BREAKING NEWS

Watsapp

Saturday, March 11, 2023

HUKUM MENCURI TANAH WALAUPUN SEJENGKAL

Minta referensi tentang kalo orang mencuri tanah walau sejengkal akan di belenggukan pada pundak nya ketika di hari kiamat.

Sama minta referensi baju yang bertuliskan arab boleh di pakai 🙏🏻


Jawabannya

Waalaikum salam warahmatullahi wabarokatuh


BACA resensi nya 

وأما ما كتب عليه شيئ من القرأن لا للدراسة كالدراهم الأحدية والثياب والعمامة والطعام والحيطان و كتب الفقه والأصول فلا يحرم مسه ولا حمله على الصحيح. روضة الطالبين ١/٢٦


 ١/٩٠ويحل لبس الثياب التي نقش عليها شيئ من القرأن والنوم فيها ولو للجنب. الباجوري ١/١١٧ 

أنَّهُ، كَانَتْ بيْنَهُ وبيْنَ أُنَاسٍ خُصُومَةٌ فَذَكَرَ لِعَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، فَقالَتْ: يا أبَا سَلَمَةَ اجْتَنِبِ الأرْضَ، فإنَّ النبيَّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ قالَ: مَن ظَلَمَ قِيدَ شِبْرٍ مِنَ الأرْضِ طُوِّقَهُ مِن سَبْعِ أرَضِينَ..



    الراوي: عائشة أم المؤمنين

    المحدث: البخاري

    المصدر:  صحيح 

    الصفحة أو الرقم:  2453

    خلاصة حكم المحدث:  [صحيح]

Semoga bermanfaat untuk kita semuanya 

KHOTIB DAN IMAM JUM'AT, BAGAIMANA KAH....

 


Assalamualaikum..

Pa ustad ada coretan bahwa holehnya orang yang KHUTBAH JUM'AT lalu SHOLAT JUMATNYA di ganti sama ustad satu lagi 

Jawabannya

Waalaikum salam warahmatullahi wabarokatuh

Makruh dengan alasan sebagai berikut:

اسْتِحْبَابُ كَوْنِ الْخَطِيبِ وَالإِْمَامِ وَاحِدًا :

32 - يُسْتَحَبُّ أَنْ لاَ يَؤُمَّ الْقَوْمَ إِلاَّ مَنْ خَطَبَ فِيهِمْ ؛ لأَِنَّ الصَّلاَةَ وَالْخُطْبَةَ كَشَيْءٍ وَاحِدٍ (2) ، قَال فِي تَنْوِيرِ الأَْبْصَارِ : فَإِنْ فَعَل بِأَنْ خَطَبَ صَبِيٌّ بِإِذْنِ السُّلْطَانِ وَصَلَّى بَالِغٌ جَازَ (3) ، غَيْرَ أَنَّهُ يُشْتَرَطُ فِي الإِْمَامِ حِينَئِذٍ أَنْ يَكُونَ مِمَّنْ قَدْ شَهِدَ الْخُطْبَةَ . قَال فِي الْبَدَائِعِ : وَلَوْ أَحْدَثَ الإِْمَامُ بَعْدَ الْخُطْبَةِ قَبْل الشُّرُوعِ فِي الصَّلاَةِ فَقَدَّمَ رَجُلاً يُصَلِّي بِالنَّاسِ : إِنْ كَانَ مِمَّنْ شَهِدَ الْخُطْبَةَ أَوْ شَيْئًا مِنْهَا جَازَ ، وَإِنْ لَمْ يَشْهَدْ شَيْئًا مِنَ الْخُطْبَةِ لَمْ يَجُزْ ، وَيُصَلِّي بِهِمُ الظُّهْرَ ، وَهُوَ مَا ذَهَبَ إِلَيْهِ جُمْهُورُ الْفُقَهَاءِ (4) .


وَخَالَفَ فِي ذَلِكَ الْمَالِكِيَّةُ ، فَذَهَبُوا إِلَى وُجُوبِ كَوْنِ الْخَطِيبِ وَالإِْمَامِ وَاحِدًا إِلاَّ لِعُذْرٍ كَمَرَضٍ ، وَكَأَنْ لاَ يَقْدِرَ الإِْمَامُ عَلَى الْخُطْبَةِ ، أَوْ لاَ يُحْسِنَهَا (5) .


______


(2) منية المصلي ص 246 ، والدر المختار 1 / 576 .

(3) الدر المختار على هامش ابن عابدين 1 / 576 .

(4) البدائع 1 / 265 ، المغني 2 / 307 ، حاشية الجمل 2 / 58 ، كشاف القناع 2 / 34 .

(5) راجع شرح الجواهر الزكية 123 .


Semoga bermanfaat 

Friday, March 10, 2023

MBAH ULUM KAJIAN BAB PUASA

 



📖 pasal ( 1 ) pepiling ❤️

Bab puasa 

الصيام وهو والصوم  مصدران معناهما لغة الإمساك وشرعا امساك عن مفطر بنية مخصوصة جميع نهار قابل للصوم  من مسلم عاقل طاهر من حيث ونفاس

Kata  shiam dan kata shaum  kedua duanya adalah Masdar , di tinjau dari segi bahasa mempunyai arti. "menahan diri " , sedang menurut  Syara' adalah : menahan diri dari hal hal yang membatalkan puasa dengan di sertai niat  tertentu di kerjakan sepanjang hari oleh orang yang bisa di terima puasanya dari orang beragama Islam ber akal sehat suci dari haid dan nifas.

وشرائط وجوب الصيام ثلاثة اشياء وفي بعض النسخ أربعة اشياء : الاسلام ،والبلوغ والعقل والقدرة على الصوم 

Beberapa syarat berkuwajiban mengerjakan puasa ada tiga hal ,dan di sebagian keterangan ada empat 

1 Islam 

2 Sudah balig

3 Berakal sehat 

4 mampu untuk  mengerjakan puasa 


Bersambung lanjutannya disini tetap bersama channel @(MWC NUGAR ANZAAY) 


Bersambung

📖 pasal (2) pepiling ❤️

Ferdhu puasa 

وفرائض الصوم أربعة اشياء

Ferdhu ya puasa ada 4 hal yaitu :

 النية واامساك عن الاكل والشرب والجماع وتعمد القئ 

1. Niat 

2. Menahan diri dari makan dan minum 

3. Melakukan persetubuhan dengan sengaja 

4.  Bersengaja muntah muntah.

والذى يفطر به الصائم عشرة اشياء

Perkara yang dapat menyebabkan orang yang berpuasa di anggap melanggar hak hal yang membatalkan puasa ada 10 perkara : 

 ماوصل عمدا الى الجوف او الرأس والحقنة في احد السبيلين والقئ عمداوالوطءعمدا في الفرج

1. Pertama dan Kedua :, masuknya benda secara sengaja hingga sampai ke lubang yang terbuka (yang menjurus keperut ) ,atau sampai ke lubang yang tidak terbuka ( secara ashli ) ,seperti benda tersebut sampai ke dalam kepala lewat dari luka yang terdapat di bagian kepala.

3. Menuangkan obat pada salah satu  kedua jalan  qobul dan dubur 

4. Muntah muntah secara di sengaja

5. Melakukan persetubuhan 

 والانزال عن مباشرة والحيض والنفاس  والجنون والر  

6. Keluarnya air mani 

7. Haid 

8. Nifas 

9. Gila 

10. Murtad 


Bersambung


📖 pasal (3) pepiling ❤️

Bab puasa 

Kesunnahan dalam puasa 

ويستحب في الصوم ثلاثة اشياء

Di sunnahkan sewaktu dalam puasa ,3 hal sebagai berikut :

 تعجيل الفطر وتأخير السحور وترك الهجر من الكلام

1. Segera berbuka puasa 

2. Mengakhirkan makan sahur

3. Meninggalkan ucapan buruk 

 ويحرم صيام خمسة ايام  العيدان وايام التشريق الثلاثة 

Dan hukumnya haram berpuasa di 5 hari  berikut ini :

Puasa pada dua hari raya 

Puasa pada  hari hari  tasriq 

 ويكره صوم الشك الا ان يوافق عادة له

Hukum nya makruh berpuasa pada hari Syak kecuali apabila pada kebiasaan nya ,puasa Sunnah nya berketepatan  pada saat jatuhnya hari Syak.


Bersambung 


📖 pasal (4) pepiling ❤️

Ngaji bab 

Puasa 

 ومن وطئ في نهار رمضان عامدا في الفرج فعليه القضاء والكفارة

Barang siapa bersetubuh di dalam saat siang nya puasa bulan romadhon ,hal mana di lakukan dalam keadaan sengaja ,yaitu dengan memasukkan zdakar di dalam  liang kemaluan ( farji ), maka karena itulah dia wajib membayar puasa yang tertinggal  ( Qodho )  dan juga harus membayar  kifarat .

 وهى عتق رقبة مؤمنة فان لم يجد فصيام شهرين  متتابعين

Kifarat nya yaitu  kemerdekakan seorang budak mukmin ,jika orang tersebut tidak mendapatkan seorang budak maka  dia harus berpuasa  selama 2 bulan secara  berturut turut.

  فان لم يستطع فاطعام ستين  مسكينا لكل مسكين مد  

Maka jika ternyata dia sedang  tidak mampu  berpuasa selama 2 bulan tadi , maka dia harus memberi makan kepada 60  orang  miskin atau orang faqir tiap tiap 1 orang miskin  mendapat satu mud.

Bersambung


📖 pasal (5)pepiling ❤️

Ngaji bab puasa 

ومن مات وعليه صيام من رمضان اطعم عنه لكل يوم مد

Barang siapa meninggal dunia dan pada dirinya punya kewajiban puasa romadhon yang pernah ia tinggalkan maka ia yakni walinya mengeluarkan harta tinggalannya setiap hari satu mud sebagai ganti puasa yang di tinggalkan.

  والشيخ الهرم إذا عجز عن الصوم يفطر ويطعم عن كل يوم مدا 

Orang tua yang sudah ringkih sekali ketika mereka lemah tidak mampu berpuasa maka mereka boleh berbuka ( tidak berpuasa) dan memberi makanan setiap hari satu mud sebagai ganti puasa.

 والحامل والمرضع ان خافتا على انفسهما افطرنا وعليهما القضاء وان خافتا على اولادهما افطرنا وعليهما القضاء والكفارة عن كل يوم مد وهو رطل وثلث بالعراق والمريض والمسافر سفرا طويلا يفطران ويقصيان


Orang yang hamel dan menyusui bayi jika mereka menghawatirkan atas bahaya yang mengancam kesehatan dirinya ,maka mereka di perbolehkan tidak berpuasa tetapi wajib melaksanakan qodho' puasa 

Jika mereka khawater kepada anak mereka maka mereka di perbolehkan tidak berpuasa ,dan bagi mereka wajib melaksanakan qodok puasa dan membayar kifarat setiap hari satu mud. 

Satu mud ialah 1/3 menurut ukuran negeri Irak. 

Orang yang sedang sakit dan bepergian jauh mereka boleh membatalkan puasanya dan wajib qadha' puasa.


Bersambung 


📖 pasal (6)pepiling ❤️

Bab puasa

Kuli / pekerja berat tidak berpuasa.

مسالة  لا يجوز الفطر لنحو الحصاد وجذاذ النحل والحراث الا ان اجتمعت فيه الشروط كما يعلم من كلامهم ستة : ان لا يمكن تاخير العمل الى شوال وان يتعذر العمل ليلا  او لم يغنه ذلك فيؤدى الى تلفه او نفصه   نقصا لا يتغابن به وان يشق عليه الصوم مشقة لا تحتمل  عادة بان تبيح التيمم او او الجلوس في الفرض خلافا لابن حجر وان ينوى ليلا ويصحب صائنا فلا يفطر الا عند وجود العذر وان ينوى الترخص بالفطر ليمتاز الفطر المباح عن غيره كمريض اراد الفطر للمرض فلابد ان ينوى بفطره الرخصة ايضا، وان لا يقصد ذلك العمل وتكليف نفسه لمحض الترخص بالفطر والا امتنع كمسافر قصد بسفره مجردالرخصة فحيث وجدت هذه الشروط ابيح الفطر  سواء كان لنفسه او لغيره وان لم يتعين ووجد غيره، وان فقد شرط اثم اثنا عظيما ووجب نهيه وتعزيره لما ورد ان من افطر يوما من رمضان بغير عذرا لم يغنه عنه صوم الدهر  بغية المسترشدين ص١١٣

Artinya :, TIDAK boleh membatalkan puasa bagi sesamanya pengetam , pemetik kurma dan pembajak tanah  ( kerja berat ) kecuali memenuhi syarat yang jumblahnya ada enam , sebagaimana  yang kita ketahui dari ungkapan para fuqoha :

1. Tidak mungkin menunda pada bulan Syawal.

2. Pekerjaan tersebut sulit di lakukan pada malam hari ,atau tidak memadai  ( jika di lakukan pada malam hari )sehingga mengakibatkan kerusakan  atau  berkurangnya harga meski tidak di anggap mendatangkan kerugian 

3. Dengan berpuasa  dia merasakan oenderitaan  yang pada umumnya tidak bisa bertahan lagi ,dengan gambaran penderitaan tersebut mencapai  pada ambang batas yang diperbolehkan tayamum atau di perbolehkan duduk ketika melakukan sholat fardhu hal ini berbeda dengan pendapat Ibnu Hajar 

4. Pada malam harinya ia tetap berniat puasa dan pagi hari nya juga dalam keadaan berpuasa ,ia tidak boleh membatalkan puasanya kecuali benar benar terjadi udzur 

5. Pembatalan puasa tersebut harus di niati melakukan rukhsho ,agar ada perbedaan antara  pembatalan  yang di perbolehkan  dengan pembatalan yang lainnya ,sebagaimana orang yang sakit ketika ingin membatalkan puasa, maka harus di sertai niat  untuk mendapatkan ruhshoh 

6. Tidak bermaksud menjadikan pekerjaan dan penderitaan  tersebut  semata mata  untuk  perantara agar mendapatkan ruhshoh dan ketika ada maksud seperti itu maka ia tidak di perbolehkan melakukan pembatalan puasa ,sebagaimana seorang musafer yang punya tujuan ,agar dengan bepergian nya itu ia bisa mendapatkan ruhshoh .

Dengan demikian ,jika syarat syarat di atas di penuhi, maka di perbolehkan baginya membatalkan puasa ,baik pekerja  tersebut untuk dirinya ataupun untuk orang lain ,dan meskipun ia bukan satu satunya orang yang harus menyelesaikan pekerjaan tersebut dan masih bisa menemukan orang lain yang sanggup melakukannya .


Bersambung


📖 pasal ( 7 ) pepiling ❤️


Ngaji bab puasa

اما حكم الابرة قالوا ان الابرة التى يحقن بها المريض  تمر بالعروق  وتصل الى الجوف فتفسد الصوم لكن قال بعض العلماء كل ما يدخل الى الجسم من منفذ غير طبيعى فانه لا يبطل به الصوم 

شرح اليقوت النفيس ص ٣٠٧

حكم الابرة تجوز للصرورة ولكن اختلفوا في ابطالها للصوم على ثلاث اقوال :, ففي قول انها تبطل مطلقا لانها وصلت الى الجوف ففى قول انها لا تبطل مطلقا لانها وصلت الى الجوف من غير منفذ مفتوح  وقول فيه تفصيل وهو الاصح إذا كانت مغذية فتبطل الصوم  إذا كانت غير مغذية فنظر إذا كان في العروق المجوفة وهى الاوراده فتبطل وإذا كان في العضد وهى العروق غير المجوفة فلا تبطل 

وعمدة المقيت 


Hukum suntik bagi orang yang berpuasa , maka boleh  jika dalam keadaan darurat  namun para ulama berbeda pendapat dalam masalah suntik  membatalkan puasa  atau  tidak ? 


1. Pendapat pertama : membatalkan secara mutlak  karena sampainya  kedalam tubuh 


2. Pendapat kedua : tidak membatalkan secara mutlak karena sampainya kedalam tubuh bukan melalui lubang yang terbuka .


3 pendapat ke tiga sebagai berikut :

1. Jika suntikan tersebut berisi suplemen sebagai pengganti makanan atau penambah vitamin ,maka membatalkan puasa karena ia membawa makanan yang di butuhkan  kedalam tubuh .


2. Jika tidak mengandung suplemen ( hanya berisi obat ) maka di perinci ;

A. Apabila di suntikan lewat pembulu darah maka membatalkan puasa.

B. Di suntikan lewat urat urat yang tidak berongga maka tidak membatalkan puasa 


Bersambung 


📖 pasal 8 pepiling ❤️

Ngaji bab puasa

Imsak

وعن زيد بن ثابت قال تسحرنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم ثم قمنا الى الصلاة قلت كم كان قدر ما بينهما قال خمسين اية رواه البخارى ومسلم المجموع شرح المهذب ج٦ص ٤٠


تاخير السحور بحيث لا يفحش التأخير ندبا عن الاكل قبل الفجر بنحو خمسين اية ربع ساعة التقريرات السديدة في المسائل المفيدة ص٤٤٤


Keterangan 

Waktu imsak adalah 15 menit sebelum fajar shodiq atau kira kira cukup untuk membaca 50 ayat ,namun di Indonesia waktu imsak ya 10 menit menjelang subuh 

Pada waktu imsak 15 menit menjelang subuh Sunnah tidak makan dan minum.


Bersambung 

ADAB MASUK JAMBAN

 

Kegiatan Diklat Peningkatan Mutu Guru digugus Kuningan Selasa,....Maret 2023


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Punten ustadz ustadzah lan para yai izin bertanya🙏🏼

Bagaimana adab yg benar ketika hendak kekamar mandi? Apa benar ketika wudhu harus memakai sendal? Dan ketika hendak lagi dikamarmandi umum kita pakai krudung apa sebaiknya kerudung dilepas atau apa boleh tetap dipakai?


mohon penjelasannya maturnuwun sanget🙏🏼🙏🏼

 وعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ  وَرَحْمَةُ اللّٰه  وَبَرَكَاتُهُ 

بِسْمِ ْاللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الْرَحِيمِ

قال المؤلف رحمه الله تعالى ونفعنا بعلومه....


باب اداب دخول الخلاء.

فإذا قصدت بيت الماء لقضاء الحاجة،فقدم في الدخول رجلك اليسرى، وفي الخروج رجلك اليمنى، ولاتستصحب شيئا عليه اسم الله تعالى ورسوله، ولاتدخول حاسر الرأس، ولا حافي القدمين، وقل عند الدخول،،  باسم الله، أعوذ بالله من الرجس النجس، الخبيث المخبث، الشيطان الرجيم، وعند الخروج،، غفرانك، الحمد لله الذى اذهب عني ما يؤذيني وابقى فيً ما ينفعني.

Bagian yang ketiga (3) BDH. 

Adab masuk jamban:

Ketika kamu hendak masuk kamar kecil guna membuang hajat, maka dahulukan kaki kiri saat masuk dn kaki kanan saat keluar,.

Jangan membawa sesuatu pun yg tertulis nama Allah padanya. Dan jangan masuk dalam keadaan kepala terbuka dn tanpa memakaj alas kaki. Dan ketika masuk berdoalah:" Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung pada Allah dari kotoran yg najis, dari keburukan yg membuat manusia berbuat buruk, yaitu setan yg dijauhkan dari rahmat". Dan ketika keluar membaca:" segala puji bagi Allah yg menghilangkan dariku apa yg menyakitiku, dn membiarkan apa yg memberi manfaat bagiku padaku. 

وينبغى ان تعدل النبل قبل قضاء الحاجة، وإلاًَ تستنجى بالماء في موضع قضاء الحاجة، وان تستبرئ من البول بالتنحنح والنتر ثلاثا، وبإمرار اليد اليسرى على اسفل القضيب، وإن كنت في الصحراء، فابعد عن العيون الناظرين واستتر بشئ إن وجدته، ولا تكشف عورتك، قبل الانتهاء الى موضع الجلوس.

Hendaknya   kamu menyiapkan batu² sebelum buang hajat. Kalau tidak, mensucikan diri dengan air ditempat membuang hajat. Dan hendaknya menuntaskan kencing dengan berdehem, menuntaskan tiga kali dan mengusap bagian bawah penis dengan tangan kiri. Kalau kamu berada ditanah lapang, maka menjauhlah dari pandangan orang² dn pakailah sesuatu sebagai tutup kalau kamu menemukanya. Dan jangan kamu membuka auratmu sebelum sampai ketempat membuang hajat. 

ولا تستقبل الشمس ولا قمر، ولا تستقبل القبلة ولا تستدبرها، ولا تجلس في متحدث الناس، ولا تبل في الماء الراكد وتحت الشجرة المثمرة، ولا في الحجر، واحذر الأرض الصلبة ومهب الريح، إحترازا من الرشاش لقوله صَلَى اْللّٰهُ عَلَيْه وَسَلَم ،، إنًَ عامة عذاب القبر منه.

Jangan menghadap matahari dn rembulan. Jangan menghadap kiblat maupun membelakanginya. Jangan membuang hajat di tempat berkumpulnya manusia. Jangan kencing di air tenang, di bawah pohon yg berbuah dn di lubang. Jauhilah tanah yg keras dn tempat bertiupnya angin, untuk menghindari percikan kencing. Hal ini berdasar sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam bahwa umumnya azab kubur muncul dari hal itu. 

 واتكئ في جلوسك على الرجل اليسرى، ولا تبل قائما الاًَ عن ضرورة، واجمع في الاستنجاء بين استعمال الحجر والماء، فإذا اردت الاقتصار على احدهما فالماء افضل، واذا اتصرت على الحجر فعليك ان تستعمل ثلاثة احجار طاهرة منشفة للعين، تمسح بها محلًَ النجو بحيث لا تنتقل النجاسة عن موضعها، وكذالك تمسح القضيب في ثلاثة مواضع من حجر،فإلم يحصل الانقاء بثلاثة فتمم خمسة اوسبعة الى ان ينقى بالإتار، فالإتار مستحب ،والإنقاء واجب. ولا تستنج إلاًَ باليد اليسرى.

Duduklah bertumpu kaki kiri. Jangan kencing berdiri kecuali terpaksa. Bersucilah dengan menggunakan batu dn air. Bila kamu hendak mencukupkan pada salah satunya, maka air lebih utama. Kalau kamu mencukupkan dengan batu, maka kamu wajib memakai tiga batu yg suci dn bisa menghilangkan materi najis. Dengan batu itu kamu mengusap tempat keluar kotoran dengan gambaran najis tidak berpindah dari tempatnya. Begitu pula hendaknya saat mengusap kemaluan lelaki, dengan tiga sisi dari sebuah batu. Kalau belum bersih dengan tiga batu, selesaikanlah dengan lima atau tujuh batu sampai bersih dengan bilangan batu yg ganjil. Membuat ganjil adalah sunnah, sementara    membersihkan hukumnya wajib. Dan jangan bersuci kecuali dengan tangan kiri. 

 وقل عند الفراغ من الإستنجاء،،  اللهم طهر قلبي من النفاق وحصن فرجي من الفواحس. وادلك يدك بعد تمام الإستنجاء بالأرض او بحائط ثم اغسلها.

Setelah selesai bersuci, berdoalah: "Ya Allah, sucikan hatiku dari sifat munafiq dn jagalah kelaminku dari perbuatan keji". Setelah selesai bersuci, gosokkan tanganmu ketanah atau tembok lalu cucilah. 

والله أعلم بالصواب...

DOA BELAJAR DAN MENGAJAR

Thursday, March 9, 2023

MENINGGALNYA ORANG ALIM



 مَوْتُ الْعَالِمِ مُصِيبَةٌ لا تُجْبَرُ، وَثُلْمَةٌ لا تُسَدُّ, وَنَجْمٌ طُمِسَ، مَوْتُ قَبِيلَةٍ أَيْسَرُ مِنْ مَوْتِ عَالِمٍ


Meninggalnya ulama adalah musibah yang tak tergantikan, dan sebuah kebocoran yang tak bisa ditambal. Wafatnya ulama laksana bintang yang padam. Meninggalnya satu suku lebih mudah bagi saya daripada meninggalnya satu orang ulama (HR al-Thabrani dalam Mujam al-Kabir dan al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman dari Abu Darda’).


UDURNYA SHOLAT BERJAMA'AH DAN SHOLAT JUM'AT



 Assalamualaikum para ustadz .saya mau bertanya 🙏🏻..,...udurnya jama'ah itu ada berapa? Dan referensi nya ...


 Waalaikum salam

Ada banyak.


تَتِمَّة وَرخّص فِي ترك الْجَمَاعَة بِعُذْر عَام أَو خَاص كمشقة مطر وَمثله تقاطر السقوف على المارين بعد فرَاغ الْمَطَر وَشدَّة ريح بلَيْل أَو وَقت صبح وَمثل الرّيح الشَّدِيدَة الظلمَة الشَّدِيدَة وَالرِّيح الْبَارِدَة وَشدَّة وَحل وَشدَّة حر وَشدَّة برد وَشدَّة جوع وَشدَّة عَطش بِحَضْرَة طَعَام مَأْكُول أَو مشروب وَمَا قرب حُضُوره كالحاضر ومشقة مرض ومدافعة حدث وَخَوف على مَعْصُوم من نفس أَو عُضْو أَو مَنْفَعَة أَو مَال كخبز فِي تنور أَو قدر على نَار لَو ذهب للْجَمَاعَة وَتَركه تلف وَخَوف من غَرِيم لَهُ وبالخائف إعسار يعسر عَلَيْهِ إثْبَاته وَخَوف من عُقُوبَة يَرْجُو الْخَائِف الْعَفو بغيبته وَخَوف من تخلف عَن رفْقَة وفقد لِبَاس لَائِق وَأكل ذِي ريح كريهة تعسر إِزَالَتهَا لَا بِقصد إِسْقَاط الْجَمَاعَة وَإِلَّا لم يكن عذرا وَحُضُور مَرِيض بِلَا متعهد سواهُ أَو كَانَ لَهُ متعهد لَكِن كَانَ الْمَرِيض نَحْو قريب محتضر الرّوح أَي ويأنس بِهِ


وَمن الْأَعْذَار زَلْزَلَة وَغَلَبَة نُعَاس وَسمن مفرط وسعي فِي اسْتِرْدَاد مَال يَرْجُو حُصُوله لَهُ أَو لغيره وعمى حَيْثُ كَانَ الْأَعْمَى لَا يجد قائدا وَلَو بِأُجْرَة مثل قدر عَلَيْهَا وَلَا أثر لإحسانه الْمَشْي بالعصا والاشتغال بتجهيز ميت وَحمله وَدَفنه وَوُجُود من يُؤْذِيه فِي طَرِيقه بشتم أَو نَحوه مَا لم يُمكن دَفعه من غير مشقة وَالنِّسْيَان وَالْإِكْرَاه وَتَطْوِيل الإِمَام فَوق الْمَشْرُوع وَتَركه سنة مَقْصُودَة وَكَون الإِمَام مِمَّن يكره الِاقْتِدَاء بِهِ أَو كَانَ يخْشَى من الافتتان بِجَمَال أَمْرَد أَو كَانَ هُوَ مِمَّن يخْشَى الافتتان بِهِ وَمعنى كَون هَذِه أعذارا سُقُوط الطّلب بِسَبَبِهَا لَا حُصُول فَضِيلَة الْجَمَاعَة وَجزم الرَّوْيَانِيّ بِأَنَّهُ يكون محصلا لثواب الْجَمَاعَة إِذا صلى مُنْفَردا وَكَانَ قَصده الْجَمَاعَة لَوْلَا الْعذر وَهَذَا هُوَ الْمُعْتَمد بِشَرْط أَن يكون ملازما لَهَا قبل الْعذر وَلم يتعاط السَّبَب بِاخْتِيَارِهِ وَلم يتأت لَهُ إِقَامَة الْجَمَاعَة فِي بَيته لَكِن الْفَضِيلَة الَّتِي تحصل لَهُ دون فَضِيلَة من فعلهَا

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes