SHOLAT JANAZAH PART 4
Posted by
MWC.NUGAR.ANZAAY
on
May 23, 2024
in
FIQIH SHOLAT
|
BERKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN
TERJEMAH FATHUL MUIN
SHOLAT JANAZAH
PART 4
Pondok pesantren/MTS/ MA Nurul FALAH Assubuki
(وَ دَفْنُهُ فِيْ حُفْرَةٍ تَمْنَعُ) بَعْدَ طَمِّهَا (رَائِحَةً) أَيْ ظُهُوْرُهَا، (وَ سَبُعًا) أَيْ نَبْشُهُ لَهَا، فَيَأْكُلَ الْمَيِّتَ.
Menguburkan Mayit
(Fardhu kifāyah) mengubur mayat di dalam lubang yang setelah ditimbuni tanah kembali, sehingga bau mayat tidak tampak, serta aman dari binatang buas yang akan memakannya.
وَ خَرَجَ بِحُفْرَةٍ: وَضْعُهُ بِوَجْهِ الْأَرْضِ وَ يُبْنَى عَلَيْهِ مَا يَمْنَعُ ذَيْنِكَ، حَيْثُ لَمْ يَتَعَذَّرِ الْحَفْرُ.
Tidak masuk dalam ketentuan “di dalam lubang” jika mayat diletakkan di atas tanah, (17) kemudian dibangun sedemikian rupa di atasnya, sehingga bau mayat tidak tampak lagi dan aman dari pembongkaran binatang buas selagi penggalian lubang tidak mendapat kesulitan. (18 ).
-------------
ای فلا يكفي لانه ليس بدفن
17). Sebab hal itu tidak dinamakan dengan menguburkan. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 116
18.
.كأن كانت الارض خوارة او ينبع منها ماء يفسد الميت واكفانه جاز ذلك
Seperti tanahnya sulit untuk digali atau muncul sumber air yang merusak mayat kain kafannya maka boleh menaruh mayat diatas bumi terus dibangun diatasnya.
Ianatutholibin juz 2 hal 116
NURUL ILMI
--------------
نَعَمْ، مَنْ مَاتَ بِسَفِيْنَةٍ وَ تَعَذَّرَ الْبَرُّ جَازَ إِلْقَاؤُهُ فِي الْبَحْرِ، وَ تَثْقِيْلُهُ لِيَرْسُبَ، وَ إِلَّا فَلَا.
Memang benar, tapi orang yang mati di atas perahu dan sulit untuk menemukan daratan, maka boleh melemparkan ke laut dan diberi beban agar dapat tenggelam. Jika tidak sukar menemukan daratan, maka mayat tidak boleh dilemparkan ke laut.
وَ بِ "تَمْنَعُ ذَيْنِكَ " مَا يَمْنَعُ أَحَدُهُمَا كَأَنِ اعْتَادَتْ سِبَاعُ ذلِكَ الْمَحَلِّ الْحَفْرَ عَنْ مَوْتَاهُ
Dan dikecualikan dengan ucapanku: “Dapat mencegah bau mayat serta mengamankan mayat dari penggalian binatang buas" dan bila lubang tersebut mencegah salah satunya saja, seperti kebiasaan binatang buas di tempat tersebut menggali maqam mayat yang ada
فَيَجِبُ بِنَاءُ الْقَبْرِ، بِحَيْثُ يَمْنَعُ وُصُوْلَهَا إِلَيْهِ.
maka wajib untuk membangun kubur sekira dapat mencegah binatang tersebut mengambil mayat tersebut.
وَ أَكْمَلُهُ قَبْرٌ وَاسِعٌ عُمُقِ أَرْبَعَةِ أَذْرُعٍ وَ نِصْفٍ بِذِرَاعِ الْيَدِ.
Kesempurnaan (18) dalam mengubur mayat adalah maqam yang luas dengan dalam 4 ½ Hasta tangan.
------------
18).
قال ع ش. وينبغی ان يكون ذلك مقدار ما يسع من ينزل القبر ومن يدفنه لاأزيد من ذلك
Sebaiknya kadarnya adalah sekira cukup untuk orang yang menurunkan mayat dan mayat tersebut, tidak lebih dari itu.
I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 116
NURUL ILMI
--------------
وَ يَجِبُ اضْطِجَاعُهُ لِلْقِبْلَةِ.
Wajib untuk memiringkan mayit ke arah qiblat. 19.
------------
19).
اي الميت في القبر علی شقه الايمن وقوله للقبلة أي تنزيلا له منزيلة المصلي
Dengan menggunakan sisi tubuh sebelah kanan. Hal itu dilakukan sebab untuk menempatkan posisinya seperti posisi orang yang shalat.
فان دفن مستدبرا او مستلقيا نبش حتما إن لم يتغير ،، وإلا فلا ينبش
Jika dikuburkan membelakangi kiblat, atau terlentang, maka harus digali kembali, jika mayat tidak berubah, jika mayat sudah berubah maka tidak akan digali.
I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 117
NURUL ILMI
-----------
وَ يُنْدَبُ الْإِفْضَاءُ بِخَدِّهِ الْأَيْمَنِ بَعْدَ تَنْحِيَةِ الْكَفْنِ عَنْهُ إِلَى نَحْوِ تُرَابٍ، مُبَالَغَةً فِي الْاِسْتِكَانَةِ وَ الذُّلِّ،
وَ رَفْعُ رَأْسِهِ بِنَحْوِ لَبِنَةٍ.
Sunnah untuk meletakkan pipi mayat yang kanan pada semacam tanah setelah melepas kain kafan agar terasa rendah diri dan hina.
Sunnah untuk meninggikan kepalanya dengan semacam bantalan tanah.
وَ كُرِهَ صُنْدُوْقٌ إِلَّا لِنَحْوِ نَدَاوَةٍ فَيَجِبُ.
Makruh untuk mengubur mayat di dalam peti, kecuali tanahnya mudah longsor maka wajib untuk menaruh dalam peti
وَ يَحْرُمُ دَفْنُهُ بِلَا شَيْءٍ يَمْنَعُ وُقُوْعَ التُّرَابِ عَلَيْهِ
Haram mengubur mayat tanpa sesuatu yang dapat mencegah longsornya tanah pada mayat.
وَ يَحْرُمُ دَفْنُ اثْنَيْنِ مِنْ جِنْسَيْنِ بِقَبْرٍ، إِنْ لَمْ يَكُنْ بَيْنَهُمَا مَحْرَمِيَّةٌ، أَوْ زَوْجِيَّةٌ،
Haram mengubur dua mayat yang berlainan jenis kelamin dalam satu lubang kubur, jika antara keduanya tiada hubungan mahram atau suami istri.
وَ مَعَ أَحَدِهِمَا كُرِهَ كَجَمْعِ مُتحِدَيْ جِنْسٍ فِيْهِ بِلَا حَاجَةٍ.
Jika masih ada hubungan mahram atau suami-istri, maka hukumnya adalah makrūh sebagaimana halnya dengan mengumpulkan dua mayat yang tunggal jenis tanpa ada hajat yang mengharuskan. 20.
--------------
20.
الحرمة مطلقا اتحد الجنس أو اختلف كان بينهما محرمية او لا وذلك لان العلة في منع الجمع في منع الجمع التأذي. لا الشهوة فانها قد انقطعت با لموت.
Berbeda dengan pendapat Imām Ramlī yang mengatakan bahwa hukumnya haram secara mutlak, baik satu jenis atau tidak baik ada hubungan mahram atau tidak sebab alasannya adalah agar tidak menyakiti mayit, bukan karena syahwat. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 118 NURUL ILMI
-------------
وَ يَحْرُمُ أَيْضًا: إِدْخَالُ مَيِّتٍ عَلَى آخَرَ، وَ إِنِ اتَّحَدَا جِنْسًا، قَبْلَ بَلَاءِ جَمِيْعِهِ، وَ يَرْجَعُ فِيْهِ لِأَهْلِ الْخُبْرَةِ بِالْأَرْضِ.
Haram juga mengubur mayat pada lubang kubur yang sudah ditempati mayat lain sekalipun tunggal jenisnya, selama mayat lama belum lebur keseluruhannya.
---------------
(21)
ای لاهل المعرفة بقدر المدة التی يبلی فيها الميت فی ارضهم
Untuk mengetahui leburnya adalah diserahkan kepada orang yang ahli tentang tanah.
قال سم وافهم جواز النبش بعد بلاء جميعه ويستثنی قبر عالم مشهور او ولي مشهور فيمتنع نبشه هـ
Jika mayat telah lebur, maka hukumnya boleh kuburnya digali, kecuali maqām orang Alim yang telah terkenal atau maqam wali yg terkenal maka tak boleh menggali kuburnya wali.
I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal.118
.NURUL ILMI
-------------
وَ لَوْ وُجِدَ بَعْضُ عَظْمِهِ قَبْلَ تَمَامِ الْحَفْرِ وَجَبَ رَدُّ تُرَابِهِ، أَوْ بَعْدَهُ فَلَا. وَ يَجُوْزُ الدَّفْنُ مَعَهُ،
Jika ada sepotong tulang mayat yang lama ditemukan sebelum selesai penggalian kubur untuk mayat baru, maka wajib menimbunkan tanah kembali. Jika penemuannya setelah selesai penggalian, maka tidak wajib menimbun kembali, dan boleh dikubur bersama dengannya.
وَ لَا يُكْرَهُ الدَّفْنُ لَيْلًا خِلَافًا لِلْحَسَنِ الْبَصَرِيِّ وَ النَّهَارُ أَفْضَلُ لِلدَّفْنِ مِنْهُ
Tidaklah makrūh mengubur mayat di malam hari, lain halnya dengan pendapat Imām al-Ḥasan al-Bashrī. Sedang di siang hari lebih utama dari pada malam hari.
وَ يُرْفَعُ الْقَبْرُ قَدْرَ شِبْرٍ نَدْبًا، وَ تَسْطِيْحُهُ أَوْلَى مِنْ تَسْنِيْمِهِ.
Sunnah meninggikan kuburan kira-kira satu jengkal, sedangkan meratakan tanah ( permukaan atas rata )lebih utama dari pada membuat gundukan ( permukaan atas , tengahnya lebih tinggi dari sampingnya)di atasnya.
وَ يُنْدَبُ لِمَنْ عَلَى شَفِيْرِ الْقَبْرِ أَنْ يُحْثِيَ ثَلَاثَ حَثَيَاتٍ بِيَدَيْهِ قَائِلًا مَعَ الْأُوْلىَ: {مِنْهَا خلَقْنَاكُمْ}. وَ مَعَ الثَّانِيَةِ: {وَ فِيْهَا نُعِيْدُكُمْ}. وَ مَعَ الثَّالِثَةِ: {وَ مِنْهَا نُخْرِجُكُمْ تَارَةً أُخْرَى}.
Sunnah bagi orang yang mengubur mayat yang berada di pinggir kubur untuk menaburkan debu sebanyak tiga kali. (22) ( 23) Untuk taburan pertama ucapkan: (مِنْهَا خلَقْنَاكُمْ) taburan kedua membaca: (وَ فِيْهَا نُعِيْدُكُمْ) dan untuk ketiga kali mengucapkan: (وَ مِنْهَا نُخْرِجُكُمْ تَارَةً أُخْرَى).
---------------
22). Agar mayit tersebut tidak di- ‘adzāb dalam qubur tersebut.
23.
قال ع ش وينبغی الاكتفاء بذلك مرة واحدة وان تعدد المدفون
Berkata syekh Nuruddin Abu Adh-Dhiya’ Ali bin Ali Asy-Syabromallisi (w. 1087 H).
Baik juga mencukupkan satu genggaman debu walaupun mayat yang dikubur banyak, dengan tetap membaca bacaan 3 kali.
Bacaan
منها خلقناكم
Ditambahi bacaan
اللهم لَقِّنْهُ عِندَ المسئلةِ حُجته
Bacaan
وفيها نعيدكم
Ditambahi
اللهم افتح ابواب السماء لروحه
Bacaan
ومنها نخرجكم تارة اخری
Ditambahi
اللهم جافِ الارضَ عن جنبَيهِ
I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 119 NURUL ILMI
--------------
MOHON DIKOREKSI DAN DILENGKAPI
SEMOGA BERMANFAAT
Post a Comment