BREAKING NEWS

Watsapp

Monday, February 20, 2023

WANITA HAID, MUROJAAH, MEMBACA AL QUR'AN DAN MASUK MESJID, BOLEHKAH



[Telah sepakat 'ulama bahwasanya bagi wanita yang sedang Haid Haram hukumnya masuk kedalam masjid...

#Keterangan:

- Kitab Rowa'i'ul Bayan, Tafsir Ayatul Ahkam. Juz. I. hal. 302 - 303...

اتفق العلماء على ان المراة الحاءض يحرم عليها الصلاة والصيام، والطواف ودخول المسجد... الخ.

والله اعلم بالصواب.


[Saya belum mendapatkan keterangan bahwa wanita yang sedang Haid boleh masuk Masjid... yang ada justru kesepakatan 'ulama tentang haramnya wanita yang sedang Haid masuk Masjid...

Lihat Tafsir Ayatul Ahkam As-Shobuni... juz. 1. hal. 302-303.

اتفق العلماء على ان المراة الحاءض يحرم عليها الصلاة والصيام والطواف ودخول المسجد...الخ.

Sedangkan kalimat ان امنت تلويثه itu terkait hukum boleh nya bagi wanita yang sedang Haid untuk lewat di dalam masjid kalau dia yakin tidak akan mengotori masjid dengan tetesan darah Haidnya.. bukan diam di masjid.

والله اعلم بالصواب.

Penjelasan referensi berikutnya menjelaskan diantaranya beberapa penjelasan sebagai berikut:

[Dalam keterangan Mazhab Asy-Syafi'iyah

*1. Kitab Al-Majmu Syarah Al-Muhadzdzab*

*_An-Nawawi,  Al-Majmu_* 

في مذاهب العلماء في قراءة الحائض القرآن قد ذكرنا أنّ مذهبنا المشهور تحريمها ولا ينسى غالبا في هذا القدر ولأنّ خوف النّسيان ينتفي بإمرار القرآن على القلب ...

2. *_Kitab Asna Al-Mathalib Syarah Raudhatu At-Thalib_*

(لم يحلّ وطؤها) ولا غيره من التّمتّع المحرّم والقراءة ومسّ المصحف ونحوها

3.  *_Kitab Mughni Al-Muhtaj_*

 وقيل تباح لها القراءة مطلقا خوف النّسيان بخلاف الجنب لقصر زمن الجنابة، وقيل تحرم الزّيادة على الفاتحة في الصّلاة كالجنب الفاقد للطّهورين

Maksud dari arti penjelasan dalam referensi tersebut diantaranya sebagai berikut:

*1. Dalam kitab Mjmu' 'ala syarhil Muhadzab,_* dijelaskan Dalam beberapa madzhab para ulama' di dalam masalah orang yang sedang haid  bahwa kita telah menyebutkan pendapat yang masyhur yaitu haram, masa dimana si wanita menjalani haidnya pada umumnya tidak akan menghilangkan hafalannya karna bisa juga Al-Qur'an di tikror (bacaan yang diulang2) bacaannya di dlm hati.


2. _*Asnal matholib*_:

Bagi wanita haid tidak halal di setubuhi begitupun yang lainnya dari apa2 yang di haramkan  termasuk membaca Al-Qur'an an memegang Al-Qur'an, dll.


*_3. Mughnil muhtaj_*:

Ada satu pendapat yang di katakan bahwa boleh membaca Alquran secara mutlaq karna khawatir akan hilang  hafalannya berbeda dengan orang yang sedang junub ini tetap haram karena masa dia dalam keadaan junub itu hanya sebentar. 


Ada lagi pendapat yang di katakan bahwa tetep haram hukumnya melebihi bacaan surat al Fatihah di dalam sholat seperti haramnya seorang yang sedang junub yang tidak bisa suci dari hadas baik kecil atau hadas besar.

Semoga bermanfaat untuk semua para pembaca dan saya sendiri bersama keluarga.

Sunday, February 19, 2023

NIAT MENUNTUT ILMU ILMU

 


*NIAT MENUNTUT ILMU ILMU*

نويتُ التعلم والتعليم، والتذكر والتذكير، والنفع ، والإفادة والاستفادة،

"Aku niat belajar dan mengajar, mengingat dan memperingatkan, memberi manfaat dan mencari manfaat, memberi keutamaan dan mencari keutamaan, 

والحثّ على التمسك بكتاب الله وسُنَّةِ رسولِه، والدعاء إلى الهدى والدلالة على الخير، ابتغاءَ وَجْهِ الله ومرضاتِه، وقُرْبِهِ وثَوَابِه، سبحانه وتعالى.

menganjurkan untuk berpegang teguh dengan Kitab Allah dan Sunnah RasulNya, mengajak kepada Hidayah, menunjukkan kepada kebaikan, dengan ikhlas dan mengharap ridho Allah, kedekatanNya serta pahala dariNya."

(Al imam Haddad Radhiyallahu Anhu )

TRANSAKSI DALAM DUA HARGA, BAGAIMANAKAH HUKUMNYA


ALBUM PHOTO KENANGAN DALAM SEBAGIAN PERJALANAN HIDUP 


_"Dua Harga"_

*Pertanyaan* 

Assalamualaikum, mohon maaf mau bertanya lagi, bagaimana hukum kredit barang, seperti motor, mobil dll, dengan harga yang beda dgn kontan?


*Jawaban*

Terhadapat Perbedaan Ulama Mengenai Pemberian 2 Harga Oleh Pembeli dan Dicantumkan Dalam Akad.

Menurut Mayoritas Ulama Tidak Sah Karna Ada Unsur _Jahala_ 

Semntara Al Qodhi Husain Yang Dinukil Oleh Imam Ibnu Rif'ah Berpendapat Sah, Dengan Catatan Telah Di Ta'yin

*Referensi*


📑 [ابن حجر الهيتمي ,تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي ,4/294]

[بيعتين في بيعة]

«وَعَنْ بَيْعَتَيْنِ فِي بَيْعَةٍ» رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَصَحَّحَهُ (بِأَنْ) أَيْ كَأَنْ *(يَقُولَ بِعْتُك بِأَلْفٍ نَقْدًا أَوْ أَلْفَيْنِ إلَى سَنَةٍ) فَخُذْ بِأَيِّهِمَا شِئْت أَنْتَ أَوْ أَنَا أَوْ شَاءَ فُلَانٌ لِلْجَهَالَةِ بِخِلَافِهِ بِأَلْفٍ نَقْدًا وَأَلْفَيْنِ لِسَنَةٍ وَبِخِلَافِ نِصْفَهُ بِأَلْفٍ وَنِصْفَهُ بِأَلْفَيْنِ*

_

*(قَوْلُهُ: بِأَلْفٍ نَقْدًا أَوْ أَلْفَيْنِ إلَى سَنَةٍ إلَخْ) قَضِيَّتُهُ بُطْلَانِ ذَلِكَ وَإِنْ قُبِلَ بِأَحَدِهِمَا مُعَيَّنًا وَهُوَ الْأَوْجَهُ فِي شَرْحِ الْعُبَابِ وِفَاقًا لِمُقْتَضَى كَلَامِ الْغَزَالِيِّ وَغَيْرِهِ خِلَافًا لِمَا نَقَلَهُ ابْنُ الرِّفْعَةِ عَنْ الْقَاضِي مِنْ الصِّحَّةِ حِينَئِذٍ وَتَخْصِيصِ الْبُطْلَانِ بِقَبُولِهِ عَلَى الْإِبْهَامِ أَوْ بِقَبُولِهِمَا مَعًا وَقَوْلُهُ: بِخِلَافِهِ بِأَلْفٍ نَقْدًا وَأَلْفَيْنِ لِسَنَةٍ لَوْ زَادَ عَلَى ذَلِكَ فَخُذْ بِأَيِّهِمَا إلَخْ فَفِي شَرْحِ الْعُبَابِ أَنَّ الَّذِي يُتَّجَهُ الْبُطْلَانُ وَإِنْ تَرَدَّدَ فِيهِ الزَّرْكَشِيُّ لِأَنَّ قَوْلَهُ فَخُذْ إلَخْ مُبْطِلٌ لِإِيجَابِهِ فَبَطَلَ الْقَبُولُ الْمُتَرَتِّبُ عَلَيْهِ اهـ فَلْيُتَأَمَّلْ*

📑[الجمل، حاشية الجمل على شرح المنهج = فتوحات الوهاب بتوضيح شرح منهج الطلاب، ٧٣/٣]

(قَوْلُهُ أَوْ بِأَلْفَيْنِ فِي سَنَةٍ) وَالْفَاءُ وَثُمَّ مِثْلُ أَوْ اهـ. بِرْمَاوِيٌّ وَهَذَا بِخِلَافِ مَا لَوْ قَالَ بِأَلْفٍ نَقْدًا أَوْ أَلْفَيْنِ إلَى سَنَةٍ فَإِنَّهُ يَصِحُّ وَيَكُونُ الثَّمَنُ ثَلَاثَةَ آلَافٍ أَلْفًا حَالًّا وَأَلْفَانِ مُؤَجَّلَانِ إلَى سَنَةٍ اهـ. شَرْحَ م ر

📑[مجموعة من المؤلفين، الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي، ٣٧/٦]

البيع بالتقسيط

وبالمناسبة نبيِّن أن البيع بالتقسيط لا مانع منه وهو صحيح، شريطة أن لا يذكر في صيغة العقد السعران، كما سبق، فيكون بيعتين في بيعة، وهو باطل كما علمت. أما لو تساوم المتبايعان على السعر قبل إجراء العقد، ثم اتفقا في نهاية المساومة على البيع تقسيطاً، وعقد العقد على ذلك، فإن العقد صحيح، ولا حرمة فيه ولا إثم، حتى ولو ذكر السعر نقداً أثناء المساومة، طالما أنه لم يتعرض له أثناء إنشاء العقد.

إنَّ ابْنَ الرّفعة نَقَلَ عَنِ الْقَاضِي أنَّ الْمَسْئَلَةَ مَفْرُوْضَةُُ على أنه أي المشتري قَبِلَ على الإبهامِ أما لو قال قبلت بألف نقدا أو بألفين بالنسيئة صح ذلك.

ردود الأباطيل ٢/٣٣٠

Saturday, February 18, 2023

PACARAN DI ZAMAN SEKARANG, BOLEH KAH...



KAJIAN SORE 

Pacaran itu umumnya tidak lepas dari saling pandang, berangan-angan dan berdekatan dan itu pekerjaan syahwat, maka ya tidak boleh, terkecuali ia sudah halal seperti pacaran sesudah menikah.

Ibarot :

حاشية الباجوري ج ٢ ص ٩٦ طه فوترا 

بل النظر بشهوة حرام لكل ما لا يجوز الإستمتاع به ولو جمادا كأن ينظر إلى العمود بشهوة

Bahkan melihat dengan syahwat hukumnya haram terhadap setiap sesuatu yang tidak boleh dijadikan pelampiasan nafsu birahi meskipun berupa benda mati seperti misalnya melihat tiang dengan syahwat.

حاشية البجيرمي على شرح المنهج ج ٣ ص ٣٢٦ مكتبة الشاملة

أَمَّا النَّظَرُ بِشَهْوَةٍ فَحَرَامٌ قَطْعًا لِكُلِّ مَنْظُورٍ إلَيْهِ مِنْ مَحْرَمٍ وَغَيْرِهِ غَيْرِ زَوْجَتِهِ وَأَمَتِهِ شَرْحُ م ر قَالَ ع ش عُمُومُهُ يَشْمَلُ الْجَمَادَاتِ فَيَحْرُمُ النَّظَرُ إلَيْهَا بِشَهْوَةٍ.

Adapun melihat dengan syahwat maka haram dengan tanpa khilaf terhadap setiap yang dilihat baik mahram atau yang lain selain istri dan budak perempuannya (syarah Imam Muhammad Romli). Syeikh Ali Syibromilisi berkata: keumuman obyek yang dilihat juga mencakup benda2 mati, maka haram melihatnya dengan syahwat.

حاشية الشبراملسي على نهاية المحتاج ج ٦ ص ١٨٩ مكتبة الشاملة

(قَوْلُهُ: لِكُلِّ مَنْظُورٍ إلَيْهِ) يَشْمَلُ عُمُومُهُ الْجَمَادَاتِ فَيَحْرُمُ النَّظَرُ إلَيْهَا بِشَهْوَةٍ

(Perkataan mushonnif: terhadap setiap obyek yang dilihat) keumumannya mencakup pula pada benda-benda mati, maka haram melihatnya dengan syahwat.


Semoga bermanfaat 

Wednesday, February 15, 2023

PRINSIP MODERAT DALAM ASWAJA AN-NAHDIYYAH



Kajian Sore 

Prinsip moderat yang ada dalam ASWAJA AN-NAHDHIYYAH itu dalam tataran yang lebih riil dapat dicontohkan serbagai beikut :

a. Bidang akidah

Dalam menjalani kehidupan atau menghadapi persoalan-persoalan, orang NU tidak boleh hanya bergantung pada kekuasaan Alloh (pasrah) atau sebaliknya hanya mengandalkan kemampuan akal (teori atau ilmu pengetahuan). Kaduanya harus dilakukan secara bersamaan.


 b. Bidang Fikih (Ibadah)

Dalam memegangi hukum fikih, NU tidak boleh “HANYA” berpegang/berlandaskan pada pendapat-pendapat yang ada (qauly) tetapi juga harus memperhatikan dan mengetahui perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan (manhajiy). Motode berpikir  ini diputuskan dalam MUNAS NU di Lampung dan prinsip ini ada dalam ungkapan :

 المحافظة على القديم الصالح والأخذ بالجديد الأصلح

    “Tetap menjaga/ berpegang pada pendapat/tradisi lama (ulama’ terdahulu,   salafussholih) yang baik (relevan), namun tetap mengambil pendapat-pendapat baru yang baik (yang lebih relevan/susuai dengan kondisi zaman dan ilmu pengetahuan)”.

Dalam beribadah warga NU juga harus berimbang antara ibadah mahdhoh (ritual, individual, vertikal) dan ibadah ghairu mahdhah (basyariyyah, insaniyyah, ijtimaiyyah, sosial, kemanusiaan, kemasyarakatan, horisontal.


c. Bidang Tashawwuf

Dalam menjalankan ibadah, warga NU harus menggabungkan antara hakikat dan syariat. Aturan-aturan fikih (syarat dan rukun) tetap harus dipenuhi, namun di sisi lain penghayatan terhadap isi, makna, hakikat, tetap harus diperhatikan.  

Demikian juga dalam bertsahwwuf (menjalankan amaliyah dzikir/wirid, mengikuti thoriqat) tidak boleh melupakan urusan umat dan keluarga.

Adapun menjaga tradisi (amaliyah) para sabahat, oleh NU – dalam bidang ibadah- antara lain adalah dengan tetap mempertahankan Tarawih minimal 23 rakaat, adzan Jumat dua kali, dan lain-lain serta pola pikir/metode ijtihad yang dilakukan oleh para sahabat Nabi terutama khulafaurrasyidun.

Mengikuti apa yang dilakukan oleh para sahabat, meskipun tidak dilakukan oleh Nabi, BUKAN BID’AH. Karena hadis di atas jelas bahwa Rosul memerintahkan agar berpegang kepada sunnahnya dan “sunnah” (amaliyah, tradisi, apa yang dilakukan) oleh para sahabat. Maka pengertian “bid’ah” dalam hadis وَإِيَّاكُمْ   وَمُحْدَثَاتِ اْلأُمُوْرِ، فَإِنَّ كُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ yang disampaikan oleh Rasul setelah   فعليكم بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ  berarti di luar yang dilakukan oleh Nabi dan para sahabat.

Puncaknya yang ingin dicapai NU dari asas ASWAJA AN-NAHDHIYYAH adalah  prinsip tawasuth/moderat dan merawat sunnah Rasul dan “sunnah” para sahabat.

Wallohu a’lam

 أما أهل السنة فهم أهل التفسير و الحديث و الفقه فإنهم المهتدون المتمسكون بسنة النبي صلى الله عليه وسلم والخلفاء بعده الراشدين وهم الطاءفة الناجية قالوا وقد اجتمعت اليوم في مذاهب أربعة الحنفيون والشافعيون و المالكيون والحنبليون

“Adapun Ahlussunnah wal Jama’ah adalah kelompok ahli tafsir, ahli hadis, dan ahli fikih. Merekalah yang mengikuti dan berpegang teguh dengan sunnah Nabi dan sunnah khulafaurrasyidin setelahnya. Mereka adalah kelompok yang selamat. Ulama mengatakan : Sungguh kelompok tersaebut sekarang ini terhimpun dalam madzhab yang empat yaitu madzhab Hanafi, Syafi’i, Maliki, dan Hanbali.” (Hadrotu Syaikh Hasyim Asy'ari)

Demikian semoga bermanfaat buat anda SEMUA. Aamiin ya Rabbal Alamin 

Tuesday, February 14, 2023

MEMILIH PASANGAN MENURUT 'ULAMA

 

*Memilih Pasangan menurut ulama'*

Imam Al-Mardawi (w. 885 H) dalam "Mandzhumah Al-Ādāb" meyampaikan beberapa pesan dan nasehat dalam memilih pasangan.

Beliau menulis,

وَلا تنْكحَنْ إنْ كنتَ شيخا فتِيَّةً

تَعِشْ في ضِرار العَيشِ أو ترْضَ بالرَّدي

"Jika engkau orang yg sudah tua (50 thn ke atas), maka janganlah menikahi perempuan muda. Engkau akan hidup dalam kesengsaraan atau engkau (harus) rela menemukannya melakukan hal keji"

Imam Safarini Al-Hanbali menyebutkan alasannya, (terjemah sendiri)

"وذلك لقلة ما تجِدُ عندَكَ من بُغية النساء وطلبتهن، فإن غاية مقصود النساء الجماعُ الذي عجزتَ عنهُ لكِبَرِ سنكَ"

[غذاء الألباب، ٢\٣٠٥]

Kemudian Imam Al-Mardawi melanjutkan pesannya,

ولا تَنكحَنْ مِن نَسْمِ فوقِك رُتْبةً

تكنْ أبدًا في حُكْمِها في تَنَكُّدِ

"Janganlah menikahi perempuan yg pangkat dan martabatnya jauh di atasmu, engkau akan selamanya berada di bawah penguasaanya dalam keadaan tak berdaya"

ولا تَرغَبْ في مالِها وأثاثها

إذا كنتَ ذا فقرٍ تُذَلَّ وتُضْهَدِ

"Jika engkau miskin, jangan berharap dari istrimu harta dan barang-barangnya, engkau akan terhina dan tertindas"

ولا تَسْكُنَنْ في دارِها عند أهلها

تُسَمَّعْ إذن أنواعَ مَنٍّ متعدَّدِ

"Jangan engkau tinggal di rumahnya (rumah istrimu) bersama dengan keluarganya, engkau akan banyak mendengar dari mereka umpatan, celaan, dan kebaikan yg diungkit-ungkit"

___

Syeik Muhammad Al-Kurdi dalam "Tuhaftul Ibad" melanjutkan,

وإياك يا هذا وروضةَ دمنةٍ

سترجع عن قريب إلى أصلها الردي

"Jauhilah perempuan dari keluarga yg buruk, karena dalam waktu dekat ia akan kembali menampakkan sifat keluarganya yg jelek"

Dalam atsar disebutkan,

"انظر في أي شيء تضع ولدَك، فإن العِرقَ دسَّاسٌ"

"Perhatikanlah di mana engaku menaruh anakmu. Sesungguhnya sifat bawaan orang tua itu menurun ke anak-anaknya"

Dalam hadits riwayat Imam Ibnu Asakir, Nabi ﷺ bersabda,

"تخيروا لنطفكم، فإن النساء يلدن أشباه إخوانهن وأخواتهن"

"Pilihlah baik-baik di mana engkau akan menaruh manimu, karena sesungguhnya perempuan itu akan melahirkan anak-anak yg serupa dengan sudara-saudarinya"

__

عليكَ بذات الدين تظفر بالمُنى ال

ودودِ الولودِ الأصلِ ذاتِ التَعبُّدِ

"Hendaknya engkau mencari yg memiliki agama, penyayang, subur, dan rajin ibadah, maka engkau akan memperoleh keberuntungan.

حسيبةِ أصلٍ من كرامٍ تفُزْ إذنْ

بوُلْدٍ كرامٍ والبكارةَ فاقصدِ

"Cari juga yg punya nasab baik, maka engkau akan berbahagia dengan punya keturunan yg juga baik. Dan carilah yg perawan"

___

_*NB : apa yang disebutkan tentu tidak bermaksud menggeneralis semua perempuan yang punya sifat seperti itu. Tentu sang imam menyebutkan apa yang memang sering terjadi.*_

Wallahu a'lam.

CELAKALAH ORANG YANG SUKA MELAKUKAN GHIBAH KECUALI ENAM ALASAN DIPERBOLEHKAN


Inspirasi pagi*

Ghibah adalah perbuatan tercela yang dilarang dalam agama Islam. Ghibah atau bergunjing *adalah menyebutkan sesuatu yang ada pada seseorang, sedangkan dia tidak menyukai hal itu diceritakan kepada orang lain.*

 وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ

“Celakalah bagi setiap pengumpat dan pencela.” (QS Al-Humazah:1)

Adapun ghibah yang dibenarkan karena ada 6 sebab sebagai alasan diantaranya sebagai berikut:

 اعلم أن الغيبة وإن كانت محرمة فإنها تباح في أحوال للمصلحة. والمجوز لها غرض صحيح شرعي لا يمكن الوصول إليه إلا بها ، وهو أحد ستة أسباب

Artinya, “Ketahuilah, ghibah–sekalipun diharamkan–dibolehkan dalam beberapa kondisi tertentu untuk suatu kemaslahatan. Hal yang membolehkan ghibah adalah sebuah tujuan yang dibenarkan menurut syar’i di mana tujuan tidak tercapai tanpa ghibah tersebut. Hal itu adalah satu dari enam sebab,” 

Referensi nya.

(Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 292).


Secara lebih rinci Imam An-Nawawi menyebutkan enam kondisi itu sebagai berikut:

Pertama, dalam sidang perkara di muka hakim. Seseorang boleh menceritakan penganiaya yang memperlakukannya secara zalim.

Kedua, dalam melaporkan pelanggaran hukum kepada aparat kepolisian atau otoritas terkait dengan niat mengubah kemungkaran tersebut.

Ketiga, dalam meminta fatwa kepada seorang mufti. Seseorang boleh menceritakan masalahnya untuk memberikan gamabaran yang jelas bagi ulama yang mengeluarkan fatwa. Tetapi kalau penyebutan nama secara personal tidak dibutuhkan, lebih baik tidak mengambil jalan ghibah.

Keempat, dalam mengingatkan publik agar terhindar dari kejahatan pihak baik personal maupun institusi. Hal ini dilakukan antara lain oleh para ahli hadits terhadap perawi-perawi bermasalah atau misalnya dalam konteks kekinian adalah travel umrah bermasalah.

Kelima, dalam kondisi di mana pihak-pihak tertentu melakukan kejahatan terang-terangan seperti meminum khamar, mengambil harta secara zalim, menarik upeti, mengambil kebijakan-kebijakan batil. Dalam kondisi ini, kita boleh mengghibahkan pihak tersebut sesuai dengan kejahatan yang diperlihatkannya. Tetapi kita haram menyebutkan aib lain pihak tersebut yang tidak dilakukan secara terang-terangan.

Keenam, menandai seseorang dengan kekurangan fisik atau gelar-gelar buruknya. Misalnya Abdullah. Orang bernama Abdullah tidak satu. Tetapi kita boleh menyebutnya tanpa maksud merendahkan, “Abdullah yang buta, Abdullah yang tuli, Abdullah yang bisu, dan lain sebagainya.” Baiknya sebutan itu didahului kata “maaf” untuk menghilangkan kesan merendahkan. 

Demikian semoga menjadi sebuah pelajaran buat kita semua. Aamiin ya Rabbal Alamin 

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes