BREAKING NEWS

Watsapp

Thursday, March 2, 2023

SETIAP MALAM JUMAT & MALAM² TERNTENTU ARWAH AHLI KUBUR PULANG KERUMAHNYA


SETIAP MALAM JUMAT & MALAM² TERNTENTU ARWAH AHLI KUBUR PULANG KERUMAHNYA

Sering sekali ditanyakan, benarkah arwah ahli kubur setiap malam jumat pulang ke rumahnya. 

Silahkan disimak keterangan dibawah ini:

عن ابن عباس رضي الله عنهما اذا كان يوم العيد ويوم العشر ويوم ويوم الجمعة الأولى  من شهر رجب وليلة النصف من شعبان  وليلة الجمعة يخرج الأموات من قبورهم ويقفون على أبواب بيوتهم ويقولون ترحموا علينا فى هذه الليلة بصدقة ولو بلقمة من خبز فإنامحتاجون إليها فإن لم يجدوا شيأ يرجعون بالحسرة 

Dari ibnu Abbas Ra: Jika tiba hari raya idul fitri, hari asyura, malam jumat pertama di bulan rajab, malam nishfu syaban, dan setiap malam jumat. Maka orang² yg telah meninggal ruh keluar dari kuburnya.  Mereka mendatangi rumahnya dan berdiri di depan pintu rumahnya seraya berkata: Belas kasihanilah kami di malam ini dengan memberikan sedekah walaupun dengan sepotong roti, sungguh kami sangat membutuhkan itu. Ketika mereka tidak mendapatkan itu, maka mereka kembali ke kuburnya dengan penuh kesedihan.

Nb: Banyak cara untuk membahagiakan ahli kubur, diantaranya dgn mendokan, bersedekah untuknya, membacakan Al Quran ataupun dzikir² yg pahalanya di hadiahkan untuk ahli kubur tsb.

Keterangan dalam kitab² yang lain bisa di lihat pada kolom komentar.


Referensi 

Sumber: Kitab Duraru Al-Hasanah, Hamisy kitab Daqaiqu al-Akbar. Hal 14.

BAGAIMANA KAH JIKALAU ADA ORANG YANG TIDAK SAMASEKALI MENGERJAKAN SHOLAT


Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh afwan ustadz ana mau bertanya apakah orang muslim tidak menunaikan ibadah 5 waktu sama sekali apa itu sudah termasuk non muslim ustadz atau seorang muslim harus bersahadat lagi jazaakallah khairan katsiron


Waalaikum salam warahmatullahi wabarokatuh 

..........Asy-Syaafi’i rahimahullah berkata,

مَنْ تَرَكَ الصَّلَاةَ الْمَكْتُوبَةَ مِمَّنْ دَخَلَ فِي الْإِسْلَامِ قِيلَ لَهُ: لِمَ لَا تُصَلِّي؟ فَإِنْ ذَكَرَ نِسْيَانًا، قُلْنَا: فَصَلِّ إِذَا ذَكَرْتَ، وَإِنْ ذَكَرَ مَرَضًا، قُلْنَا: فَصَلِّ كَيْفَ أَطَقْتَ ؛ قَائِمًا، أَوْ قَاعِدًا، أَوْ مُضْطَجِعًا، أَوْ مُومِيًا، فَإِنْ قَالَ: أَنَا أُطِيقُ الصَّلَاةَ وَأُحْسِنُهَا، وَلَكِنْ لَا أُصَلِّي، وَإِنْ كَانَتْ عَلَيَّ فَرْضًا قِيلَ لَهُ: الصَّلَاةُ عَلَيْكَ شَيْءٌ لَا يَعْمَلُهُ عَنْكَ غَيْرُكَ، وَلَا تَكُونُ إِلَّا بِعَمَلِكَ، فَإِنْ صَلَّيْتَ، وَإِلَّا اسْتَتَبْنَاكَ، فَإِنْ تُبْت وَإِلَّا قَتَلْنَاكَ، فَإِنَّ الصَّلَاةَ أَعْظَمُ مِنَ الزَّكَاةِ


🙏🏻 ....Al-Umm, 1/281. Menjelaskan bahwa : Barangsiapa yang meninggalkan shalat wajib bagi orang yang telah masuk Islam (muslim), dikatakan kepadanya : ‘Mengapa engkau tidak shalat ?’. Jika ia mengatakan : ‘Kami lupa’, maka kita katakan : ‘Shalatlah jika engkau mengingatnya’. Jika ia beralasan sakit, kita katakan kepadanya : ‘Shalatlah semampumu. Apakah berdiri, duduk, berbaring, atau sekedar isyarat saja’.

Apabila ia berkata : ‘Aku mampu mengerjakan shalat dan membaguskannya, akan tetapi aku tidak shalat meskipun aku mengakui kewajibannya’. Maka dikatakan kepadanya : ‘Shalat adalah kewajiban bagimu yang tidak dapat dikerjakan orang lain untuk dirimu. Ia mesti dikerjakan oleh dirimu sendiri. Jika tidak, kami minta engkau untuk bertaubat. Jika engkau bertaubat (dan kemudian mengerjakan shalat, maka diterima). Jika tidak, engkau akan kami bunuh. Karena shalat itu lebih agung daripada zakat.....


Semoga bermanfaat untuk kita semuanya 

ANTARA HARGA KREDIT DAN KONTAN

Cara merawat LEBAH TAWON dijadikan madu 


SISTEM PEMBAYARAN KREDIT

*_Deskripsi Masalah_*

Membuka mata untuk menanggapi permasalahan sekitar merupakan suatu tugas yang berat. Misalnya praktik transaksi dengan pembayaran secara kredit yang kian banyak terjadi. Ada berbagai macam model pembayaran kredit yang umum dilakukan oleh masyarakat kita diantaranya adalah

_• Kredit kendaraan bermotor_

Dealer yang menjual sepeda motor dengan opsi pilihan harga, harga kontan dengan nominal yang lebih murah dan harga kredit dengan nominal yang lebih mahal. Meskipun membeli sepeda motor secara kontan harganya lebih murah tapi membeli dengan cara kredit lebih diminati oleh kebanyakan masyarakat karena disamping uang mukanya tidak terlalu mahal 

angsuran tiap bulannya pun dapat dijangkau. 

Dalam praktik pembayaran secara kredit pada kendaraan bermotor pihak delaer tidak mau rugi sehingga bagi pengkredit yang tidak mampu mengansur dalam beberapa bulan sepeda akan disita dan uang akan menjadi hangus sebagai ongkos sewa sepeda motor selama ada di tangan pengkredit.

_• Kredit Produk Rumah Tangga_

Kredit ini tidak jauh berbeda dengan kredit yang lainnya. Bedanya untuk kredit produk rumah tangga nominal harganya tidak terlalu tinggi sehingga banyak yang tidak menggunakan uang muka. Sama seperti sistem kredit yang lainnya, totalannya tentu akan lebih besar 

dibandingkan jika membeli secara kontan, apalagi jika tenor atau jangka waktu pelunasan yang dipilih lebih lama.

Sistem kredit yang menjamur di masyarakat kurang lebih memilki kesamaan yaitu semakin lama waktu pelunasan yang dipilih maka akan semakin besar totalannya. Kemudian sedikit perbedaan jika terjadi kemacetan dalam angsuran untuk kredit kendaraan bermotor akan ada penarikan kendaraan yang dibeli dan tidak ada pengembalian uang yang sudah disetorkan karena dianggap ongkos sewa pemakaian kendaraan.

*_Pertanyaan :_*

a) Apa hukumnya melakukan pembelian barang dengan pembayaran sistem kredit seperti yang ada dalam deskripsi ?

 

b) Jika tidak boleh bagaimana solusinya ?


---------terimakasih-------------


Jawaban 

 Jika ada pilihan 2 harga maka itu haram.

Jika langsung bilang harus kontan saja atau harus kredit saja (salah satu), maka boleh² saja...

Namun ada pendapat lemah yang memperbolehkan 


Referensi jawaban diatas sebagai berikut 

[ابن حجر الهيتمي ,تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي ,4/294]

[بيعتين في بيعة]

«وَعَنْ بَيْعَتَيْنِ فِي بَيْعَةٍ» رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَصَحَّحَهُ (بِأَنْ) أَيْ كَأَنْ *(يَقُولَ بِعْتُك بِأَلْفٍ نَقْدًا أَوْ أَلْفَيْنِ إلَى سَنَةٍ) فَخُذْ بِأَيِّهِمَا شِئْت أَنْتَ أَوْ أَنَا أَوْ شَاءَ فُلَانٌ لِلْجَهَالَةِ بِخِلَافِهِ بِأَلْفٍ نَقْدًا وَأَلْفَيْنِ لِسَنَةٍ وَبِخِلَافِ نِصْفَهُ بِأَلْفٍ وَنِصْفَهُ بِأَلْفَيْنِ*

_________


*(قَوْلُهُ: بِأَلْفٍ نَقْدًا أَوْ أَلْفَيْنِ إلَى سَنَةٍ إلَخْ) قَضِيَّتُهُ بُطْلَانِ ذَلِكَ وَإِنْ قُبِلَ بِأَحَدِهِمَا مُعَيَّنًا وَهُوَ الْأَوْجَهُ فِي شَرْحِ الْعُبَابِ وِفَاقًا لِمُقْتَضَى كَلَامِ الْغَزَالِيِّ وَغَيْرِهِ خِلَافًا لِمَا نَقَلَهُ ابْنُ الرِّفْعَةِ عَنْ الْقَاضِي مِنْ الصِّحَّةِ حِينَئِذٍ وَتَخْصِيصِ الْبُطْلَانِ بِقَبُولِهِ عَلَى الْإِبْهَامِ أَوْ بِقَبُولِهِمَا مَعًا وَقَوْلُهُ: بِخِلَافِهِ بِأَلْفٍ نَقْدًا وَأَلْفَيْنِ لِسَنَةٍ لَوْ زَادَ عَلَى ذَلِكَ فَخُذْ بِأَيِّهِمَا إلَخْ فَفِي شَرْحِ الْعُبَابِ أَنَّ الَّذِي يُتَّجَهُ الْبُطْلَانُ وَإِنْ تَرَدَّدَ فِيهِ الزَّرْكَشِيُّ لِأَنَّ قَوْلَهُ فَخُذْ إلَخْ مُبْطِلٌ لِإِيجَابِهِ فَبَطَلَ الْقَبُولُ الْمُتَرَتِّبُ عَلَيْهِ اهـ فَلْيُتَأَمَّلْ* 


Semoga bermanfaat untuk kita semuanya 

Wednesday, March 1, 2023

BERBUKA PUASA DENGAN MENJIMA' ISTRINYA, BOLEHKAH....

KRONOLOGIS BANYAK BERSERAKAN LEBAH (TAWON)  KEJADIAN SETELAH BARU NYAMPE DARI KEPERLUAN TRANSFER ANAK DIPONDOK KEMUDIAN SAYA ISTIRAHAT BANGUN TIDUR KELUAR RUMAH BANYAK LEBAH DEKAT BAN MOTOR, 01  MARET 2023


Soal Pertanyaan 

 *Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh* 

*Mungkin ada yang tahu kutipan kitab. bahwa ada ulama' disaat berbuka puasa dengan Men-JIMA' ISTRI-nya.*

*Mohon dikirim Ustadz 🙏🙏🙏*


Jawabannya sebagai berikut dibawah ini 

[Wa alaikum salam wr wb

Sayidina abdulloh ibnu umar, menggauli istrinya ketika masuk waktu buka puasa sebelum menyantap makanan,  dan 

menggauli 3 selirnya diwaktu isya' akhir.

وقال عليه السلام لا تدخلوا على المغيبات وهي التي غاب زوجها عنها فإن الشيطان يجري من أحدكم مجرى الدم قلنا ومنك قال ومني ولكن الله أعانني عليه فأسلم.

قال سفيان بن عيينة فأسلم معناه فأسلم أنا منه هذا معناه فإن الشيطان لا يسلم وكذلك حكى على ابن عمر رضي الله عنهما وكان من زهاد الصحابة وعلمائهم أنه كان يفطر من الصوم على الجماع قبل الأكل وربما أنه جامع ثلاثاً من جواريه في شهر رمضان قبل العشاء الأخير.

المرجع: إحياء علوم الدين

للامام الغزالي رحمه الله تعالى

BOLEH

فَأَبَاحَ الْجِمَاعَ وَالأَكْلَ وَالشُّرْبَ فِي لَيَالِي الصَّوْمِ مِنْ أَوَّلِهَا إلَى طُلُوعِ الْفَجْرِ"اهـ .

أحكام القرآن

للإمام أحمد بن علي أبو بكر الرازي الجصاص الحنفي.

عمدة القاري شرح صحيح البخاري

وروينا عن ابن عمر أنه كان ربما أفطر على الجماع رواه الطبراني من رواية محمد ابن سيرين عنه وإسناده حسن وذلك يحتمل أمرين أحدهما أن يكون ذلك لغلبة الشهوة وإن كان الصوم يكسر الشهوة والثاني أن يكون لتحقق الحل من أهله

،،،،

BOLEH berbuka puasa dg jima' , yg penting udah tahaqquq ghurub lan bojone dewe


المعجم الكبير

13080 - حدثنا الهيثم بن خلف الدوري ، ثنا مؤمل بن هشام ، ثنا يحيى بن حماد ، عن السري بن يحيى ، عن محمد بن سيرين ، قال : " ربما أفطر ابن عمر على الجماع " .


Boleh berbuka puasa dengan berjima', namun tidak mendapatkan kesunahan TA'JIIL AL-FITRI (menyegerakan diri saat berbuka) karena senggama dapat melemahkan stamina tubuh.


- Nihaayah az-Zain I/194 :

( و ) الثاني ( تعجيل الفطر ) بعد تحقق الغروب وقبل الصلاة للخبر السابق وسن ذلك ولو مارا بالطريق ولا تنخرم مروءته به كطلب الأكل يوم عيد الفطر قبل الصلاة ولو مارا بالطريق والمعتمد عدم حصول سنة التعجيل بالجماع لما فيه من إضعاف القوة


Kesunahan yang kedua : Menyegerakan diri dalam berbuka puasa setelah yakin tenggelamnya matahari dan sebelum menjalani shalat maghrib berdasarkan hadits yang lalu. Dan kesunahannya meskipun ia sedang dalam perjalanan selama tidak mengurangi wibawanya seperti hukumnya meminta makanan pada orang lain di hari raya Idul Fitri sebelum menjalani shalat Ied. Menurut pendapat yang Mu’tamad (yang dapat dijadikan pegangan) tidak terdapatkannya kesunahan menyegerakan diri dalam berbuka puasa saat berbukanya menggunakan senggama karena senggama dapat melemahkan stamina. Wallaahu A'lamu Bis Showaab.

Tuesday, February 28, 2023

ANAK KAMBING MENYUSU PADA INDUK ANJING, BAGAIMANA KAH...?




Janganlah memandang orang lain sebelah matamu, sementara kebaikannya kau letakan dipunggung dan kejelekanmya kau simpan dipelupuk matamu


Kajian 

Soal

Izin BERTANYA apa hukum nya anak kambing nyusu sma induk ajing,🙏🙏


Jawabannya sebagai berikut:

Walikum salam...

Dalam kitab 

- Kasyifatus Sajaa :

كاشفة السجا ٤١

Menjelaskan 

لو ارتضع جدى وهو الذكر من اولاد المعز كلبة او خنزيرة فنبت لحمه على لبنها اى تربى و سمن منه لم ينجس على الاصح

Dalam penjelasan lain dalam kitab

- I'anatut Tholibin :

إعانة الطالبين ٢/٣٥١

Menjelaskan 

.وإذا ظهر تغير لحم جلالة أى طعمه أو لونه أو ريحه كما ذكره الجويني واعتمده جمع متأخرون ومن اقتصر على الأخير أراد الغالب فإن لم يظهر ما ذكر فلا كراهة وإن كانت لا تأكل إلا النجاسة والسخلة المرباة بلبن كلبة أو نحوها كالجلالة فيما ذكر.

Imam  Syafi'iyah menjelaskan..

( والسخلة المرباة بلبن كلبة ) أو نحوها كخنزيرة وحمارة ( كالجلالة ) فيما ذكر .  "أسنى المطالب" (1/ 568)


"Anak kambing yang dirawat dengan susu anjing atau babi dan keledai, hukumnya adalah sama seperi hewan jallalah (pemakan kotoran) yaitu Makruh." [Asnal Mathalib 1/568]


Kambing yang menyusu pada anjing hukumnya halal ....akan  tetapi makruh bila berubah . ada bekas najis di salah satu .. rasa,..warna dan baunya bila tidak ada bekas najis di salah satu di atas maka tidak makruh..ini pendapat yg asoh....


Semoga bermanfaat untuk kita semuanya. Aamiin ya Rabbal Alamin 

Monday, February 27, 2023

NAJIS MUKHOFAFAH BAGI BAYI LAKI-LAKI DAN MUTAWASITOH UNTUK BAYI PEREMPUAN, BAGAIMANA KAH...?





Perbedaan kencing bayi laki-laki dan perempuan :

1. Kencing bayi laki-laki lebih lembut ketimbang kencing bayi perempuan dan persatuan dengan tempat yang terkencingi bayi laki-laki lebih banyak ketimbang persatuan dengan tempat yang terkencingi bayi perempuan, *menurut kitab alfiqh islami-Zuhaily I/311*

 “Kencing bayi laki-laki lebih lembut ketimbang kencing bayi perempuan sehingga bertemunya kencing laki-laki tempat yang terkencingi tidak sekuat bayi perempuan” karenanya kencing laki-laki diringankan hukumnya tidak kencing bayi wanita. Intinya kencing wanita lebih pesing dan lebih menyengat baunya,,, Hehe

2. Asal kejadian laki-laki dari dari air dan tanah sedang asal kejadian wanita dari daging dan darah (najis) karena Hawa tercipta dari tulang rusuk Nabi Adam AS yang pendek.

3. Tanda balig (dewasa) nya anak laki-laki ditandai dengan cairan suci yaitu mani sedang tanda balig (dewasa) nya anak perempuan ditandai dengan mani dan cairan najis yaitu darah haid.

 *_(Kitab AlBaajuuri I/106-107 dan alfiqh islami-Zuhaily I/311). Wallaahu A’lamu bis shawaab_.*

Dalam keterangan yang sama hanya ungkapan bahasa berbeda menjelaskan bahwa hal air kencing bayi laki-laki disebut najis mukhofafah itu karena 

Perkara taabbudi saja, kita disuruh mengikuti perintah saja... Seperti halnya dengan sholat subuh, kenapa harus dua rakaat....? Tentu karena ikut perintahnya saja.

Namun sepertinya ada penelitian tentang kandungan antara kencing bayi laki² dan perempuan...

Karena kencing laki² lebih lembut dan gak berserakan sedangkan kencing perempuan lebih berserakan, kencing perempuan lebih berbau dibanding kencing laki². 

Seperti dalam kitab bayjuri dijelaskan perbedaannya sebagai berikut:

: والفرق بينهما ان بول الصبي ارق من بول الصبية و الائتلاف بمحله اكثر من الائتلاف بمحلها فخفف فيه دونها وايضا اصل خلقه من ماء وطين واصل خلقها من لحم ودم فان حواء خلقت من ضلع ادم القصير وايضا بلوغ الصبي بمائع طاهر وهو المني فقط وبلوغها بذالك وبمائع نجس وهو الحيض وأما الطفلة الصبية والخنثى فلا بد من غسل موضع بولهما ، بإسالة الماء عليه ، وذلك لما رواه الترمذي وحسنه: «يغسل من بول الجارية ، ويرش من بول الغلام» وفرّق بين بول الصبي والصبية وذلك لأنّ بول الصبي أرقّ من بولها ، فلا يلصق بالمحل لصوق بولها به ، وألحق بها الخنثى. (انظر: الفقه الإسلامي ، زحيلي ، ج1 -311).

Perbedaan kencing bayi laki² dan bayi perempuan adalah kencing bayi laki³ lebih halus/lembut daripada kencing bayi perempuan, tidak menempel pada suatu tempat, beda dengan kencing bayi perempuan yang lebih mudah lengket, sehingga tdk cukup hanya dengan menyiprati air saja. 

Jika melirik keterangan yang ada di kitab bayjuri sarah fathul qorib, Alasannya karna secara asal Khilqoh/penciptaan : laki² di ciptakan dari air dan tanah, sedangkan perempuan di ciptakan dari daging dan darah, sebagaimana siti hawa yg tercipta dari tulang rusuknya nabi adam.


Demikian semoga bermanfaat untuk kita semuanya dan menjadikan renungan dalam kajian ini.

Sunday, February 26, 2023

HUKUM MELAKSANAKAN SHOLAT SUNNAH SAAT IMAM NAIK MIMBAR, BAGAIMANA KAH...?

Program kedepan HNI HPAI HASIL ZOOMEET bersama leader 


Deskripsi masalah 

Kalao kita solat sunat waktu khotib berkhotbah jumat batal gak?


Jawabannya Dalam hal ini ada 3 bentuk.

1. Kesatu, posisi Jika memang orang yang sholat itu sama saat itu posisinya bersama imam sudah berada didalam MESJID, kemudian imam naik di atas mimbar dia berbarengan melaksanakan sholat Sunnah, maka hal itu menjadikan haram hukum mengerjakan sholatnya. Maksudnya Sebelum imam ke atas mimbar dia sudah berada di dalam masjid, pas imam sudah naik ke mimbar dia baru mau sholat, 


2. Kedua, posisi masih di Sunnahkan jika memang dia baru datang, dengan catatan sholat hanya dua rakaat Yang di percepat.


3. Ke tiga, posisi tidak diperbolehkan secara mutlak mengerjakan SHOLAT Sunnah saat imam berada di atas mimbar, apabila dia mau melakukan SHOLAT Sunnah kerjakan  di luar masjid.🙏🏻🙏🏻

Referensi kitab Nihayah zaen hal. 145 , sebagai berikut:

وَيحرم على الْحَاضِرين بالجامع إنْشَاء صَلَاة سَوَاء كَانَت فرضا أَو نفلا وَلَو كَانَ قَضَاؤُهَا فوريا من وَقت صعُود الْخَطِيب على الْمِنْبَر وَلَو قبل الشُّرُوع فِي الْخطْبَة إِلَى فراغها فَلَو فعلهَا لم تَنْعَقِد وَلَو فِي حَال الدُّعَاء للسُّلْطَان أَو الترضي عَن الصَّحَابَة وَلَو كَانَ أَتَى بِجَمِيعِ الْأَركان على الْمُعْتَمد


وَأما من دخل الْمَسْجِد فِي هَذَا الْوَقْت فَيجوز لَهُ أَن يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ خفيفتين تَحِيَّة الْمَسْجِد ثمَّ يجلس فَإِن لم يكن صلى سنة الْجُمُعَة نَوَاهَا رَكْعَتَيْنِ وَحصل بهما تَحِيَّة الْمَسْجِد وَلَا تجوز الزِّيَادَة على رَكْعَتَيْنِ وَلَا يجوز لَهُ غير تَحِيَّة الْمَسْجِد وَسنة الْجُمُعَة من فرض وَنفل وَلَو جلس قبل التَّحِيَّة عمدا أَو طَال الْفَصْل فَاتَت فَلَا تصح مِنْهُ بعد ذَلِك وَلَو كَانَ الْجَامِع غير مَسْجِد لم يجز أَن يُصَلِّي فِيهِ فِي هَذَا الْوَقْت شَيْئا بِالْإِجْمَاع وَهَذَا مِمَّا غلب فِيهِ الْجَهْل على الْعَوام

نهاية الزين

Nihayatul ziin halaman 145

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes