BREAKING NEWS

Watsapp

Sunday, June 25, 2023

HUKUM UDHIYAH DALAM KITAB BAJURI GROP FM

 


 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّٰه  وَبَرَكَاتُهُ ....

بِسْمِ ْاللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الْرَحِيمِ 

،،فصل،،

فى احكام الأضحية،،

Pasal: menerangkan hukum hukumnya Udh-hiyyah (Qurban).

بضم الهمزة فى الأشهر وهي إسم لما يذبح من النعم يوم عيد 

النحر وأيام التشريق تقربا الى الله تعالى.

Kata "Udh-hiyyah " menurut pendapat yg lebih masyhur di baca dhommah.

Udh-hiyyah adalah nama bagi hewan yg di sembelih, yaitu berupa binatang piaraan pada hari raya kurban dn hari hari Tasyriq karena semata bertaqarrub(mendekatkan diri)  kepada Allah. 

             Keterangan

Pengertian "Udh-hiyyah"atau "kurban" yaitu suatu tindak beribadah kepada Allah dengan cara menyembelih binatang tertentu (seperti kambing, kerbau, unta dll) pada hari raya haji (Qurban) dan hari hari Tasyriq (ya itu tgl 11,12,dan 13 Dhulhijjah) sesuai dengan ketentuan ketentuan syara'. 


والأضحية سنة مؤكدة،،  على الكفاية فإذا اتى بها واحد من اهل بيت كفى عن جميعهم ولا تجيب الأضحية الا بالنذر.

Berkurban hukumnya adalah sunah yg di tekankan atas dasar kifayah, maka apa bila salah seorang dari ahli rumah (suatu kluarga) telah mengerjakan kurban, maka cukuplah seluruh mereka, dan tidak menjadi wajib suatu Kurban kecuali sebab ada nadzar. 

ويجزئ فيها الجذع من الضأن،،  وهو ما له سنة وطعن فى الثانية ،،والثني من المعز،،  وهو ما له سنتان وطعن فى الثالثة ، والثني من الإبل ما له خمس سنين ،وطعن فى الساد سة ،والثني من البقر ما له سنتان وطعن فى الثالثة.

Mencukupilah untuk kurban itu, domba yg telah gugur sebuah giginya yaitu domba yg berumur 1-2 tahun, kambing yg telah gugur dua giginya yaitu berumur 2-3 tahun, unta yang gugur dua giginya, yaitu yang berumur 5-6 tahun dan lembu (kerbau) yang telah gugur dua giginya yaitu yg berumur 2-3 tahun. 

وتجزئ البدنة عن سبعة،،  إشتركوا فى التضحية بها.

Dan mencukupilah seekor unta untuk menjadi kurban bagi 7 orang berserikat dalam berkurban dengan binatang unta tersebut. 


وتجزئ ،، البقر عن سبعة،،  كذالك وتجزئ ،، الشاة عن شخص ،،واحد،، وهى افضل من مشاركته فى بعير.

Juga mencukupi seekor lembu untuk berkurban bagi 7 orang yang berserikat dan mencukupi seekor kambing untuk kurban seorang saja. Hal ini (kambing satu untuk kurban seseorang)adalah lebih utama dari pada yg terjadi dengan perserikatan dalam hal berkurban unta. 

                            Keterangan

Perlu di ketahui, bahwa binatang yg di jadikan kurban itu tidak harus berjenis jantan (laki laki),  tetapi yang betina (perempuan)juga sah(boleh) di buat kurban asalkan umur binatang itu sudah mencukupi dengan ketentua ketentuan syara'. Jika sekiranya menghendaki yg lebih utama, maka sebaikny binatang yg di jadikan kurban itu tadi berjenis laki laki. 


وافصل انواع الاضحية ابل ثم بقر ثم غنم.

Adapun yang lebih utama macam macam binatang yang di buat kurban, yaitu unta, lembu kemudian kambing. 


،،واربع،، وفى بعض النسخ واربعة ،، لا تجزئ فى الضحايا،،.

Empat binatang yg tidak mencukupi syarat untuk berkurban (menurut sebagian keterangan menggunakan kata "Arba'ah".


Bersambung ke 


احدها ،، العوراء البين،، اى الظهر ،،عورها،، وان بقيت الحدقة فى الاصح.

1. Binatang yg matanya rusak sebelah yg tampak terang rusaknya ,meskipun masih wujud kurnia(matanya) menurut pendapat yang lebih shoheh. 


والثانى ،،العرجاء البين عرجها،، ولو كان حصول العرج لها عنداضجاعها للتضحية بها بسبب اضطرابها.

2. Binatang yang pincang yang tampak terang pincangnya, meskipun kepincanganya binatang itu dapat di ketahui ketika di baringkan karena hendak di sembelih sebab meronta-ronta. 


والثالث ،،المريضة البين مرضها،، ولا يضر يسير هذه الأمور.

3. Binatang yg sakit yg tampak terang sakitnya dan tidak berbahaya akan sedikitnya beberapa perkara ini. 


والرابع ،،العجفاء،، وهى التى ذهب مخها ،،اى ذهب دماغها  ،،من الغزال،، الحاصل لها.

4. Binatang yang kurus yang telah hilang sumsumnya (sebab kekurusanya). 


ويجزئ الخصى،، اى المقطوع الخصيتين ،،والمقسور القرن،، ان لم يؤثر فى اللحم.

Dan mencukupilah untuk berqurban, ya itu binatang yang di kebiri artinya binatang yg di potong kedua ginjalnya dan juga mencukupi binatang yg pecah kedua tanduknya jika memang pecahnya itu tidak sampai membekas pada daging. 


ويجزئ ايضا فاقدة القرون وهي المسماة بالجلحاء.

Juga mencukupi (untuk berqurban) binatang yg tidak ada tanduknya, ya itu yg di namai binatang"prucul".


ولاتجزئ المقطوعة،، كل الأذن،، ولا بعضها ولاالمخلوقة بلااذن و لاالمقطوعة ،،الذنب،، ولابعضه.

Tidaklah mencukupi untuk qurban ya itu binatang yang buntung (putus) semua telinganya, juga binatang yg putus sebagian telinganya dan binatang yg terjadi tanpa telinga. Demikian pula binatang yg buntung (putus) ekornya.


Bersambung 


ويدخل ،، وقت الذبح للأضحية  ،،من وقت صلاة العيد،، اى عيد النحر وعبارو الروضة واصلها ويدخل وقت التضحية إذا طلعت الشمس يوم النحر ومضى قدر ركعتين وخطبتين خفيفتان إنتهى.

Dan masuklah waktu penyembelihan (qurban) mulai dari waktu sholat hari raya qurban, sedsngkan ibarot yg terdapat dalam kitab Raudloh dan asalnya (menyebutkan), bahwa mulai masuk wsktu penyembelihan Qurban yaitu ketika telah terbit matahari pada hari raya qurban dan sudah berlalu sekedar mengerjakan sholat dua roka'at dan dua khutbah(selesailah pembicaraan kitab Raudloh). 

ويستمر وقت الذبح ،،الى غروب الشمس من اخر ايام التشريق ،، وهى الثلاثة المتصلة بعاشر الحجة.

Waktu itu berlangsung terus sampai terbenamnya matahari pada hari terahir dari hari-hari Tasyriq, yaitu tiga hari yg bersambung dengan tanggal sepuluh bulan Dzulhiijjah. 


Keterangan:

1. Waktu penyembelihan binatang qurban adalah di mulai pada hari raya Idul Adha (setelah dan sekedar masa dua khutbah) pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah sampai dengan terbennya matahari pada tanggal 13 Dzuhijjah

2. Sesuai dengan tuntunan yg pernah di perbuat oleh Rosulullah, maka penyembelihan binatang qurban di lakukan pada siang hari, tetapi tidak terdapat larangan dari beliau yg menyatakan bahwa penyembelihan qurban tidak boleh di lakukan pada malam hari.

Bersambung ke 4


ويستحب عند الذبح خمسة أشياء.

Ada lima perkara yg di sunahkan (untuk di lakukan, pen.) ketika menyembelih binatang qurban, yaitu:


احدها ،،التسمية،، فيقول الذابح بسم الله والاكمل بِسْمِ ْاللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الْرَحِيمِ فلولم يسم حل المذحوح.

1. Membaca Basmalah, maka bagi Dzabikh (penyembelih) sunnah membaca Bismillah. 

Adapun yang lebih sempurna yaitu, Bismillahirrahmanirrahim. Jika tidak membaca Basmalah, maka binatang yg di sembelih hukumnya tetap halal. 


والثانى،، الصلاة على النبى صلى الله عليه وسلم ويكره ان يجمع بين اسم الله واسم رسوله.

2. Membaca shalawat Nabi saw, dan di makruhkan mengumpulkan antara nama Allah dan Rasul-Nya. 


والثالث،، استقبال القبلة،، بالذبيحة اى يوجه الذابح مذبحها للقبلة ويتوجه هو ايضا.

3. Menghadap qiblat dengan sembelihanya, artinya si Dzabih menghadapkan sembelihanya ke arah qiblat dan dia sendiri juga menghadap qiblat. 


والرابع،، التكبير،، اى قبل التسمية او بعدها ثلاثا كما قال الماوردى.

4. Membaca Takbir, sebelum membaca Basmalah atau sesudahnya sebanyak 3 kali sebagaimana yg di katakan oleh Imam Mawardi. 


والخامس،، الدعاء بالقبول،، فيقول الذابح اللهم هذه منك واليك فتقبلٍ اى هذه الاضحية نعمة منك علي وتقربت بها اليك فتقبلها.

5. Berdoa dengan meminta (agar qorbanya, pen) dapat di terima(Allah) ,maka si Dzabih hendaknya membaca doa "Wahai Allah"!. Qurban ini adalah dari Engkau dan untuk Engkau, maka kabulkanlah (trimalah) qurban ini arti nya qurban ini adalah ni'mat dari Engkau untukku, dan aku mendekatkan kepadamu dengan qurban ini, maka semogs Engkau terima qurban ini. 


ولا يأكول المضحى شيئا من الاضحية المنذورة،، بل يجب عليه التصدق بجميع لحمها فلو اخرها قتلفت لزمه ضمانه.

Orang yg berqurban tidak boleh memakan sedikitpun dari binatang qurban yg di nadzarkan, malahan wajib baginya menshadaqahkan (memberikan) seluruh dagingnya. Seandainya Mudhahhi (yg berqurban) mengahirkan qurbanya, tiba-tiba tusaklah qurbanya, maka wajib baginya menanggung(kewajiban) qurbanya itu. 


Keterangan:

Para Ulama' sepakat pendapat, bahwa orang yg paling baik menyembelih binatang qurban adalah justru orang yg berqurban itu sendiri, dan boleh mewakilkan penyembelihanya kepada orang lain.

Bersambung ke 5


ويأكل من الأضحية المتطوع بها،، ثلثا على الجديد ،واما الثلثان فقيل عليه يتصدق بهما ورجحه النووى فى تصحيح التنبيه.

Bagi mudhahhi boleh memakan qurban yg statusnya di sunahkan yaitu1/3 menurut pendapatt Imam Syafi'i yg baru. Adapun yg 2/3 hendaknya Mudhahhi menshodaqohkan saja dan Imam Nawawi menjunjung pendapat itu tersebut dalam tsahihan kitab Tanbih. 


وقيل يهدى ثلثا للمسلمين الأغنياء ويتصدق بثلث على الفقراء من لحمها ولم يرجح النووي فى الروضة شيأ من هذين الوجهين.

Dan juga di katakan, hendaknya si Mudhahhi memberikan yg 1/3 kepada para orang Islam yg cukup-cukup dan menshadaqohkan 1/3 dagingnya kepada faqir miskin. Imam Nawawi tidak menjunjung sedikitpun dari kefua pendapat ini dalam kitsb Raudloh dan aslinya. 


ولا يبيع،، اى يحرم على المضحى بيع شئ  ،،من الأضحية،، اى من لحمها اوشعرها اوجلدها ويحرم ايضا جعله أجرة للجزار ولو كانت الأضحية تطوعا.

Tidak boleh dalam arti haram hukumnya bagi Mudhahhi menjual sedikit saja dari qurbanya artinya menjual dagingnya, bulunya dan kulitnya, dan juga haram menjadikan kulit binatang qurbanya sebagai upah kepada pihak pemotong (rumah pemotongan) meskipun qurban itu berstatus sunnah. 


ويطعم ،،حتما من الأضحية المتطوع بها،، الفقراء والمساكين،،والافضل التصدق بجميعها الا لقمة اولقما يتبرك المضحى بأكلها فإنه يسن له ذلك.

Wajib( bagi Mudhahhi) memberikan daging qurban yg di sunnahkan, kepada para faqir dan miskin, adapun yg lebih utama menshadaqohkan seluruh qurbanya kecuali sesuap atau beberapa suap di mana Mudhahhi berharap berkah lantaran memakanya, karena sesungguhnya Mudhahhi memang di sunnahkan untuk mengambil berkah tersebut. 


وإذا أكل البعض وتصدق بالباقى حصل له ثواب التضحية بالجميع والتصدق بالبعض.

Ketika Mudhahhi memakan sebagian dan menshadaqahkan yg masih ada, maka dia sudah memperoleh pahala berqurban seluruhnya dan pahala shadaqah dengan yg sebagian itu. 

والله أعلم بالصواب...

Share this:

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes