RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMPN 2 GARAWANGI Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI) | Kelas/Semester : VII / 2 (Genap) Alokasi Waktu : 3 JP @40 Menit |
Materi Pokok : Hijrah ke Madinah Sebuah Kisah yang Membanggakan |
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Media/Alat, Bahan & Sumber Belajar |
| Media/Alat | : | Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an |
| Bahan | : | Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus |
| Sumber Belajar | : | Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016 |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-2 |
Pendahuluan (15 menit) |
1. | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
2. | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
3. | Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Contoh Perilaku Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad Saw. Periode Madinah. |
4. | Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh, |
|
Kegiatan Inti (90 Menit) | KEGIATAN LITERASI |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Contoh Perilaku Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad Saw. Periode Madinah.
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
|
COLLABORATION (KERJASAMA) |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Contoh Perilaku Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad Saw. Periode Madinah.
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
|
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|
Penutup (15 menit) |
1. | Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
2. | Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Mengetahui, Kepala Sekolah
............................................ NIP. …………………… |
| GRW, …………………. 20….
Guru Mata Pelajaran
.................................................. NIP. …………………………... |
PEMBELAJARAN BAB 6 BAHAN AJAR KE 2
Contoh Perilaku Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad Saw. Periode Madinah
.
Carikan contoh perilaku nabi Muhammad SAW dalam meneladani perjuangan pada periode Madinah saat beliau berjuang untuk para sahabatnya atau ummatnya. Agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari kita sebagai ummatnya.
Untuk formatnya buatkan soal-soal pilihan ganda berikut jawabanya.
1........(buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........(pilihannya boleh sampai c saja.)
2. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
3. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
4. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
5. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
6. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
7. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
8. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
9. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
10. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
Demikian tugasnya dan kumpulkan dalam kertas 2 lembar untuk 10 soal diatas.
Post a Comment