BREAKING NEWS

Watsapp

Tuesday, August 9, 2022

🛑 Kifayatul Awam

 🛑Ngaji Kitab (PART 12)


Kitab Kifayatul Awam

(Karya Syeikh Muhammad Al Fudhali)


🔲PELAJARAN 3


🛑 PENGERTIAN BAQO'


الصِّفَةُ الثَّالِثَةُ الْوَاجِبَةُ لَهُ تَعَالَى الْبَقَاءُ وَمَعْنَاهُ عَدَمُ الْآخَرِيَّةِ

لِلْوُجُودِ

✍️"Sifat ketiga yang wajib bagi Allah adalah Baqo' dan maknanya adalah: Tidak ada akhir bagi wujud".


فَمَعْنَى كَوْنِ اللَّهِ تَعَالَى بَاقِيًا اَنَّهُ لَا آخِرَ لِوُجُودِهِ

✍️"Maka makna keadaan Allah itu Baqo' (kekal) adalah bahwa Dia tidak ada akhir bagi wujudNya".


🛑DALIL SIFAT BAQO'


وَالدَّلِيلُ عَلَى بَقَائِهِ تَعَالَى أَنَّهُ لَوْجَازَ أَنْ يُلْحِقَهُ الْعَدَمُ لَكَانَ حَادِثًا فَيَفْتَقِرُ إِلَى مُحْدِثٍ وَيَلْزَمُ الدُّورُ أَوِ التَّسَلْسُلُ وَقَدْ تَقَدَّمَ تَعْرِيفُ كُلِّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا فِي دَلِيلِ الْقِدَمِ

✍️"Dan dalil atas baqo Nya Allah adalah bahwa kalau boleh Allah itu dihubungi oleh ketiadaan ('adam) niscaya jadilah Dia baru (hadits) maka dia membutuhkan kepada muhdits dan lazimlah Daur atau Tasalsul. Dan telah terdahulu ta'rif masing-masing dari keduanya pada dalil Qidam"


وَتَوْضِيحُهُ أَنَّ الشَّيْءَ الَّذِي يَحُوزُ عَلَيْهِ الْعَدَمُ يَنْتَفِى عَنْهُ الْقِدَمُ لِأَنَّ كُلَّ مَنْ لَحِقَهُ الْعَدَمُ يَكُونُ وُجُودُهُ حَائِزًا وَكُلُّ جَائِزٍ الْوُجُودِ يَكُونُ حَادِثًا وَكُلُّ حَادِثٍ يَفْتَقِرُ إِلَى مُحْدِثٍ وَهُوَ تَعَالَى ثَبَتَ لَهُ الْقِدَمُ بِالدَّلِيلِ الْمُتَقَدِّمِ وَكُلُّ مَا ثَبَتَ لَهُ الْقِدَمُ اسْتَحَالَ عَلَيْهِ الْعَدَمُ فَدَلِيلُ الْبَقَاءِ لَهُ تَعَالَى هُوَ دَلِيلُ الْقِدَمِ

✍️"Dan penjelasannya adalah bahwa sesuatu yang boleh atasnya a'dam maka tidak ada padanya Qidam karena setiap dzat yang bisa dihubungi a'dam jadilah wujudnya jaiz dan setiap yang jaiz wujud adalah hadits dan setiap yang hadits membutuhkan kepada Muhdits. Dan Dia Allah telah tetap bagiNya qidam dengan dalil yang terdahulu dan setiap sesuatu yang telah tetap baginya Qidam niscaya mustahil atasNya a'dam. Maka, dalil baQo bagi Allah adalah dalil qidam".


🛑 KESIMPULAN DALIL BAQO'


وَحَاصِلُهُ أَنْ تَقُولَ لَوْ لَمْ يَجِبْ لَهُ الْبَقَاءُ بِأَنْ كَانَ يَجُوزُ عَلَيْهِ الْعَدَمُ لَا نُتَّفَى عَنْهُ الْقِدَمُ وَالْقِدَمُ لَا يَصِحُّ انْتِفَائُهُ عَنْهُ تَعَالَى لِلدَّلِيلِ

الْمُتَقَدِّمِ

✍️"Dan kesimpulannya adalah bahwa anda berkata: Kalau tidak wajib bagi Allah itu baqo' dalam arti boleh atasNya a'dam niscaya tidak ada padaNya qidam, sedangkan qidam itu tidak syah dihilangkan dari Allah, karena dalil yang terdahulu".


وَلِهَذَا هُوَ الدَّلِيلُ الْإِجْمَالِيُّ لِلْبَقَاءِ الَّذِي يَجِبُ عَلَى كُلِّ شَخْصٍ

أَنْ يَعْلَمَهُ

✍️"Dan inilah dalil ijmali bagi baqo' yang wajib atas setiap orang untuk mengetahuinya".


وَهَكَذَا كُلُّ عَقِيدَةٍ يَجِبُ أَنْ يُعْلَمَهَا وَيَعْلَمَ دَلِيلَهَا الْإِجْمَالِيَّ فَإِذَا عَرَفَ بَعْضَ الْعَقَائِدِ بِدَلِيلِهِ وَلَمْ يَعْرِفْ الْبَاقِي بِدَلِيلِهِ لَمْ يَكْفِ فِي الِايْمَانِ عَلَى رَأَى مَنْ لَمْ يَكْتَفِ بِالتَّقْلِيدِ

✍️"Dan begitu juga tiap-tiap aqidah, wajib untuk mengetahuinya dan mengetahui akan dalilnya yang ijmali. Maka jika dia mengetahui sebagian akidah-akidah dengan dalilnya sedangkan dia tidak mengetahui yang lain beserta dalilnya, tidaklah cukup pada iman berdasarkan pendapat ulama yang tidak menganggap cukup dengan taklid".


🛑TAMBAHAN


KAMUS ILMU TAUHID:


🔴 #QADIM SIFATI (قديم صفاتي)


Qadim Sifati adalah Tidak ada permulaan pada #SIFAT Allah swt.


🔴 #QADIM ZATI (قديم ذاتي)


Qadim Zati adalah Tidak ada permulaan pada #ZAT Allah swt


🔴 #QADIM IDHAFI (قديم اضافي)


Qadim Idhafi adalah Terdahulu suatu atas suatu seperti terdahulu bapa kepada anak 


🔴 #QADIM ZAMANI (قديم زماني)


Qadim Zamani adalah Lalu masa atas sesuatu sekurang-kurangnya setahun.


🔴 #QADIM HAKIKI (قديم حقيقي)


Qadim Hakiki Ialah QADIM SIFATI & QADIM ZATI,tiada harus dikatakan lain daripada Allah swt.


🔴 #KEKAL HAKIKI (ككل حقيقي)


Kekal Hakiki adalah kekal yang sebenar. 


🔴 #KEKAL ARADHI (ككل عرضي)


= Kekal Aradhi ialah kekal yang mendatang .Ada 10 semuanya :


1⃣  #SYURGA 


2⃣ #NERAKA 


3⃣ #LAUH MAHFUZ 


4⃣ #ARASH 


5⃣ #QALAM 


6⃣ #KURSI 


7⃣ #ROH 


8⃣ #JISIM SEKALIAN NABI 


9⃣ #JISIM PEJUANG MATI SYAHID.


🔟 #AJBU ZANBI (عجب الذنب)


=Iaitu tulang kecil seperti biji sawi duduknya ditungging manusia.Itulah benih anak adam ketika bangkit dari kubur.


Sumber :

Kitab Risalah tauhid.


🔴 #DAUR (دور) 


Daur ertinya BERKELILINGAN.

Terbahagi kpd 2 :


1⃣ DAUR MUSARRAH (دور مصرح)


Berkelilingan yang dinyatakan.Iaitu ada dua peringkat seperti Zaid menjadikan Amar & Amar menjadikan Zaid.


2⃣ DAUR MUDHMAR (دور مضمر).

Iaitu Berkelilingan yang disembunyikan.Iaitu adanya ia dengan beberapa peringkat seperti Zaid menjadikan Amar,Amar menjadikan Bakar dan Bakar itu menjadikan Zaid.


🔴 #TASALSUL (تسلسل)


Tasalsul ertinya Berturutan/Berangkai yang tiada kesudahan.

Seperti Zaid menjadikan Amar,Amar menjadikan Bakar,Bakar menjadikan khalid dan demikian lah seterusnya hingga tiada kesudahan pada menjadikan itu.


Wallahu a'lam

Monday, August 8, 2022

AMALKAN HARI ASYURA DARI KITAB IANATUT THOLIBIN

 Amalan Hari Asyura dari kitab I'anatut Thalibiin.

Terjemahan I'anatut Thalibin Juz 2 Hal 266-267

Dalam kitab Fathul Mu’in Syaikh Zainuddin Al-Malibari menuturkan:

(و) يوم (عاشوراء): وهو عاشر المحرم، لأنه يكفر السنة الماضية - كما في مسلم -.

Dan disunnahkan muakkad berpuasa Asyura. Asyura adalah hari kesepuluh Muharram. Karena berpuasa Asyura menghapus tahun yang lewat sebagaimana dalam shahih Muslim

(وتاسوعاء): وهو تاسع، لخبر مسلم: لئن بقيت إلى قابل لأصومن التاسع. فمات قبله.

Dan disunnahkan muakkad berpuasa Tasu’a. Tasu'a adalah hari kesembilan Muharram. Karena khabar Imam Muslim:

“Sungguh jika aku masih hidup hingga tahun depan, sungguh-sungguh aku akan berpuasa di hari kesembilan.”

Beliau wafat sebelumnya.

وَالْحِكْمَةُ مُخَالَفَةُ الْيَهُوْدِ وَمِنْ ثَمَّ سُنَّ لِمَنْ لَمْ يَصُمْهُ صَوْمُ الْحَادِيَ عَشَرَ بَلْ إِنْ صَامَهُ لِخَبَرٍ فِيْهِ

Hikmah berpuasa Tasu’a bersama Asyura adalah menyelisihi yahudi.

Oleh karenanya bagi orang yang tidak berpuasa Tasu’a agar berpuasa hari kesebelas, bahkan seandainya dia berpuasa Tasu’a (juga disunnahkan berpuasa hari kesebelas) karena adanya khabar (hadits) didalamnya

وَفِي الْأُمِّ لَا بَأْسَ أَنْ يُفْرِدَهُ

Didalam kitab al Umm (diterangkan): Tidak apa-apa menyendirikan puasa Asyura

وَأَمَّا أَحَادِيْثُ الْإِكْتِحَالِ وَالْغُسْلِ وَالتَّطَيُّبِ فِيْ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ فَمِنْ وَضْعِ الْكَذَّابِيْنَ

Adapun hadits-hadits (yang menerangkan) keutamaan bercelak, mandi dan memakai wangi-wangian, itu adalah termasuk bikinan pendusta

======

Kentar kitab I'anatut Thalibin syekh Abu Bakar Syatho menuturkan:

( قَوْلُهُ وَأَمَّا أَحَادِيْثُ الْإِكْتِحَالِ إِلَخْ )

(Perkataan pengarang Kitab Fathul Muin: Adapun hadits-hadits (yang menerangkan keutamaan bercelak…dst)

فِي النَّفَحَاتِ النَّبَوِيَّةِ فِي الْفَضَائِلِ الْعَاشُوْرِيَّةِ لِلشَّيْخِ اَلْعَدَوِيِّ مَا نَصُّهُ

Di Dalam kitab An Nafahat An Nabawiyyah Fil fadhail Al ‘Ashriyyah karya Syaikh Al ‘Adawi ditulis:

قَالَ الْعَلَّامَةَ اَلْأَجْهُوْرِيُّ أَمَّا حَدِيْثُ الْكَحْلِ فَقَالَ الْحَاكِمُ إِنَّهُ مُنْكَرٌ وَقَالَ ابْنُ حَجَرٍ إِنَّهُ مَوْضُوْعٌ بَلْ قَالَ بَعْضُ الْحَنَفِيَّةِ إِنَّ الْإِكْتِحَالَ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ لَمَّا صَارَ عَلَامَةً لِبُغْضِ آلِ الْبَيْتِ وَجَبَ تَرْكُهُ

Al Allamah al Ajhuri berkata: Adapun hadits bercelak, Imam Hakim berkata bahwa itu hadits munkar. Sementara Imam Ibnu Hajar berpendapat itu hadits maudhu’..Bahkan sebagian ulama Hanafiyyah berkata, sesungguhnya bercelak pada hari Asyura, karena menjadi tanda kebencian kepada Ahlul bait maka wajib ditinggalkan

قَالَ وَقَالَ الْعَلَّامَةُ صَاحِبُ جَمْعِ التَّعَالِيْقِ يُكْرَهُ الْكَحْلُ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ لِأَنَّ يَزِيْدَ وَابْنَ زِيَادٍ اِكْتَحَلَا بِدَمِ الْحُسَيْنِ هَذَا الْيَوْمَ وَقِيْلَ بِالْإِثْمِدِ لِتَقَرَّ عَيْنُهُمَا بِفِعْلِهِ

Al Allamah Al ajhuri berkata:

Al Allamah Shahib kitab Jam'ul Ta'liq berkata: Dimakruhkan bercelak pada hari Asyura, karena Yazid dan Ibnu Ziyad, mereka berdua bercelak dengan darah Al Husain pada hari ini (hari Asyura), ada yang mengatakan mereka bercelak dengan itsmid, tujuan mereka berdua agar senang melihat perbuatannya itu

قَالَ الْعَلَّامَةُ اَلْأَجْهُوْرِيُّ وَلَقَدْ سَأَلْتُ بَعْضَ أَئِمَّةِ الْحَدِيِثِ وَالْفِقْهِ عَنِ الْكَحْلِ وَطَبْخِ الْحُبُوْبِ وَلُبْسِ الْجَدِيْدِ وَإِظْهَارِ السُّرُوْرِ فَقَالَ لَمْ يَرِدْ فِيْهِ حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَا عَنْ أَحَدٍ مِنَ الصَّحَابَةِ وَلَا اِسْتَحَبَّهُ أَحَدٌ مِنْ أَئِمَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ وَكَذَا مَا قِيْلَ إِنَّهُ مَنْ اِكْتَحَلَ يَوْمَهُ لَمْ يَرْمَدْ ذَلِكَ الْعَامَ

وَمَنْ اِغْتَسَلَ يَوْمَهُ لَمْ يَمْرَضْ كَذَلِكَ

Al Al Allamah Al Ajhuri berkata: Sungguh aku telah bertanya sebagian imam hadits dan fiqh mengenai bercelak, memasak biji-bijian, memakai pakaian baru, menampakkan kegembiraan, beliau menjawab: Dalam hal-hal tersebut tidak diriwayatkan hadits yang shahih dari Nabi shallallahu alaihi wasallam, dan juga tidak dari para sahabat, dan juga tidak ada satupun imam-imam muslimin yang menyunnahkannya.

Demikian juga apa yang dikatakan:

“Barang siapa bercelak pada hari Asyura maka tidak akan sakit matanya” dan: "Barang siapa mandi pada hari Asyura maka dia tidak akan sakit”

قَالَ وَحَاصِلُهُ أَنَّ مَا وَرَدَ مِنْ فِعْلِ عَشْرِ خِصَالٍ يَوْمَ عَاشُوْرَاءَ لَمْ يَصِحَّ فِيْهَا إِلَّا حَدِيْثُ الصِّيَامِ وَالتَّوْسِعَةِ عَلَى الْعِيَالِ وَأَمَّا بَاقِي الْخِصَالِ الثَّمَانِيَةِ فَمِنْهَا مَا هُوَ ضَعِيْفٌ وَمِنْهَا مَا هُوَ مُنْكَرٌ مَوْضُوْعٌ

Al Allamah Al Ajhuri berkata:

Walhasil, apa yang diriwayatkan berupa amalan sepuluh macam pada hari Asyura tidak ada yang shahih kecuali hadits berpuasa dan memberi kelonggaran atas keluarga. Adapun yang lainnya ada yang dhaif. Munkar dan maudhu’.

وَقَدْ عَدَّهَا بَعْضُهُمْ اِثْنَتَيْ عَشْرَةَ خَصْلَةً وَهِيَ اَلصَّلَاةُ وَالصَّوْمُ وَصِلَةُ الرَّحِمِ وَالصَّدَقَةُ وَالْإِغْتِسَالُ وَالْإِكْتِحَالُ وَزِيَارَةُ عَالِمٍ وَعِيَادَةُ مَرِيْضٍ وَمَسْحُ رَأْسِ الْيَتِيْمِ وَالتَّوْسِعَةُ عَلَى الْعِيَالِ وَتَقْلِيْمُ الْأَظْفَارِ وَقِرَاءَةُ سُوْرَةِ الْإِخْلَاصِ أَلْفَ مَرَّةٍ

Ulama menghitungnya menjadi dua belas macam, yaitu:

1. Shalat

2. Berpuasa

3.Silaturrahim

4. Bersedekah

5. Mandi

6. Bercelak

7. Mengunjungi orang alim

8. Menjenguk orang sakit

9. Mengusap kepala anak yatim

10. Memberi kelonggaran atas keluarga

11. Memotong kuku

12. Membaca surat Al Ikhlas seribu kali

ونظمها بعضهم فقال:

Dan sebagian ulama telah membuat Nadhoman ucapanya:

فِى يوْمِ عَاشُوْرَاءَ عَشْرٌ تَتَّصِلْ * بِهَا اثْنَتَانِ وَلهَاَ فَضْلٌ نُقِلْ 

Ada sepuluh amalan di dalam bulan ‘asyura, yang ditambah lagi dua amalan dan baginya keutamaan yang telah di ambil (dari Hadits)

صُمْ صَلِّ صَلْ زُرْ عَالمِاً عُدْ وَاكْتَحِلْ * رَأْسُ الْيَتِيْمِ امْسَحْ تَصَدَّقْ وَاغْتَسِلْ

Puasalah, shalatlah, sambung silaturahmi, ziarah orang alim, menjenguk orang sakit dan celak mata. Usaplah kepala anak yatim, bersedekah, dan mandi,

وَسِّعْ عَلَى اْلعِيَالِ قَلِّمْ ظُفْرَا * وَسُوْرَةَ الْاِخْلاَصِ قُلْ اَلْفَ تَصِلْ 

Luaskanlah (dermawan) terhadap keluarga, memotong kuku, membaca surat al-Ikhlas 1000 kali.

(فائدة) عن أبي هريرة رضي الله عنه، قال: قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم -: إن الله عز وجل افترض على بين إسرائيل صوم يوم في السنة، وهو يوم عاشوراء، - وهو اليوم العاشر من المحرم - فصوموه ووسعوا على عيالكم فيه، فإنه من وسع فيه على عياله وأهله من ماله وسع الله عليه سائر سنته

“Dari Abi Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya Allah mewajibkan atas Bani Israil untuk berpuasa satu hari dalam setahun, yaitu hari asyura – yakni hari ke 10 dari bulan muharram – maka berpuasalah kalian, dan berilah kelonggaran nafkah pada orang yang menjadi tanggungan wajib kalian, karena barangsiapa memberi kelapangan nafkah di hari asyura dari hartanya maka dia akan diberi kelapangan oleh Allah di tahun itu, maka berpuasalah.

فصوموه فإنه اليوم الذي تاب الله فيه على آدم فأصبح صفيا، ورفع فيه إدريس مكانا عليا، وأخرج نوح من السفينة ونجا إبراهيم من النار، وأنزل الله فيه التوراة على موسى، وأخرج فيه يوسف من السجن، ورد فيه على يعقوب بصره، وفيه كشف الضر عن أيوب، وفيه أخرج يونس من بطن الحوت، وفيه فلق البحر لبني إسرائيل، وفيه غفر لداود ذنبه، وفيه أعطى الله الملك لسليمان، وفي هذا اليوم غفر لمحمد - صلى الله عليه وسلم - ما تقدم من ذنبه وما تأخر، وهو أول يوم خلق الله فيه الدنيا.

وأول يوم نزل فيه المطر من السماء يوم عاشوراء، وأول رحمة نزلت إلى الأرض يوم عاشوراء.

Lakukanlah puasa Asyura’, karena pada hari itu Allah :

1. Menerima taubat Nabi Adam, maka jadilah beliau orang yang bersih,

2. Allah mengeluarkan Nabi Nuh dari kapalnya,

3. Allah menyelamatkan Nabi Ibrahim dari kobaran api,

4. Allah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa,

5. Allah mengeluarkan Nabi Yusuf dari penjara,

6. Allah mengembalikan mata penglihatan Nabi Ya’qub,

7. Allah membebaskan Nabi Ayyub dari bencana (penyakit),

8. Allah mengeluarkan Nabi Yunus dari perut ikan,

9. Allah membelah lautan (menjadi daratan) bagi bani Israil,

10. Allah pada hari itu mengampuni dosa Nabi Daud,

11. Allah pada hari itu memberikan kerajaan kepada Nabi Sulaiman,

12. Allah pada hari itu mengampuni dosa-dosa Nabi Muhammad yang telah lalu maupun yang akan datang,

13. Hari Asyura’ adalah hari pertama yang Allah ciptakan dunia,

14. Pada hari Asyura’ Allah menurunkan hujan dari langit untuk pertama kalinya,

15. dan pada hari Asyura pertama kali rahmat Allah turun di bumi,

فمن صام يوم عاشوراء فكأنما صام الدهر كله، وهو صوم الأنبياء.

Barangsiapa berpuasa Asyura’, maka seakan-akan ia berpuasa sepanjang tahun. Puasa Asyura’ adalah puasanya para Nabi,

ومن أحيا ليلة عاشوراء بالعبادة فكأنما عبد الله تعالى مثل عبادة أهل السموات السبع.

Dan barangsiapa menghidupkan malam Asyura’ maka seakan-akan ia beribadah kepada Allah seperti ibadahnya para penghuni tujuh langit,

ومن صلى فيه أربع ركعات يقرأ في كل ركعة الحمد لله مرة، وقل هو الله أحد، إحدى وخمسين مرة، غفر الله له ذنوب خمسين عاما.

Barangsiapa shalat empat rakaat dan pada setiap rakaat ia membaca Alhamdulillah sekali dan Qul Huwallah Ahad 50 (lima puluh) kali, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya selama 50 tahun,

ومن سقى في يوم عاشوراء شربة ماء سقاه الله يوم العطش الأكبر كأسا لم يظمأ بعدها أبدا، وكأنما لم يعص الله طرفة عين.

Barangsiapa memberi seteguk air minum maka Allah akan memberikan kepadanya satu gelas minuman pada hari haus yang besar, yang mana dia tidak akan dahaga sesudah itu selamanya, dan seakan-akan ia tidak pernah bermaksiat kepada Allah sekejap pun,

ومن تصدق فيه بصدقة فكأنما لم يرد سائل قط.

Barangsiapa bersedekah dengan suatu sedekah pada hari Asyura’, maka seakan-akan ia tidak pernah menolak seorang pun yang meminta-minta,

ومن اغتسل وتطهر يوم عاشوراء لم يمرض في سنته إلا مرض الموت.

Barangsiapa mandi pada hari Asyura’, maka ia tidak akan mengalami sakit apapun kecuali kematian,

ومن مسح فيه على رأس يتيم أو أحسن إليه فكأنما أحسن إلى أيتام ولد آدم كلهم.

Barangsiapa tangannya mengusap kepala anak yatim atau berbuat baik kepadanya, maka seakan-akan ia ia telah berbuat baik kepada semua anak yatim bani Adam,

ومن عاد مريضا في يوم عاشوراء فكأنما عاد مرضى ولد آدم كلهم.

Dan barangsiapa menjenguk orang sakit pada hari Asyura’, maka seakan-akan ia telah menjenguk semua orang sakit dari keturunan nabi Adam,

وهو اليوم الذي خلق الله فيه العرش، واللوح، والقلم. وهو اليوم الذي خلق الله فيها جبريل، ورفع فيه عيسى. وهو اليوم الذي تقوم فيه الساعة.

Pada hari Asyura’ Allah menciptakan ‘Arsy, Lauh, Qalam, dan hari itu Allah menciptakan Jibril, dan mengangkat nabi Isa dan pada hari itu terjadinya kiamat.

[البكري الدمياطي ,إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ,2/267]

Sumber: Kitab I’anatut Thalibin Juz 2 hal 266-267 – As Sayyid Asy Syeikh Abu Bakar bin Muhammad Syatha

Wallahu a'lam.


Sunday, August 7, 2022

SEORANG ISTRI MENUTUPI KEMISKINAN SUAMINYA"

 "SEORANG ISTRI MENUTUPI KEMISKINAN SUAMINYA"


Ada sebuah kisah, ketika seorang suami menangis kepada sahabatnya.

Sahabatnya itu pun bertanya, "Kenapa kau menangis tersedu-sedu seperti ini?"

Sang suami menjawab, "Istriku sedang sakit demam".

Sahabatnya bertanya lagi, "Sebegitu cintanyakah kau? Sehingga istri sakit demam saja sampai menangis sangat dlm seperti ini?

Sang suami menjawab, "Kau tahu siapa istriku?"

Lalu sang suami menceritakan pada sahabatnya, Aku ini miskin, tidak punya pekerjaan tetap & setiap hari keluargaku hanya makan dengan kacang, itu pun jika aku pulang. Jika aku tak pulang karena belum mendapat apa "untuk dimakan paling istriku hanya minum air atau berpuasa.

Suatu hari keluarga mertuaku mengundang kami untuk berkunjung ke rumahnya, kebetulan istriku berasal dari keluarga kaya.

Saat aku duduk berkumpul bersama mertuaku & keluarga yang lain di meja makan dengan hidangan yang mewah, aku tidak menemukan istriku. Lalu aku bertanya kepada ibu mertuaku,

"Dimanakah dia ibu?". Ibu mertuaku menjawab, "Istrimu sedang di dapur, dia mencari kacang..... Katanya dia sudah bosan dengan hidangan lauk & daging, sehingga dia sangat ingin makan kacang"

Ketika mendengar itu ayah mertuaku langsung memelukku sambil berkata,... "Terima kasih menantuku kau telah mencukupi nafkah anakku dengan baik, sampai "dia bosan makan daging & malah ingin mencoba makan kacang."

Saat itu dadaku tersesak, menahan tangis. Lalu saat pulang ke rumah kami, aku tak bisa lagi menahan tangis, sambil ku peluk erat istriku ...

"Betapa engkau sangat menjaga kehormatanku di hadapan orang lain wahai istriku walau pun itu orang tuamu sendiri, sedangkan aku tahu setiap hari kau hidup kekurangan disini, bahkan sampai tidak makan sama sekali."

Istriku hanya menjawab, "Aku berkewajiban menjaga kehormatanmu, Karena istri adalah pakaian suami & suami adalah pakaian istri. Karena itu istri adalah kehormatan suaminya, begitu juga pun sebaliknya suami adalah kehormatan bagi isterinya".

Friday, August 5, 2022

HARI QIYAMAH

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Deskripsi Materi Pembelajaran

Modul bahan ajar mandiri ini berisi materi pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti kelas IX semester I. Materi yang dikaji pada semester ini adalah tentang Meyakini hari akhir mengakhiri kebiasaan buruk, Jujur dan menepati janji, Menuai keberkahan dengan rasa hormat dan taat kepada orang tua dan guru, Dahsyatnya persatuan dalam ibadah haji dan umrah, Kehadiran Islam mendamaikan bumi nusantara dan meraih kesuksesan dengan optimis, ikhtiar dan tawakal.

B.     Prasarat

Siswa sebelumnya telah mempelajari tentang materi Iman kepada Allah dan Iman Kepada Malaikat-malaikat, Iman Kepada Kitab-kitab Allah dan Iman kepada Rasul Allah.

C.    Petunjuk Penggunaan Modul

Peserta didik dapat menggunakan modul ini dengan mempelajari materinya dan melakukan Langkah-langkah kegiatan yang diharapkan dalam modul ini. Kemudian terakhir kerjakan tugas dan Latihan sebagai tagihannya.

D.    Kompetensi Dasar

3.3.   Memahami makna iman kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan mahluk ciptannya.

4.3.  Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir

E.     Tujuan Akhir Pembelajaran

Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan dapat:

a.     Menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir dengan benar

b.    Menjelaskan dalil naqli dan aqli iman kepada hari akhir dengan benar

c.     Membedakan antara kiamat sugra dengan kiamat kubra dengan benar

d.    Menganalisis tanda terjadinya kiamat kubra dengan benar

e.     Menjelaskan lima tahapan kejadian setelah kiamat kubra dengan benar

f.     Mengidentifikasi perbedaan antara surga dan neraka dengan benar

g.    Menyimpulkan hikmah beriman kepada hari akhir dengan benar

h.    Menuliskan dalil naqli tentang gambaran kejadian hari akhir

 

F.     Rujukan Sumber Pembelajaran

a.              Departemen Agama RI. 2006. Al-Qur’an dan terjemahnya, Jakarta: Lintas Media.

b.             Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX (Buku Siswa) Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

c.                      Ahsan Muhammad dkk. 2018. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang Kemendikbud.

 

 

BAB II

KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.  Rencana Belajar Siswa

  Pada modul ini, peserta didik akan mempelajari materi dengan bimbingan guru secara daring. Setelah materi dipelajari peserta didik mengerjakan Lembar kerja beserta tugas-tugas secara mandiri. Hal-hal yang belum difahami bisa ditanyakan secara online. Setelah selelsai mengerjakan tugas, kemudian peserta didik melaksanakan evaluasi.

B.     Kegiatan Belajar

1.      Kegiatan Belajar 1

a.       Uraian singkat materi pelajaran

MEYAKINI HARI AKHIR MENGAKHIRI KEBIASAAN BURUK

A.    Pengertian Hari akhir

     Hari akhir adalah, hari hancurnya seluruh alam semesta beserta isinya diawali dengan ditiupnya sangkakala oleh malaikat isrofil dan dilanjutkan dengan kehidupan baru yaitu alam akhirat. Beriman kepada hari akhir berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa seluruh alam termasuk dunia dan seisinya akan mengalami kehancuran. Iman kepada hari akhir termasuk rukun iman yang ke lima. Sebagai umat Islam wajib mempercayai akan terjadinya hari kiamat. Kelak manusia akan dibangkitkan kembali dari kubur untuk menerima pengadilan Allah SWT.

B.     Dalil naqli dan dalil aqli tentang hari akhir

     Dalil naqli adalah dasar untuk menguatkan terjadinya hari kiamat berdasarkan Al-Quran dan hadits. Dalam Al-Qur,an surat  Al-Hajj [22]: 7 disebutkan:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَا ۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Artinya : Dan Sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.

 

Dalil aqli merupakan alasan atau petunjuk yang menguatkan sesuatu berdasarkan akal manusia dan dapat dibuktikan secara ilmiah. Dalil aqli dapat digunakan untuk mempertegas dalil naqli yang telah jelas kebenarannya. Para ahli menjabarkan bahwa alam semesta akan mengalami kehancuran, yaitu:

1.      Menurut Ahli Astronomi

Bumi dan planet-planet lainnya berputar mengelilingi matahari secara teratur dan sempurna. Masing-masing planet mempunyai daya Tarik menarik sehingga beredar dan bergerak seimbang. Namun daya Tarik menarik ini semakin lama akan semakin berkurang, bahkan hilang sama sekali. Akhirnya planet-planet tersebut akan bertabrakan.

2.      Menurut ahli geologi

Di dalam perut bumi terdapat gas panas yang berkembang dan terus menerus menekan ke arah luar bumi. Namun tekanan dari dalam bumi tersebut mendapat tekanan dari luar atau permukaannya sehingga terjadilah keseimbangan.Jika tekanan dari luar semakin melemah, maka gas bumi akan meledak dengan ledakan yang sangat dahsyat dan akan mengeluarkan nola api raksasa yang menimbulkan kehancuran.

3.      Menurut ahli fisika

Menurut teori ilmu alam bahwa sumber energi terbesar yang dapat memenuhi kebutuhan semua kehidupan di dunia ini adalah matahari. Begitu juga daya Tarik antara benda-benda angkasa (planet-planet) itu ada ketergantungan dengan energi matahari. Namun Ketika sinar matahari semakin melemah, akan mempengaruhi terhadap daya Tarik menarik palanet tersebut. Sehingga akan mengakibatkan terjadinya tabrakan antar planet.

4.      Menurut ahli ekonomi Jh. Van Vierngen dan kawan-kawannya

Mereka memperkirakan bahwa alam semesta ini akan meletus akibat dari pengembangan yang terus menerus tanpa batas, sehingga langit yang membentang luas itu akan pecah dan hancur berantakan, layaknya kita meniup balon terus menerus akan mengakibatkan Meletus balon tersebut.

Dengan dalil aqli tersebut, dapat mendorong manusia untuk beriman dan senantiasa beramal saleh. Itulah sebabnya kenapa keimanan kepada hari akhir itu sangat penting.

C.     Perbedaan Kiamat Sugra dan kiamat kubra

Hari akhir disebut juga dengan hari kiamat. Para ulama mengelompokkan kiamat menjadi dua macam, yaitu:

1.    Kiamat sugra (kiamat kecil) , yaitu terjadinya kematian yang menimpa Sebagian umat manusia. Misalnya matinya seseorang karena sakit, kecelakaan, musibah banjir, tanah longsor, tsunami, gempa bumi dan berbagai musibah atau cobaan lainnya. Firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah [2]: 155-156.

 

  وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ ٱلْخَوْفِ وَٱلْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ ٱلْأَمْوَٰلِ وَٱلْأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِ ۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ      ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ

Artinya : 155. dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

156. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun"[101].

 

[101] Artinya: Sesungguhnya Kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah Kami kembali. kalimat ini dinamakan kalimat istirjaa (pernyataan kembali kepada Allah). Disunatkan menyebutnya waktu ditimpa marabahaya baik besar maupun kecil.

 

2.    Kiamat Kubra (Kiamat besar), yaitu berakhirnya seluruh kehidupan mahluk secara serempak bersamaan dengan kehancuran  seluruh alam semesta. Kejadian mengenai hari kiamat digambarkan oleh Allah dalam beberapa ayat Al-Qur’an, diantaranya Surat Al-Qari,ah [101]: 4-5, Surat Al-Zalzalah[99]: 1-2, Az-Zumar [39]: 68, Al-Muzammil [73]: 18, Al-Haqqah [69]: 13-18, Al-Qari’ah [101]: 1-5.

 

Firman Allah SWT. Dalam QS Al Qariah (110:4-5)

يَوْمَ يَكُونُ ٱلنَّاسُ كَٱلْفَرَاشِ ٱلْمَبْثُوثِ

وَتَكُونُ ٱلْجِبَالُ كَٱلْعِهْنِ ٱلْمَنفُوشِ

Artinya : 4. pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran,

5. dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.

 

D.    Tanda-tanda Datangnya hari kiamat

1.      Tanda-tanda  kecil

a)      Segala urusan dipegang oleh yang bukan ahlinya

b)      Baitul Maqdis dikuasai oleh umat Islam

c)      Banyak terjadi pembunuhan

d)     Banyak terjadi fitnah

e)      Merebaknya perzinahan

f)       Jumlah kaum wanita lebih banyak dari pada kaum pria

g)      Banyak Perempuan menyerupai laki-laki atau sebaliknya

h)      Banyak berdiri masjid yang megah, sementara yang beribadahnya hanya sedikit

2.      Tanda-tanda besar

a)      Terbitnya matahari dari sebelah barat dan terbenam di sebelah timur

b)      Munculnya binatang yang dapat berbicara dengan manusia

c)      Datangnya Al-Mahdi

d)     Munculnya Dajjal

e)      Hilang dan lenyapnya Al-Quran yang berupa mushaf dan yang berupa hafalan dalam hati

f)       Turunnya Nabi Isa Al-Masih

g)      Terpecahnya bulan

h)      Munculnya Ya’juz dan Makzuz

          

 b. Rangkuman

1.    Hari akhir adalah, hari hancurnya seluruh alam semesta beserta isinya diawali dengan ditiupnya sangkakala oleh malaikat isrofil dan dilanjutkan dengan kehidupan baru yaitu alam akhirat.

2.    Dalil naqli adalah dasar untuk menguatkan terjadinya hari kiamat berdasarkan Al-Quran dan hadits., seperti dalam Al-Qur,an surat  Al-Hajj [22]: 7.

3.    Dalil aqli merupakan alasan atau petunjuk yang menguatkan sesuatu berdasarkan akal manusia dan dapat dibuktikan secara ilmiah. Seperti dijelaskan oleh berbagai ahli ilmu pengetahuan dan teknologi.

4.    Kiamat sugra (kiamat kecil) , yaitu terjadinya kematian yang menimpa Sebagian umat manusia. Misalnya matinya seseorang karena sakit, kecelakaan, musibah banjir, tanah longsor

5.    Kiamat Kubra (Kiamat besar), yaitu berakhirnya seluruh kehidupan mahluk secara serempak bersamaan dengan kehancuran  seluruh alam semesta.

6.    Datangnya hari kiamat ditandai dengan tanda-tanda kecil dan tanda-tanda besar.

                 c. Tugas/Tagihan

                     Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar

                     1. Jelaskan pengertian hari akhir dan iman kepada hari akhir!

                     2. Jelaskan dalil naqli dan dalil aqli tentang Iman kepada hari akhir!

                    3.  Jelaskan perbedaan antara kiamat sugra dan kiamat kubra!

                    4. Berikan analisis kalian terhadap tanda-tanda kiamat kubra!

                  d. Lembar Kerja Siswa

                      Petunjuk:

a)      Diskusikan hal-hal yang belum kamu fahami Bersama teman, saudara atau gurumu baik secara secara daring atau luring!

b)      Kerjakan tugas di bawah ini dengan mencari sumber dari buku, televisi, internet atau yang lainnya!

Soal:

                   1. Perhatikan tayangan di televisi atau internet tentang terjadinya kematian dengan berbagai sebab, apalagi bila dikaitkan dengan pandemi Covid 19 sekarang ini, bagaimana hubungannya dengan materi iman kepada hari akhir berikan analisis dan penjelasan kalian terhadap keterkaitannya?

                   2. Tuliskan dalil naqli tentang hari akhir dan dalil aqlinya masing-masing minimal 4 dalil!

            

              2. Kegiatan Belajar 2

                  a. Uraian Materi

1.      Fase-fase kehidupan setelah terjadinya kiamat

a)      Yaumul Qiyamah: Hari kehancuran alam semesta dan berakhirnya kehidupan makhluk secara serempak ditandai dengan tiupan sangkakala pertama malaikat israfil.(QS. Al-Haqqah [69]: 13-18).

b)      Yaumul Baats: Hari kebangkitan manusia dari alam barzah (alam kubur). Hal ini ditandai dengan ditiupnya sangkakala yang kedua oleh malaikat Israfil, maka seluruh manusia yang meninggal sejak zaman Nabi Adam hingga yang meninggal saat terjadinya kiamat akan dibangkitkan lagi. (Q.S. Ali Imran [3]: 106-107).

c)      Yaumul Mahsyar:  Hari berkumpulnya semua manusia di hadapan Allah secara Bersama-sama di Padang Mahsyar untuk menghadapi pengadilan Allah.(QS. Al-An’am[6]: 22).

d)     Yaumul Hisab : Hari penghitungan amal baik dan buruk manusia. Serta diiringi dengan yaumul mizan, yaitu hari penimbangan amal baik dan amal buruk manusia. QS. Al-Zalzalah [99]: 7-8.

e)      Yaumul jaza: Hari pembalasan bagi manusia berdasarkan amal perbuatannya masing-masing selama di dunia. Orang yang berbuat kebaikan maka akan memperoleh surga dan orang yang berbuat dosa  maka akan dimasukan ke dalam neraka. QS. Al-Mu’min [40]: 17.

 

E.     Surga dan Neraka

a)      Surga Balasan Bagi orang yang beramal baik

Surga adalah tempat kehidupan abadi di akhirat yang penuh dengan kenikmatan dan kesenangan. Surga merupakan balasan bagi orang yang bertaqwa, beriman dan beramal shaleh. QS. Hud [11]: 108.

Nama-nama Surga yang disebutkan dalam Al-Qur’an:

1)      Surga ‘And ( QS. Ar-Ra’d [13]: 22-24)

2)      Surga Na’im (QS. Al-Waqi’ah [56]: 12)

3)      Surga Ma’wa (QS. As-Sajdah [32]: 19)

4)      Surga Firdaus (QS. Al-Kahfi [18]: 107)

5)      Surga Darussalam (QS. Al-An’am [6]: 127)

6)      Surga Darul Khulud (QS. Qaf [50]: 34)

7)      Surga Darul Muqamah (QS. Fatir [35]: 35)

8)      Surga Maqam Amin (QS. Ad-Dukhan [44]: 51).

 

b)      Neraka balasan bagi orang yang beramal buruk

Neraka adalah suatu tempat kehidupan abadi di akhirat yang merupakan tempat Kembali bagi orang-orang yang sebnantiasa mewarnai hidupnya dengan perbuatan dosa, terutama bagi orang-orang yang kafir atau ingkar kepada Allah SWT. Dan juga orang-orang munafik. (QS. Al-Baqarah [2]: 24). Nama-nama neraka disebutkan dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

1)      Neraka Jahim (QS. Al-Infithar [82]: 14-16).

2)      Neraka Jahanam (QS. Al-A’raf [7]:179)

3)      Neraka Hawiyah (QS. Al-Qari’ah [101]: 8-10)

4)      Neraka Hutamah (QS. Al-Humazah [104]: 4-9)

5)      Neraka Saqar (QS. Al-Mudatsir [74]: 26-42)

6)      Neraka Sa’ir [QS. Al-Mulk [67]: 7-11)

g.  Fungsi Iman Kepada Hari Akhir

1)      Menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

2)      Senantiasa hidup dengan hati-hati, waspada dan selalu memohon ampunan, karena Allah akan memberikan balasan sesuai amal perbuatanya.

3)      Menanamkan sikap optimis dan memotivasi untuk beramal dan beribadah

4)      Menumbuhkan sifat ikhlas dalam beramal, istiqomah dalam pendirian dan khusyuk dalam beribadah

5)      Senantiasa melaksankan amar ma’ruf nahi munkar

6)      Selalu menghias diri dengan berdzikir kepada Allah SWT.

b. Rangkuman

    1) Setelah hari kiamat terjadi, maka manusia akan melalui fase-fase yaumul baats, yaumul mahsyar, yaumul hisab, yaumul mizan dan yaumul jaza hingga berakhir di surge atau neraka.

    2) Surga adalah tempat kehidupan abadi di akhirat yang penuh dengan kenikmatan dan kesenangan. Surga merupakan balasan bagi orang yang bertaqwa, beriman dan beramal shaleh.

   3)  Neraka adalah suatu tempat kehidupan abadi di akhirat yang merupakan tempat kembali bagi orang-orang yang senantiasa mewarnai hidupnya dengan perbuatan dosa, terutama bagi orang-orang yang kafir atau ingkar kepada Allah SWT. Dan juga orang-orang munafik.

   4) Fungsi iman kepada hari akhir, menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, menjadi motivasi untuk beribadah, senantiasa berhati-hati dalam kehidupan dan beramar ma’ruf nahi munkar.

 

c. Tugas/Tagihan

  Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!

1.    Setelah kiamat terjadi, manusia akan mengalami fase-fase kehidupan di alam akhirat. Jelaskan fase-fase tersebut!

2.    Silakan identifikasi perbedaan antara kehidupan di surga dan neraka!

3.    Berikan kesimpulan terhadap fungsi beriman kepada hari akhir!

                 d. Lembar Kerja

                 Kerjakan tugas di bawah ini dengan mencari sumber dari modul, buku, televisi atau internet!

1.      Gambarkan secara skematik urutan fase-fase kehidupan yang akan dialami moleh manusia sejak kiamat terjadi!

2.      Dengan mengidentifikasi perbedaan antara kehidupan di surga dan neraka, manakah yang menjadi pilihan anda untuk kehidupan di akhirat nanti. Apa yang mendorong anda untuk memilih itu? Dan bagaimana cara memperolehnya? Berikan penjelasanmu!

3.      Apakah anda termasuk orang yang beriman kepada hari kiamat? Jika ya, berikan alasan bahwa anda masuk pada golongan itu!

BAB III

EVALUASI

      Petunjuk:

A.    Mulailah dengan membaca basmallah!

B.     Tulis identitas di lembar jawabmu!

C.     Jawablah soal di bawah ini dengan memilih a, b, c, atau duntuk jawaban yang benar!

      SOAL:

1.      Hancurnya alam semesta sehingga alam dunia musnah dan berganti dengan alam baru disebut ….

a.       malapetaka                        c. kiamat sugra

b.      bencana alam                                 d. kiamat kubra

2.      Sesungguhnya Allah SWT merahasiakan waktu terjadinya hari akhir agar tiap diri dibalas sesuai dengan yang diusahaknnya. Hal itu sesuai dengan firman Allah SWT. Pada surat ….

a.       Taha [2]: 15                                   c. Al-Baqarah [2]: 156

b.      Al-Jatsiyah [45]: 24                       d. Muhammad [47]: 18

3.      Berikut ini yang tidak termasuk contoh kiamat sugra adalah ….

a.       Kematian seseorang                      c. hancurnya alam semesta

b.      Peristiwa gempa bumi                   d. bencana tsunami

4.      Pada Surat Al-Qariah disebutkan bahwa pada pada saat terjadi hari akhir gunung-gunung diibaratkan seperti ….

a.       Laron yang beterbangan                c. tiang yang berdiri kokoh

b.      Bulu yang dihambur-hamburkan   d. bangunan yang hancur lebur

5.      Bumi dan planet-planet lainnya berputar mengelilingi matahari secara teratur dan sempurna. Masing-masing planet mempunyai daya Tarik menarik sehingga beredar dan bergerak seimbang. Namun daya Tarik menarik ini semakin lama akan semakin berkurang, bahkan hilang sama sekali. Akhirnya planet-planet tersebut akan bertabrakan. Pernyataan di atas adalah dalil aqli tentang terjadinya hari akhir menurut ….

a.       Ahli astronomi                               c. ahli fisika

b.      Ahli geografi                                 d. ahli ekonomi

6.      Setelah ditiup sangkakala yang kedua, manusia dibangkitkan dari alam kuburnya fase ini disebut ….

a.       Yaumul barz                                  c. yaumul jaza

b.      Yaumul  mizan                              d, Yaumul baats

7.      Di bawah ini yang tidak termasuk fungsi beriman kepada hari akhir, adalah :

a.         Menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

b.         Senantiasa hidup dengan hati-hati, waspada dan selalu memohon ampunan, karena Allah akan memberikan balasan sesuai amal perbuatanya.

c.         Menanamkan sikap optimis dan memotivasi untuk beramal dan beribadah Menumbuhkan sifat ikhlas dalam beramal, istiqomah dalam pendirian dan khusyuk dalam beribadah

d.        Menumbuhkan kepercayaan diri untuk menjadi pemimpin di masa yang akan dating

8.      Munculnya ya’zuz dan makzuz, matahari terbit dari sebelah barat, kemaksiatan semakin merajalela, merupakan tanda-tanda ….

a.       Kiamat sugra                                 c. kematian

b.      Kiamat kubra                                 d. bencana alam

9.      Perhatikan table berikut!

A.     

Surga

1.

Hawiyah

B

Neraka

2

Na’im

 

 

3

Firdaus

 

 

4

‘Adn

 

 

5

Jahanam

 

Manakah pasangan yang tepat ….

a.       A. 1, 3, 5   B. 2, 4, 5                     c. A. 2, 3, 4  B. 1, 5

b.      A. 3, 4, 5  B. 1, 2, 3                      d. A. 1, 2, 3 B. 4,5

10.  Firman Allah SWT yang menjelaskan tentang ditunjukkannya amaliyah di dunia walau seberat zarrah adalah ….

a.       QS. Al-Baqarah [2]: 1-11              c. QS. Ad-Duha: 8

b.      QS. Al-Balad : 7-8                        d. QS. Al-Zalzalah: 7-8

BAB IV

PENUTUP

A.    Tindakan lanjutan

Bagi kalian yang sudah dapat menjawab benar sebanyak 70%  atau lebih dari seluruh soal evaluasi, dapat mengembangkan pemahaman kalian tentang gambaran surge dan neraka lebih luas lagi.  Adapun bagi kalian yang belum mencapai belajar tuntas 70% dapat mengulangi belajar dengan memilih materi-materi yang masih dianggap sulit secara lebih teliti atau dengan berdiskusi Bersama temang-teman di grup WA atau Bapak/Ibu Guru kalian.

B.     Harapan

Modul ini adalah salah satu bahan ajar mata pelajaran Pendidik Agama dan Budi Pekerti. Namun harus dimengerti pula bahwa modul ini bukanlah satu-satunya rujukan bagi kalian. Untuk melengkapi pengetahuan kalian tentang Iman kepada hari akhir, maka sangat disarankan untuk membaca Al-Qur’an dan terjemahnya tentang dalil-dalil tentang kiamat dan kehidupan sesudahnya.

Semoga modul ini dapat menyajikan materi pembelajaran secara menarik dan menyenangkan, sehingga proses pembelajaran bisa berlangsung efektif dan efisien.

 

           

 

                   

 

 

 

 

 

 

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes