BREAKING NEWS

Watsapp

Monday, June 10, 2024

PENGGABUNGAN NIAT DALAM IBADAH, BAGAIMANAKAH?

 

Penggabungan niat ibadah

Presentasi santri NFA 2 

Imam al-Suyuti membagi ketentuan tentang penggabungan niat ke dalam lima kategori. (Abd. Rahman Ibn Abi Bakr Jalaluddin al-Suyuthi, al-Ashbah wa Nadlair, Dar al-Kutub al-Ilmiah, halaman: 20-23)

ثم للتشريك في النيات نظائر وضابطها أقسام : الأول أن ينوى مع العبادة ما ليس بعبادة فقد يبطلها وقد لا يبطلها

Artinya: Untuk ketentuan membarengkan niat, ada beberapa ketentuan: Pertama, niat ibadah dibarengkan dengan niat untuk selain ibadah, maka niat untuk selain ibadah tersebut terkadang membatalkan niat ibadah, terkadang tidak membatalkan.

Kategori pertama adalah menggabungkan niat ibadah kepada selain ibadah, maka hukumnya terkadang ibadahnya batal terkadang tidak. Contoh dari yang ibadahnya batal adalah niat menyembelih hewan untuk Allah SWT dan untuk selain Allah seperti berhala. Maka niat untuk selain Allah itu bisa membuat sembelihan itu haram. 

Sedangkan contoh yang tidak membatalkan adalah niat berwudlu atau mandi untuk ibadah dan mendinginkan badan. Maka pendapat yang lebih shahih mengatakan wudhu dan mandinya tetap sah.

القسم الثاني أن ينوى مع العبادة المفروضة عبادة أخرى مندوبة وفيه صورمنها ما لا يقتضي البطلان ويحصلان معا, ومنها ما يحصل الفرض فقد, ومنها ما يحصل النفل فقد, ومنها ما يقتضي البطلان في الكل.

Artinya: Kedua, niat ibadah fardlu disertai dengan niat ibadah sunah, maka hukumnya diperinci, 1) Kedua jenis ibadah tersebut (fardlu dan sunah) sah dan tidak batal. 2) Sah untuk yang fardlu saja. 3) Sah bagi yang sunah saja. 4) Keduanya batal.

Kategori kedua adalah menggabungkan niat ibadah fardlu dengan ibadah sunah. Tentang hal ini hukumnya dibagi menjadi empat bagian.

1. Kedua ibadah fardlu maupun sunah tetap sah, Contohnya adalah niat shalat fardlu disertai niat tahiyatul masjid, maka shalatnya sah, dan keduanya dicapai secara bersamaan. Selain itu juga sah jika seseorang niat mandi jinabah disertai niat mandi shalat Jumat, keduanya sama-sama bisa dicapai.

2. Ibadah yang terhitung sah adalah hanya ibadah fardlunya, sedangkan ibadah sunah batal. Contohnya adalah niat haji untuk ibadah fardlu dan sunah, maka yang sah adalah niat fardlunya saja. Karena jika seseorang niat ibadah haji untuk kesunahan, maka dengan sendirinya akan berubah menjadi fardlu.

3. Yang sah adalah ibadah sunahnya, sedang ibadah fardlunya tidak sah. Contohya adalah jika seseorang mengeluarkan uang lima dirham dan berniat untuk zakat dan sedekah sekaligus, maka yang sah adalah sedekahnya. 

4. Kedua ibadah tersebut, baik fardlu maupun sunah batal. Contohnya adalah seorang makmum masbuq melakukan takbir ketika imam sudah dalam keadaan rukuk. Takbir tersebut diniatkan untuk takbiratul ihram yang merupakan hal yang wajib, dan takbir bangun dari rukuk, yang merupakan sunah, maka shalatnya batal karena menggabungkan niat untuk sesuatu yang wajib dan dan sunah.

القسم الثالث أن ينوي مع المفروضة فرضا اخر

Artinya: Pembagian ketiga adalah niat ibadah fardu disertai niat ibadah fardlu lainnya. 

Kategori ketiga adalah menggabungkan niat ibadah fardlu dengan ibadah fardlu lainnya, dalam hal ini Imam al-Subki berkata: Hal tersebut tidak bisa terjadi kecuali di dalam haji dan umrah. Sedangkan menurut Imam al-Suyuthi, selain haji dan umrah, ketentuan ini juga berlaku pada niat mandi wajib disertai niat wudlu, keduanya sah menurut pendapat yang lebih shahih.

القسم الرابع أن ينوي مع النفل نفلا اخرفيحصلان

Artinya: Pembagian keempat, niat ibadah sunah disertai niat ibadah sunah lainnya, maka keduanya tetap sah.

Kategori keempat dari menggabungkan niat adalah niat dua ibadah sunah, maka hukum keduanya sah. Contohnya adalah mandi dengan niat untuk shalat Jumat dan shalat Idul Fitri/Adha, maka niatnya sah dan kedua ibadahnya bisa tercapai. 

Contoh lain adalah niat puasa Arafah dan puasa hari Senin, maka keduanya sah.

القسم الخامس أن ينوي مع غيرالعبادة شيأ اخر غيرها وهما مختلفان في الحكم

Artinya: Pembagian kelima, niat sesuatu selain ibadah disertai dengan sesuatu yang lain, maka hukumnya diperselisihkan.

Jenis terakhir dari penggabungan niat adalah niat melakukan sesuatu selain ibadah disertai dengan sesuatu yang lain yang bukan ibadah juga. Dalam hal ini hukumnya diperdebatkan oleh para ulama.

Contohnya, jika ada suami berkata kepada istrinya: Engkau haram bagiku, dengan niat talak dan dhihar, maka hukum diperselisihkan. Pendapat yang lebih shahih mengatakan, suami diminta untuk memilih dari keduanya talak atau dhihar, yang dipilih oleh suami yang akan terjadi. Sedangkan pendapat kedua mengatakan talak sudah sah karena talak lebih kuat dari dhihar. Ada juga yang berpendapat bahwa yang terlaksana adalah dhihar.

SEWA BELUM SELESAI, DISEWAKAN LAGI , BAGAIMANAKAH?

 SEWA BELUM SELESAI, DISEWAKAN LAGI 

Kegiatan MWC NU GARAWANGI 

Deskripsi Masalah :

Saiful menyewa sawah kepada Arif dalam jangka waktu tiga tahun. Sebelum menggarapnya, Saiful menyewakan sawah itu kepada Sulaiman.


Pertanyaan :

Bolehkah praktik sewa yang dilakukan Saiful di atas?


Jawaban :

Bila Saiful sudah menerima (qabdh) sawah itu, maka dia boleh menyewakannya pada Sulaiman. Jika dia belum qabdh, maka tidak boleh menurut pendapat yang mu’tamad, dan boleh menurut al-Qaffal.


Referensi :

(المهذب, 2/403)

(فَصْلٌ) وَلِلْمُسْتَأْجِرِ أَنْ يُؤَجِّرَ الْعَيْنَ الْمُسْتَأْجَرَةَ إِذَا أَقْبَضَهَا-إِلَى أَنْ قَالَ-وَهَلْ يَجُوْزُ قَبْلَ الْقَبْضِ فِيْهِ ثَلاَثَةُ أَوْجُهٍ، أَحَدُهَا لاَ يَجُوْزُ، كَمَا لاَ يَجُوْزُ بَيْعُ الْمَبِيْعِ قَبْلَ الْقَبْضِ، وَالثَّانِيْ يَجُوْزُ، لأَنَّ الْمَعْقُوْدَ عَلَيْهِ هُوَ الْمَنَافِعُ، وَالْمَنَافِعُ لاَ تَصِيْرُ مَقْبُوْضَةً بِقَبْضِ الْعَيْنِ فَلَمْ يُوْفِهَا قَبْضُ الْعَيْنِ اهـ

(حاشية الشرقاوي, 2/86)

وَأَنْ يَتَّصِلَ الشُّرُوْعُ فِيْ اسْتِيْفَاءِ الْمَنْفَعَةِ بِالْعَقْدِ فِيْ إِجَارَةِ الْعَيْنِ، فلَوْ أَجَّرَ دَارَهُ السَّنَةَ الْقَابِلَةَ لَمْ يَصِحَّ، كَمَا لَوْ بَاعَهَا عَلىَ أَنْ يُسَلِّمَهَا فِيْ السَّنَةِ الْقَابِلَةِ، إِلاَّ فِيْ إِجَارَةِ مُدَّةٍ تَلِيْ مُدَّةَ إِجَارَةٍ سَابِقَةٍ قَبْلَ انْقِضَائِهَا لِمَالِكِ مَنْفَعَتِهَا. (قَوْلُهُ لِمَالِكِ مَنْفَعَتِهَا) مُتَعَلِّقٌ بِإِجَارَةٍ، وَصُوْرَةُ ذَلِكَ أَنْ يُؤَجِّرَ زَيْدٌ دَارَهُ لِعَمْرٍو سَنَةً ثُمَّ تَارَةً يُبْقِيهَا عَمْرٌو تَحْتَ يَدِهِ، وَتَارَةً يُؤَجِّرُ لِبَكْرٍ تِلْكَ السَّنَةِ، لأَنَّ الْمُسْتَأْجِرَ لَهُ أَنْ يُؤَجِّرَ، بِخِلاَفِ الْمُسْتَعِيْرِ، فَلِزَيْدٍ مَالِكِ الدَّارِ أَنْ يُؤَجِّرَهَا السَّنَةَ الثَّانِيَةَ لِعَمْرٍو إِنْ بَقِيَتْ تَحْتَ يَدِهِ، وَلِبَكْرٍ إِنْ أَكْرَاهَا عَمْرٌو لَهُ، وَلاَ يَجُوْزُ لَهُ فِيْ هَذِهِ الْحَالَةِ أَنْ يُؤَجِّرَهَا لِعَمْرٍو عَلىَ الْمُعْتَمَدِ لِعَدَمِ مِلْكِهِ الْمَنْفَعَةَ-إِلَى أن قَالَ-وَعِبَارَةُ الْمَنْهَجِ وَشَرْحِهِ وَصَحَّ كِرَاؤُهَا لِمَالِكِ مَنْفَعَتِهَا مُدَّةً تَلِيْ مُدَّتَهَا، لاِتِّصَالِ الْمُدَّتَيْنِ فَدَخَلَ فِيْ ذَلِكَ مَا لَوْ آجَرَهَا لِزَيْدٍ مُدَّةً فآجَرَهَا زَيْدٌ لِعَمْرٍو تِلْكَ الْمُدَّةِ فَيَصِحُّ إِيْجَارُهَا مُدَّةً تَلِيْهَا مِنْ عَمْرٍو لأَنَّهُ الْمَالِكُ لِمَنْفَعَتِهَا لاَ مِنْ زَيْدٍ خِلاَفًا لِلْقَفَّالِ اهـ


Copyright © 2021 IASS

TIPS CARA MENGETAHUI DAGING ITU HASIL SEMBELIHAN ATAU TIDAK (BANGKAI)* Bagaimanakah?

Saturday, June 8, 2024

*Waktu yang dilarang Melakukan Sholat Sunnah*_

 

_*Waktu yang dilarang Melakukan Sholat Sunnah*_


🌱 Waktu yang dilarang melaksanakan sholat sunnah yang tidak mempunyai sebab mendahului atau sebab yang berbarengan dengan sholat sunnah tersebut yaitu :

1. Ketika terbit matahari sampai naik sekira-kira sama dengan ukuran tongkat atau tombak.

2. Ketika matahari berada tepat ditengah tengah langit sampai bergeser kecuali hari Jum’at.

3. Ketika matahari kemerah-merahan sampai tenggelam.

4. Sesudah shalat Shubuh sampai terbit matahari.

5. Sesudah shalat Ashar sampai matahari terbenam.


🌱 Larangan tersebut hukumnya berbeda-beda di beberapa kitab :

1. Haram

2. Makruh Tahrim

3. Makruh Tanzih


🌱 Sebab yang diperbolehkan yaitu :

1. Sebab yang mendahului, misal :

▫️Masuk Masjid melakukan sholat Tahiyatul Masjid.

▫️Setelah berwudhu melakukan sholat sunnah Wudhu.

▫️Sholat Istisqo' (minta hujan)

▫️Sholat sunnah Thowaf.

2. Sebab yang berbarengan, misal :

▫️Sholat Kusuf (gerhana matahari)

               

📚 Referensi :

1. Safinatun Najah, 41-42

2. Fiqhul Ibadat, 1/247

3. Kifayatul Akhyar, 127

4. Hasiyah AlBujairomy 'alal Khotib, 2/116


📚 سفينة النجاة، ٤١-٤٢

(فصل ) تحرم الصلاة التي ليس لها سبب متقدم ولا مقارن في خمسة أوقات : عند طلوع الشمس حتى ترتفع قدر رمح وعند الإستواء في غير يوم الجمعة حتى تزول ، وعند الإصفرار حتى تطلع الشمس وبعد صلاة العصر حتى تغرب .


📚 [درية العيطة، فقه العبادات على المذهب الشافعي، ٢٤٧/١]

فالأوقات المحرمة حرمة متعلقة بالفعل هي:

-1- بعد صلاة الصبح، ويستمر إلى أن تطلع الشمس، لحديث أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: (لا صلاة بعد الصبح حتى ترتفع الشمس، ولا صلاة بعد العصر حتى تغيب الشمس) (البخاري ج 1/ كتاب مواقيت الصلاة باب 30/561)

-2- بعد صلاة العصر حتى تغرب الشمس، ولو صلاها مجموعة مع الظهر جمع تقديم للحديث السابق.

وأما الأوقات المحرمة حرمة متعلقة بالزمن فهي:

-1- عند طلوع الشمس: وتبدأ الحرمة من بدء طلوع الشمس إلى أن تتكامل وترتفع في السماء قدر رمح (سبعة أذرع من ذراع الآدمي. لحديث ابن عمر رضي الله عنهما قال: قال النبي صلى الله عليه وسلم: (إذا طلع حاجب الشمس فأخروا الصلاة حتى ترتفع، وإذا غاب حاجب الشمس فأخروا الصلاة حتى تغيب) (البخاري ج 1/ كتاب مواقيت الصلاة باب 29/558)

-2- عند استواء الشمس، وتستمر الحرمة حتى تزول الشمس من وسط السماء إلى جهة المغرب، ويستثنى من ذلك يوم الجمعة فلا تحرم الصلاة فيه وقت الاستواء سواء كان حاضراً الجمعة أم لا، لما روي عن أبي قتادة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم " أنه كره الصلاة نصف النهار إلا يوم الجمعة، وقال: (إن جهنم تُسجّر إلا يوم الجمعة) " (أبو داود ج 1/ كتاب الصلاة باب 223/1083)

-3- عند الغروب: تبدأ الحرمة باصفرار الشمس (وإن لم يصل العصر بعد) حتى تكامل غروبها بدليل حديث ابن عمر رضي الله عنهما المتقدم: (وإذا غاب حاجب الشمس فأخروا الصلاة حتى تغيب)


📚 [تقي الدين الحصني ,كفاية الأخيار في حل غاية الاختصار ,page 127]

الْأَوْقَات الَّتِي تكره الصَّلَاة الَّتِي لَا سَبَب لَهَا فِيهَا خَمْسَة ثَلَاث تتَعَلَّق بِالزَّمَانِ وَهِي وَقت طُلُوع الشَّمْس حَتَّى ترْتَفع قد رمح هَذَا هُوَ الصَّحِيح الْمَعْرُوف وَفِي وَجه تَزُول الْكَرَاهَة بِطُلُوع قرص الشَّمْس بِتَمَامِهِ وَوقت الاسْتوَاء حَتَّى تَزُول الشَّمْس وَعند الاصفرار حَتَّى يتم غُرُوبهَا وَحجَّة ذَلِك مَا ورد عَن عقبَة بن عَامر رَضِي الله عَنهُ قَالَ

(ثَلَاث سَاعَات كَانَ ينهانا رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم أَن نصلي فِيهِنَّ أَو نقبر فِيهِنَّ أمواتنا حِين تطلع الشَّمْس بازغة حَتَّى ترْتَفع وَحين يقوم قَائِم الظهيرة حَتَّى تميل الشَّمْس وَحين تضيف الشَّمْس للغروب) 


📚 [تقي الدين الحصني ,كفاية الأخيار في حل غاية الاختصار ,page 127]

وَأما الوقتان الْآخرَانِ فيتعلقان بِالْفِعْلِ بِأَن يُصَلِّي الصُّبْح أَو الْعَصْر فَإِذا قدم الصُّبْح أَو الْعَصْر طَال وَقت الْكَرَاهَة وَإِذا أخر قصر وَحجَّة ذَلِك مَا ورد عَن أبي هُرَيْرَة رَضِي الله عَنهُ أَن رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم

(نهى عَن الصَّلَاة بعد الْعَصْر حَتَّى تغرب الشَّمْس وَبعد الصُّبْح حَتَّى تطلع الشَّمْس)


📚 [البجيرمي، حاشية البجيرمي على الخطيب = تحفة الحبيب على شرح الخطيب، ١١٦/٢]

وَهِيَ كَرَاهَةُ تَحْرِيمٍ كَمَا صَحَّحَهُ فِي الرَّوْضَةِ وَالْمَجْمُوعِ هُنَا وَإِنْ صَحَّحَ فِي التَّحْقِيقِ، وَفِي الطَّهَارَةِ مِنْ الْمَجْمُوعِ أَنَّهَا كَرَاهَةُ تَنْزِيهٍ (وَ) هِيَ (خَمْسَةُ أَوْقَاتٍ لَا يُصَلَّى فِيهَا) أَيْ فِي غَيْرِ حَرَمِ مَكَّةَ (إلَّا صَلَاةً لَهَا سَبَبٌ) غَيْرُ مُتَأَخِّرٍ فَإِنَّهَا تَصِحُّ كَفَائِتَةٍ وَصَلَاةِ كُسُوفٍ وَاسْتِسْقَاءٍ وَطَوَافٍ وَتَحِيَّةٍ وَسُنَّةِ وُضُوءٍ وَسَجْدَةِ تِلَاوَةٍ وَشُكْرٍ وَصَلَاةِ جِنَازَةٍ، وَسَوَاءٌ أَكَانَ فَائِتَةً فَرْضًا أَمْ نَفْلًا لِأَنَّهُ «- صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - صَلَّى بَعْدَ الْعَصْرِ رَكْعَتَيْنِ وَقَالَ: هُمَا اللَّتَانِ بَعْدَ الظُّهْرِ» ، أَمَّا مَا لَهُ سَبَبٌ مُتَأَخِّرٌ كَرَكْعَتَيْ الِاسْتِخَارَةِ وَالْإِحْرَامِ فَإِنَّهَا لَا تَنْعَقِدُ كَالصَّلَاةِ الَّتِي لَا سَبَبَ لَهَا.


والله اعلم بالصواب.


® Sibawaih 2023

Friday, June 7, 2024

PENGERTIAN MAKRUH TAHRIIM

 0519. FIQIH : Pengertian MAKRUH TAHRIIM



PERTANYAAN :

Adhi NurMochammad Khusna

Apa yang di namakan dengan makruh takhrim ??? mohon dicontohkan.

JAWABAN :

Masaji Antoro 

Makruh TAHRIIM ialah makruh yang berakibat pada dosa.

الفرق بين كراهة التحريم وكراهة التنزيه: أن الأولى تقتضي الإثم، والثانية لاتقتضيه.

Perbedaan antara Makruh TAHRIIM dan Makruh Tanziih adalah makruh yang pertama berakibat dosa sedang makruh yang kedua tidak. [ I’aanah at-Tholibin I/121, Al-Fiqh al-Islaam I/598 ].

Perbedaan MAKRUH TAHRIM dengan HARAM

والفرق بين كراهة التحريم والحرام مع أن كلا يقتضي الإثم أن كراهة التحريم ما ثبتت بدليل يحتمل التأويل والحرام ما ثبت بدليل قطعي لا يحتمل التأويل من كتاب أو سنة أو إجماع أو قياس

Perbedaan antara makruh tahriim dan Haram yang kedua-duanya berakibat dosa. Makruh Tahrim : Ketetapan hukum yang berdasarkan dalil yang masih memungkinkan dita’wil (ditafsiiri). Sedang Haram : Ketetapan hukum yang berdasarkan dalil yang tidak dapat lagi dita’wili baik berdasarkan alQuran, Hadits, Ijma ataupun Qiyas. [ I’aanah at-Thoolibiin I/121, Tuhfah al-Habiib II/43, Hasyiyah al-Bujairami ala al-Khathiib III/416 ].

وَالتَّحْرِيمُ وَكَرَاهَةُ التَّحْرِيمِ يَتَشَارَكَانِ فِي اسْتِحْقَاقِ الْعِقَابِ بِتَرْكِ الْكَفِّ ، وَيَفْتَرِقَانِ فِي أَنَّ التَّحْرِيمَ : مَا تُيُقِّنَ الْكَفُّ عَنْهُ بِدَلِيلٍ قَطْعِيٍّ .

وَالْمَكْرُوهُ مَا تَرَجَّحَ الْكَفُّ عَنْهُ بِدَلِيلٍ ظَنِّيٍّ (1) .

وَفِي مَرَاقِي الْفَلاَحِ : الْمَكْرُوهُ : مَا كَانَ النَّهْيُ فِيهِ بِظَنِّيٍّ . ، وَهُوَ قِسْمَانِ : مَكْرُوهٌ تَنْزِيهًا وَهُوَ مَا كَانَ إِلَى الْحِل أَقْرَبَ ، وَمَكْرُوهٌ تَحْرِيمًا وَهُوَ مَا كَانَ إِلَى الْحَرَامِ أَقْرَبَ ، فَالْفِعْل إِنْ تَضَمَّنَ تَرْكَ وَاجِبٍ فَمَكْرُوهٌ تَحْرِيمًا ، وَإِنْ تَضَمَّنَ تَرْكَ سُنَّةٍ فَمَكْرُوهٌ تَنْزِيهًا ، لَكِنْ تَتَفَاوَتُ كَرَاهَتُهُ فِي الشِّدَّةِ وَالْقُرْبِ مِنَ التَّحْرِيمِ بِحَسَبِ تَأَكُّدِ السُّنَّةِ (2) 

__________

(1) شرح مسلم الثبوت للأنصاري 1 / 57 - 58 ، والتعريفات للجرجاني 228 .

(2) حاشية الطحطاوي على مراقي الفلاح 188 - 189 .

Haram dan Makruh Tahriim kedua-keduanya dalam kesamaan dalam berhaknya atas siksa akibat pelarangannya, keduanya berbeda dari segi ketetapan hukum haram pelarangannya bersumber dari dalil pasti sedang makruh tahrim dari dalil yang zhonny (dalil dugaan kuat) yang diunggulkan (Syarh al-Muslim ats-tsubuut li anshoory I/57-58 dan Ta’rifat li alJurjaany hal. 228).

Dalam kitab Muraaqi al-Falaah dijelaskan “Makruh adalah ketetapan yang pelarangannya berdasarkan zhonny (praduga kuat) dan terbagi atas dua macam :

1. Makruh Tanziih ialah makruh yang lebih cenderung mendekati hukum halal

2. Makruh Tahriim ialah makruh yang lebih cenderung mendekati hukum haram

Maka sebuah perbuatan bila mengandung meninggalkan kewajiban kemaruhannya kearah tahriim sedang bila mengandung meninggalkan kesunahan kemaruhannya kearah tanziih hanya saja kadar dan kedekatan yang terdapat pada makruh tanzih dengan makruh tahriim tentunya juga berbeda disebabkan muakkad (kokokh) dan tidaknya sebuah kesunahan. [ Al-Mausuu’ah al-Fiqhiyyah X/206 ].

Iam El Bassyasy 

Perdedaan makruh tahrim & tanzih :

* Tahrim = berakibat dosa

* Tanzih = tidak berakibat dosa

Sedangkan Persamaannya : sama-sama makruh (tidak disukai)

Perbedaan haram & makruh tahrim :

* HARAM : dalil (keharamannya) kuat.

* Tahrim : dalilnya lemah.

Sedangkan persamaannya : sama-sama berakibat dosa.

Bagi teman-teman yang punya/bawa kitab ''taqrirotus sadidah'' bisa dicek. Disitu ibarohnya jelas. Wallahu a'lam

Thursday, June 6, 2024

ORANG PINGSAN WAJIB KAH MENGQODHO SHOLAT NYA? BAGAIMANAKAH...

 *Orang Pingsan Wajibkah Mengqodho Sholatnya?*


Bagi orang yang pingsan sholatnya di tafshil :

Jika pingsannya datang setelah masuk waktunya shalat, yg di perkirakan cukup melakukan rukun shalat saja bagi orang yang tidak daimul hadats atau seukuran bersuci saja bagi orang yang daimul hadats maka sholatnya wajib di qodho'.

jika pingsannya datang sebelum masuknya waktu shalat dan pingsannya sampai mrnghabiskan waktu shalat tersebut, maka sholtnya tidak wajib diqodlo'.


Referensi :


إسعاد الرفيق الجزء ١ ص : ۷۲


فان طرأ مانع من موانعها كحيض أوجنون أو إغماء وكان طروه بعد ما مضى من أول وقتها ما أي زمن يسعها أي يسع أركانها فقط بالنسبة لمن يمكنه تقديم الطهر على الوقت كسلم غير متيمم وبعد أن يمضي منه ما يسعها وطهرها بالنسبة لمن لا يمكنه تقديمه لنحو سلس بكسر اللام وفتحها كمتيمم لزمه بعد زوال المانع قضاءها أي قضاء صلاة ذلك الوقت لادراكه من وقتها ما يمكنه فعلها فيه فلا يسقط بما طرأ أو زوال المانع كأن بلغ أو أفاق أو طهرت أو أسلم والحال أنه قد بقي جزء من الوقت ولو كان قدر ذلك الجزء قدر زمن تكبيرة للتحرم لزمته صلاة ذلك الوقت فيجب عليه قضاؤها إن لم يمكنه أداؤها في الوقت بشرط بقاء السلامة من الموانع قدر الصلاة بأخف ممكن كركعتين لمسافر وإن أراد الاتمام تغليبا للايجاب كاقتداء قاصر بمتم وقدر الطهارة, وكذا باقي الشروط في غير الصبي والكافر لامكانهما تقديمها على زوال مانعهما عند حج وكذا يلزمه ما أي الصلاة التي قبلها وفي نسخة بخط المصنف وما قبلها, وفي أخرى بخطه أيضا أو مع ما قبلها لكن لا مطلقا بل انجمعت معها كالظهر مع العصر لاتحاد وقتها في العذر ففي الضرورة أولى, فيجب عليه قضاءها بشرط بقاء السلامة بعد زوال المانع قدرها كذلك, وقدر مؤداة وجبت

ketika tiba-tiba datang penghalang (shalat) seperti haidl, gila atau epilepsy pada awal waktu pelaksanaannya, yakni waktu yang cukup dipergunakan melaksanakan rukun-rukun shalat dengan dinisbatkan pada orang yang dimungkinkan mendahulukan bersuci atas waktu shalat sebagaimana orang yang selamat (dari penghalang) yang tidak bertayamum. Dan setelah berlalunya waktu yang cukup (untuk melaksanakan shalat) dengan dinisbatkan pada orang yang tidak mungkin mendahulukan bersuci sebelum masuk waktu seperti orang beser dan orang yang bertayamum, maka setelah hilangnya penghalang, harus mengqadla' shalat tersebut, karena menjumpai waktu yang dapat dipergunakan untuk melaksanakan shalat. Maka penghalang tidak menggugurkan kewajiban shalat. Atau hilangnya penghalang (shalat) seperti mencapai usia baligh atau sembuh (dari gila dan epilepsy), atau suci, atau baru masuk Islam, sedang masih ada waktu yang cukup dipergunakan untuk melaksanakan takbiratul ihram, maka harus melaksanakan shalat (tersebut) dan wajib mengqadla' jika tidak mungkin melaksanakan pada waktunya dengan ketentuan selamat dari penghalang selama perkiraan melaksanakan shalat yang paling ringan seperti 2 raka'at bagi musafir, dan kadar bersuci serta syarat-syarat yang lain bagi selain anak kecil dan orang kafir, karena keduanya dimungkinkan untuk mendahulukan menghilangkan penghalangnya menurut Imam Ibnu Hajar al-Haitami )حج(. Demikian juga wajib melaksanakan shalat sebelumnya namun tidak mutlak, melainkan jika kedua shalat bisa jama' seperti Dhuhur dan Ashar. Maka ia harus mengqadla' dengan syarat masih selamat (dari penghalang) dalam kurun waktu tersebut dan kurun waktu melaksanakan kewajiban."

اشباه والنظائر صح : 213 مكتبة دار الكتب العلمية وَاعْلَمْ أَنَّ الثَّلَاثَةَ قَدْ يَشْتَرِكُونَ فِي أحكام الى الثَّالِثُ قَضَاءُ الصَّلاةِ إِذَا اسْتَغْرَقَ ذَلِكَ الْوَقْتَ يَجِبُ عَلَى النَّائِمِ دُونَ الْمَجْنُونِ وَالْمُعْمَى عَلَيْهِ كَالْمَجْنُون اه

Ketahuilah bahwa 3 hal (tidur, gila, epilepsy) berserikat dalam hukum.

Ketiga, mengqadla' shalat wajib bagi orang yang tidur ketika menghabiskan waktu namun tidak bagi orang gila dan epilepsy.

Wallahu Ta'ala A'lam

Link KAJIAN pribadi seorang muslim 

Klik 

https://t.me/+BOEnXHGuS7s2OWJl

URUTAN -URUTAN MAHRAM

 URUTAN -URUTAN MAHRAM 


MUHRIM yaitu seseorang yang haram di nikahi dan banyaknya ada EMPAT BELAS.


 *TUJUH orang dari pihak TURUNAN :* 


1. IBU dan IBUNYA (nenek), ibu dari Bapak dan seterusnya sampai ke atas.

2. ANAK dan CUCU seterusnya ke bawah

3. SAUDARA PEREMPUAN, seibu-sebapa atau sebapa atau seibu saja.

4. SAUDARA PEREMPUAN dari Bapa

5. SAUDARA PEREMPUAN dari ibu 

6. ANAK PEREMPUAN dari SAUDARA LAKI-LAKI dan seterusnya

7. ANAK PEREMPUAN dari saudara PEREMPUAN dan seterusnya.


 *DUA ORANG dari sebab MENYUSU:* 


1. IBU dan bapa tempat menyusu.

2. SAUDARA PEREMPUAN yg sepersusuan 


 *EMPAT orang dari dari SEBAB PERKAWINAN* 


1. IBU dari istri (MERTUA)

2. ANAK TIRI, APABILA sudah CAMPUR dengan IBUNYA.

3. ISTRI dari ANAK (MENANTU)

4. Istri Bapa


 *Referensi:*


📚  *الفقه المنهجي جز ٤ صح ٢٦* 

اﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ ﺑﺎﻟﻘﺮاﺑﺔ:

ﻭاﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ ﺑﺴﺒﺐ اﻟﻘﺮاﺑﺔ ﺳﺒﻊ، ﻭﻫﻦ:

1ـ اﻷﻡ، ﻭﺃﻡ اﻷﻡ، ﻭﺃﻡ اﻷﺏ، ﻭﻳﻌﺒﺮ ﻋﻨﻬﻦ ﺑﺄﺻﻮﻝ اﻹﻧﺴﺎﻥ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺡ ﻭاﺣﺪﺓ ﻣﻨﻬﻦ.

2ـ اﻟﺒﻨﺖ، ﻭﺑﻨﺖ اﻻﺑﻦ، ﻭﺑﻨﺖ اﻟﺒﻨﺖ، ﻭﻳﻌﺒﺮ ﻋﻨﻬﻦ ﺑﻔﺮﻭﻉ اﻹﻧﺴﺎﻥ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺡ ﻭاﺣﺪﺓ ﻣﻨﻬﻦ.

3ـ اﻷﺧﺖ، ﺷﻘﻴﻘﺔ ﻛﺎﻧﺖ، ﺃﻭ ﻷﺏ، ﺃﻭ ﻷﻡ، ﻭﻳﻌﺒﺮ ﻋﻨﻬﻦ ﺑﻔﺮﻭﻉ اﻷﺑﻮﻳﻦ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺡ ﻭاﺣﺪﺓ ﻣﻨﻬﻦ ﺃﺑﺪا.

4ـ ﺑﻨﺖ اﻷﺥ اﻟﺸﻘﻴﻖ، ﻭﺑﻨﺖ اﻷﺥ ﻷﺏ، ﺃﻭ ﻷﻡ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺣﻬﻦ.

5ـ ﺑﻨﺖ اﻷﺧﺖ، ﺷﻘﻴﻘﺔ ﻛﺎﻧﺖ، ﺃﻭ ﻷﺏ، ﺃﻭ ﻷﻡ، ﻓﻬﻦ ﺣﺮاﻡ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺣﻬﻦ ﺃﺑﺪا.

6ـ اﻟﻌﻤﺔ، ﻭﻫﻲ ﺃﺧﺖ اﻷﺏ، ﻭﻣﺜﻠﻬﺎ ﻋﻤﺔ اﻷﺏ، ﻭﻋﻤﺔ اﻷﻡ، ﻭﻳﻌﺒﺮ ﻋﻨﻬﻦ ﺑﻔﺮﻭﻉ اﻟﺠﺪﻳﻦ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ اﻷﺏ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺣﻬﻦ ﺑﺤﺎﻝ.

7ـ اﻟﺨﺎﻟﺔ، ﻭﻫﻲ ﺃﺧﺖ اﻷﻡ، ﻭﻣﺜﻠﻬﺎ ﺧﺎﻟﺔ اﻷﻡ ﻭﺧﺎﻟﺔ اﻷﺏ ﻭﻳﻌﺒﺮ ﻋﻨﻬﻦ ﺑﻔﺮﻭﻉ اﻟﺠﺪﻳﻦ ﻣﻦ ﺟﻬﺔ اﻷﻡ، ﻓﻼ ﻳﺠﻮﺯ ﻧﻜﺎﺣﻬﻦ ﺃﺑﺪا. ﻭﻓﻲ ﺣﺮﻣﺔ ﻫﺆﻻء ﻛﻠﻬﻦ ﻧﺰﻝ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: {ﺣﺮﻣﺖ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﺃﻣﻬﺎﺗﻜﻢ ﻭﺑﻨﺎﺗﻜﻢ ﻭﺃﺧﻮاﺗﻜﻢ ﻭﻋﻤﺎﺗﻜﻢ ﻭﺧﺎﻻﺗﻜﻢ ﻭﺑﻨﺎﺕ اﻷﺥ ﻭﺑﻨﺎﺕ اﻷﺧﺖ ... .. } 

[ اﻟﻨﺴﺎء: 23] 

ﻓﺈﺫا ﻋﻘﺪ ﻋﻠﻰ ﻭاﺣﺪﺓ ﻣﻨﻬﻦ ﻛﺎﻥ اﻟﻌﻘﺪ ﺑﺎﻃﻼ، ﻓﺈﻥ اﺳﺘﺤﻞ ﺫﻟﻚ ﻛﺎﻥ ﻛﺎﻓﺮا.

ﻫﺬا، ﻭﻳﺤﺮﻡ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺮﺃﺓ ﺃﺑﻮﻫﺎ، ﻭﺃﺑﻮ ﺃﺑﻴﻬﺎ، ﻭﺃﺑﻮ ﺃﻣﻬﺎ، ﻭﺟﻤﻴﻊ ﺃﺻﻮﻟﻬﺎ. ﻭﻳﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻬﺎ اﺑﻨﻬﺎ ﻭاﺑﻦ اﺑﻨﻬﺎ ﻭاﺑﻦ ﺑﻨﺘﻬﺎ، ﻭﺟﻤﻴﻊ ﻓﺮﻭﻋﻬﺎ. ﻭﻳﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺃﺧﻮﻫﺎ ﺷﻘﻴﻘﺎ ﻛﺎﻥ ﺃﻭ ﻷﺏ ﺃﻭ ﻷﻡ، ﻭﻛﺬﻟﻚ ﻳﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺃﺑﻨﺎء ﺇﺧﻮﺗﻬﺎ، ﻭﺃﺑﻨﺎء ﺃﺧﻮاﺗﻬﺎ، ﻛﻤﺎ ﻳﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﺃﻋﻤﺎﻣﻬﺎ، ﻭﺃﺧﻮاﻟﻬﺎ، ﻭﺃﻋﻤﺎﻝ ﺃﺑﻴﻬﺎ، ﻭﺃﻋﻤﺎﻡ ﺃﻣﻬﺎ، ﻭﺃﺧﻮاﻝ ﺃﺑﻴﻬﺎ ﻭﺃﺧﻮاﻝ ﺃﻣﻬﺎ.


📚 *فتح القريب ص ٢٣١*

اﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ

{ﻓﺼﻞ} 

(ﻭاﻟﻤﺤﺮﻣﺎﺕ) ﺃﻱ اﻟﻤﺤﺮﻡ ﻧﻜﺎﺣﻬﻦ (ﺑﺎﻟﻨﺺ ﺃﺭﺑﻊ ﻋﺸﺮﺓ): ﻭﻓﻲ ﺑﻌﺾ اﻟﻨﺴﺦ «ﺃﺭﺑﻌﺔ ﻋﺸﺮ»: (ﺳﺒﻊ ﺑﺎﻟﻨﺴﺐ؛ ﻭﻫﻦ: اﻷﻡ ﻭﺇﻥ ﻋﻠﺖ، ﻭاﻟﺒﻨﺖ ﻭﺇﻥ ﺳﻔﻠﺖ). ﺃﻣﺎ اﻟﻤﺨﻠﻮﻗﺔ ﻣﻦ ﻣﺎء ﺯﻧﺎ ﺷﺨﺺ ﻓﺘﺤﻞ ﻟﻪ ﻋﻠﻰ اﻷﺻﺢ، ﻟﻜﻦ ﻣﻊ اﻟﻜﺮاﻫﺔ، ﻭﺳﻮاء ﻛﺎﻧﺖ اﻟﻤﺰﻧﻰ ﺑﻬﺎ ﻣﻄﺎﻭﻋﺔ ﺃﻭ ﻻ. ﻭﺃﻣﺎ اﻟﻤﺮﺃﺓ ﻓﻼ ﻳﺤﻞ ﻟﻬﺎ ﻭﻟﺪﻫﺎ ﻣﻦ اﻟﺰﻧﺎ، (ﻭاﻷﺧﺖ) ﺷﻘﻴﻘﺔ ﻛﺎﻧﺖ ﺃﻭ ﻷﺏ ﺃﻭ ﻷﻡ، (ﻭاﻟﺨﺎﻟﺔ) ﺣﻘﻴﻘﺔ ﺃﻭ ﺑﺘﻮﺳﻂ ﻛﺨﺎﻟﺔ اﻷﺏ ﻭاﻷﻡ، (ﻭاﻟﻌﻤﺔ) ﺣﻘﻴﻘﺔ ﺃﻭ ﺑﺘﻮﺳﻂ ﻛﻌﻤﺔ اﻷﺏ، (ﻭﺑﻨﺖ اﻷﺥ) ﻭﺑﻨﺎﺕ ﺃﻭﻻﺩﻩ ﻣﻦ ﺫﻛﺮ ﺃﻭ ﺃﻧﺜﻰ، (ﻭﺑﻨﺖ اﻷﺧﺖ) ﻭﺑﻨﺎﺕ ﺃﻭﻻﺩﻫﺎ ﻣﻦ ﺫﻛﺮ ﺃﻭ ﺃنثى



 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes