Friday, September 8, 2023
WANITA HAID MEMBACA AL QUR'AN
Kitb Hasyiyah Bujairimi, 3/259-261
قَوْلُهُ : ( كَمَوَاعِظِهِ ) أَيْ مَا فِيهِ تَرْغِيبٌ أَوْ تَرْهِيبٌ .
قَوْلُهُ : ( وَأَخْبَارِهِ ) أَيْ عَنْ الْأُمَمِ السَّابِقَةِ .
قَوْلُهُ : ( وَأَحْكَامِهِ ) أَيْ مَا تَعَلَّقَ بِفِعْلِ الْمُكَلَّف .
قَوْلُهُ : ( وَمَا جَرَى بِهِ لِسَانُهُ بِلَا قَصْدٍ ) بِأَنْ سَبَقَ لِسَانُهُ إلَيْهِ .
(سبحان الذي سخر لنا هذا و ما كنا له مقرنين)
dan ketika mendapat musibah dia mengucapkan
[Seperti mauizhah] Yakni perkara tentang anjuran dan ancaman.
[Cerita] Yakni dari kisah umat terdahulu.
[Dan hukum yang ada di dalam al-Qur'an] Yakni perkara yang berkaitan dengan perbuatan mukallaf.
[Serta pada apa yang tanpa dikehendaki terucap oleh lisannya] Dengan kelepasan bicara.
Hasyiyah al-Bujairimi, 1/259-264
Kitb al-Mausu'ah al-Fiqhiyyah al-Kuwatiyyah, 18/322
-Bila membaca al-Qur'an diniati untuk membaca al-Qur'annya maka haram.
-Bila membaca al-Qur'an karena kelepasan bicara maka diperbolehkan.
Sedangkan dalam mazhab malikiyah boleh bagi wanita haidh membaca al-Qur'an.
Lebih jelasnya tentang hal ini terdapat dua pembahasan.
*- Boleh secara mutlak, yakni ketika membacanya dalam kondisi darah haidh sedang merembes keluar.
Thursday, September 7, 2023
HUKUM MEMBAYAR PAJAK
[7/9 18.50] +62 858-9129-1624: Bagaimana hukum nya membayar pajak tanah?
[7/9 19.01] KYAI Sibawaih: Wajib
[7/9 19.02] KYAI Sibawaih: بغية المسترشدين؛ ص ١٩٠
(ﻣﺴﺄﻟﺔ: ك) ﻳﺠﺐ اﻣﺘﺜﺎﻝ ﺃﻣﺮ اﻹﻣﺎﻡ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻣﺎ ﻟﻪ ﻓﻴﻪ ﻭﻻﻳﺔ ﻛﺪﻓﻊ ﺯﻛﺎﺓ اﻟﻤﺎﻝ اﻟﻈﺎﻫﺮ، ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﺗﻜﻦ ﻟﻪ ﻓﻴﻪ ﻭﻻﻳﺔ ﻭﻫﻮ ﻣﻦ اﻟﺤﻘﻮﻕ اﻟﻮاﺟﺒﺔ ﺃﻭ اﻟﻤﻨﺪﻭﺑﺔ ﺟﺎﺯ اﻟﺪﻓﻊ ﺇﻟﻴﻪ ﻭاﻻﺳﺘﻘﻼﻝ ﺑﺼﺮﻓﻪ ﻓﻲ ﻣﺼﺎﺭﻓﻪ، ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ اﻟﻤﺄﻣﻮﺭ ﺑﻪ ﻣﺒﺎﺣﺎ ﺃﻭ ﻣﻜﺮﻭﻫﺎ ﺃﻭ ﺣﺮاﻣﺎ ﻟﻢ ﻳﺠﺐ اﻣﺘﺜﺎﻝ ﺃﻣﺮﻩ ﻓﻴﻪ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻟﻪ (م ﺭ) ﻭﺗﺮﺩﺩ ﻓﻴﻪ ﻓﻲ اﻟﺘﺤﻔﺔ، ﺛﻢ ﻣﺎﻝ ﺇﻟﻰ اﻟﻮﺟﻮﺏ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻣﺎ ﺃﻣﺮ ﺑﻪ اﻹﻣﺎﻡ ﻭﻟﻮ ﻣﺤﺮﻣﺎ ﻟﻜﻦ ﻇﺎﻫﺮا ﻓﻘﻂ، *ﻭﻣﺎ ﻋﺪاﻩ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻴﻪ ﻣﺼﻠﺤﺔ ﻋﺎﻣﺔ ﻭﺟﺐ ﻇﺎﻫﺮا ﻭﺑﺎﻃﻨﺎ ﻭﺇﻻ ﻓﻇﺎﻫﺮا ﻓﻘﻂ ﺃﻳﻀﺎ*، ﻭاﻟﻌﺒﺮﺓ ﻓﻲ اﻟﻤﻨﺪﻭﺏ ﻭاﻟﻤﺒﺎﺡ ﺑﻌﻘﻴﺪﺓ اﻟﻤﺄﻣﻮﺭ، ﻭﻣﻌﻨﻰ ﻗﻮﻟﻬﻢ ﻇﺎﻫﺮا ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺄﺛﻢ ﺑﻌﺪﻡ اﻻﻣﺘﺜﺎﻝ، ﻭﻣﻌﻨﻰ ﺑﺎﻃﻨﺎ ﺃﻧﻪ ﻳﺄﺛﻢ اﻩـ. ﻗﻠﺖ: ﻭﻗﺎﻝ ش ق: ﻭاﻟﺤﺎﺻﻞ ﺃﻧﻪ ﺗﺠﺐ ﻃﺎﻋﺔ اﻹﻣﺎﻡ ﻓﻴﻤﺎ ﺃﻣﺮ ﺑﻪ ﻇﺎﻫﺮا ﻭﺑﺎﻃﻨﺎ ﻣﻤﺎ ﻟﻴﺲ ﺑﺤﺮاﻡ ﺃﻭ ﻣﻜﺮﻭﻩ، ﻓﺎﻟﻮاﺟﺐ ﻳﺘﺄﻛﺪ، ﻭاﻟﻤﻨﺪﻭﺏ ﻳﺠﺐ، ﻭﻛﺬا اﻟﻤﺒﺎﺡ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻓﻴﻪ ﻣﺼﻠﺤﺔ ﻛﺘﺮﻙ ﺷﺮﺏ اﻟﺘﻨﺒﺎﻙ ﺇﺫا ﻗﻠﻨﺎ ﺑﻜﺮاﻫﺘﻪ ﻷﻥ ﻓﻴﻪ ﺧﺴﺔ ﺑﺬﻭﻱ اﻟﻬﻴﺌﺎﺕ، ﻭﻗﺪ ﻭﻗﻊ ﺃﻥ اﻟﺴﻠﻄﺎﻥ ﺃﻣﺮ ﻧﺎﺋﺒﻪ ﺑﺄﻥ ﻳﻨﺎﺩﻱ ﺑﻌﺪﻡ ﺷﺮﺏ اﻟﻨﺎﺱ ﻟﻪ ﻓﻲ اﻷﺳﻮاﻕ ﻭاﻟﻘﻬﺎﻭﻱ، ﻓﺨﺎﻟﻔﻮﻩ ﻭﺷﺮﺑﻮا ﻓﻬﻢ اﻟﻌﺼﺎﺓ، ﻭﻳﺤﺮﻡ ﺷﺮﺑﻪ اﻵﻥ اﻣﺘﺜﺎﻻ ﻷﻣﺮﻩ، ﻭﻟﻮ ﺃﻣﺮ اﻹﻣﺎﻡ ﺑﺸﻲء ﺛﻢ ﺭﺟﻊ ﻭﻟﻮ ﻗﺒﻞ اﻟﺘﻠﺒﺲ ﺑﻪ ﻟﻢ ﻳﺴﻘﻂ اﻟﻮﺟﻮﺏ اﻩـ.
DZAKAR BERGERAK LEBIH 3X/LEBIH KETIKA SHALAT,, TIDAK MEMBATALKAN SHALAT
Bismillah
ngaji fiqih
DZAKAR BERGERAK LEBIH 3X/LEBIH KETIKA SHALAT,, TIDAK MEMBATALKAN SHALAT
لا ) تبطل ( بحركات خفيفة ) وإن كثرت وتوالت بل تكره ( كتحريك ) أصبع أو ( أصابع ) في حك أو سبحة مع قرار كفه ( أو جفن ) أو شفة أو ذكر أو لسان لأنها تابعة لمحالها المستقرة كالأصابع
✍🏽 mafhumnyah
Dan tidak batal shalat akibat gerakan-gerakan ringan meskipun banyak dan berulang-ulang namun hukumnya makruh seperti gerakan jari atau jemari saat menggaruk dengan syarat telapak tangannya tetap (tidak ikut bergerak) atau gerakan pelupuk mata, bibir, zakar atau lisannya karena kesemuanya masih mengikuti (menempel dengan tidak bergerak) pada tempat pokoknya yang diam dan kokoh seperti halnya jari-jemari.
Kitab Fath al-Mu'in I/215-216 .
( لا ) تبطل ( بحركات خفيفة ) وإن كثرت وتوالت بل تكره ( كتحريك ) أصبع أو ( أصابع ) في حك أو سبحة مع قرار كفه ( أو جفن ) أو شفة أو ذكر
✍🏽Mafhum
Menggerak-nggerakkan dzakar walaupun berulang-ulang tidak membatalkan shalat
Kitb bajuri 1/178
tapi kalau dengan menggerak-nggerakkan dzakar tersebut bertujuan main-main maka shalatnya batal.
Kitb kasyifah al sajaa hlm 77 - 78
Wallohu a'lam bishowab
🔰 TM GRUP TANYA JAWAB FIQIH & NAHWU BALAHGOH 🔰
Sunday, September 3, 2023
[3/9 12.32] +62 895-3801-59177: Asalamualaikum...
Mumpung banyak senior muncul ijin nanya.
ada sebuah desa yang banyak pohon kopi yAng berbuah lebat,terus karna ada angin kencang ,otomatis kopi itu berjatuhan dngn sendirinya,,trs ada seseorang yang mngambil kopi trsebut tanpa ijin pemiliknya,,trus kopi itu di kumpulkan oleh orang trsbt smpai banyak dan di jual,,
pertanyaanya :
1.apakah boleh mngambil kopi trsbt tnpa ijin pemilik kebun?
2.apakah halal uang trsbt untk membli barang?
maaf msh awam🙏🙏🙏
D sebelah di cuekin disini di cuekin jg gak🤭
[3/9 13.07] +62 838-4905-7238: Hukumnya tidak boleh kalo jatuh didalam pagar (halaman rumah pemilik pohon). Kalo jatuh ke luar pagar (luar halaman rumah pemilik pohon), maka hukumnya sama dengan yg jatuh kedalam pagar, Kalo emang tidak ada tradisi kebolehan mengambil cuma cuma-cuma. Kalo udah mentradisi ngambil tanpa pamit, maka dua pendapat:
-Tidak halal, karena masih canggung takut pemiliknya tidak memperbolehkan.
- boleh. Dan ini yg lebih ashoh, karena berlakunya adat disitu dan adanya kerelaan sang pemilik.
*المجموع شرح المهذب ج٩ ص٥٤*
قَالَ أَصْحَابُنَا وَحُكْمُ الثِّمَارِ السَّاقِطَةِ مِنْ الْأَشْجَارِ حُكْمُ الثِّمَارِ الَّتِي عَلَى الشَّجَرِ إنْ كَانَتْ السَّاقِطَةُ دَاخِلَ الْجِدَارِ وَإِنْ كَانَتْ خَارِجَةً فَكَذَلِكَ إنْ لَمْ تَجْرِ عَادَتُهُمْ بِإِبَاحَتِهَا فَإِنْ جَرَتْ فَوَجْهَانِ أَحَدُهُمَا) لَا يَحِلُّ كَالدَّاخِلَةِ وَكَمَا إذَا لَمْ تَجْرِ عَادَتُهُمْ لِاحْتِمَالِ أَنَّ هَذَا الْمَالِكَ لَا يُبِيحُ (وَأَصَحُّهُمَا) يَحِلُّ لِاطِّرَادِ الْعَادَةِ الْمُسْتَمِرَّةِ بِذَلِكَ وَحُصُولِ الظَّنِّ بِإِبَاحَتِهِ كَمَا يَحْصُلُ تَحَمُّلُ الصَّبِيِّ الْمُمَيِّزِ الْهَدِيَّةَ وَيَحِلُّ أَكْلُهَا وَاَللَّهُ أَعْلَمُ
Saturday, September 2, 2023
HUKUM MEMBULI
KLIK DISINI ULANGAN HARIAN JELAS 7
Assalamualaikum Mau nanya lagi bagaimna kalau orng membuli dalam syariat islam
[29/8 19.10] Gauri/Asmara Lautan Api: Wa Alaikum salam
Hukum membuli,mencaci ,menghina ,mengibah maka semuanya HARAM ga boleh
قال معاذ: من عير أخاه بذنب لم يمت حتى يعمله.
وقال الحسن : كانوا يقولون من رمى أخاه بذنب قد تاب إلى الله منه لم يمت حتى يبتليه الله.
وقال النخعي: إني لأرى الشئ فأكرهه فما يمنعني أن أتكلم فيه إلا مخافة أن أبتلى بمثله.
وقال يحيى بن جابر: ما عاب رجل قط رجلا بعيب إلا ابتلاه الله بذلك العيب.
وقال بعضهم: لا تعير أخاك بما فيه فيعافيه الله ويبتليك.
BERKATA Al-Munawi rahimahullah ta'ala
فينبغي للإنسان أن لا يحتقر أحدا
Tidak sepantasnya bagi siapapun menghina orang lain,
فربما كان المحتقر أطهر قلبا ، وأزكى عملا ،وأخلص نية
bisa jadi orang yang kau hina itu hatinya lebih bersih, lebih tulus amalnya, lebih lurus niatnya.
فإن احتقار عباد الله. يورث الخسران ، ويورث الذل والهوان
Karena tindakan menghina hamba-hamba Allah, pasti akan menuai kerugian dan kehinaan."