BREAKING NEWS

Watsapp

Wednesday, July 7, 2021

"INSPIRASI MEMBUKA HATI MENUJU KEBERKAHAN ILMU BERSAMA SAGUSAPOP"

 Ditulis Saat Ulang Tahun Anak Pertama Yang Ke 18

30 Juni 2021



Sepatah Kata

Oleh : Ayip Zaenal Aripin



Puji Syukur penulis persembahkan kepada Allah yang maha Ghofur, Shalawat dan salam kita sanjungkan kepada makhluk yang paling mulia, beliau baginda rasulullah, saw. Dengan harapan kita semuanya diberikan kesehatan yang sempurna serta mendapatkan syafaat nabi besok kelak di yaumil Qiyamat. Selanjutnya Sebelum memaparkan sejarah saat awal Pembuatan materi materi zoom yang sudah disampaikan oleh para narsum pada komunitas sagusapop hebat dan luar biasa itu. Terlebih dahulu penulis akan tutur sampaikan dahulu biodata untuk mengenal dan saling mengenal, karena dengan kunci mengenal maka akan sayang, dengan sayang akan hadirnya cinta bersama para komunitas sagusapop, para pembaca dan para pecinta kebaikan kebaikan. Semoga akan lebih mempererat persaudaraan diantara kita semuanya. Aamiin…...

Untuk nama sudah tertera di atas, tempat dilahirkan penulis di kota Kuningan Jawa Barat, tepatnya lahir di perkampungan Desa Parakan yang awalnya kecamatan Lebakwangi dan sekarang menjadi kecamatan maleber Kabupaten Kuningan. Pada hari senin, 05 Januari 1971. Pendidikan SDN Mancagar, Mts Darussalam Ciamis, SLTA MAPK Darussalam Ciamis, D1 (PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI), S1 IAI Al-AQIDAH dan S2 PASCASARJANA Syekh Nurjati Cirebon. Status Menikah kemudian dikaruniai 4 orang anak putra 2 dan puri 2. Alhamdulillah lengkap sudah dalam keluarga dengan jumlah anak berpasangan dan hari ini tanggal 30 Juni 2021 merupakan hari ulang tahun anak pertama bersamaan dengan tugas belajar menulis untuk belajar berkarya bersama komunitas sagusapop yang semakin hari semakin mantap dalam berbagai pengembangan keilmuan keilmuan dengan sistem penataan penataan yang lebih baik, dimana didalamnya berkumpul dengan narsum yang luar biasa berpengalaman dalam bidang tidak hanya skup Nasional kualitas narsum tapi Go Internasional juga. hal itu sesuai dengan tupoksinya masing masing dalam berbagi penugasan di antara para senior sehingga bertambah kokoh dan kuat dalam melaksanakan bimbingan kepada para peserta yang ikut bimbingan literasi.

Oleh karena itu bagi saya sangatlah memuaskan dari berbagai segi materi pembelajaran dan pengajaran dari para narsum dan master master maupun dari segi pelayanan termasuk ke dalam grup whatsapp mereka berbagi mencurahkan keilmuan dan pengalaman. Karena itu tulisan saya ini merupakan kado ulang tahun teruntuk ananda tercinta dengan harapan agar semua anak saya menjadi pengarang dan penulis. Anakku pertamaku lahir pada tanggal 30 Juni 2003 itu bernama : HILMY TAQIYUDDIN YUSUP, dengan DOA teruntuk semua anakku: "semoga mereka semua diberikan panjang umur dan diberikan kesehatan yang sempurna serta mendapatkan keberkahan ilmu ilmunya. Saat ini di tahun 2021 sedang menimba ilmu bersama adiknya bernama DILFY MH LABIIB di pondok pesantren Lirboyo Kediri dan kelak keduanya menjadi anak anak yang sholeh serta bermanfaat untuk agama Allah dan RasulNya, dirimu, keluarga, masyarakat bangsa dan negara NKRI'. Aamiin…

Selanjutnya penulis hanyalah berbagi pengalaman dan cerita bersama sagusapop tentang materinya, sedikit yang penulis dapat tuturkan hanyalah sebesar jarum berada di tengah lautan sagusapop, tapi semoga berarti bagi para pembaca untuk bisa bergabung dengan sagusapop yang luar biasa. Awalnya pembuatan blog ini sebetulnya tidak langsung dari sagusapop namun dari salah seorang sahabat dekat teman di satu lembaga SMPN 2 Garawangi, ia pun berkompeten dalam dunia IT yaitu Mr. Yusup Pebriana, S.Pd. Ia selalu mengajariku di usia jauh lebih muda dari penulis. Saat itu penulis akan mengadakan ulangan harian mapel PAI salah satu mapel yang penulis ampu dan ia menyarankan untuk buat Blog. Akhirnya penulis pun merasa tertarik dengan penawaran baik itu, karena akan memberikan dampak tidak hanya buat penulis tapi buat siswa pun akan semangat dalam belajarnya. Akhirnya dibuatlah blog dan dilaksanakanlah ulangan harian bersama siswa SMPN 2 Garawangi di tahun 2016, ternyata anak anak pun menyukainya. Namun penulis tidak mengembangkan kreatifitas blog itu, karena keterbatasan pengetahuan dan hanya sampai pembuatan soal ulangan saja.

Waktu semakin cepat berlalu hingga saat ini sampailah di tahun 2021 bertemulah dengan komunitas sagusapop dan ikut bergabung yang kegiatannya pun melalui zoom. Materinya pun ketepatan awalnya pembuatan Blog dengan narsum luar biasa berpengalaman yaitu Mr. Bryan penulis di berbagai media. Diantara kajian materi yang telah disampaikan fokus terkait dengan kajian blog. Adapun pertemuan webinar pertama oleh Mr. Brayen untuk materi yang sudah disampaikan itu antara lain pada hari Sabtu, tanggal 19 Juni 2021: Webinar ini merupakan salah satu bentuk kegiatan dari program sagusapop kami diajak untuk membuat buku antologi. Sertifikat 32 Jp diberikan jika peserta sudah memberikan hasil karyanya yaitu resum 4 pertemuan Webinar dan naskah untuk buku antologi. Kemudian dilanjutkan Pelatihan berikutnya tanggal 26 Juni 2021, membuat blog lebih menarik lagi antara lain tentang menambahkan label, membuat tema, tata letak, menambahkan link medsos, dll.

Adapun materi materinya yang telah disampaikan diantaranya : 

A. Cara mengubah tema 1. Buka Setting Blog kita yang posisinya berada di sebelah kiri. 2. Klik tema. 3. Setelah itu akan muncul pilihan tema tema yang kita inginkan. 4. Clik Terapkan. 

B. Materi mengupload video. 
Adapun cara mengupload Video ada 2 cara yang bisa dilakukan, diantaranya : 
a. Upload dari youtube (yang disarankan) 
b. Upload dari file yang kita miliki (tidak disarankan karena waktu uploadnya lama) Caranya : 
1. Di bagian atas kita pilih gambar video lalu klik. 
2. Pilih penelusuran youtube atau dari file. 
3. Untuk yang dari youtube , ketik judul video youtube yang kita inginkan lalu pilih vidionya. 

C. Membuat Label. a. Masing-masing konten yang sudah kita buat dibeli label dulu. b. Lalu pada setting pilih tata letak, di sini kita bebas menentukan posisi label mau horisontal atau vertikal sesuai selera. Disarankan vertikal agar dapat memuat lebih banyak. 

D. Mempublikasikan dari Blog ke media lainnya. Langkah langkahnya, sebagai berikut : 
a. Dari berbagai masing masing postingan, pilih postingan yang akan dipublikasikan ke berbagai media. 
b. Setelah dipilih sebagai pilihan yang akan dipublikasikan kemudian dilihat di samping kanan ada berbagai tanda, diantaranya ada tanda segitiga (mempublikasikan di blog), ada tanda untuk menerapkan label, ada tanda untuk membuang postingan dan ada mata tanda untuk untuk mempublikasikan ke berbagai media serta inilah yang dimaksud untuk bagian yang diambil. 
c. Setelah tanda mata di klik maka keluarlah link agar di copy paste dan di publikasikan di whatsapp, fb dan media lainnya. Selengkapnya dapat kita saksikan materi pada link berikut : peserta diminta untuk absen pada link berikut :

Link Absen Malam Literasi 26 Juni 2021

Penjelasan materi juga dapat diikuti dari Juara Blogger PGRI Bu Aam Nurhasanah berikut ini :

Link Materi Ngeblog dari Mr. Brian

Selanjutnya kajian materi oleh narsum Mr. ASA ROBBY, juga sangat luar biasa menyampaikan tentang kajian Google Doc, karena terus terang bagi penulis baru pertama menemukan ilmu ini. Saat zoom terus terang belum memahaminya karena belum mengenal istilah item item yang ada dalam perangkat itu.

Namun penulis terus bertanya tanya dengan narsum untuk keilmuan itu kemudian mempraktekan dan minta untuk diverifikasinaya oleh masing masing kedua narsum itu. Diantaranya item item yang ada dalam Google Doc itu langkah langkahnya sebagai berikut :


Voice Text

- Harus menggunakan Google Chrome untuk menggunakan Voice to Text

A. Membuka melalui Google drive

1. Ketik di browser "drive" lalu enter, 2. Cari Google Drive lalu klik, 3. Pastikan untuk login terlebih dahulu

menggunakan akun google/gmail, 4. Di kiri atas terdapat logo tanda "plus" lalu klik, 5. Akan muncul baris baris

menu, arahkan kursor/mouse ke tulisan google dokumen, 6. Disamping tulisan google dokumen ada tanda panah

ke kanan " > " muncul baris pilihan dokumen baru atau dari template. pilih dari template, 7. Kita Akan masuk

ke google doc. Disini pilih dokumen di baris pertama (dari template, bebas. Asal jangan dokumen kosong),

8. Di dokumen resume ini. Silahkan hapus isi dokumen untuk kita gunakan.


Microphone

1. Di tab google doc. Terdapat: file, insert, dll. Pilih ALAT/TOOLS

2. setelah dipilih akan muncul baris menu. silahkan cari yg ada logo microphone

3. Jika berhasil. Akan ada logo microphone di samping dokumen kosong.

4. Sebelum menggunakan, pilih bahasa microphone dengan mengklik nya di pilihan bahasa

5. Siap digunakan, klik logo microphone untuk memulai dan klik kembali untuk menghentikan


Referensi

Untuk mencari referensi pun demikian dengan melalui Google lebih mudah dan silahkan dicari carikan di tab doc.

Menurutnya bahwa semuanya carikan alat, maka dengan alat semua akan jadi mudah. Sebaliknya tanpa alat maka akan sulit ditemukan hasil pekerjaan, sekalipun akan menemukan hasilnya tanpa alat tentu tak akan sepuasnya.

Oleh karena mari kita belajar dan belajar terutama disaat masa pandemi berkepanjangan ini membuat kita bekerja stay at home dengan melalui kegiatan wfh.

Dari penulis masih banyak ingin disampaikan terkait kegiatan disugusapop untuk dituliskan termasuk adanya kegiatan pengajian ba’da sholat shubuh via zoom namun penulis membatasinya. oleh karena itu kepada para pembaca tetap jaga kesehatan dengan ikuti protokoler kesehatan. Dan ucapan Terima kasih pada narsum, panitia dan terkhusus Sagusapop yang sudah memberikan banyak ilmu yang bermanfaat. Kebaikan semua pihak kami serahkan kepada Allah, SWT. Aamiin.....

Tuesday, July 6, 2021

Materi 3 BINA'/بِنَاءٌ (Bentuk Kata) Kajian MHD 2 ANZAY



Dalam ilmu shorof terdapat sebuah istilah yaitu BINA'/بِنَاءٌ

BINA'/بِنَاءٌ Adalah bentuk suatu kata yg di tinjau dari segi huruf asal dan tata letaknya, yaitu : letak 

- fa' fiil /فاء الفعل

- 'ain fiil /عين الفعل

- lam fiil /لام الفعل

Bina/البِنَاءُ terbagi atas dua : Yaitu:

1. bina salim / بِنَاءٌ سَّالِم

Bina salim Ialah kata yg susunan setiap hurufnya (HURUF ASAL) terdiri dari huruf normal, dan tidak tersusun dari huruf tidak normal /( ا و ي ) ، huruf hamzah /(أ إ ؤ)، dan huruf tadlif /(-ّ--) : huruf doble.

Contoh :

- bekerja / فَعَلَ

- memasak / طَبَخَ

- memukul / ضَرَبَ

2. Bina gairu salim / بِنَاءٌ غَيْرُ سالِمٍ

Bina gairu salim adalah kebalikan dari bina salim, adalah kata yang susunan hurufnya (HURUF ASAL) terdapat huruf tidak normal/( ا و ي ) ، huruf hamzah/(أ إ ؤ)، dan huruf tadlif/(-ّ--) : huruf doble.

Contoh : Berdiri / قَامَ , Melempar /رَمَىْ, Memanjang /مَدَّ , Mengambil/أَخَذَ, DLL

*HURUF ASAL adalah 3 posisi huruf yang menyusun sebuah kata.

___________________________________________________________________

Percakapan 3

اَيْنَ عَمُّكَ ؟ مَاذَا يَفْعَلُ ؟

Dimana pamanmu, apa yg sedang ia lakukan

عَمِّيْ يَطْبَخُ مَعَ عَمَّتِيْ

Pamanku memasak bersama bibiku

هَلْ جَدُّكَ يَنَامُ ؟

Apakah kakekmu sedang tidur ?

لَا، هُوَ يَقْرَأُ الْقُرآنَ فِيْ الْغُرْفَةِ

Tidak, dia sedang membaca Alquran di kamar

هَلْ أُمُكَ تَغْتَسِلُ فِيْ الْحَمَّام

Apakah ibumu sedang mencuci di kamar mandi?

لَا، هِيَ تُدَرِّسُ اُخْتِيْ دُرُوْسَهَا

Tidak, sekarang dia mengajari saudariku pelajaran pelajarannya.

_______

Pola 5 & kelipatannya

Sastra Bahasa Arab adalah ilmu alat yg memiliki keunikan. Yaitu setiap materi akan selalu berhubungan satu dengan yg lainnya. materi materi awal akan berhubungan dan terikat dengan materi tengah dan juga akhir. Maka jika salah satu di antara materi awal, tengah, dan akhir terlupa/tidak dipahami, maka materi yang lainnya juga akan sulit dipahami. Dan tidak sedikit orang yg sudah bertahun tahun mempelajari bahasa arab, namun merasa sastra bahasa arab sangat sulit dan tidak sedikit juga yg gagal lalu menyerah mempelajarinya dikarenakan lupa dengan salah satunya sehingga tidak memahami keseluruhannya. Oleh karena itu sebagaimana yg dilakukan ulama ulama salaf terdahulu. kita akan bersama sama muroja'ah/mengulang pola 5 materi sebelumnya dan kelipatannya agar materi materi tersebut tersimpan di memory/ingatan jangka panjang kita. Sebagaimana hikmah para ulama salaf terdahulu.

كان الماهرون مراجعين

"Para ahli/mahir terlahir dari org org yg selalu mengulang pelajarannya".

Muroja'ah/mengulang

Silahkan perhatikan kembali materi materi berikut untuk kembali mengulang 5 materi sebelumnya agar tersimpan di ingatan jangka panjang.


* karena masih 2 materi 

Silahkan murojaah materi 1,2


Sunday, July 4, 2021

*HUKUM BERQURBAN UNTUK MAYIT*

 #kajian fiqih qurban

Kitab Al Majmu' Syarah Al Muhadzab. Imam Nawawi.

۝ HUKUM BERKURBAN UNTUK MAYIT ۝

بسم الله الرحمن الرحيم

قال المصنف رحمه الله تعالی :

(ﻭَﺃَﻣَّﺎ) اﻟﺘَّﻀْﺤِﻴَّﺔُ ﻋَﻦِ اﻟْﻤَﻴِّﺖِ ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﻃْﻠَﻖَ ﺃَﺑُﻮْ اﻟْﺤَﺴَﻦِ اﻟْﻌُﺒَﺎﺩِﻱُّ ﺟَﻮَاﺯَﻫَﺎ 

Adapun berkurban untuk mayit Abu Al Hasan Al Ubadi telah membulatkan kebolehannya

لِأَﻧَّﻬَﺎ ﺿَﺮْﺏٌ ﻣِﻦَ اﻟﺼَّﺪَﻗَﺔِ ﻭَاﻟﺼَّﺪَﻗَﺔُ ﺗَﺼِﺢُّ ﻋَﻦِ اﻟْﻤَﻴِّﺖِ ﻭَﺗَﻨْﻔَﻌُﻪُ ﻭَﺗَﺼِﻞُ ﺇِﻟَﻴْﻪِ ﺑِﺎلْإِﺟْﻤَﺎﻉِ

karena yang demikian satu bagian dari shadaqah, dan shadaqah sah untuk mayit, bermanfaat bagi mayit dan sampai pahalanya kepada mayit dengan ijma'.

ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺻَﺎﺣِﺐُ اﻟْﻌُﺪَّﺓِ ﻭَاﻟْﺒَﻐَﻮِﻱُّ لَا ﺗَﺼِﺢُّ اﻟﺘَّﻀْﺤِﻴَّﺔُ ﻋَﻦِ اﻟْﻤَﻴِّﺖِ ﺇِلَّا ﺃَﻥْ ﻳُﻮْﺻِﻲَ ﺑِﻬَﺎ ﻭَﺑِﻪِ ﻗَﻄَﻊَ اﻟﺮَّاﻓِﻌِﻲُّ ﻓِﻲْ اﻟﻤُﺠَﺮَّﺩِ ﻭَاﻟﻠﻪُ ﺃَﻋْﻠَﻢُ

Pemilik kitab Al 'Uddah dan Al Baghowiy berkata tidak sah berkurban untuk mayit kecuali ia berwasiat dengannya sebelum mati. Ar Rofi'iy telah memutuskan dengan pendapat demikian di dalam kitab Al Mujarrad.

ﻭَاﺣْﺘَﺞَ اﻟْﻌُﺒَﺎﺩِﻱُّ ﻭَﻏَﻴْﺮُﻩُ ﻓِﻲ اﻟﺘَّﻀْﺤِﻴَّﺔِ ﻋَﻦِ اﻟْﻤَﻴِّﺖِ ﺑِﺤَﺪِﻳْﺚِ ﻋَﻠِﻲ ﺑْﻦِ ﺃَﺑِﻲ ﻃَﺎﻟِﺐً ﺭَﺿِﻲَ اﻟﻠﻪُ عَنّهُ 

Al 'Ubadi dan selainnya berhujjah di dalam kebolehan berkurban untuk mayit dengan hadits Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu :

ﺃَﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ (ﻳُﻀَﺤِّﻲ ﺑِﻜِﺒَﺸَﻴْﻦِ ﻋَﻦِ اﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻭَﺑِﻜِﺒَﺸَﻴْﻦِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْﺴِﻪِ ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮْﻝَ اﻟﻠﻪُ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﻣَﺮَﻧِﻲ ﺃَﻥْ ﺃُﺿَﺤِّﻲَ ﻋَﻨّﻪُ ﺃَﺑَﺪًا ﻓَﺄَﻧَﺎ ﺃُﺿَﺤِّﻲ ﻋَﻨْﻪُ ﺃَﺑَﺪًا) ﺭَﻭَاﻩُ ﺃَﺑُﻮْ ﺩَاﻭُﺩٍ ﻭَاﻟﺘِّﺮْﻣِﺬِﻱُّ ﻭَاﻟْﺒَﻴْﻬَﻘِﻲُّ 

Dahulu Ali bin Abi Thalib berkurban dengan dua domba untuk Nabi ﷺ dan dengan dua domba untuk dirinya sendiri, Ali berkata : Sesungguhnya Rasulullah ﷺ telah memerintahkan aku agar berkurban untuknya selamanya, maka  aku akan berkurban untuknya selamanya. Riwayat Abu Daud, At Tirmidzi dan Al Baihaqi

ﻗَﺎﻝَ اﻟْﺒَﻴْﻬَﻘِﻲُّ ﺇِﻥْ ﺛَﺒَﺖَ ﻫَﺬَا ﻛَﺎﻥَ ﻓِﻴْﻪِ ﺩِلَاﻟَﺔٌ ﻋَﻠَﻰ ﺻِﺤَّﺔِ اﻟﺘَّﻀْﺤِﻴَّﺔِ ﻋَﻦِ اﻟْﻤَﻴِّﺖِ ﻭَاﻟﻠﻪُ ﺃَﻋْﻠَﻢُ

Al Baihaqi berkata : Jika shahih hadits ini maka di dalamnya ada petunjuk sahnya berkurban untuk mayit. Wallahu a'lam.

Halaman : 382. Juz 8.

Qultu : 

Ada perbedaan pendapat di dalam madzhab Syafi'i tentang kebolehan berkurban untuk mayit. Jika dikatakan mana yang menjadi pendapat mu'tamad ? jawabannya adalah tidak boleh, karena disana Imam Rofi'iy menetapkan tidak sah. Namun jika tetap ingin berkurban untuk mayit maka bisa berpegang kepada qoul Imam Abu Al Hasan Al Ubadi (hafalkan namanya).

Abdurrahman Asy Syafi'i

MATERI 2 ISTILAH "HURUF ASAL"

                  


Pada ilmu shorof umumnya dikenal dengan adanya Istilah HURUF ASAL:

Huruf asal adalah 3 posisi huruf dalam sebuah susunan kata yaitu : فعل / ف ع   ل
• Posisi huruf pertama disebut:
@ Fa' fi'il /ِفَاءُ الْفِعْل
• Posisi huruf kedua atau tengah disebut:
@ 'Ain fi'il /عَيْنُ الْفِعْلِ
• Posisi huruf ketiga atau terakhir disebut:
@ Lam fi'il /لَامُ الْفِعْلِ

Ketiga posisi huruf di sebut dengan HURUF ASAL. Dan huruf asal tidak akan pernah hilang dan akan selalu ada ketika ia di ubah ubah/
di shorofkan ke bentuk apapun.

Contoh:
Dari kata َضَرَب

- Huruf ض adalah: fa' fi'il/فَاءُ الفعلِ karena letaknya pada awal kata

- Huruf ر adalah: 'ain fi'il/عَيْنُ الفعلِ karena letaknya pada pertengahan kata.

- Huruf ب adalah: lam fiil/لَامُ الفعلِ karena letaknya pada akhir kata.

Maka HURUF ASAL nya ضرب

Dan ketika di ubah ke bentuk lain seperti مضرب ضربوا ضارب مضرّب dll. Ketiga huruf asal tidak akan hilang.

*Untuk perubahan perubahan tersebut lebih lengkap nya akan dijelaskan pada materi materi selanjutnya.

______________________________________________________

Percakapan 2

مَعَ مَنْ تَسْكُنُ فِيْ بَيْتِكَ

Bersama siapa kamu tinggal di rumahmu?

أَسْكُنُ مَعَ اُمِّيْ وَ اِخْوَتِيْ

Saya tinggal bersama ibuku dan saudara saudaraku
اِلَيْ اَيْنَ يَذْهَبُ اَبُوْكَ ؟

Ke mana ayahmu pergi ?
اَلْآنَ يَذْهَبُ اِلَىْ خَارِجِ الْمَدِيْنَةِ

Sekarang dia pergi ke luar kota
اَيْنَ أَخُوْكَ ؟

Mana saudaramu
يَذْهَبُ اَخِيْ مَعَ اَبِيْ بِالسَّيَّارَةِ

Saudaraku pergi bersama ayahku dengan mobil.
_______

Pola 5 & kelipatannya

Sastra Bahasa Arab adalah ilmu alat yang memiliki keunikan. Yaitu setiap materi akan selalu berhubungan satu dengan yang lainnya.
Materi materi awal akan berhubungan dan terikat dengan materi tengah dan juga akhir. Maka jika salah satu di antara materi awal, tengah, dan akhir terlupa/tidak dipahami, maka materi yang lainnya juga akan sulit dipahami. Dan tidak sedikit orang yang sudah bertahun tahun mempelajari bahasa arab, namun merasa sastra bahasa arab sangat sulit dan tidak sedikit juga yang gagal lalu menyerah mempelajarinya di karenakan lupa dengan salah satunya sehingga tidak memahami keseluruhannya.

Oleh karena itu sebagaimana yang dilakukan ulama ulama salaf terdahulu, kita akan bersama sama muroja'ah/mengulang pola 5 materi.

sebelumnya dan kelipatannya agar materi materi tersebut tersimpan di memory / ingatan jangka panjang kita. Sebagaimana hikmah para
ulama salaf terdahulu mengatakan :

كان الماهرون مراجعين

"Para ahli/mahir terlahir dari org org yg selalu mengulang pelajarannya"

Muroja'ah/mengulang

Silahkan perhatikan kembali materi materi berikut untuk kembali mengulang 5 materi sebelumnya agar tersimpan di ingatan jangka panjang.

* karena masih 2 materi

Silahkan muroja'ah materi 1,2


Friday, July 2, 2021

MATERI 1 SHOROF / اَلصَّرَفُ




SHOROF  / اَلصَّرَفُ


https://youtu.be/2-UnRnih2hE


Shorof /اَلصَرْفُ adalah ilmu yang mempelajari perubahan bentuk sebuah kata/كَلِمَةٌ untuk mendapatkan makna  atau arti  yang berbeda beda .


Contoh :


• Kosakata dia duduk/جَلَسَ menunjukan makna 'dia telah duduk'.


• Apabila kosakata dia duduk/جَلَسَ berubah bentuknya menjadi يَجْلِسُ maka ia menunjukan makna 'dia sedang/akan duduk',


• apabila kosakata duduk/جَلَسَ berubah bentuknya menjadi إِجْلِسْ maka ia menunjukan makna perintah yaitu 'kamu duduklah',


• dan apabila kosakata dia duduk/جَلَسَ berubah bentuknya menjadi جُلُوْسًا maka ia menunjukan hasil dari sebuah pekerjaan yaitu 'dia terduduk'.


• Apabila kosa kata dia duduk/جَلَسَ berubah bentuknya menjadi جَلَسْتُ menunjukan makna aku duduk.


• Apabila dia duduk/جَلَسَ berubah bentuknya jadi جَلَسُوْا menunjukan makna mereka duduk.


Perubahan perubahan di atas hanyalah contoh dari ilmu shorof, untuk pembahasan lengkap nya akan diberikan pada materi materi selanjutnya.


________


Percakapan 1


مَنْ اَنْتَ ؟

Siapakah engkau ?


اَنَا طَالِبٌ فِيْ هَذِهِ المَدْرَسَةِ

Saya pelajar di sekolah ini


هَلْ هُوَ أَسْتَاذٌ ؟

Apakah dia guru ?


لَا، لَيْسَ أُسْتَاذًا بَلْ هُوَ اَبِيْ

Tidak, dia bukan guru, tapi dia ayah saya


اَيْنَ تَسْكُنُ ؟

Dimana kamu tinggal


اَسْكُنُ فِيْ بَيْتِيْ

Saya tinggal di rumah ku


_______


Pola 5 & kelipatannya


Sastra Bahasa Arab adalah ilmu alat yang memiliki keunikan. Yaitu setiap materi akan selalu berhubungan satu dengan yang lain


ya. materi materi awal akan berhubungan dan terikat dengan materi tengah dan juga akhir. Maka jika salah satu di antara materi


awal, tengah, dan akhir terlupa/tidak dipahami, maka materi yang lainnya juga akan sulit dipahami. Dan tidak sedikit orang yang


sudah bertahun tahun mempelajari bahasa arab, namun merasa sastra bahasa arab sangat sulit dan tidak sedikit juga yang gagal


lalu menyerah mempelajarinya dikarenakan lupa dengan salah satunya sehingga tidak memahami keseluruhannya.


Oleh karena itu sebagaimana yang dilakukan ulama ulama salaf terdahulu, kita akan bersama sama muroja'ah/mengulang pola 5


materi sebelumnya dan kelipatannya agar materi materi tersebut tersimpan di memory/ingatan jangka panjang kita. Sebagaimana


hikmah para ulama salaf terdahulu


كان الماهرون مراجعين


"Para ahli/mahir terlahir dari org org yang selalu mengulang pelajarannya"


Muroja'ah/mengulang


Silahkan perhatikan kembali materi materi berikut untuk kembali mengulang 5 materi sebelumnya agar tersimpan di ingatan jangka panjang.


*karena masih materi 1


Untuk murojaah masih kosong


"MARI SEMPURNAKAN IKHTIAR DENGAN DISERTAI BERTAWAKAL"



Jum'at, 02 Juli 2021 M/ 21 Dz. Qo'dah 1442 H.

*(Sebuah Upaya Mengatasi Pandemi Covid-19 Dengan Melaksanakan Vaksinasi Dan Melakukan 5M)*

Oleh : Ayip Zaenal Aripin

Ada seseorang sahabat yang bertanya kepada Nabi *صلى الله عليه وسلم* Wahai Rasulullah! Apakah aku mengikat ontaku dan aku bertawakkal (kepada Allah), atau aku melepaskannya saja dan aku bertawakkal (kepada Allah)? Nabi *صلى الله عليه وسلم* pun menjawab: "Ikatlah untamu dan bertawakallah kamu (kepada Allah)." (HR. Tirmidzi dari Anas).

Syeikh Al-Munawi berpendapat bahwa hadits ini menjelaskan tentang *"Keutamaan berhati-hati dan berpegang pada kemantapan hati (dengan upaya melakukan pengikatan dan bertawakkal) _" Referensi * (Faidhul Qodir. Juz. II. hal. 10).

Karena melakukan ikhtiar dengan mengikat unta tidak berarti menghilangkan sikap bertawakkal kepada Allah *تعالى*

Menurut berita liputan6.com, tambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 (dalam rentang waktu 24 jam) bertambah 24.836 kasus per 1 Juli 2021.(//www.Liputan6.com, Jakarta pada 01 Juli 2021. 17:17 WIB).

Melihat betapa mengkhawatirkannya penyebaran Covid-19 saat ini, maka menjadi kewajiban kita secara bersama-sama untuk ikut serta mengatasi penyebarannya dengan menyempurnakan ikhtiar melalui *Vaksinasi* dan dengan selalu menerapkan Prokes dan melakukan gerakan 5M, yaitu :

1- Memakai Masker.

2-Mencuci Tangan Pakai Sabun dan Air Mengalir atau Hand Sanitizer.

3-Menjaga Jarak.

4- Menjauhi Kerumunan.

5- Dan Mengurangi Mobilitas dan interaksi.

Disertai bertawakkal kepada Allah *تعالى*. Sebagaimana diperintahkan oleh Rasulullah

*صلى الله عليه وسلم* melalui sabdanya di atas.

Imam Al-Ghazali telah mengingatkan dengan perkataan beliau: "Ketahuilah bahwasanya sesuatu yang membahayakan terkadang bisa menimbulkan bagi terjadinya kekhawatiran terhadap keselamatan jiwa dan harta benda. Dan bukanlah merupakan bagian dari syarat bertawakal untuk tidak melakukan sama sekali suatu upaya yang bisa menjadi sebab untuk menolak bahaya itu." Referensi( Ihya 'Ulumuddin. Juz. IV. hal. 295).

Dengan sengaja melakukan perkara yang bisa membahayakan keselamatan jiwa adalah suatu hal yang dilarang dalam agama, dan pelakunya berarti telah menjatuhkan dirinya pada kerusakan tanpa ada manfaatnya. Referensi (Ihya 'Ulumuddin. Juz. IV. hal. 295-296).

*Sahabat-Sahabat** رحمكم الله*

Dalam sebuah hadits dijelaskan:

"Menghindarlah kamu dari orang yang terkena penyakit kusta (yang bisa menular) seperti menghindarmu dari (bahaya) seekor macan" (HR. Bukhari dalam kitab Tibb dari Abu Hurairah)

Menurut para ahli kesehatan, Covid-19 termasuk kategori virus yang mudah menular (dengan izin Allah) dan Vaksinasi serta melakukan Prokes 5 M adalah merupakan sebuah upaya untuk melakukan pencegahan dan menghindari terjadinya penularan virus covid-19 yang sedang terjadi ini, agar pandemi ini segera bisa diatasi.

Hars ibnu Kaldah, seorang dokter ahli dari bangsa arab yang masyhur pada masanya telah berkata:

الحمية راس الدواء

"Pencegahan adalah inti pengobatan" (Zaadul Ma'ad. Juz. III. hal. 97).

*"Dengan Menyempurnakan Ikhtiar Disertai Selalu Bertawakal Serta Berdo'a Memohon Perlindungan Kepada Allah تعالى. Semoga Kita Semua Dan Keluarga Kita Semua Selalu Dianugerahi Kesehatan Dan Keselamatan Serta Perlindungan Oleh Allah تعالى Dari Pandemi Covid-19 Ini. Dan Semoga Pandemi Ini Segera Bisa Diatasi Dan Segera Di Angkat Oleh Allah تعالى ."*

*امين يارب العالمين 🤲🤲🤲*

*والله اعلم


Thursday, July 1, 2021

"NASEHAT DAN WASIAT 'ULAMA' JADIKAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN...

قال بعض الصالحين : نزل عندي أضياف وعلمت أنهم
 أبدال، فقلت لهم : أوصوني بوصية بالغة حتى أخاف الله مثل خوفكم . فقالوا ؛ نوصيك بستة أشياء :
💎مجلس إمرأة عظيمة💎 

 


Diceritakan oleh sebagian orang shaleh : 

Pernah suatu ketika singgah di rumahku beberapa tamu dan aku Tahu mereka adalah golongan wali abdal, aku berkata  kepada mereka : berilah aku wasiat yang menyentuh hati sehingga aku bisa takut kepada Allah swt seperti takutnya anda  semua kepada Allah. 

Mereka menjawab : kami akan beri anda 6 macam wasiat   :

١. من أكثر النوم فلا يطمع في رقة قلبه.

Barang siapa yang banyak tidur, maka tidak bisa diharap hatinya lembut.

٢. من أكثر الأكل فلا يطمع في قيام الليل.

Barangsiapa yang banyak makan, maka tidak bisa diharap bangun malam untuk ibadah.

٣. من أكثر صحبة جاهل أو ظالم فلا يطمع في استقامة دينه.

Barang siapa berteman dengan orang bodoh (malas belajar) atau dzalim maka dia  sulit diharap bisa istiqomah dalam menjalankan ajaran agamanya.

٤. من كانت الغيبة والكذب عادته فلا يطمع أنه يخرج من الدنيا ومعه الإيمان.

Barang siapa yang kebiasaannya ghibah dan dusta, maka tidak bisa diharap ketika keluar dari dunia (meninggal) disertai iman.

٥. من كثر اختلاطه بالناس فلا يطمع في حلاوة العبادة.

Barangsiapa terlalu banyak bergaul dengan manusia sehingga melalaikan hubungannya dengan Allah, maka tidak bisa diharap merasakan manisnya ibadah.

٦. من طلب رضا الناس فلا يطمع في رضا الله عز وجل.

Barangsiapa mencari ridho manusia , maka tidak bisa diharap mendapat ridha Allah swt.

Sumber :

📚التذكير المصطفى ص١٤٣

 للحبيب أبي بكر العطاس بن عبد الله الحبشي

 💎مجلس إمرأة عظيمة💎


 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes