ada wanita yg sudah berkeluarga kemudian hamil... singkat cerita wanita yg hamil tsb digosipkan hamil dengan pria lain.
Apakah ini termasuk kategori tuduhan zina?
Zina muhson
Zina ada dua macam: 1. Muhson ( sudsh berkeluarga ), 2. Ghoiru Muhson ( Belum berkeluarga )
فالمحصن حده الرجم, وغير المحصن حده مائة جلدة, وتغريب عام, إلى مسافة القصر
Zina Muhson Hadnya Di ranjam. dan Ghoiru Muhson Hadnya adalah 100 cambukan dan diusir selama setahun sejauh perjalanan solat kosor
وشرائط الإحصان أربع البلوغ والعقل والحرية ووجود الوطء في نكاح صحيح
والعبد والأمة حدهما نصف حد الحر وحكم اللواط وإتيان البهائم كحكم الزنا, ومن وطئ فيما دون الفرج
عزر ولا يبلغ بالتعزير أدنى الحدود.
Syarat Muhson ada empat: 1. Baligh, 2. Berakal.3. Merdeka dan adanya Wati dalam nikah yang sah.Seorang hamba baik laki laki atau perempuan maka hadnya separo dari hadnya orang merdeka. Adapun Had Liwati dan menyetubuhi hewan adalah seperti Zina. Dana baranga siapa yanjg wati selain farji maka hadnya diusir yang tidak sampai sejauh ukuran usiran yang terendahnya Had.
"فصل" وإذا قذف غيره بالزنا فعليه حد القذف بثمانية شرائط, ثلاثة منها في القاذف, وهو أن يكون بالغا
عاقلا, وأن لا يكون والدا للمقذوف, وخمسة في المقذوف, وهو أن يكون مسلما بالغا عاقلا حرا عفيفا
ويحد الحر ثمانين والعبد أربعين ويسقط حد القذف بثلاثة أشياء إقامة البينة أو عفو المقذوف أو اللعان في
حق الزوجة.
Fasal
Bila seseorang menuduh orang lain berbuat zina maka dia berhak dihad tuduhan dengnan delapan sarat. Tiga di yang menuduh yaitu dia baligh, berakal dan bukan orang tua yang dituduh. Lima yang di tertuduh yaitu: Yang dituduh baligh, berakal, berakal merdeka dan terjaga. Dan dihad orang merdeka 80 kali dan hamba 40 kali. Had menuduh bias gugur dengan tiga sarat: Mendatangkan saksi, maaf dari yang dituduh atau lian di hak suami istri
Pasal: menerangkan hukum hukumnya Udh-hiyyah (Qurban).
بضم الهمزة فى الأشهر وهي إسم لما يذبح من النعم يوم عيد
النحر وأيام التشريق تقربا الى الله تعالى.
Kata "Udh-hiyyah " menurut pendapat yg lebih masyhur di baca dhommah.
Udh-hiyyah adalah nama bagi hewan yg di sembelih, yaitu berupa binatang piaraan pada hari raya kurban dn hari hari Tasyriq karena semata bertaqarrub(mendekatkan diri) kepada Allah.
Keterangan
Pengertian "Udh-hiyyah"atau "kurban" yaitu suatu tindak beribadah kepada Allah dengan cara menyembelih binatang tertentu (seperti kambing, kerbau, unta dll) pada hari raya haji (Qurban) dan hari hari Tasyriq (ya itu tgl 11,12,dan 13 Dhulhijjah) sesuai dengan ketentuan ketentuan syara'.
والأضحية سنة مؤكدة،، على الكفاية فإذا اتى بها واحد من اهل بيت كفى عن جميعهم ولا تجيب الأضحية الا بالنذر.
Berkurban hukumnya adalah sunah yg di tekankan atas dasar kifayah, maka apa bila salah seorang dari ahli rumah (suatu kluarga) telah mengerjakan kurban, maka cukuplah seluruh mereka, dan tidak menjadi wajib suatu Kurban kecuali sebab ada nadzar.
ويجزئ فيها الجذع من الضأن،، وهو ما له سنة وطعن فى الثانية ،،والثني من المعز،، وهو ما له سنتان وطعن فى الثالثة ، والثني من الإبل ما له خمس سنين ،وطعن فى الساد سة ،والثني من البقر ما له سنتان وطعن فى الثالثة.
Mencukupilah untuk kurban itu, domba yg telah gugur sebuah giginya yaitu domba yg berumur 1-2 tahun, kambing yg telah gugur dua giginya yaitu berumur 2-3 tahun, unta yg gugur dua giginya, yaitu yg berumur 5-6 tahun dan lembu (kerbau) yg telah gugur dua giginya yaitu yg berumur 2-3 tahun.
وتجزئ البدنة عن سبعة،، إشتركوا فى التضحية بها.
Dan mencukupilah seekor unta untuk menjadi kurban bagi 7 orang berserikat dalam berkurban dengan binatang unta tersebut.
وتجزئ ،، البقر عن سبعة،، كذالك وتجزئ ،، الشاة عن شخص ،،واحد،، وهى افضل من مشاركته فى بعير.
Juga mencukupi seekor lembu untuk berkurban bagi 7 orang yg berserikat dan mencukupi seekor kambing untuk kurban seorang saja. Hal ini (kambing satu untuk kurban seseorang)adalah lebih utama dari pada yg terjadi dengan perserikatan dalam hal berkurban unta.
Keterangan
Perlu di ketahui, bahwa binatang yg di jadikan kurban itu tidak harus berjenis jantan (laki laki), tetapi yg betina(perempuan)juga sah(boleh) di buat kurban asalkan umur binatang itu sudah mencukupi dengan ketentua ketentuan syara'. Jika sekiranya menghendaki yg lebih utama, maka sebaikny binatang yg di jadikan kurban itu tadi berjenis laki lalki.
وافصل انواع الاضحية ابل ثم بقر ثم غنم.
Adapun yg lebih utama macam macam binatang yg di buat kurban, yaitu unta, lembu kemudian kambing.
،،واربع،، وفى بعض النسخ واربعة ،، لا تجزئ فى الضحايا،،.
Empat binatang yg tidak mencukupi syarat untuk berkurban (menurut sebagian keterangan menggunakan kata "Arba'ah" ya itu...
والله أعلم....
Bersambung....
Meneruskan yang Kemarin 🙏🙏🙏
احد ها ،، العوراء البين،، اى الظهر ،،عورها،، وان بقيت الحدقة فى الاصح.
1. Binatang yg matanya rusak sebelah yg tampak terang rusaknya ,meskipun masih wujud kurnia(matanya) menurut pendapat yg lebih shoheh.
والثانى ،،العرجاء البين عرجها،، ولو كان حصول العرج لها عنداضجاعها للتضحية بها بسبب اضطرابها.
2. Binatang yg pincang yg tampak terang pincangnya, meskipun kepincanganya binatang itu dapat di ketahui ketika di baringkan karena hendak di sembelih sebab meronta-ronta.
والثالث ،،المريضة البين مرضها،، ولا يضر يسير هذه الأمور.
3. Binatang yg sakit yg tampak terang sakitnya dan tidak berbahaya akan sedikitnya beberapa perkara ini.
والرابع ،،العجفاء،، وهى التى ذهب مخها ،،اى ذهب دماغها ،،من الغزال،، الحاصل لها.
4. Binatang yang kurus yang telah hilang sumsumnya(sebab kekurusanya).
ويجزئ الخصى،، اى المقطوع الخصيتين ،،والمقسور القرن،، ان لم يؤثر فى اللحم.
Dan mencukupilah untuk berqurban, ya itu binatang yg di kebiri artinya binatang yg di potong kedua ginjalnya dan juga mencukupi binatang yg pecah kedua tanduknya jika memang pecahnya itu tidak sampai membekas pada daging.
ويجزئ ايضا فاقدة القرون وهي المسماة بالجلحاء.
Juga mencukupi (untuk berqurban) binatang yg tidak ada tanduknya, ya itu yg di namai binatang"prucul".
ولاتجزئ المقطوعة،، كل الأذن،، ولا بعضها ولاالمخلوقة بلااذن و لاالمقطوعة ،،الذنب،، ولابعضه.
Tidaklah mencukupi untuk qurban ya itu binatang yang buntung (putus) semua telinganya, juga binatang yang putus sebagian telinganya dan binatang yg terjadi tanpa telinga. Demikian pula binatang yg buntung (putus) ekornya.
Apakah ada batasan Rakaat dalam setiap sholat Sunnah , misalnya sholat Sunnah tahajjud , duha , witir , dsb ??
Dan apakah ada sholat Sunnah yang tiada batas rokaat nya , contohnya para ulama yang sholat Sunnah 100 - 1000 rakaat per malam ?
Mohon penjelasan dan referensi kitabnya ustadz/zah🙏
Jawabannya sebagai berikut dibawah ini
[10/5 21.40] +62 813-6760-8023: Sholat sunnah mutlak adalah sholat sunnah yang tidak dibatasi dengan waktu dan sebab tidak pula dibatasi dengan jumlah roka'atnya. Dalilnya adalah sabda Nabi kepada Abu Dzar : " sholat itu sebaik-baik apa yang disyariatkan maka perbanyaklah atau sedikitkan." Jadi dia boleh sholat sebanyak apapun walaupun tanpa meniatkan jumlahnya dan boleh melakukannya satu roka'at saja tanpa ada kemakruhan. Wallohu a'lam.
- Kitab Nihayatul Muhtaj (2/129) :
( ولا حصر للنفل المطلق ) وهو الذي لا يتقيد بوقت ولا سبب أي لا حصر لعدده ولا لعدد ركعاته لخبر { الصلاة خير موضوع فاستكثر منها أو أقل } فله أن يصلي ما شاء ولو من غير نية عدد ، وأن يقتصر على ركعة من غير كراهة
قَالَ صلى الله عَلَيْهِ وَسلم لأبي ذَر الصَّلَاة خير مَوْضُوع استكثر أَو أقل فَإِن نوى فَوق رَكْعَة تشهد آخرا فَقَط أَو آخر كل رَكْعَتَيْنِ فَأكْثر فَلَا يتَشَهَّد فِي كل رَكْعَة وَإِذا نوى قدرا فَلهُ الزِّيَادَة عَلَيْهِ وَالنَّقْص عَنهُ إِن نويا وَإِلَّا بطلت صلَاته فَإِن قَامَ لزائد سَهوا فَتذكر قعد ثمَّ قَامَ للزائد إِن شَاءَ وَالنَّفْل الْمُطلق بلَيْل أفضل مِنْهُ بِالنَّهَارِ
: ويسن التهجد إجماعا، وهو التنفل ليلا بعد النوم.قال الله تعالى: * (ومن الليل فتهجد به نافلة لك) * وورد في فضله أحاديث كثيرة، وكره لمعتاده تركه بلا ضرورة.ويتأكد أن لا يخل بصلاة في الليل بعد النوم ولوركعتين لعظم فضل ذلك.ولا حد لعدد ركعاته، وقيل: حدها ثنتا عشرة،
Boleh sebelum tidur ndak yai?
Jawabannya sebagai berikut
Ketika orang sholat malam dengan niat sholat tahajjud dan dia belum tidur maka sholatnya itu tetap sah, namun sholatnya tidak dikatakan sebagai shalat tahajjud melainkan sholat qiyamul lail.
صلاة سنة قيام الليل, أقلها ركعتان وأكثرها بلا حد, وهي المؤكدة. الأفضل أن تصلى ركعتين ركعتين. وإذا صلى بعد نوم تسمى تهجدا([21]). ويجوز أن يقرأ ما شاء من السور.
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: عليكم بقيام الليل, فإنه دأب الصالحين قبلكم, وقربة لكم إلى ربكم, ومكفرة للسيآت([22]).
14. Sholat Sunah Qiyamul Lail
Sholat Sunah Qiyamul Lail, paling sedikit dua rekaat. Paling banyaknya tak terbatas. Merupakan sholat Sunat Mu'akkad. Yang paling utama dilakukan dengan setiap dua rekaat salam. Apabila melakukannya sesudah tidur, dinamakan Sholat Tahajjud. Bacaan suratnya bebas apa saja.
Baginda Rasulullah SAW bersabda : "Lakukanlah selalu oleh kalian sholat Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang-orang sholihin sebelum kalian, dan merupakan amalan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, serta melebur dosa-dosa kalian".
اعانة الطالبين
ثم إن فعل الوتر بعد النوم حصل له
به سنة التهجد أيضا وإلا كان وترا لا تهجدا.
. (قوله: ثم إن فعل إلخ) أي ثم إن أخره وفعله بعد النوم حصل له بالوتر سنة التهجد، لما مر من أن التهجد هو الصلاة بعد النوم. (قوله: وإن كان وترا) أي وإن لم يفعله بعد النوم بل فعله قبله كان وترا لا تهجدا، فليس كل وتر تهجدا كعكسه، فبينهما العموم والخصوص الوجهي، فيجتمعان في صلاة بعد النوم بنية الوتر، وينفرد الوتر بصلاة قبل النوم، والتهجد بصلاة بعده من غير نية الوتر
تفسير ابن رجب الحنبلي
ويدخل فيه من نام ثم قام من نومه بالليل للتهجد، وهو أفضل أنواع التطوع بالصلاة مطلقًا. انتهى
تفسير القرطبي
والتهجد التيقظ بعد رقدة، فصار اسمًا للصلاة؛ لأنه ينتبه لها، فالتهجد القيام إلى الصلاة من النوم، قال: معناه الأسود، وعلقمة، وعبد الرحمن بن الأسود، وغيرهم، وروى إسماعيل بن إسحاق القاضي من حديث الحجاج بن عمر صاحب النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: أيحسب أحدكم إذا قام من الليل كله أنه قد تهجد! إنما التهجد الصلاة بعد رقدة ثم الصلاة بعد رقدة ثم الصلاة بعد رقدة. كذلك كانت صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم. انتهى
وقال أيضًا : وقالت عائشة، وابن عباس أيضًا، ومجاهد: إنما الناشئة القيام بالليل بعد النوم. ومن قام أول الليل قبل النوم فما قام ناشئة. انتهى
بحر المذهب للروياني ج ٢ ص ٢٢٧
ومن صلى قبل النوم لا يسمى متهجداً،
Dan orang yang menunaikan sholat sebelum tidur maka tidak bisa disebut orang yang sholat tahajjud.
فتح العزيز بشرح الوجيز ج ٤ ص ٢٣٣
اما الصلاة قبل النوم فلا تسمى تهجدا
Adapun sholat sebelum tidur tidak bisa disebut tahajjud.
حاشية العبادي على الغرر البهية في شرح البهجة الوردية ج ١ ص ٣٩١
Maka bisa dimaklumi bahwa syarat tahajjud adalah ditunaikan setelah tidur dan setelah melakukan sholat isya sebagaimana ditemukan pada tulisan guru kami As-Syihab Ar-Romli rohimahulloh rohmatullohi alaih.
(Dan jika keadaan niatmu dan tujuanmu, antara dirimu dan Allah ta'ala dari menuntut ilmu itu [agar memperoleh] hidayah).
Dan kamu berniat dalam meraih ilmu itu [untuk] menghilangkan kebodohan dari dirimu dan dari seluruh orang-orang bodoh,
Dan [untuk] menghidupkan agama dan melestarikan agama Islam dengan ilmu tersebut,
Dan [untuk meraih] negeri akhirat dan keridhoan Allah ta'ala,
Dan kamu berniat dengan hal-hal itu sebagai rasa syukur atas nikmat akal dan nikmat sehat badan,
(Bukan semata-mata hanya meriwayatkan) yakni memindahkan dan mengutip dari ulama,
(Maka bergembiralah kamu, karena sesungguhnya para malaikat membentangkan untukmu) yakni [ridho] dengan apa yang engkau tuntut, (akan sayap-sayapnya) yakni meletakan sayap-sayapnya agar menjadi tempat berpijak bagimu (apabila kamu berjalan),
Dan dikatakan [oleh satu pendapat] "Sesungguhnya para malaikat akan menaungi penuntut ilmu, dengan sayap-sayapnya".
Dan ikan-ikan dilautan akan memohonkan ampunan untukmu apabila engkau berjalan) yakni [ketika] engkau pergi kepada orang 'alim.
- والله أعلمُ بالـصـواب -
Ref :
كتاب مراقى العبودية (السيخ نواوي البنتاني) على متن بداية الهداية (الامام الغزالي)
WANITA ikut JAMA'AH SHOLAT 'IED ( di masjid atau di lapangan bersama orang banyak lelaki dan perempuan ) hukumnya ditafshil :
1.Bagi wanita 'AJUZ (TUA/NINI) hukumnya SUNAT dengan TIDAK BERSOLEK dan memakai WEWANGIAN
2.Bagi WANITA DZAWIL HAIAT (PUNYA TINGKAH) hukumnya MAKRUH walaupun dia sudah termasuk 'ajuz (NENEK).
3.Bagi WANITA MUDA hukumnya MAKRUH walaupun mutabadzdzilat (NGLOMBROT) artinya *WANITA ASOR YANG SUDAH TIDAK MENARIK PERHATIAN*.
Tidak apa-apa bagi mereka tersebut sholat 'ied di RUMAH MASING-MASING atau dengan BERJAMA'AH bersama para WANITA yang lain dan salah satu di antara WANITA tersebut memberi mau'idhoh (NASEHAT, KHUTBAH).
4.Bagi WANITA yang BERSUAMI hukumnya BOLEH dengan izin SUAMINYA.
"و" يسن "خروج العجوز" لصلوات العيد والجماعات "ببذلة" أي في ثياب مهنتها وشغلها "بلا طيب" ويتنظفن بالماء، ويكره بالطيب والزينة كما يكره الحضور لذوات الهيئات ولو عجائز وللشابات وإن كن مبتذلات بل يصلين في بيوتهن ولا بأس بجماعتهن ولا بأن تعظهن واحدة، ويندب لمن لا يخرج منهن التزين إظهارًا للسرور وإنما يجوز الخروج للحليلة بإذن حليلها.
Dalam keterangan lain, mereka SUNNAH BERJAMAAH (SENDIRI) tapi tidak boleh BERKHOTBAH, lihat fathul wahab jilid 2 shohifah 427. Wallohu a'lam
وتقليد واحد منهم فرض لقوله تعالى فسئلوا اهل الذكر ان كنتم لاتعلمون
Mengikuti salah seorang dari mereka itu hukumnya wajib, berdasarkan firman Allah “ Apabila kalian tidak tahu, maka brtanyalah pada mereka yang ahli ilmu ( Para Imam Agama ).”
Beliau Syekh Muhammad Amin Al-Qurdi melanjutkan penjelasannya:
ومن لم يقلد واحدا منهم وقال أنا اعمل بالكتاب والسنة مدعيا فهم الأحكام منهما فلا يسلم له بل هو مخطئ ضال مضل سيما في هذا الزمان الذى عم فيه الفسق وكثرت الدعوى الباطلة لأنه استظهر على أئمة الدين وهو دونهم في العلم والعمل والعدالة والاطلاع
Barangsiapa yang tidak mengikuti salah satu dari mereka (Imam madzhab) dan berkata: “saya beramal berdasarkan Al-Qur'an dan Hadits dan mengaku telah memahami hukum-hukum Al-Qur'an dan Hadits maka orang tersebut tidak dapat diterima, bahkan termasuk orang yang bersalah, sesat dan menyesatkan terutama pada masa sekarang ini dimana kefasikan merajalela dan banyak tersebar dakwah-dakwah yang salah, karena ia ingin mengungguli para pemimpin agama ia di bawah mereka dalam ilmu, amal, keadilan dan Analisa”.
Azay Nipira itu saya sebuah nama untuk dalam bermedia saja. Adalah terlahir dari seorang ibu yang cantik, baik, sholehah berdarah Sunda. Tentu saya adalah seorang manusia makhluk biasa yang senantiasa berdoa dan berusaha untuk terus berupaya dan untuk terus berdaya sekemampuan berbuat kebaikan untuk ibu, saudara saudari, seggenap keluarga, masyarakat, bangsa, negara sebagai perintah agama Islam yang saya yakini kebenarannya. Dengan tetap saling menghormati, menghargai, serta menjungjung tinggi siapapun orang untuk tetap saling mengenal satu sama yang lainnya. Ucapan terimakasih kepada siapapun yang telah memberikan ilmu ilmu kepada sayadan menjadi guruku, namun mohon ma'af saya tidak bisa membalasnya hanya saya selalu berdo'a untuk semua yang menjadi guruku dengan mendo'akan agar menjadi nilai tambah baginya sehingga mendapatkan balasan yang setimpal sepadan dari Allah SWT sebaik baiknya Dzat pemberi balasan kebaikan. Aamii..n. yaa..Rabbal Aalamiin....