BREAKING NEWS

Watsapp

Wednesday, November 10, 2021

HIJRAH KE MADINAH SEBUAH KISAH YANG MEMBANGGAKAN

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah : SMPN 2 GARAWANGI

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester : VII / 2 (Genap)

Alokasi Waktu : 3 JP @40 Menit

Materi Pokok : Hijrah ke Madinah Sebuah Kisah yang Membanggakan


  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  • Menjelaskan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah. 

  • Menunjukkan contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. periode Madinah.


Media/Alat, Bahan & Sumber Belajar


Media/Alat

:

Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an


Bahan

:

Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus


Sumber Belajar

:

Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016


  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Ke-2

Pendahuluan (15 menit)

1.

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

2.

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

3.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Contoh Perilaku Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad Saw. Periode Madinah

4.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,


Kegiatan Inti

(90 Menit)

KEGIATAN LITERASI

  • Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Contoh Perilaku Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad Saw. Periode Madinah.

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

  • Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Contoh Perilaku Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad Saw. Periode Madinah.

COLLABORATION (KERJASAMA)

  • Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Contoh Perilaku Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad Saw. Periode Madinah.

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

  • Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

CREATIVITY (KREATIVITAS)

  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Contoh Perilaku Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad Saw. Periode Madinah. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup (15 menit)

1.

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. 

2.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.


  1. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

  • Penilaian Skala Sikap

  • Penilaian “Membaca dengan Tartil”

  • Penilaian Diskusi 



Mengetahui,

Kepala Sekolah



............................................

NIP. ……………………


GRW, …………………. 20….


Guru Mata Pelajaran



..................................................

NIP. …………………………...



PEMBELAJARAN BAB 6 BAHAN AJAR KE 2

Contoh Perilaku Meneladani Perjuangan Nabi Muhammad Saw. Periode Madinah
Carikan contoh perilaku nabi Muhammad SAW dalam meneladani perjuangan pada periode Madinah saat beliau berjuang untuk para sahabatnya atau ummatnya. Agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari kita sebagai ummatnya.

Untuk formatnya buatkan soal-soal pilihan ganda berikut jawabanya.

1........(buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........(pilihannya boleh sampai c saja.)
2. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
3. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
4. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
5. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
6. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
7. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
8. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
9. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........
10. (buat soal berupa contoh)
a.......b......c......d........

Demikian tugasnya dan kumpulkan dalam kertas 2 lembar untuk 10 soal diatas.

Share this:

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes