PANDUAN SHOLAT IDUL ADHA
Posted by
MWC.NUGAR.ANZAAY
on
June 16, 2024
in
FIQIH SHOLAT
|
Assalamu'alaikum
PANDUAN SHOLAT IDUL ADHA
*📚 HUKUM SHOLAT IDUL ADHA
Sholat Idul Adha hukumnya sunnah muakkadah (sangat dianjurkan). Dalam literatur fiqh Syafi’i dijelaskan bahwa sholat Idul Adha bisa dikerjakan dengan berjama’ah atau sendirian (munfarid), namun yang lebih utama dikerjakan dengan berjama’ah. Sedangkan waktunya mulai terbitnya matahari sampai zawal (condongnya matahari ke arah barat). Jumlah raka'atnya ada dua dan lebih utama (afdhol) dikerjakan setelah matahari kira-kira setinggi tombak (kira-kira jam 25-30 menit setelah matahari terbit).
Dalam sholat Idul Adha tidak disunnahkan adzan dan iqamah, akan tetapi yang sunnah dengan lafadz ;
الصَّلاَةَ جَامِعَةً
Sedangkan para jama’ah menjawabnya dengan ;
لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
*Referensi ;
*📚 أسنى المطالب شرح روض الطالب - (ج 2 / ص 234)*
( وَيُنَادَى لِجَمَاعَةِ ) صَلَاةِ ( الْعِيدَيْنِ وَالْكُسُوفَيْنِ وَالِاسْتِسْقَاءِ وَالتَّرَاوِيحِ ) وَالْوِتْرِ حَيْثُ يُسَنُّ جَمَاعَةً فِيمَا يَظْهَرُ ( الصَّلَاةَ جَامِعَةً ) لِوُرُودِهِ فِي الصَّحِيحَيْنِ فِي كُسُوفِ الشَّمْسِ وَقِيسَ بِهِ الْبَاقِي وَالْجُزْءَانِ مَنْصُوبَانِ الْأَوَّلُ بِالْإِغْرَاءِ وَالثَّانِي بِالْحَالِيَّةِ أَيْ اُحْضُرُوا الصَّلَاةَ أَوْ الْزَمُوهَا حَالَةَ كَوْنِهَا جَامِعَةً وَيَجُوزُ رَفْعُهُمَا عَلَى الِابْتِدَاءِ وَالْخَبَرِ وَرَفْعُ أَحَدِهِمَا عَلَى أَنَّهُ مُبْتَدَأٌ حُذِفَ خَبَرُهُ أَوْ عَكْسُهُ وَنَصْبُ الْآخِرِ عَلَى الْإِغْرَاءِ فِي الْجُزْءِ الْأَوَّلِ وَعَلَى الْحَالِيَّةِ فِي الثَّانِي وَكَالصَّلَاةَ جَامِعَةً الصَّلَاةَ كَمَا نَصَّ عَلَيْهِ فِي الْأُمِّ
*📚 حواشي الشروانى - (ج 2 / ص 135)*
وَلَا يَبْعُدُ مِنْ إجَابَةِ الصَّلَاةَ جَامِعَةً بِلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِاَللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ فَلْيُرَاجعْ
Mengenai tempat pelaksanakan sholat Idul Adha sebenarnya disunnahkan dikerjakan di Masjid. Hal demikian jika tidak ada udzur. Mengingat situasinya yang mungkin masih mengkhawatirkan maka hendaknya dikerjakan di rumah masing-masing.
*Referensi ;
*📚 حاشية البجيرمي على المنهج - (ج 1 / ص 258)*
( وَفِعْلُهَا بِمَسْجِدٍ أَفْضَلُ ) لِشَرَفِهِ ( إلَّا لِعُذْرٍ ) كَضِيقِهِ فَيُكْرَهُ فِيهِ لِلتَّشْوِيشِ بِالزِّحَامِ وَإِذَا وُجِدَ مَطَرٌ أَوْ نَحْوُهُ وَضَاقَ الْمَسْجِدُ صَلَّى الْإِمَامُ فِيهِ وَاسْتَخْلَفَ مَنْ يُصَلِّي بِبَاقِي النَّاسِ بِمَوْضِعٍ آخَرَ .( قَوْلُهُ : وَفِعْلُهَا بِمَسْجِدٍ أَفْضَلُ ) أَيْ إنْ اتَّسَعَ الْوَقْتُ أَوْ حَصَلَ مَطَرٌ أَوْ نَحْوُهُ م ر ( قَوْلُهُ : فَيُكْرَهُ فِيهِ ) وَالْأَوْلَى فِعْلُهَا فِي غَيْرِهِ فَإِذَا وُجِدَ عُذْرٌ يَمْنَعُ مِنْ فِعْلِهَا فِي الْغَيْرِ كَمَطَرٍ وَبَرْدٍ شَدِيدٍ صَلَّى الْإِمَامُ فِي الْمَسْجِدِ بِالضَّعَفَةِ وَاسْتَخْلَفَ مَنْ يُصَلِّي إلَى آخِرِ مَا ذَكَرَهُ الشَّارِحُ هَذَا مُرَادُهُ وَهَذَا بِخِلَافِ قَوْلِهِ وَإِذَا خَرَجَ لِغَيْرِ الْمَسْجِدِ لِأَنَّهُ الْخَلِيفَةُ فِيهِ يُصَلِّي فِي الْمَسْجِدِ وَفِيمَا مَرَّ فِي غَيْرِهِ وَلَعَلَّ الْأَوْلَى أَنْ يَذْكُرَ قَوْلَهُ وَإِذَا وُجِدَ مَطَرٌ بَعْدَ قَوْلِهِ وَإِذَا خَرَجَ إلَخْ
*📚 حاشية الجمل - (ج 2 / ص 238)*
( قَوْلُهُ وَفِعْلُهَا بِالْمَسْجِدِ أَفْضَلُ ) فَفِعْلُهَا فِي غَيْرِهِ خِلَافُ الْأَوْلَى وَقِيلَ فِعْلُهَا بِالصَّحْرَاءِ أَفْضَلُ لِلِاتِّبَاعِ وَرُدَّ { بِأَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إنَّمَا خَرَجَ إلَيْهَا لِصِغَرِ مَسْجِدِهِ } وَمَحَلُّ الْخِلَافِ فِي غَيْرِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَالْأَقْصَى أَمَّا هُمَا فَفِعْلُهَا فِيهِمَا أَفْضَلُ اتِّفَاقًا لِشَرَفِهِمَا مَعَ سُهُولَةِ الْحُضُورِ لَهُمَا وَاتِّسَاعِهِمَا وَالْأَوْجَهُ كَمَا قَالَهُ ابْنُ الْأُسْتَاذِ إلْحَاقُ مَسْجِدِ الْمَدِينَةِ بِمَسْجِدِ مَكَّةَ وَمَنْ لَمْ يَلْحَقْهُ بِهِ فَذَاكَ قَبْلَ اتِّسَاعِهِ الْآنَ وَالْحُيَّضُ وَنَحْوُهُنَّ يَقِفْنَ بِبَابِ الْمَسْجِدِ لِحُرْمَةِ دُخُولِهِنَّ لَهُ ا هـ . شَرْحُ م ر وَقَوْلُهُ يَقِفْنَ بِبَابِ الْمَسْجِدِ أَيْ وَإِنْ لَمْ يَسْمَعْنَ الْخُطْبَةَ وَذَلِكَ إظْهَارُ الشَّعَائِرِ ذَلِكَ الْيَوْمَ بِكَثْرَةِ الْجَمْعِ فِيهِ وَالْمُرَادُ مِنْ هَذِهِ الْعِبَارَةِ أَنَّهُنَّ إذَا حَضَرْنَ يَقِفْنَ بِبَابِ الْمَسْجِدِ وَذَلِكَ لَا يَسْتَلْزِمُ طَلَبَ الْحُضُورِ مِنْهُنَّ ا هـ .
*📚 TEKHNIS DAN TATA CARA SHOLAT IDUL ADHA
1. Niat sholat Idul Adha, yaitu :
📚 أُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا / مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى
2. Pada waktu raka'at pertama setelah membaca iftitâh dan sebelum ta’awwudz, disunnatkan takbir sebanyak tujuh kali selain takbîratul ihrâm. Sedangkan pada waktu raka'at kedua sebelum membaca ta’awwudz dan fâtihah disunnatkan takbir sebanyak lima kali selain takbir karena berdiri.
3. Mengangkat kedua tangan lurus dengan bahu pada tiap-tiap takbir (sebagaimana keterangan gerakan takbîratul ihrâm di bab sholat).
4. Bagi imam dan makmum disunnatkan mengeraskan bacaan takbir.
5. Pada raka'at pertama setelah membaca surat Al fâtihah, disunnahkan membaca surat Qhaf dan pada raka'at kedua setelah Al fâtihah membaca surat Al Qamar, atau membaca surat Al-A’la pada raka'at pertama dan membaca surat Al-Ghasiyah pada raka’at kedua. Jika tidak hafal atau dirasa terlalu panjang, disunnahkan membaca surat Al Kafirun pada raka'at pertama atau surat Al Ikhlas pada raka'at kedua
6. Bagi imam disunnatkan mengeraskan bacaan surat Al fâtihah dan surat-surat pendek .
7. Sesudah sholat, disunnatkan khutbah dua kali, sebagaimana dua khutbah Jum’ah, baik rukun ataupun sunnat-sunnatnya, namun saat permulaan khutbah yang pertama disunnatkan membaca takbir sembilan kali secara kontinyu (tanpa dipisah bacaan lain), dan saat permulaan khutbah yang kedua disunnatkan membaca takbir tujuh kali juga secara kontinyu.
8. Dalam khutbah Idul Adha menyampaikan tentang qurban.
*📚KESUNNATAN-KESUNNATAN PADA HARI RAYA IDUL ADHA
a) Mandi, waktunya mulai separuh malam sampai hendak mengerjakan sholat.
b) Memakai wangi-wangian / parfum (Tathoyyub).
c) Berhias dengan pakaian yang paling bagus dan memotong kuku.
d) Berangkat melalui jalan yang lebih jauh dan pulang dengan memilih jalan yang lain.
e) Bersedekah.
f) Mengerjakan sholat sunnat muthlak sebelum khutbah.
g) Disunnatkan tidak makan sebelum pergi sholat hari raya Adha, kecuali setelah sholat.
h) Mushofahah atau bersalam-salaman ketika kondisi aman.
i) Berangkat pagi-pagi setelah sholat shubuh selain imam.
*📚 MEMBACA TAKBIR PADA HARI RAYA IDUL ADHA
Pada Hari Raya Idul Adha disunnatkan membaca takbir Muqoyyad (Takbir Muqoyyad adalah takbir yang dilakukan setiap kali selesai melakukan sholat, dimulai dari sholat subuh hari arofah yakni tanggal 09 Dzul Hijjah sampai setelah sholat ashar akhir hari tasyriq tanggal 11 sampai 13 Dzul Hijjah) dan takbir Mursal (Takbir Mursal adalah takbir yang pelaksanaannya tidak harus setelah sholat dimulai dari terbenamnya matahari sampai pelaksanaan sholat Idul Adha)
*📚 LAFADZ TAKBIR
اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ x3
اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَلَا نَعْبُدُ إلَّا إيَّاهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ جُنْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ
*📚 PERINGATAN
Setelah lafadz وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ tidak usah ditambahi lafadz وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ dan وَلَوْ كَرِهَ الْمُنَافِقُوْنَ
Post a Comment