BREAKING NEWS

Watsapp

Tuesday, January 25, 2022

BAB AQIQAH



Aqiqah atau akikah adalah menyembelih kambing pada hari ketujuh kelahiran anak sebagai bentuk rasa syukur dan mengikuti sunnah Rasul. Hukumnya sunnah. Untuk anak laki-laki sunnah menyembelih dua kambing, sedangkan untuk bayi perempuan sunnah menyembelih satu ekor kambing.


Nama kitab: Terjemah Kitab Fathul Qorib

Judul kitab asal: Fathul Qarib Al-Mujib fi Syarhi Alfazh Al-Taqrib atau Al-Qawl Al-Mukhtar fi Syarh Ghayatul Ikhtisar (فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب أو القول المختار في شرح غاية الاختصار)

Pengarang: Abu Abdillah Muhammad bin Qasim bin Muhammad Al-Ghazi ibn Al-Gharabi

Penerjemah:

Bidang studi: Fiqih madzhab Syafi'i


Aqiqah atau akikah adalah menyembelih kambing pada hari ketujuh kelahiran anak sebagai bentuk rasa syukur dan mengikuti sunnah Rasul. Hukumnya sunnah. Untuk anak laki-laki sunnah menyembelih dua kambing, sedangkan untuk bayi perempuan sunnah menyembelih satu ekor kambing.


Nama kitab: Terjemah Kitab Fathul Qorib

Judul kitab asal: Fathul Qarib Al-Mujib fi Syarhi Alfazh Al-Taqrib atau Al-Qawl Al-Mukhtar fi Syarh Ghayatul Ikhtisar (فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب أو القول المختار في شرح غاية الاختصار)

Pengarang: Abu Abdillah Muhammad bin Qasim bin Muhammad Al-Ghazi ibn Al-Gharabi

Penerjemah:

Bidang studi: Fiqih madzhab Syafi'i

BAB AQIQAH

 

(فصل): في أحكام العقيقة

 

وهي لغة اسم للشعر على رأس المولود وشرعاً ما سيذكره المصنف بقوله

 

(والعقيقة) عن المولود (مستحبة) وفسر المصنف العقيقة بقوله (وهي الذبيحة عن المولود يوم سابعه) أي يوم سابع ولادته بحسب يوم الولادة من السبع، ولو مات المولود قبل السابع ولا تفوت بالتأخير بعده، فإن أخرت للبلوغ سقط حكمها في حق العاق عن المولود أما هو فلا خير في العق عن نفسه والترك

 

. (ويذبح عن الغلام شاتان و) يذبح (عن الجارية شاة) قال بعضهم: أما الخنثى فيحتمل إلحاقه بالغلام أو بالجارية، فلو بانت ذكورته أمر بالتدارك، وتتعدد العقيقة بتعدد الأولاد،

 

(ويطعم) العاق من العقيقة (الفقراء والمساكين) في طبخها بحلو ويهدي منها للفقراء والمساكين و يتخذها دعوة، ولا يكسر عظمها واعلم أن سن العقيقة وسلامتها من عيب ينقص لحملها، و الأكل منها والتصدق ببعضها وامتناع بيعها، وتعينها بالنذر حكمه على ما سبق في الأضحية،

 

ويسن أن يؤذن في أذن المولود اليمنى حين يولد، وأن يقام في أذنه اليسرى، وأن يحنك المولود بالتمر في مضغ، ويدلك به حنكه داخل فمه لينزل منه شيء إلى الجوف، فإن لم يوجد تمر فرطب وإلا فشيء حلو وأن يسمى يوم سابع ولادته. ويجوز تسميته قبل السابع وبعده، ولو مات المولود قبل السابع سن تسميته.


Pengertian Aqiqah


(Fasal) menjelaskan hukum-hukum aqiqah.


Aqiqah secara bahasa adalah nama rambut yang berada di atas kepala anak yang dilahirkan.


Dan secara syara’ akan dijelaskan oleh mushannif dengan perkataan beliau, “aqiqah untuk anak yang dilahirkan disunnahkan.”


Mushannif menafsiri aqiqah dengan perkataan beliau, “aqiqah adalah binatang yang disembelih sebab bayi yang dilahirkan pada hari ketujuh bayi tersebut, maksudnya pada hari ketujuh kelahirannya.


Hari saat kelahirannya termasuk dalam hitungan tujuh hari tersebut. -kesunnahan tetap berlaku- Walaupun bayi yang telah dilahirkan itu meninggal dunia sebelum hari ketujuh.


Kesunnahan aqiqah tidak hilang sebab ditunda hingga melewati hari ketujuh.


Namun, jika aqiqah ditunda hingga anak tersebut baligh, maka hukum aqiqah gugur bagi orang yang melakukan aqiqah dari anak tersebut.


Sedangkan bagi anak itu sendiri, maka diperkenankan untuk melakukan aqiqah untuk dirinya sendiri ataupun tidak melakukannya.


Disunahkan menyembelih dua ekor kambing sebagai aqiqah untuk anak laki-laki, dan menyembelih satu ekor kambing untuk anak perempuan.


Sebagian ulama’ berkata, “adapun anak khuntsa, maka masih ihtimal / dimungkinkan disamakan dengan anak laki-laki atau dengan anak perempuan.”


Namun, seandainya kemudian jelas kelamin prianya, maka disunnahkan untuk menambahi kekurangannya.


Aqiqah menjadi berlipat ganda sebab berlipat gandanya anak.


Proses Aqiqah


Bagi orang yang melaksanakan aqiqah, maka harus memberi makan kaum fakir dan kaum miskin.


Ia memasak aqiqah tersebut dengan bumbu manis dan memberikannya sebagai hadiah pada orang-orang fakir dan orang-orang miskin. Dan hendaknya tidak menjadikan aqiqah sebagai acara undangan. Dan hendaknya tidak mematahkan tulang-tulangnya.


Ketahuilah sesungguhnya usia binatang aqiqah, selamat dari cacat yang bisa mengurangi daging, memakannya, menyedekahkan sebagiannya, tidak boleh menjualnya dan menjadi wajib sebab nadzar, hukumnya adalah sesuai dengan hukum yang telah dijelaskan di dalam permasalahan binatang kurban.


Adzan, Cetak & Nama


Disunnahkan untuk mengumandangkan adzan di telinga kanan bayi yang baru dilahirkan dan mengumandangkan iqamah di telinga kirinya.


Dan -disunnahkan- melakukan hanak (mencetak : jawa) bayi yang dilahirkan dengan menggunakan kurma kering. Maka seseorang mengunyah kurma dan mengoleskannya pada langit-langit bagian dalam mulut si bayi agar ada sebagian dari kurma tersebut yang masuk ke dalam perutnya.


Kemudian, jika tidak menemukan kurma kering, maka dengan menggunakan kurma basah, dan jika tidak ada, maka menggunakan sesuatu yang manis.


Dan -disunnahkan-memberi nama si bayi pada hari ketujuh kelahirannya.


Dan diperbolehkan memberi nama si bayi sebelum atau setelah hari ketujuh.


Seandainya si bayi meninggal dunia sebelum hari ketujuh, maka disunnahkan untuk memberi nama padanya. [www.alkhoirot.org]


PENJELASAN AQIQAH DARI KITAB MUHADZAB



العقيقة سنة وهو ما يذبح عن المولود . لما روى بريدة { أن النبي صلى الله عليه وسلم عق عن الحسن والحسين عليهما السلام } ولا يجب ذلك . لما روى عبد الرحمن بن أبي سعيد عن أبيه أن النبي صلى الله عليه وسلم { سئل عن العقيقة فقال : لا أحب العقوق ، ومن ولد له ولد فأحب أن ينسك له فليفعل } فعلق على المحبة ، فدل على أنها لا تجب . ولأنه إراقة دم من غير جناية ولا نذر . فلم يجب كالأضحية . والسنة أن يذبح عن الغلام شاتين ، وعن الجارية شاة لما روت أم كرز قالت : { سألت رسول الله صلى الله عليه وسلم عن العقيقة ، فقال : للغلام شاتان مكافئتان وعن الجارية شاة } ولأنه إنما شرع للسرور بالمولود ، والسرور بالغلام أكثر ، فكان الذبح عنه أكثر . وإن ذبح عن كل واحد منهما شاة جاز ، لما روى ابن عباس رضي الله عنه قال { عق رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الحسن والحسين عليهما السلام كبشا كبشا } ولا يجزئ فيه ما دون الجذعة من الضأن ودون الثنية من المعز ، ولا يجزئ فيه إلا السليم من العيوب ; لأنه إراقة دم بالشرع فاعتبر فيه ما ذكرناه كالأضحية .


والمستحب أن يسمي الله تعالى ويقول : اللهم لك وإليك عقيقة فلان ، لما روت عائشة رضي الله عنها أن النبي صلى الله عليه وسلم { عق عن الحسن والحسين وقال : قولوا بسم الله اللهم لك وإليك عقيقة فلان } والمستحب أن يفصل أعضاءها ولا يكسر عظمها ، لما روي عن عائشة رضي الله عنها أنها قالت " السنة شاتان مكافئتان عن الغلام وعن الجارية شاة تطبخ جدولا ولا يكسر عظم " ويأكل ويطعم ويتصدق ، وذلك يوم السابع ، ولأنه أول ذبيحة فاستحب أن لا يكسر عظم ، تفاؤلا بسلامة أعضائه . ويستحب أن يطبخ من لحمها طبيخا حلوا تفاؤلا بحلاوة أخلاقه . ويستحب أن يأكل منها ويهدي ويتصدق لحديث عائشة ، ولأنه إراقة دم مستحب فكان حكمها ما ذكرناه كالأضحية . والسنة أن يكون ذلك في اليوم السابع ، لما روت عائشة رضي الله عنها قالت { عق رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الحسن والحسين عليهما السلام يوم السابع وسماهما وأمر أن يماط عن رءوسهما الأذى } فإن قدمه على اليوم السابع أو أخره أجزأه ; لأنه فعل ذلك بعد وجود السبب . والمستحب أن يحلق شعره بعد الذبح لحديث عائشة ، ويكره أن يترك على بعض رأسه الشعر لما روى ابن عمر رضي الله عنهما قال { نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن القزع في الرأس } ، والمستحب أن يلطخ رأسه بالزعفران ، ويكره أن يلطخ بدم العقيقة ، لما روت عائشة رضي الله عنها قالت { كانوا في الجاهلية يجعلون قطنة في دم العقيقة ويجعلونها على رأس المولود فأمرهم النبي صلى الله عليه وسلم أن يجعلوا مكان الدم خلوقا }


BAB QURBAN DAN KETENTUANNYA


BAB KURBAN (UD-HIYAH)

 

(فصل): في أحكام الأضحية

 

بضم الهمزة في الأشهر، وهي اسم لما يذبح من النعم يوم عيد النحر، وأيام التشريق تقرباً إلى الله تعالى. (والْاضحية سنة مؤكدة) على الكفاية فإذا أتى بها واحد من أهل بيت كفى عن جميعهم، ولا تجب الأضحية إلا بالنذر

 

(ويجزىء فيها الجذع من الضأن) وهو ما له سنة وطعن في الثانية (والثني من المعز) وهو ماله سنتان وطعن في الثالثة (والثني من الإبل) ما له خمس سنين وطعن في السادسة (والثني من البقر) ما له سنتان وطعن في الثالثة (وتجزىء البدنة عن سبعة) اشتركوا في التضحية بها (و) تجزىء (البقرة عن سبعة) كذلك (و) تجزىء (الشاة عن) شخص (واحد) وهي أفضل من مشاركته في بعير.

 

وأفضل أنواع الأضحية إبل ثم بقر ثم غنم (وأربع) وفي بعض النسخ وأربعة (لا تجزىء في الضحايا) أحدها (العوراء البين) أي الظاهر (عورها) وإن بقيت الحدقة في الأصح (و) الثاني (العرجاء البين عرجها) ولو كان حصول العرج لها عند إضجاعها للتضحية بها بسبب اضطرابها

 

(و) الثالث (المريضة البين مرضها) ولا يضر يسير هذه الأمور (و) الرابع (العجفاء) وهي (التي ذهب مخها) أي ذهب دماغها (من الهزال) الحاصل لها (ويجزىء الخصي) أي المقطوع الخصيتين (والمكسورة القرن) إن لم يؤثر في اللحم ويجزىء أيضاً فاقدة القرون، وهي المسماة بالجلحاء (ولا تجزىء المقطوعة) كل (الأذن) ولا بعضها ولا المخلوقة بلا أذن (و) لا المقطوعة (الذنب) ولا بعضه

 

(و) يدخل (وقت الذبح) للأضحية (من وقت صلاة العيد) أي عيد النحر وعبارة الروضة وأصلها يدخل وقت التضحية إذا طلعت الشمس يوم النحر، ومضى قدر ركعتين وخطبتين خفيفتين انتهى، ويستمر وقت الذبح (إلى غروب الشمس من آخر أيام التشريق) وهي الثلاثة المتصلة بعاشر ذي الحجة (ويستحب عند الذبح خمسة أشياء)

 

أحدها (التسمية) فيقول الذابح بسم الله الرحمن الرحيم فلو لم يسم حل المذبوح.

 

(و) الثاني (الصلاة على النبي ) ويكره أن يجمع بين اسم الله واسم رسوله. (و) الثالث (استقبال القبلة) بالذبيحة أي يوجه الذابح مذبحها للقبلة ويتوجه هو أيضاً. (و) الرابع (التكبير) أي قبل التسمية وبعدها ثلاثاً كما قال الماوردي.

 

(و) الخامس (الدعاء بالقبول) فيقول الذابح اللهم هذه منك وإليك فتقبل، أي هذه الأضحية نعمة منك عليّ وتقربت بها إليك فتقبلها مني. (ولا يأكل المضحي شيئاً من الأضحية المنذورة) بل يجب عليه التصدق بجميع، فلو لحمها أخره فتلفت لزمه ضمانها (ويأكل من الأضحية المتطوع بها) ثلثاً على الجديد وأما الثلثان فقيل يتصدق بهما، ورجحه النووي في تصحيح التنبيه. وقيل يهدي ثلثاً للمسلمين الأغنياء ويتصدق بثلث على الفقراء من لحمها ولم يرجح النووي في الروضة وأصلها شيئاً من هذين الوجهين

 

(ولا يبيع) أي يحرم على المضحي بيع شيء (من الأضحية) أي من لحمها أو شعرها أو جلدها، ويحرم أيضاً جعله أجرة للجزار، ولو كانت الأضحية تطوعاً (ويطعم) حتماً من الأضحية المتطوع بها (الفقراء والمساكين) والأفضل التصدق بجميعها إلا لقمة أو لقماً يتبرك المضحي بأكلها، فإنه يسن له ذلك، وإذا أكل البعض وتصدق بالباقي حصل له ثواب التضحية بالجميع والتصدق بالبعض.


Pengertian Kurban (Udhiyah)


(Fasal) menjelaskan hukum-hukum kurban.


Al udhiyah, dengan membaca dlammah huruf hamzahnya menurut pendapat yang paling masyhur, yaitu nama binatang ternak yang disembelih pada hari Raya Kurban dan hari At Tasyriq karena untuk mendekatkan diri pada Allah Swt.


Hukum Kurban


Al udhiyah hukumnya adalah sunnah kifayah mu’akadah.


Sehingga, ketika salah satu dari penghuni suatu rumah telah adalah yang melaksanakannya, maka sudah mencukupi dari semuanya.


Al udhiyah tidak bisa wajib kecuali dengan nadzar.


Binatang Kurban


Yang bisa mencukupi di dalam Al udhiyah adalah kambing domba yang berusia satu tahun dan menginjak dua tahun.


Dan kambing kacang yang berusia dua tahun dan menginjak tiga tahun.


Dan onta ats tsaniyah yang berusia lima tahun dan memasuki usia enam tahun.


Dan sapi ats tsaniyah yang berusia dua tahun dan memasuki usia tiga tahun.


Satu Hewan untuk Berapa Orang


Satu ekor onta cukup digunakan kurban untuk tujuh orang yang bersama-sama melakukan kurban dengan satu onta.


Begitu juga satu ekor sapi cukup digunakan kurban untuk tujuh orang.


Satu ekor kambing hanya cukup digunakan kurban untuk satu orang. Dan satu ekor kambing lebih afdlal daripada bersama-sama dengan orang lain melakukan kurban dengan onta.


Kurban yang paling utama adalah onta, kemudian sapi lalu kambing.


Binatang Yang Tidak Sah


Ada empat binatang, dalam sebagian redaksi menggunakan bahasa, “arba’atun” yang tidak mencukupi untuk dijadikan kurban.


Salah satunya adalah binatang yang buta satu matanya yang nampak jelas, walaupun bulatan matanya masih utuh menurut pendapat al ashah.


Yang kedua adalah binatang pincang yang nampak jelas pincangnya, walaupun pincang tersebut terjadi saat menidurkan miring binatang itu karena untuk disembelih saat prosesi kurban sebab gerakan binatang tersebut.


Yang ketiga adalah binatang sakit yang nampak jelas sakitnya.


Dan tidak masalah jika hal-hal ini hanya sedikit saja.


Yang ke empat adalah binatang al ‘ajfa’, yaitu binatang yang hilang bagian otaknya sebab terlalu kurus.


Sudah dianggap cukup berkurban dengan binatang yang dikebiri, maksudnya binatang yang dipotong dua pelirnya, dan binatang yang pecah tanduknya jika memang tidak berpengaruh apa-apa pada dagingnya.


Begitu juga mencukupi berkurban dengan binatang yang tidak memiliki tanduk, dan binatang seperti ini disebut dengan al jalja’.


Tidak mencukupi berkurban dengan binatang yang terpotong seluruh telinganya, sebagiannya atau terlahir tanpa telinga.


Dan tidak mencukupi binatang yang terpotong seluruh atau sebagian ekornya.


Waktu Pelaksanaan Kurban


Waktu penyembelihan kurban dimulai dari waktunya sholat Hari Raya, maksudnya Hari Raya Kurban.


Ungkapan kitab ar Raudlah dan kitab asalnya, “waktu pelaksanaan kurban masuk ketika terbitnya matahari Hari Raya Kurban dan telah melewati kira-kira waktu yang cukup untuk melaksanakan sholat dua rakaat dan dua khutbah yang dilakukan agak cepat.” Ungkapan kitab ar Raudlah dan kitab asalnya telah selesai.


Waktu penyembelihan binatang kurban tetap ada hingga terbenamnya matahari di akhir hari at Tasyriq. Hari at Tasyriq adalah tiga hari yang bersambung setelahnya tanggal sepuluh Dzil Hijjah.


Kesunnahan Kurban


Disunnahkan melakukan lima perkara saat pelaksanaan kurban,


Salah satunya adalah membaca basmalah. Maka orang yang menyembelih sunnah mengucapkan, “bismillah”. Dan yang paling sempurna adalah, “bismillahirahmanirrahim.”


Dan seandainya orang yang menyembelih tidak mengucapkan basmalah, maka binatang kurban yang disembelih hukumnya halal.


Yang kedua adalah membaca shalawat kepada baginda Nabi Saw.


Dimakruhkan mengumpulkan diantara nama Allah dan nama Rasul-Nya.


Yang ketiga adalah menghadapkan binatang kurbannya ke arah kiblat.


Maksudnya, orang yang menyembelih menghadapkan leher binatang yang disembelih kearah kiblat. Dan ia sendiri juga menghadap kiblat.


Ke empat adalah membaca takbir tiga kali, maksudnya sebelum atau setelah membaca basmalah, sebagaimana yang dijelaskan oleh imam al Mawardi.


Yang ke lima adalah berdoa semoga diterima oleh Allah Swt.


Maka orang yang menyembelih berkata, “ya Allah, ini adalah dari Engkau dan untuk Engkau, maka sudilah Engkau menerimanya.” Maksudnya, “binatang kurban ini adalah nikmat dari-Mu untukku, dan aku mendekatkan diri pada-Mu dengan binatang kurban ini, maka terimalah binatang kurban ini dariku.”


Memakan Daging Kurban


Orang yang melaksanakan kurban tidak diperkenankan memakan apapun dari kurban yang dinadzari.


Bahkan bagi dia wajib mensedekahkan semua dagingnya.


Kemudian, seandainya ia menunda untuk mensedekahkannya hingga rusak, maka wajib baginya untuk mengganti.


Ia diperkenankan memakan sepertiga dari binatang kurban yang sunnah menurut pendapat al Jadid.


Sedangkan untuk dua sepertiganya, maka ada yang mengatakan harus disedekahkan, dan ini diunggulkan oleh imam an Nawawi di dalam kitab Tashhih at Tanbih.


Dan ada yang mengatakan, bahwa ia menghadiahkan sepertiga dari dagingnya kepada kaum muslimin yang kaya dan mensedekahkan sepertiganya kepada kaum faqir.


Di dalam kitab ar Raudlah dan kitab asalnya, imam an Nawawi tidak mengunggulkan salah satu dari dua pendapat ini.


Menjual Daging Kurban


Tidak boleh menjual, maksudnya bagi orang yang melaksanakan kurban diharamkan untuk menjual bagian dari binatang kurbannya, maksudnya dari daging, bulu atau kulitnya.


Begitu juga haram menjadikan bagian dari binatang kurban sebagai ongkos untuk pejagal, walaupun berupa binatang kurban yang sunnah.


Wajib memberi makan bagian dari binatang kurban yang sunnah kepada kaum faqir dan kaum miskin.


Yang paling utama adalah mensedekahkan semuanya kecuali satu atau beberapa cuil daging yang dimakan oleh orang yang melakukan kurban untuk mengharapkan berkah. Karena sesungguhnya hal itu disunnahkan baginya.


Ketika ia memakan sebagian dan mensedekahkan yang lainnya, maka ia telah mendapatkan pahala berkurban semuanya dan pahala sedekah sebagiannya saja.


Monday, January 24, 2022

KRITERIA BINATANG YANG HALAL DAN HARAM DIMAKAN

 


Judul kitab asal: Fathul Qarib Al-Mujib fi Syarhi Alfazh Al-Taqrib atau Al-Qawl Al-Mukhtar fi Syarh Ghayatil Ikhtishar .
(فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب أو القول المختار في شرح غاية الإختصار)

Pengarang: Abu Abdillah Muhammad bin Qasim bin Muhammad Al-Ghazi ibn Al-Gharabili
Penerjemah:
Bidang studi: Fiqih madzhab Syafi'i.

BAB BINATANG YANG HALAL DAN HARAM

(فصل): في أحكام الأطعمة الحلال منها وغيره

(وكل حيوان استطابته العرب) الذين هم أهل ثروة وخصب وطباع سليمة ورفاهية (فهو حلال إلا ما) أي حيوان (ورد الشرع بتحريمه) فلا يرجع فيه لاستطابتهم له (وكل حيوان استخبثته العرب) أي عدوه خبيثاً (فهو حرام إلا ما ورد الشرع بإباحته) فلا يكون حراماً

(ويحرم من السباع ما له ناب) أي سن (قوي يعدو به) على الحيوان كأسد ونمر (ويحرم من الطيور ما له مخلب) بكسر الميم وفتح اللام أي ظفر (قوي يجرح به) كصقر وباز وشاهين

(ويحل للمضطر) وهو من خاف على نفسه الهلاك من عدم الأكل (في المخمصة) موتاً أو مرضاً مخوفاً أو زيادة مرض أو انقطاع رفقة، ولم يجد ما يأكله حلالاً (أن يأكل من الميتة المحرمة) عليه (ما) أي شيئاً (يسد به رمقه) أي بقية روحه

(ولنا ميتتان حلالان) وهما (السمك والجراد و) لنا (دمان حلالان) وهما (الكبد والطحال) وقد عرف من كلام المصنف هنا وفيما سبق أن الحيوان على ثلاثة أقسام: أحدها ما لا يؤكل في ذبيحته وميتته سواء والثاني ما يؤكل فلا يحل إلا بالتذكية الشرعية والثالث ما تحل ميتته كالسمك والجراد

Kriteria Hewan yang Halal Dimakan
(Fasal) menjelaskan hukum-hukum binatang yang dimakan, maksudnya yang halal dimakan dan yang tidak halal dimakan.
Setiap binatang yang dianggap enak oleh orang arab, yaitu orang arab yang kaya, memiliki keluasan dalam harta, tabiat yang selamat dan biasa mengkonsumsi makanan yang enak.
Kecuali binatang yang telah diharamkan oleh syariah, maka untuk binatang ini tidak dikembalikan pada penilaian mereka.
Setiap binatang yang dianggap menjijikkan oleh orang arab, maka hukumnya haram.
Kecuali binatang yang telah dihalalkan oleh syariat, maka hukumnya tidak haram.
Kriteria Binatang Haram Dimakan
Hukumnya haram binatang yang memiliki taring, maksudnya gigi kuat yang digunakan untuk menggigit binatang lain seperti harimau dan macan tutul.
Hukumnya haram burung yang memiliki cengkeram, -lafadz “mikhlab”- dengan terbaca kasrah huruf mimnya dan fathah huruf lamnya, maksudnya kuku kuat yang digunakan untuk melukai seperti burung elang, rajawali, elang hitam.
Keadaan Darurat
Bagi orang yang mudhthar, yaitu orang yang khawatir terjadi sesuatu yang berbahaya jika tidak makan, saat terdesak, baik khawatir mati, sakit yang mengkhawatirkan, bertambah sakit, atau tertinggal rombongan dan ia tidak menemukan makanan halal yang bisa ia makan, maka baginya halal untuk memakan bangkai dengan ukuran yang cukup untuk menyelamatkan nyawanya.
Kita memiliki dua bangkai yang halal dimakan, yaitu bangkai ikan dan belalang.
Dan kita memiliki dua darah yang halal dimakan, yaitu jantung dan limpa.

Pembagian Binatang

Dari penjelasan mushannif dan penjelasan di depan, maka diketahui bahwa sesungguhnya binatang terbagi menjadi tiga,

Salah satunya adalah binatang yang tidak halal dimakan. Sehingga yang disembelih ataupun yang berupa bangkai hukumnya sama.

Yang kedua adalah binatang yang bisa dimakan, namun tidak bisa halal dimakan kecuali dengan disembelih secara syar’i.

Yang ketiga adalah binatang yang bangkainya halal untuk dimakan seperti ikan dan belalang.[alkhoirot.org]


KAJIAN TAFSIR AL-QUR'AN "BAGAIMANAKAH KEADAAN ORANG DINERAKA....?

 


KAJIAN TAFSIR AL-QUR'AN

Soal:
Bagaimanakah keada'an orang dineraka?
Jawab:
Bocoran sdikit siksa neraka:
Mereka diberipakaian dari api disekujur tubuhnya, disiramkanlah air mendidih dari atas kpalanya, mnembus tengkoraknya hancurlah segala isi perut sampai kedua kakinya smuanya meleleh menjadi kaldu sampai kulit-kulitnya,
kmudian dikembalikan lagi seperti sedia kala
jahannam meraung2 , ketika mreka naik mau kluar dari neraka karna deritanya dipalulah kepalanya oleh malaikat zabaniyah dst..
Semoga kita snantiasa diselamatkan dari adzab neraka.. Aamiiin
Referensi:
(قُطِعَتْ لَهُمْ ثِيَابٌ مِنْ نَارٍ)
أي قدرت على قدر جثثهم إلى أن قال.. ( يصب من فوق رؤسهم الحميم) لما ذكر أن الثياب تغطي الجسد غير الرأس ذكر ما يصيب الرأس و لما ذكر ما يصيب ظاهر الجسد ذكر ما يصيب باطنه وهو الحميم الذي يذيب ما في البطون من الأخشاء لما في الحديث إن الحميم ليصب من فوق رؤوسهم فينفد من جمجمة أحدهم حتى يخلص إلى جوفه فيسلب ما في جوفه حتى يمرق من قدميه وهو الصهر ثما يعود كما كان الخ...(الصاوي ص:١١٨ ج:٣ دار الفكر)

Sunday, January 23, 2022

MAKAM DISIRAM AIR KEMBANG

Makam Disiram Air Kembang

Oleh : KH. Ma'ruf Khozin


Di sini ada 2 yang dilakukan, pertama menyiram air dan kedua kembang mawar.

1. Menyiram Air

ﻭﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ، «ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺭﺵ ﻋﻠﻰ ﻗﺒﺮ اﺑﻨﻪ ﺇﺑﺮاﻫﻴﻢ». ﺭﻭاﻩ اﻟﻄﺒﺮاﻧﻲ ﻓﻲ اﻷﻭﺳﻂ، ﻭﺭﺟﺎﻟﻪ ﺭﺟﺎﻝ اﻟﺼﺤﻴﺢ ﺧﻼ ﺷﻴﺦ اﻟﻄﺒﺮاﻧﻲ.

Dari Aisyah bahwa Nabi shalallahu alaihi wa sallam menyiram kubur putranya, Ibrahim (HR Thabrani para perawinya sahih kecuali guru Thabrani).


2. Meletakkan Bunga

Pertanyaan ini sudah diajukan kepada Mufti Al-Azhar:

ﻧﺮﻯ ﻛﺜﻴﺮا ﻣﻦ ﺯﻭاﺭ اﻟﻘﺒﻮﺭ ﻳﻀﻌﻮﻥ ﻋﻠﻴﻬﺎ اﻟﺰﻫﻮﺭ ﻭاﻟﺠﺮﻳﺪ، ﻓﻬﻞ ﻫﺬا ﻣﺸﺮﻭﻉ؟

Kami melihat banyak peziarah meletakan bunga dan daun, apakah ini disyariatkan? Mufti Al-Azhar menjawab dengan dalil hadis tentang Nabi shalallahu alaihi wa sallam yang meletakkan 2 tangkai kurma di atas 2 kuburan yang sedang disiksa. Du Hadis tersebut Nabi bersabda:

لعله أن يخفف عنهما ما لم تيبسا

"Semoga keduanya diringankan siksanya selama kedua tangkai kurma belum kering" (HR Bukhari dan Muslim).

Selanjutnya Syekh Athiyyah Shaqr berkata:

ﺇﻥ اﻟﻐﺼﻦ ﻳﺴﺒﺢ ﻣﺎ ﺩاﻡ ﺭﻃﺒﺎ ﻓﻴﺤﺼﻞ اﻟﺘﺨﻔﻴﻒ ﺑﺒﺮﻛﺔ اﻟﺘﺴﺒﻴﺢ، ﻭﻋﻠﻰ ﻫﺬا ﻓﻬﻮ ﻣﻄﺮﺩ ﻓﻰ ﻛﻞ ﻣﺎ ﻓﻴﻪ ﺭﻃﻮﺑﺔ ﻣﻦ اﻷﺷﺠﺎﺭ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ

Pohon akan bertasbih selama basah, maka dapat meringankan karena keberkahan Tasbih tersebut. Ini berlaku untuk semua benda yang basah, baik pohon atau lainnya" (Fatawa Al-Azhar, 8/279).

Lalu bagaimana jika air dicampur dengan mawar? Ternyata dalam Madzhab Syafi'i dihukumi makruh, kecuali jika tidak terlalu banyak maka boleh, seperti penjelasan Syekh Sulaiman Al-Jamal dari Mesir:

يُكْرَهُ رَشُّ الْقَبْرِ بِمَاءِ الْوَرْدِ وَلَا يَحْرُمُ ؛ لِأَنَّهُ لِغَرَضٍ شَرْعِيٍّ وَلَمْ يُفَرِّقُوا بَيْنَ التَّعَيُّنِ وَعَدَمِهِ وَأُجِيبَ عَنْ عَدَمِ التَّحْرِيمِ وَإِنْ كَانَ فِيهِ إضَاعَةُ مَالٍ بِأَنَّهُ خَلْفَنَا شَيْءٌ آخَرُ وَهُوَ إكْرَامُ الْمَيِّتِ وَحُصُولُ الرَّائِحَةِ الطَّيِّبَةِ لِلْحَاضِرِينَ وَحُضُورُ الْمَلَائِكَةِ بِسَبَبِ ذَلِكَ وَمِنْ ثَمَّ قِيلَ لَا يُكْرَهُ الْقَلِيلُ مِنْهُ ا هـ . ع ش

“Makruh menyiram kubur dengan air mawar dan tidak haram, sebab ada tujuan yang sesuai syariat. Para ulama tidak membedakan antara menentukan air bunga mawar atau lainnya. Mengapa tidak haram meski ada bentuk penghamburan harta? Dijawab bahwa setelah kita tinggalkan kuburan, ada sesuatu yang lain, yaitu memuliakan mayit dan supaya harum bagi orang yang hadir di makam, juga untuk kehadiran malaikat. Oleh karenanya dikatakan bahwa tidak makruh jika sedikit” (Hasyiah al-Jamal 9/314).

Dari uraian ulama Mesir ini setidaknya memberikan informasi baru pada kita bahwa kebiasaan menyiramkan bunga mawar sudah ada di negara selain Indonesia. Jadi tidak benar jika ada anggapan bahwa kembang mawar adalah kebiasaan agama sebelum Islam di Indonesia.

Mau baca buku "Risalah Ziarah Kubur" juga? Klik Link ini http://bit.ly/3qsLGDM untuk Pemesanan!

#alanu #alanumedia

HAMBA YANG CERDAS KARENA TAKUT FITNAH

 

Al-Imāmun-Nawawī -rahimahullāh- menyebutkan sebuah sya'ir :

إِنَّ لِلّٰهِ عِبَـــــادًا فُطَنَـــا *** طَلَّقُوْا الدُّنْيَا وَخَافُوْا الْفِتَنَا
نَظَرُوْا فيهَـا فَلَمَّا عَلِمُوْا *** أَنَّهَـــا لَيْسَتْ لِحَيٍّ وَطَنَــــا
جَعَلُوْهَـا لُجَّةً وَاتَّخَذُوْا *** صَـالِحَ الْأَعْمَـال فيها سفنـا
“Sesungguhnya Allāh memiliki hamba-hamba yang cerdas, mereka menceraikan dunia karena takut akan fitnahnya..
Mereka memperhatikan dunia, dan ketika mereka telah mengetahui (hakekatnya), bahwa dunia ini bukanlah tempat tinggal yang sebenarnya bagi orang yang hidup..
Maka merekapun menjadikan dunia sebagai lautan yang luas nan dalam, serta menjadikan amalan-amalan shalih sebagai bahteranya."
(Muqaddimah Riyādhish-Shālihīn lin-Nawawī).



Saturday, January 22, 2022

HARI HARI YANG PALING BAIK UNTUK BERAKTIVITAS BERDASARKAN REFERENSI


🌺  ,,,, Hari - hari yang paling baik untuk beraktivitas 🌺  ,,,,

Beberapa ilmuwan berkata: Tuhan menciptakan langit dan bumi pada hari Minggu. Maka barangsiapa ingin membangun dan menanam bunga di dalamnya, dan menciptakan matahari dan bulan pada hari Senin, lalu menggambarkannya berjalan. Maka barangsiapa yang menginginkan perjalanan, hendaklah ia melakukan perjalanan di dalamnya, menciptakan binatang dan kesakralan pada hari Selasa, dan lampu menyembelihnya dan menumpahkan darah mereka, maka barangsiapa yang menginginkan ukuran keberanian, maka hendaklah ia pergi. Berkumpullah di dalamnya dan buatlah lautan dan sungai-sungai pada hari Rabu, dan aku menggonggong untuk meminum ibunya, maka barangsiapa yang ingin meminum obat itu, hendaklah ia meminumnya, dan buatlah surga dan api pada hari Kamis, dan buatlah orang-orang yang membutuhkan masuk surga dan melarikan diri dari bagian siksa neraka, maka barangsiapa menginginkan keperluan terhadap seseorang, hendaklah ia bertanya tentang hal itu, dan Adam dan Hawa pada hari Jumat, beserta suaminya di dalamnya, maka barangsiapa yang menginginkan kontrak perkawinan di dalamnya, maka Nikahkanlah ia di dalamnya.


      Pemaparan-nya, ada sebagian ulama berkata:

🍇 Sesungguhnya Allah SWT menciptakan bumi dan langit pada hari minggu maka siapa saja yang ingin mendirikan bangunan ataupun bercocok tanam hendaknya melakukan pada hari minggu.

🍇 Allah SWT menciptakan matahari dan bulan pada hari senin dan sifat keduanya bergerak maka siapa saja yang ingin melakukan perjalanan (musafir) hendaknya pada hari tersebut.

🍇 Allah SWT menciptakan hewan dan binatang-binatang pada hari selasa dan dibolehkan menyembelihnya maka siapa saja yang ingin membekam hendaknya melakukan pada hari tersebut.

🍇 Allah SWT menciptakan lautan dan sungai pada hari rabu dan membolehkan meminum airnya maka siapa saja yang ingin minum obat hendaknya minum pada hari tersebut.

🍇 Allah SWT menciptakan surga dan neraka pada hari kamis dan semua manusia ingin masuk surga beserta jauh daripada azab neraka maka siapa ingin meminta sesuatu maka hendaknya ia meminta pada hari tersebut.

🍇 Allah SWT menciptakan nabi Adam AS dan Siti Hawa pada hari jum'at dan dinikahkan keduanya pada hari jum'at maka siapa saja yang ingin akad nikah hendaklah melakukannya pada hari tersebut. Wallaahu A’lam

Referensi dari kitab,

Sunni Councils 2019 - 2019 {Dua Haramine}

💖 Mohon dikoreksi dan diperbaiki apabila terdapat kekeliruan dan kesalahan 💖


 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes