BREAKING NEWS

Watsapp

Sunday, July 9, 2023

MAKNA BIAYA MENIKAH

 






📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


💸 _*Makna Biaya Menikah*_

----------------------


Pengertian biaya nikah yang dijadikan sebagai pertimbangan hukum dalam menikah sebenarnya seperti apa ...❓❓

     

                        --<>--<>--<>--<>--


والأُهبة - بضم الهمزة - مؤن النكاح. وقوله ( كمهر ونفقة ) أي  وكسوة؛ كما أشار إليه بكاف التمثيل. والمراد بالمهر : الحال منه، وبالنفقة : نفقة يوم النكاح وليلته، وبالكسوة : كسوة فصل التمكين .*

[الباجوري ، ٢/ ١٨٩]


_Lafadz اُهبة -dengan mendhummahkan Hamzah- adalah biaya nikah. Ucapan pensyarah [Seperti Mahar dan Nafkah] yakni dan seperti pakaian (juga), sebagaimana yang diisyaratkan oleh pensyarah dengan menggunakan huruf ك yang bermakna percontohan. Yang dimaksud dengan Mahar yaitu mahar yang kontan dan yang dimaksud dengan Nafkah ialah nafkah hari pernikahan dan malamnya. Sedangkan yang dimaksud pakaian ialah pakaian masa tamkin._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah

Wednesday, July 5, 2023

DO'A AGAR DAPAT MIMPI YANG BAIK DARI IMAM NAWAWII

 



*Doa yang mujarrab untuk dapat mimpi yang baik:*


Dinaqal oleh imam nawawi radhiyallahu anhu :

"Sekiranya kamu ingin tidur maka bacalah:

اللهمَّ إنِّي أسألكَ رؤيةً صالحةً، صادقةً غيرَ كاذبةٍ، نافعةً غيرَ ضارةٍ

Ya Allah sesungguhnya aku memohon mimpi yang baik,benar tiada tipu,manfaat tiada mudarat !!


Semoga bermanfaat

Tuesday, July 4, 2023

HUKUM PENGGUNAAN AIR YANG DI PANASKAN, BAGAIMANAKAH?


Boleh

وأما مسألة التطهر بالماء المسخن فاتفقوا على جوازه الا ما نقل عن مجاهد

Air yg dipanaskan dengan api berbeda air yang panas karena terkena matahari...

Dalam kitab Fathul bari Juz 1_299

: مسألة

قَالَ الشَّافِعِيُّ ﵀: وَكُلُّ مَاءٍ مِنْ بَحْرٍ عَذْبٍ أَوْ مَالِحٍ أَوْ بِئْرٍ أَوْ سَمَاءٍ أَوْ بَرَدٍ أَوْ ثَلْجٍ مُسَخَّنٍ وَغَيْرِ مُسَخَّنٍ فَسَوَاءٌ وَالتَّطَهُّرُ بِهِ جَائِزٌ «.

قَالَ الْمَاوَرْدِيُّ: اعْتَرَضَ عَلَى الشَّافِعِيِّ فِي هَذَا الْفَصْلِ مَنْ ذَكَرْنَا مِنْ طَرِيقِ اللُّغَةِ فَقَالُوا: قَوْلُهُ» فَكُلُّ مَاءٍ مِنْ بَحْرٍ عَذْبٍ أَوْ مَالِحٍ " خَطَأٌ فِي اللُّغَةِ، لِأَنَّ الْعَرَبَ تَقُولُ مَاءٌ مِلْحٌ، وَلَا تَقُولُ: مَالِحٌ، وَإِنَّمَا هَذَا مِنْ كَلَامِ الْعَامَّةِ.

Hawie kabir

: وَلَعَلَّه كَانَ فِي الأَصْل الَّذِي نَقله الرَّافِعِيّ: أَن بعض الصَّحَابَة تطهَّر بِالْمَاءِ المسخن. . إِلَى آخِره، فَسقط لفظ «بعض»، إِمَّا من الأَصْل الْمَنْقُول مِنْهُ أَو من أصل الرَّافِعِيّ.

نعم، قد رُوِيَ (التطهر) بِالْمَاءِ المسخن من فعل جمع من الصَّحَابَة:


Badru munir



: ولا يكره التطهر بالماء المسخن بالنار؛ سواء كان مسخنًا بنار الحطب، أو بنار السرقين؛ لأن السخونة بالحرارة، ولا نجاسة فيها؛ فإن كان شديد السخونة - يكره؛ لأنه يحرق، وربما لا يمكنه إسباغ الوضوء به.

Soreh dari kitab tadzhib ala fiqih imam syafii.

Air musyammas pun di negara kita gak ada, itu hanya ada di negara yg panas nya banget 😁

: الماء المشمس، في قطر حار، في إناء منطبع (أي مصنوع من معدن قابل للصفح والطرق غير النقدين، الذهب والفضة، كالحديد والرصاص والنحاس) وعلة الكراهة فيه طبية

قال الشافعي رضي الله عنه: لا أكره المشمس إلا أن يكره من جهة الطب، وأسند الكراهة في ذلك إلى سيدنا عمر بن الخطاب رضي الله عنه لأنه كان يكره الاغتسال بالماء المشمس، ويقول إنه يورث البرص، (قال النووي في المجموع: الحديث ضعيف لأنه من رواية إبراهيم بن محمد بن أبي يحيى، وقد اتفقوا على تضعيفه إلا أن الشافعي وثقه) وضابط المشمس أن تخرج على الماء زهومة، وهي ناتجة عن تفاعل الماء مع معدن الإناء تحت أشعة الشمس، لذا فإن كراهته مقتصرة على استعماله للبدن، أما إذا استعمل لتطهير الثياب فليس فيه كراهة، وتزول الكراهة بالتبريد لتفكك الزهومة. *أما في بلادنا فالماء المشمس غير مكروه، لأن بلادنا معتدلة الحرارة*

[درية العيطة، فقه العبادات على المذهب الشافعي، ٥٠/١]


Dalam referensi lain redaksi sama yaitu

ولا يكره التطهر بالماء المسخن بالنار؛ سواء كان مسخناً بنار الحطب، أو بنار السرقين؛ لأن السخونة بالحرارة، ولا نجاسة فيها؛ فإن كان شديد السخونة - يكره؛ لأنه يحرق، وربما لا يمكنه إسباغ الوضوء به.

[البغوي ، أبو محمد، التهذيب في فقه الإمام الشافعي، ١٤٤/١]


Semoga bermanfaat untuk kita semuanya dalam hukum penggunaan air yang dipanaskan diperbolehkan.

Monday, July 3, 2023

BOLEHKAH MENDAHULUKAN QOBUL MENGAKHIRKAN IJAB DALAM PERNIKAHAN? BAGAIMANAKAH

 MWC.NUGAR.ANZAAY



Pertanyaan:

 Assalamualaikum..nayak dikit doang nggak banyak..hee.  

Pertanyaan  dalam ijab qobul,?..bolehkah mendahulukan ( qabul ) dari pada ( ijab). sahkah nikahnya..Minta penjelasannya sedikit doang..awam..🙏🏻


Jawabannya sebagai berikut dibawah ini:

: وَصَحَّ النِّكَاح بتقدم قبُول على إِيجَاب لحُصُول الْمَقْصُود وَذَلِكَ كَأَن يَقُول الزَّوْج قبلت نِكَاح فُلَانَة فَيَقُول الْوَلِيّ أنكحتكها وَيَقُول الزَّوْج زَوجنِي فُلَانَة مَعَ قَول الآخر عقبه زَوجتك وَيَقُول الْوَلِيّ تزوج بِنْتي فُلَانَة مَعَ قَول الزَّوْج عقبه تَزَوَّجتهَا لوُجُود الطّلب الْجَازِم الدَّال على الرِّضَا

[نووي الجاوي، نهاية الزين، صفحة ٣٠١]

Semoga bermanfaat untuk kita semuanya.

Sunday, July 2, 2023

DUDUK CAMPUR ANTARA LAKI LAKI DAN PEREMPUAN DALAM SATU MAJELIS, BAGAIMANAKAH?

 


اسعاد الرفيق الجزء ٢: ٦٧ مكتبة هداية سورابايا

(خاتمة) من اقبح المحرمات وأشد المحظورات إختلاط الرجال بالنساء في المجموعات لما يترتب على ذلك من المفاسد والفتن القبيحة قال سيدنا الحداد في بعض مكاتباته لبعض الأمراء وما ذكرتم من اجتماع النساء متزينات بمحل قريب من محل رجال يجتمعون فيه منسوب لسيدنا عمر المحضار فإن خيفت فتنة بنحو سماع صوت فهو من المنكرات التي يجب النهي عنها علي ولاة الامر ويحسن من غيرهم إذا خاف علي نفسه ان لا يحضرهم. 


Yg kemarin nanya campur laki-laki dan perempuan (siswa-siswi) satu kelas.

HUKUM SEMBELIHAN DUA KALI SEPERTI SERING TERJADI DALAM TAYANGAN VIDEO YANG BEREDAR, BAGAIMANAKAH?

 MWC.NUGAR.ANZAAY


*_Hukum sembelihan dua kali Seperti sering terjadi divideo , apakah halal atau tidak...?_*

Sebagaimana dijelaskan dalam kitab Tanwirul Qulub berikut;

ويشترط في قطع ذلك ان يكون دفعة واحدة فلو قطع باكثر كما لو رفع السكين فاعادها فورا او القاها لكللها واخذ غيرها او سقطت منه فاخذها او قلبها وقطع ما بقي وكان فورا حل ولا يشترط وجود الحياة المستقرة في دفعة الفعل الثاني الا ان طال الفصل بين الفعلين فلا بد من وجود الحياة المستقرة اول الفعل الثاني

“Dan disyaratkan dalam pemotongan tersebut (saluran pencernaan dan pernafasan) dengan sekali potongan. Karena itu, bila dipotong dengan lebih dari sekali seperti bila ia mengangkat pisau *kemudian ia kembalikan secepatnya atau ia letakkan pisau tersebut karena tumpul dan ia ambil pisau lainnya atau pisaunya terjatuh kemudian segera ia ambil atau ia ganti dan ia memotong bagian yang tersisa serta yang demikian dilakukan secepatnya, maka halal daging hewan sembelihannya.* Dan tidak disyaratkan adanya hayatun mustaqirrah atau hewan itu tetap hidup jika dibiarkan kecuali antara jarak keduanya lama. Jika jaraknya terlalu lama, maka disyaratkan adanya hayatun mustaqirrah pada sembelihan kedua.”

: قال أصحابنا: ولو ترك من الحلقوم والمريء شيئا ومات الحيوان فهو ميتة, وكذا لو انتهى إلى حركة المذبوح فقطع بعد ذلك المتروك فهو ميتة

“Para Ulama dari Mazhab Syafi’I berkata: dan jika tertinggal sesuatu dari tenggorokan dan kerongkongan (tidak terputus sempurna) dan hewan tersebut mati, maka hukum dagingnya adalah bangkai (haram), dan begitu juga apabila proses sembelihan seperti ini (tidak memutus tenggorokan dan kerongkongan secara sempurna) namun hewan tersebut hampir mati kemudian diulangi menggorok tenggorokan dan kerongkongan yang tersisa setelah itu, maka hukum dagingnya adalah bangkai (haram).

 (Al-Majmu’)


: ويشترط في قطع ذلك ان يكون دفعة واحدة فلو قطع باكثر كما لو رفع السكين فاعادها فورا او القاها لكللها واخذ غيرها او سقطت منه فاخذها او قلبها وقطع ما بقي وكان فورا حل ولا يشترط وجود الحياة المستقرة في دفعة الفعل الثاني الا ان طال الفصل بين الفعلين فلا بد من وجود الحياة المستقرة اول الفعل الثاني

Dan disyaratkan dalam pemotongan tersebut dengan sekali potongan maka bila dipotong dengan lebih banyak seperti bila ia mengangkat pisau kemudian ia kembalikan secepatnya atau ia letakkan pisau tersebut karena tumpul dan ia ambil pisau lainnya atau pisaunya terjatuh kemudian segera ia ambil atau ia ganti dan ia memotong bagian yang tersisa serta yang demikian dilakukan secepatnya maka halal daging hewan sembelihannya.

Dan tidak disyaratkan adanya keberadaan kehidupan dalam ulangan pemotongan yang kedua kecuali bila jarak antara dua pemotongan tersebut lama maka disyaratkan adanya keberadaan kehidupan saat memulai pemotongan yang kedua.. 

_[ Tanwiir al-Quluub Hal. 237 ]. Wallaahu A'lamu Bis Showaab._


 Ta'bir hasyiyah Bajuri 1/372 :

قوله يكون قطع ما ذكر أي من الحلقوم والمريء قوله دفعة واحدة لا دفعتين أي إذا لم توجد الحياة المستقرة عند الدفعة الثانية أما إذا 

وجدت الحياة المستقرة عند الدفعة الثانية فيحل المذبوح حينئذ ومثل الدفعة الثانية غيرها كالثالثة

Semoga kajian ini bermamfaat buat para pembaca menanmbahkan wawasan keilmuan kita semuanya.

MAKNA QURBAN WAJIB DAN SUNNAH

 CHANNEL YOUTUBE:MWC.NUGAR.ANZAAY


Bagaimana kalau istilah di lembur sok daftar qurban ka panitia, dengan tujuan supaya panitia jadi mudah dlm pengelolaan, hukum daftarnya tadi termasuk nadzar atau tidak??


Jawabannya sebagai berikut dibawah ini 

Dalam kitab Bughyat al-Mustarsyidin disebutkan tentang Kurban wajib ini, Jika seseorang berkata : “ini adalah hewan kurbanku”. Tetapi menurut imam al-Bulqini dan imam al-Maraghi berpendapat bahwa perkataan itu saja tidak menjadikan hewan kurban menjadi nadzar yang hukumnya wajib.


Ini di perjelas dalam keterangan kitab Tuhfat al-Muhtaj ; jika ucapan “ini adalah hewan kurbanku” di maksudkan hanya memberikan kabar (ikhbar) maka hukumnya tidak menjadi wajib, ini yang biasanya terlaku dikalangan masyarakat awam.


Dua hukum kurban tersebut, mempunyai konsekuensi hukum yang berbeda. Jika kurbannya Sunah maka pemilik boleh memakan daging kurban, dan hewan kurban boleh di ganti dengan hewan kurban yang lain (jika orang yang kurban menghendaki). Sebaliknya jika kurbannya Wajib, maka semua daging wajib di sedekahkan (pemilik tidak boleh makan walau sedikit) dan hewan yang disembelih haruslah hewan yang di tentukan saat berucap tadi, jika mati / rusak maka harus di ganti.


Perlu juga adanya kehati-hatian dalam shighat (ucapan) saat menyerahkan perwakilan penyembelihan (pasrah wakil). Karena sebagaimana keterangan di atas, perubahan nadzar dari sunah ke wajib itu bisa karena sebuah ucapan.


Agar terhindar dari perubahan hukum kurban, dimenyarankan :

1. Menghindari kata isyarah (ini/itu/menunjuk hewan).

2. Setiap menjawab pertanyaan terkait hewan kurban, jawaban yang muncul hanya sebatas memberi kabar (ikhbar).

Semoga bermanfaat untuk kita semuanya...

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes