BREAKING NEWS

Watsapp

Tuesday, July 11, 2023

KEJADIAN YANG LUAR BIASA PERNAH TERJADI PADA HARI SENIN



 🥀 Kejadian yang luar biasa pernah terjadi pada hari senin 🥀,,,


قال بعض العلماء خص الله تعالى يوم الإثنين بسبع فضائل الأولى أن إدريس عليه السلام صعد السماء يوم الإثنين والثانية ذهب موسى عليه السلام إلى الطور في يوم الإثنين والثالثة نزل دليل وحدانية الله تعالى يوم الإثنين والرابعة ولد رسول الله صلى الله عليه وسلم في يوم الإثنين والخامسة أول مانزل جبريل عليه السلام إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم في يوم الإثنين والسادسة تعرض أعمال الأمة على رسول الله صلى الله عليه وسلم في يوم الإثنين والسابعة وفاة النبي صلى الله عليه وسلم في يوم الإثنين


       Pemaparan-nya, berpendapat sebahgian ulama : Allah Swt mengkhususkan pada hari senin dengan 7 kelebihan yaitu sebagai berikut ini,

1. Pada hari senin nabi Idris AS dinaikkan ke langit yang kedua.

2. Pada hari senin nabi Musa AS pergi ke gunung sina.

3. Pada hari senin turunnya dalil tentang Esa-nya Allah Swt.

4. Pada har senin lahirnya nabi Muhammad Saw.

5. Pada hari senin awal malaikat jibril turun kepada nabi Saw.

6. Pada hari senin ditunjukkan segala amalan ummat kepada nabi Saw.

7. Pada hari senin wafatnya nabi Saw. Wallaahu A’lam

Referensi dari kitab,

المجالس السنية         ٤٥           {الحرمين} 

💖 Mohon dikoreksi apabila terdapat kekeliruan dan kesalahan 💖

PELEMAH SYAHWAT DAN PIL KB

 


📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


💊 _*Pelemah Syahwat & Pil KB*_

----------------------


Bagaimana hukum menggunakan obat pelemah syahwat dan pencegah kehamilan...❓❓

                        --<>--<>--<>--<>--

*فإن لم ينكسر بالصوم .. لا يكسره بالكافور ونحوه، بل يتزوج ويتوكل على الله فإن الله تكفّل بالرزق للمتزوج بقصد العفاف، فإن كسره بالكافور الطيار ونحوه ... كره إن أضعف الشهوة، فإن قطعها من أصلها .. حرم، وكذلك استعمال المرأة الشيء الذي يبطئ الحبَل أو يقطعه من أصله ؛ فيكره في الأول، ويحرم في الثاني.*

[الباجوري، ٢/ ١٨٩]

_Apabila syahwatnya tidak dapat dikalahkan dengan puasa.. tidak boleh melemahkannya dengan kapur dan semisalnya. Tetapi, (hendaknya) menikah dan bertawakal kepada Allah, karena sesungguhnya Allah mencukupi rizki orang yang menikah dengan tujuan menjaga kehormatan. Apabila mengalahkan syahwatnya dengan kapur tiyar dan semisalnya, maka makruh hukumnya jika berakibat melemahkan syahwat. Jika menghilangkan syahwat sama sekali, maka haram. Demikian juga hukumnya wanita menggunakan sesuatu yang memperlambat kehamilan atau memutuskan total kehamilan. Hukumnya makruh pada kasus pertama (memperlambat) dan Haram pada kasus kedua (menghilangkan)._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah

TATA CARA MANDI WAJIB YANG MENCAKUP WUDHU



Soal

[10/7 00.36] +62 896-5336-5381: 

Assalamualaikum, para yai mau nanya kalau kita mandi wajib, pada saat mandi wajib megang kemaluan, apakah setelah mandi hadas kecilnya hilang sehingga tidak perlu wudhu lagi?


Jawaban

[10/7 00.46] Kyai Sibawaih: Tetap wudhu lagi

 TATA CARA  MANDI  WAJIB YANG MENCAKUP WUDHU

1- Basuh qubul-dubur dengan niat menghilangkan hadats besar "secara khusus". Pas basuh dubur niat "saya niat menghilangkan hadats besar khusus pada dubur". Dan pas basuh qubul niat "saya niat menghilangkan hadats besar khusus pada qubul." 

Kalau ingin niat bahasa Arab :

• Saat basuh Qubul :

نَوَيْت رفعَ الْحَدثِ الْأَكْبَر عَن القُبُلِ بِخُصُوصِهِ

• Saat basuh Dubur :

نَوَيْت رفعَ الْحَدثِ الْأَكْبَر عَن الدبر بِخُصُوصِهِ

2. Setelah itu jangan lagi memegang qubul dubur, karena itu bisa membatalkan wudhu yg nanti mandinya dinilai tidak lagi mencakup wudhu. Juga jangan sampai ada yang batalin wudhu selama proses mandi, seperti kencing, kentut dll. Kalau kencing lakukanlah sebelum proses mandi wajib.

3. Setelah basuh qubul dubur secara khusus kemudian basuh seluruh badan lain (selain qubul dubur) dengan niat menghilangkan hadats besar pada seluruh tubuh seperti yang telah lumrah di ketahui. Misal "saya niat menghilangkan hadats besar pada badan saya fardhon lillahi ta'ala". 

Atau kalau ingin yang bahasa Arab :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

o0o

Jika sesuai ketentuan nomor satu sampai tiga ini, maka mandi wajibnya sudah mencakup wudhu. Nantinya sehabis mandi wajib, tidak wudhu, langsung shalat, maka sudah sah, walaupun tidak wudhu sama sekali saat mandi.

Keterangan: Tulisan ini hanya berfokus membahas mandi wajib yang mencakup wudhu. Tidak membahas kesunahan dalam mandi wajib dll. karena khawatir kepanjangan.

Referensi: Nihayatuz Zain & Hasyiyah Bujairomi.

ثمَّ الِاغْتِسَال عَن الْحَدث الْأَكْبَر إِمَّا بالانغماس أَو بالصب أَو بالاغتراف من المَاء فَإِن كَانَ بالانغماس فَالْأَمْر ظَاهر وَإِن كَانَ بالصب فيبقي للمغتسل مُرَاعَاة مَحل الِاسْتِنْجَاء لِأَنَّهُ رُبمَا لَا يصل إِلَيْهِ مَاء الصب فَيَنْبَغِي عَلَيْهِ الْحَدث الْأَكْبَر فَيحْتَاج إِلَى غسله آخرا

فَإِن مَسّه بِبَطن كَفه من غير حَائِل انْتقض وضوؤه وَإِن لف على يَده خرقَة مثلا فَفِيهِ كلفة والمخلص من ذَلِك أَنه بعد فرَاغ الِاسْتِنْجَاء يَنْوِي رفع الْحَدث الْأَكْبَر مَعَ صب المَاء على الْمحل وَهَذِه الْمَسْأَلَة تسمى الدقيقة

لَكِن إِذا أطلق النِّيَّة فَإِن الْحَدث الْأَكْبَر يرْتَفع عَن مَحل الِاسْتِنْجَاء وَعَن بَاطِن كف المغتسل لملاقاة ذَلِك للْمَاء حَال النِّيَّة ويرتفع الْحَدث الْأَصْغَر عَن بَاطِن الْكَفّ فِي ضمن ارْتِفَاع الْحَدث الْأَكْبَر

ثمَّ يعود الْحَدث الْأَصْغَر على بَاطِن الْكَفّ بِمَسّ حَلقَة الدبر فَيحْتَاج المغتسل إِلَى إفَاضَة المَاء على بطن كَفه بنية رفع الْحَدث الْأَصْغَر عَنهُ بعد رفع حدث وَجهه وَإِنَّمَا قُلْنَا بعد رفع حدث وَجهه لوُجُوب التَّرْتِيب فِي الْحَدث الْأَصْغَر إِذا لم يكن ارتفاعه فِي ضمن الْأَكْبَر وَحدث الْكَفّ فِي هَذِه الْحَالة لَيْسَ فِي ضمن الْأَكْبَر فيراعى فِيهِ التَّرْتِيب وَالْمُسلم من هَذِه الورطة أَن يُقيد النِّيَّة بِأَن يَقُول نَوَيْت رفع الْحَدث الْأَكْبَر عَن مَحل الِاسْتِنْجَاء بِخُصُوصِهِ ثمَّ يَأْتِي بنية أُخْرَى لباقي بدنه وَهَذِه تسمى دقيقة الدقيقة فمجموع الْمَسْأَلَتَيْنِ يُسمى الدقيقة ودقيقة الدقيقة

[نووي الجاوي ,نهاية الزين ,30]

قَوْلُهُ: (يَنْبَغِي لَهُ) أَيْ يُنْدَبُ إلَخْ. وَتَرْتَفِعُ الْجَنَابَةُ عَنْ كَفِّهِ وَعَنْ مَحَلِّ الِاسْتِنْجَاءِ أَيْ: إذَا نَوَى رَفْعَ الْجَنَابَةِ عَنْهُمَا أَمَّا الْحَدَثُ الْأَصْغَرُ فَهُوَ بَاقٍ عَلَى كَفِّهِ بِمَسِّهِ حَالَ النِّيَّةِ النَّاقِضِ اهـ. قَالَ ابْنُ حَجَرٍ: فَيَحْتَاجُ إلَى غَسْلِ كَفِّهِ بَعْدَ ذَلِكَ أَيْ بَعْدَ رَفْعِ حَدَثِ الْوَجْهِ بِنِيَّةٍ مُعْتَبَرَةٍ مِنْ نِيَّاتِ الْوُضُوءِ لِتَعَذُّرِ الِانْدِرَاجِ حِينَئِذٍ، فَإِنَّ جَنَابَةَ الْيَدِ ارْتَفَعَتْ ثُمَّ طَرَأَ الْحَدَثُ الْأَصْغَرُ عَلَيْهَا بِالْمَسِّ أَيْ: فَالشَّرْطُ أَنْ لَا يُقَدِّمَ غَسْلَ كَفَّيْهِ عَلَى الْوَجْهِ فَلَوْ أَخَّرَهُ بِالْكُلِّيَّةِ عَنْ غَسْلِ جَمِيعِ الْأَعْضَاءِ، وَنَوَى كَفَى فَتَأَمَّلْ م د.

وَقَالَ شَيْخُنَا الْعَشْمَاوِيُّ: وَهَذِهِ الْمَسْأَلَةُ تُسَمَّى بِالدَّقِيقَةِ أَوْ دَقِيقَةِ الدَّقِيقَةِ، فَالدَّقِيقَةُ النِّيَّةُ عِنْدَ غَسْلِ مَحَلِّ الِاسْتِنْجَاءِ، وَدَقِيقَةُ الدَّقِيقَةِ بَقَاءُ الْحَدَثِ الْأَصْغَرِ عَلَى كَفِّهِ، وَهَذَا إذَا نَوَى رَفْعَ الْحَدَثِ الْأَكْبَرِ عَنْ الْمَحَلِّ وَالْيَدِ مَعًا أَوْ أَطْلَقَ، فَإِنْ نَوَى رَفْعَ الْجَنَابَةِ عَنْ الْمَحَلِّ فَقَطْ فَلَا يَحْتَاجُ إلَى نِيَّةِ رَفْعِ حَدَثٍ أَصْغَرَ عَنْهَا؛ لِأَنَّ الْجَنَابَةَ لَمْ تَرْتَفِعْ عَنْهَا فَهَذَا مُخَلِّصٌ لَهُ مِنْ غَسْلِ يَدِهِ ثَانِيًا اهـ.

[البجيرمي، حاشية البجيرمي على الخطيب = تحفة الحبيب على شرح الخطيب، ٢٣٩/١]

SUNAH TIDAK MENIKAH

 


📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


💸 _*Tak Punya Biaya Sunnah Tidak Menikah*_

----------------------


Bagi yang tidak punya biaya sebaiknya tidak menikah...❓❓

     

                        --<>--<>--<>--<>--


*قوله ( فإن فقد الأهبة ) أي مع توقانه للوطء كما هو الفرض. وقوله ( لم يستحب له النكاح ) بل يستحب له تركه ؛ كما في المنهاج وغيره.*

[الباجوري، ٢/ ١٨٩]


_Ucapan Pensyarah [Jika tidak punya biaya] yakni bersamaan dengan kerinduannya pada senggama, sebagaimana pengandaian. Ucapan beliau [Tidak disunnahkan baginya menikah] bahkan disunnahkan baginya meninggalkannya, sebagaimana (disebutkan) dalam kitab Minhajut Tholibin dan selainnya._


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah

Monday, July 10, 2023

WIRID SETELAH SHALAT JUM'AH



☪️ WIRID SETELAH SHALAT JUM'AH

Segala sesuatu yang berhubungan dengan Jumat menjadi istemewa. 

Sebagai Sayyidul ayyam, malam harinya pun menjadi istemewa karena merupakan waktu diangkatnya amal manusia dalam sepekan. 

Agar lebih mendapatkan keberkahannya, jangan lewatkan untuk membaca doa ini setelah selesai melaksanakan sholat Jumat.

Disebutkan dalam banyak kitab tentang doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat Jumat. Diantaranya dalam Bughyatul Mustarsyidin, I’anatut Thalibin dan Ittihaf Sadatul Muttaqin.

Di dalam kitab-kitab tersebut sekaligus dijelaskan tentang keutamaan membaca doa setelah selesai sholat Jumat ini. 

Diantaranya:

◻️Akan dijaga keimanannya oleh Allah selama hidupnya.

◻️Dijauhkan dari keburukan hingga Jumat berikutnya.

◻️Bahkan akan dicukupkan kebutuhannya dan diberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Berikut penjelasan dalam Ittihaf Sadatul Muttaqin Juz III halaman 442:

فَإِذَا فَرَغَ مِنَ الْجُمْعَةِ قَرَأَ اَلْحَمْدُ ِللهِ سَبْعَ مَرَّاتٍ قَبْلَ أَنْ يَتَكَلَّمَ وَقُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ سَبْعًا سَبْعًا وَرَوَى بَعْضُ السَّلَفِ أَنَّ مَنْ فَعَلَهُ عُصِمَ مِنَ الْجُمْعَةِ إِلَى الْجُمْعَةِ وَكاَنَ حَرَزًا لَهُ مِنَ الشَّيْطاَنِ.

"Apabila seseorang selesai dari Shalat Jumat kemudian membaca: Al-hamdulillah sebanyak tujuh kali sebelum berbicara dan Qul huwallahu ahad serta Al-Mu’awwidzatain masing-masing tujuh kali. Telah meriwayatkan sebagian ulama salaf bahwa orang yang melakukan hal tersebut akan dihindarkan dari berbuat dosa hingga Jumat berikutnya, dan dipelihara dari gangguan setan".

Masih dalam kitab yang sama. Setelah membaca surat-surat Al-Qur’an di atas, diajurkan untuk lanjut membaca berikut:

اَللّهُمَّ ياَ غَنِيُّ ياَ حَمِيْدُ ياَ مُبْدِىءُ ياَمُعِيْدُ ياَرَحِيْمُ ياَوَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ... ٧×

Maka setiap orang yang istiqomah membaca surat-surat dan doa yang telah disebutkan akan dicukupkan kebutuhannya dan diberi rezeki dari arah yang tidak terduga.

Bagaimana tertarik dan dan penasaran akan khasiat dari wirid sederhana ini...? 

Makanya setelah selesai shalat jangan keburu keluar dan pulang.

Ini kami jelaskan urutan dan cara melakukan wirid ini:

1). Setelah selesai salam kedua dari shalat Jumat, jangan duduk bersila. Tetap dalam posisi  duduk tawarruk

2). Jangan berbicara dengan seseorang, tapi langsung membaca:

◼️ Alhamdulillah 7 kali.

◼️ Surat Al-Fatihah 7 kali.

◼️ Surat Al-Ikhlash (Qul Huwallahu Ahad) 7 kali.

◼️ Surat  Qul A’udzu bi Rabbil Falaq / Al-falaq 7 kali.

◼️ Dan Surat An-Naas 7 kali.

3. Kemudian membaca doa dibawah ini sebanyak 7 kali.

اَلَّلهُمَّ يَاغَنِيُ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِىءُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَ بِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ....٧×

4. Dilanjutkan dengan membaca tasbih di bawah ini sebanyak 100 kali.

سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ وَ بِحَمْدِهِ.

5. Dilanjutkan dengan membaca dua bait (syair) dibawah ini sebanyak lima kali.

إِلَهِيْ لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلًا 🔅 وَلَا أَقْوَى عَلَى نَارِ الْجَحِيْمِ

فَهَبْ لِيْ تَوْبَةً وَإغْفِرْ ذُنُوْبِيْ 🔅 فَإنَّكَ غَافِرُ الذَّنْبِ اْلعِظِيْم

Apabila telah sempurna shalat Jum’at serta wirid² yang dianjurkan dan hendak keluar dari masjid, maka dianjurkan pula membaca do’a Iraq bin Malik dalam posisi berdiri dipintu masjid.

اَلَّلهُمَّ أَجِبْتُ دَعْوَتَكَ وَصَلَيْتُ فَرِيْضَتَكَ وَإنْتَشَرْتُ كَمَا أَمَرْتَنِيْ فَارْزُقْنِيْ مِنْ فَضْلِكَ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِيْنَ وَقَدْ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ { يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا إِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللهِ وَذَرُوْا البَيْعَ ذَالِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ فَإِذَاقُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوْا فِيْ الْأَرْضِ وَابْتَغُوْا مِنْ فَضْلِ اللهِ وَاذْكُرُوْا اللهَ كَثِيْرًا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ.

Demikianlah anjuran wirid² setelah sholat Jum'ah. 

Semoga kita bisa mengamalkannya.

Aamiin...🤲🤲🤲

Sunday, July 9, 2023

MANAKAH QAUL QODIM DAN QAUL JADID DIDAHULUKAN, BAGAIMANAKAH

 



Pertanyaan dari

[8/7 20.45] +62 838-1250-2049: Assalamualaikum

Ijin bertanya para yai,,,

Antara qaol Qodim dan jadid kita katanya kita harus memilih Qaol jadid. 

Tapi ada yang bilang dalam beberapa masalah kita boleh mengambil dari qaol jadid.


Pertanyaannya ,

Dalam masalah apa saja kita boleh mengambil qaol qodim??

Terimakasih


Pandangan jawaban dan pembahasan tanggapan dari anggota group 

[8/7 21.04] NGOPI YU@MWC.NUGAR.ANZAAY:

 Waalaikum salam warahmatullahi wabarokatuh, saya nyimak

[8/7 21.12] +62 853-3359-2253: "Al-Majmu’: 

واعلم أن قولهم القديم ليس مذهبا للشافعي أو مرجوعا عنه أو لا فتوى عليه المراد به قديم نص في الجديد على خلافه أما قديم لم يخالفه في الجديد أو لم يتعرض لتلك المسألة في الجديد فهو مذهب الشافعي واعتقاده ويعمل به ويفتى عليه فإنه قاله ولم يرجع عنه

Wallohualam bisowab .awam juga..🙏🏻

[8/7 21.15] +62 853-3359-2253:

 "فهو مذهب الشافعي واعتقاده ويعمل به ويفتى عليه فإنه قاله ولم يرجع عنه"

[8/7 21.15] +62 856-0930-1428: 

Maaf boleh minta terjemahan nya?


[8/7 21.19] +62 853-3359-2253: 

Maaf awam juga artinya..ungkapan ulama yang menyatakan..,Qaul qadim Imam As-Syafi’i telah dicabut dan tidak bisa dijadikan acuan fatwa... maka yang dimaksud dari ungkapan tersebut adalah qaul qadim yang bertentangan dengan penjelasan Imam As-Syafi’i di dalam qaul jadidnya... Adapun qaul qadim yang tidak bertentangan dengan qaul jadid, atau Imam As,Syafi’i tidak menyinggung permasalahan terebut dalam qaul jadid,... maka qaul qadim tersebut adalah pendpat Imam As,Syafi’i yang bisa diamalka dan difatwakan...wallahualam bisowab..awam....

[8/7 21.21] Kyai Sibawaih: Wa 'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh

Agak panjang 😁

[8/7 21.21] Kyai  Sibawaih: Buka sebelumnya aja

[8/7 21.24] Admin 6: https://www.piss-ktb.com/2016/10/4908-qoul-qodim-imam-syafii-yang-masuk.html?m=1

Baca disini aja 😁


[8/7 21.30] Admin 6: فصل كُلُّ مَسْأَلَةٍ فِيهَا قَوْلَانِ لِلشَّافِعِيِّ رَحِمَهُ اللَّهُ قَدِيمٌ وَجَدِيدٌ فَالْجَدِيدُ هُوَ الصَّحِيحُ وَعَلَيْهِ الْعَمَلُ لِأَنَّ الْقَدِيمَ مَرْجُوعٌ عَنْهُ وَاسْتَثْنَى جَمَاعَةٌ مِنْ أَصْحَابِنَا نَحْوَ عِشْرِينَ مَسْأَلَةً أَوْ أَكْثَرَ وَقَالُوا يُفْتَى فِيهَا بِالْقَدِيمِ وَقَدْ يَخْتَلِفُونَ فِي كَثِيرٍ مِنْهَا قَالَ إمَامُ الْحَرَمَيْنِ فِي النِّهَايَةِ فِي بَابِ الْمِيَاهِ وَفِي بَابِ الْأَذَانِ قَالَ الْأَئِمَّةُ كُلُّ قَوْلَيْنِ قَدِيمٌ وَجَدِيدٌ فَالْجَدِيدُ أَصَحُّ إلَّا في ثلاث مسائل التَّثْوِيبِ فِي أَذَانِ الصُّبْحِ الْقَدِيمُ اسْتِحْبَابُهُ: وَمَسْأَلَةُ التَّبَاعُدِ عَنْ النَّجَاسَةِ فِي الْمَاءِ الْكَثِيرِ الْقَدِيمُ أَنَّهُ لَا يُشْتَرَطُ وَلَمْ يَذْكُرْ الثَّالِثَةَ هُنَا: وَذَكَرَ فِي مُخْتَصَرِ النِّهَايَةِ أَنَّ الثَّالِثَةَ تَأْتِي فِي زَكَاةِ التِّجَارَةِ: وَذَكَرَ فِي النِّهَايَةِ عِنْدَ ذِكْرِهِ قِرَاءَةِ السُّورَةِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأَخِيرَتَيْنِ أَنَّ الْقَدِيمَ أَنَّهُ لَا يُسْتَحَبُّ قَالَ وَعَلَيْهِ الْعَمَلُ: وَذَكَرَ بَعْضُ الْمُتَأَخِّرِينَ مِنْ أَصْحَابِنَا أَنَّ الْمَسَائِلَ الَّتِي يُفْتَى بِهَا عَلَى الْقَدِيمِ أَرْبَعَ عَشْرَةَ فَذَكَرَ الثَّلَاثَ الْمَذْكُورَاتِ: وَمَسْأَلَةَ الِاسْتِنْجَاءِ بِالْحَجَرِ فِيمَا جَاوَزَ الْمَخْرَجَ وَالْقَدِيمُ جَوَازُهُ: وَمَسْأَلَةَ لَمْسِ الْمَحَارِمِ وَالْقَدِيمُ لَا يَنْقُضُ: وَمَسْأَلَةَ الْمَاءِ الْجَارِي الْقَدِيمُ لَا يَنْجُسُ إلَّا بِالتَّغَيُّرِ: وَمَسْأَلَةَ تَعْجِيلِ الْعِشَاءِ الْقَدِيمُ أَنَّهُ أَفْضَلُ: وَمَسْأَلَةَ وَقْتِ الْمَغْرِبِ وَالْقَدِيمُ امْتِدَادُهُ إلَى غُرُوبِ الشَّفَقِ: وَمَسْأَلَةَ الْمُنْفَرِدِ إذَا نَوَى الِاقْتِدَاءَ فِي أَثْنَاءِ الصَّلَاةِ الْقَدِيمُ جَوَازُهُ: وَمَسْأَلَةَ أَكْلِ جِلْدِ الْمَيْتَةِ الْمَدْبُوغِ الْقَدِيمُ تَحْرِيمُهُ: ومسألة وطئ المحرم يملك الْيَمِينِ الْقَدِيمُ أَنَّهُ يُوجِبُ الْحَدَّ: وَمَسْأَلَةَ تَقْلِيمِ أَظْفَارِ الْمَيِّتِ الْقَدِيمُ كَرَاهَتُهُ: وَمَسْأَلَةَ شَرْطِ التَّحَلُّلِ مِنْ الْإِحْرَامِ بِمَرَضٍ وَنَحْوِهِ الْقَدِيمُ جَوَازُهُ: وَمَسْأَلَةَ اعْتِبَارِ النِّصَابِ فِي

الزَّكَاةِ الْقَدِيمُ لَا يُعْتَبَرُ: وَهَذِهِ الْمَسَائِلُ الَّتِي ذَكَرَهَا هَذَا الْقَائِلُ لَيْسَتْ مُتَّفَقًا عَلَيْهَا بَلْ خَالَفَ جَمَاعَاتٌ مِنْ الْأَصْحَابِ فِي بَعْضِهَا أَوْ أَكْثَرِهَا وَرَجَّحُوا الْجَدِيدَ: وَنَقَلَ جَمَاعَاتٌ فِي كَثِيرٍ مِنْهَا قَوْلًا آخَرَ فِي الْجَدِيدِ يُوَافِقُ الْقَدِيمَ فَيَكُونُ الْعَمَلُ عَلَى هَذَا الْجَدِيدِ لَا الْقَدِيمِ: وَأَمَّا حَصْرُهُ الْمَسَائِلَ الَّتِي يُفْتَى فِيهَا عَلَى الْقَدِيمِ فِي هَذِهِ فَضَعِيفٌ أَيْضًا فَإِنَّ لَنَا مَسَائِلَ أُخَرَ صَحَّحَ الْأَصْحَابُ أَوْ أَكْثَرُهُمْ أَوْ كَثِيرٌ مِنْهُمْ فِيهَا الْقَدِيمَ: مِنْهَا الْجَهْرُ بِالتَّأْمِينِ لِلْمَأْمُومِ فِي صَلَاةٍ جَهْرِيَّةٍ الْقَدِيمُ اسْتِحْبَابُهُ وَهُوَ الصَّحِيحُ عِنْدَ الْأَصْحَابِ وَإِنْ كَانَ الْقَاضِي حُسَيْنٌ قَدْ خَالَفَ الْجُمْهُورَ فَقَالَ فِي تَعْلِيقِهِ الْقَدِيمُ أَنَّهُ لَا يَجْهَرُ: وَمِنْهَا مَنْ مَاتَ وَعَلَيْهِ صَوْمٌ الْقَدِيمُ يَصُومُ عَنْهُ وَلِيُّهُ وَهُوَ الصَّحِيحُ عِنْدَ الْمُحَقِّقِينَ لِلْأَحَادِيثِ الصَّحِيحَةِ فِيهِ: وَمِنْهَا اسْتِحْبَابُ الْخَطِّ بَيْنَ يَدَيْ الْمُصَلِّي إذَا لَمْ يَكُنْ مَعَهُ عَصًا وَنَحْوُهَا الْقَدِيمُ اسْتِحْبَابُهُ وَهُوَ الصَّحِيحُ عِنْدَ الْمُصَنِّفِ وَجَمَاعَاتٍ: وَمِنْهَا إذَا امْتَنَعَ أَحَدُ الشَّرِيكَيْنِ مِنْ عِمَارَةِ الْجِدَارِ أُجْبِرَ عَلَى الْقَدِيمِ (1) وَهُوَ الصَّحِيحُ عِنْدَ ابْنِ الصَّبَّاغِ وَصَاحِبِهِ الشَّاشِيِّ وَأَفْتَى بِهِ الشَّاشِيُّ: وَمِنْهَا الصَّدَاقُ فِي يَدِ الزَّوْجِ مَضْمُونٌ ضَمَانُ الْيَدِ عَلَى الْقَدِيمِ وَهُوَ الْأَصَحُّ عِنْدَ الشَّيْخِ أَبِي حَامِدٍ وَابْنِ الصَّبَّاغِ وَاَللَّهُ أَعْلَمُ

[النووي، المجموع شرح المهذب، ٦٦/١]


[8/7 21.30] Kyai Sibawaih: Koran nya ada disini 😁

[8/7 21.42] NGOPI YU@MWC. NUGAR. ANZAAY: 

Jadi yang harus menjadi pegangan yang mana yiii antara QAUL qodim LAN Jadid. 

Contoh masalah seperti apa? Atau tergantung masalah vareasi saja?


[8/7 21.43] +62 817-7061-6807: 

Contohnya wktu maghrib, di situ ada antara qaul Kodim dan jadid

[8/7 21.45] Admin 6: 

Qoul qodim itu qoul yg sdh tidak berlaku lagi, diganti oleh qoul jadid.


Namun ada qoul qodim yang masih boleh dipakai. Gitu

[8/7 21.46] +62 856-0930-1428: 

Owwh njeh yai kalau begini saya malah mudeng 😅


[8/7 21.50] NGOPI YU@MWC. NUGAR .ANZAAY: 

Nah sepertinya dalam soal diatas itu minta cara mengaplikasikan antara kedua QAUL itu. Apa dalam  satu kasus masalah atau dalam masalah lainnya yaii 🙏?

[8/7 21.53] Admin 6: Loh, bukan gitu, ada qoul qodim yg juga masuk di qoul jadid

SIAPAKAH YANG MENIATI ZAKAT

 




Siapakah yang meniati zakatnya anak angkat?


Jawabannya sebagai berikut:

Yang menafkahi misal bapak angkat nya


[ تجب الزكاة على الشخص عن نفسه، *وعمن تلزمه نفقته من المسلمين* (1) ، إذ المعروف في قواعد الفقه أن: كل من تلزمه نفقته من المسلمين تلزمه فطرته. ويستثنى من هذه القاعدة الابن، فلا يلزم بفطرة زوجة أبيه حال إعسار الأب، وإن وجبت نفقتها عليه لإعسار الأب، لأن النفقة واجبة على الأب مع إعساره فيتحملها عنه ابنه، بخلاف الفطرة، فليست واجبة عليه مع إعساره فلا يتحملها عنه ابنه.


REFERENSI 

[درية العيطة، فقه العبادات على المذهب الشافعي، ١٣٨/٢]

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes