BREAKING NEWS

Watsapp

Tuesday, April 18, 2023

PENJELASAN ZAKAT DALAM KITAB FATHUL QORIB

 



PENGERTIAN ZAKAT


Fathul Qorib mujib:

وهي

لغة النماء، وشرعًا اسم لمَالٍ مخصوص يُؤخذ من مال مخصوص، على وجه مخصوص، يصرف لطائفة مخصوصة.

Secara bahasa, zakat berarti tumbuh berkembang. Secara syariat, zakat

adalah istilah untuk harta khusus yang diambil dari harta tertentu

berdasarkan pertimbangan tertentu dan disalurkan hanya kepada pihak-

pihak tertentu.


(وتجب الفطرة) أي زكاة الفطر. سميت بذلك لان وجوبها به.


Wajib Zakat Fitrah


Disebut zakat fitrah, ( zakat berbuka puasa  ) sebab diwajibkannya karena  telah berbuka puasa akhir romadlon.


انها طهرة للصائم من اللغو والرفث

Bahwa zakat fitrah itu membersihkan orang puasa daripada sis sia dan keji (zina) hadis shohih.


fathul muin juz hal 17.


MACAM MACAM  ZAKAT


1. Zakat Fitrah, zakat yang wajib dikeluarkan Muslim menjelang Idul

Fitri pada bulan Ramadhan.

2. Zakat Maal (Zakat Harta), zakat kekayaan tertentu yang harus

dikeluarkan dalam jangka satu tahun sekali yang sudah memenuhi nishab.


Jenis dan kadar zakat fitrah :

1. Berupa bahan makanan pokok daerah tersebut (bukan uang)

2. Sejenis. Tidak boleh campuran

3. Jumlahnya mencapai satu Sho' untuk setiap orang. ( 1 Sho' = 4 mud)

4. Diberikan di tempatnya orang yang dizakati.


UKURAN 1 SHO'


1 Sho' Beras putih menurut Dr Wahbah Zuhaili 2,751 Kg, Menurut KH

Ma'shum Bin Ali 2, 720 Kg.


ZAKAT FITRAH DENGAN UANG


Menurut Syafi'iyyah Membayar zakat fitrah dengan uang tidak

diperbolehkan, sedangkan menurut Hanafiyyah diperbolehkan. Namun

dilapangan, banyak masyarakat yang membayar zakat dengan uang,

bagi Amil harus menerangkan prosedur membayar zakat fitrah antara madzhab syafi'i dan Hanafi.


فقه الاسلامى الجزء الثالث ص ۲۰۴۶ :

دفع القيمة عندهم لا يجزئ عند الجمهور إخراج القيمة عن هذه الأصناف، فمن

أعطى القيمة لم تجزئه، لقول ابن عمر: فرض رسول الله صلى الله عليه وسلم

صدقة الفطر صاعاً من تمر، وصاعاً من شعير»


رد المختار الجزء الثاني ص : 286

) وجاز دفع القيمة في زكاة وعشر وخراج وفطرة ونذر وكفارة غير الإعتاق )

وتعتبر القيمة يوم الوجوب وقالا يوم الأداء . وفي السوائم يوم الأداء إجماعا وهو

الأصح ويقوم في البلد الذي المال فيه ولو في مفازة ففي أقرب الأمصار إليه فتح

الموسوعة الفقهية الجزء الثالث والعشرون ص: 243

( نوع الواجب ) : 12 - ذهب الحنفية إلى أنه يجزئ إخراج زكاة الفطر القيمة

من النقود وهو الأفضل أو العروض لكن إن أخرج من البر أو دقيقه أو سويقه

أجزأه نصف صاع وإن أخرج من الشعير أو التمر أو الزبيب فصاع لما روى ابن

عمر رضي الله تعالى عنهما قال “كان الناس يخرجون على عهد رسول الله صلى

الله عليه وسلم صاعا من شعير أو تمر أو سلت أو زبيب” قال ابن عمر فلما كان

عمر وكثرت الحنطة جعل عمر نصف صاع حنطة مكان صاع من تلك الأشياء .

•------------

فرع ولا تجزئ قيمة ولا معيب ومسوس، ومبلول ، ای الا انجف وعا لصلاحية الاد خار والاقتيات،  ولا اعتبار لاقياتهم المبلول ، الا ان فقدو ا غيره فيجوز


CABANG

zajat fitrah belum cukup bila dikeluarkan dalam bentuk 

 #UANG seharganya,

 #BARANG YANG CACAT,

   #YG TERMAKAN BUBUK,

   #atau yg BASAH

   kecuali bila telah kering  kembali dan menjadi kuat disimpan  serta patut dimakan, kebiasaan makan makanan pokok masih basah tidak bisa dipakai ukuran , kecuali bila telah tidak diperoleh selain yg basah  maka boleh digunakan zakat fitrah.

Fathul muin juz 2 hal 23

----------------


PROSEDUR  MEMBAYAR  ZAKAT FITRAH DENGAN UANG ALA  MADZHAB HANAFI.


Mengeluarkan uang senilai harga 3.8 kg kurma yang berkualitas di daerah masing-masing disertai niat dan bimbingan dari amil.


Contoh: Kurma per kg = Rp30.000

Zakat = Rp30.000 x 3.8 kg

= Rp114.000


قفه الاسلامى الجزء الثاني ص: 909-910

قال الحنفية تجب زكاة الفطر من أربعة أشياء الحنطة والشعير والتمر

والزبيب وقدرها نصف صاع من حنطة أو صاع من شعير أو تمر أو زبيب

والصاع عند أبي حنيفة ومحمد ثمانية أرطال بالعراقي، والرطل العراقي

مئة وثلاثون درهماً، ويساوي 3800 غراماً؛


PROSEDUR  MEMBAYAR  ZAKAT FITRAH DENGAN UANG ALA  MADZHAB SYAFII.


Amil atau pengelola zakat semisal LAZISNU menyediakan paket beras

yang berkualitas (per paket berisi 2.75 kg); Dibeli oleh_muzakki,

Dikeluarkan sebagai zakat fitrahnya disertai niat dan bimbingan dari amil.



SUMBER LBM WARU.

SEMOGA BERMANFAAT

Share this:

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes