BREAKING NEWS

Watsapp

Tuesday, October 24, 2023

KAJIAN KULLU BIATIN DHOLALAH WAKULLU DHOLALATIN FINNARI

 


Sedikit ajah sambil ngopi 


 كل بدعة ضلالة وكل ضلالة في النار


Artinya beginih ...Setiap bid'ah itu sesat dan setiap kesesatan itu masuk neraka..


Sedangkan kata Bid' ah itu kata benda..kan ,..nah kata benda tentu mempunyai sifat, ...tdk mungkin ia tdk mempunyai sifat,... mungkin saja ia bersifat baik atau mungkin bersifat jelek. ...sperti hp ,,, alQur'an yang kita punya juga bid'ah loh ...cek balahgoh mah bisa masuk Kana 


حدف الصفة على الموصوف 


Sok ajah lihat segi kalam lafadz nyah ajah dulu ,,biar tambah sama sama faham ...


KULL ada yang di maknai sebagain ada yang di nakmai keseluruhan,,, di maqolah manteq 


الَكُلّ حكمنَا عَلَى الْمجْموْع # ككل ذَاكَ لَيْسَ ذَا وقَوْعحيْثمَا لكُلّ فَرْد حُكمَا فَإنَّهُ كُلّيّة قَدْ علمَا


Dari Kulli ada dzati ada arodzi (a'ridzi)


Dari DZATI ada nao' ada jinis ,, ada fashol 


Dari nao' ada yang di sebut hakeki dan idzhofi 

Dari jinis ada qorib ,ada ba'idz , ada wasath

Sedangkan dari FASHOL ,, ada fashol Qorib dan fashol ba'idz 


*- dari a'ridzi ada a'm ada yang khos 


*- sedangkan HUKUM ADA 3


1 KULLUN  

2 kulliyah 

3 juz'iyah 


Sedangkan Dina KULL ada dua 

1 Kullu ismun lidzati 

2 ada Kull yang jadi hukum nyaitu hukum terhadap kumpulan afrodz maudhu',, jika lafadz KUL eta di idzotkan Kana isim nakiroh bisa di sebut KUL majmu',,bisa juga di sebut KUL Jami' 


Sedangkan Kul majmu' ada di KULL ,,adapun kullun ada di kulliyah 


Dan jikalau si KUL nyah di idzofatkan kana isim makrifat itu mah di sebuT kull sebaliknya dari juz'i


Dalam hukum kedua CARA menghasilkan sebuah pemikiran yang tepat,,, hujjah yang benar ,,, 


Dalam kulliyah hukum kulliyah menatap kan si mahmul terhadap sebuah afrodz ,,yang sekitarnya bisa menduduki kpada afrdozna maudzu',, BEDA SAMA HUKUM KULL ,,,sebab si KuL mah tidak netepan mahmul salahsatunya afrdoz,,, 


Sedangkan dalam hadits inih ...


 كُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَ لَةٍ وَكُلُّ ضَلاَ لَةٍ فِى النَّارِ


Bisa jadi 


كُلُّ بِدْعَةٍ (حَسَنَةٍ) ضَلاَ لَةٌ وَكُلُّ ضَلاَ لَةٍ فِى النَّارِ


Semua bid' ah (yang baik)itu sesat,... dan semua yang sesat masuk neraka...


Sedangkan Hal ini tidak mungkin...elatnya ,,karena , bagaimana sifat baik dan sesat berkumpul dalam satu benda dan dalam waktu dan tempat yang sama, hal itu tentu mustahil....


Alhasil HUJJAH NYAH TERTOLAK


Kedua bisa juga 

كُلُّ بِدْعَةٍ (سَيِئَةٍ) ضَلاَ لَةٍ وَكُلُّ ضَلاَ لَةٍ فِىالنَّاِر


Semua bid' ah (yang jelek) itu sesat,.. dan semua kesesatan itu masuk neraka


Mungkin enga ?? Mungkin masuk ,, ber arti bisa di ambil sebuah HUKUM 


✍🏻...Bahwa bid'ah yang jelek yang munkarat yang bertolak belakang dengan Al-Qur'an dan hadits serta ijma' qiyas para u'lama maka otomatis SESAT DAN TEMPAT KESESATAN ITU ADA DI NERAKA 


Nah.....kita bahas bid'ah nyah biar tambah ilmunya he..


 Lafadz BID'AH ini menurut nahwu ...bukan 


1. Isim dhomir

2. Isim alam

3. Isim isyaroh

4. Isim maushul

5. Ber alif lam


Yang merupakan bagian dari isim ma'rifat....


 Jadi kalimat bid'ah di sini adalah isim nakiroh

Dan KULLU di sana berarti tidak beridhofah (bersandar) kepada salah satu dari yang 5 diatas...


Nah ...Seandainya KULLU beridhofah kepada salah 1 yang 5 diatas..., maka ia akan menjadi ma'rifat..... Tapi pada 'KULLU BID'AH', ia beridhofah kepada nakiroh. ...Sehingga dalalah -nya adalah bersifat 'am yakni (umum)...


▶️Sedangkan setiap hal yang bersifat umum pastilah menerima pengecualian....


 Dari mana dasarnyaa gituh ??


Dawuh al imam Nawawi ra...


قَوْلُهُ وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ هَذَاعَامٌّ مَخْصٍُوْصٌ وَالْمُرَادُ غَالِبُ الْبِدَعِ.


Dawuh nabi Saw semua bid' ah adalah sesat...., ini adalah kata-kata UMUM yang dibatasi jangkauannya.... 


 Maksud “semua bid' ah itu sesat...▶️,... adalah sebagian besar bid' ah itu sesat..., bukan SELURUH NYAH 


Runjukan mongo lihat kitab Syarh Shahih Muslim, juz 6 halaman 154


Lanttas ,,,apakah SAH di atas itu dikatakan MUBTADA' (awal kalimat)?


 Padahal dalam kitab Alfiyah 


لايجوز المبتدأ بالنكراة


Yakni Tidak boleh mubtada' itu dengan nakiroh....


KECUALI ada beberapa syarat...., di antaranya adalah dengan sifat.

Andai pun mau dipaksakan untuk men-sah-kan mubtada... dengan ma'rifah agar tidak bersifat UMUM pada 'kullu bid'atin di atas, ..MAKA ada sifat yang dibuang..NAH INIH LAH YANG DINAMAKAN


حدف الصفة على الموصوف


Yakni Membuang sifat dari benda yang bersifat...cek ahli balahgoh 


Simpul nyah ,,hadist itu bersifat umum,,bukan semuanya sebab bid' ah pun terbagi sesuai degan takrif defisini nyah


Ada yang bid'ah HASANAH mahbubah 

Ada yang bid'ah yang saiah yang jelek

Share this:

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes