BREAKING NEWS

Watsapp

Friday, April 21, 2023

SIFATNYA TAKBIR YANG MUSTAHABAH

 


Majmu’ ala Syarh al-Muhadzab:


(فرع) صفة التكبير المستحبة الله أكبر الله أكبر الله أكبر هذا هو المشهور من نصوص الشافعي في الأم والمختصر وغيرهما وبه قطع الأصحاب وحكى صاحب التتمة وغيره قولا قديما للشافعي أنه يكبر مرتين ويقول الله أكبر الله أكبر والصواب الأول ثلاثا نسقا قال الشافعي في المختصر وما زاد من ذكر الله فحسن وقال في الأم أحب أن تكون زيادته الله كبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة وأصيلا لا إله إلا الله ولا نعبد إلا إياه مخلصين له الدين ولو كره الكافرون لا إله إلا الله وحده صدق وعده ونصر عبده وهزم الأحزاب وحده لا إله إلا الله والله أكبر واحتجوا له بأن النبي صلى الله عليه وسلم " قاله على الصفا " وهذا الحديث رواه مسلم في صحيحه من رواية جابر بن عبد الله رضي الله عنهما أخصر من هذا اللفظ 

HUKUM MEMUKUL BEDUK

 


Hukum memukul beduk saat hari raya idul fitri.. Hadhratusyekh KH. Hasyim Asy’ari.menyatakan sbg...


فِي حُكْمِ ضَرْبِ الطَّبْلِ الْكَبِيْرِ الَّذِي اسْتَعْمَلَهُ مُسْلِمُوْ اَرْضِ جَاوَاهْ فِي مَسَاجِدِهِمْ لِلاِعْلَامِ بِدُخُوْلِ الْوَقْتِ وَالدَّعْوَةِ اِلَى الْجَمَاعَةِ وَهِيَ خَشَبَةٌ كَبِيْرَةٌ طَوِيْلَةٌ جِدًّا يُنْحَتُ جَوْفُهَا نَحْتًا وَاسِعًا وَيُجْعَلُ عَلَى وَجْهَيْهَا جِلْدُ نَحْوِ جَامُوْسٍ وَيُسَمَّرُ عَلَيْهَا بِمَسَامِرَ كَبِيْرَةٍ مِنْ خَشَبٍ تُضْرَبُ بِخَشَبَةٍ صَغِيْرَةٍ فَيَخْرُجُ مِنْهَا صَوْتٌ دَوِيٌّ …. قُلْتُ ضَرْبُ الطَّبْلِ الْمَذْكُوْرِ لِلْغَرَضِ الْمَذْكُوْرِ مُبَاحٌ نَطَقَتْ بِذَلِكَ النُّقُوْلُ الْمَذْكُوْرَةُ بَلْ هُوَ دَاخِلٌ فِي اْلبِدْعَةِ الْمَحْمُوْدَةِ (الرسالة المسماة بالجاسوس في بيان حكم الناقوس 13- 14 للشيخ هاشم اشعري مؤسس جمعية نهضة العلماء)


Risalah al-Jasus fi Bayani Hukmi an-Naqus

ADA 2 JENIS TAKBIR (MURSAL DAN MUQOYAD)

 

: والتكبير على قسمين: مرسل، وهو ما لا يكون عقِبَ صلاة؛ ومقيد، وهو ما يكون عقبها.


[محمد بن قاسم الغزي، فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب = القول المختار في شرح غاية الاختصار، صفحة ١٠٢]


Takbir mursal adalah takbir yang tidak mengiringi sholat/setelah sholat, bebas, mau dimanapun kapan pun.

Takbir muqoyyad adalah takbir yang mengiringi sholat/setelah sholat.

Rincian lebih jelasnya 

 Takbir Mursal adalah takbir yang waktunya tidak mengacu pada waktu shalat, atau tidak harus dibaca oleh seseorang setiap usai menjalankan ibadah shalat, baik fardu maupun sunnah. Namun takbir Mursal ini sunnah dilakukan setiap waktu, di mana pun dan dalam keadaan apa pun. Baik lelaki maupun perempuan sama-sama dianjurkan melantunkan takbir, baik saat di rumah, bepergian, di jalan, masjid, pasar, dan seterusnya.

Walau sunnah dilakukan setiap waktu, takbir mursal lebih baik dikumandangkan mulai dari terbenamnya matahari malam 'id hingga imam melakukan takbiratul ihram shalat 'id, meliputi 'idul fitri maupun 'idul adha. 


Takbir Mukayyad

Takbir Muqayyad merupakan takbir yang pelaksanaannya memiliki waktu khusus, yaitu mengiringi shalat, dibaca setelah melaksanakan shalat, baik fardhu maupun sunnah. Takbir Mukayyad dikumandangkan setiap ba’da shalat di bulan Dzulhijjah pada tanggal 9-13, 9-10 disebut hari arafah dan hari raya idul adha, 11-13 disebut dengan hari tasyrik.

Semoga bermanfaat 

Wednesday, April 19, 2023

HUKUM PUASA QADHA BESERTA DENGAN PUASA SUNAT SYAWAL

 



HUKUM PUASA QADHA BESERTA DENGAN PUASA SUNAT SYAWAL

Dalam hal ini, para ulama telah khilaf kepada beberapa pendapat:.

*PERTAMA: SAH*

Hukumnya sah dan terjadi kepada kedua-duanya, iaitu qada’ dan sunat. Inilah pendapat:

Imam Ibn Hajar al-Haitami

Syeikh Muhammad Ramli. Lihat al-Nihayah (1/162) dan juga Fatawa al-Ramli (2/339)

Imam al-Barizi. Lihat al-Ashfah wa al-Nazhair (1/161)

Syeikhul Islam Syeikh Zakaria al-Ansari dalam Haasyiah al-Syarqawi ala al-Tahrir (1/427)

Inilah juga pendapat kebanyakan ulama mutakhirin

 

*PENDAPAT KEDUA: TIDAK SAH*

Tidak sah tetapi terhasil yang fardhu sahaja iaitu puasa qada’ tidak kepada puasa sunat Syawal. Inilah pendapat:

Imam al-Asnawi

Syeikh Ibn al-Solah

Abu Makhramah

Lihat Bughiah al-Mustarsyidin (3/95-96)

Hujah mereka tidak boleh tasyrik atau sekutukan dua jenis ibadah dalam satu ibadah.


*TARJIH*

Setelah meneliti dua hujah, kami lebih cenderung kepada pendapat yang membolehkannya. Ini kerana ia merupakan jenis ibadah yang sama tetapi dengan dua niat. Ini juga pendapat sebahagian ulama berdasarkan pengamatan kepada beberapa nas. Walaupun begitu, yang terbaiknya adalah memisahkan antara qada’ puasa dengan puasa enam Syawal untuk keluar daripada khilaf.

Imam Ibn Hajar menggunakan bahasa dengan katanya terhasil asal pahala tetapi bukan dalam bentuk sempurnanya jika ia berniat untuk kedua-duanya (niat qada Ramadan dan sunat Syawal). Lihat al-Tuhfah (3/390). 

Semoga dengan penjelasan ini, akan memberi kefahaman kepada kita berkenaan dengan isu puasa qada’ dan puasa enam Syawal. Sekian.


WALLAHU A'LAM




SIAPAKAH YANG MENIATI ZAKAT ANAK ANGKAT

BUBOS SPENTWOGAR 

Siapakah yang meniati zakatnya anak angkat?

Jawabannya sebagai berikut:

. Yang menafkahi misal bapak angkat nya

[ تجب الزكاة على الشخص عن نفسه، *وعمن تلزمه نفقته من المسلمين* (1) ، إذ المعروف في قواعد الفقه أن: كل من تلزمه نفقته من المسلمين تلزمه فطرته. ويستثنى من هذه القاعدة الابن، فلا يلزم بفطرة زوجة أبيه حال إعسار الأب، وإن وجبت نفقتها عليه لإعسار الأب، لأن النفقة واجبة على الأب مع إعساره فيتحملها عنه ابنه، بخلاف الفطرة، فليست واجبة عليه مع إعساره فلا يتحملها عنه ابنه.


REFERENSI 

[درية العيطة، فقه العبادات على المذهب الشافعي، ١٣٨/٢]

TATA CARA SHOLAT GERHANA MATAHARI

 


TATA CARA SHOLAT GERHANA MATAHARI


1. Membaca niat

Niat tempatnya dihati

Sedangkan melafadzkannya hukumnya Sunah

اُصَلِّي سُنَّةً لِكُسُوْفِ الشَّمْس رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلة اَدَاءً مَأْمُومًا لِلّٰهِ تَعَالَی

“Ushalli sunnatan likusufisy syamsi rak’ataini Mustaqbilal qiblati adaam ma'mumal lillahi ta’ala”


Artinya: Saya berniat sholat sunnah gerhana matahari dua rakaat dengan menghadap qiblat ada' makmum karena Allah Ta’ala.


2. Takbiratul ihram dgn membaca اَللّٰهُ اَكْبَرْ 


3. Membaca doa iftitah 


كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. اِنِّيْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذالِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ


4. Membaca taawwud lalu membaca surat Al Fatihah wajib diawali basmalah, dan surat-surat pendek, sunahnya membaca surat Al-Baqarah

dengan membaca tdk keras/lirih


5. Melakukan rukuk sambil membaca 

سبحان ربي العظيم وبحمده x٣ 


6. I’tidal sambil mengucapkan 


سَمِيْعَ اللّٰه لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ


7. Sebelum sujud setelah I’tidal berdiri lagi, bacalah tawwud lalu basmalah lalu surat Al Fatihah dan surat lain. Posisi berdiri yg kedua ini lebih singkat karena surat pendek yang disunahkan adalah surat Ali Imran.


8. Rukuk kembali dengan membaca

سُبحان ربيَ العظيم وبحمدِه x٣ 


9. Bangkit dari rukuk dan I’tidal yang kedua sambil membaca 

سَمِيْعَ اللّٰه لِمَنْ حَمِدَهُ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ

10. Sujud, panjangnya sama dengan rukuk pertama.

Sambil membaca

سُبحان ربيَ الاعلی وبحمدِه x٣ 

11. Duduk di antara dua sujud sambil membaca

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَاجْبُرْنِي وَارْفَعْنِي وَارْزُقْنِي وَاهْدِنِي وَعَافَنِي وَاعْفُ عَنِّي

12. Sujud kedua sambil membaca


سُبحان ربيَ الاعلی وبحمدِه 


13. Bangkit dari sujud lalu mengerjakan rakaat kedua seperti rakaat pertama. Bedanya, bacaan dan gerakannya lebih singkat. Pada rakaat kedua sholat gerhana matahari dianjurkan membaca surat An-Nisa dan surat Al-Maidah atau membaca surat pendek dengan membaca tdk keras/lirih


14. Membaca Tasyahud 

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ . أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله. اللَّهُمَّ صَلِّ علی سيدنا محمد وعلی ال سيدنا محمد كما صليت علی سيدنا إِبْرَاهِيْمَ وعلی ال سيدنا ابرهيم وَبَارِكْ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سيدنا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سيدنا إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.


أَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَايَ وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ يَا مُقَلِّبَ القلُوْبِ ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَی دِيْنِكَ

15. Salam.

Menoleh kekanan

السلام عليكم ورحمة الله 

Menoleh kekiri

السلام عليكم ورحمة الله 


16. Sunah Mendengarkan khutbah

SIAPA YG BERHAK MENENTUKAN AWAL HARI RAYA (termasuk PUASA) ???

 


*SIAPA YG BERHAK MENENTUKAN AWAL HARI RAYA (termasuk PUASA) ???*


Sahl bin Abdullah Al Tustariy yg di tulis dalam kitab Tafsir Al Qurthubiy Juz 5  Hal 249 :


أطيعوا السلطان في سبعة ضرب الدراهم والدنانير والمكايل والأوزان والأحكام والحج والجمعة والعدين والجهاد


Taatilah Pemimpin/Pemerintah pada Tujuh perkara : Pencetakan uang (dirham/dinar), Takaran, Timbangan, Hukum, Haji, Jum'at, hari Raya dan Jihad.


Itsbat adalah hak-nya Pemerintah, bukan golongan manapun juga (baik NU, Muhammadiyyah, Persis, Al Irsyad atau yang golongan lain), karenanya keputusan pemerintah yang berhak untuk diikuti.


Selama pemerintah memutuskan masih menggunakan cara-cara yang sesuai dengan islam (baik dengan hisab atau rukyah) maka Wajib Mengikuti Pemerintah. Di dalam kitab Al Fiqhul Islamiy wa Adillatuhu disebutkan :


إذا رجح الحاكم رأيا ضعيفا صار هو الحكم الأقوى


Ketika hakim (pemerintah) mengunggulkan sebuah qaul dhoif maka qaul tsb justru malah naik status menjadi pendapat yg aqwa (paling kuat).


حكم الحاكم يرفع الحلاف


Keputusan pemerintah itu menghapus semua perbedaan pendapat.


Wallahu a'lam....

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes