RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP N 2 GARAWANGI Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI) | Kelas/ Semester : VII / 2 (Genap) Alokasi Waktu : 3 JP @40 Menit |
Materi Pokok : Selamat Datang Nabi Muhammad Saw. Kekasihku |
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Menunjukkan contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Mekah.
Menceritakan sejarah masa remaja kelahiran Nabi Muhammad saw.
Meneladani perjuangan Rasulullah saw. di Mekah.
Media/Alat, Bahan & Sumber Belajar |
| Media/Alat | : | Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an |
| Bahan | : | Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus |
| Sumber Belajar | : | Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2016 |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1 |
Pendahuluan (15 menit) |
1. | Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
2. | Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
3. | Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Sejarah Masa Remaja Kelahiran Nabi Muhammad SAW. |
4. | Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh, |
|
Kegiatan Inti (90 Menit) | KEGIATAN LITERASI |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Sejarah Masa Remaja Kelahiran Nabi Muhammad SAW.
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
|
COLLABORATION (KERJASAMA) |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Sejarah Masa Remaja Kelahiran Nabi Muhammad SAW.
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
|
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|
Penutup (15 menit) |
1. | Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
2. | Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN