BREAKING NEWS

Watsapp

Tuesday, January 18, 2022

PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN MATERI PENYEMBELIHAN

 PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN


1. Penilaian Skala Sikap

Berilah tanda “centang” (√) yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan yang tersedia!

No

Pernyataan

Kebiasaan

Selalu

Sering

Jarang

Tidak Pernah

Skor 4

Skor 3

Skor 2

Skor 1

1






2






3






4






5






6






7






8






9






10












Nilai Akhir= Jumlah Skor yang diperoleh peserta didikSkor tertinggi 4 x 100


2. Penilaian “Membaca dengan Tartil”

Rubrik Pengamatannya sebagai berikut:

No

Nama Peserta Didik

Aspek yang dinilai

Jumlah Skor

Nilai

Ketuntasan

Tindak Lanjut

1

2

3

4

T

TT

R

P

1












2












Dst
























Aspek yang dinilai :

1.

Kelancaran

:

Skor 25 → 100

2.

Artinya

:

Skor 25 → 100

3.

Isi

:

Skor 25 → 100

4.

Dan lain-lain

:

Skor dikembangkan


Skor maksimal….

:

100


Rubrik penilaiannya adalah:

  1. Kelancaran 

  1. Jika peserta didik dapat membaca  sangat lancar, skor 100. 

  2. Jika peserta didik dapat membaca  lancar, skor 75. 

  3. Jika peserta didik dapat membaca  tidak lancar dan kurang sempurna, skor 50. 

  4. Jika peserta didik tidak dapat membaca , skor 25 


  1. Arti 

  1. Jika peserta didik dapat mengartikan  dengan benar, skor 100. 

  2. Jika peserta didik dapat mengartikan  dengan benar dan kurang sempurna, skor 75. 

  3. Jika peserta didik tidak benar mengartikan, skor 50. 

  4. Jika peserta didik tidak dapat mengartikan, skor 25.

 

  1. Isi 

  1. Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan benar, skor 100. 

  2. Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan mendekati benar, skor 75. 

  3. Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan tidak benar, skor 50. 

  4. Jika peserta didik tidak dapat menjelaskan, skor 25. 


  1. Dan Lain-lain

Guru dapat mengembangkan skor tersebut jika ditemui kriteria penilaian lain berdasarkan bentuk perilaku peserta didik pada situasi dan kondisi yang berkembang


3. Penilaian Diskusi 

Peserta didik berdiskusi tentang memahami makna . 

Aspek dan rubrik penilaian: 

  1. Kejelasan dan ke dalaman informasi 

  1. Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 100. 

  2. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 75. 

  3. Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi kurang lengkap, skor 50. 

  4. Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi, skor 25. 


Contoh Tabel: 

No.

Nama Peserta didik

Aspek yang Dinilai

Jumlah Skor

Nilai

Ketuntasan

Tindak Lanjut

Kejelasan dan Kedalaman Informasi

T

TT

R

R

1









Dst.










  1. Keaktifan dalam diskusi 

  1. Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100. 

  2. Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 75. 

  3. Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 50. 

  4. Jika kelompok tersebut tidak aktif dalam diskusi, skor 25. 


Contoh Tabel:

No.

Nama Peserta didik

Aspek yang Dinilai

Jumlah Skor

Nilai

Ketuntasan

Tindak Lanjut

Keaktifan dalam Diskusi

T

TT

R

R

1









Dst.










  1. Kejelasan dan kerapian presentasi/ resume 

  1. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan rapi, skor 100. 

  2. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan jelas dan rapi, skor 75. 

  3. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 50. 

  4. Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 25. 


Contoh Tabel:

No.

Nama Peserta didik

Aspek yang Dinilai

Jumlah Skor

Nilai

Ketuntasan

Tindak Lanjut

Kejelasan dan Kerapian Presentasi

T

TT

R

R

1









Dst.










4. Remedial

Peserta didik yang belum menguasai materi (belum mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru. Guru melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu terkait dengan topik yang telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).


CONTOH PROGRAM REMIDI


Sekolah : ........................

Kelas/Semester : ........................

Mat Pelajaran : ........................

Ulangan Harian Ke : ........................

Tanggal Ulangan Harian : ........................

Bentuk Ulangan Harian : ........................

Materi Ulangan Harian : ........................

(KD/Indikator : ........................

KKM : ........................


No

Nama Peserta Didik

Nilai Ulangan

Indikator yang Belum Dikuasai

Bentuk Tindakan Remedial

Nilai Setelah Remedial

Keterangan

1







2







3







4







dst,








5. Pengayaan

Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai materi  sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran. Dalam kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan.


6. Interaksi Guru dengan Orang Tua 

Interaksi guru dengan orang tua perlu dilakukan, salah satunya adalah, guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Membaca dengan Tartil” dalam buku teks peserta didik kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. 

Dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung, dengan pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang perkembangan kemampuan terkait dengan materi. 



Mengetahui,

Kepala Sekolah



………………………….

NIP. ……………………


Lebak, ……………………….. 20…


Guru Mata Pelajaran



…Admin Ilmuguru.org…

NIP. http://www.ilmuguru.org


Catatan Kepala Sekolah :

……………………………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………….

……………………………………………………………………………………………………………………………….


Ketentuan Penyembelihan Hewan

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah : SMP www.ilmuguru.org

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam (PAI)

Kelas/Semester : IX / 2 (Genap)

Alokasi Waktu : 120 Menit

Materi Pokok : Ketentuan Penyembelihan Hewan


  1. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  • Menjalankan ketentuan syariat islam dalam penyembelihan hewan

  • Menunjukkan perilaku peduli terhadap lingkungan sebagai implementasi pemahaman ajaran penyembelihan hewan

  • Menjelaskan manfaat penyembelihan hewan melalui data-data dan informasi dari media cetak atau elektronik.

  • Merumuskan Hikmah Dan Manfaat Pelaksanaan Penyembelihan Hewan

  • Memaparkan rumusan Hikmah Dan Manfaat Pelaksanaan Penyembelihan Hewan.


Media/Alat, Bahan & Sumber Belajar


Media/Alat

:

Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an


Bahan

:

Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus


Sumber Belajar

:

Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX, Kemendikbud, Tahun 2016


  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Ke-3

Pendahuluan (15 menit)

1.

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

2.

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

3.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Hikmah Dan Manfaat Pelaksanaan Penyembelihan Hewan

4.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,


Kegiatan Inti

(90 Menit)

KEGIATAN LITERASI

  • Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Hikmah Dan Manfaat Pelaksanaan Penyembelihan Hewan.

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

  • Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Hikmah Dan Manfaat Pelaksanaan Penyembelihan Hewan.

COLLABORATION (KERJASAMA)

  • Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Hikmah Dan Manfaat Pelaksanaan Penyembelihan Hewan.

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

  • Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

CREATIVITY (KREATIVITAS)

  • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Hikmah Dan Manfaat Pelaksanaan Penyembelihan Hewan. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup (15 menit)

1.

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. 

2.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.


  1. PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

  • Penilaian yang akan dilakukan diantaranya penilaian skala sikap, penilaian “Membaca dengan Tartil”, penilaian tes uraian serta penilaian diskusi.



Mengetahui,

Kepala Sekolah



https://iguru31.blogspot.com 

NIP. ……………………


Lebak, …………………. 20….


Guru Mata Pelajaran



http://www.ilmuguru.org 

NIP. …………………………...



 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes