BREAKING NEWS

Watsapp

Friday, July 9, 2021

Materi 4 "BINA GAIRU SALIM"

BINA GHAIRU SALIM

Bina ghairu salim terbagi atas 3 jenis

1. Bina mudhoaf

Adalah bina yang susunan huruf 'ain fi'il /عَيْنُ الفِعْلِ dan lam fiilnya /لَامُ الفِعلِ  Serupa/sama.

Contoh :

Panjang/مَدَّ -

Fa' fiilnya : م - 'ain fiilnya : د - lam fiilnya : د

Contoh :

Memanjangkan /اَمَدَّ - huruf tambahan: ا

- fa' fi'ilnya : م - ain fiilnya : د - lam fiilnya : د

Contoh :

Meminta di panjangkan /اِسْتِمْدَدَ

- huruf tambahan : است - fa' fi'ilnya : م - ain fiilnya : د - lam fiilnya : د


2. Bina Mahmuz

Adalah bina yang salah satu huruf asalnya berupah hamzah /(أ ئ ؤ).

Terbagi atas 3: -

1. Mahmuz fa' (fa' fi'ilnya hamzah) Contoh : Mengambil /أَخَذَ -

2. Mahmuz 'ain ('ain fiilnya hamzah) Contoh: Bertanya /سَأَلَ -

3. Mahmuz lam (lam fiilnya hamzah) Contoh : Membaca/قَرَأَ


3. Bina Mu'tal. 

Adalah bina yang di HURUF ASAL nya terdapat huruf illat /عِلَّةٌ: huruf penyakit/huruf tidak normal ( ا و ى )

Contoh: Berdiri /قَامَ, Melempar/رَمَىْ, Berdiri،berhenti/وَقَفَ.

_________

Percakapan 4

الاُسْتَاذُ يَدْخُلُ فِيْ الْفَصْلِ

Ustadz masuk ke dalam kelas

اَلطَّالِبُ يَهْتَمُّ شَرْخَ الاَسْتَاذِ

siswa memperhatikan penjelasan ustadz

الاُسْتَاذَةْ تَكْتُبُ عَلَىْ السَّبُوْرَةِ

Ustadzah menulis di atas papan tulis

الطَّالِبَةُ تَكْتُبُ عَلَى الْدَفْتَرِ بِالقَلَمِ

Siswi menulis di atas buku dengan menggunakan pena

مَنْ الْغَائِبُ هَاذَا الْيَوْمَ

Siapa yg tidak hadir hari ini

لَا اَحَدَ مِنَّا غَائِبٌ اِلَّا الطَالِبَ الْجَديْدَ

Tidak ada satupun dari kami yang tidak hadir, kecuali siswa yg baru.

________________________________________________________________________________________

Pola 5 & kelipatannya

Sastra Bahasa Arab adalah ilmu alat yg memiliki keunikan. Yaitu setiap materi akan selalu berhubungan satu dengan yg lainnya. materi materi awal akan berhubungan dan terikat dengan materi tengah dan juga akhir. Maka jika salah satu di antara materi awal, tengah, dan akhir terlupa/tidak dipahami, maka materi yang lainnya juga akan sulit dipahami. Dan tidak sedikit orang yg sudah bertahun tahun mempelajari bahasa arab, namun merasa sastra bahasa arab sangat sulit dan tidak sedikit juga yg gagal lalu menyerah mempelajarinya dikarenakan lupa dengan salah satunya sehingga tidak memahami keseluruhannya. Oleh karena itu sebagaimana yg dilakukan ulama ulama salaf terdahulu. kita akan bersama sama muroja'ah/mengulang pola 5 materi sebelumnya dan kelipatannya agar materi materi tersebut tersimpan di memory/ingatan jangka panjang kita. Sebagaimana hikmah para ulama salaf terdahulu.

كان الماهرون مراجعين

"Para ahli/mahir terlahir dari orang orang yang selalu mengulang pelajarannya"

Muroja'ah/mengulang.

Silahkan perhatikan kembali materi materi berikut untuk kembali mengulang 5 materi sebelumnya agar tersimpan di ingatan jangka panjang. Yaitu materi 1,2,3,4


Thursday, July 8, 2021

(FASAL) JUMLAH RAKAAT SHALAT)

 

﷽📚🍃●●━━━━━━━━━━━┓

 📒 NGAJI KITAB FATHUL QORIB 📖

┗━━━━━━━━━━━━━━━✨🌹🌹

📚محمد بن قاسم بن محمد الغزي ابن الغرابيلي أبو عبد الله شمس الدين

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُـــــمَّ صَلِّ وَسَلِم وَبَرِك عَلَی سَيِّـــــدِنَا مُحَمَّـــــدٍ وَعَلَی آلِ سَيِّـــــدِنَا مُحَمَّـــــدٍ، رَبِّ زِدنِي عِلمًا وَرزُقنِى فَهمًا، اَلّلهُمَ اِنَّى اَسأَلُكَ عِلمًا نَافِعًا، سُبْحٰنَكَ لَا عِلْمَ لَنَآ اِلَّا مَا عَلَّمْتَنَا ۗ  اِنَّكَ اَنْتَ الْعَلِيْمُ الْحَكِيْمُ

┈┈┈┈┈┈┈◎❅❀❦🌹❦❀❅◎┈┈┈┈┈┈┈

(فصل): في عدد ركعات الصلاة 

📒 ﷽ (FASAL) JUMLAH RAKAAT SHALAT)

(وركعات الفرائض) أي في كل يوم وليلة في صلاة الحضر إلا يوم الجمعة (سبعة عشر ركعة) أما يوم الجمعة في عدد ركعات الفرائض في يومها خمسة عشر ركعة، وأما عدد ركعات صلاة السفر في كل يوم للقاصر فإحدى عشرة ركعة وقوله (فيها أربع وثلاثون سجدة وأربع وتسعون تكبيرة وتسع تشهدات وعشر تسليمات ومائة وثلاث وخمسون تسبيحة وجملة الأركان في الصلاة مائة وستة وعشرون ركناً في الصبح ثلاثون ركناً وفي المغرب اثنان وأربعون ركناً وفي الرباعية أربعة وخمسون ركناً) إلى آخره ظاهر غنيّ عن الشرح 

🔹🔷 (Jumlah rakaat shalat fardhu) maksudnya sehari semalam dalam sholat di rumah kecuali pada hari Jum’at adalah tujuh belas rakaat, Jumlah Rakaat di Dalam Sholat pada Hari Jumat, Sedangkan untuk hari Jumat maka jumlah rakaat shalat fardhu pada hari itu adalah lima belas rakaat, Jumlah Rakaat Shalat bagi Musafir yang Mengqashar Shalat, Adapun jumlah rakaat sholat setiap hari saat bepergian bagi orang yang melakukan shalat qashar adalah sebelas rakaat.

Perkataan mushonnif “di dalam jumlah rakaat tersebut terdapat tiga puluh empat sujud, sembilan puluh empat takbir, sembilan tasyahud, sepuluh salam, dan seratus lima puluh tiga tasbih, Jumlah rukun di dalam sholat ada seratus dua puluh enam rukun, yaitu tiga puluh rukun di dalam shalat Subuh, empat puluh dua rukun di dalam shalat Maghrib, dan lima puluh empat rukun di dalam sholat empat rakaat” hingga akhir perkataan beliau adalah sudah jelas dan tidak perlu dijelaskan.

(ومن عجز عن القيام في الفريضة) لمشقة تلحقه في قيامه (صلى جالساً) على أي هيئة شاء، ولكن افتراش في موضع قيامه أفضل من تربعه في الأظهر (ومن عجز عن الجلوس صلى مضطجعاً) فإن عجز عن الاضطجاع صلى مستلقياً على ظهره ورجلاه للقبلة، فإن عجز عن ذلك كله أومأ بطرفه، ونوى بقلبه، ويجب عليه استقبالها بوجهه بوضع شيء تحت رأسه، ويومئ برأسه في ركوعه وسجوده، فإن عجز عن الإيماء برأسه أومأ باجفانه، 

🔹🔷 Dan Barangsiapa yang tidak mampu berdiri saat melaksanakan sholat fardhu karena ada hal berat yang ia alami saat berdiri (udzur), maka ia diperkenankan sholat dengan keadaan duduk sesuai posisi yang ia kehendaki, Akan tetapi duduk iftirasy di waktu posisi berdiri lebih utama daripada duduk tarabbu’ (bersila) menurut pendapat yang lebih Dzohir, Dan Barangsiapa tidak mampu untuk duduk, maka ia diperkenankan shalat dengan tidur miring, Jika tidak mampu tidur miring, maka diperkenankan shalat dengan terlentang di atas punggung dan kedua kaki menghadap kiblat, Jika tidak mampu melakukan semua itu, maka hendaknya ia memberi isyarat dengan mata dan niat di dalam hati, Dan wajib baginya untuk menghadap kiblat dengan wajah dengan meletakkan sesuatu di bawah kepalanya dan memberi isyarat dengan kepala saat ruku’ dan sujud, Jika tidak mampu memberi isyarat dengan kepala, maka hendaknya ia memberi isyarat dengan kedipan mata.

فإن عجز عن الإيماء بها أجرى أركان الصلاة على قلبه، ولا يتركها ما دام عقله ثابتاً، والمصلي قاعداً لا قضاء عليه ولا ينقص أجره لأنه معذور وأما قوله: "من صلى قاعداً فله نصف أجر القائم، ومن صلى نائماً، فله نصف أجر القاعد" فمحمول على النفل عند القدرة

Jika tidak mampu memberi isyarat dengan itu, maka ia harus menjalankan rukun-rukun sholat di dalam hati, DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENINGGALKAN SHOLAT SELAMA AKALNYA MASIH ADA, Orang yang sholat dengan posisi duduk, maka ia tidak wajib mengqodho dan pahalanya tidak berkurang, karena sesungguhnya ia adalah orang memiliki udzur.

Adapun sabda baginda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, “Barangsiapa melakukan sholat dengan posisi duduk, maka ia mendapatkan separuh pahala orang yang sholat dengan berdiri, Dan barangsiapa melakukan shalat dengan tidur, maka ia mendapatkan separuh pahala orang yang sholat dengan duduk” Maka diarahkan pada orang yang melakukan sholat sunnah dan ia dalam keadaan mampu.

📚📚📚

┈┈┈━━━━━━•✨🌹🕊️•━━━━━━┈┈┈

◼️ قال رسول الله ﷺ: "طَلَبُ العِلمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسلِم رواه البيهقي

◼️قل الله تعالی : يَرْفَــــــعِ اللهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِـــــلْمَ دَرَجاتٍ


Wednesday, July 7, 2021

"MENYAMBUT PUASA 'AROFAH, TARWIYAH DAN FADHILAHNYA"

 


"10 Kemuliaan Bagi Orang Yang Memuliakan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah "

(Meraih Kebaikan 10 Hari Yang Pertama Dibulan Dzulhijjah)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saudaraku seiman dan seagama (Islam), mari kita sambut bulan Dzulhijjah di tahun ini, hanya tinggal menghitung hari saja kita sebagai umat Islam mesti nya akan terasa bergembira dengan menyambutnya kedatangan bulan haji. Bagaimana cara menyambutnya? Tentunya dengan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah, SWT melalui ilmu yang diamalkan.

A. Pengertian
PUASA  ARAFAH adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Arafah ya'ni tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa ini sangat dianjurkan bagi orang-orang yang tidak menjalankan ibadah haji. Adapun teknis pelaksanaannya mirip dengan puasa-puasa lainnya. Keutamaan puasa Arafah ini seperti diriwayatkan dari Abu Qatadah Rahimahullah. Rasulullah SAW bersabda :
صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية

Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas. (HR. Muslim).

Sementara, puasa Tarwiyah adalah dilaksanakan pada hari Tarwiyah yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah. Ini didasarkan pada satu redaksi hadits yang artinya bahwa Puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun. Dikatakan hadits ini dloif(kurang kuat riwayatnya) namun para ulama memperbolehkan mengamalkan hadits yang dhoif sekalipun sebatas hadits itu diamalkan dalam kerangka fadhailul a’mal (untuk memperoleh keutamaan), dan hadits yang dimaksud tidak berkaitan dengan masalah aqidah dan hukum. Lagi pula hari-hari pada sepersepuluh bulan Dzulhijjah adalah hari-hari yang istimewa. Ibnu Abbas r.a meriwayatkan Rasulullah s.a.w bersabda:
ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام يعني أيام العشر قالوا: يا رسول الله! ولا الجهاد في سبيل الله؟ قال: ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله فلم يرجع من ذلك شيء

Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama dibulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya : Ya Rasulullah! walaupun jihad di jalan Allah? Sabda Rasulullah: Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama-lamanya (menjadi syahid). (HR Bukhari).

Puasa Arafah dan tarwiyah sangat dianjurkan untuk turut merasakan nikmat yang sedang dirasakan oleh para jamaah haji sedang menjalankan ibadah di tanah suci. Sebagai catatan, jika terjadi perbedaan dalam penentuan awal bulan Dzulhijjah antara pemerintah Arab Saudi dan Indonesia seperti terjadi pada tahun ini (Dzulhijjah 1442 H), dimana Indonesia menetapkan Awal Dzulhijjah pada  Ahad/11 Juli 2021 maka untuk umat Islam Indonesia melaksanakan puasa Arafah dan Tarwiyah sesuai dengan ketetapan pemerintah setempat, yakni tarwiyah tanggal 8 Dzulhijjah = Ahad/18 Juli 2021 dan Arofah tanggal 9 Dzulhijjah = Senin/19 Juli 2021. Ini didasarkan pada perbedaan posisi geografis semata.

Tidak disangsikan lagi bahwa puasa adalah jenis amalan yang paling utama, dan yang dipilih Allah untuk diri-Nya. Disebutkan dalam hadits Qudsi: Puasa ini adalah untuk-Ku, dan Aku-lah yang akan membalasnya. Sungguh dia telah meninggalkan syahwat, makanan dan minumannya semata-mata karena Aku. Diriwayatkan dari Abu Said Al-Khudri, Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah SAW bersabda: Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah melainkan Allah pasti menjauhkan dirinya dengan puasanya itu dari api neraka selama tujuh puluh tahun.(HR Bukhari Muslim).

B. Fadhilah Puasa Arafah

Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari Arafah yakni tanggal 9 bulan Dzulhijah pada kalender Islam Qomariyah/Hijriyah. Puasa ini sangat dianjurkan bagi kaum Muslimin yang tidak menjalankan ibadah haji.

Kesunnahan puasa Arafah tidak didasarkan adanya wukuf di Arafah oleh jamaah haji, tetapi karena datangnya hari Arafah tanggal 9 Dzulhijjah. Maka bisa jadi hari Arafah di Indonesia tidak sama dengan di Saudi Arabia yang hanya berlainan waktu 4-5 jam. Ini tentu berbeda dengan kelompok umat Islam yang menghendaki adanya ‘rukyat global’, atau kelompok yang ingin mendirikan khilafah islamiyah, dimana penanggalan Islam disamaratakan seluruh dunia, dan Saudi Arabia menjadi acuan utamanya.

Keinginan menyamaratakan penanggalan Islam itu sangat bagus dalam rangka menyatukan hari raya umat Islam, namun menurut ahli falak, keinginan ini tidak sesuai dengan kehendak alam atau prinsip-prinsip keilmuan. Rukyatul hilal atau observasi bulan sabit yang dilakukan untuk menentukan awal bulan Qamariyah atau Hijriyah berlaku secara nasional, yakni rukyat yang diselenggarakan di dalam negeri masing-masing dan berlaku satu wilayah hukum. Ini juga berdasarkan petunjuk Nabi Muhammad SAW sendiri. (Lebih lanjut tentang hal ini silakan klik di rubrik Syari’ah dan Iptek).

Penentuan hari arafah itu juga ditegaskan dalam Bahtsul Masa’il Diniyah Maudluiyah pada Muktamar Nahdlatul Ulama XXX di Pondok Pesantren Lirboyo, akhir 1999. Ditegaskan bahwa yaumul arafah atau hari Arafah yaitu tanggal 9 Dzulhijjah berdasarkan kalender negara setempat yang berdasarkan pada rukyatul hilal.

Adapun tentang fadhilah atau keutamaan berpuasa hari Arafah tanggal 9 Dzulhijjah didasarkan pada hadits berikut ini:

صَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ يُكَفِّرُ سَنَتَيْنِ مَاضِيَةً وَمُسْتَقْبَلَةً وَصَوْمُ عَاشُوْرَاَء يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً

Puasa hari Arafah menebus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang dan puasa Asyura (10 Muharram) menebus dosa setahun yang telah lewat. (HR Ahmad, Muslim dan Abu Daud dari Abi Qatadah)

Para ulama' menambahkan adanya kesunnahan puasa Tarwiyah yang dilaksanakan pada hari Tarwiyah, yakni pada tanggal 8 Dzulhijjah. Ini didasarkan pada satu redaksi hadits lain, bahwa Puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun, dan puasa pada hari Arafah menghapuskan (dosa) dua tahun. Dikatakan bahwa hadits ini dloif (tidak kuat riwayatnya) namun para ulama memperbolehkan mengamalkan hadits yang dhoif sekalipun sebatas hadits itu diamalkan dalam kerangka fadhailul a’mal (untuk memperoleh keutamaan), dan hadits yang dimaksud tidak berkaitan dengan masalah aqidah dan hukum.

Selain itu, memang pada hari-hari pada sepersepuluh bulan Dzulhijjah adalah hari-hari yang istimewa untuk menjalankan ibadah seperti puasa. Ibnu Abbas RA meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ أيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيْهَا أَحَبَّ إِلَى اللهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ يَعْنِيْ أَياَّمُ اْلعُشْرِ قَالُوْا: يَا رَسُوْلَ اللهِ! وَلَا الْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ؟ قَالَ: وَلَا الْجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ إلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهُ فَلَمْ يَرْجِعُ مِنْ ذَلِكَ شَيْءٌ

Diriwayatkan Rasulullah SAW bersabda: Tidak ada perbuatan yang lebih disukai oleh Allah SWT, dari pada perbuatan baik yang dilakukan pada sepuluh hari pertama dibulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: Ya Rasulallah, walaupun jihad di jalan Allah? Rasulullah bersabda: Walau jihad pada jalan Allah kecuali seorang lelaki yang keluar dengan dirinya dan harta bendanya, kemudian tidak kembali selama-lamanya atau menjadi syahid.(HR Bukhari).

Puasa Arafah dan Tarwiyah sangat dianjurkan bagi yang tidak menjalankan ibadah haji di tanah suci.

Adapun teknis pelaksanaannya mirip dengan puasa Ramadhan.

Bagi kaum Muslimin yang mempunyai tanggungan puasa Ramadhan juga disarankan untuk mengerjakannya pada hari Arafah ini, atau hari-hari lain yang disunnahkan untuk berpuasa. Maka ia akan mendapatkan dua pahala sekaligus, yakni pahala puasa wajib (qadha puasa Ramadhan) dan pahala puasa sunnah. Demikian ini seperti pernah dibahas dalam Muktamar NU X di Surakarta tahun 1935, dengan mengutip fatwa dari kitab Fatawa al-Kubra pada bab tentang puasa:

يُعْلَمُ أَنَّ اْلأَفْضَلَ لِمُرِيْدِ التََطَوُّعِ أَنْ يَنْوِيَ اْلوَاجِبَ إِنْ كَانَ عَلَيْهِ وَإِلَّا فَالتَّطَوُّعِ لِيَحْصُلَ لَهُ مَا عَلَيْهِ

Diketahui bahwa bagi orang yang ingin berniat puasa sunnah, lebih baik ia juga berniat melakukan puasa wajib jika memang ia mempunyai tanggungan puasa, tapi jika ia tidak mempunyai tanggungan (atau jika ia ragu-ragu apakah punya tanggungan atau tidak) ia cukup berniat puasa sunnah saja, maka ia akan memperoleh apa yang diniatkannya.

Hari ini, Sabtu, 10 Juli 2021 / 29. Dz. Qo'dah, 1442 H. menurut A. Hasanuddin HR bahwa perhitungan ilmu Hisab  kita telah berada di hari terakhir bulan Dzul Qo'dah dan ان شاء الله  malam Ahad ini kita akan memasuki awal bulan Dzulhijjah. 

Menurut imam Al-Ghazali, bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang lebih utama dari empat bulan yang mulia (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab). (Ihya 'Ulumuddin. Juz. I. hal. 281). 

Sepuluh (10) hari yang pertama di bulan Dzulhijjah ini memiliki keutamaan tersendiri dibandingkan dengan hari-hari lainnya. 

Dalam sebuah hadits dijelaskan :

"Tidak ada hari-hari yang beramal sholeh pada hari-hari itu lebih Allah sukai daripada hari-hari ini (ya'ni; sepuluh hari yang pertama di bulan Dzulhijjah)...Al-Hadits." (HR. Bukhari dari Ibnu Abbas). 

Ada beberapa amal sholeh di antaranya yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada sepuluh hari pertama dibulan Dzulhijjah ini, diantaranya: 

1.  Melaksanakan puasa sunnah dari tanggal 1-9 Dzulhijjah. Dalam sebuah hadits dijelaskan:  

"Adalah Rasulullah  صلى الله عليه وسلم  Berpuasa Sembilan (9) hari dari bulan Dzulhijjah." (HR. Imam Ahmad, Dawud dan Nasa'i dari sayyidah Hafsah). 

2.  Melaksanakan ibadah (sholat) sunnah pada malam harinya. (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abi Hurairah). 

3. Memperbanyak Do'a. 

4-Memperbanyak Istighfar. 

5- Memperbanyak Shodaqoh. (Diriwayatkan dari Abu Darda / Tanbihul Ghofilin. hal. 121). 

6-Melaksanakan kesunahan berkurban pada tanggal 10 Dzulhijjah. (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim dari sayyidah 'Aisyah). 

7- Bagi yang hendak melaksanakan Qurban, disunnahkan untuk tidak memotong rambut dan kukunya mulai dari masuknya tanggal 1 bulan Dzulhijjah sampai dengan hewan qurbannya disembelih. Sebagaimana sabda Nabi صلى الله عليه وسلم: "Apabila kamu telah melihat tanggal bulan Dzulhijjah, dan seseorang dari kamu bermaksud untuk berqurban,  maka sebaiknya dia menahan dari (memotong) rambutnya dan kuku-kukunya." (HR. Muslim dari Ummu Salamah) 

Sahabat-Sahabat  رحمكم الله 

Syekh Abdul Qodir Al-Jailani mengutip sebuah pendapat yang mengatakan ; 

"Siapa orang yang memuliakan  hari-hari yang 10 ini (dengan beramal sholeh),  maka akan Allah تعالى  muliakan dia dengan 10 kemuliaan: 1- Diberkahkan umurnya. 2- Ditambahkan hartanya. 3- Dijaga keluarganya. 4- Dihapuskan (dosa-dosa) keburukannya. 5- Dilipat gandakan (balasan) kebaikannya. 6- Dimudahkan ketika sakaratul mautnya. 7- Diterangkan kegelapan (kubur) nya. 8- Diberatkan timbangan (amal kebaikan) nya. 9- Diselamatkan dari tingkatan (neraka) nya. 10- Ditinggikan derajat (surga) nya." (Al-Ghuniyyah. hal. 347). 

Betapa ruginya bila kita tidak dapat memperoleh kebaikan 10 hari yang pertama di bulan Dzulhijjah ini. 

Telah diriwayatkan dari Abu Darda رضى الله تعالى عنه, bahwasanya beliau telah mendengar Nabi   صلى الله عليه وسلم  bersabda: 

"Kerugianlah bagi orang yang terhalang akan kebaikan hari-hari yang kesepuluh (di bulan Dzulhijjah)..." (Tanbihul Ghofilin. hal. 121). 

Mari kita raih kebaikan di sepuluh hari yang pertama di bulan Dzulhijjah ini dengan memperbanyak amal kebaikan. 

"Semoga Allah Selalu Limpahkan Rahmat, Taufiq Dan Hidayah-Nya Kepada Kita Semua, Sehingga Kita Dapat Memuliakan 10 Hari Pertama Dibulan Dzulhijjah Ini Dengan Melaksanakan Amal-Amal Sholeh, Sehingga Kita Bisa Memperoleh Limpahan Kebaikan Dan 10 Kemuliaan Dari Allah تعالى. Dan Mari Kita Selalu Berdo'a, Semoga Wabah Covid-19 Ini Segera Diangkat Dan Dihilangkan Oleh Allah سبحانه و تعالى"


Sumber: http://www.piss-ktb.com/2012/10/1926-puasa-arofah-dan-tarwiyah-beserta.html


C. Batas Waktu Cukur & Memotong Kuku Bagi yang Hendak Berqurban.

Sabtu/10 Juli 2021 hari terakhir untuk bercukur dan memotong kuku bagi yang berniat berkurban.

1. Dzulhijjah = Ahad/11 Juli 2021

2. Dzulhijjah = Senin/12 Juli 2021

3. Dzulhijjah = Selasa/13 Juli 2021

4. Dzulhijjah = Rabu/14 Juli 2021

5. Dzulhijjah = Kamis/15 Juli 2021

6. Dzulhijjah = Jum'at/16 Juli 2021

7. Dzulhijjah = Sabtu/17 Juli 2021

8. Dzulhijjah = Ahad/18 Juli 2021

9. Dzulhijjah = Senin/19 Juli 2021

   HARAM PUASA :

10. Dzulhijjah = 20 Juli 2021

11. Dzulhijjah = 21 Juli 2021

12. Dzulhijjah = 22 Juli 2021

13. Dzulhijjah = 23 Juli 2021

Puasa Arafah 9 Dzulhijjah = 19 Juli  2021 dan Idul Adha 10 Dzulhijjah = 20 Juli 2021

Tanggal  21, 22 dan 23 Juli 2021/ 11, 12 dan 13 Dzulhijjah 1442 adalah hari TASYRIK = HARAM PUASA_

NB: penulisan penetapan ini untuk tanggal 1 Dzulhijjah masih menunggu informasi resmi dari Pemerintah RI.

Barakallahu fiikum

Penulis

Hormat kami,

Ayip Zaenal Aripin



 

"INSPIRASI MEMBUKA HATI MENUJU KEBERKAHAN ILMU BERSAMA SAGUSAPOP"

 Ditulis Saat Ulang Tahun Anak Pertama Yang Ke 18

30 Juni 2021



Sepatah Kata

Oleh : Ayip Zaenal Aripin



Puji Syukur penulis persembahkan kepada Allah yang maha Ghofur, Shalawat dan salam kita sanjungkan kepada makhluk yang paling mulia, beliau baginda rasulullah, saw. Dengan harapan kita semuanya diberikan kesehatan yang sempurna serta mendapatkan syafaat nabi besok kelak di yaumil Qiyamat. Selanjutnya Sebelum memaparkan sejarah saat awal Pembuatan materi materi zoom yang sudah disampaikan oleh para narsum pada komunitas sagusapop hebat dan luar biasa itu. Terlebih dahulu penulis akan tutur sampaikan dahulu biodata untuk mengenal dan saling mengenal, karena dengan kunci mengenal maka akan sayang, dengan sayang akan hadirnya cinta bersama para komunitas sagusapop, para pembaca dan para pecinta kebaikan kebaikan. Semoga akan lebih mempererat persaudaraan diantara kita semuanya. Aamiin…...

Untuk nama sudah tertera di atas, tempat dilahirkan penulis di kota Kuningan Jawa Barat, tepatnya lahir di perkampungan Desa Parakan yang awalnya kecamatan Lebakwangi dan sekarang menjadi kecamatan maleber Kabupaten Kuningan. Pada hari senin, 05 Januari 1971. Pendidikan SDN Mancagar, Mts Darussalam Ciamis, SLTA MAPK Darussalam Ciamis, D1 (PONDOK PESANTREN LIRBOYO KEDIRI), S1 IAI Al-AQIDAH dan S2 PASCASARJANA Syekh Nurjati Cirebon. Status Menikah kemudian dikaruniai 4 orang anak putra 2 dan puri 2. Alhamdulillah lengkap sudah dalam keluarga dengan jumlah anak berpasangan dan hari ini tanggal 30 Juni 2021 merupakan hari ulang tahun anak pertama bersamaan dengan tugas belajar menulis untuk belajar berkarya bersama komunitas sagusapop yang semakin hari semakin mantap dalam berbagai pengembangan keilmuan keilmuan dengan sistem penataan penataan yang lebih baik, dimana didalamnya berkumpul dengan narsum yang luar biasa berpengalaman dalam bidang tidak hanya skup Nasional kualitas narsum tapi Go Internasional juga. hal itu sesuai dengan tupoksinya masing masing dalam berbagi penugasan di antara para senior sehingga bertambah kokoh dan kuat dalam melaksanakan bimbingan kepada para peserta yang ikut bimbingan literasi.

Oleh karena itu bagi saya sangatlah memuaskan dari berbagai segi materi pembelajaran dan pengajaran dari para narsum dan master master maupun dari segi pelayanan termasuk ke dalam grup whatsapp mereka berbagi mencurahkan keilmuan dan pengalaman. Karena itu tulisan saya ini merupakan kado ulang tahun teruntuk ananda tercinta dengan harapan agar semua anak saya menjadi pengarang dan penulis. Anakku pertamaku lahir pada tanggal 30 Juni 2003 itu bernama : HILMY TAQIYUDDIN YUSUP, dengan DOA teruntuk semua anakku: "semoga mereka semua diberikan panjang umur dan diberikan kesehatan yang sempurna serta mendapatkan keberkahan ilmu ilmunya. Saat ini di tahun 2021 sedang menimba ilmu bersama adiknya bernama DILFY MH LABIIB di pondok pesantren Lirboyo Kediri dan kelak keduanya menjadi anak anak yang sholeh serta bermanfaat untuk agama Allah dan RasulNya, dirimu, keluarga, masyarakat bangsa dan negara NKRI'. Aamiin…

Selanjutnya penulis hanyalah berbagi pengalaman dan cerita bersama sagusapop tentang materinya, sedikit yang penulis dapat tuturkan hanyalah sebesar jarum berada di tengah lautan sagusapop, tapi semoga berarti bagi para pembaca untuk bisa bergabung dengan sagusapop yang luar biasa. Awalnya pembuatan blog ini sebetulnya tidak langsung dari sagusapop namun dari salah seorang sahabat dekat teman di satu lembaga SMPN 2 Garawangi, ia pun berkompeten dalam dunia IT yaitu Mr. Yusup Pebriana, S.Pd. Ia selalu mengajariku di usia jauh lebih muda dari penulis. Saat itu penulis akan mengadakan ulangan harian mapel PAI salah satu mapel yang penulis ampu dan ia menyarankan untuk buat Blog. Akhirnya penulis pun merasa tertarik dengan penawaran baik itu, karena akan memberikan dampak tidak hanya buat penulis tapi buat siswa pun akan semangat dalam belajarnya. Akhirnya dibuatlah blog dan dilaksanakanlah ulangan harian bersama siswa SMPN 2 Garawangi di tahun 2016, ternyata anak anak pun menyukainya. Namun penulis tidak mengembangkan kreatifitas blog itu, karena keterbatasan pengetahuan dan hanya sampai pembuatan soal ulangan saja.

Waktu semakin cepat berlalu hingga saat ini sampailah di tahun 2021 bertemulah dengan komunitas sagusapop dan ikut bergabung yang kegiatannya pun melalui zoom. Materinya pun ketepatan awalnya pembuatan Blog dengan narsum luar biasa berpengalaman yaitu Mr. Bryan penulis di berbagai media. Diantara kajian materi yang telah disampaikan fokus terkait dengan kajian blog. Adapun pertemuan webinar pertama oleh Mr. Brayen untuk materi yang sudah disampaikan itu antara lain pada hari Sabtu, tanggal 19 Juni 2021: Webinar ini merupakan salah satu bentuk kegiatan dari program sagusapop kami diajak untuk membuat buku antologi. Sertifikat 32 Jp diberikan jika peserta sudah memberikan hasil karyanya yaitu resum 4 pertemuan Webinar dan naskah untuk buku antologi. Kemudian dilanjutkan Pelatihan berikutnya tanggal 26 Juni 2021, membuat blog lebih menarik lagi antara lain tentang menambahkan label, membuat tema, tata letak, menambahkan link medsos, dll.

Adapun materi materinya yang telah disampaikan diantaranya : 

A. Cara mengubah tema 1. Buka Setting Blog kita yang posisinya berada di sebelah kiri. 2. Klik tema. 3. Setelah itu akan muncul pilihan tema tema yang kita inginkan. 4. Clik Terapkan. 

B. Materi mengupload video. 
Adapun cara mengupload Video ada 2 cara yang bisa dilakukan, diantaranya : 
a. Upload dari youtube (yang disarankan) 
b. Upload dari file yang kita miliki (tidak disarankan karena waktu uploadnya lama) Caranya : 
1. Di bagian atas kita pilih gambar video lalu klik. 
2. Pilih penelusuran youtube atau dari file. 
3. Untuk yang dari youtube , ketik judul video youtube yang kita inginkan lalu pilih vidionya. 

C. Membuat Label. a. Masing-masing konten yang sudah kita buat dibeli label dulu. b. Lalu pada setting pilih tata letak, di sini kita bebas menentukan posisi label mau horisontal atau vertikal sesuai selera. Disarankan vertikal agar dapat memuat lebih banyak. 

D. Mempublikasikan dari Blog ke media lainnya. Langkah langkahnya, sebagai berikut : 
a. Dari berbagai masing masing postingan, pilih postingan yang akan dipublikasikan ke berbagai media. 
b. Setelah dipilih sebagai pilihan yang akan dipublikasikan kemudian dilihat di samping kanan ada berbagai tanda, diantaranya ada tanda segitiga (mempublikasikan di blog), ada tanda untuk menerapkan label, ada tanda untuk membuang postingan dan ada mata tanda untuk untuk mempublikasikan ke berbagai media serta inilah yang dimaksud untuk bagian yang diambil. 
c. Setelah tanda mata di klik maka keluarlah link agar di copy paste dan di publikasikan di whatsapp, fb dan media lainnya. Selengkapnya dapat kita saksikan materi pada link berikut : peserta diminta untuk absen pada link berikut :

Link Absen Malam Literasi 26 Juni 2021

Penjelasan materi juga dapat diikuti dari Juara Blogger PGRI Bu Aam Nurhasanah berikut ini :

Link Materi Ngeblog dari Mr. Brian

Selanjutnya kajian materi oleh narsum Mr. ASA ROBBY, juga sangat luar biasa menyampaikan tentang kajian Google Doc, karena terus terang bagi penulis baru pertama menemukan ilmu ini. Saat zoom terus terang belum memahaminya karena belum mengenal istilah item item yang ada dalam perangkat itu.

Namun penulis terus bertanya tanya dengan narsum untuk keilmuan itu kemudian mempraktekan dan minta untuk diverifikasinaya oleh masing masing kedua narsum itu. Diantaranya item item yang ada dalam Google Doc itu langkah langkahnya sebagai berikut :


Voice Text

- Harus menggunakan Google Chrome untuk menggunakan Voice to Text

A. Membuka melalui Google drive

1. Ketik di browser "drive" lalu enter, 2. Cari Google Drive lalu klik, 3. Pastikan untuk login terlebih dahulu

menggunakan akun google/gmail, 4. Di kiri atas terdapat logo tanda "plus" lalu klik, 5. Akan muncul baris baris

menu, arahkan kursor/mouse ke tulisan google dokumen, 6. Disamping tulisan google dokumen ada tanda panah

ke kanan " > " muncul baris pilihan dokumen baru atau dari template. pilih dari template, 7. Kita Akan masuk

ke google doc. Disini pilih dokumen di baris pertama (dari template, bebas. Asal jangan dokumen kosong),

8. Di dokumen resume ini. Silahkan hapus isi dokumen untuk kita gunakan.


Microphone

1. Di tab google doc. Terdapat: file, insert, dll. Pilih ALAT/TOOLS

2. setelah dipilih akan muncul baris menu. silahkan cari yg ada logo microphone

3. Jika berhasil. Akan ada logo microphone di samping dokumen kosong.

4. Sebelum menggunakan, pilih bahasa microphone dengan mengklik nya di pilihan bahasa

5. Siap digunakan, klik logo microphone untuk memulai dan klik kembali untuk menghentikan


Referensi

Untuk mencari referensi pun demikian dengan melalui Google lebih mudah dan silahkan dicari carikan di tab doc.

Menurutnya bahwa semuanya carikan alat, maka dengan alat semua akan jadi mudah. Sebaliknya tanpa alat maka akan sulit ditemukan hasil pekerjaan, sekalipun akan menemukan hasilnya tanpa alat tentu tak akan sepuasnya.

Oleh karena mari kita belajar dan belajar terutama disaat masa pandemi berkepanjangan ini membuat kita bekerja stay at home dengan melalui kegiatan wfh.

Dari penulis masih banyak ingin disampaikan terkait kegiatan disugusapop untuk dituliskan termasuk adanya kegiatan pengajian ba’da sholat shubuh via zoom namun penulis membatasinya. oleh karena itu kepada para pembaca tetap jaga kesehatan dengan ikuti protokoler kesehatan. Dan ucapan Terima kasih pada narsum, panitia dan terkhusus Sagusapop yang sudah memberikan banyak ilmu yang bermanfaat. Kebaikan semua pihak kami serahkan kepada Allah, SWT. Aamiin.....

Tuesday, July 6, 2021

Materi 3 BINA'/بِنَاءٌ (Bentuk Kata) Kajian MHD 2 ANZAY



Dalam ilmu shorof terdapat sebuah istilah yaitu BINA'/بِنَاءٌ

BINA'/بِنَاءٌ Adalah bentuk suatu kata yg di tinjau dari segi huruf asal dan tata letaknya, yaitu : letak 

- fa' fiil /فاء الفعل

- 'ain fiil /عين الفعل

- lam fiil /لام الفعل

Bina/البِنَاءُ terbagi atas dua : Yaitu:

1. bina salim / بِنَاءٌ سَّالِم

Bina salim Ialah kata yg susunan setiap hurufnya (HURUF ASAL) terdiri dari huruf normal, dan tidak tersusun dari huruf tidak normal /( ا و ي ) ، huruf hamzah /(أ إ ؤ)، dan huruf tadlif /(-ّ--) : huruf doble.

Contoh :

- bekerja / فَعَلَ

- memasak / طَبَخَ

- memukul / ضَرَبَ

2. Bina gairu salim / بِنَاءٌ غَيْرُ سالِمٍ

Bina gairu salim adalah kebalikan dari bina salim, adalah kata yang susunan hurufnya (HURUF ASAL) terdapat huruf tidak normal/( ا و ي ) ، huruf hamzah/(أ إ ؤ)، dan huruf tadlif/(-ّ--) : huruf doble.

Contoh : Berdiri / قَامَ , Melempar /رَمَىْ, Memanjang /مَدَّ , Mengambil/أَخَذَ, DLL

*HURUF ASAL adalah 3 posisi huruf yang menyusun sebuah kata.

___________________________________________________________________

Percakapan 3

اَيْنَ عَمُّكَ ؟ مَاذَا يَفْعَلُ ؟

Dimana pamanmu, apa yg sedang ia lakukan

عَمِّيْ يَطْبَخُ مَعَ عَمَّتِيْ

Pamanku memasak bersama bibiku

هَلْ جَدُّكَ يَنَامُ ؟

Apakah kakekmu sedang tidur ?

لَا، هُوَ يَقْرَأُ الْقُرآنَ فِيْ الْغُرْفَةِ

Tidak, dia sedang membaca Alquran di kamar

هَلْ أُمُكَ تَغْتَسِلُ فِيْ الْحَمَّام

Apakah ibumu sedang mencuci di kamar mandi?

لَا، هِيَ تُدَرِّسُ اُخْتِيْ دُرُوْسَهَا

Tidak, sekarang dia mengajari saudariku pelajaran pelajarannya.

_______

Pola 5 & kelipatannya

Sastra Bahasa Arab adalah ilmu alat yg memiliki keunikan. Yaitu setiap materi akan selalu berhubungan satu dengan yg lainnya. materi materi awal akan berhubungan dan terikat dengan materi tengah dan juga akhir. Maka jika salah satu di antara materi awal, tengah, dan akhir terlupa/tidak dipahami, maka materi yang lainnya juga akan sulit dipahami. Dan tidak sedikit orang yg sudah bertahun tahun mempelajari bahasa arab, namun merasa sastra bahasa arab sangat sulit dan tidak sedikit juga yg gagal lalu menyerah mempelajarinya dikarenakan lupa dengan salah satunya sehingga tidak memahami keseluruhannya. Oleh karena itu sebagaimana yg dilakukan ulama ulama salaf terdahulu. kita akan bersama sama muroja'ah/mengulang pola 5 materi sebelumnya dan kelipatannya agar materi materi tersebut tersimpan di memory/ingatan jangka panjang kita. Sebagaimana hikmah para ulama salaf terdahulu.

كان الماهرون مراجعين

"Para ahli/mahir terlahir dari org org yg selalu mengulang pelajarannya".

Muroja'ah/mengulang

Silahkan perhatikan kembali materi materi berikut untuk kembali mengulang 5 materi sebelumnya agar tersimpan di ingatan jangka panjang.


* karena masih 2 materi 

Silahkan murojaah materi 1,2


Sunday, July 4, 2021

*HUKUM BERQURBAN UNTUK MAYIT*

 #kajian fiqih qurban

Kitab Al Majmu' Syarah Al Muhadzab. Imam Nawawi.

۝ HUKUM BERKURBAN UNTUK MAYIT ۝

بسم الله الرحمن الرحيم

قال المصنف رحمه الله تعالی :

(ﻭَﺃَﻣَّﺎ) اﻟﺘَّﻀْﺤِﻴَّﺔُ ﻋَﻦِ اﻟْﻤَﻴِّﺖِ ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﻃْﻠَﻖَ ﺃَﺑُﻮْ اﻟْﺤَﺴَﻦِ اﻟْﻌُﺒَﺎﺩِﻱُّ ﺟَﻮَاﺯَﻫَﺎ 

Adapun berkurban untuk mayit Abu Al Hasan Al Ubadi telah membulatkan kebolehannya

لِأَﻧَّﻬَﺎ ﺿَﺮْﺏٌ ﻣِﻦَ اﻟﺼَّﺪَﻗَﺔِ ﻭَاﻟﺼَّﺪَﻗَﺔُ ﺗَﺼِﺢُّ ﻋَﻦِ اﻟْﻤَﻴِّﺖِ ﻭَﺗَﻨْﻔَﻌُﻪُ ﻭَﺗَﺼِﻞُ ﺇِﻟَﻴْﻪِ ﺑِﺎلْإِﺟْﻤَﺎﻉِ

karena yang demikian satu bagian dari shadaqah, dan shadaqah sah untuk mayit, bermanfaat bagi mayit dan sampai pahalanya kepada mayit dengan ijma'.

ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺻَﺎﺣِﺐُ اﻟْﻌُﺪَّﺓِ ﻭَاﻟْﺒَﻐَﻮِﻱُّ لَا ﺗَﺼِﺢُّ اﻟﺘَّﻀْﺤِﻴَّﺔُ ﻋَﻦِ اﻟْﻤَﻴِّﺖِ ﺇِلَّا ﺃَﻥْ ﻳُﻮْﺻِﻲَ ﺑِﻬَﺎ ﻭَﺑِﻪِ ﻗَﻄَﻊَ اﻟﺮَّاﻓِﻌِﻲُّ ﻓِﻲْ اﻟﻤُﺠَﺮَّﺩِ ﻭَاﻟﻠﻪُ ﺃَﻋْﻠَﻢُ

Pemilik kitab Al 'Uddah dan Al Baghowiy berkata tidak sah berkurban untuk mayit kecuali ia berwasiat dengannya sebelum mati. Ar Rofi'iy telah memutuskan dengan pendapat demikian di dalam kitab Al Mujarrad.

ﻭَاﺣْﺘَﺞَ اﻟْﻌُﺒَﺎﺩِﻱُّ ﻭَﻏَﻴْﺮُﻩُ ﻓِﻲ اﻟﺘَّﻀْﺤِﻴَّﺔِ ﻋَﻦِ اﻟْﻤَﻴِّﺖِ ﺑِﺤَﺪِﻳْﺚِ ﻋَﻠِﻲ ﺑْﻦِ ﺃَﺑِﻲ ﻃَﺎﻟِﺐً ﺭَﺿِﻲَ اﻟﻠﻪُ عَنّهُ 

Al 'Ubadi dan selainnya berhujjah di dalam kebolehan berkurban untuk mayit dengan hadits Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu :

ﺃَﻧَّﻪُ ﻛَﺎﻥَ (ﻳُﻀَﺤِّﻲ ﺑِﻜِﺒَﺸَﻴْﻦِ ﻋَﻦِ اﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻭَﺑِﻜِﺒَﺸَﻴْﻦِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْﺴِﻪِ ﻭَﻗَﺎﻝَ ﺃَﻥَّ ﺭَﺳُﻮْﻝَ اﻟﻠﻪُ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﺃَﻣَﺮَﻧِﻲ ﺃَﻥْ ﺃُﺿَﺤِّﻲَ ﻋَﻨّﻪُ ﺃَﺑَﺪًا ﻓَﺄَﻧَﺎ ﺃُﺿَﺤِّﻲ ﻋَﻨْﻪُ ﺃَﺑَﺪًا) ﺭَﻭَاﻩُ ﺃَﺑُﻮْ ﺩَاﻭُﺩٍ ﻭَاﻟﺘِّﺮْﻣِﺬِﻱُّ ﻭَاﻟْﺒَﻴْﻬَﻘِﻲُّ 

Dahulu Ali bin Abi Thalib berkurban dengan dua domba untuk Nabi ﷺ dan dengan dua domba untuk dirinya sendiri, Ali berkata : Sesungguhnya Rasulullah ﷺ telah memerintahkan aku agar berkurban untuknya selamanya, maka  aku akan berkurban untuknya selamanya. Riwayat Abu Daud, At Tirmidzi dan Al Baihaqi

ﻗَﺎﻝَ اﻟْﺒَﻴْﻬَﻘِﻲُّ ﺇِﻥْ ﺛَﺒَﺖَ ﻫَﺬَا ﻛَﺎﻥَ ﻓِﻴْﻪِ ﺩِلَاﻟَﺔٌ ﻋَﻠَﻰ ﺻِﺤَّﺔِ اﻟﺘَّﻀْﺤِﻴَّﺔِ ﻋَﻦِ اﻟْﻤَﻴِّﺖِ ﻭَاﻟﻠﻪُ ﺃَﻋْﻠَﻢُ

Al Baihaqi berkata : Jika shahih hadits ini maka di dalamnya ada petunjuk sahnya berkurban untuk mayit. Wallahu a'lam.

Halaman : 382. Juz 8.

Qultu : 

Ada perbedaan pendapat di dalam madzhab Syafi'i tentang kebolehan berkurban untuk mayit. Jika dikatakan mana yang menjadi pendapat mu'tamad ? jawabannya adalah tidak boleh, karena disana Imam Rofi'iy menetapkan tidak sah. Namun jika tetap ingin berkurban untuk mayit maka bisa berpegang kepada qoul Imam Abu Al Hasan Al Ubadi (hafalkan namanya).

Abdurrahman Asy Syafi'i

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes