PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Penilaian Skala Sikap
Berilah tanda “centang” (√) yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan yang tersedia!
2. Penilaian “Membaca dengan Tartil”
Rubrik Pengamatannya sebagai berikut:
Rubrik penilaiannya adalah:
Kelancaran
Jika peserta didik dapat membaca sangat lancar, skor 100.
Jika peserta didik dapat membaca lancar, skor 75.
Jika peserta didik dapat membaca tidak lancar dan kurang sempurna, skor 50.
Jika peserta didik tidak dapat membaca , skor 25
Arti
Jika peserta didik dapat mengartikan dengan benar, skor 100.
Jika peserta didik dapat mengartikan dengan benar dan kurang sempurna, skor 75.
Jika peserta didik tidak benar mengartikan, skor 50.
Jika peserta didik tidak dapat mengartikan, skor 25.
Isi
Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan benar, skor 100.
Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan mendekati benar, skor 75.
Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan tidak benar, skor 50.
Jika peserta didik tidak dapat menjelaskan, skor 25.
Dan Lain-lain
Guru dapat mengembangkan skor tersebut jika ditemui kriteria penilaian lain berdasarkan bentuk perilaku peserta didik pada situasi dan kondisi yang berkembang
3. Penilaian Diskusi
Peserta didik berdiskusi tentang memahami makna .
Aspek dan rubrik penilaian:
Kejelasan dan ke dalaman informasi
Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 100.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 75.
Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi kurang lengkap, skor 50.
Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi, skor 25.
Contoh Tabel:
Keaktifan dalam diskusi
Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75.
Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 50.
Jika kelompok tersebut tidak aktif dalam diskusi, skor 25.
Contoh Tabel:
Kejelasan dan kerapian presentasi/ resume
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan rapi, skor 100.
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan jelas dan rapi, skor 75.
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 50.
Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 25.
Contoh Tabel:
4. Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi (belum mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru. Guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu terkait dengan topik yang telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ........................
Kelas/Semester : ........................
Mat Pelajaran : ........................
Ulangan Harian Ke : ........................
Tanggal Ulangan Harian : ........................
Bentuk Ulangan Harian : ........................
Materi Ulangan Harian : ........................
(KD/Indikator : ........................
KKM : ........................
5. Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai materi sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran. Dalam kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.
6. Interaksi Guru dengan Orang Tua
Interaksi guru dengan orang tua perlu dilakukan, salah satunya adalah, guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Membaca dengan Tartil” dalam buku teks peserta didik kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.
Dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung, dengan pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang perkembangan kemampuan terkait dengan materi.
Catatan Kepala Sekolah :
……………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………….
Post a Comment