ZAKAT PERHIASAN WANITA
Posted by
MWC.NUGAR.ANZAAY
on
November 19, 2023
in
|
TANYA JAWAB FIQH AQIDAH
ZAKAT PERHIASAN
*PERTANYAAN* :
1. Adakah zakat pada perhiasan wanita jika yg di gunakan itu telah sampai nishob?
2. Bagaimana status perhiasan wanita yg mana telah sampai nishob, akan tetapi di pakai secara keseluruhan, tetapi pemakaian nya tidak sekaligus. Contoh, hari senin hanya pakai gelang, selasa pakai kalung, rabu pakai anting, dan sebagainya, apakah juga termasuk wajib zakatnya?
3. Sebatas manakakah ukuran diperbolehkan memakai perhiasan emas bagi wanita?
*JAWABAN*
1. Perhiasan yang di pakai wanita walaupun sampai pada nisab zakat, tidak wajib di zakati. Karena yang wajib di zakati adalah perhiasan yang disimpan bukan perhiasan yang di pakai.
2. Perhiasan yang di pakai walau bergantian pemakaiannya juga tidak wajib di zakati, karena tidak ada niat untuk menyimpannya. Yang wajib di zakati adalah perhiasan dengan tujuan di simpan dan sampai pada nisab zakat.
3. Perempuan boleh memakai perhiasan emas dan perak tanpa berlebihan, jika berlebihan maka tidak boleh, misal berlebihan adalah ukuran total perhiasan yang dipakai sebanyak 200 mitsqol. Dalam kitab Al-Fiqhul Islamy, dijelaskan 200 mitsqol itu kurang lebih setara dengan 850 gram. Namun menurut Al-adzro'i, ukurannya tidak terbatas 200 mitsqol namun yang menjadi pertimbangan adalah adat kebiasaan jadi bisa lebih dari 200 ataupun kurang. Sedangkan menurut yang lainnya bahwa ukuran berlebihan dalam perak mencapai 2.000 mitsqol.
*REFERENSI :*
*فقه العبادات على المذهب الشافعي، ١١٦/٢*
لا يجب في الحلي المباحة زكاة لحديث ابن عمر رضي الله عنهما قال: "لا زكاة في الحلي ، ولأنها معدة للزينة، وهي استعمال مباح. أما إن ورثها ولم يعلم بها حتى مضى الحول فتجب زكاتها، وكذا لو انكسرت وقصد كنزها فتجب زكاتها، لأنه لا يقصد بإمساكها الاستعمال المباح، بخلاف ما لو قصد إصلاحها، فلا زكاة فيها وإن بقيت أحوالاً.
والحلي المباحة هي ما أحل للمرأة لبسه، فقد أحل لبس جميع أنواع الذهب والفضة، كالسوار والخلخال والخاتم ، وكذا لبس ما ينسج بهما من الثياب، ما لم تسرف، وكذا ما أحل للرجل لبسه، وهو خاتم فضة، بحسب عادة أمثاله، ويحل له تحلية بعض آلات الحرب بالفضة، كالسيف والرمح، ولكن يحرم الإسراف في ذلك.
أما الحلي المحرمة، كسوار وخلخال للرجل فتجب الزكاة فيها، وكذلك الأواني الذهبية والفضية، وما يعلق للنساء والصغار من النقدين في القلائد والبراقع فتجب الزكاة فيه، ويعتبر في الأواني المحرمة وزنها لا قيمتها، أما الحلي فتعتبر قيمتها لا وزنها
*فتح المعين ص ٢٣٣*
ولا زكاة في حلي مباح ولو اتخذه الرجل بلا قصد لبس أو غيره أو اتخذه لإجارة أو إعارة لامرأة إلا إذا اتخذه بنية كنز فتجب الزكاة فيه
“Tidak dikenakan zakat untuk perhiasan yang mubah (dipakai) meskipun perhiasan tersebut dimiliki oleh seorang laki-laki yang bertujuan untuk tidak dipakai atau yang lainnya semisal disewakan dan dipinjamkan kepada seorang perempuan. Kecuali jika perhiasan tersebut dimiliki dengan niat disimpan, maka perhiasan tersebut wajib dikeluarkan
zakatnya”
*إعانة الطالبين ج ٢ ص ١٨١*
ويحل الذهب والفضة بلا سرف لامرأة وصبي إجماعا في نحو السوار والخلخال والنعل والطوق. وعلى الأصح في المنسوج بهما. ويحل لهن التاج وإن لم يعتدنه وقلادة فيها دنانير معراة قطعا وكذا مثقوبة ولا تجب الزكاة فيها. أما مع السرف: فلا يحل شيء من ذلك كخلخال وزن مجموع فردتيه مائتا مثقال فتجب الزكاة فيه
(قوله: مائتا مثقال) قال في التحفة: لم يرتض الأذرعي التقييد بالمائتين، بل اعتبر العادة، فقد تزيد وقد تنقص. وبحث غيره أن السرف في خلخال الفضة أن يبلغ ألفي مثقال، وهو بعيد، بل ينبغي الاكتفاء فيه بمائتي مثقال كالذهب. اه.
* الفقه الاسلامى وأدلته ج ٣ ص ١٨٢٧*
بأن بلغ مئتي مثقال (حوالي ٨٥٠ غم)
*Kesimpulan:*
Tidak wajib dikeluarkan zakatnya untuk perhiasan yang mubah berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma : Tidak ada zakat untuk perhiasan. Yang dimaksud perhiasan disini adalah perhiasan yang mubah dipakai.
Jadi ketika punya emas yang bertujuan untuk dipakai, maka tidak wajib dikeluarkan zakatnya meskipun sudah sampai nisob.
Wallahu ta'ala A'lam
____
Post a Comment