BREAKING NEWS

Watsapp

Thursday, February 23, 2023

AIR AQUA, AIR SULINGAN DIPROSES KIMIA DIPAKAI WUDHU, BOLEHKAN...

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA GUGUS KUNINGAN DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU


Air sulingan diproses kimia/air Aqua 

Apakah air yg direbus , air sulingan (air mineral ) atau air limbah yg disetrilkan dgn proses kimia itu bisa dikategorikan air mutlaq ?

Jawabannya sebagai berikut dalam penjelasannya


BOLEH berwudhu memakai air mineral atau aqua. Dijelaskan dalam Fath al-Qariib al-Mujiib bab Miyaah :

والقسم الثالث طاهر في نفسه غير مطهر لغيره وهو الماء المستعمل في رفع أو إزالة نجس ان لم يتغير ولم يزد وزنه بعد انفصاله عما كان بعد اعتبار ما يتشربه المغسول من الماء والمتغير أي ومن هذا القسم الماء المتغير أحد أوصافه بما أي بشيء خالطه من الطاهرات تغيرا يمنع اطلاق اسم الماء عليه فإنه طاهر غير طهور حسيا كان التغير أو تقديريا كان اختلط بالماء ما يوافقه في صفاته كماء الورد المنقطع الرائحة والماء المستعمل فان لم يمنع اطلاق اسم الماء عليه بأن كان تغيره بالطاهر يسيرا أو بما يوافق الماء في صفاته وقدر مخالفا ولم يغيره فلا يسلب طهوريته فهو مطهر لغيره واحترز بقوله خالطه عن الطاهر المجاور له فإنه باق على طهوريته ولو كان التغير كثيرا وكذا المتغير بمخالط لايستغنى الماء عنه كطين وطحلب وما في مقره وممره والمتغير بطول المكث فإنه طهور


Pembagian yang ketiga adalah suci tapi tidak mensucikan yaitu air musta’mal (air yang telah digunakan) untuk menghilangkan hadast atau najis apabila tidak berubah dan timbangannya tidak bertambah setelah pisahnya air dari air yang menyerap pada sesuatu yang akan dibasuh dan air yang berubah atau dari pembagian ini air yang berubah salah satu sifatnya sebab bercampur dengan sesuatu yang suci sekiranya perubahannya dapat mencegah kemutlakan air sehingga air menjadi suci tapi tidak mensucikan baik perubahan yang nyata atau perkiraan seperti bercampur dengan sesuatu yang sama dengan sifat-sifar air seperti air kembang yang terpisah baunya dan air musta’mal, maka jika kemutlakan air tidak tercegah sekiranya perubahan sebab benda suci itu sedikit atau sebab sesuatu yang sama sifatnya dengan air kemudian air tersebut tidak berubah maka tidak sampai menghilangkan kesucian air tersebut sehingga dapat mensucikan lainnya. Dikecualikan dengan ucapan pengarang (air yang bercampur) adalah air yang berdampingan dengan benda lain sekiranya dapat dibedakan/dipisahkan, maka air tersebut tetap suci dan mensucikan meskipun perubahannya terhitung banyak seperti halnya perubahan sebab sesuatu yang bercampur yang airnya tidak mencukupi seperti tanah liat, ganggang, sesuatu yang ada ditempatnya air dan tempat mengalirnya air serta perubahan sebab lamanya berdiam diri, maka air tersebut suci dan mensucikan.

Jika ada ulama yang tidak memperbolehkannya itu karena memandang AQUA itu musabbal lissyurbi, hanya diperuntukkan untuk diminum. Kalau saya melihat tidak demikian, aqua itu peruntukannya bebas, boleh untuk cuci muka ataupun nyiram tanaman. Coba tanya ke pabrik aqua, boleh nggak jika aqua dipakai selain diminum.

Muhtarom atau tidak itu sangat kondisional. Di daerah yang kesulitan air minum, berwudlu dengan aqua bisa disebut tindakan tabdzir dan berlebihan. Namun di daerah dimana air bersih tersedia berlimpah tentu bukan masalah berwudlu dengan Aqua. Kalau di kereta dimana air selain air kemasan sulit didapat, maka berwudlu dengan aqua adalah hal lumrah yang jauh dari nilai makruh apalagi haram. Tapi saat air gratis berlimpah dan tak mengandung mudarat maka berwudlu dengan aqua bisa menjadi makruh bahkan haram. Jadi masuk kriteria musabbal lissyurbi tidak ? Musabbal Li Assyurbi kalau disediakan untuk umum, lha wong niki tumbase ngagem duwete dewe ki ?? Wallaahu A'lamu Bis Showaab.


Air sulingan diproses kimia

Apakah air yang direbus , air sulingan (air mineral ) atau air limbah yg disetrilkan dgn proses kimia itu bisa dikategorikan air mutlaq ?

Jawaban

Bisa dinamakan air mutlaq (suci mensucikan )

Reff

الاقناع في حل ألفاظ أبي شجاع - (ج 1 / ص 19)

 تعريف المطلق بما ذكر هو ما جرى عليه في المنهاج وأورد عليه المتغير كثيرا بما لا يؤثر فيه كطين وطحلب وما في مقره وممره فإنه مطلق مع أنه لم يعر عما ذكر وأجيب بمنع أنه مطلق وإنما أعطى حكمه في جواز التطهير به للضرورة

===

الاقناع في حل ألفاظ أبي شجاع - (ج 1 / ص 25)

 فإن زال تغيره الحسي أو التقديري بنفسه بأن لم يحدث فيه شيء كأن زال بطول المكث أو بماء انضم إليه بفعل أو غيره أو أخذ منه والباقي قلتان طهر لزوال سبب التنجيس فإن زال تغيره بمسك أو نحوه كزعفران أو بتراب لم يطهر لأنا لا ندري أن أوصاف النجاسة زالت أو غلب عليها ما ذكر

=======

الاقناع في حل ألفاظ أبي شجاع - (ج 1 / ص 26)

لأنا لا ندري أن أوصاف النجاسة زالت أو غلب عليها ما ذكر

Air mineral kemasan seperti AQUA dan sejenisnya dihukumi suci dan mensucikan. Ia termasuk kategori air mutlak yang bisa digunakan untuk minum dan bersuci. Hal ini karena meskipun dalam pengolahan air mineral dicampur dengan bahan tertentu, namun bahan tersebut tidak sampai merubah status air mineral dari kategori air mutlak. Perubahan yang diakibatkan bahan campuran saat pengolahan air mineral hanya sedikit, baik pada warna, rasa dan baunya. Karena itu, air mineral tetap dikategorikan sebagai air mutlak yang boleh digunakan untuk bersuci.

Dalam kitab Hasyiyatul Bajuri, Imam Albajuri mengatakan sebagai berikut;


فان لم يمنع اطلاق اسم الماء عليه بأن كان تغيره بالطاهر يسيرا أو بما يوافق الماء في صفاته وقدر مخالفا ولم يغيره فلا يسلب طهوريته فهو مطهر لغيره


“Jika bahan campuran tidak menghalangi kemutlakan nama air, seperti sedikit terjadi perubahan air karena bercampur dengan benda suci lain atau suatu zat yang sifatnya menyerupai air dan antara zat dan air bisa diberdakan, namun tidak merubah sifat air, maka bahan campuran tersebut tidak merusak kesucian air. Air tersebut tetap bisa mensucikan pada lainnya.”


Dalam fiqih, air dibagi menjadi tiga kategori sebagai berikut;


Pertama, disebut air mutlaq. Selama warna, bau dan rasa air tidak berubah, atau berubah namun sedikit, maka air tersebut disebut air mutlak dan dihukumi suci dan mensucikan. Contoh air yang berubah sedikit karena ada campuran bahan tertentu adalah air mineral seperti AQUA dan sejenisnya. Karena itu, air kemasan boleh digunakan untuk bersuci seperti wudu dan istinja.


Kedua, disebut air musta’mal. Yang disebut air musta’mal adalah air yang sudah digunakan bersuci wajib atau bercampur dengan bahan suci yang sampai merubah warna, bau dan rasa air. Contoh air musta’mal adalah air yang sudah digunakan berwudhu, air teh, air pacar dan sejenisnya. Air musta’mal hukumnya suci tapi tidak boleh digunakan untuk bersuci.


Ketiga, disebut air mutanajjis. Air mutanajjis adalah air yang terkena najis atau bercampur dengan najis. Hukumnya adalah najis, tidak boleh diminum dan bersuci.


Semoga bermanfaat 

Share this:

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes