BREAKING NEWS

Watsapp

Tuesday, July 9, 2024

BPJS ( BADAN PENYLENGGARA JAMIAN SOSIAL )

 






BPJS ( BADAN PENYLENGGARA JAMIAN SOSIAL ) 


Deskripsi Masalah :

Mulai 1 Januari 2014 M, sistem jaminan sosial terbaru atau JKN (Jaminan Kesehatan Sosial) resmi diberlakukan. JKN/BPJS sendiri merupakan perusahaan asuransi yang sebelumnya kita kenal sebagai PT ASKES . begitupun BPJS ketenagakerjaan yang merupakan transformasi dari Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) sesuai Undang-undang No. 40 Th. 2004 tentang sistem sosial Nasional (SJSN) dengan adanya JKN maka seluruh masyarakat Indonesia akan dijamin kesehatannya, dan juga kepertaannya bersifat wajib tidak terkecuali masyarakat yang kurang mampu. Sementara untuk sistem iurannya dibagi menjadi tiga:

1. Bagi rakyat miskin yang kurang mampu dibayar oleh PEMDA

2. Bagi pekerja penerima upah dibayar oleh pemberi kerja yang dipotongkan langsung dari gaji bulanan yang diterimanya.

3. Untuk wiraswasta dengan membayar sediri, tinggal memilih kelas. Untuk kelas satu kurang lebih Rp. 59.000/bulan, kelas dua kurang lebih Rp. 42.000/bulan, kelas tiga Rp. 23.500/bulan.

Uang pembayaran diserahkan paling lambat tanggal 10 setiap bulan dan apabila ada keterlambatan maka dikenakan denda administrasi sebesar 2% dari total iuran yang menuggak.


Pertanyaan :

1. Diamakan transaksi apa yang tepat menurut perspektif fikih dalam hal tersebut?

2. Bagaimana masyarakat mengikuti program tersebut?

3. Bagaimana hukumnya pemerintah memberlakukan program tersebut?


Jawaban :

1. Tidak dinamakan akad melainkan at-Ta’mîn al-Ijbâri (التأمين الإجباري)


2. Jika tujuan mengikuti BPJS adalah untuk mengambil keuntungan maka tidak boleh. Namun, jika bertujuan untuk membantu sesama maka hukumnya boleh.


3. Diperbolehkan                                                 


Referensi :

الفقه الإسلامي وأدلته - (5 / 108)


والتأمين من حيث العموم والخصوص ينقسم إلى قسمين: 1ً - تأمين خاص أو فردي: خاص بشخص المستأمن من خطر معين. 2ً - تأمين اجتماعي أو عام: يشمل مجموعة من الأفراد يعتمدون على كسب عملهم، من أخطار معينة، كالمرض والشيخوخة والبطالة والعجز، وهذا في الغالب يكون إجبارياً، ومنه التأمينات الاجتماعية، والصحية والتقاعدية. موقف الفقه الإسلامي من التأمين : لا شك كما تبين سابقاً في جواز التأمين التعاوني في منظار الفقهاء المسلمين المعاصرين؛ لأنه يدخل في عقود التبرعات، ومن قبيل التعاون المطلوب شرعاً على البر والخير؛ لأن كل مشترك يدفع اشتراكه بطيب نفس، لتخفيف آثار المخاطر وترميم الأضرار التي تصيب أحد المشتركين، أياً كان نوع الضرر، سواء في التأمين على الحياة، أو الحوادث الجسدية، أو على الأشياء بسبب الحريق أو السرقة أو موت الحيوان، أو ضد المسؤولية من حوادث السير، أو حوادث العمل، ولأنه لا يستهدف تحقيق الأرباح. وعلى هذا الأساس نشأت شركات التأمين التعاوني في السودان وغيره، ونجحت في مهامها وأعمالها، بالرغم من وصف القانونيين لها بأنها بدائية. كذلك يجوز التأمين الإجباري أو الإلزامي الذي تفرضه الدولة؛ لأنه بمثابة دفع ضريبة للدولة، كالتأمين المفروض على السيارات ضد الغير. ولا مانع من جواز التأمين الاجتماعي ضد طوارئ العجز والشيخوخة والمرض والبطالة والتقاعد عن العمل الوظيفي، لأن الدولة مطالبة برعاية رعاياها في مثل هذه الأحوال، ولخلوه من الربا، والغرر، والمقامرة. وقد أجاز مؤتمر علماء المسلمين الثاني في القاهرة عام (1385هـ/1965م)، ومؤتمر علماء المسلمين السابع عام (1392هـ/1972م) كلاً من التأمين الاجتماعي والتأمين التعاوني، وهو ما قرره مجمع الفقه الإسلامي في مكة المكرمة عام (1398هـ/1978م)


حاشية البجيرمي على شرح منهج الطلاب - (4 / 248) 


قوله ( ودفع ضرر معصوم ) هل المراد بدفع ضرر من ذكر ما يسد الرمق أم الكفاية قولان أصحهما ثانيهما فيجب في الكسوة ما يستر كل البدن على حسب ما يليق بالحال من شتاء وصيف ويلحق بالطعام والكسوة ما في معناهما كأجرة طبيب وثمن دواء وخادم منقطع كما هو واضح ولا ينافي ما تقرر قولهم لا يلزم المالك بذل طعامه لمضطر إلا ببدله لحمل ذلك على غير غني تلزمه المواساة شحر م ر قوله ( إذا لم يندفع الخ ) يؤخذ منه أنه لو سئل قادر في دفع الضرر لم يجز له الامتناع وإن كان هناك قادر آخر لئلا يؤدي إلى التواكل بخلاف المفتى له الامتناع إذا كان ثم غيره ويفرق بأن النفس جبلت على محبة العلم وإفادته فالتواكل فيه بعيد جدا بخلاف المال شرح م ر


الفقه الإسلامي وأدلته - (5 / 108)


لا شك كما تبين سابقاً في جواز التأمين التعاوني في منظار الفقهاء المسلمين المعاصرين؛ لأنه يدخل في عقود التبرعات، ومن قبيل التعاون المطلوب شرعاً على البر والخير؛ لأن كل مشترك يدفع اشتراكه بطيب نفس، لتخفيف آثار المخاطر وترميم الأضرار التي تصيب أحد المشتركين، أياً كان نوع الضرر، سواء في التأمين على الحياة، أو الحوادث الجسدية، أو على الأشياء بسبب الحريق أو السرقة أو موت الحيوان، أو ضد المسؤولية من حوادث السير، أو حوادث العمل، ولأنه لا يستهدف تحقيق الأرباح. وعلى هذا الأساس نشأت شركات التأمين التعاوني في السودان وغيره، ونجحت في مهامها وأعمالها، بالرغم من وصف القانونيين لها بأنها بدائية. كذلك يجوز التأمين الإجباري أو الإلزامي الذي تفرضه الدولة؛ لأنه بمثابة دفع ضريبة للدولة، كالتأمين المفروض على السيارات ضد الغير. ولا مانع من جواز التأمين الاجتماعي ضد طوارئ العجز والشيخوخة والمرض والبطالة والتقاعد عن العمل الوظيفي، لأن الدولة مطالبة برعاية رعاياها في مثل هذه الأحوال، ولخلوه من الربا، والغرر، والمقامرة. وقد أجاز مؤتمر علماء المسلمين الثاني في القاهرة عام (1385هـ/1965م)، ومؤتمر علماء المسلمين السابع عام (1392هـ/1972م) كلاً من التأمين الاجتماعي والتأمين التعاوني، وهو ما قرره مجمع الفقه الإسلامي في مكة المكرمة عام (1398هـ/1978م).


بغية المسترشدين - (1 / 326) 


(مسألة : ك) : عين السلطان على بعض الرعية شيئاً كل سنة من نحو دراهم يصرفها في المصالح إن أدّوه عن طيب نفس لا خوفاً وحياء من السلطان أو غيره جاز أخذه ، وإلا فهو من أكل أموال الناس بالباطل ، لا يحل له التصرف فيه بوجه من الوجوه ، وإرادة صرفه في المصالح لا تصيره حلالاً.


الأشباه والنظائر للسيوطي - (1 / 121)


القاعدة الخامسة تصرف الإمام على الرعية منوط بالمصلحة هذه القاعدة نص عليها الشافعي وقال منزلة الإمام من الرعية منزلة الولي من اليتيم قلت وأصل ذلك ما أخرجه سعيد بن منصور في سننه قال حدثنا أبو الأحوص عن أبي إسحاق عن البراء بن عازب قال قال عمر رضي الله عنه إني أنزلت نفسي من مال الله بمنزلة والي اليتيم إن إحتجت أخذت منه فاذا أيسرت رددته فان استغنيت استعففت ومن فروع ذلك أنه إذا قسم الزكاة على الأصناف يحرم عليه التفضيل مع تساوي الحاجات ومنها إذا أراد إسقاط بعض الجند من الديوان بسبب جاز وبغير سبب لا يجوز حكاه في الروضة ومنها ما ذكره المارودي أنه لا يجوز لأحد من ولاة الأمور أن ينصب إماما للصلوات فاسقا وإن صححنا الصلاة خلفه لأنها مكروهة وولى الأمر مأمور بمراعات المصلحة ولا مصلحة في حمل الناس على فعل المكروه ومنها أنه إذا تخير في الأسرى بين القتل والرق والمن والفداء لم يكن له ذلك بالتشهي بل بالمصلحة حتى إذا لم يظهر وجه المصلحة يحبسهم الى أن يظهر ومنها أنه ليس له العفو عن القصاص مجانا لأنه خلاف المصلحة بل إن رأى المصلحة في القصاص اقتص أو في الدية أخذها ومنها أنه ليس له أن يزوج إمرأة بغير كفء وإن رضيت لأن حق الكفاءة للمسلمين وهو كالنائب عنهم فلا يقدر على إسقاطه ومنها أنه لا يجيز وصية من لا وارث له بأكثر من الثلث ومنها أنه لا يجوز له أن يقدم في مال بيت المال غير الأحوج على الأحوج. ويجب على الأئمة تفريق مال المصلحة أن يصرفوه في تحصيل أعلاها مصلحة فأعلاها , وفي درء اعظمها مفسدة فأعظمها.


قواعد الأحكام في مصالح الأنام - (2 / 75) 


فصل: في تصرف الولاة ونوابهم يتصرف الولاة ونوابهم بما ذكرنا من التصرفات بما هو الأصلح للمولى عليه درءا للضرر والفساد، وجلبا للنفع والرشاد، ولا يقتصر أحدهم على الصلاح مع القدرة على الأصلح إلا أن يؤدي إلى مشقة شديدة، ولا يتخيرون في التصرف حسب تخيرهم في حقوق أنفسهم مثل أن يبيعوا درهما بدرهم، أو مكيلة زبيب بمثلها لقول الله تعالى: {وَلا تَقْرَبُوا مَالَ الْيَتِيمِ إِلَّا بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ}، وإن كان هذا في حقوق اليتامى فأولى أن يثبت في حقوق عامة المسلمين فيما يتصرف فيه الأئمة من الأموال العامة؛ لأن اعتناء الشرع بالمصالح العامة أوفر وأكثر من اعتنائه بالمصالح الخاصة، وكل تصرف جر فسادا أو دفع صلاحا فهو منهي عنه كإضاعة المال بغير فائدة، وإضرار الأمزجة لغير عائدة، والأكل على الشبع منهي عنه؛ لما فيه من إتلاف الأموال، وإفساد الأمزجة، وقد يؤدي إلى تفويت الأرواح، ولو وقعت مثل قصة الخضر عليه السلام في زماننا هذا لجاز تعييب المال حفظا لأصله ولأوجبت الولاية ذلك في حق المولى عليه حفظا للأكثر بتفويت الأقل فإن الشرع يحصل الأصلح بتفويت المصالح، كما يدرأ الأفسد بارتكاب المفاسد، وما لا فساد فيه ولا صلاح فلا يتصرف فيه الولاة على المولى عليه إذا أمكن الانفكاك عنه.


فتاوالسبكي ى - (1 / 185) 


فصل يجب على السلطان أو نائبه الذي له النظر في ذلك أن يقصد مصلحة عموم المسلمين ومصلحة ذلك المكان والمصالح الأخروية ويقدمها على الدنيوية والمصالح الدنيوية التي لا بد منها وما تدعو إليه من الحاجة والأصلح للناس في دينهم ومهما أمكن حصول المجمع عليه لا يعدل إلى المختلف فيه إلا بقدر الضرورة فإذا تحقق عنده مصلحة خالصة أو راجحة نهى عنها ومتى استوى عنده الأمران أو اشتبه عليه فلا ينبغي له الإقدام بل يتوقف حتى يتبين له ومتى كان شيء مستمر لم يمكن أحدا من تغييره حتى يتبين له وجه يسوغ التغيير ومتى كان شيء من العبادات حرص على تكميله واستمراره وعدم انقطاعه وعدم إحداث بدعة فيه وحفظ انضمامه على ما هو عليه. ومتى كان شيئ من المحرمات إجتهد في إزالته جهده وكذلك المكروهات ومتى كان شيء من المباحات فهو على ما هو عليه من تمكين كل حد منه وعدم منع شيء منه إلا بمستند ويرجع إلى عقله ودينه وما يفهمه من الشرع وممن يثق في دينه ولا يقلد في ذلك من يخشى جهله أو تهوره أو هواه أو دسائس تدخل عليه أو بدعة تخرج في صورة السنة يلبس عليه فيها كما هو دأب المبتدعين وذلك أضر شيء في الدين وقل من يسلم من ذلك فعلى الناظر في ذلك التثبيت وعدم التسرع حتى يتضح بنور اليقين ما ينشرح به صدره ويبين أمره وليس ما فوض إلى الأئمة ليأمروا فيه بشهوتهم أو ببادئ الرأي أو بتقليد ما ينتهي إليهم والسماع من كل أحد وإنما فوض إليهم ليجتهدوا ويفعلوا ما فيه صلاح الرعية بصواب الفعل الصالح وإخلاص الناس وحمل الناس على المنهج القويم والصراط المستقيم وهيهات ينجو رأس برأس فإنه متصرف لغيره مأسور بأسره والله غالب على أمره والله سبحانه وتعالى أعلم انتهى.


Copyright © 2021 IASS


CANGKOK ORGAN DENGAN KULIT TUBUH SEMISAL DARI PANTAT

PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM 1446 H/2024 



‏﷽

۝ إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى

النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا

عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا ۝ ﷺ.


🌹 مشاورتكم مباركة 🌹


☀️CANGKOK ORGAN☀️


📩 SOAL NO 481

💯TANYA MASAIL DINIYYAH 



💦 Deskripsi

Assalamualaikum mohon izin bertanya poro yai dan nyai. 

Ada seorang yang baru saja mengalami kecelakaan dan mengakibatkan kulit bagian pipi sobek lalu saran dokter agar diganti/ditembel  kulitnya dengan kulit tubuh yang lain seperti pantat. 


✳️Pertanyaan

1. Hukum menambal kulit pipi menggunakan kulit aurat?

🌨️Jawaban 🌨️

Hukum merubah bentuk ciptaan Allah sangatlah di larang dalam agama. Lalu transplantasi atau cangkok organ dari bagian tubuhnya sendiri yang termasuk aurot semisal dari bagian pantat karena alasan cacat pasca kecelakaan (robeknya pipi) hukumnya boleh dengan beberapa sarat berikut :

a. Tidak ada pilihan lain selain menggunakan bagian tubuh manusianya. 

b. Bahwa kerugian akibat tidak menanam organ tersebut dengan maksud mempercantik lebih besar daripada kerugian akibat tidak mematuhi larangan. 

c. Dia berpikir kemungkinan besar operasi akan berhasil.

d. Bahwa pemotongan organ tidak boleh mengakibatkan kerugian yang lebih besar, seperti mematahkan atau merusak organ apa pun.

Jikalau salah satu sarat di atas tidak terpenuhi maka hukumnya haram melakukan pemindahan atau transplantasi organ. 


Catatan :

1. Transplantasi organ dari tubuhnya sendiri bisa di perbolehkan dengan keempat sarat di atas jika bertujuan untuk menemukan anggota yang hilang, untuk mengembalikan bentuk atau fungsinya, atau untuk memperbaiki cacat atau menghilangkan cacat yang menyebabkan kerugian psikologis atau fisik pada orang tersebut.

2. Transplantasi organ dari orang lain baik hidup atau sudah mati hukumnya haram, karena termasuk merubah bentuk ciptaan Allah dan merusak kehormatannya jika sudah mati. 


⚜️🌐 ━•⊰Referensi⊱•━⚜️🌐

مجموعة من المؤلفين ,الموسوعة الفقهية الكويتية ,ج ١٢ ص ٩٦ 

وَلاَ يَحِل لِلإِِْنْسَانِ أَنْ يُشَوِّهَ جِسْمَهُ بِإِِتْلاَفِ عُضْوٍ مِنْ أَعْضَائِهِ، أَوْ إِخْرَاجِهِ عَنْ وَضْعِهِ الَّذِي خَلَقَهُ اللَّهُ عَلَيْهِ. كَمَا لاَ يَحِل لَهُ أَنْ يَفْعَل ذَلِكَ بِغَيْرِهِ، إِلاَّ حَيْثُ أَذِنَ اللَّهُ تَعَالَى بِذَلِكَ وَقَدْ نَهَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ النُّهْبَى وَالْمُثْلَةِ. (1) (ر: مُثْلَةٌ) .

كَمَا لاَ يَحِل لَهُ أَنْ يَقْصِدَ تَشْوِيَهُ نَفْسِهِ بِلُبْسِ مَا يَنْفِرُ النَّاسُ مِنْهُ وَيُخْرِجَهُ عَنِ الْمُعْتَادِ (ر: أَلْبِسَةٌ)  


احكام جراحة التجميل في الفقه الإسلامي للدكتور محمد عثمان شبير ص  ٣٩-٤٠

ثانيا : بناء الأعضاء بحيث يستقطع جزء من الآدمي ويزرع في محل العضو المبتور :

إذا تعرض عضو من الأعضاء لبتر نتيجة حادث مروري ، فهل يجوز بناؤه من جديـد ؟ بحيث يستقطع جزء من الآدمي ويزرع في مكان العضو المبتور . ومن الأمثلة على ذلـك بناء الأنف حيث يستخدم في بنائه شرائح جلدية تنقل إلى الأنف إما من الجبهة أو مـن جدار البطن ، ثم تقوى بعظم يؤخذ إما من القفص الصدري أو الحوض .


لم يتعرض الفقهاء لمثل هذه العلميات وإنما عرضوا لحكم بناء الأعضـاء مـن المعـادن كالذهب والفضة ، كما تعرضوا لحكم استقطاع قطعة من الفخذ ليأكلـها المضـطر ، حيث قال النووي : " ولو أراد المضطر أن يقطع قطعة من فخذه أو غيرها ليأكلها ، فإن كان الخوف منه كالخوف في ترك الأكل أو اشد حرم ، وإلا جاز على الأصح بشـرط ألا يجد غيره ، فإن وجد حرم قطعا " .(روضة الطالبين ج ٣ص ٢٨٥) 


فإذا جاز أخذ القطعة من الجسم للأكل ،وهو إتلاف لها بالكلية جاز أخذ الجلدة لزرعها في موضع من جسمه لإزالة شين فاحش ، لا سيما وأن الشين الفاحش في العضو الظاهر كخوف طول المرض كما قال الزركشي.


وينبغي أن يقيد جواز الاستقطاع بقصد الزرع بالقيود التالية :


١ – أن يتعين عليه استعمال ذلك الجزء من الآدمي ، بحيث لا يوجد غيره يقوم مقامه . 

٢ – أن يكون الضرر المترتب على عدم الزرع بقصد التجميل أعظم من الضرر المترتب على عدم مراعاة المحظور 

٣– أن يغلب على ظنه نجاح العملية الجراحية .

٤ – أن لا يترتب على الاستقطاع ضرر أكبر ككسر أية عضو أو تلفه .


وهبة الزحيلي ,الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي ج ٧ ص ٥١٢٤ 

أولاً: يجوز نقل العضو من مكان من جسم الإنسان إلى مكان آخر من جسمه، مع مراعاة التأكد من أن النفع المتوقع من هذه العملية أرجح من الضرر المترتب عليها، وبشرط أن يكون ذلك لإيجاد عضو مفقود أو لإعادة شكله أو وظيفته المعهودة له، أو لإصلاح عيب أو إزالة دمامة تسبب للشخص أذى نفسياً أو عضوياً.

ثانياً: يجوز نقل العضو من جسم إنسان إلى جسم إنسان آخر، إن كان هذا العضو يتجدد تلقائياً، كالدم والجلد، ويراعى في ذلك اشتراط كون الباذل كامل الأهلية، وتحقق الشروط الشرعية المعتبرة.

ثالثاً: تجوز الاستفادة من جزء من العضو الذي استؤصل من الجسم لعلة مرضية لشخص آخر، كأخذ قرنية العين لإنسان ما عند استئصال العين لعلة مرضية.


Catatan 

مناهل العرفان للشيخ فضل بن عبد الرحمن الشافعي ص ٣٧٨

حكم نقل الأعضاء

نقل الأعضاء من جسد حي أو ميت لآخر لا يجوز ؛ لأنّه لم يكن مأذوناً فيه من الشارع ، بل نهى عن التغيير لخلق الله ، فإذا منع الشارع خصاء الآدمي لذلك . . فما بالك بنقل أعضائه من عين وقلب ونحو ذلك وإن كان ميتاً ؟! ففيه هتك لحرمته الواجب علينا صونها. 


وكذلك بيع أعضاء الإنسان فلا يجوز ولا يصح ؛ لأنها غير مملوكة لصاحبها ، بل هي أمانة عنده ، والملك فيها الله سبحانه وتعالى ، والحر غير قابل للبيع لا كلا ولا بعضاً .


نعم ؛ الدم يجوز فيما يظهر لي أخذه من الشخص ونقله إلى آخر إذا لم يكن فيه ضرر على المأخوذ منه ؛ لأنّه كالفضلة ، ولكن لا يصح بيعه ؛ لأنه نجس وغير مملوك ، غير أنه يجوز أخذ عوض عنه كالاختصاص في مقابل رفع اليد عنه ، وكل هذا يؤخذ من كلام الفقهاء وبحوثهم وتعاليلهم ، فلا نطيل بذلك


2. Pipi ditambal dengan kulit pantat, apakah pipi nanti termasuk aurat?


🌨️Jawaban 🌨️

Bagian pipi yang di tambal dengan kulit pantat di anggap aurat dalam masalah wajib menutupinya. 


⚜️🌐 ━•⊰Referensi⊱•━⚜️🌐


الرملي، شمس الدين ,نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج  ج ٢ ص ٧

فَرْعٌ تَعَلَّقَتْ جِلْدَةٌ مِنْ فَوْقِ الْعَوْرَةِ إلَيْهَا أَوْ بِالْعَكْسِ مَعَ الْتِصَاقٍ أَوْ دُونَهُ، فَيَحْتَمِلُ أَنْ يَجْرِيَ فِي وُجُوبِ سِتْرِهَا وَعَدَمِهِ مَا ذَكَرُوهُ فِي وُجُوبِ الْغُسْلِ وَعَدَمِهِ فِيمَا لَوْ تَعَلَّقَتْ جِلْدَةٌ مِنْ مَحِلِّ الْفَرْضِ فِي الْيَدَيْنِ إلَى غَيْرِهِ أَوْ بِالْعَكْسِ.


 الشرقاوى ج ١ ص ١٧٤

قوله ما بين سرته وركبته الى أن قال فلا يجب ستره وكذا لو تعلقت جلدة من غير العورة ووصلت اليها مع الإلتصاق أو دونه بخلاف العكس بأن تعلقت من العورة الى غيرها على ما مر فإنه يجب سترها إعتبارا بالأصل فيهما والفرق بين هذا وبين ما ذكروه فيما لو تعلقت جلدة من الفرض فى اليدين مثلا الى غيره أو بالعكس حيث قالوا بعدم وجوب غسلها فى الأول دون الثاني ان أجزاء العورة لها حكمها فى حرمة النظر وإن انفصلت عن اليدين بالكلية كشعر المحلوق من العانة ولاكذلك المنفصل من محل الفرض 


3. Jika termasuk aurat, bagaimana cara shalatnya?

Matur suwun


🌨️Jawaban 🌨️

Cara sholatnya tetap seperti pada umumnya hanya saja dalam masalah ini ada penambahan wajibnya menutup bagian pipi yang di tambal, dan di saat sujud jika harus memilih sujud atau menutup dengan tangan maka menurut Imam Romli wajib mengedepankan meletakkan tangan  dalam sujud dan wajib meninggalkan menutup Karena pembuat undang-undang yaitu Allah mewajibkannya untuk meletakkan tujuh anggota sujud, dan pada saat itu dia tidak mampu menutupi sedangkan menutupi hanya wajib jika dia mampu. Namun ada yang mengatakan mendahulukan menutup karena terdapat kesepakatan pendapat dari dua Guru besar Imam Nawawi dan Imam Rafi'i. 


⚜️🌐 ━•⊰Referensi⊱•━⚜️🌐


حاشية البجيرمي على الخطيب ٤٥٢/١

ﻭﺇﺫا ﺗﻌﺎﺭﺽ ﻋﻠﻴﻪ اﻟﺴﺠﻮﺩ ﻭاﻟﺴﺘﺮ ﺑﻴﺪﻩ ﻗﻴﻞ ﻳﻘﺪﻡ اﻟﺴﺠﻮﺩ؛ ﻷﻧﻪ ﺭﻛﻦ ﻭاﻟﺴﺘﺮ ﺷﺮﻁ، ﻭﻗﻴﻞ ﻳﻘﺪﻡ اﻟﺴﺘﺮ ﻻﺗﻔﺎﻕ اﻟﺸﻴﺨﻴﻦ ﻋﻠﻴﻪ ﺑﺨﻼﻑ اﻟﺴﺠﻮﺩ؛ ﻷﻥ اﻟﺮاﻓﻌﻲ ﻳﻘﻮﻝ ﺑﻌﺪﻡ ﻭﺟﻮﺏ ﻭﺿﻊ ﻳﺪﻩ ﻓﻲ اﻟﺴﺠﻮﺩ؛ ﻷﻥ اﻟﻮاﺟﺐ ﻋﻨﺪﻩ ﻭﺿﻊ اﻟﺠﺒﻬﺔ ﻓﻘﻂ ﻭﻋﺒﺎﺭﺓ ﻣ ﺩ ﻋﻠﻰ اﻟﺘﺤﺮﻳﺮ، ﻭﺇﺫا ﺗﻌﺎﺭﺽ اﻟﺴﺠﻮﺩ ﻭاﻟﺴﺘﺮ ﻗﺪﻡ اﻟﺴﺠﻮﺩ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﻌﺘﻤﺪ، ﻓﻴﺠﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺿﻊ ﻳﺪﻩ ﻭﻳﺘﺮﻙ اﻟﺴﺘﺮ؛ ﻷﻥ اﻟﺸﺎﺭﻉ ﺃﻭﺟﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺿﻊ اﻷﻋﻀﺎء اﻟﺴﺒﻌﺔ ﻓﺼﺎﺭ ﺣﻴﻨﺌﺬ ﻋﺎﺟﺰا ﻋﻦ اﻟﺴﺘﺮ، ﻭاﻟﺴﺘﺮ ﻻ ﻳﺠﺐ ﺇﻻ ﻋﻨﺪ اﻟﻘﺪﺭﺓ


حاشية الشرواني  ٢ / ١١٥

ﻗ‍‍ﺎ‍ﻝ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻘ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻮ‍ﺑ‍‍ﻲ‍ ‍ﻭ‍ﺑ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻭ‍ﻝ‍ ‍ﺃ‍ﻱ‍ ‍ﺑ‍‍ﺘ‍‍ﻘ‍‍ﺪ‍ﻳ‍‍ﻢ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺘ‍‍ﺮ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻮ‍ﺿ‍‍ﻊ‍ ‍ﻗ‍‍ﺎ‍ﻝ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﻠ‍‍ﻘ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﻲ‍ ‍ﻭ‍ﺗ‍‍ﺒ‍‍ﻌ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺨ‍‍ﻄ‍‍ﻴ‍‍ﺐ‍ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻋ‍‍ﺘ‍‍ﻤ‍‍ﺪ‍ﻩ‍ ‍ﺷ‍‍ﻴ‍‍ﺨ‍‍ﻨ‍‍ﺎ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺰ‍ﻳ‍‍ﺎ‍ﺩ‍ﻱ‍ ‍ﻭ‍ﻗ‍‍ﺎ‍ﻝ‍ ‍ﺷ‍‍ﻴ‍‍ﺨ‍‍ﻨ‍‍ﺎ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺮ‍ﻣ‍‍ﻠ‍‍ﻲ‍ ‍ﺑ‍‍ﻮ‍ﺟ‍‍ﻮ‍ﺏ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻮ‍ﺿ‍‍ﻊ‍ ‍ﺗ‍‍ﺒ‍‍ﻌ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻠ‍‍ﺮ‍ﻭ‍ﻳ‍‍ﺎ‍ﻧ‍‍ﻲ‍ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻋ‍‍ﺘ‍‍ﻤ‍‍ﺪ‍ﻩ‍ ‍ﺳ‍‍ﻢ‍ ‍ﺍ‍ﻩ‍.


‍ﻛ‍‍ﺮ‍ﺩ‍ﻱ‍ ‍ﻋ‍‍ﺒ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﺓ ‍ﺷ‍‍ﻴ‍‍ﺨ‍‍ﻨ‍‍ﺎ ‍ﻭ‍ﻋ‍‍ﻨ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺩ ‍ﻫ‍‍ﻞ‍ ‍ﻳ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﻋ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺩ ‍ﺃ‍ﻭ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺘ‍‍ﺮ ‍ﺭ‍ﺟ‍‍ﺢ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺮ‍ﻣ‍‍ﻠ‍‍ﻲ‍ ‍ﺗ‍‍ﺒ‍‍ﻌ‍‍ﺎ ‍ﻟ‍‍ﻮ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺪ‍ﻩ‍ ‍ﺗ‍‍ﻘ‍‍ﺪ‍ﻳ‍‍ﻢ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺩ ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻥ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺸ‍‍ﺎ‍ﺭ‍ﻉ‍ ‍ﺃ‍ﻭ‍ﺟ‍‍ﺐ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﺿ‍‍ﻊ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻋ‍‍ﻀ‍‍ﺎﺀ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺒ‍‍ﻌ‍‍ﺔ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻓ‍‍ﺼ‍‍ﺎ‍ﺭ ‍ﻋ‍‍ﺎ‍ﺟ‍‍ﺰ‍ﺍ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺘ‍‍ﺮ ‍ﻭ‍ﺭ‍ﺟ‍‍ﺢ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﻠ‍‍ﻘ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﻲ‍ ‍ﺗ‍‍ﻘ‍‍ﺪ‍ﻳ‍‍ﻢ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺘ‍‍ﺮ ‍ﻟ‍‍ﺄ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﻣ‍‍ﺘ‍‍ﻔ‍‍ﻖ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻋ‍‍ﻨ‍‍ﺪ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺸ‍‍ﻴ‍‍ﺨ‍‍ﻴ‍‍ﻦ‍ ‍ﻭ‍ﻭ‍ﺿ‍‍ﻊ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻴ‍‍ﺪ ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺠ‍‍ﻮ‍ﺩ ‍ﻣ‍‍ﺨ‍‍ﺘ‍‍ﻠ‍‍ﻒ‍ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﻣ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﻋ‍‍ﺎ‍ﺓ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺘ‍‍ﻔ‍‍ﻖ‍ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﺃ‍ﻭ‍ﻟ‍‍ﻰ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﻣ‍‍ﺮ‍ﺍ‍ﻋ‍‍ﺎ‍ﺓ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻤ‍‍ﺨ‍‍ﺘ‍‍ﻠ‍‍ﻒ‍ ‍ﻓ‍‍ﻴ‍‍ﻪ‍ ‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﻨ‍‍ﺎ‍ﻙ‍ ‍ﻗ‍‍ﻮ‍ﻝ‍ ‍ﺑ‍‍ﺄ‍ﻧ‍‍ﻪ‍ ‍ﻳ‍‍ﺨ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﺍ‍ﻩ‍. ‍ﻭ‍ﺍ‍ﺳ‍‍ﺘ‍‍ﻘ‍‍ﺮ‍ﺏ‍ ‍ﻉ‍ ‍ﺵ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻗ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻪ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﻠ‍‍ﻘ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﻲ‍ ‍ﻣ‍‍ﻦ‍ ‍ﺗ‍‍ﻘ‍‍ﺪ‍ﻳ‍‍ﻢ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺴ‍‍ﺘ‍‍ﺮ ‍ﻋ‍‍ﻠ‍‍ﻰ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻮ‍ﺿ‍‍ﻊ‍ ‍ﻭ‍ﻓ‍‍ﻲ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﺠ‍‍ﻴ‍‍ﺮ‍ﻣ‍‍ﻲ‍ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺒ‍‍ﺮ‍ﻣ‍‍ﺎ‍ﻭ‍ﻱ‍ ‍ﻗ‍‍ﺎ‍ﻝ‍ ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﻌ‍‍ﻠ‍‍ﺎ‍ﻣ‍‍ﺔ ‍ﺍ‍ﺑ‍‍ﻦ‍ ‍ﺣ‍‍ﺞ‍ ‍ﻭ‍ﺍ‍ﻟ‍‍ﺨ‍‍ﻄ‍‍ﻴ‍‍ﺐ‍ ‍ﻳ‍‍ﺘ‍‍ﺨ‍‍ﻴ‍‍ﺮ ‍ﺑ‍‍ﻴ‍‍ﻨ‍‍ﻬ‍‍ﻤ‍‍ﺎ ‍ﺍ‍ﻩ‍.

‍ﻭ‍ﻫ‍‍ﻮ ‍ﻳ‍‍ﺨ‍‍ﺎ‍ﻟ‍‍ﻒ‍ ‍ﻣ‍‍ﺎ ‍ﻣ‍‍ﺮ ‍ﻋ‍‍ﻦ‍ الكردي عن الخطيب فليراجع.


.╾╌╌─⃟ꦽ⃟𖧷۪۪‌ᰰ᪇ 💫🌱💫᪇𖧷۪۪‌ᰰ⃟ꦽ⃟  ─╌╌╸

Monday, July 8, 2024

SHOLAT JANAZAH PART 21 (MATI HARI JUM'AT)

 BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MU'IN

SHOLAT JANAZAH 

PART 21

MATI HARI JUMAT


[فَائِدَةٌ]: وَرَدَ أَنَّ {مَنْ مَاتَ يَوْمَ الْجُمْعَةِ أَوْ لَيْلَتَهَا أَمِنَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَ فِتْنَتِهِ}. 


(Fā’idah).

 Tersebut dalam hadits bahwa orang yang mati di hari atau malam Jum‘at akan diselamatkan📚 dari siksa dan fitnah qubur. 📝

---------------.

📚  قال في التحفة: وأخذ منه أنه لا يسئل، وإنما يتجه ذلك إن صح عنه - صلى الله عليه وسلم - أو عن صحابي، إذ مثله لا يقال من قبل الرأي.

Dikatakan dalam kitab "Al-Tuhfah": "Diambil darinya bahwa seseorang tidak ditanya, dan hal ini hanya berlaku jika benar dari Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasallam- atau dari sahabat, karena yang semacam itu tidak mungkin diucapkan berdasarkan pendapat pribadi.

ومن ثم قال شيخنا: يسأل من مات برمضان أو ليلة الجمعة - لعموم الأدلة الصحيحة

Oleh karena itu, Syaikh kami berkata: Diberi pertanyasn kubur  kepada orang yang meninggal di bulan Ramadan atau malam Jumat - berdasarkan dalil-dalil yang umum dan sahih.

📝 والفرق بين فتنة القبر وعذابه، أن الأولى تكون بامتحان الميت بالسؤال.

Perbedaan antara fitnah kubur dan azab kubur adalah bahwa yang pertama terjadi dengan ujian kepada mayit melalui pertanyaan."

وأما العذاب فعام يكون ناشئا عن عدم جواب السؤال، ويكون عن غير ذلك

"Adapun azab itu bersifat umum, yang terjadi karena tidak menjawab pertanyaan, dan juga terjadi karena hal lainnya."


Ianah tholibin juz 2 hal 144

Nurul ilmi

-----------------

وَ وَرَدَ أَيْضًا: “مَنْ قَرَأَ قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ، فِيْ مَرَضِ مَوْتِهِ مِائَةَ مَرَّةٍ، لَمْ يُفْتَنْ فِيْ قَبْرِهِ، وَ أَمِنَ مِنْ ضَغْطَةِ الْقَبْرِ، وَ جَاوَزَ الصِّرَاطِ عَلَى أَكُفِّ الْمَلَائِكَةِ”.

 Tersebut juga: Barang siapa membaca surat Ikhlāsh (Qulhu… dan seterusnya) 100 kali ketika sakit yang mengantarkan kematiannya, maka di dalam qubur akan diselamatkan dari fitnah qubur, aman dari cepitan qubur (6⃣1⃣) dan melintasi Shirāt-al-Mustaqīm dalam telapak malaikat.” 📗

 ----------------

(6⃣1⃣).

 أي ضمته للميت، وهي أول ما يلقاه الميت من أهوال القبر، فهي قبل السؤال.

"Cengkeraman kubur, yang merupakan hal pertama yang dihadapi oleh orang yang telah meninggal dari kengerian kubur, sebelum pertanyaan (dari malaikat)."

وقد صرحت الروايات والآثار بأن ضمة القبر عامة، للصالح وغيره.

Cepitan Qubur berlaku bagi siapapun, baik orang shāliḥ ataupun tidak, kecil ataupun dewasa kecuali orang yang membaca seperti di atas.

وقد قال الشهاب ابن حجر: قد جاءت الأحاديث الكثيرة بضمة القبر، وأنه لا ينجو منها صالح ولا غيره،

Dan Al-Syihab Ibnu Hajar berkata: "Telah banyak hadits yang menyebutkan tentang cengkeraman kubur, bahwa tidak ada yang selamat darinya, baik orang saleh maupun yang lainnya. 

 بل أخبر - صلى الله عليه وسلم - في سعد بن معاذ سيد الأوس من الأنصار أنه اهتز لموته عرش الرحمن استبشارا لقدوم روحه، وإعلاما بعظيم مرتبته،

Bahkan Rasulullah ﷺ mengabarkan tentang Sa'ad bin Mu'adz, pemimpin suku Aus dari kaum Anshar, bahwa Arasy Allah bergetar karena kematiannya sebagai tanda kegembiraan menyambut ruhnya dan sebagai pemberitahuan tentang kedudukannya yang agung.

 وأنه لم ينج منها، وأنه شيع جنازته سبعون ألف ملك، وأنه لو كان أحد بنحو منها لنجا منها هذا العبد الصالح.

 Namun, dia pun tidak selamat darinya, meskipun jenazahnya diiringi oleh tujuh puluh ribu malaikat. Andai ada seseorang yang bisa selamat darinya, maka orang saleh ini pasti akan selamat."

ويرده ما ورد في سعد بن معاذ أنه ضغط في قبره ضغطة شديدة بحيث اختلفت أضلاعه فيها، 

Dan diriwayatkan bahwa Sa'ad bin Mu'adz mengalami tekanan yang sangat kuat di kuburnya sehingga tulang-tulang rusuknya saling bersilangan.

وأن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - سئل عن ذلك، فقال إنه كان يقصر في بعض الطهور من البول.

 Rasulullah ﷺ ditanya tentang hal itu, dan beliau menjawab bahwa Sa'ad kurang sempurna dalam bersuci dari air kencing.

لكن ذكر إن فاطمة بنت أسد رضي الله عنها سلمت من هذه الضمة، وأن من قرأ قل هو الله أحد في مرضه الذي يموت فيه كذلك - أي يسلم منها، وكذا الأنبياء.

Namun, disebutkan bahwa Fathimah binti Asad رضي الله عنها selamat dari himpitan tersebut, dan siapa yang membaca surat Al-Ikhlas pada penyakit yang menyebabkan kematiannya juga akan selamat darinya, begitu juga para nabi.

وحكمتها: أن الأرض أمهم، ومنها خلقوا، فغابوا عنها الغيبة الطويلة، فلما ردوا إليها ضمتهم ضمة الوالدة التي غاب ولدها ثم قدم عليها، فمن كان مطيعا لله ضمته برفق ورأفة، ومن كان عاصيا ضمته بعنف سخطا منها لله عليه.

Hikmahnya adalah bahwa tanah adalah ibu mereka, dan dari sanalah mereka diciptakan. Mereka telah lama berpisah darinya, jadi ketika mereka dikembalikan ke sana, tanah itu memeluk mereka seperti seorang ibu yang anaknya lama menghilang kemudian kembali. Maka, siapa yang taat kepada Allah akan dipeluk dengan lembut dan penuh kasih sayang, sedangkan yang durhaka akan dipeluk dengan keras sebagai tanda kemarahan Allah kepadanya.

📗

وحمله الملائكة بأجنحتها حتى يجيزونه من الصراط إلى الجنة.

Dan para malaikat membawanya dengan sayap-sayap mereka hingga melewati shirath (jembatan) menuju surga.


 I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 144 

 Nurul ilmi

------------------

 وَ وَرَدَ أَيْضًا: “مَنْ قَالَ: لَا إِلهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ أَرْبَعِيْنَ مَرَّةً فِيْ مَرَضِهِ فَمَاتَ فِيْهِ، أُعْطِيَ أَجْرَ شَهِيْدٍ، وَ إِنْ بَرِىءَ بَرِىءَ مَغْفُوْرًا لَهُ”. غَفَرَ اللهُ لَنَا، وَ أَعَاذَنَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَ فِتْنَتِهِ.

Tersebut dalam hadits lagi, bahwa barang siapa mau membaca: “Lā Ilāha Illā Anta... dan seterusnya. (Tiada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sungguh kami masuk golongan orang-orang yang zhālim” sebanyak 40 kali di waktu sakit, lalu mati, maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang yang mati syahīd. Kalau ia sembuh, maka diampunilah dosanya. Semoga Allah s.w.t. berkenan mengampuni dosa kita, dan melindungi kita sekalian dari siksa dan fitnah qubur. Amin. (62)

--------------

ما من ميت يقرأ عنده يس إلا هون الله عليه.

Tidak ada seorang pun yang meninggal dunia dan dibacakan surat Yasin di sisinya, kecuali Allah akan mempermudahnya.

ويستحب - إذا احتضر الميت - أن يقرأ عنده أيضا سورة الرعد فإن ذلك يخفف عن الميت سكرة الموت، وإنه أهون لقبضه، وأيسر لشأنه.

Dan disunnahkan – jika seseorang dalam keadaan sakaratul maut – untuk membacakan surat Ar-Ra'd di sisinya karena hal itu akan meringankan penderitaan sakaratul maut, memudahkan pencabutannya, dan memperingan keadaannya.

62). Disunnahkan pula untuk berta‘dziah sebelum lewatnya tiga hari dari kematian mayit. Makrūh hukumnya setelah lewatnya tiga hari.


 I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 144 - 145

Nurul ilmi

-----------------

ALHAMDULILLAH BAB JANAZAH SELESAI.


MOHON DIKOREKSI DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT

Sunday, July 7, 2024

SHOLAT JANAZAH PART 20 ( SUNNAH BACA ALQURAN UNTUK JANAZAH)

 BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MU'IN

SHOLAT JANAZAH 

PART 20

SUNNAH BACA ALQURAN UNTUK JANAZAH


وَ يُسَنُّ كَمَا نَصَّ عَلَيْهِ أَنْ يَقْرَأَ مِنَ الْقُرْآنِ مَا تَيَسَّرَ عَلَى الْقَبْرِ، فَيَدْعُوْ لَهُ مُسْتَقْبِلًا لِلْقِبْلَةِ.


 Sunnah – sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Imām Syāfi‘ī – membaca sebagian al-Qur’ān 1⃣yang terasa mudah di maqām, lalu dengan menghadap qiblat 2⃣ dan berdoa untuk si mayat. 

 ---------------

 

 1⃣ أي لما ورد إن فمن زار قبر والديه أو أحدهما فقرأ عنده يس والقرآن الحكيم، غفر له بعدد ذلك آية أو حرفا.

 

"Telah disebutkan bahwa barangsiapa yang menziarahi makam kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya, kemudian membaca di sisinya surat Yasin dan Al-Qur'an Al-Hakim, maka diampuni baginya sebanyak ayat atau huruf yang dibacanya.


SAMPAINYA PAHALA BACAAN ALQURAN YG DIHADIAHKAN KE MAYIT


وعن الإمام أحمد بن حنبل أنه قال: إذا دخلتم المقابر فاقرأوا بفاتحة الكتاب والإخلاص والمعوذتين، واجعلوا ثواب ذلك لأهل المقابر، فإنه يصل إليهم.


Dan dari Imam Ahmad bin Hanbal bahwa beliau berkata: Jika kalian memasuki kuburan, bacalah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, dan Al-Mu'awwidhatain, dan berikan pahalanya kepada ahli kubur, karena hal itu akan sampai kepada mereka.


فالاختيار أن يقول القارئ بعد فراغه: اللم أوصل ثواب ما قرأته إلى فلان.


"Maka pilihan yang tepat adalah pembaca mengatakan setelah selesai: Ya Allah, sampaikanlah pahala dari apa yang telah aku baca kepada si Fulan.


.(وحكى) بعض أهل العلم أن رجلا رأى في المنام أهل القبور في بعض المقابر قد خرجوا من قبورهم إلى ظاهر المقبرة،  


(DI KISAHKAN) 

oleh beberapa ulama bahwa seorang pria melihat dalam mimpinya ahli kubur di beberapa makam keluar dari kubur mereka ke permukaan pemakaman,


وإذا بهم يلتقطون شيئا ما يدري ما هو.


 Dan mereka tampak mengambil sesuatu yang tidak diketahui apa itu.


قال: فتعجبت من ذلك، ورأيت رجلا منهم جالسا لا يلتقط معهم شيئا، فدنوت منه وسألته: 


Dia berkata: Aku terheran dengan itu, dan aku melihat seorang pria di antara mereka duduk tidak mengambil apapun, maka aku mendekatinya dan bertanya kepadanya:


ما الذي يلتقط هؤلاء؟ فقال يلتقطون ما يهدي إليهم المسلمون من قراءة القرآن والصدقة والدعاء. 


 Apa yang mereka ambil? Dia menjawab: Mereka mengambil apa yang dihadiahkan kepada mereka oleh kaum muslimin berupa bacaan Al-Qur'an, sedekah, dan doa."


فقال: فقلت له: فلم لا تلتقط أنت معهم؟ قال أنا غني عن ذلك.


"Dia berkata: Aku berkata kepadanya: Mengapa kamu tidak mengumpulkan bersama mereka? Dia berkata: Aku tidak membutuhkan itu.Aku bertanya: Apa yang membuatmu tidak membutuhkan itu


فقلت: بأي شئ أنت غني؟ قال بختمة يقرؤها ويهديها إلى كل يوم ولدي يبيع الزلابية في السوق الفلاني.

Aku bertanya: Apa yang membuatmu tidak membutuhkan itu? Dia berkata: Dengan bacaan Al-Quran yang dibaca dan dihadiahkan setiap hari oleh anakku yang menjual zlabia (sejenis makanan manis) di pasar tersebut.


فلما استيقظت ذهبت إلى السوق حيث ذكر، فإذا شاب يبيع الزلابية، ويحرك شفتيه.


Ketika aku bangun, aku pergi ke pasar yang disebutkannya, dan aku melihat seorang pemuda menjual zalabiah, menggerakkan bibirnya."


فقلت: بأي شئ تحرك شفتيك؟ قال أقرأ القرآن وأهديه إلى والدي في قبره.


Maka aku berkata: "Dengan apa engkau menggerakkan bibirmu?" Ia menjawab: "Aku membaca Al-Qur'an dan menghadiahkannya kepada ayahku di kuburnya.


قال: فلبثت مدة من الزمان، ثم رأيت الموتى قد خرجوا من القبور، وإذا بالرجل الذي كان يلتقط صار يلتقط، فاستيقظت وتعجبت من ذلك، ثم ذهبت إلى السوق لا تعرف خبر ولده فوجدته قد مات. 


"Ia berkata: "Kemudian aku tinggal selama beberapa waktu, lalu aku melihat orang-orang mati keluar dari kuburan, dan pria yang dulu mengumpulkan tetap mengumpulkan. Aku terbangun dan heran akan hal itu, lalu aku pergi ke pasar untuk mengetahui berita tentang anaknya, dan aku mendapati bahwa anaknya telah meninggal."


2⃣ وعبارة المغني: وعند الدعاء يستقبل القبلة وإن قال الخراسانيون باستحباب استقبال وجه الميت.

Dan ungkapan Al-Mughni: "Ketika berdoa, seseorang menghadap kiblat, meskipun orang-orang Khurasan mengatakan bahwa disunnahkan untuk menghadap wajah mayit."


Ianah Tholibjin juz 2 hal 143

Nurul ilmi

-----------------


 (وَ سَلَامٌ) لِزَائِرٍ عَلَى أَهْلِ الْمَقَبَرَةِ عُمُوْمًا، ثُمَّ خُصُوْصًا، فَيَقُوْلُ: السَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِيْنَ عِنْدَ أَوَّلِ الْمَقْبَرَةِ. وَ يَقُوْلُ عِنْدَ قَبْرِ أَبِيْهِ مَثَلًا: السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا وَالِدِيْ.

 

 Bagi orang yang berziarah, sunnah mengucapkan salam 3⃣ untuk ahli qubur secara umum, lalu khusus yang dimaksudkan. Yaitu begitu masuk membaca:

  (السَّلَامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِيْنَ )

 dan setelah sampai pada maqām ayahnya misalnya, membaca: 

 (السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا وَالِدِيْ.).

 ----------------

 3⃣أي ويندب سلام لزائر على أهل المقبرة، أي لما روى عن أبي هريرة: قال أبو رزين: يا رسول الله، إن طريقي على الموتى، فهل لي كلام أتكلم به إذا مررت عليهم؟ قال: قل السلام عليكم يا أهل القبور من المسلمين والمؤمنين.


"Disunnahkan bagi pengunjung untuk mengucapkan salam kepada penghuni kubur, berdasarkan riwayat dari Abu Hurairah: Abu Ruzain berkata: 'Wahai Rasulullah, jalan saya melewati orang-orang yang telah mati, apakah ada ucapan yang bisa saya ucapkan ketika melewati mereka?' Nabi bersabda: 'Ucapkanlah,

SALAM KUBUR

 السلام عليكم يا أهل القبور من المسلمين والمؤمنين.وأنتم لنا سلف، ونحن لكم تبع، وإنا شاء الله بكم لاحقون.

 "Salam sejahtera atas kalian, wahai penghuni kubur dari kalangan muslimin dan mukminin.

Kalian adalah pendahulu kami, dan kami adalah pengikut kalian, dan insya Allah kami akan menyusul kalian."


قال أبو رزين: هل يسمعون؟ قال: يسمعون ولا يستطيعون أن يجيبوا - أي جوابا يسمعه الحي -.


'Abu Ruzain bertanya: 'Apakah mereka mendengar?' Nabi menjawab: 'Mereka mendengar, tetapi tidak mampu menjawab - yakni jawaban yang bisa didengar oleh orang hidup.


وقال: يا أبا رزين: ألا ترضى أن ترد عليك بعددهم الملائكة؟.

'Nabi juga berkata: 'Wahai Abu Ruzain, tidakkah engkau senang bahwa malaikat akan membalas salam tersebut sebanyak jumlah mereka?'"


Ianah Tholibjin juz 2 hal 143

Nurul ilmi

------------------


 فَإِنْ أَرَادَ الْاِقْتِصَارَ عَلَى أَحَدِهِمَا أَتَى بِالثَّانِيَةِ، لِأَنَّهُ أَخَصَّ بِمَقْصُوْدِهِ، وَ ذلِكَ لِخَبَرِ مُسْلِمٍ: “أَنَّهُ قَالَ:

 

 السَّلَامُ عَلَيْكُم دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنِيْنَ، وَ إِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَاحِقُوْنَ”. 

 

وَ الْاِسْتِثْنَاءُ لِلتَّبَرُّكِ، أَوْ لِلدَّفْنِ بِتِلْكَ الْبُقْعَةِ، أَوْ لِلْمَوْتِ عَلَى الْإِسْلَامِ.


 Apabila ingin mencukupkan dengan salah satunya, maka yang dibaca adalah kalimat yang kedua tersebut, karena salām tersebut lebih khusus pada tujuannya. Hal itu berdasarkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imām Muslim, bahwa Nabi s.a.w. berucap: “As-Salāmu ‘alaikum 4⃣– dan seterusnya – “Semoga keselamatan buat kalian semua, wahai kaum mu’min. Dan in syā’ Allāh, kami semua akan menyusul kalian”. Istisnā’ (ucapan in syā’ Allāh) di sini bertujuan mencari berkah atau dimaqāmkan di tempat itu atau mati dalam keadaan Islam.

 -----------------

 4⃣وأخرج ابن أبي شيبة عن الحسن قال: من دخل المقابر فقال: 

اللَّهُمَّ رَبَّ الْأَجْسَادِ الْبَالِيَةِ، وَالْعِظَامِ النَّخِرَةِ الَّتِي خَرَجَتْ مِنَ الدُّنْيَا وَهِيَ بِكَ مُؤْمِنَةٌ، أَدْخِلْ عَلَيْهَا  رَوْحًا  مِنْ عِنْدِكَ، وَسَلَامًا مِنِّي.

 يَسْتَغْفِرُ لَهُ كُلُّ مُؤْمِنٍ مُذْ خَلَقَ اللَّهُ آدَمَ.

 

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dari Al-Hasan bahwa dia berkata: "Barangsiapa yang masuk ke pemakaman kemudian berkata: 'Ya Allah, Tuhan dari jasad-jasad yang telah hancur dan tulang-belulang yang telah rapuh, yang keluar dari dunia ini dalam keadaan beriman kepada-Mu, masukkanlah kepada mereka kegembiraan dari sisi-Mu dan salam dariku,' 

maka setiap orang yang beriman sejak Allah menciptakan Adam akan memohonkan ampun untuknya.


وأخرجه ابن أبي الدنيا بلفظ.

كتب الله له بعدد من مات من لدن آدم إلى أن تقوم الساعة حسنات.


"Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Dunya dengan lafaz: "Allah akan mencatat baginya pahala sebanyak orang yang mati sejak zaman Adam hingga hari kiamat.


وأخرج البيهقي عن بشير بن منصور قال: كان رجل يختلف إلى الجبانة فيشهد الصلاة على الجنائز، فإذا أمسى وقف على باب المقابر فقال: آنس الله وحشتكم، ورحم الله غربتكم، وتجاوز الله عن سيئاتكم، وقبل الله حسناتكم - لا يزيد على هؤلاء الكلمات -.


"Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dari Basyir bin Manshur bahwa dia berkata: "Ada seorang lelaki yang sering pergi ke kuburan dan menyaksikan shalat jenazah, dan ketika malam tiba, dia berdiri di pintu pemakaman dan berkata: 


آنَسَ اللهُ وَحْشَتَكُمْ، وَرَحِمَ اللهُ غُرْبَتَكُمْ، وَتَجَاوَزَ اللهُ عَنْ سَيِّئَاتِكُمْ، وَقَبِلَ اللهُ حَسَنَاتِكُمْ.


'Semoga Allah menghibur kesepian kalian, merahmati keterasingan kalian, mengampuni dosa-dosa kalian, dan menerima kebaikan-kebaikan kalian,' - tidak lebih dari kata-kata ini.


قال ذلك الرجل: فأمسيت ذات ليلة فانصرفت إلى أهلي ولم آت المقابر، فبينما أنا نائم إذا أنا بخلق كثير جاؤني، قلت: من أنتم؟ وما حاجتكم؟ قالوا: نحن أهل المقابر.


"Lelaki itu berkata: "Suatu malam aku pulang ke keluargaku tanpa pergi ke pemakaman. Ketika aku tidur, aku bermimpi didatangi oleh banyak makhluk. Aku berkata: 'Siapa kalian? Dan apa yang kalian inginkan?' Mereka menjawab: 'Kami adalah penghuni kuburan.


وقد عودتنا منك هدية عند انصرافك إلى أهلك.


 Kami telah terbiasa menerima hadiah dari Anda ketika Anda pulang ke keluarga Anda.'

 

قلت: وما هي؟ قالوا: الدعوات التي كنت تدعو بها.

قلت: فأنا أعود لذلك.

Aku bertanya: 'Apa itu?' Mereka menjawab: 'Doa-doa yang biasa Anda panjatkan.' Aku berkata: 'Aku akan kembali melakukannya.'"


Ianah tholibin juz 2 hal 143 

Nurul ilmi

-----------------


MOHON DIKOREKSI DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT

Saturday, July 6, 2024

Puasa Akhir Dzulhijjah (Akhir Tahun)

 Kantor MTS Al hikmah 2 SIRAMPOG 


Bismillah

Puasa Akhir Dzulhijjah (Akhir Tahun)

Oleh : kiayi ma'ruf Khozin


Perdebatan di akhir kalender Hijriyah adalah isu puasa Akhir Tahun Hijriyah. Ada yang semangat menjalankan dan menyebarkan anjuran puasa ini. 


Akhirnya kita malah diserang tuduhan menyebarkan hadis palsu. Insyaallah dalam tulisan ini saya kutipkan beberapa pendapat ulama tentang hadis puasa akhir tahun dan solusinya, bagi yang berkenan mengamalkan.


1. Hadis Puasa Akhir Tahun


Hadis tentang anjuran puasa akhir tahun ini dimasukkan dalam daftar hadis palsu oleh Ibnu Al-Jauzi. Beliau mengarang kitab Al-Maudluat yang isinya kumpulan hadis palsu versi beliau. Lalu dicounter oleh Imam As-Suyuthi dengan mengeluarkan ratusan hadis yang dianggap palsu sehingga hanya berstatus dlaif. Sementara hadis puasa akhir Dzulhijjah dikomentari oleh Imam As-Suyuthi dalam Al-Laali Al-Mashnuah:


(ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ) ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻧﺎﺻﺮ ﺃﻧﺒﺄﻧﺎ ﺃﺑﻮ ﻋﻠﻲ اﻟﺤﺴﻴﻦ ﺑﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺣﺪﺛﻨﺎ اﺑﻦ ﺃﺑﻲ اﻟﻔﻮاﺭﺱ ﺃﻧﺒﺄﻧﺎ ﻋﻤﺮ ﺑﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺷﺎﻫﻴﻦ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺷﺎﺫاﻥ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ اﻟﻬﺮﻭﻱ ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻭﻫﺐ ﺑﻦ ﻭﻫﺐ ﻋﻦ اﺑﻦ ﺟﺮﻳﺞ ﻋﻦ ﻋﻄﺎء ﻋﻦ اﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﻣﺮﻓﻮﻋﺎ: ﻣﻦ ﺻﺎﻡ ﺁﺧﺮ ﻳﻮﻡ ﻣﻦ ﺫﻱ اﻟﺤﺠﺔ ﻭﺃﻭﻝ ﻳﻮﻡ ﻣﻦ اﻟﻤﺤﺮﻡ ﻓﻘﺪ ﺧﺘﻢ اﻟﺴﻨﺔ اﻟﻤﺎﺿﻴﺔ ﻭاﻓﺘﺘﺢ اﻟﺴﻨﺔ اﻟﻤﺴﺘﻘﺒﻠﻴﺔ ﺑﺼﻮﻡ ﺟﻌﻞ اﻟﻠﻪ ﻟﻪ ﻛﻔﺎﺭﺓ ﺧﻤﺴﻴﻦ ﺳﻨﺔ: اﻟﻬﺮﻭﻱ ﻫﻮ اﻟﺠﻮﻳﺒﺎﺭﻱ ﻭﻭﻫﺐ ﻛﺬاﺑﺎﻥ.


"Barang siapa puasa di akhir hari Dzulhijjah dan hari pertama Muharram, maka sempurnalah setahun lalu dan dia memulai tahun yang akan datang dengan puasa, Allah menjadikan baginya tebusan 50 tahun". Di dalam sanadnya terdapat Al-Harawi, dia adalah Al-Juwaibari, dan Wahb. Keduanya adalah pendusta.


2. Solusi Bagi Yang Akan Berpuasa Di Akhir Bulan Dzulhijjah Dan Awal Muharam


عن ﻣﻌﺎﻭﻳﺔ ﻗﺎﻝ: ﺳﻤﻌﺖ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻮﻝ: «ﺻﻮﻣﻮا اﻟﺸﻬﺮ ﻭﺳﺮﻩ»


Muawiyah mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Berpuasa di awal bulan dan akhir bulan" (HR Abu Dawud dan Baihaqi)


Makna 'Sarra' yang di dalam riwayat lain berbunyi 'Sarar' memang banyak pendapat dari para ulama ahli hadis. Namun terjemahan saya di atas berdasarkan Syarah hadis dari Syekh Syamsul Haq:


ﻭاﻟﻤﺮاﺩ ﺻﻮﻣﻮا ﺃﻭﻝ ﻛﻞ ﺷﻬﺮ ﻭﺁﺧﺮﻩ ﻭاﻟﻤﻘﺼﻮﺩ ﺑﻴﺎﻥ اﻹﺑﺎﺣﺔ اﻧﺘﻬﻰ


"Yang dimaksud hadis adalah 'Berpuasalah di awal bulan dan akhir bulan'. Tujuannya adalah menjelaskan hukum boleh" (Aun Al-Ma'bud Syarah Sunan Abi Dawud 6/324)


Status hadis ini nyaris tidak disinggung oleh Abu Dawud. Namun bagi Syekh Albani saya temukan dua penilaian yang berbeda. Di kitab Sunan Abi Dawud beliau mengatakan dlaif. Dan dalam kitab Al-Jami' Ash-Shaghir dinyatakan hadis Hasan. Penilaian kontradiktif seperti akan sering anda jumpai dalam kitab-kitab Syekh Albani.


Jika ada yang mempermasalahkan kedlaifannya, maka sampaikan kepada mereka hadis sahih yang membolehkan berpuasa sunah di awal dan akhir bulan, yaitu:


ﻋﻦ ﻣﻌﺎﺫﺓ ﻗﺎﻟﺖ: ﺳﺄﻟﺖ ﻋﺎﺋﺸﺔ: ﺃﻛﺎﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺼﻮﻡ ﻣﻦ اﻟﺸﻬﺮ ﺃﻭ ﻣﻦ ﻛﻞ ﺷﻬﺮ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻳﺎﻡ؟ ﻗﺎﻟﺖ: «ﻧﻌﻢ» ﻗﺎﻟﺖ: ﻣﻦ ﺃﻳﻪ؟ ﻗﺎﻟﺖ: «ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻳﺒﺎﻟﻲ ﻣﻦ ﺃﻳﻪ ﺻﺎﻡ»


Dari Muadzah bahwa ia bertanya kepada Aisyah: "Apakah Rasulullah shalallahu alaihi wasallam berpuasa 3 hari setiap bulan?" Aisyah menjawab: "Ya". Ia bertanya: "Kapan puasa Nabi?" Aisyah menjawab: "Nabi tidak memperdulikan kapan saja beliau puasa" (HR Ibnu Hibban)


Hadis ini dijelaskan oleh Imam Ibnu Hibban dengan menulis tema bab di depan:


ﺑﺎﺏ ﺫﻛﺮ اﻟﺪﻟﻴﻞ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﺻﻮﻡ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﻣﻦ ﻛﻞ ﺷﻬﺮ ﻳﻘﻮﻡ ﻣﻘﺎﻡ ﺻﻴﺎﻡ اﻟﺪﻫﺮ، ﻛﺎﻥ ﺻﻮﻡ اﻟﺜﻼﺛﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﻣﻦ ﺃﻭﻝ اﻟﺸﻬﺮ، ﺃﻭ ﻣﻦ ﻭﺳﻄﻪ، ﺃﻭ ﻣﻦ ﺁﺧﺮﻩ


Bab tentang dalil bahwa puasa 3 hari tiap bulan seperti puasa setahun. Puasa 3 hari ini bisa di awal bulan, pertengahan bulan atau akhir bulan


Kesimpulan:


Bagi umat Islam yang ingin menjalankan puasa Sunnah di akhir Dzulhijjah dan awal Muharam diperbolehkan dengan dalil-dalil riwayat Abu Dawud dan Ibnu Hibban. Namun jangan bertujuan mengamalkan hadis yang telah dinilai sebagai hadis palsu oleh Ibnu Al-Jauzi dan Imam As-Suyuthi.


Wallahu alam

Penetapan Kalender Hijriyah


Penetapan Kalender Hijriyah.


• Kalender Islam dihitung sejak Nabi dan para Sahabatnya berhijrah dari Makkah ke Yatsrib (Madinah).


• Ada empat usulan untuk ditetapkannya permulaan kalender Islam, yaitu:


1. Sejak dari lahirnya Nabi.

2. Sejak diutusnya beliau.

3. Sejak Hijrahnya beliau

4. Sejah wafatnya beliau.


• Bulan Muharrom dijadikan bulan pertama kalender hijriyah karena rencana untuk berhijrah terjadi pada bulan Muharrom, meski pun hijrah dilakukan pada bulan Robi'ul Awal.


Referensi: Fathul Bari, Imam Ibnu Hajar Al-Asqolani, Maktabah Syamilah.


وَقَدْ أَبْدَى بَعْضُهُمْ لِلْبُدَاءَةِ بِالْهِجْرَةِ مُنَاسَبَةً فَقَالَ كَانَتِ الْقَضَايَا الَّتِي اتُّفِقَتْ لَهُ وَيُمْكِنُ أَنْ يُؤَرَّخَ بِهَا أَرْبَعَةً مَوْلِدُهُ وَمَبْعَثُهُ وَهِجْرَتُهُ وَوَفَاتُهُ 


Sebagian Sahabat mengindaksikan cocoknya dihitung dari permulaan hijrah. Mereka berkata, "Usulan yang disepakati untuk dijadikan permulaan tahun ada empat, yaitu dari sejak kelahiran Nabi, diutusnya Nabi menjadi seorang Nabi, sejak hijrahnya Nabi dan sejak wafatnya Nabi."


فَرَجَحَ عِنْدَهُمْ جَعْلُهَا مِنَ الْهِجْرَةِلِأَنَّ الْمَوْلِدَ وَالْمَبْعَثَ لَا يَخْلُو وَاحِدٌ مِنْهُمَا مِنَ النِّزَاعِ فِي تَعْيِينِ السَّنَةِ وَأَمَّا وَقْتُ الْوَفَاةِ فَأَعْرَضُوا عَنْهُ لِمَا تُوُقِّعَ بِذِكْرِهِ مِنَ الْأَسَفِ عَلَيْهِ فَانْحَصَرَ فِي الْهِجْرَةِ 


Para Sahabat mengunggulkan menjadikan hijrah sebagai permulaan kalender Islam, sebab baik kelahiran atau pun diutusnya Nabi tidak ada satu pun keduanya yang tidak ditentang untuk penentuan tahun. Sedangkan wafatnya Nabi, mereka sama berpaling dari usulan tersebut dikarenakan akan membuat mereka dan Umat muslim terpuruk kesedihan mengingat Nabi yang telah wafat. Maka diputuskanlah sejak mulai hijrah. 


[ابن حجر العسقلاني ,فتح الباري لابن حجر ,7/268]


Nabi dan para Sahabatnya hijrah dari Makkah ke Yatsrib pada bulan Robi'ul Awal. Lalu kenapa yang dijadikan permulaan bulan dalam kalender Hijriyah adalah bulan Muharrom?


Alasasannya adalah:


وَإِنَّمَا أَخَّرُوهُ مِنْ رَبِيعٍ الْأَوَّلِ إِلَى الْمُحَرَّمِ لِأَنَّ ابْتِدَاءَ الْعَزْمِ عَلَى الْهِجْرَةِ كَانَ فِي الْمُحَرَّمِ إِذِ الْبَيْعَةُ وَقَعَتْ فِي أَثْنَاءِ ذِي الْحِجَّةِ وَهِيَ مُقَدِّمَةُ الْهِجْرَةِ فَكَانَ أَوَّلُ هِلَالٍ اسْتَهَلَّ بَعْدَ الْبَيْعَةِ وَالْعَزْمِ عَلَى الْهِجْرَةِ هِلَالُ الْمُحَرَّمِ فَنَاسَبَ أَنْ يُجْعَلَ مُبْتَدَأً


Para sahabat mengakhirkan awal tahun Hijriyah dari bulan Robiul Awal ke Muharrom karena awal rencana berhijrah adalah pada bulan Muharrom, sebab baiat terjadi pada bulan Dzulhijjah yang merupakan awal dari hijrah, maka bulan pertama yang digunakan setelah ikrar dan tekad untuk hijrah adalah bulan Muharram, maka sudah sepatutnya untuk memulainya.” 


 

[ابن حجر العسقلاني ,فتح الباري لابن حجر ,7/268]


Wallohu A'lamu Bisshowaab.


Copas kyai Nur fuad

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes