BREAKING NEWS

Watsapp

Sunday, August 11, 2024

Hukum melaksanakan sholat Jum’at di sekolah atau perkantoran

 *Hukum melaksanakan sholat Jum’at di sekolah atau perkantoran*


Jawaban : Tidak sah, jika siswa dari penduduk setempat (mustauthin) kurang dari 40 orang. Namun menurut madzhab Hanafiah, sholat jumatnya sah karena menurut mereka, mustauthin tidak menjadi syarat sahnya sholat jumat. 


referensi:


بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : ١٣٣مكتبة دار الفكر

( مَسْأَلَةٌ ج ) اَلْمَذْهَبُ عَدَمُ صِحَّةِ الْجُمُعَةِ بِمَنْ لَمْ يَكْمُلْ فِيْهِمْ اَلْعَدَدُ وَاخْتَارَ بَعْضُ اْلأَصْحَابِ جَوَازَها بِأَقَلَّ مِنْ أَرْبَعِيْنَ تَقْلِيْداً لِلْقَائِلِ بِه وَالْخِلاَفُ فِيْ ذَلِكَ مُنْتَشِرٌ قَالَ ابْنُ حَجَرٍ الْعَسْقَلاَنِيُّ وَجُمْلَةُ مَا لِلْعُلَمَاءِ فِيْ ذَلِكَ خَمْسَةَ عَشَرَ قَوْلاً بِوَاحِدٍ نَقَلَهُ ابْنُ حَزْمٍ اِثْنَانِ كَالْجَمَاعَةِ قَالَهُ اَلنَّخَعِيُّ وَأَهْلُ الظَّاهِرِ ثَلاَثَةٌ قَالَهُ أَبُوْ يُوْسُفَ وَمُحَمَّدً وَحُكِيَ عَنِ اْلأَوْزَاعِيِّ وَأَبِيْ نَصْرٍ أَرْبَعَةٌ قَالَهُ أَبُوْ حَنِيْفَةَ وَحُكِيَ عَنِ اْلأَوْزَاعِيِّ أَيْضاً وَأَبِيْ ثَوْرٍ وَاخْتَارَهُ اَلْمُزَنِيُّ وَحَكَاهُ عَنِ الثَّوْريِّ وَاللَّيْثِ وَإِلَيْهِ مَالَ أَكْثَرُ أَصْحَابِنَا فَإِنَّهُمْ كَثِيْراً مَايَقُوْلُوْنَ بِتَقْلِيْدِ أَبِي حَنِيْفَةَ فَي هَذِهِ الْمَسْأَلَةِ قَالَ اَلسُّيُوْطِيُّ وَهُوَ اِخْتِيَّارِيْ إِذْ هُوَ قَوْلُ الشَّافِعِيِّ قَامَ اَلدَّلِيْلُ عَلَى تَرْجِيْحِهِ عَلَى اْلقَوْلِ اَلثَّانِيْ سَبْعَةً حُكِيَ عَنْ عِكْرِمَة تِسْعَةٌ عَنْ رُبَيْعَة اِثْنَا عَشَرَ عَنِ الْمُتَوَلِّي وَالْمَاوَرْدِيِّ وَالزُّهْرِيِّ وَمُحَمَّدِ بْنِ الْحَسَنِ ثَلاَثةَ عَشَرَ عَنْ إِسْحَاق عِشْرُوْنَ عَنْ مَالِك ثَلاَثُوْنَ رِوَايَةٌ عَنْ مَالِك أَيْضاً أَرْبَعُوْنَ بِاْلإِمَامِ وَهُوَ الصَّحِيْحُ مِنْ مَذْهَبِ الشَّافِعِيِّ أَرْبَعُوْنَ غَيْرَ اْلإِمَامِ رُوِيَ عَنِ الشَّافِعِي أَيْضاً وَبِهِ قَالَ عُمَرُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيْزِ خَمْسُوْنَ قَالَهُ أَحْمَدُ ثَمَانُوْنَ حَكَاهُ الْمَاوَرْدِيُّ جَمْعٌ كَثِيْرُوْنَ بِغَيْرِ قَيْدٍ وَهُوَ الْمَشْهُوْرُ مِنْ مَذْهَبِ مَاِلكٍ أَنَّهُ لاَ يُشْتَرَطُ عَدَدٌ مُعًيَّنٌ بَلِ الشَّرْطُ جَمَاعَةٌ تَسْكُنُ بِهِمْ قَرْيَةٌ وَيَقَعُ بَيْنَهُمُ الْبَيْعُ وَلاَ تَنْعَقِدُ بِالثَّلاَثَةِ وَلَعَلَّ هَذَا هُوَ أَرْجَحُ الْمَذَاهِبِ مِنْ حَيْثُ الدَّلِيْلِ وَاعْلَمْ أَنَّ السُّيُوْطِيَّ وَغَيْرَهُ مِنَ الْعُلَمَاءِ قَالُوْا لَمْ يَثْبُتْ فِي الْجُمُعَةِ شَيْءٌ مِنَ اْلأَحَادِيْثِ بِتَعْيِيْنِ عَدَدٍ مَخْصُوْصٍ وَإِذَا كَانَ اْلأَمْرُ كَذَلِكَ مَعَ إِجْمَاعِ اْلأُمَّةِ عَلَى أَنَّ الْجُمُعَةِ مِنْ فُرُوْضِ اْلأَعيَانِ فَالَّذِيْ يَظْهُرُ وَنَخْتَارُ أَنَّهُ مَتَى اجْتَمَعَ فِي قَرْيَةٍ عَدَدٌ نَاقِصٌ وَلَمْ يُمْكِنْهُمُ الذِّهَابُ إِلَى مَحَلِّ الْكَامِلِةِ أَوْ أَمْكَنَهُمْ بِمَشَقَّةٍ وَجَبَ عَلَيْهِمْ فِي اْلأُوْلَى وَجَازَ فِي الثَّانِيَّةِ أَنْ يُقِيْمُوْا بِمَحَلِّهِمْ الْجُمُعَةِ وَقَدِ اخْتَارَ هَذَا وَعَمَلَ بِهِ الْعَلاَّمَةُ أَحْمَدُ بْنُ زَيْدٍ الْحَبَشِيِّ نَعَمْ إِنْ أَمْكَنَ فِعْلُهَا آخِرَ الْوَقْتِ بِاْلأَرْبَعِيْنَ بِحَيْثُ يَسَعُ الْخُطْبَةَ وَالصَّلاَةَ وَجَبَ اْلتَّأْخِيْرُ لَكِنْ يَجِبُ عَلَى ذِيْ القُدْرِةِ زَجْرُهُمْ عَنِ تَأْخِيْرِهَا إِلَى هَذَا الْحَدِّ كَمَا يَجِبُ عَنْ تَعْطِيْلِهَا وَتَعْزِيْرِهِمْ بِنَحْوِ حَبْسٍ وَضَرْبٍ إِذِ التَّأْخِيْرُ الْمَذْكُوْرُ مُشْعِرٌ بِتَسَاهُلِهِمْ بِأُمُوْرِ الدِّيْنِ بَلْ مُؤَدٍّ إِلَى خُرُوْجِ الْوَقْتِ اهـ وَفِيْ ك مِثْلُهُ فِي تَعَدُّدِ اْلأَقْوَالِ إِلاَّ اْلأَوَّلَ فَإِنَّهُ قَالَ اخْتَلَفَ الْعُلَمَاءُ فِي الْعَدَدِ عَلَى أَرْبَعَةَ عَشَرَ قَوْلاً بَعْدَ إِجْمَاعِهِمْ عَلَى أَنَّهْ لاَ بُدَّ مِنْ عَدَدٍ وَهُوَ اِثْنَانِ إِلَى آخ…


شرح الياقوت النفيس ص : ٢٣٥

تجب الجمعة علي كل بالغ عاقل مستوطن صحيح حرّ ذكر ,  فمن تجمعت فيه هـذه الشروط وجبت عليه وتصح منه وتنعقد به , ومعني ( وتنعقد به) اي انه يحسب من الاربعين .وهـناك فرق بين مستوطن ومقيم : فالمستوطن : هـوالذي يعتبر البلد الذي هو فيه وطنه, لايسافر منها لاصيفا ولاشتاء الا لحاجة, دائم الاقامة بها, ولم يحدث نفسه بفرقها امّاالمقيم : فهوالذي نزل بها ولم ينوي الاستيطان كطالب العلم او التاجر .    فمن نزل ببلد واقام فيها اربعة ايّام فأكثر – غيريومي الدخول والخروج – وجبت عليه الجمعة, ولاتنعقد به .وكنّا نستشكل ذلك باالنسبة للمقيمين بجدّة, تجد كثيرا من المساجد مليئة بالمقيمين يوم الجمعة, وليس بينهم من المستوطنين الّا قلة, فروجعت المسألة, ووجدنا بعض الاقوال القويّة الّتي تقول بإنعقد الجمعة بالمقيمين, وهـذه الاقوال تحمل الناس اليوم .وجاء في (المهذب) : ( وهل تنعقد بمقيمن غير مستوطنين ؟ فيه وجهاني : قال ابو علي ابن ابي هريرة : تنعقد بهم, لانّهم تلزمهم الجمعة, فانعقدت بهم كالمستوطنين, وقال ابو اسحاق : لاتنعقد, لان النبي ص.م. خرج الي عرفات, وكان معه اهل مكة, وهم في ذلك الموقع مقيمون غيرمستوطنين, فلوانعقدت بهم الجمعة . . لأقامها ) اهـ


قرة العين بفتاوى إسماعيل الزين صحـ : ٨١

( سُؤَالٌ ) هَلْ يَجُوْزُ أَنْ يُكَمَّلَ اَلْمُجْمِعُوْنَ أَرْبَعِيْنَ بِالطَّالِبِ اَلْمُتَفَقِّهِ أَيْ وَهُوَ مُقِيْمٌ فِى غَيْرِ بَلَدَتِهِ عِنْدَ إِمَامِنَا الشَّافِعِيِّ أَوْلاَ ( اَلْجَوَابُ ) لاَ يَجُوْزُ أَنْ يُكَمَّلَ بِهِ عَدَدُ اْلأَرْبَعِيْنَ لِكَوْنِ شَرْطِ اْلأَرْبَعِيْنَ أَنْ يَكُوْنُوْا كُلُّهُمْ مُسْتَوْطِنِيْنَ فَلاَ يَكُمَّلُوْنَ بِالْمُقِيْمِيْنَ اَلَّذِيْنَ يَنْوُوْنَ اَلرُّجُوْعَ إِلَى أَوْطَانِهِمْ وَإنْ كَانَتِ الْجُمُعَةُ تَجِبُ عَلَى اَلْمُقِيْمِيْنَ اَلْمَذْكُوْرِيْنَ لَكِنَّهَا لاَ تَنْعَقِدُ بِهِمْ وَاللهُ أَعْلَمُ وَهَذَا مَا ذَهَبَ اِلَيْهِ جُمْهُوْرُ الْفُقَهَاءِ مِنَ الْمَالِكِيَّةِ وَالشَّافِعِيَّةِ وَالْحَنَابِلَةِ وَذَهَبَ اْلأَحْنَافُ إلَى صِحَّةِ إِقَامَةِ الْجُمُعَةِ بِالْمُقِيْمِيْنَ اَلْمُسَافِرِيْنَ ِلأَنَّ اْلإسْتِيْطَانَ لَيْسَ شَرْطًا عِنْدَهُمْ وَاَللهُ أَعْلَمُ اهـ


الموسوعة الفقهية (٢/٥.٨٧، بترقيم الشاملة آليا)

ثانياً : أحكام السّفر لغير التّخفيف  أ – حكم انعقاد الجمعة بالمسافرذهب جمهور الفقهاء – المالكيّة والشّافعيّة والحنابلة – إلى أنّ من شروط صحّة صلاة الجمعة الاستيطان ، فلا تصحّ الجمعة بالمسافر ولا تنعقد به ، أي لا يكمل به نصابها.وذهب الحنفيّة إلى انعقاد الجمعة بالمسافر.وتفصيل ذلك في مصطلح ‘ صلاة الجمعة ‘.


تحفة المحتاج في شرح المنهاج (٨/١٨٦)

( مستوطنا ) بمحل إقامتها فلا تنعقد بمن يلزمه حضورها من غير المستوطنين لأنه صلى الله عليه وسلم لم يقم الجمعة بعرفة في حجة الوداع مع عزمه على الإقامة أياما وفيه نظر فإنه كان مسافرا إذ لم يقم بمحل أربعة أيام صحاح وعرفة لا أبنية بها فليست دار إقامة إلا أن يجاب بأنه لا مانع أن يكون عدم فعله الجمعة لأسباب منها عدم أبنية ومستوطن ثم ومر أول باب صلاة المسافر أن من توطن خارج السور لا تنعقد به الجمعة داخله وعكسه ؛ لأنه أعنى السور يجعلهما كبلدتين منفصلتين وأفتى شارح فيمن لزمته ففاتته وأمكنه إدراكها في بلده لجواز تعددها فيه أو في بلد أخرى بأنها تلزمه ولم تجزئه الظهر ما دام قادرا عليها ، ثم انتهى وما قاله في بلده واضح وفي غيرها إنما يتجه إن سمع النداء منها ؛ لأن غايته أنه بعد يأسه من الجمعة ببلده كمن لا جمعة ببلده وهو إنما يلزمه بغيرها إن سمع نداءها بشروطه والمستوطن هنا هو من .


الفقه الإسلامي وأدلته (٢/٤٣٤)

 الجماعة:الجماعة شرط، لما رواه أبو داود: «الجمعة حق واجب على كل مسلم في جماعة..» وانعقد الإجماع على ذلك. وأقل الجماعة عند أبي حنيفة ومحمد في الأصح: ثلاثة رجال سوى الإمام، ولو كانوا مسافرين أو مرضى؛ لأن أقل الجمع الصحيح إنما هو الثلاث، والجماعة شرط مستقل في الجمعة، لقوله تعالى: {فاسعوا إلى ذكر الله } [الجمعة:9/٦٢] والجمعة مشتقة من الجماعة، ولا بد لهم من مذكر وهو الخطيب. فإن تركوا الإمام أو نفروا بعد التحريمة قبل السجود، فسدت الجمعة، وصليت الظهر. وإن عادوا وأدركوا الإمام راكعاً، أو بقي ثلاثة رجال يصلون مع الإمام. أو نفروا بعد الخطبة وصلى الإمام بآخرين، صحت الجمعة، فوجود الجماعة: شرط انعقاد الأداء، لا شرط دوام وبقاء إلى آخر الصلاة، ولا يتحقق الأداء إلا بوجود تمام الأركان وهي القيام والقراءة والركوع والسجود، فلو نفروا بعد التحريمة قبل السجود فسدت الجمعة، ويستقبل


المجمع شرح المهذب  الجزء:۵   ص:٤۷۵

قال المصنف – رحم الله تعالى – : ولاتصح الجمعة إلا بأربعين نفسا . لما روى جابر – رضى الله عنه – قال (مضت السنة أن في كل سلاسة إماما, وفي كل اربعين فما فوق ذلك جمعة وأضحى وفطرا ) ومن شرط العدد أن يكونوا رجالا أحرارا عقلاء مقيمين في الموضع , فأما النساء والعبيد والمسافرون فلاتنعقد بهم الجمعة . لأنه لاتجب عليهم الجمعة, فلا تنعقد بهم كالصبيان, وهل تنعقد بمقيمين غير مستوطنين ؟ فيه وجهان : قال أبو علي بن أبو هريرة : تنعقد بهم . لأنه تلزمهم الجمعة فانعقدت بهم كالمستوطنين. قال أبوإسحاق : لاتنعقد بهم لأن النبي صلى الله عليه وسلم خرج إلى عرفات وكان معه أهل مكة , وهم في ذلك الموضع مقيمون غير مستوطنين . فلو انعقدت بهم الجمعة لأقامها.

Friday, August 9, 2024

STATUS HUKUM KESUCIAN AIR DALAM EMBER YANG DIALIRI AIR KERAN

 


*5488. STATUS HUKUM KESUCIAN AIR DALAM EMBER YANG DIALIRI AIR KERAN*


PERTANYAAN :


Assalamu’alaikum. Para yai, Maaf sebelumnya kalau kurang sopan, karena belum juga dapat pencerahan. Saya ingin menanyakan masalah air, ketika kita wudu di ember yang mana ember tersebut menjadi bak untuk air yang selalu mengocor dari keran, ketika kita wudu dengan langsung mencemplungkan tangan dan kaki kita ke ember apakah kedudukan air menjadi musta'mal ? Sedangkan air terus mengalir keember tersebut Terimakasih sebelumnya pak yai, kalo boleh pingin dikasih referensinya [Gus Zein].


JAWABAN :


Wa’alaikumussalaam warahmatullaah wabarakaatuh. Musyawirin di grup Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah - KTB (PISS-KTB) berhasil mencapai kesepakatan dengan beberapa tafshil yakni :


A. Menurut pendapat jumhur ulama Syafi’iyyah :


1. Jika air yang mengalir sedikit (kurang dari dua kullah) maka air sedikit yang di bawahnya (dalam hal ini air di ember) tetap dihukumi sebagai rookid artinya tetap dihukumi sebagai air sedikit yang diam, walaupun airnya meluber, dan bisa menjadi najis / musta’mal dengan sebab kemasukan najis atau dipakai bersuci dengan syarat syaratnya sesuai syarat syarat air sedikit menjadi najis / musta’mal.


2. Air sungai yang mengalir sedang (tidak kencang) hukumnya sama dengan rookid , dan mengikuti hukum asalnya baik itu sedikit maupun banyak, jika sedikit mengikuti hukum air sedikit, jika banyak mengikuti hukum air banyak.


3. Jika air yang mengalir banyak (lebih dari dua kullah) maka yang dialirinya bisa dihukumi sebagai jaari baik itu sedikit atau banyak, sesuai syarat syarat jaari yakni air yang masuk bisa menghanyutkan / menggantikan air yang di dalam, dan hanya bisa menjadi najis jika salah satu atau lebih dari tiga sifat air itu berubah.


B. Menurut pendapat Al-Ghozali tidak najis dan musta'mal secara mutlak, baik aliran airnya lemah atau kuat


C. Pendapat dalam qaul qodim menyatakan air yang mengalir tidak bisa najis kecuali berubah.


E. Dihukumi suci. Pendapat ini didukung oleh kalangan banyak ulama' diataranya Imam Al-Haromain dan pengarang kitab At-Tahdzib.


REFERENSI :


روضة الطالبين ج ١ ص ٢٦ ـ ٢٧


فصل في الماء الجاري


هو ضربان: ماء الأنهار المعتدلة، وماء [الأنهار] العظيمة، أما الأول: فالنجاسة الواقعة فيه مائعة وجامدة، والمائعة: مغيرة وغيرها. فالمغيرة: تنجس المتغير. وحكم غيره معه كحكمه مع النجاسة الجامدة. وغير المغيرة: إن كان عدم التغير للموافقة في الأوصاف، فحكمه ما سبق في الراكد. إن كان لقلة النجاسة وامحاقها فيه، فظاهر المذهب، وقول الجمهور: أنه كالراكد. وإن كان قليلا ينجس. وإن كان كثيرا فلا. وقال الغزالي: هو طاهر مطلقا، وفي القديم: لا ينجس الجاري إلا بالتغير


قلت: واختار جماعة الطهارة، منهم إمام الحرمين، وصاحب (التهذيب) . والله أعلم. 


وأما النجاسة الجامدة، كالميتة، فإن غيرت الماء، نجسته، وإن لم تغيره، فتارة تقف، وتارة تجري مع الماء، فإن جرت جرية، فما قبلها وما بعدها طاهران. وما على يمينها وشمالها وفوقها وتحتها، إن كان قليلا، فنجس، وإن كان قلتين، فقيل: طاهر، وقيل: على قولي التباعد


وإن وقفت النجاسة، وجرى الماء عليها، فحكمه حكم الجارية، ويزيد هاهنا أن الجاري على النجاسة وهو قليل، ينجس بملاقاتها، ولا يجوز استعماله إلا أن يجتمع في موضع قلتان منه، وفيه وجه أنه إذا تباعد واغترف من موضع بينه وبين النجاسة قلتان، جاز استعماله، والصحيح الأول. وعليه يقال: ماء هو ألف قلة، نجس بلا تغير، فهذه صورته. 


أما النهر العظيم، فلا يجتنب فيه شيء، ولا حريم النجاسة، ولا يجيء فيه الخلاف في التباعد عما حوالي النجاسة. وفيه وجه شاذ أنه يجزئ، ووجه أنه يجب اجتناب الحريم خاصة، وبه قطع الغزالي، وطرده في حريم الراكد أيضا.


والمذهب: القطع بأنه لا يجب اجتناب الحريم في الجاري، ولا في الراكد. ثم العظيم: ما أمكن التباعد فيه عن جوانب النجاسة كلها بقلتين. والمعتدل: ما لا يمكن ذلك فيه. ومن المعتدل: النهر الذي بين حافتيه قلتان فقط.


وقال إمام الحرمين: المعتدل: ما يمكن تغيره بالنجاسات المعتادة. والعظيم: ما لا يمكن تغيره بها. وأما الحريم: فما ينسب إلى النجاسة  بتحريكه إياها، وانعطافه عليها، والتفافه بها.


محل الشاهد : 


فظاهر المذهب، وقول الجمهور: أنه كالراكد. وإن كان قليلا ينجس. وإن كان كثيرا فلا. وقال الغزالي: هو طاهر مطلقا، وفي القديم: لا ينجس الجاري إلا بالتغير. قلت: واختار جماعة الطهارة، منهم إمام الحرمين، وصاحب (التهذيب) . والله أعلم.


أسنى المطالب في شرح روض الطالب ج ١ ص ١٧ 


وَلَوْ كَانَ فِي، وَسَطِ النَّهْرِ حُفْرَةٌ قَالَ صَاحِبُ التَّقْرِيبِ نَقْلًا عَنْ النَّصِّ لَهَا حُكْمُ الرَّاكِدِ، وَإِنْ جَرَى الْمَاءُ فَوْقَهَا قَالَ الْغَزَالِيُّ، وَالْوَجْهُ أَنْ يُقَالَ إنْ كَانَ الْجَارِي يَغْلِبُ مَاءَهَا، وَيُبَدِّلُهُ فَلَهُ حُكْمُ الْجَارِي أَيْضًا، وَإِنْ كَانَ يَلْبَثُ فِيهَا قَلِيلًا ثُمَّ يُزَايِلُهَا فَلَهُ فِي وَقْتِ اللُّبْثِ حُكْمُ الرَّاكِدِ، وَكَذَا إنْ كَانَ لَا يَلْبَثُ، وَلَكِنْ تَتَثَاقَلُ حَرَكَتُهُ فَلَهُ فِي وَقْتِ التَّثَاقُلِ حُكْمُ الْمَاءِ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ ارْتِفَاعٌ. 


Wallaahu A‘lam. [ Mujaawib: Sae Nopo Sae, Fakhrur Rozy Akhid, Abdur Rofik Maksudi, أحمد علوى, Abdul Qodir Shodiqi, DLL]. 


Baca juga artikel terkait : 1384. HUKUM AIR YANG TERKENA PERCIKAN AIR MUSTA'MAL


Link Diskusi : 


web.fb.com/groups/piss.ktb/1904349879587811


www.fb.com/notes/1977333588956106


____________

Dari Aplikasi: Ustadz MenjawabAndroid

Download: 

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.zam.webpissktb

Thursday, August 8, 2024

TERJEMAH KITAB NIHAYATUZZAEN BAB SHOLAT (PART 5)

TERJEMAH KITAB NIHAYATUZZAEN

BAB SHOLAT 

PART 5



وَمِنْهَا فَاقِد الطهُورَيْنِ إِذا صلى لحُرْمَة الْوَقْت , ثمَّ وجد خَارج الْوَقْت تُرَابا لَا يسْقط بِهِ الْفَرْض , 


✅"Di antara BEBERAPA MASALAH ( yang tidak di haruskan segera qodlo sholat) adalah 

🔷orang yang tidak memiliki dua alat bersuci ( AIR DAN DEBU ) yang telah shalat karena menghormati waktu (لحرمة الوقت), kemudian menemukan DEBU di luar waktu sholatnya, maka hal itu tidak menggugurkan kewajibannya SHOLAT ( wajib QODLO ).


 كَأَن كَانَ بِمحل يغلب فِيهِ وجود المَاء فَلَا يقْضِي بِهِ إِذْ لَا فَائِدَة فِيهِ. 


 Misalnya, jika ia ( فاقد الطهورين ) berada di tempat yang biasanya tersedia air, maka ia tidak harus SEGERA MENGQODLO SHOLAT dengan MENEMUKAN AIR karena tidak ada faidahnya"

 

 👉WAJIB MENDAHULUKAN SHOLAT ADA AN, dari pada sholat QODLO karena menemukan alat sesuci { air }diluar waktu sholat.👈


وَمِنْهَا مَا إِذا وجد غريقا يجب إنقاذه فَيحرم اشْتِغَاله بِالْقضَاءِ ,ۢ ويبادر بفائت اسْتِحْبَابا مسارعة لبراءة ذمَّته إِن فَاتَ بِعُذْر ,


✅"Di antara BEBERAPA MASALAH ( yang tidak di haruskan segera qodlo sholat) adalah :

🔷 jika ia menemukan seseorang yang tenggelam dan maka wajib menyelamatkan orang tenggelam terlebih dulu, maka HARAM baginya untuk sibuk dengan SEGERA MENGQODLO SHOLAT. { 𝑞𝑜𝑑𝑙𝑜𝑛𝑦𝑎 𝑠𝑒𝑡𝑒𝑙𝑎ℎ 𝑚𝑒𝑛𝑜𝑙𝑜𝑛𝑔 𝑜𝑟𝑎𝑛𝑔 𝑡𝑒𝑛𝑔𝑔𝑒𝑙𝑎𝑚 }


ويبادر بفائت اسْتِحْبَابا مسارعة لبراءة ذمَّته إِن فَاتَ بِعُذْر ,


Ia harus segera menunaikan shalat yang terlewat sebagai ANJURAN /SUNNAH untuk membebaskan kewajibannya jika shalat tersebut terlewat karena UDZUR.


TERMASUK UDZUR SHOLAT ADALAH TIDUR 


فَإِن وجوب قَضَائِهِ على التَّرَاخِي والعذر كنوم لم يَتَعَدَّ بِهِ, بِأَن كَانَ قبل دُخُول الْوَقْت أَو فِيهِ ووثق بيقظته قبل خُرُوجه بِحَيْثُ يدْرك الصَّلَاة فِيهِ,


 Maka sesungguhnya kewajiban qadha shalatnya boleh di UNDUR ( tidak harus segera ), dan karena UDZUR seperti TIDUR yang TIDAK SEMBRONO / yang tidak dibuat buat 

 seperti :

 🔷TIDUR sebelum masuknya waktu sholat.

 🔷 atau tidur didalam waktu sholat dan ia yakin akan bangun sebelum waktu shalat berakhir sehingga ia dapat menunaikan shalat dalam waktu tersebut,"


  فَإِن كَانَ مُتَعَدِّيا بِهِ : كَأَن نَام بعد دُخُوله وَلم يَثِق بيقظته فِيهِ وَجب الْقَضَاء فَوْرًا ,

  

"Maka jika TIDURNYA TIDUR SEMBRONO seperti :

🔷 Tidur setelah masuk waktu shalat dan tidak yakin akan bangun tepat waktu, maka wajib untuk mengqadha shalat tersebut DENGAN SEGERA.

----------------

👉Jika seseorang tidur dengan melampaui batasan yang dibenarkan (muta'addi), misalnya setelah memasuki waktu shalat dan dia tidur tanpa memastikan bahwa dia akan bangun tepat waktu untuk melaksanakan shalat, maka dalam hal ini, dia wajib mengqadha (mengganti) shalat yang terlewat segera setelah dia bangun.👈

----------------


 وَحَيْثُ لم يكن مُتَعَدِّيا بِالنَّوْمِ واستيقظ من نَومه وَقد بَقِي من وَقت الْفَرِيضَة مَا لَا يسع إِلَّا الْوضُوء أَو بعضه فَحكمه حكم مَا فَاتَهُ بِعُذْر فَلَا يجب قَضَاؤُهَا فَوْرًا.

  

Namun jika ia TIDAK SEMBRONO DENGAN TIDUR , dan terbangun dari tidurnya ,dan tersisa waktu untuk shalat yang tidak cukup untuk melakukan seluruh wudhu atau sebagian wudhu, maka hukum shalatnya seperti hukum yang tertinggal karena UDZUR. Dalam hal ini, tidak wajib untuk mengqadha shalat tersebut segera."


TERMASUK UDZUR SHOLAT


وَمن الْأَعْذَار نِسْيَان لم ينشأ عَن تَقْصِير, فَإِن كَانَ عَن تَقْصِير كاشتغال بلعب فَلَيْسَ عذرا.  


"Di antara UDZUR adalah 

🔷LUPA yang tidak disebabkan oleh kelalaian. Namun, jika LUPA tersebut disebabkan oleh kelalaian seperti terlalu sibuk bermain, maka itu BUKANLAH UDZUR.


واشتغال بِمَا يلْزمه تَقْدِيمه على الصَّلَاة كدفع صائل , وتقضي الْجُمُعَة ظهرا


TERMASUK UDZUR adalah 

🔷 jika seseorang sibuk dengan sesuatu yang seharusnya didahulukan sebelum shalat, seperti menghadapi ancaman orang berbuat jahat atau ,

 melakukan shalat Jumat yang harus diganti /DIQODLO dengan shalat Dzuhur,


والله اعلم بالصواب


MOHON DIKOREKSI DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT

Wednesday, August 7, 2024

HUKUM MENGUBAH NAMA KETIKA AKAD NIKAH

 HUKUM MENGUBAH NAMA KETIKA AKAD NIKAH

 



JAWABAN :

Hukumnya sah, mengubah nama sewaktu menikah. Kalau diberi isyaroh atau diniati bahwa anda akan dinikahkan dengan wanita ini, meskipun namanya dirubah maka sah saja.


*بغية المسترشدين ص ٢٠٠*

(مسألة: ش): غيرت اسمها ونسبها عند استئذانها في النكاح فزوّجها القاضي بذلك الاسم، ثم ظهر أن اسمها ونسبها غير ما ذكرته، فإن أشار إليها حال العقد بأن قال: زوّجتك هذه أو نوياها به صح النكاح سواء كان تغيير الاسم عمداً أو سهواً منه أو منها، إذ المدار على قصد الولي ولو قاضياً والزوج كما لو قال: زوّجتك هنداً ونويا دعداً عملا بنيتهما


Masalah :Ada seorang wanita dirubah namanya dan nasabnya dengan seizin wanita tersebut ketika menikah, lalu qodli menikahkan dia dengan nama itu, kemudian ketahuan bahwa nama dan nasabnya lain.

Jawab : Jika qodli memberi isyarah (dengan menunjuk, dsb) ketika aqad nikah, seperti : "Aku nikahkan kamu dengan wanita ini" , atau jika calon suami dan qodli melaksanakan akad nikah dengan diniati kepada wanita tersebut maka sah nikahnya, baik itu dengan sengaja ataupun tidak dalam merubah nama. Karena yang dihitung mempengaruhi sah ataupun tidaknya nikah adalah maksud dari zauj dan wali (walaupun itu qodli), seperti halnya aeorang wali / qodli berkata : "Aku nikahkan kamu dengan Hindun" namun wali berniat Da'dun maka yang sah adalah pernikahannya dengan Da'dun karena sesuai dengan niatnya wali dan zauj.


*اعانة الطالبين ج ٣ ص ٢٨٠ - ٢٨١*

قوله: وتعيين) بالرفع عطف على خلو، أي وشرط تعيين للزوجة بما يذكره حاصل من وليها (قوله: فزوجتك إحدى بناتي باطل) أي ما لم ينويا معينة، وإلا فلا يبطل، لما تقدم أن الكناية في المعقود عليه تصح (قوله: ولو مع الاشارة) أي للبنات اللاتي المزوجة إحداهن، بأن قال زوجتك إحدى بناتي هؤلاء أو إحدى هؤلاء البنات فإنه باطل للجهل يعين المزوجة، لا للمزوجة التي هي إحدى البنات، وإلا لنافى قوله بعد ويكفي التعيين بوصف أو إشارة. تأمل (قوله: ويكفي التعيين بوصف) ليس المراد به الوصف الاصطلاحي، وهو ما دل على معنى وذات: كقائم وضارب، بل المراد به المعنى القائم بغيره، سواء دل على ذات قائم بها ذلك المعنى أم لا، فهو أعم من الاصطلاحي (قوله: كزوجتك بنتي) تمثيل للتعيين بالوصف، ومثله الذي بعده (قوله: وليس له غيرها) قيد لا بد منه، فلو كان له بنت غيرها لا يكون قوله بنتي تعيينا فيكون باطلا (قوله: أو التي في الدار) أي أو قال زوجتك التي في الدار. وقوله وليس فيه، أي في الدار غيرها أي غير بنته، وهو قيد أيضا. فلو كان في الدار بنت أخرى غير بنته وقال زوجتك التي في الدار لا يكون تعيينا فيكون باطلا للابهام (قوله: أو هذه) أي أو قال زوجتك هذه وهي حاضرة (قوله: وإن سماها) أي المعينة بما ذكر، وهو غاية للاكتفاء بالتعيين بما ذكر: أي يكفي التعيين بما ذكر وإن سماها بغير اسمها، كأن قال زوجتك بنتي مريم والحال أن اسمها خديجة، أو قال زوجتك عائشة التي في الدار والحال أن اسمها فاطمة، أو قال زوجتك فاطمة هذه والحال أن اسمها زينب مثلا. وإنما اكتفى بالتعيين بما ذكر مع تغيير الاسم لان كلا من البنتية والكينونة في الدار في المثالين الاولين وصف مميز، فاعتبر ولغا الاسم، ولان العبرة بالاشارة في الثالث، لا بالاسم، فكان كالعدم (قوله: بخلاف زوجتك فاطمة) أي بخلاف التعيين بالاسم فقط: كزوجتك فاطمة من غير أن تقول بنتي، فلا يكفي لكثرة الفواطم، وإن كان هذا الاسم هو اسمها في الواقع. وقوله إلا إن نوياها، أي نوى العاقدان بفاطمة بنته فيكفي عملا بما نوياه.

Sunday, August 4, 2024

TERJEMAH FATHUL MUIN ( SHIFAT SHOLAT )

BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MUIN

SHIFAT SHOLAT



𝕡𝕒𝕣𝕥   1⃣


(فَصْلٌ): فِيْ صِفَةِ الصَّلَاةِ


TENTANG SHIFAT ( CARA ) SHALAT✅

---------------------

 ✅المراد بالصفة: الكيفية.

 

Yang dimaksud dengan sifat adalah bagaimana caranya. 


وهي تنقسم إلى واجب ومندوب


Dan sifat ini terbagi menjadi wajib dan sunnah.


والأول لا يخلو إما أن يكون داخلا في الماهية ويسمى ركنا، أو خارجا عنها ويسمى شرطا.


🔷Yang pertama (WAJIB) perkara tidak lepas dari dua kemungkinan:

ada kalanya termasuk dalam hakikat (esensi) sholat dan disebut RUKUN, atau berada di luar hakikat sholat dan disebut SYARAT.


والثاني لا يخلو إما أن يجبر بالسجود ويسمى بعضا، أو لا ويسمى هيئة.


🔷Yang kedua (SUNNAH) juga tidak lepas dari dua kemungkinan: apakah bisa diperbaiki  dengan sujud sahwi dan disebut sebagai  SUNNAH AB'AD, atau tidak bisa diperbaiki dengan sujud sahwi dan disebut sebagai SUNNAH HAIAT.


وشبهت الصلاة بالإنسان، فالركن كرأسه، والشرط كحياته، والبعض كأعضائه، والهيئات كشعره.


"Dan shalat diibaratkan seperti manusia; 

🔸RUKUN RUKUNNYA  seperti kepalanya, 

🔸SYARAT SYARATNYA seperti kehidupannya,

 🔸SUNNAH AB' AD seperti anggota tubuhnya, dan

 🔸 SUNNAH HAIAT seperti rambutnya."


IANATUTHOLIBIN JUZ 1  HAL 126

NURUL ILMI

--------------------




(أَرْكَانُ الصَّلَاةِ) أَيْ فُرُوْضُهَا: أَرْبَعَةُ عَشَرَ، بِجَعْلِ الطُّمَأْنِيْنَةِ فِيْ مَحَالِّهَا رُكْنًا وَاحِدًا.


(Rukun-rukun shalat)📝 yakni kefardhuannya ada 14 dengan menjadikan tuma’nīnah sebagai satu rukun di dalamanya (11).

-----------------

📝أي أجزاؤها التي تتركب منها حقيقتها.


"Bagian-bagiannya  shalat yang tersusun dan sebagai hakikatnya sholat.


وقوله: أي فروضها أفاد به أن الأركان والفروض بمعنى واحد، وإنما عبر هنا بالأركان وفي الوضوء بالفروض إشارة إلى أنه لا يجوز تفريق أفعال الصلاة، بخلاف الوضوء


".Dan perkataan mushonif:

 yaitu kewajiban-kewajibannya menunjukkan bahwa rukun-rukun ( اركان ) dan kewajiban-kewajiban ( فروض ) itu bermakna satu { sama }, hanya saja di sini ( sholat ) disebutkan sebagai rukun-rukun ( اركان )dan dalam wudhu disebutkan sebagai kewajiban-kewajiban ( فروض ), menunjukkan bahwa tidak boleh memisahkan tindakan-tindakan shalat, berbeda dengan wudhu."

 

 والأركان المذكورة ثلاثة أقسام: قلبي: وهو النية.

 

RUKUN RUKUN tersebut terbagi menjadi tiga bagian : 

🔸1 . QOLBIY { di dalam hati } : 

Yaitu NIYAT

وقولي: وهو خمسة: التكبير،

والفاتحة، والتشهد، والصلاة على النبي - صلى الله عليه وسلم - بعده، والسلام.


🔸 2 . QOULIY { terucap } : ada lima :

Yaitu  BACA FATIHAH,  BACA  TSYAHUD, BACA SHOLAWAT KEPADA NABI MUHAMMAD SAW setelah tasyahud, dan SALAM.


وفعلي: وهو سبعة: القيام، والركوع، والاعتدال، والسجود، والجلوس بين السجدتين، والجلوس في التشهد الأخير، والترتيب.


🔸 3 . FI,LIY { Tindakan } : ada tujuh :

Yaitu : BERDIRI, RUKU' , I 'TIDAL, SUJUD, DUDUK diantara dua sujud, DUDUK TASYAHUD AKHIR, TARTIB.


(قوله: أحدها) أي أحد الأركان.


نية، لأنها واجبة في بعض الصلاة.


وهو أولها، لا في جميعها.


فكانت ركنا كالتكبير والركوع.


وقيل: هي شرط، لأنها عبارة عن قصد فعل الصلاة، فتكون خارج الصلاة.


IANATUTHOLIBIN JUZ 1  HAL 126

NURUL ILMI

----------------



1⃣ أَحَدُهَا: (نِيَّةٌ) وَ هِيَ الْقَصْدُ بِالْقَلْبِ، لِخَبَرِ: “إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ”. 


Yang pertama dari RUKUN RUKN sholat adalah (niat). Niat adalah menyengaja dalam hati. 📚Dasar dari niat ini adalah hadits Nabi: Sahnya dari amal perbuatan hanyalah dari niatnya. 

--------------------

📚 🔸هذا معنى النية لغة،

🔸 أما شرعا فهو قصد الشئ مقترنا بفعله، أي قصد الشئ الذي يريد فعله حال كون ذلك القصد مقترنا بفعل ذلك الشئ.


🔸Ini adalah makna niat secara bahasa,

🔸 sedangkan secara syar'i, niat adalah bermaksud melakukan sesuatu bersamaan dengan pelaksanaannya, yaitu bermaksud melakukan sesuatu yang ingin dilakukan dengan maksud tersebut bersamaan dengan pelaksanaannya.



IANATUTHOLIBIN JUZ 1  HAL 126

NURUL ILMI

--------------------------


(فَيَجِبُ فِيْهَا) أَيِ النِّيَّةِ (قَصْدُ فِعْلِهَا) أَيِ الصَّلَاةِ، لِتَتَمَيَّزُ عَنْ بَقِيَّةِ الْأَفْعَالِ (وَ تَعْيِيْنُهَا) مِنْ ظُهْرٍ أَوْ غَيْرِهَا، لِتَتَمَيَّزَ عَنْ غَيْرِهَا،


(Wajib di dalam niat untuk menyengaja melaksanakan shalat) 📌 supaya shalat menjadi berbeda dengan pekerjaan yang lain (dan wajib untuk menentukannya) dari shalat Zhuhur, atau selainnya agar shalat Zhuhur berbeda dari shalat lainnya, 

------------------

📌اعلم أن الصلاة على ثلاثة أقسام: فرض، ونفل مقيد بوقت أو سبب، ونفل مطلق وما ألحق به مما يندرج في غيره.


Ketahuilah, bahwa shalat terbagi menjadi tiga jenis:

🔸1.  shalat wajib, 

🔸2 . shalat sunnah yang terikat dengan waktu atau sebab, dan

🔸3 .  shalat sunnah mutlak serta yang termasuk dalam jenis lainnya.


فالأول يشترط فيه ثلاثة أمور: نية الفعل، والتعيين صبحا أو غيره، ونية الفرضية.


Yang pertama  { SHOLAT WAJIB }mensyaratkan tiga hal: 

🔷niat melakukan, 

🔷menentukan waktu seperti subuh atau lainnya, dan

 🔷niat kewajiban / Fardlu.


CONTOH

اصلی فرض الصبح


والثاني يشترط فيه اثنان: نية الفعل، والتعيين، والثالث يشرط فيه واحد: وهو قصد الفعل.


Dan yang kedua { SHOLAT SUNNAH MUQOYTAD } mensyaratkan dua hal: 🔷niat melakukan dan

🔷 menentukan waktu. 


Sedangkan yang ketiga { SHOLAT SUNNAH MUTLAQ } mensyaratkan satu hal: 

🔷yaitu niat melakukan.


IANATUTHOLIBIN JUZ 1  HAL 126 - 127

NURUL ILMI

--------------------------


 فَلَا يَكْفِيْ نِيَّةُ فَرْضِ الْوَقْتِ. 

 

 maka tidaklah cukup berniat fardhu dengan waktu yang mutlak



(وَ لَوْ) كَانَتِ الصَّلَاةُ الْمَفْعُوْلَةُ (نَفْلًا) غَيْرَ مُطْلَقٍ، كَالرَّوَاتِبِ وَ السُّنَنِ الْمُؤَقَّتَةِ أَوْ ذَاتِ السَّبَبِ، فَيَجِبُ فِيْهَا التَّعْيِيْنُ بِالْإِضَافَةِ إِلَى مَا يُعَيِّنُهَا كَسُنَّةِ الظُّهْرِ الْقَبْلِيَّةِ أَوِ الْبَعْدِيَّةِ، وَ إِنْ لَمْ يُؤَخِّرِ الْقَبْلِيَّةَ. 


 (walaupun) shalat yang dikerjakan (adalah shalat sunnah) selain shalat mutlak seperti shalat rawātib📗, shalat sunnah yang memiliki waktu atau sebab, 📒maka wajib untuk menentukan shalat itu dengan menyandarkan, pada hal yang dapat menentukan seperti sunnah Zhuhur qabliyyah atau ba‘diyyah – walaupun sunnah qabliyyah  tidak diakhirkan dari fardhunya . 

 ------------------

📗المراد بها سنن الصلوات الخمس، القبلية والبعدية المؤكدة وغير المؤكدة.


"Yang dimaksud adalah sunah-sunah shalat lima waktu, baik sunah sebelum maupun sesudahnya, yang muakkad (ditekankan) dan yang ghairu muakkad (tidak ditekankan)."


📒أي أو السنن ذات السبب كالكسوفين والاستسقاء.

Sholat sunnah yang punya sebab seperti sholat gerhana matahari dan gerhana bulan dan istisqo,


قال في النهاية: ويسنثنى من ذي السبب تحية المسجد، وركعتا الوضوء والإحرام والاستخارة والطواف، وصلاة الحاجة، وسنة الزوال، وصلاة الغفلة بين المغرب والعشاء، والصلاة في بيته إذا أراد الخروج للسفر، والمسافر إذا نزل منزلا وأراد مفارقته، لحصول المقصود بكل صلاة.


"Dikecualikan dari sholat yang mempunyai sebab adalah shalat tahiyatul masjid, shalat dua rakaat setelah wudu, shalat ihram, shalat istikharah, shalat thawaf, shalat hajat, shalat sunnah zuwal, shalat ghaflah antara maghrib dan isya, shalat di rumahnya ketika ingin keluar untuk bepergian, dan shalat musafir ketika singgah di suatu tempat dan ingin meninggalkannya, karena tujuan dapat tercapai dengan setiap shalat."


IANATUTHOLIBIN JUZ 1  HAL  127

NURUL ILMI

--------------------------



وَ مِثْلُهَا كُلُّ صَلَاةٍ لَهَا سُنَّةٌ قَبْلَهَا وَ سُنَّةٌ بَعْدَهَا، وَ كَعِيْدِ الْأَضْحَى أَوِ الْأَكْبَرِ أَوِ الْفِطْرِ أَوِ الْأَصْغَرِ، فَلَا يَكْفِيْ صَلَاةُ الْعَيْدِ.


dan seperti halnya Zhuhur 📗adalah setiap shalat yang memiliki kesunnahan sebelum dan setelahnya – , Dan seperti shalat ‘Īd-ul-Adhḥā (akbar), atau ‘Īd-ul-Fithri (ashghar), – maka tidaklah cukup berniat shalat ‘Īd🔷

 ---------------

📗وقوله: كل صلاة إلخ أي كالمغرب والعشاء، لأن لكل قبلية وبعدية، فيجب فيهما التعيين بالقبلية والبعدية، بخلاف الصبح والعصر فإنهما ليس لهما إلا قبلية فلا يجب فيها التعيين

.

"Dan perkataan mushonef : setiap shalat dan seterusnya, maksudnya seperti shalat Maghrib dan Isya, karena masing-masing memiliki sunah sebelum ( قبلية ) dan sesudahnya ( بعدية ). Oleh karena itu, harus ditentukan apakah itu sunah sebelum atau sesudah. Berbeda dengan shalat Subuh dan Ashar, karena keduanya hanya memiliki sunah sebelum, sehingga tidak perlu menentukan apakah itu sebelum atau sesudah."

--------------

🔷أي لعدم التعيين.

"Tidak sah niyat sholat ied dengan 

اصلی سنة العيد

 Karena tidak ada penentuan 

قال في النهاية: وما بحثه ابن عبد السلام من أنه ينبغي في صلاة العيد أن لا يجب التعرض لكونه فطرا أو نحرا، لأنهما مستويان في جميع الصفات، فيلتحق بالكفارة.

Ibnu Abdus Salam dalam kitab Al-Nihayah mengatakan: 'Pendapat yang diteliti oleh Ibnu Abdus Salam adalah bahwa dalam shalat Id tidak perlu menentukan apakah itu Idul Fitri atau Idul Adha, karena keduanya memiliki sifat yang sama, sehingga hal ini disamakan dengan kafarat.'"


IANATUTHOLIBIN JUZ 1  HAL  127

NURUL ILMI

--------------------------



 وَ الْوِتْرِ سَوَاءٌ الْوَاحِدَةُ وَ الزَّائِدَةُ عَلَيْهَا، وَ يَكْفِيْ نِيَّةُ الْوِتْرِ مِنْ غَيْرِ عَدَدٍ. وَ يُحْمَلُ عَلَى مَا يُرِيْدُهُ عَلَى الْأَوْجَهِ،

 

– , seperti shalat witir – baik satu raka‘at ataupun lebih, CUKUP NIYAT  WITIR📌 tanpa menyebutkan jumlah raka‘atnya dan diarahkan 5 raka‘at yang dikehendaki menurut pendapat yang unggul, 

------------------

📌عبارة المغنى: الوتر صلاة مستقلة فلا يضاف إلى العشاء، فإن أوتر بواحدة أو بأكثر ووصل نوى الوتر، وإن فصل نوى بالواحدة الوتر.


Kalimat dalam kitab Al-Mughni: "Shalat witir adalah shalat yang berdiri sendiri dan tidak dihubungkan dengan shalat Isya. Jika seseorang melakukan witir dengan satu rakaat atau lebih secara sambung, ia berniat witir. Jika ia memisahkannya, ia berniat witir dengan satu rakaat."


IANATUTHOLIBIN JUZ 1  HAL  128

NURUL ILMI

--------------------------

 وَ لَا يَكْفِيْ فِيْهِ نِيَّةُ سُنَّةِ الْعِشَاءِ أَوْ رَاتِبَتِهَا،

tidak cukup dalam shalat witir ini dengan hanya berniat shalat sunnah ‘Isyā’ atau rawātib-nya – , 

 وَ التَّرَاوِيْحِ وَ الضُّحَى، وَ كَاسْتِسْقَاءٍ وَ كُسُوْفِ شَمْسٍ أَوْ (خُسُوْفِ) قَمَرٍ. 

seperti shalat tarāwiḥ, dhuḥā, istisqā’, gerhana matahari dan rembulan.

أَمَّا النَّفَلُ الْمُطْلَقُ فَلَا يَجِبُ فِيْهِ تَعْيِيْنٌ بَلْ يَكْفِيْ فِيْهِ نِيَّةُ فِعْلِ الصَّلَاةِ، كَمَا فِيْ رَكْعَتَيِ التَّحِيَّةِ وَ الْوُضُوْءِ وَ الْاِسْتِخَارَةِ، وَ كَذَا صَلَاةِ الْأَوَّابِيْنَ، عَلَى مَا قَالَهُ شَيْخُنَا ابْنُ زِيَادٍ وَ الْعَلَّامَةُ السُّيُوْطِيُّ رَحِمَهُمَا اللهُ تَعَالَى.

 Sedangkan bila shalat sunnah tersebut adalah SHOLAT SUNNAH MUTHLAQ, maka cukup di dalamnya berniat melakukan shalat saja seperti halnya niat di dalam shalat dua raka‘at tahiyyat-ul-masjid, dua rakaat wudhū’ dan istikhārah, begitu pula shalat awwābīn seperti yang telah dipaparkan oleh guru kita Ibnu Ziyād dan al-‘Allāmah as-Suyūthī – semoga Allah mengasihinya – . 

 وَ الَّذِيْ جَزَمَ بِهِ شَيْخُنَا فِيْ فَتَاوِيْهِ أَنَّهُ لَا بُدَّ فِيْهَا مِنَ التَّعَيُّنِ كَالضُّحَى.

Sedang pendapat yang diputuskan oleh guru kita Ibnu Ḥajar dalam Fatāwī-nya adalah wajibnya menentukan shalat awwābīn seperti shalat dhuḥā.

 (وَ) تَجِبُ (نِيَّةُ فَرْضٍ فِيْهِ) أَيْ فِي الْفَرْضِ، وَ لَوْ كِفَايَةً أَوْ نَذْرًا، وَ إِنْ كَانَ النَّاوِيْ صَبِيًّا، لِيَتَمَيَّزَ عَنِ النَّفْلِ. 

  (Wajib untuk berniat fardhu (55) di dalam shalat yang fardhu) – walaupun fardhu kifāyah atau nadzar dan walaupun orang yang berniat adalah anak kecil – agar niat fardhu itu membedakan dengan kesunnahan.

(كَأُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ) مَثَلًا، أَوْ فَرْضَ الْجُمْعَةِ، وَ إِنْ أَدْرَكَ الْإِمَامَ فِيْ تَشَهُّدِهَا.

(Contoh niatnya: Saya shalat kefardhuan Zhuhur) (66) atau kefardhuan jum‘at walaupun hanya menemukan imām dalam tasyahhudnya.


MOHON DIKOREKSI DILENGKAPI

SEMOGA BERMANFAAT

Saturday, August 3, 2024

BAB JUAL BELI YANG DILARANG

 بسم الله الرحمن الرحيم 

Pondok pesantren Brebes 

الحمد لله رب العالمين 

صلى الله على محمد وعلى آله وصحبه أجمعين.


باب البيوع المنهي عنها.


• Bab tentang Jual Beli yang dilarang



 ١). بيع النجش

- (Bai'u an-najsy) menawar agar orang lain menawar lebih tinggi.


النجش حرام وهو أن يزيد في الثمن لا لرغبة بل ليخدع غيره ، فإن اغتر به إنسان فاشترى فشراؤه صحيح عند الثلاثة وإن أثم الغر ، وقال مالك : الشراء باطل.


(رحمة الأمة في اختلاف الأئمة لمحمد ابن عبد الرحمن الدمشقي) .

.مكتبة در الكتب العلمية لبنان. ص:١١٥


Artinya: 

"An-najsy (menawar bukan karena suka bahkan agar orang lain menawar lebih tinggi) adalah haram. Namun, jika orang tersebut (yang memahalkan harga) membelinya juga, pembeliannya adalah sah, Demikian menurut madzhab hanafi, syafi'i, dan hanbali, walaupun ia (yang memahalkan harga) berdosa. Sedangkan menurut madzhab maliki pembeliannya (orang yang memahalkan itu) tidak sah".


٢). بيع الحاضر للبادي

- Menjualnya orang kota terhadap barang orang desa.


ويحرم بيع الحاضر للبادي بالإتفاق وهو ان يقدم غريب بمتاع تعم الحاجة إليه ليبيعه بسعر يومه فيقول بلدي : إتركه عندي لأبيعه قليلا قليلا بأغلى.


(رحمة الأمة في اختلاف الأئمة لمحمد ابن عبد الرحمن الدمشقي) .

.مكتبة در الكتب العلمية لبنان. ص:١١٥-١١٦


Artinya:

"Dengan sepakat diharamkan orang kota (tengkulak) menjual barang orang desa, yaitu orang desa datang ke-kota dengan membawa barang yang diperlukan orang banyak (umum diperlukan), untuk dijual dengan harga umum pada hari itu, lalu orang yang ditemuinya berkata : "Tinggalkan saja barang itu padaku, akan ku jualkan sedikit demi sedikit dengan harga yang lebih mahal", demikian menurut para imam madzhab (imam abu hanifah, imam malik, imam syafi'i, imam ahmad bin hanbali).


٣). بيع العربون


- (Bai'u al-'urbun) memberikan panjar atau uang muka sebagai bagian dari harga, jika senang maka ia membelinya, tetapi jika tidak senang maka uang tersebut menjadi hibah (pemberian).


ويحرم بيع العربون وهو ان يشترى السلعة ويدفع إليه درهما ليكون من الثمن إن رضي السلعة وإلا فهو هبة ، وقال أحمد لا بأس بذلك.


(رحمة الأمة في اختلاف الأئمة لمحمد ابن عبد الرحمن الدمشقي) .

.مكتبة در الكتب العلمية لبنان. ص:١١٦


Artinya:

Diharamkan jual beli dengan cara (Bai'u al-'urbun) memberikan panjar atau uang muka sebagai bagian dari harga, jika senang maka ia membelinya, tetapi jika tidak senang maka uang tersebut menjadi hibah (pemberian). Demikian menurut imam tiga madzhab (imam abi hanifah, imam malik, imam syafi'i). Hanbali berpendapat : jual beli dengan cara demikian tidak apa-apa.


• Akan tetapi Ada juga Jual Beli yang diperbolehkan, walaupun makruh menurut madzhab syafi'i akan tetapi tidak diperbolehkan menurut 3 madzhab (hanafi, maliki, hanbali).


Yaitu:


٤). بيع العينة 


- (Bai'u al-'inah) menjual sesuatu barang dengan harga tertentu secara kredit, lalu penjual itu membelinya dari pembelinya secara kontan dengan harga yang lebih rendah.     


ويجوز بيع العينة عند الشافعي مع الكرهة وهو ان يبيع

سلعة بثمن إلى أجل ثم يشتريها من مشتريها نقدا بأقل من ذلك الثمن ، وقال أبو حنيفة ومالك وأحمد : لا يجوز ذلك بخلاف ما لو باعها المشتري لغير بائعه ثم اشتراه بعد ذلك بائعه فإنه يجوز وينتفي الخلاف.


(رحمة الأمة في اختلاف الأئمة لمحمد ابن عبد الرحمن الدمشقي) .

.مكتبة در الكتب العلمية لبنان. ص:١١٦


Artinya:

" diperbolehkan jual beli dengan cara (Bai'u al-'inah) menjual sesuatu barang dengan harga tertentu secara kredit, lalu penjual itu membelinya dari pembelinya secara kontan dengan harga yang lebih rendah. Demikian menurut syafi'i. hanafi dan hanbali berpendapat : penjualan dengan cara demikian tidak diperbolehkan. Berbeda halnya jika pembelinya menjual barang itu kepada orang lain, lalu di beli oleh pembeli yang pertama (yakni, yang menjual pertamakali itu barang) baik itu lebih mahal atau lebih murah dari harga kreditnya itu. Maka penjualan demikian diperbolehkan, dan menafikan khilaf (dalam arti, tidak ada perbedaan dalam hal ini).


٥). بيع التسعير 


- (Bai'u at-tas'ir) Penentuan barang oleh pemerintah.


ويحرم التسعير عند أبي حنيفة والشافعي ، وعن مالك أنه قال : إذا خالف واحد من أهل السوق بزيادة أو نقصان يقال له إما أن تبيع بسعر أهل السوق أو تنعزل عنهم فإن سعر السلطان على الناس فباع الرجل متاعه وهو لا يريد بيعه بذلك كان مكرها ، وقال أبو حنيفة : إكره السلطان يمنع صحة البيع وإكراه غيره لا يمنع.


(رحمة الأمة في اختلاف الأئمة لمحمد ابن عبد الرحمن الدمشقي) .

.مكتبة در الكتب العلمية لبنان. ص:١١٦


Artinya:

"Jual beli yang ditentukan harga barangnya oleh pemerintah (Bai'u at-tas'ir) adalah haram. Demikian menurut hanafi dan syafi'i. Diriwayatkan dari maliki : Apabila salah seorang diantara para pedagang suatu pasar menyalahi harga yang ditetapkan, dengan menjual harga yang lebih mahal atau lebih murah, hendaknya dipaksa mengikuti harga pasar (harga umumnya barang tersebut), atau memisahkan diri dari pasar. Apabila pemerintah menetapkan harga barang, sedangkan pemilik barang tidak senang menjual barang dengan harga tersebut, maka ia dihukumi sebagai orang yang terpaksa menjual barangnya, menurut hanafi : paksaan pemerintah (terhadap penetapan harga barang) tersebut, (yang mana pemilik barang tak senang menjual dengan harga barang dengan harga tersebut, yang ditetapkan oleh pemerintah itu), menghalangi sahnya penjualan".


٦). بيع الإحتكار


- (Bai'u al-ihtikar) Menimbun barang makanan untuk dijual pada masa sulit dengan harga yang lebih tinggi.


والإحتكار في الأقوات حرام بالإتفاق وهو أن يبتاع طعاما في الغلاء ويمسكه ليزداد ثمنه.


(رحمة الأمة في اختلاف الأئمة لمحمد ابن عبد الرحمن الدمشقي) .

.مكتبة در الكتب العلمية لبنان. ص:١١٦


Artinya:

"(Bai'u al-ihtikar) Menimbun barang makanan untuk dijual pada masa sulit dengan harga yang tinggi hukumnya haram. Demikian menurut kesepakatan para imam madzhab (imam hanafi, imam maliki, imam syafi'i, imam hanbali).


• Maklumat Penting :


       Hal ini berkaitan dengan pasal 29 ayat (1) UU Perdagangan yang isinya berupa larangan menimbun barang pada kondisi tertentu. Larangan tersebut dimaksudkan untuk menghindari adanya penimbunan barang yang akan menyulitkan konsumen dalam memperoleh barang kebutuhan pokok dan/atau barang penting.


       Dalam konteks itulah pelaku usaha perlu untuk memperhatikan Pasal 107 UU No. 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Pasal ini berisi ancaman sanksi pidana penjara maksimal 5 tahun, dan/atau pidana denda maksimal 50 miliar rupiah bagi pelaku usaha yang melanggar larangan menyimpan barang kebutuhan pokok atau barang penting dalam jumlah dan waktu tertentu pada saat terjadi kelangkaan barang, gejolak harga, atau hambatan lalu lintas perdagangan barang.


٧). بيع الكلئ بالكلئ 


- (Bai'u al-kal i bil kal i) jual beli utang dengan utang.


واتفقوا على أنه لا يجوز بيع الكلئ بالكلئ وهو الدين بالدين.


(رحمة الأمة في اختلاف الأئمة لمحمد ابن عبد الرحمن الدمشقي) .

.مكتبة در الكتب العلمية لبنان. ص:١١٦


 Artinya:

"Dan juga para imam madzhab (imam hanafi, imam maliki, imam syafi'i, imam hanbali), sepakat tidak diperbolehkan (Bai'u al-kal i bil kal i) yaitu adalah jual beli utang dengan utang".


• Pencerahan : 


      Bentuk jual beli ini adalah seseorang berhutang kepada Zaid misalnya berupa barang lalu Zaid menjual piutangnya tersebut kepada orang lain secara terhutang juga. Atau menjual sesuatu kepada orang yang menghutanginya secara terhutang.


٨). وثمن الكلب وبيعه 


- Hasil penjualan anjing Dan Jual beli anjing.


وثمن الكلب خبيث ، وكره مالك بيعه مع الجواز فإن بيع لم لم يفسخ البيع عنده على كلب أمكن الإنتفاع به وبهذ قال أبو حنيفة ، وقال الشافعي : لا يجوز أصلا ولا قيمة له إن قتل أو أتلف ، وبه قال أحمد.


(رحمة الأمة في اختلاف الأئمة لمحمد ابن عبد الرحمن الدمشقي) .

.مكتبة در الكتب العلمية لبنان.  


Artinya:

"Hasil penjualan anjing hukumnya haram. Maliki berpendapat membolehkan menjualnya (menjual anjing), tetapi makruh. Jual beli (anjing) tidak batal jika anjing yang dijual itu membawa manfa'at (seperti halnya anjingnya itu dapat menjadi penjaga atas rumahnya, misalnya). Demikian juga pendapat hanafi. Sedangkan menurut syafi'i : tidak boleh sama sekali (jual beli anjing), dan tidak ada ganti rugi (kepada penjual anjing) jika anjing tersebut dibunuh. Seperti ini juga pendapat hanbali".


قد تم بعون الله تعالى ....

صلى الله على محمد وعلى آله وصحبه أجمعين

والحمد لله رب العالمين.


والله أعلم بالصواب والمستعين عن الضلالات بهدايته وتوفيقه.


(محضار ابن احمد الحبشي).

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes