BREAKING NEWS

Watsapp

Monday, June 19, 2023

OBJEK NIKAH, APA ITU

Sunday, June 18, 2023

HUKUM MUFAROQOH


HUKUM MUFAROQOH 


Walikum salam..boleh mufarakoh tanpa uzur ,namun hukumnya makruh...oleh karna itu lepaslah fadilah berjamaah darinya..adapun mufarakoh tanpa uzur ,semisal karna ada yg memperbolehkan meninggalkan berjamaah..karna sakit,atao takut pada orang yg zalim yg akan menyakiti dirinya atao harta nya..dan sbg..atao imamnya meninggalkan sunat ..semisal meninggalkan tahyat awal atao qunut ,surat ..atao imam memanjangkan sholatnya sedangkan makmum orang yg lemah,(tidak kuat berlama lama )atao sibuk kerja ...maka tidak hilang fadilah berjamahnya...wallahualam....awam juga...🙏🏻
 

HUKUM AIR KURANG DUA KULLAH DAN AIR KOLAM IKAN HIAS

 MWC.NUGAR.ANZAAY



#RUMUSAN

Pertanyaan :

1.  Bagaimana hukum air kurang 2 kullah kejatuhan tahi burung ? 

2.  Bagaimana hukum air kurang 2 kullah ada tahi ikan didalamnya, apakah tetap suci atau tidak ?


Jawaban :

1.  Air yang kurang dari dua qollah terkena sesuatu yang najis, baik berubah ataupun tidak tetap dihukumi mutanajis & tidak boleh dipakai bersuci.

2.  Para ulama madzhab Syafi'i berbeda pendapat dalam menghukumi kotoran ikan, ada yang mengatakan najis dan ada yang mengatkan suci.

Apabila mengikuti pendapat yang mengatakan kotoran ikan dihukumi najis, maka hukumnya diperinci sebagai berikut :

a.  Apabila penempatan ikan kedalam kolam atau aquarium tersebut karena ada hajat, seperti agar ikan tersebut memakan kototan-kotoran yang ada didalam kolam atau aquarium tersebut maka hukum kotorannya dima'fu (diampuni) , sehingga air yang berada dalamnya tetap dihukumi suci selama tidak sampai berubah salah satu sifatnya (bau, rasa dan warna) karena kotoran ikan tadi.

b.  Apabila penempatannya bukan karena ada hajat, hanya sekedar untuk hiasan. maka hukum kotorannya tidak dima'fu, sehingga air yang ada didalamnya dihukumi najis (mutanajjis) apabila airnya hanya sedkit (kurang dari 2 kulah). Sedangkan apabila airnya banyak (2 kulah atau lebih) maka airnya dihukumi najis apabila sampai berubah salah satu sifatnya (warna, bau dan rasa) karena kemasukan kotoran ikan tersebut, dan tidak dihukumi najis apabila sifat-sifatnya air tidak sampai berubah.

Sedangkan apabila kita mengikuti pendapat ulama' yang menghukumi suci kotoran ikan, tentu saja kotoran tersebut tidak dipermasalahkan, meskipun sifat airnya sampai berubah.


Catatan :

►  Ukuran 2 kullah adalah ± 192, 857 kg atau ± 217 liter sama dengan ± 10 Jerigen. Sedangkan ukuran dalam & lebar jeding adalah 60 cm persegi empat.


Referensi :

منهاج القويم - (ج ١ / ص ١٦)

ﻓﺼﻞ: ﻓﻲ اﻟﻤﺎء اﻟﻨﺠﺲ ﻭﻧﺤﻮﻩ، ﻳﻨﺠﺲ اﻟﻤﺎء اﻟﻘﻠﻴﻞ ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻣﻦ اﻟﻤﺎﺋﻌﺎﺕ ﺑﻤﻼﻗﺎﺓ اﻟﻨﺠﺎﺳﺔ.

(ﻳﻨﺠﺲ اﻟﻤﺎء اﻟﻘﻠﻴﻞ) ﻭﻫﻮ ﻣﺎ ﻳﻨﻘﺺ ﻋﻦ اﻟﻘﻠﺘﻴﻦ ﺑﺄﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﺭﻃﻠﻴﻦ (ﻭﻏﻴﺮﻩ ﻣﻦ اﻟﻤﺎﺋﻌﺎﺕ) ﻭﺇﻥ ﻛﺜﺮ ﻭﺑﻠﻎ ﻗﻼﻻ ﻛﺜﻴﺮﺓ (ﺑﻤﻼﻗﺎﺓ اﻟﻨﺠﺎﺳﺔ) ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺘﻐﻴﺮ ﻟﻤﻔﻬﻮﻡ ﻣﺎ ﺻﺢ ﻣﻦ ﻗﻮﻟﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: "ﺇﺫا ﺑﻠﻎ اﻟﻤﺎء ﻗﻠﺘﻴﻦ ﻟﻢ ﻳﺤﻤﻞ ﺧﺒﺜﺎ" ﺇﺫ ﻣﻔﻬﻮﻣﻪ ﺃﻥ ﻣﺎ ﺩﻭﻧﻬﻤﺎ ﻳﺤﻤﻞ اﻟﺨﺒﺚ: ﺃﻱ ﻳﺘﺄﺛﺮ ﺑﻪ ﻭﻻ ﻳﺪﻓﻌﻪ.


الوسيط - (ج 1 / ص 154)

الثاني روث السمك والجراد وما ليس له نفس سائلة ففيه وجهان أحدهما نجس طردا للقياس والثاني أنه طاهر لأنه إذا حكم بطهارة ميتتهما فكأنهما فى معنى النبات وهذه رطوبات فى باطنها


البيان - (ج 4 / ص 525)

وأما صاحب " الإبانة ": فقال: في روث السمك وجهان، كدمه، أصحهما: أنه ليس بنجس. فعلى هذا: يحل أكله قبل أن يخرج


المجموع - (ج 2 / ص 550)

قال المصنف رحمه الله : وأما سرجين البهائم وذرق الطيور فهو كالغائط في النجاسة لما روى ابن مسعود رضي الله عنه قال (أتيت النبي صلى الله عليه وسلم بحجرين وروثة فأخذ الحجرين وألقى الروثة وقال إنها ركس) فعلل نجاسته بأنه ركس والركس الرجيع وهذا رجيع فكان نجسا ولأنها خارج من الدبر أحالته الطبيعة فكان نجسا كالغائطالشرح : حديث ابن مسعود رواه البخاري بلفظه وقد سبق أن مذهبنا أن جميع الارواث والدرق والبول نجسة من كل الحيوان سواء المأكول وغيره والطير وكذا روث السمك والجراد وما ليس له نفس سائلة كالذباب فروثها وبولها نجسان على المذهب وبه قطع العراقيون وجماعات من الخراسانيين وحكى الخراسانيون وجها ضعيفا في طهارة روث السمك والجراد وما لا نفس له سائل


بغية المسترشدين - (ص 32)

فائدة : نقل عن البريهمي أنه قال فى الأصح أن ذرق السمك والجراد وما يخرج من فيها نجس وفى الإبانة أنه طاهر


حاشية الرشيدي على فتح الجواد - (ص 44)

قوله فقال هو طاهر : معتمد, وقوله تنجس ضعيف


أسنى المطالب - (ج 1 / ص 13)

ويعفى عن روث سمك) فلا ينجس الماء لتعذر الاحتراز عنه (ما لم يغيره) فإن غيره نجسه


حاشية البجيرمي على الخطيب - (ج 1 / ص 94)

ويعفى أيضا عن روث سمك لم يغير الماء

قوله: (عن روث سمك) أي صغير إذا سقط بنفسه أو وضعه فيه لا عبثا


حاشية الشرواني على تحفة المحتاج - (ج 1 / ص 98)

(قوله وروث إلخ) عبارة النهاية وعن روث نحو سمك لم يضعه في الماء عبثا وألحق الأذرعي به ما نشؤه من الماء الزركشي ما لو نزل طائر، وإن لم يكن من طيور الماء وذرق فيه أو شرب منه وعلى فمه نجاسة ولم تتخلل عنه اهـ قال ع ش (قوله عبثا) ومن العبث ما لو وضع فيه لمجرد التفرج عليه فيما يظهر، وليس منه ما يقع كثيرا من وضع السمك في الآبار ونحوها لا كل ما يحصل فيها من العلق ونحوه حفظا لمائها عن الاستقذار، وقوله م ر لم تتحلل عنه مفهومه أنها إذا تحللت ضر، وقياس ما تقدم فيما تلقيه الفئران وفيما لو وقعت بعرة في اللبن العفو للمشقة اهـ


كاشفة السجا لنووي الجاوي - (ص ٣٨-٣٩)

(فصل): في الماء الذي لا يدفع النجاسة والذي يدفعها قال: (الماء) في قانون الشرع قسمان (قليل وكثير، القليل ما دون القلتين) بأن نقص منهما أكثر من رطلين (والكثير قلتان فأكثر) من محض الماء يقيناً ولو مستعملاً وقدرهما بالوزن خمسمائة رطل بالبغدادي التي هي أربعة وستون ألف درهم ومائتان وخمسة وثمانون درهماً وخمسة أسباع درهم إذ كل رطل بغدادي مائة وثمانية وعشرون درهماً وأربعة أسباع درهم، وبالمكي أربعمائة رطلٍ واثنا عشر رطلاً وثلاثة عشر درهماً وخمسة أسباع درهم، على أن الرطل مائة وستة وخمسون درهماً، أفاد ذلك العلامة محمد صالح الرئيس، وبالطائفي ثلاثمائة وسبعة وعشرون رطلاً وثلثا رطل إذ كل رطل طائفي مائة وستة وتسعون درهماً نبه على ذلك عبد الله المرغني في مفتاح فلاح المبتدي، وبالمصري أربعمائة رطل وستة وأربعون رطلاً وثلاثة أسباع رطل، وبالدمشقي مائة وسبعة أرطال وسبع رطل وقدرهما بالمساحة في المربع ذراع وربع طولاً وعرضاً وعمقاً بذراع الآدمي وهو شبران تقريباً، وفي المدور ذراعان عمقاً بذراع الحديد وذراع عرضاً بذراع الآدمي فكان ذلك بذراع اليد ذراعاً عرضاً وذراعين ونصفاً عمقاً لأن ذراع الحديد بذراع الآدمي ذراع وربع وفي المثلث وهو ماله ثلاثة أبعاد متساوية ذراع ونصف طولاً وعرضاً وذراعان عمقاً بذراع الآدمي، فالعرض هو ما كان بين الركنين والطول هو الركنان الآخران. (القليل) حكمه (يتنجس بوقوع النجاسة) المنجسة يقيناً (فيه وإن لم يتغير) لمفهوم قوله صلى الله عليه وسلّم: "إذا بلغ الماء قلتين لم يحمل خبثاً" وفي رواية نجساً إذ مفهومه أن ما دونها يحمل الخبث، وخرج بالنجاسة المنجسة النجس المعفو عنه كميتة لا دم لها سائل، ونجس لا يدركه طرف معتدل حيث لم يحصل بفعله ولو من مغلظ، كما إذا عف الذباب على نجس رطب ثم وقع في ماء قليل أو مائع فإنه لا ينجس مع أنه علق في رجله نجاسة لا يدركها الطرف وما على منفذ حيوان طاهر غير آدمي وروث سمك لم يغير الماء ولم يضعه فيه عبثاً وما يماسه العسل من الكوارة التي تجعل من روث نحو البقر وجرة البعير وألحق به فم ما يجتر من ولد البقر والضأن إذا التقم أخلاف أمه، وفم صبي تنجس ثم غاب واحتمل طهارته كفم الهرة فإنه لا ينجس الماء القليل.


التقريرات السديدة - (ص ٦٢)

والقلتان لغة الجرتان العظيمتان، وشرعا ماوزنه (٥٠٠) رطل بغدادي أو (٥٦٥) رطلا تريميا، وبالمقاييس الحديثية (٢١٧) لترا تقريبا، وهو مايساوي عشر تنكات كماقال بعضهم:

والقلتان عشرة من التنك ۞ كذا أتى تحريره بغير شك 


الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي - (ج ١ / ص ٣٤)

اﻷﻭﻝ ﻗﻠﻴﻞ: ﻭﻫﻮ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﺩﻭﻥ اﻟﻘﻠﺘﻴﻦ. ﻭﻫﺬا اﻟﻤﺎء ﻳﻨﺠﺲ ﺑﻤﺠﺮﺩ ﻭﻗﻮﻉ اﻟﻨﺠﺎﺳﺔ، ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻧﺖ ﻗﻠﻴﻠﺔ ﻭﻟﻢ ﻳﺘﻐﻴﺮ ﻓﻴﻪ ﺷﻲء ﻣﻦ ﺃﻭﺻﺎﻓﻪ ﻛﺎﻟﻠﻮﻥ ﻭاﻟﺮﻳﺢ ﻭاﻟﻄﻌﻢ. ﻭاﻟﻘﻠﺘﺎﻥ: ﺧﻤﺴﻤﺎﺋﺔ ﺭﻃﻞ ﺑﻐﺪاﺩﻱ ﻭﺗﺴﺎﻭﻱ ﻣﺎﺋﺔ ﻭﺃﺛﻨﻴﻦ ﻭﺗﺴﻌﻴﻦ ﻛﻴﻠﻮ ﻏﺮاﻣﺎ ﻭﺛﻤﺎﻥ ﻣﺎﺋﺔ ﻭﺳﺒﻌﺔ ﻭﺧﻤﺴﻴﻦ ﻏﺮاﻣﺎ (857، 192 ﻛﻠﻎ)، ﻭﻳﺴﺎﻭﻱ ﺑﺎﻟﻤﻜﻌﺐ ﺫﺭاﻋﺎ ﻭﺭﺑﻌﺎ ﻃﻮﻻ ﻭﻋﺮﺿﺎ ﻭﻋﻤﻘﺎ.


الفقه الاسلامي وأدلته - (ج ١ / ص ٢٧٣)

ﻭاﻟﻘﻠﻴﻞ: ﻫﻮ ﻣﺎ ﻧﻘﺺ ﻋﻦ اﻟﻘﻠﺘﻴﻦ ﺑﺄﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﺭﻃﻠﻴﻦ. ﻭاﻟﻘﻠﺘﺎﻥ: ﺧﻤﺲ ﻣﺌﺔ ﺭﻃﻞ ﺑﻐﺪاﺩﻱ ﺗﻘﺮﻳﺒﺎ (500) ﻭﺑﺎﻟﻤﺼﺮﻱ (446ﻭ7/ 3) ﺭﻃﻼ ﻭﺑﺎﻟﺸﺎﻣﻲ (81) ﺭﻃﻼ، ﻭاﻟﺮﻃﻞ اﻟﺸﺎﻣﻲ: (2ﻭ2/ 1) ﻛﻎ ﻓﻴﻜﻮﻥ ﻗﺪﺭﻫﻤﺎ (112،195ﻛﻎ) ﻭﺗﺴﺎﻭﻱ (10) ﺗﻨﻜﺎﺕ (ﺻﻔﺎﻳﺢ) ﻭﻗﻴﻞ: (15) ﺗﻨﻜﺔ ﺃﻭ (270) ﻟﺘﺮا، ﻭﻗﺪﺭﻫﻤﺎ ﺑﺎﻟﻤﺴﺎﺣﺔ ﻓﻲ ﻣﻜﺎﻥ ﻣﺮﺑﻊ: ﺫﺭاﻉ ﻭﺭﺑﻊ ﻃﻮﻻ ﻭﻋﺮﺿﺎ ﻭﻋﻤﻘﺎ ﺑﺎﻟﺬﺭاﻉ اﻟﻤﺘﻮﺳﻂ. ﻭﻓﻲ اﻟﻤﻜﺎﻥ اﻟﻤﺪﻭﺭ ﻛﺎﻟﺒﺌﺮ: ﺫﺭاﻋﺎﻥ ﻋﻤﻘﺎ، ﻭﺫﺭاﻉ ﻋﺮﺿﺎ. ﻭﻗﺎﻝ اﻟﺤﻨﺎﺑﻠﺔ: ﺫﺭاﻋﺎﻥ ﻭﻧﺼﻒ ﻋﻤﻘﺎ، ﻭﺫﺭاﻉ ﻃﻮﻻ.

Semoga bermanfaat untuk kita semuanya 

HUKUM QURBAN DAN KETERKAITAN BULAN HAJI

 MWC.NUGAR.ANZAAY



Pasal (1) 

Tentang hukum hukum kurban 

فصل في احكام الاضحية بضم الهمزة في الاشهر وهي اسم لما يذبح من النعم يوم عيد النحر وايام التشريق تقربا الى الله تعالى ،

Pasal : tentang hukum hukum mkurban 

Lafad udhiyyah menurut pendapat yang lebih Mashur adalah nama bagi binatang yang di sembelih yaitu berupa binatan piaraan ,pada hari raya kurban dan hari hari tastriq , semata mata karena mendekat kan diri kepada Alloh Ta'ala.

والاضحية سنة مؤكدة على الكفاية فاذا اتى بها واحد من أهل بيت كفى عن جميعهم ولا تجب الاضحية الا بالنذر

Berkurban adalah Sunnah yang di tekankan atas dasar kifayah .maka , apabila salah seorang di antara keluarga telah berkurban ,maka cukuplah untuk seluruhnya , kurban itu tidak wajib ,kecuali sebab nadar.

Yang di maksud 

 ( من أهل بيت )

أي من حيث يكونون في نفقة واحد

apabila salah seorang di antar keluarga ( dari segi nafaqoh nya jadi satu ).

Yang di maksud 

كفى عن جميعهم 

Cukup untuk keseluruhan keluarga 

اى في سقوط الطلب فقط 

Artinya ,cukup untuk keseluruhan keluarga ( di dalam menggugur kan kesunahan saja ) dari keluarga tersebut.


📖 ngaji bab kurban ❤️

Pasal (2) 

ويجزئ فيها الجذع من الضان وهو ماله سنة وطعن في الثانية 

Kurban domba yang telah gugur sebuah giginya adalah mencukupi , yaitu domba yang berumur 1-2 tahun ,

 والثنى من المعز وهو ما له سنتان وطعن في الثالثة

Kambing yang telah gugur dua giginya yaitu kambing yang berumur 2-3 tahun.

  والثنى من الابل ماله خمس سنين وطعن في السادسة

Unta yang gugur dua giginya ,yaitu unta yang berumur 5-6 tahun.

  والثنى من البقر ماله سنتان وطعن في الثالثة

Sapi yang telah gugur giginya yaitu sapi yang berumur 2-3 tahun.

وتجزئ البدنة عن سبعة اشتركوا في التضحية بها 

Seekor unta dapat mencukupi untuk kurban 7 orang yang berserikat dalam berkurban dengan binatang unta tersebut.

وتجزئ البقرة عن سبعة كذلك

Seekor sapi juga dapat mencukupi untuk kurban 7 orang yang berserikat.

 وتجزئ الشاة عن شخص واحد

Sedang seekor kambing dapat mencukupi untuk kurban seorang saja. 

 وهى افضل من مشاركته في بعير

Hal ini adalah lebih utama daripada yang terjadi dengan perserikatan dalam hal berkurban unta.

وافضل انواع الاضحية ابل ثم بقر ثم غنم 

Adapun macam macam binatang yang lebih di buat kurban adalah unta , sapi kemudian kambing.


Bersambung 

📖 ngaji bab kurban ❤️

Pasal (3)

وأربع وفي بعض النسخ وأربعة لا تجزئ في الضحايا

 Ada empat macam binatang yang tidak mencukupi syarat untuk berkorban menurut sebagian keterangan menggunakan kata Arba'ah ,yaitu :

  أحدها العوراء البين اى الظاهر عورها وان بقيت الحدفةفي الاصح 

1. Binatang yang matanya rusak sebelah ,yang tempat kerusakan nya ,meskipun masih wujud matanya ,menurut pendapat yang lebih ashoh .

والثانى العرجاء البين عرجها ولو كان حصول العرج عند اضجاعها للتضحية بها بسبب اضطرابها 

2. Binatang yang pincang ,yang tampak kepincangannya ,meski pun dapat di ketahui ketika di baringkan karena hendak di sembelih sebab meronta tinta.

والثالث المريضة البين مرضها ولا يضر يسير هذه الامور 

3. Binatang yang sakit ,yang jelas sakitnya dan tidak berbahaya akan sedikitnya beberapa perkara ini 

والرابع العجفاء وهى التي ذهب مغها اى ذهب دماغها من الهزال الحاصل لها

4. Binatang yang kurus ,yang keringat sumsumnya , sebab kekurusannya .


Bersambung 

📖 ngaji bab kurban ❤️

Pasal (4) 

ويجزئ الخصى اى المقطوعالخصيتين والمكسور القرن ان لم يؤثر في اللحم  

Dan mencukupi untuk berkorban yaitu binatang yang di kebiri ,yakni binatang yang di potong kedua pelirnya begitu juga binatang yang pecah kedua tanduknya jika pecahnya tidak sampai membalas pada daging 

ويجزئ أيضا فاقدة القرون وهى المسماة بالجلحاء 

Mencukupi juga berkorban binatang yang tidak ada tanduknya ,yang di namakan binatang " brujol " 

ولا تجزئ للقطوعة كل الأذن ولا بعضها ولا المخلوقة بلا إذن ولا المقطوعة الذنب ولا بعضه

Tidak mencukupi berkurban binatang yang putus semua telinganya ,juga binatang yang putus sebagian telinganya dan binatang yang tanpa telinga demikian pula binatang yang putus ekornya.


Bersambung 

📖 ngaji bab kurban ❤️

Pasal (5) 

Waktu penyembelihan kurban 

ويدخل وقت الذبح للاضحية من وقت صلاة العيد اى عند النحر وعبارة الروضة واصلها يدخل وقت التضحية إذا طلعت الشمس يوم النحر ومضى قدر ركعتين وخطبتين خفيفتين أنتهى 

Waktu penyembelihan kurban mulai dari waktu hari raya kurban , sedangkan redaksi yang terdapat dalam kitab raudhoh dan aslinya ( menyebutkan ) bahwa mulai masuk waktu penyembelihan kurban adalah ketika telah terbit matahari pada hari raya kurban dan sudah berlalu sekadar mengerjakan solat dua rokaat dan dua khutbah ,selesailah keterangan kitab raudhoh.

ويستمر وقت الذبح الى غروب الشمس من اخر ايام التشريق وهى الثلاثة المتصلة بعاشر ذ.ى الحجة 

Dan waktu penyembelihan itu berlangsung terus sampai terbenamnya matahari pada hari terakhir dari hari hari tasriq ,yaitu tiga hari yang bersambung dengan tanggal sepuluh Zulhijjah.

ويستحب عند الذبح خمسة اشياء

Ada lima perkara yang di sunnahkan ketika menyembelih binatan kurban yaitu : 

 أحدها التسمية فيقول الذابح بسم الله والاكمل بسم الله الرحمن الرحيم فلو لم يسم حل المذبوح 

1. Pertama : membaca basmalah ,maka bagi orang yang menyembelih Sunnah membaca bismillah ,adapun yang lebih sempurna ,adalah bismillahir rahmaanirrokhim 

Jika tidak membaca basmalah maka binatan yang di sembelih tetap halal.

والثانى الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم ويكره ان يجمع بين اسم الله واسم رسوله 

2. Kedua : membaca sholawat atas Baginda nabi Saw dan makruhkan mengumpulkan antara nama Alloh dan Rasulnya.

والثالث استقبال القبلة بالذبيحة اى يوجه هو أيضا 

3. Ketiga : menghadap kiblat dengan sembelihannya , yakni orang yang menyembelih menghadapkan sembelihannya ke arah kiblat dan dia pun menghadap kiblat.

والرابع التكبير اى قبل التسمية او بعدها ثلاثا كما قال الماوردى 

4. Ke empat : membaca takbir , sebelum membaca basmalah atau sesudahnya 3 kali ,sebagaimana yang di katakan oleh imam Mawardi.

والخامس الدعاء بالقبول فيقول الذابح اللهم هذه منك واليك فتقبل اى هذه الاضحية نعمة منك على وتقربت بها اليك فتقبلها منى  

5. Ke lima : berdoa , agar kurbannya dapat di terima Alloh , maka orang yang menyembelih hendaknya membaca doa. : Ya Alloh ,kurban ini adalah dari Engkau dan untuk Engkau ,maka kabulkanlah ( terimalah ) kurban ini ,yakni kurban ini adalah nikmat dari Engkau untukku ,dan aku mendekat kepada Engkau dengan kurban ini ,semoga Engkau terima kurban ini dariku.


Berssmbung 

📖 ngaji bab kurban ❤️

Pasal (6) 

Ketidak Bolehnya memakan daging qurban NADZAR 

ولا ياكل المضحى شيئا من الاضحية المنذورة بل يجب عليه التصدق بجميع لحمها فلو اخر ها فتلفت لزمه ضمانها 

Orang yang berkurban tidak boleh memakan sedikit pun dari binatang kurban yang di nadzarkan , bahkan wajib baginya menyedekahkan seluruh dagingnya , seandainya orang yang kurban mengakhirkan kurbannya , maka wajib baginya menanggung kurbannya.

وياكل من الاضحية التطوع بها ثلثا على الجديد وأما الثلثان فقيل يتصدق بها ورجحه النواوى في تصيح التنبيه 

Bagi orang yang berkurban boleh memakan kurban yang setatus nya Sunnah ,yaitu 1/3 menurut pendapat imam Syafi'i yang baru , Adapun yang 2/3 ,hendaknya di sedekahkan saja dan imam Nawawi mengunggulkan pendapat itu dalam kitab tashihu tanbih.

وقيل يهدى ثلثا للمسلمين الاغنياء ويتصدق بثلث على الفقراء من لحمها ولم يرجح النواوى في الروضة واصلها شيئا من هذين الوجهين 

Dan di katakan , hendaknya orang yang berkurban memberikan yang 1/3 kepada kaum muslimin yang kaya dan menyedekahkan 1/3 daging nya kepada fakir miskin ,

Imam Nawawi tidak mengunggulkan sedikit pun dari kedua pendapat ini dalam kitab raudhoh dan aslinya 


Bersambung 

📖 ngaji bab kurban ❤️

Pasal (7) 

Haramnya menjual sesuatu dari kurbannya 

 ولا يبيع اى يحرم على المضحى بيع شيئ من الاضحية اى من لحمها اوشعرها او جلدها ويحرم أيضا جعله أجرة للجزار ولو كانت الاضحية تطوعا 

Bagi orang yang berkurban ,haram menjual sesuatu dari kurbannya yakni daging ,bulu atau kulitnya haram juga menjadikan kulit bintang kurbannya sebagai upah kepada pihak pemotong meskipun kurban itu sunah. 

ويطعم حتما من الاضحية التطوع بها الفقراء و المساكين والأفضل التصدق بجميعها الا لقمة او لقما يتبرك المضحى باكلها فانه يسن له ذلك 

Daging kurban sunah ,wajib di berikan kepada faqir miskin ,Adapun yang lebih utama adalah menyedekahkan seluruh kurbannya ,kecuali sesuap atau beberapa suap ,di mana yang berkurban mengharap berkah lantaran memakannya karena sesungguhnya yang berkurban di sunnahkan mengambil berkah tersebut .

واذا اكل البعض وتصدق بالباقى حصل له ثواب التضحية بالجميع والتصدق بالبعض 

Apakah yang berkurban memakan sebagian dan menyedekahkan yang masih ada ,maka dia sudah memperoleh pahala berkurban seluruhnya dan pahala sedekah yang sebagian itu 


Bersambung 

📖 ngaji bab kurban ❤️

Pasal (8)

Kedudukan kyai / panitia kurban dan kewenangannya.

Kedudukan kyai / panitia kurban adalah sebagai wakil dari orang yang kurban ( المضحى).

Kewengangan kyai / panitia kurban adalah : 

1. Apabila orang yang kurban ( mudhohi ) menyebutkan kewenangan yang jelas ( izin shorih ) ,maka kyai / panitia melaksanakan sesuai dengan kewenangan tersebut. 

2. Apabila penyerahan secara gelobal ,maka mengikuti kebiasaan yang berlaku ( 'uruf).

3. Kyai / panitia boleh mengambil daging sesuai kadar yang diizini orang yang kurban ( mudhohi ).

4. Apabila kyai tidak bisa menangani sendiri boleh minta bantuan orang lain.


Ma'khodz referensi : 

Mughni Al muhtaj ilaa Ma'arif Al minhaaj juz 4 hal 358 juz 2 hal : 297 298 juz 2hal 306

I'aanah ATH Tholibin juz 2 hal 331 

Al muhazdab juz 1 hal 350 

Bughyatul mustarsyidin hal 150 

Al Bajuri juz 1 hal 387 


Bersambung 

📖 ngaji bab kurban ❤️

Pasal (9)

Biaya kurban 

وليس للمضحى والمهدى ان يتلف شيئا منها بل اما ان يطعم وأما يطعم ولا يجوز بيع شيئ منها ولا ان يعطي الجزار شيا أجرة له بل مؤنة الذبح على المضحى والمهدى كمؤنة الحصاد اه العزيز ص ١٠٨ ج ٩ 

 Semua biaya yang berkaitan dengan hewan qurban ,seperti penyembelihan pembagian daging , plastik ,fokok makan minum semua yang menanggung orang yang berkorban. 


Bersambung 

📖 ngaji bab kurban ❤️

Pasal (10) 

Siapa yang berhak menerima daging kurban.

وللفقير التصرف في الماخوذ ولو بنحو بيع المسلم لملكه ما يعطاه بخلاف الغنى فليس له نحو البيع بل له التصرف في المهدى له بنحو اكل وتصدق وضيافة ولو لغنى لان غايته انه كالمضحى لنفسه قاله في التحفة والنهاية اه بغية المسترشدين ص ٢٥٨

وله اى للمضحى الاكل من اضحية تطوع واطعام الاغنياء منها لا تمليكهم ويجوز تمليك الفقراء منها ليتصرفوا فيه بالبيع وغيره اه المحلى ج ٤ ص ٢٥٤

Orang yang berhak menerima daging kurban ialah semua orang muslim baik miskin ,

/ Kaya , namun :

A. Bagi orang kaya haknya hanya untuk di makan , shodaqoh ,dan jamu tamu .

B. Bagi orang miskin punya hak penuh , sehingga sampai di bolehkan menjual daging kurban .


Bersambung.

📖 ngaji bab kurban ❤️

Pasal 11 

Macam macam nazdar kurban 

قوله ولا تجب الاضحية به الا بالنذر اى حقيقة او حكما فالاول كقوله لله على ان اضحى بهذه  والثانى كقوله جعلت هذه اضحية فالجعل بمنزلة النذر بل متى قال هذه اضحية صارت واجبة وان جهل ذلك فما يقع من العوام عند سؤالهم عما يريدون التضحية به من قولهم هذه اضحية تصير به واجبة ويحرم عليهم الاكل منها ولا يقبل قولهم اردنا التطوع بها  خلافا لبعضهم 

Nazdar kurban ada 2 :

1 haqiqi  : ialah nadzar kurban dengan menggunakan kalimah nadzar yang jelas .

2 Hukmi : ialah ucapan yang isinya ada kesanggupan untuk melaksanakan kurban , dalam hal ini ada khilaf antar ulama .


Bersambung 

📖. Ngaji bab kurban ❤️

Pasal 12

Fadilah amalan 10 hari awal bulan haji

وروى عن ابن عباس عن النبي عليه الصلاة والسلام انه قال :

Di riwayat kan dari Ibnu Abas dari Baginda nabi Saw bersabda :

 اليوم الذى غفر الله فيه لادم عليه السلام اول من ذى الحجة واليوم من صام ذلك اليوم غفر الله له كل ذنب  

Pada hari Alloh memberi ampunan kepada nabi Adam yakni  hari pertama bulan haji barang siapa berpuasa pada hari itu Alloh akan mengampuni semua doso.

واليوم الثاني  استجاب الله فيه دعاء يونس عليه السلام فاخرجه من بطن الحوت  من صام ذلك اليوم كان كمن عبد الله تعالى سنة لم يعص الله  في عبادته طرفة عين 

Pada hari kedua Alloh mengabulkan doanya nabi Yunus dan mengeluarkan nabi Yunus dari perut ikan ,barang  siapa puasa hari itu ,maka ia seperti ibadah kepada Alloh selama setahun dan dalam ibadahnya ia tidak pernah maksiat meskipun sekejam mata .

واليوم الثالث الذى استجاب الله فيه دعاء زكريا عليه السلام من صام ذلك اليوم استجاب الله دعاه

Pada hari ketiga bulan haji Alloh mengabulkan doanya nabi Zakaria barang siapa puasa pada hari itu maka doa nya di kabulkan.

واليوم الرابع اليوم الذى ولد فيه عيسى عليه السلام من صام ذلك اليوم نفى الله عنه الباس والفقر

Pada hari ke empat dari bulan haji pada hari itu nabi Isa di lahirkan ,barang siapa puasa pada hari itu  Alloh akan menghilangkan kesulitan dan kefakiran pada orang itu.

واليوم الخامس اليوم الذى ولد فيه موسى عليه السلام من صام ذلك اليوم برئ من النفاق او من عذاب القبر 

Pada hari kelima di mana nabi Musa di lahirkan ,barang siapa puasa pada hari itu ,Maka ia akan bebas dari sifat munafiq dan bebas dari siksa kubur.

 واليوم السادس اليوم الذى فتح الله تعالى لنبيه فيه الخير من صامه ينظر الله إليه بالرحمة فلا يعذب بعده ابدا واليوم 

Pada hari ke enam dari bulan haji Alloh membuka kebaikan kepada nabinya ,barang siapa puasa pada hari itu maka Alloh melihatnya dengan pandangan Rahmat maka setelah itu ia tidak di seksa selamanya 

السابع اليوم الذى يغلق فيه ابواب جهنم ولا تفتح حتى تمضى ايام العشر من صامه أغلق الله عنه ثلاثين بابا من العسر  وفتح له ثلاثين بابا من اليسر 

Pada hari ketujuh Alloh mengunci pintu neraka jahanam ,dan Alloh tidak membuka pintu tersebut sampai lewat hari kesepuluh bulan haji ,barang siapa puasa pada hari itu  Alloh akan menutup tiga puluh pintu kesulitan dan membuka tiga puluh pintu kemudahan bagi mereka yang berpuasa.

  واليوم الثامن اليوم الذى يسمى يوم التروية ،من صامه أعطى من الاجر مالايعلمه الا الله تعالى

Pada hari kedelapan yaitu hari tarwiyah ,barang siapa berpuasa pada hari itu akan di beri pahala tidak ada orang yang tau kecuali Alloh.

  واليوم التاسع اليوم الذى هو يوم عرفة من صامه كان كفارة لسنة ماضية وسنة مستقبلة

Pada hari ke sembilan yakni hari arofah ,barang siapa pusa pada hari itu maka dosa setahun yang sudah lewat dan setahun yang akan datang dosanya di ampuni.

 واليوم العاشر هو يوم الاضحى من قرب قربانا فيه فباول قطرة قطرت من دمه غفر الله له ذنوبه  وذنوب عياله ،ومن أطعم فيه مؤمنا  او تصدق فيه بصدقة بعثه الله تعالى يوم القيامة امنا ويكون ميزانه اثقل من جبل احد


Pada hari kesepuluh bulan haji yaitu hari raya kurban ,barang siapa berkurban , pertama darah yang menetes Alloh akan mengampuni dosanya ,dan dosa kelurga nya ,barang siapa memberi makan kepada orang mukmin atau bersedekah maka Alloh akan membangkitkan dari kuburnya pada  hari kiamat dalam keadaan aman ,dan timbangannya berat dari pada gunung Uhud.


Bersambung 

📖 Ngaji bab kurban ❤️

Pasal 13

Menyembelih kurban di halaman masjid atau mushola.

Penyembelihan Hewan Qurban Di Halaman Masjid.

Secara hukum syar’i status Halaman yang biasanya berada di depan masjid adalah sebagai berikut:

a). Milik Masjid; artinya tanah halaman masjid berasal dari hibah seseorang atau dari pembelian menggunakan harta milik masjid.

b). Waqaf kepada masjid; artinya tanah halaman masjid berasal dari waqaf seseorang kepada masjid.

c). Waqaf untuk kemaslahatan muslimin; artinya tanah halaman masjid berasal dari waqaf seseorang untuk kepentingan umum yang kemudian dimanfaatkan sebagai halaman masjid.

d). Waqaf majhul. Artinya tanah tersebut berasal dari wakaf akan tetapi tidak diketahui keperuntukannya, apakah untuk masjid atau untuk kemaslahatan muslimin.

e). Tidak diketahui asal usulnya; artinya tanah halaman masjid tidak diketahui statusnya, apakah berasal dari waqaf ,milik masjid atau sudah ada sebelum masjid berdiri.

Hukum penyembelihan hewan kurban di halaman masjid tergantung dari status tanah halaman masjid tersebut.

Jika status tanah halaman masjid model a dan b, maka hukumnya tidak boleh, karena penggunaan harta milik masjid harus semata-mata untuk kepentingan masjid yang bersangkutan, bukan untuk kepentingan perorangan atau umum. Akan tetapi jika sebelumnya tanah tersebut di sewa dengan harga yang pantas, maka boleh disembelih di tempat tanah tersebut selama tidak mengganggu kegiatan masjid dan tidak menggunakan fasilitas masjid, seperti jeding masjid, gayung, sapu dll.

Sedangkan pada tanah masjid model b, pemanfaatannya hanya untuk keperluan masjid sesuai dengan maksud waqif.

Adapun halaman masjid model c, dapat dipergunakan untuk kepentingan masjid atau kepentingan umum lainnya, seperti tempat menyembelih kurban dan lain-lain. Sedangkan halaman masjid model di dan e, pemanfataannya tergantung dari penggunaan kebiasaan masyarakat dalam memanfaatkannya. Jika sebelumnya sudah baiasa menyembelih kurban di tanah tersebut, maka hukumnya diperbolehkan.


Bersambung

📖. Ngaji bab kurban ❤️

Pasal (14) 

Membagi daging di luar hari tasriq dan daging kurban di berikan ke tetangga desa.

Merberikan daging kurban di luar hari tasriq.

ولنا ان الذبح احد مقصودى الاضحية فلا يسقط بفوات وقته كتفرقة اللحم وذلك انه لو ذبحها في الايام ثم خرجت قبل تفريقها فرقها بعد ذلك ويفارق الوقوف والرمى ولان الاضحية لا تسقط بفواتها بخلاف ذلك المعنى لابن القدامة ج ٩ ص ٣٦٠ 

Boleh membagi daging qurban di luar hari tasriq.

Daging kurban di berikan ke tetangga desa.

فرع محل التضحية بلد المضحى وفي نقل الاضحية وحهان قياسا على نقل الزكاة والصحيح هنا الجواز ( ثمار اليانعة ص ٨٢) 

Menurut qaul sohih boleh membagi daging kurban ke desa tetangga.


Bersambung

📖 ngaji bab kurban ❤️

Pasal (15)

Cara mengetahui daging itu di sembelih atau tidak  dan hukum daging di buat selametan .

Hukum daging kurban untuk acara selamatan.

1. Apabila kurban nadzar tidak boleh 

2. Apabila kurban Sunnah boleh dengan syarat ada sebagian daging yang di sedekahkan secara mentah  

Ma'khodz 

Al Mahalli juz 4 hla ; 254 

Hasyiyah qulyubi juz 4 hal : 254

Fath Al Mu'in haamisy i'aanah ATH Tholibin juz 2 hal : 333.


Cara untuk mengetahui daging di sembelih atau tidak.

فائدة  إذا أردت ان تعرف اللحم هل هو مذكى أم لا ؟. 

فخذ قطعة منه قدر نصف اوقية وارمها في ظرف مملوء ماء فان صعدت على وجه الماء فهى ميتة وان رسبت في أسفل فهو مذكى لا شك فيه والله اعلم 


Faidah :

Apabila engkau ingin tahu daging apakah dia itu hasil sembelihan atau tidak ? 

Ambillah sepotong daging nya  kadar satu uqiyah ( 30 gram + - ) dan letakkan di wadah yang penuh dengan air ,

Jika dia mengapung di permukaan air ,maka itu bangkai 

Dan jika mengendap ke bawah maka tidak di ragukan lagi bahwa daging itu sembelihan .



Bersambung

📖 ngaji bab kurban ❤️

Pasal (16) 

Kulit kurban untuk beduk 

قوله بل يجب التصدق بجميع لحمها  اى وجلدها وقرنها فلو قال بجميعها لكان اولى لانه يجب التصدق بجميع اجزائها فليس له ان ينتفع بجلدها او قرنها بخلاف المتطوع بها فله ان ينتفع بجلدها كان يجعله فروة وله اعارته كما له لها تها ، الباجورى ج ٢ ص ٣٠١ 

واعلم ان موضع الاضحية الانتفاع فلا يجوز بيعها ولا بيع جلدها ولا يجوز جعله أجرة للجزار وان كان تطوعا بل يتصدق به المضحى او يتخذ منه ما ينتفع به من خف او نعل اودلو او غيره ولا يؤجره والقرن كالجلد كفاية الأخيار ج٢ ص ٢٤٣


Kalau kurban nazdar tidak boleh ,kalau kurban Sunnah di perbolehkan begitu juga orang yang di beri kulit boleh menggunakan kulit  untuk jadi beduk 


Bersambung 

Saturday, June 17, 2023

TEHNIK NIAT QURBAN SUNNAH

PENGGUNAAN KATA NIKAH, BEDA TIPIS BAGAIMANAKAH

POTONG RAMBUT JELANG QURBAN BAGAIMANAKAH

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes