BREAKING NEWS

Watsapp

Friday, July 19, 2024

BAB ZAKAT PART 2

BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MUIN 

BAB ZAKAT PART 2

 (حر) معين، فلا تجب على رقيق لعدم ملكه، وكذا المكاتب لضعف ملكه، ولا تلزم سيده، لانه غير مالك.

 

Yang jelas 1⃣merdeka2⃣: Karena itu, zakat tidak wajib bagi seorang budak,3⃣ karena ia tidak mempunyai hak milik. Begitu juga budak Mukatab📝, karena dianggap lemah status pemilikannya📚, serta kewajiban zakat tidak dibebankan atas sayid (tuan)nya, sebab ia📑 sudah tidak menjadi pemilik atas harta Mukatab.

---------------

1⃣(وقوله: معين) أي غير مبهم، فلا زكاة في ريع موقوف على جهة عامة، ولا في مال بيت المال.


"tertentu (معين)" yakni tidak samar, maka tidak ada zakat dalam hasil wakaf yang diperuntukkan bagi kepentingan umum, dan tidak ada zakat pada harta Baitul Mal.

ومن الأول: الموقوف على إمام المسجد أو مؤذنه، لأنه لم يرد به شخص معين، وإنما أريد به كل من اتصف بهذا الوصف.


Dan yang pertama: harta yang diwakafkan untuk imam masjid atau muadzinnya, karena tidak ditujukan kepada orang tertentu, melainkan kepada setiap orang yang memiliki sifat tersebut.

2⃣ أي كله أو بعضه، فتجب الزكاة عليه، ولو كان مبعضا ملك ببعضه الحر نصابا.

Seluruhnya atau sebagian darinya, maka wajib zakat atasnya, meskipun sebagian darinya dimiliki oleh orang yang merdeka dengan sebagian lainnya mencapai nisab.

3⃣ تعليل لعدم الوجوب، فلو ملكه سيده مالا لم يملكه، فيكون باقيا على ملك سيده، فتلزمه زكاته.

"Alasan untuk tidak wajib, jika tuannya memberinya harta, maka budak tersebut tidak memilikinya, sehingga harta tersebut tetap menjadi milik tuannya, maka zakatnya wajib dibayar oleh tuannya."


📝 أي وكذا لا تجب على المكاتب، ولو كانت الكتابة فاسدة.


"Begitu juga, ZAKAT TIDAK WAJIB atas seorang mukatab (budak yang sedang dalam proses pembebasan), meskipun akad pembebasannya rusak."


📚 أي عن احتمال المواساة، ولذا لا تلزمه نفقة قريبة، ولا يرث ولا يورث

"Yaitu karena kemungkinan tidak adanya kemampuan untuk berbagi, oleh karena itu, dia tidak wajib menanggung nafkah kerabatnya, tidak mewarisi, dan tidak diwarisi."

📑 أی السيد وقوله غير مالك أي لمال المكاتب قال في الروض وشرحه: فإن زالت الكتابة لعجز أو عتق أو غيره، انعقد حوله من حين زوالها.

Maksudnya Tuan. Kata mushonef Tuannya bukan yang memiliki hartanya MUKATAB, (budak yang sedang menebus dirinya untuk merdeka), disebutkan dalam kitab Ar-Raudh dan penjelasannya: Jika catatan telah hilang karena tidak mampu melunasi pembayaran atau telah dimerdekakan atau karena sebab lainnya, maka perhitungan zakatnya dimulai sejak hilangnya status mukatab tersebut."


IANATUTHOLIBIN JUZ 2 HAL 149.

NURUL ILMI

----------------

 في (ذهب) ولو غير مضروب، خلافا لمن زعم اختصاصها بالمضروب (بلغ) قدر خالصه (عشرين مثقالا) بوزن مكة تحديدا.

 

Di dalam emas ✅yang jumlah murninya 📝mencapai 20 mitsqal 📚(96 gr) menurut timbangan Mekah, - dengan batas pasti- , sekalipun belum dimasak📌, hal ini masih ada perselisihan dengan ulama yang mengkhususkan wajib zakat pada emas yang sudah dimasak.

-------------

✅(والأصل) في وجوبها فيهما - قبل الإجماع - قوله تعالى: * (والذين يكنزون الذهب والفضة) * (١) والكنز: هو الذي لم تؤد زكاته

"Dan dasar kewajiban zakat pada keduanya (emas dan perak) - sebelum adanya ijma' - adalah firman Allah Ta'ala: 'Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak...' (QS. At-Taubah: 34). Dan yang dimaksud dengan 'kanz' (harta yang disimpan) adalah harta yang zakatnya tidak dibayarkan."


ووجه دلالة الآية على وجوب الزكاة أنه توعد على عدم الزكاة بالعذاب، والوعيد على الشئ يقتضي النهي عنه، فكأنه قال لا تتركوا الزكاة.

.

Dan petunjuk makna ayat tentang kewajiban zakat adalah bahwa ia mengancam dengan azab bagi yang tidak menunaikan zakat, dan ancaman terhadap sesuatu menunjukkan larangan terhadapnya, seolah-olah dikatakan "jangan tinggalkan zakat."

والنهي عن الشئ أمر بضده، فكأنه قال: أدوا الزكاة وهو أمر والأمر للوجوب ولا تجب الزكاة في سائر الجواهر - كاللؤلؤ والياقوت والفيروزج - لعدم ورود الزكاة فيها.

Larangan terhadap sesuatu adalah perintah untuk melakukan lawannya, seolah-olah dikatakan: "Tunaikanlah zakat," yang merupakan perintah, dan perintah menunjukkan kewajiban. Zakat tidak wajib untuk semua jenis batu permata - seperti mutiara, yakut, dan firus - karena tidak ada dalil yang menunjukkan kewajiban zakat atasnya.

📝 أي الذهب، فلا زكاة في مغشوش حتى يبلغ خالصه ما ذكر، فتخرج زكاته خالصا أو مغشوشا خالصه قدرها، لكن يتعين على الوالي إخراج الخالص، حفظا للنحاس مثلا على المولى.

Artinya, emas, maka tidak ada zakat pada emas yang bercampur hingga kandungan emas murninya mencapai jumlah yang disebutkan, kemudian zakatnya dikeluarkan dalam bentuk murni atau dalam bentuk campuran dengan kandungan murninya yang sebanding. Namun, gubernur (penguasa) harus mengeluarkan yang murni, untuk menjaga kandungan seperti tembaga bagi pemiliknya.

📌أي ولو كان الذهب غير مضروب، كسبيكة ذهب، فإنه تجب الزكاة فيه.

Artinya, meskipun emas tersebut belum dicetak, seperti dalam bentuk batangan emas, tetap wajib dizakati.


IANATUTHOLIBIN JUZ 2 HAL 150.

NURUL ILMI

---------------


MOHON DIKOREKSI DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT.

Share this:

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes