BREAKING NEWS

Watsapp

Sunday, May 26, 2024

SHOLAT JANAZAH PART 6

 

BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MU'IN

SHOLAT JANAZAH 

PART 6


Ulasan WAZAN FI'Il 

[تَنْبِيْهٌ]

: وَ إِذَا هُدِمَ، تُرَدُّ الْحِجَارَةُ الْمُخْرَجَةُ إِلَى أَهْلِهَا إِنْ عُرِفُوْا، أَوْ يُخْلَى بَيْنَهُمَا،

 وَ إِلَّا فَمَالٌ ضَائِعٌ، وَ حُكْمُهُ مَعْرُوْفٌ


(Peringatan). 

Jika bangunan tersebut dibongkar, maka batu-batunya harus dikembalikan kepada ahli warisnya, jika bisa diketahui, atau dibiyarkan saja antara ahli waris dan batu batu tersebut.

 Jika ahli warisnya tidak diketahui, maka batu-batu tersebut dihukumi sebagai harta yang tersia-sia (temuan), yang hukumnya telah ma‘lūm (jelas) (25) 

-----------

25).

وهو أن الأمر فيه لبيت المال إن انتظم فان لم ينتـظم فهو لصلحاء المسلمين يصرفونه في وجوه الخير

 Ya‘ni diserahkan pada bait-ul-māl yang muntadim dan jika tidak muntadim, maka diserahkan pada orang shāliḥ Muslimīn untuk digunakan untuk hal baik.

وفي فتاوی ابن حجر مانصه سئل رضي الله عنه: هل يجوز لاحد الأخذ من حجارة القبور لسد فتح ولبناء قبر أم لا؟

فأجاب بقوله إن علم مالك تلك الأحجار فواضح أنه لا يجوز الأخذ منها إلا برضاه إن كان رشيدا.

وان جهل رجی ظهوره لم يجز أخذ شيء منها 

Dalam fatwa Ibnu Hajar, teksnya adalah beliau ditanya, radhiyallahu 'anhu: Bolehkah seseorang mengambil batu dari kubur untuk mengisi celah dan membangun kubur atau tidak?

Beliau menjawab, jika pemilik batu-batu itu mengetahuinya, maka jelas tidak boleh mengambilnya kecuali dengan persetujuannya jika dia waras.

Jika harapan kemunculannya tidak diketahui, maka tidak boleh mengambil apapun darinya.


 I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 121 

 Nurul ilmi.

----------------

 كَمَا قَالَهُ بَعْضُ أَصْحَابِنَا وَ قَالَ شَيْخُنَا الزَّمْزَمِيُّ: إِذَا بَلِيَ الْمَيِّتُ وَ أَعْرَضَ وَرَثَتُهُ عَنِ الْحِجَارَةِ، جَازَ الدَّفْنُ مَعَ بَقَائِهَا، 

 

Seperti pendapat dari sebagian Ashḥāb-usy-Syāfi‘ī. Guru kami, az-Zamzamī berkata: Jika mayat (dalam kasus di atas) telah busuk serta ahli warisnya membiarkan batu-batu itu, 

maka boleh mengubur mayat lain beserta tetapnya batu-batunya,

 

إِذَا جَرَتِ الْعَادَةُ بِالْإِعْرَاضِ عَنْهَا، كَمَا فِي السَّنَابِلِ.

 

jika memang sudah berlaku adat-istiadat tidak mempedulikan batu-batu seperti itu hal ini sama halnya MASALAH MENGAMBIL SISA SISA PADI YANG TERTINGGAL DI SAWAH.

(وَ) كُرِهَ (وَطْءٌ عَلَيْهِ) أَيْ عَلَى قَبْرِ مُسْلِمٍ، وَ لَوْ مُهْدَرًا قَبْلَ بَلَاءٍ (إِلَّا لِضَرُوْرَةٍ)،

Makrūh menginjak makam (kubur)👇 orang muslim – sekalipun mayat itu tadi adalah orang yang halal dibunuh ( seperti orang yg meninggalkan sholat dan zina muhson ) – SEBELUM MAYAT MEMBUSUK ✅ kecuali karena darurat,

------------

👇

وخرج بقوله عليه الوطء علی ما بين المقابر ولو با لنعل فلا يكره كما نصه في المغنی وعبارته ولا يكره المشي بين المقابر بالنعل علی المشهور.


Berjalan di tanah antara kubur walaupun memakai sandal tidak makruh. Seperti keterangan di kitab Al Mughny.

إن كان قبل بلاء الميت. أما بعده بأن مضت مدة يتيقن فيها أنه لم يبق من الميت شيء في القبر فلا يكره

Kalau mayatnya sudah lama dikubur, dan diyakini sudah hancur tak tersisa maka menginjak kubur tersebut tidak makruh.


I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 121 

 Nurul ilmi.

--------------

 كَأَنْ لَمْ يَصِلْ لِقَبْرِ مَيْتِهِ بِدُوْنِهِ، وَ كَذَا مَا يَرِيْدُ زِيَارَتَهُ وَ لَوْ غَيْرَ قَرِيْبٍ.

Misalnya kalau tidak menginjaknya, maka seseorang tidak bisa mengubur mayat yang lain begitu juga makam yang akan diziarahi, sekalipun bukan kerabatnya.

 وَ جَزْمُ شَرْحُ مُسْلِمٍ كَآخَرِيْنَ بِحُرْمَةِ الْقُعُوْدِ عَلَيْهِ وَ الْوَطْءِ، لِخَبَرٍ فِيْهِ يَرُدُّهُ أَنَّ الْمُرَادَ بِالْجُلُوْسِ عَلَيْهِ جُلُوْسُهُ لِقَضَاءِ الْحَاجَةِ، كَمَا بَيَّنَتْهُ رِوَايَةٌ أُخْرَى. 

Mengenai keputusan yang ada dalam kitab Syaraḥ Muslim sebagaimana pendapat fuqahā’ yang lain, bahwa duduk di atas kubur hukumnya adalah haram dengan dalih hadits yang menerangkan semacam ini ditolak dengan argumen bahwa yang dimaksud dengan “duduk di atasnya” adalah duduk untuk berak atau kencing sebagaimana yang dijelaskan dalam riwayat lain. 📝

--------------

📝

أی رواها ابن وهب فی مسنده بلفظ ، ومن جلس علی قبر يبول عليه ويتغوط

I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 121 

 Nurul ilmi.

 ------------------

(وَ نُبِشَ) وُجُوْبًا قَبْرُ مَنْ دُفِنَ بِلَا طَهَارَةٍ (لِغُسْلٍ) أَوْ تَيَمُّمٍ. 

Mayat yang dikubur dalam keadaan belum suci, maka wajib dibongkar guna dimandikan atau ditayammumi.


نَعَمْ، إِنْ تَغَيَّرَ وَ لَوْ بِنَتْنٍ، حَرُمَ. 


Namun, jika mayat tersebut sudah berubah walaupun berbau busuk, maka hukumnya haram membongkarnya. (26).

-------------

26).

أی نبشه لذلك لما فيه من هتك الحرمة


Sebab hal tersebut mencoreng kehormatan mayit. 

 I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 121. Nurul Ilmi.

--------------

وَ لِأَجْلِ مَالِ غَيْرٍ، كَأَنْ دُفِنَ فِيْ ثَوْبٍ مَغْصُوْبٍ، أَوْ أَرْضٍ مَغْصُوْبَةٍ، إِنْ طَلَبَ الْمَالِكُ،

 Demikian juga wajib dibongkar karena ada harta orang lain yang ikut terkubur, misalnya mayat dibungkus dengan pakaian hasil ghasab, atau mayat dikubur di tanah ghasab jika kedua pemilik menuntutnya,

 وَ وُجِدَ مَا يُكْفَنُ أَوْ يُدْفَنُ فِيْهِ، وَ إِلَّا لَمْ يَجُزِ النَّبْشُ

 juga masih ada kain kafan lain untuk membungkus dan tanah lain untuk menguburnya, jika tidak sedemikian rupa, maka pembongkaran tidak boleh dilakukan. 


 أَوْ سَقَطَ فِيْهِ مُتَمَوِّلٌ وَ إِنْ لَمْ يَطْلُبْهُ مَالِكُهُ،

 

Contohnya lagi; ada harta berharga yang jatuh ke dalam kubur, sekalipun pemilik tidak menuntutnya. (27)

--------------

27).

ای يجب النبش لأجل إخراج المتول وإن لم يطلب مالكه لأن فی إبقائه فی القبر إضاعة المال


 Sebab hal tersebut menyia-nyiakan harta.

  I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 122

 Nurul ilmi

---------------


 لَا لِلتَّكْفِيْنِ إِنْ دُفِنَ بِلَا كَفَنٍ، وَ لَا لِلصَّلَاةِ بَعْدَ إِهَالَةِ التُّرَابِ عَلَيْهِ.


 Tidak boleh dibongkar jika untuk sekedar membungkus mayat, jika mayat dikubur sebelum dikaffani (28) Dan tidak boleh dibongkar untuk menshalatinya setelah ditimbun tanah. (29).

--------------

28). 

لان الغرض منه الستر وقد حصل با لتراب مع ما فی نبشه من هتك الحرمة

Sebab tujuannya mengkafani mayit adalah menutupi tubuh mayit dan itu telah dicukupi dengan tanah yang menutupinya. Serta membongkar kubur itu termasuk mencoreng kehormatan mayat.

 I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 122

Nurul ilmi


29)

. إن دفن بغير صلاة لانها تسقط بالصلاة علی القبر

Sebab kewajiban menshalati mayit telah dapat gugur dengan dishalati di samping quburan tersebut. 

I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 122

Nurul ilmi.

-----------------

(وَ لَا تُدْفَنُ امْرَأَةٌ) مَاتَتْ (فِيْ بَطْنِهَا جَنِيْنٌ حَتَّى يَتَحَقَّقُ مَوْتُهُ)، أَيِ الْجَنِيْنُ.

Mayat wanita yang hamil tidak boleh dikubur sehingga benar-benar telah jelas bahwa anak yang ada dalam kandungannya telah mati.


 وَ يَجِبُ شَقُّ جَوْفِهَا وَ النَّبْشُ لَهُ إِنْ رُجِيَ حَيَاتُهُ بِقَوْلِ الْقَوَابِلِ، لِبُلُوْغِهِ سِتَّةِ أَشْهُرٍ فَأَكْثَرَ،

 

 Wajib melakukan pembedahan kandungan 👉dan pembongkaran kubur jika menurut ahli kandungan bayi tersebut bisa diharapkan untuk hidup karena telah berumur 6 bulan. 

 --------------

 👉

 لان مصلحةإخراجه أعظم من مفسدة انتهاك حرمتها

Karena kbaikan mengeluarkan janin dari perut mayat ibunya lebih utama dari pada keburukan mencoreng kehormatan mayat.

Ianatutholibin juz 2 hal 122

Nurul ilmi.

---------------


 فَإِنْ لَمْ يُرْجَ حَيَاتُهُ حَرُمَ الشَّقُّ، لكِنْ يُؤَخَّرَ الدَّفْنُ حَتَّى يَمُوْتَ كَمَا ذُكِرَ

 

Jika sudah tidak bisa diharapkan akan hidupnya, maka pembedahan itu hukumnya haram. Namun penguburan harus ditunda sampai nyata kandungan telah mati, seperti dijelaskan di atas. 


 وَ مَا قيْلَ إِنَّهُ يُوْضَعُ عَلَى بَطْنِهَا شَيْءٌ لِيَمُوْتَ غَلَطٌ فَاحِشٌ. 


Tentang pendapat yang mengatakan, bahwa agar diberi beban sesuatu pada perut mayat wanita yang hamil supaya bayinya mati, adalah pendapat yang benar-benar salah. 


(وَ وُرِيَ) أَيْ سُتِرَ بِخَرْقَةٍ (سِقْطٌ وَ دُفِنَ) وُجُوْبًا، كَطِفْلٍ كَافِرٍ نَطَقَ بِالشَّهَادَتَيْنِ، وَ لَا يَجِبُ غُسْلُهُمَا، بَلْ يَجُوْزُ.

BAYI yang gugur dalam kandungan sebelum masanya, wajib di KAFANI memakai kain dan diKBUR sebagaimana halnya dengan anak orang kafir yang telah dapat mengucapkan dua Syahādat. Keduanya tidak wajib dimandikan, namun boleh dilakukan.


 وَ خَرَجَ بِالسِّقْطِ الْعَلَقَةُ وَ الْمُضْغَةُ، فَيُدْفَنَانِ نَدْبًا مِنْ غَيْرِ سَتْرٍ. وَ لَوِ انْفَصَلَ بَعْدَ أَرْبَعَةِ أَشْهُرٍ غُسِّلَ وَ كُفِّنَ، وَ دُفِنَ وُجُوْبًا. (فَإِنِ اخْتَلَجَ) أَوِ اسْتَهَلَّ بَعْدَ انْفِصَالِهِ (صُلِيَ عَلَيْهِ) وُجُوْبًا.


 Tidak termasuk pengertian “siqth”, jika yang keluar berupa gumpalan darah atau daging, maka sunnah dikubur tanpa dibungkus. Jika bayi seperti yang tersebutkan di atas lahir setelah kandungan berumur 4 bulan, maka wajib dimandikan, dibungkus dan dikubur. Apabila setelah lahir bayi itu bisa bergerak-gerak atau bersuara, maka wajib pula dishalati. (30)

 ----------------

30). 

ای ولم يختلج أو يستهل بقرينة ما بعده سواء نزل بعد تمام أشهره أو قبله علی ما ذهب اليه ابن حجر وذهب الجمال الرملی واتبعه وكذلك الخطيب الشربيني إلی أن النازل بعد تمام ستة اشهر ليس بسقط فيجب فيه ما يجبفي الكبير سواء علمت حياته أم لا


Kesimpulannya seperti yang telah disebutkan dalam Nihayah bahwa bayi yang lahir sebelum waktunya atau as-Siqth ada beberapa keadaan. Pertama: Bila tidak tampak bentuk manusia, maka tidak wajib apapun, namun sunnah membungkusnya dan menguburnya. Kedua: Jika telah tampak bentuk manusia, namun tidak ada tanda-tanda kehidupan dan ada tanda kehidupan, maka hukumnya seperti orang dewasa. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 122 NURUL ILMI

+-----------

MOHON SIKOREKSI , DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT.

Share this:

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes