KEMBAR SIAM
Posted by
MWC.NUGAR.ANZAAY
on
June 22, 2024
in
KAJIAN NIKAH
|
KEMBAR SIAM
Deskripsi Masalah :
Kembar siam adalah keadaan kembar yang tubuh keduanya bersatu. Kebanyakan kembar siam memang meninggal dunia saat masih dalam usia bayi. Nmaun, sebagian dari mereka ada juga yang beranjak dewasa. Mereka pun juga ingin mempunyai keturunan seperti layaknya manusia normal. Akhirnya, ada juga dari merka yang sudah menikah dan mempunyai anak.
Pertanyaan :
1. Dalam persepektif islam kembar siam dinggap satu orang atau dua orang?
2. Jika dianggap dua organ bagaimana hukum pernikahannya terkait hubungan badan dengan pasangan?
Jawaban :
1. Dengan berbagai jenisnya, kembar siam dianggap dua orang apabila kepalanya lebih dari satu dan keduakembar tadi punya kehidupan sendiri
Keterangan tambahan:
Ada beberapa jenis kembar siam:
Thoracopagus : kedua tubuh bersatu dibagian dada (thorax). Jantung selalu terlibat dalam kasus ini. Ketika jantung hany satu, harapan hidup baik dengan atau tanpa operasi adalah rendah. (35-40 %dari seluruh kasus)
Omphalopagus : kedua tubuh bersatu dibagian bawah dada. Umumnya masing-masing tubuh memilki jantung masing-masing. Tetpi bias any kembar siam jenis ini hanya memilki satu hati, system pencernaan, diafragma dan organ-organ lain. (34%dari seluruh kasus)
Xiphopagous : kedua tubuh bersatu dibagian xiphoid cartilage.
Pygopagus (iliopagus) : bersatu dibagian belakang. (19% dari seluruh kasus).
Cephalopagus : bersatu dikepala dengan tubuh yang terpisah. Kembar siam jenis ini umumnya tidak bisa bertahan hidup karena kelainan serius di otak, dikenal juga dengan istilah jeniceps, (untuk dewa janus yang bermuka dua) atau syncephalus.
Cephalothirapagus : tubuh bersatu dikepala dan thorax, jenis kembar siam ini umumnya tidak bisa bertahan hidup. (juga dikenal dengan epholothoracopagus atau craniothoracopagus)
Craniopagus : tulang tengkorak bersatu dengan tubuh yang terpisah.(2%)Craniopagus parasiticus : bagian kepala yang kedua yang tidak memiliki tubuh.Dichepalus : dua kepala, satu tubuh dengan dua kaki dan dua atau tiga atau empat lengan, (dibrachius, tribrachius, atau tetrabrachius,) Abigail dan bittany Hensel, adalah contoh kembar siam dari Amerika serikat jenis dicephalus tribrachius.
Ischiopagus : kembar siam anterior yang bersatu dibagian bawah tubuh. (6% dari seluruh kasus).
Ischio-omphalopagus : kembar siam yang bersatu dengan tulang belakang, memebentuk huruf-Y. Mereka memilki empat lengan dan biasanya dua atau tiga kaki, jenis ini biasanya memiliki satu system reproduksi, dan system pembuangan.
Parapagus : kembar siam yang bertsatu pada bagian bawah tubuh, dengan jantung yang sering kali dibagi. (5% dari seluruh kasus)Diprosopus : satu kepala dengan dua wajah pada arah berlawanan.
2. Tetap sah.Catatan: tetap wajib semapunya menjaga dari bersentuhan, melihat dan menutup auratnya orang yang bukan pasangannya.
Referensi :
حاشية البجيرمي على الخطيب (9/ 420)
تَنْبِيهٌ : قَوْلُهُ اثْنَيْنِ قَدْ يَشْمَلُ مَا لَوْ وَلَدَتْ امْرَأَةٌ وَلَدَيْنِ مُلْتَصِقَيْنِ لَهُمَا رَأْسَانِ وَأَرْبَعُ أَرْجُلٍ وَأَرْبَعُ أَيْدٍ وَفَرْجَانِ ، وَلَهُمَا ابْنٌ آخَرَ ثُمَّ مَاتَ هَذَا الِابْنُ وَتَرَكَ أُمَّهُ وَهَذَيْنِ ، فَيُصْرَفُ لَهَا السُّدُسُ وَهُوَ كَذَلِكَ لِأَنَّ حُكْمَهُمَا حُكْمُ الِاثْنَيْنِ فِي سَائِرِ الْأَحْكَامِ مِنْ قِصَاصٍ وَدِيَةٍ وَغَيْرِهِمَا . قَوْلُهُ : ( وَأَرْبَعُ أَرْجُلٍ وَأَرْبَعُ أَيْدٍ ) قَالَ حَجّ : وَظَاهِرٌ أَنَّ تَعَدُّدَ غَيْرِ الرَّأْسِ لَيْسَ بِشَرْطٍ ، بَلْ مَتَى عُلِمَ اسْتِقْلَالُ كُلٍّ بِحَيَاةٍ كَأَنْ نَامَ أَحَدُهُمَا دُونَ الْآخَرِ فَالْحُكْمُ كَذَلِكَ ا هـ .فَكَاثْنَيْنِ أَيْضًا وَإِلَّا فَكَوَاحِدٍ ا هـ .
تحفة المحتاج في شرح المنهاج (27/ 84)
ولو كانا ملتصقين ولكل رأس ويدان ورجلان وفرج إذ حكمهما حكم الاثنين في سائر الأحكام كما نقلوه عن ابن القطان وأقروه وظاهر أن تعدد غير الرأس ليس بشرط بل متى علم استقلال كل بحياة كأن نام دون الآخر كانا كذلك . ( تنبيه ) سئلت عن ملتصقين ظهر أحدهما في ظهر الآخر ولم يمكن انفصالهما فأحرما بالحج ثم أراد أحدهما تقديم السعي عقب طواف القدوم والآخر تأخيره إلى ما بعد طواف الركن فمن المجاب وهل إذا فعل أحدهما ما لزمه من الأركان والواجبات بموافقة الآخر ثم أراد الآخر ذلك يلزم الأول موافقته والمشي والركوب معه إلى الفراغ أيضا أو لا وهل يلزم كلا أن يفعل مع الآخر واجبه من نحو صلاة سواء أوجب عليه نظير ما وجب على صاحبه أو لا ضاق الوقت أم لا ؟ فأجبت بقولي الذي يظهر من قواعدنا أنه لا يجب على أحدهما موافقة الآخر في فعل شيء أراده مما يخصه أو يشاركه الآخر فيه لأن تكليف الإنسان بفعل لأجل غيره من غير نسبته لتقصير ولا لسبب فيه منه لا نظير له ولا نظر لضيق الوقت ؛ لأن صلاتهما معا لا تمكن ؛ لأن الفرض تخالف وجهيهما
حاشية البجيرمي على الخطيب (9/ 420)
تنبيه : قوله اثنين قد يشمل ما لو ولدت امرأة ولدين ملتصقين لهما رأسان وأربع أرجل وأربع أيد وفرجان ، ولهما ابن آخر ثم مات هذا الابن وترك أمه وهذين ، فيصرف لها السدس وهو كذلك لأن حكمهما حكم الاثنين في سائر الأحكام من قصاص ودية وغيرهما . قوله : ( وغيرهما ) كالنكاح ، فيجوز لكل منهما أن يتزوج سواء كانا ذكرين أو أنثيين أو مختلفين ، ويجب الستر والتحفظ ما أمكن وفي الجمعة فإنهما يعدان من الأربعين حيث كانا متوجهين إلى القبلة بأن كان كل منهما بجنب الآخر ، أما لو كانا مختلفين بأن كان ظهر أحدهما لظهر الآخر فلا يتأتى ذلك ويكون هذا عذرا في إسقاط الجمعة عن أحدهما ا هـ .
المجموع شرح المهذب (4/ 483)
قال المصنف رحمه الله (ولا تجب الجمعة علي صبى ولا مجنون لانه لا تجب عليهما سائر الصلوات فالجمعة أولي ولا تجب علي المرأة لما روى جابر قال " قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فعليه الجمعة الا على امرأة أو مسافر أو عبد أو مريض " ولانها تختلط بالرجال وذلك لا يجوز) (الشرح) حديث جابر رواه أبو داود والبيهقي وفي إسناده ضعف ولكن له شواهد ذكرها البيهقي وغيره ويغني عنه حديث طارق بن شهاب السابق والإجماع فقد نقل ابن المنذر وغيره الإجماع أن المرأة لا جمعة عليها وقوله ولأنها تختلط بالرجال وذلك لا يجوز لبس كما قال فإنها لا يلزم من حضورها الجمعة الاختلاط بل تكون وراءهم وقد نقل ابن المنذر وغيره الإجماع على أنها لو حضرت وصلت الجمعة جاز وقد ثبتت الأحاديث الصحيحة المستفيضة أن النساء كن يصلين خلف رسول الله صلى الله عليه وسلم في مسجده خلف الرجال ولأن اختلاط النساء بالرجال إذا لم يكن خلوة ليس بحرام
Copyright © 2021 IASS
Post a Comment