجود اسم القيام لكن يكره الاستناد .
نعم لو استند بحيث يمكنه رفع قدميه بطلت صلاته لأنه معلق نفسه وليس بقائم ، ومنه يؤخذ صحة قول العبادي : يجب وضع القدمين على الأرض ، فلو أخذ اثنان بعضده ورفعاه في الهواء حتى صلى لم تصح ، ولا يضر قيامه على ظهر قدميه من غير عذر خلافا لبعضهم لأنه لا ينافي اسم القيام
Nihayatul muhtaj hal 466 juz 1 :
Artinya:
Ini dalam masalah berdiri saat sholat ya
kurang lebihnya seperti ini maksud ta'bir di atas
jadi syaratnya dlm berdiri saat sholat itu menegakkan badannya fatar ini ialah tulang2 badannya dan beberapa persendian nya karna yang namanya berdiri itu terpusat padanya,tdk lah apa apa menundukkan kepalanya bahkan itu di sunnahkan juga tdk jd masalah jika berdiri sambil bertumpu pada sebuah tembok dan jika tembok itu di angkat atau di ambil jatuhlah si org yg sholat td,karna dg demikian sdh terwujud adanya berdiri akan tetapi hal itu di makruhkan hukumnya,iya benar namun demikian jika seorang itu sholat dlm keadaan jika bersandar di mumkinkan ia bisa mengangkat kedua kakinya maka batal lah sholatnya karna dia menggantungkan dirinya atas yg lain dan tdk di sebut berdiri dr sinilah di ambil kesimpulan dr apa yg di katakan oleh Al ubadi : wajib hukumnya meletakkan kedua alas kakinya ke tanah maka jika ada dua orang yg mengangkat bahunya ke atas sedang dia dlm keadaan sholat maka tdk sah sholatnya.yg terakhir tdk bahaya atau tdk apapa jika seseorang sedang sholat bertumpu dg kedua kakinya bagian atas (bukan alas kaki ) tanpa ada nya udzur .karna tdk menafikan adanya berdiri namun hal ini berbeda dg pendapat sebagian ulama ulama lain.
Ta'bir lain :
قال شيخ الإسلام زكريا الأنصاري في أسنى المطالب( فَرْعٌ : يُشْتَرَطُ فِيْ ) صِحَّةِ صَلَاةِ ( الْفَرْضِ الْاِسْتِقْرَارُ وَالْاِسْتِقْبَالُ وَتَمَامُ الْأَرْكَانِ ) " . قَالَ الشِّهَابُ الرَّمْلِيُّ فِيْ "حَاشِيَتِهِ" ( قَوْلُهُ يُشْتَرَطُ فِي الْفَرِيْضَةِ الْاِسْتِقْرَارُ ) فَلَوْ حَمَلَهُ رَجُلَانِ وَوَقَفَا فِي الْهَوَاءِ أَوْ صَلَّى عَلَى دَابَّةٍ سَائِرَةِ فِيْ هَوْدَجٍ لَمْ تَصِحَّ". اهـ
Asnal Mathalib 1/136 :
Dalam referensi lainnya pada Syafi'iyah modern ndak perlu qodho gmna ni yi
(إذا أدرك المسافر الصلاة المفروضة في الطائرة أو الباخرة ولم يكن بالإمكان جمعها مع صلاة أخرى، كصلاة الفجر مصلا، ولم يتمكن من استقبال القبلة، *ترك الاستقبال، وكذا أي ركن عجز عنه، ولا إعادة عليه* أما في السيارة فلا بد من النزول والاستقبال)
Referensi
[ فقه العبادات على المذهب الشافعي، ٢٣٠/١]
Dalam referensi lainnya tetap wajib iadah sholat (QODHO)
-: وإذا كان يصلي في سفينة أو قِطار ومثله الهَودج والمَرقد ونحو ذلك فيجب عليه أن يتم ركوعَه وسجوده إن سهل، ويجب عليه استقبال القبلة في جميع الصلاة إن سهل عليه كذلك، وإلا فلا يجب، ومثل ذلك الصلاة في الطائرة، فتجوز مع صلاة النفل، وأما صلاة الفرض إن تعينت عليه أثناء الرحلة، وكانت الرحلة طويلة ، بأن لم يستطع الصلاة قبل صعودها أو انطلاقها أو بعد هُبوطها في الوقت، ولو تقديماً أو تأخيراً، ففي هذه الحالة يجب عليه أن يصلي لحرمة الوقت مع استقبال القبلة، وفيها حالتان
1 ـ إن صلى بإتمام الركوع والسجود: ففي وجوب القضاء عليه خلاف، *لعدم استقرار الطائرة في الأرض، والمعتمد أن عليه القضاء*
٢ ـ وإن صلى بدون إتمام الركوع والسجود، *أو بدون استقبال القبلة مع الإتمام : فيجب عليه القضاء بلا خلاف*
[التقريرات السديدة، ١/ ٢٠١]
Post a Comment