BREAKING NEWS

Watsapp

Monday, May 27, 2024

SHOLAT JANAZAH PART 7

 

BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MU'IN

SHOLAT JANAZAH 

PART 7 



وَأَرْكَانُهَا أی الصَّلاَةُ عَلَی الْمَيِّتِ سَبْعَةٌ



Rukun Shalat Jenazah

Rukun shalat Jenazah ada 7:


أَحَدُهَا نِيَةٌ، كَغَيْرِهَا، وَمِنْ ثَمَّ وَجَبَ فِيْهَامَا يَجِبُ فی  نِيَةِ سَائِرِ الفُرُوْضِ


(1. Niat, sebagaimana niyat shalat-shalat lainnya. Oleh karenanya, wajib di dalam shalat janazah hal-hal yang wajib dilakukan di shalat fardhu lain,


 مِنْ نَحْوِ اقْتِرَا نِهَا بِا لتَّحَرُّمِ وَالتَّعَرُضِ لِلفَرْضِيَةِ وَإِنْ لَمْ يَقُلْ فَرْضَ كِفَايَةٍ، 

 

 misalnya,

 ۩ niat bersamaan dengan takbīrat-ul-iḥrām 

 ۩ dan menyatakan kefardhuannya, sekalipun tidak harus mengucapkan fardhu kifāyah. 📝

 --------------

 📝

 ويسن ايضا فيها ما يسن فی غيرها كا لاضافة إلی الله تعالی ، وذكر الاستقبال والعدد

 Disunnahkan pula didalam sholat janazah hal hal yang disunahkan disholat fardlu lain, seperti menyandarkan ke الله تعالی، menyebut menghadap kiblat, dan bilangan takbir / rokaat.

كما يكفی نية الفرض فی إحدی الخمس وان لم يقل فرض عين

Sebagaimana cukup niyat fardlu dalam salah satu sholat lima waktu yang tidak menyebut fardlu ain.


Ianatu ttholibin juz 2 hal 124

Nurul ilmi.

---------------


وَلَا يجِبُ تَعْيِيْنُ المَيِّتِ ولا مَعْرِفَتُهُ، بَلِ الوَاجِبُ أَدْنَی مُمَيِزُ . فَيَكْفی أُصَلی الفَرْضَ علی هذا الميت.


Tidak wajib menentukan mayat yang dishalati dan tidak wajib mengetahuinya, tapi yang wajib adalah batas minimum yang dapat membedakan. Karena itu, cukuplah jika seseorang mengucapkan: (أُصَلِّي الْفَرْضَ عَلَى هذَا الْمَيِّتِ.) “Saya shalat fardhu atas mayat ini”. (31)

-------------

31). Atau dengan niat: 

(أُصَلِّي الْفَرْضَ عَلَى هذَا مَنْ صَلَّى عَلَيْهِ الْإِمَامُ) atau

 (أُصَلِّي الْفَرْضَ عَلَى مَنْ حَضَرَ مِنْ أَمْوَاتِ الْمُسْلِمِيْنَ.)

 . I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 124 

 Nurul ilmi.

 -----------------



قَالَ جَمْعٌ يَجِبُ تَعْيِيْنُ المَيِّتِ الغَائِبِ بِنَحْو اسمِهِ


 Segolongan ‘ulamā’ berpendapat: Wajib menentukan mayat ghaib misalnya dengan menyebut namanya.

 ----------

👉

لو صلی علی من مات اليوم فی أقطار الارض ممن تصح الصلاة عليه جاز بل ندب

Disunnahkan sholat ghoib setiap hari Untuk muslimin muslimat yang meninggal.


 . I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 124 

 Nurul ilmi.

----------------


وَثاَنِيْهَا قِيَامٌ لِقَادرٍ عليهِ ، فَالعَاجِزُ يقْعُدُ ثم يَضْطَجِعُ، 


(2. Berdiri bagi orang yang mampu. Orang yang tidak mampu berdiri,✅ boleh shalat dengan duduk, kalau tidak bisa duduk, boleh shalat dengan tidur miring.

----------

إن لم يقدر علی القعود والاضطجاع يكون علی جنبه الايمن ثم الايسر، فان عجز عن الاضطجاع استلقی علی ظهره فان عجز أومأ برأسه إالی الاركان فإن عجز أجری الاركان علی قلبه

Dalam sholat janazah, kalau tdk mampu duduk, maka boleh sholat dengan  tidur miring pada lambung kanan, atau lambung kiri, atau tidur terlentang, atau berisyarat dengan kepala, kalau masih tak mampujuga, boleh sholat janazah dengan isyarah.

قيل يجوز القعود مع القدرة كالنوافل لانها ليست من الفرائض الاعيان، وقيل ان تعينت وجب القيام وإلا فلا.

Dikatakan boleh sholat janazah dengan duduk walaupun mampu berdiri, karena sholat janazah tidak termasuk dari fardlu ain.

. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 124 

 Nurul ilmi.

 ---------------


وَثَالِثُهَا أَرْبَعُ تَكْبِيْرَاتٍ مَعَ تَكْبِيْرَةِ التَّحَرُّمِ لِاتِّبَاعِ،


(3. Takbīr 4 kali termasuk takbīrat-ul-iḥrām sebab mengikuti Nabi s.a.w. ❤

ما رواه  الشيخان عن ابن عباس  رضي الله عنهما انه ﷺ صلی علی قبر بعد ما دفن فكبر عليه أربعا



فإن خَمَسَ لَمْ تَبْطل صلاته، ويسن رفع يديه فی التكبيرات حذو منكبيه ووضعهما تحت صدره بين كل تكبير تين.


Jika dikerjakan dengan 5 kali takbīr,✅ maka shalat tetap sah. Sunnah mengangkat kedua tangan setinggi pundak di waktu membaca takbīr dan meletakkannya di bawah dada di antara dua takbīr.

--------------

فإن خمس أو سدس مثلا عمدا ولم يعتقد البطلان لم تبطل صلاته فی الاصح

Kalau sholat janazah dikerjakan lima atau enam takbir dengan sengaja dan tidak yakin bisa membatalkan sholat, maka sholatnya tak batal.

ولو خمس مثلا إمامه يندب للمأموم ان لا يتابعه لان فعله غير مشروع عند من يعتد به بل يسلم أو ينتظره ليسلم معه

Kalau imam sampai takbir kelima, makmum jangan mengikutinya, karena takbir kelima tidak disyariatkan, maka sebaiknya makmum menunggu imam sampai salam atau salam sendiri.


Ianatuttholibin juz 2 hal 125

Nurul ilmi.

---------------


(وَ) رَابِعُهَا: (فَاتِحَةٌ)، فَبَدَلُهَا، فَوُقُوْقٌ بِقَدْرِهَا. 


(4. Membaca surat al-Fātiḥah. Jika tidak bisa, maka boleh mengganti dengan yang lainnya, (32) kalau tidak bisa, maka boleh diam seukuran bacaan al-Fātiḥah.

--------------

32.

Begitu pula hukum membaca doa kepada mayat. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 142. Dār-ul-Fikr.

---------------

MOHON DIKOREKSI, DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT

Share this:

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes