WANITA HAID MASUK MASJID
𝗪𝗔𝗡𝗜𝗧𝗔 𝗛𝗔𝗜𝗗 𝗕𝗘𝗥𝗗𝗜𝗔𝗠 𝗗𝗟𝗠 𝗠𝗔𝗦𝗝𝗜𝗗 𝗠𝗘𝗡𝗚𝗜𝗞𝗨𝗧𝗜 𝗧𝗔'𝗟𝗜𝗠
بسم الله الرحمن الرحيم
Tidk ada ulama fiqh Yg melegalkan wanita haid berdiam dlam masjid, (berbeda dgn sekedar berlalu/melintas)
Dlm salah satu fatwa syaikh Al- buthi seputar wanita haid berdiam diri di dlm masjid
* Bagaimna hukum wanita Haid yg berprofesi sebagai ustadzah masuk masjid untuk mengajar atau mengisi kajian ?
Syaikh muhammad sa'id Ramadhan Al buthi dlm fatwanya prnah di tanyak ,
دخول الحائض المسجد ؟
أريد جوابا قطعيا لهذه المسألة .. إعرف أن الحكم فيها مبتوت فيه وهنالك حديث صحيح لكن من كثرة ما أسمع مخالفات وتيسيات وفتاوى شرقية وغربيه أصحبت أشك في معلومات،
ما حكم دخول الحائض إلى المسجد في دورات القرأن للتعليم أو للتعلم إن لم يكن هنالك بديل عنها في التعليم وهل هنالك مذهب ما يجيز ذلك ؟
يقولون : أنها إن لم تذهب سيتشتت الطلاب فمنهم من أباح ذلك بحكم -ضرورة العلم - و الضرورات تبيح المخظورات
Sya ingin mendpatkn jwaban yg pasti dlm masalah ini, yg saya tua hukumnya sudh jelas dn juga asa hadits shoheh , akan tetapi akhir² ini saya mendengar pendpat² lain yg berbeda dn cendrung meringankn, bagaimna hukum wnita haid masuk Masjid untk mengajar atau belajar kajian Al quran jika di sana tdk ada org yg dpat menggantikannya dlm mengajar ? Dn apakh ada pendpat Yg membolehkan hal itu ?
Sebagian org mengatkan jika sya tdk hadir mka itu akn membuat jamaah tercerai berai dn ia mengatakn saya boleh duduk di masjid dgn alasan darurat , dn ke adaan darurat bisa bisa membolhkn parkara yg di haramkan .
𝙅𝘼𝙒𝘼𝘽𝘼𝙉 : 𝙎𝙔𝘼𝙄𝙆𝙃 𝘼𝙇 𝘽𝙐𝙏𝙃𝙄
ليس في العلماء وائمة المذاهب الفقهية من قال بإباحة مكث المرأة الحائض في المسجد ،
وكلام رسول الله صلى الله عليه وسلم في ذلك صريح ، ومن أبرزه ما رواه مالك في موطئة ، ولكن بعض النساء اليوم برغب في التباهى بكثرة من يخضرن في دروسهن ، فتخرع الواحدة منهن فتاوي بإباحة جلوسالحائض في المسجد ، كيلا يقل عدد الحضور منهن في دروسها ، ولا تبالي أنها تخالف بذلك حديث رسول الله صلى الله عليه وسلم .. وأعتقد أنه لا خير في حضور دروس مدرسات عذه عي حالهن ،
Tidk ada ulama dri madzhab fiqh manapun yg membolehkn wnita haid berdiam diri di dlm masjid , hadits Rasulullah tentang ini sudh sngat jelas , termasuk yg paling menonjol adlah hadits riwayat imam malik di muwatho' nya ,
Akan tetapi sbagaian ustadz di zaman ini yg berlomba lomba untuk memperbanyak jamaah hingga akhirnya sbgian dri mereka membuat fatwa bolehnya bolehnya wanita duduk di dlm masjid agar jamaahnya tdk berkurang, dn tdk peduli bahasa itu bertentangan dgn hadits Rasulullah saw , saya meyakini tdk ada faidahnya menghadiri kajian2 ustadz / ustadzah yg kelakuannya seprti itu .
Istifta'at Al anaas lil imam al-syahid al-buthi fatwa no 306
➖➖➖➖➖
Wanita haid di larang keras berdiam diri di dlm masjid . Baik untk sekedar diam , sholat, i'tiqaf , atau untk yg lainnya .
Referensi :
كتاب : الموسوعة الفقهية
Menukil bhwa ini sudh menjdi kesepakatan para fuqoha'
Larangan bgi wanita haid berdiam di masjid pelarngan ini adlah ta'abbudi , maka walaupun memakai pembalut yg bisa di pastikan darh tdk menetes ke masjid, mka hukumnya tetap haram apbila berdiam di dlm msjid .
- Ana sampaikan ini semua krna realita yg ada skrg banyak ana temui ustadz2 anyaran dri golongan sebelah yg membolehkn wanita haid ikut kajian, ta'lim di dlm masjid walaupun sedng haid .
Usut punya usut ternyata itu semua hanya untuk tidk mengurangi jumlah jamaahnya . Sehingga fatwanya bertentangan dgn ittifaq para fuqaha' . Jadi apabila satu majlis yg melegalkan wanita haid ikut pengajian di dlmnya . Maka lebih baik tinggalkan majlis tsb . Krna tidk ada manfaat/maslahah mengikuti majlis tsb yg ada hanya mendatangkn mudhorot .
𝐑𝐄𝐅𝐄𝐑𝐄𝐍𝐒𝐈
كتاب : حاشية الباجوري : ج١ ص ١١٤/١١٥
كتاب : حاشية الجمل : ج ٢ ص: ٣٧٠
Post a Comment