BREAKING NEWS

Watsapp

Tuesday, March 21, 2023

6 SYARAT PEKERJA BERAT BOLEH TIDAK BERPUASA ROMADLON

 

Alhamdulillah wasyukrulillah jazakumullah KEPADA SEMUA PIHAK yang sudah membantu terlaksananya kegiatan khataman Al Qur'an Semoga Allah SWT membalas kebaikan dan diberikan syafaat Al Qur'an 


📖 *pasal (6)pepiling ❤️*

_*Bab puasa*_


*6 SYARAT PEKERJA BERAT BOLEH TIDAK BERPUASA ROMADLON*


 Bagi para pekerja berat seperti kuli bangunan , buruh panen dll diperbolehkan tidak berpuasa jika memenuhi enam syarat :


1 . Pekerjaan tidak mungkin di lakukan di luar romadhon .


2 . TIDAK bisa dikerjakan di malam hari .


3 . SECARA umum pekerjaan terasa berat jika dikerjakan sambil berpuasa .


4 . Di malam hari tetap niat sehingga pagi hari dalam keadaan puasa , dia baru boleh membatalkan puasa jika memang sudah tidak mampu melanjutkan .


5 . KETIKA membatalkan puasa diniati mengambil keringanan yang di perbolehkan oleh agama .


6 . Tujuan dari mengambil pekerjaan tersebut bukan karena ingin tidak berpuasa .

 Jikalau ada satu saja syarat diatas yg tidak terpenuhi maka tidak boleh bagi dia membatalkan puasa .


REFERENSI nya kitab

بغية المسترشدين  ص : ١١٣

( Bughyatul Mustarsyidiin hal. 113)


BERSAMBUNG, 

صلوا على النبي محمد.... صلى الله عليه

DIBULAN PUASA RAMADHAN SESEORANG SENGGAMA DISIANG HARI KARENA LUPA/ GA SENGAJA, BATALKAH...BACA ITU SERU, HE HE HE

 


Pertanyaan 

Mau tanya kyai, DIBULAN puasa, kalau bersetubuh disiang hari ga sengaja, atau misalnya Lupa, bagaimana Poro KYAI? Batal dan terus bagaimana hukum nya?


Jawabannya 

3 KETENTUAN BARU BATAL PUASA


 ويعتبر فى غير نحو الحيض 

 العمد والعلم والاختيار 


Artinya Baru batal puasa dengan 3 ketentuan : (selain haid dan nifas)

1.Sengaja

2.Mengetahui

3.Ikhtiar (bukan dipaksa)


*Keterangan*

(Selain haid dan nifas semuanya pakai 3 ketentuan diatas ,baru batal puasa)Karena haid dan nifas itu di luar kekuasaan ,terjadi sendiri.


فلا يبطل بذلك صوم الناسى والجاهل المعذور والمكره وأما الجاهل غير المعذور فهو كالعلم كما مر


Maka tidak batal puasa :

1.0rang yang lupa

2.jahil Ma'dzur

3.0rang yang di paksa

Adapun jahil yang tidak Ma'dzur Sama seperti orang Alim


Hasyiah Bajuri


NGAJI KITAB PUASA*

PART 10

FATHUL QARIB

HASYIAH BAJURI

*KITAB MENJELASKAN HUKUM-HUKUM BERPUASA*

*HAL-HAL YANG MEMBATALKAN PUASA*

(وَ) الْخَامِسُ (الْوَطْءُ عَمْدًا فِي الْفَرْجِ)


5️⃣.Yang ke lima adalah wathi’ dengan sengaja di bagian farji.


فَلَا يُفْطِرُ الصَّائِمُ بِالْجِمَاعِ نَاسِيًا كَمَا سَبَقَ


Maka puasa seseorang tidak batal sebab melakukan jima’ dalam keadaan lupa seperti yang telah dijelaskan


(وَ) السَّادِسُ (الْإِنْزَالُ) وَهُوَ خُرُوْجُ الْمَنِيِّ (عَنْ مُبَاشَرَةٍ) بِلَا جِمَاعٍ


6️⃣.Yang ke enam adalah inzal, yaitu keluar sperma sebab bersentuhan kulit dengan tanpa melakukan jima’


مُحَرَّمًا كَإِخْرَاجِهِ بِيَدِّهِ أَوْ غَيْرَ مُحَرَّمٍ كَإِخْرَاجِهِ بِيَدِّ زَوْجَتِهِ أَوْ جَارِيَتِهِ


Baik keluar sperma tersebut diharamkan seperti mengeluarkan sperma dengan tangannya sendiri, atau tidak diharamkan seperti mengeluarkan sperma dengan tangan istri atau budak perempuannya


وَاخْتَرَزَ بِمُبَاشَرَةٍ عَنْ خُرُوْجِ الْمَنِيِّ بِاحْتِلَامٍ فَلَا إِفْطَارَ بِهِ جَزْمًا


mushannif mengecualikan "sebab bersentuhan kulit keluarnya sperma"dengan Sebab mimpi basah, maka secara pasti hal itu tidak bisa membatalkan puasa.


*KETERANGAN*


*Hasyiah I'anatut Tholibin jilid 1 halaman 292*


(قوله والوطء عمدا أى مع العلم والاختيار كما سبق فلا يفطر به مع الجهل بالنسبة للجاهل المعذور بخلاف غير المعذور 


Perkataan musannif : *wathi' dengan sengaja* Artinya dalam keadaan mengetahui dan bukan dipaksa sebagaimana keterangan dahulu !!,Maka tidak batal puasa dengan watha'(bersetubuh) dalam keadaan jahil yang Ma'dzur (jahil karena baru masuk Islam/muallaf dan jahil karena tumbuh besar jauh dari para ulama)

 *lihat part 8*


Adapun jahil ghairu Ma'dzur ,Maka batal puasa nya dengan sebab watha'


*DIPAKSA WAHTA' (BERSETUBUH)*


ولا يفطر به ايضا مع الاكراء ان قلنا بتصور الاكراه على الوطء وهو الأصح وقيل لا يتأتى الاكراه عليه لانه اذا لم يكن له ميل واختيار لا يحصل له انتشار


*KHILAF*

-Tidak batal puasa dengan sebab Watha' yang disertai unsur paksaan gambaran nya ,jika kita mengatakan bahwa watha' itu bisa dipaksa ,dan itu bisa saja terjadi (didasari atas pendapat yang Ashah)


- *Pendapat qila:*

Tidak mungkin bisa dipaksa atasnya watha' Alasan beliau :karena tidak mungkin kemaluannya bisa berdiri kecuali adanya keinginan jima'.


*BARU DI ANGGAP BATAL PUASA DENGAN SEBAB WATHA'*


لا يفطر الا بادخال كل الحشفة أو قدرها من فاقدها فلا يفطر بادخال بعضها بالنسبة للواطئ وأما الموطوء فيفطر بادخال البعض لانه قد وصلت عين جوفه فهو من هذا القبيل لا من قبيل الوطء


-Tidak batal puasa dengan sebab watha' kecuali dengan tenggelam  hasyafah(kepala kemaluan)


-Atau Masuknya Kadar ukuran panjang hasyafah (bagi orang yang tidak ada hasyafah nya )


Maka tidak batal puasa dengan sebab masuk sebahgian hasyafah ,ini berlaku bagi si wathi' (Orang yang watha') yaitu laki-laki


Adapun si Mautu'ah (orang yang di watha')yaitu perempuan ,Maka batallah puasanya, karena sudah di anggap masuk nya Sesuatu dalam rongga.


(قوله فى الفرج أى ولو دبرا من آدمى أو غيره كبهيمة وان لم ينزل


Perkataan musannif:

*Dalam kemaluan* artinya , termasuk juga dubur ,baik dalam kemaluan manusia atau selain manusia seperti binatang ,Maka batal puasanya , sekali pun tidak keluar mani


(قوله والانزال ) المراد به النزول كما يشير اليه قول الشارح وهو خروج المنى والا فالمناسب للانزال أن يقول وهو اخراج المنى 


Perkataan musannif :

*Dan Inzal* yang di Maksud dengan Inzal yaitu Nuzul , sebagaimana 

meng-isyarahkan oleh pensyarah "yaitu *keluar mani*(خروج المنى)


Jika  pensyarah tidak meng-isyarahkan seperti demikian ,Maka yang munasabath (sesuai) bagi kalimat "Inzal" yaitu berkata 

pensyarah: (اخراج المنى)


*KESIMPULAN PENTING*


والحاصل ان الاستمناء وهو طلب خروج المني مع نزوله مفطر مطلقا ولو بحائل فلا يظهر التقييد بقوله عن مباشرة بالنسبة لغيره


Kesimpulan :bahwa istimna' yaitu berusaha mengeluarkan mani (dengan cara apapun) yang di sertai keluar nya mani itu membatalkan puasa (Mutlak) walaupun ada penghalang .


Maka dari kesimpulan di atas, Tidak Nampak Qaid dari perkataan 

musannif :(عن مباشرة) bagi selain nya keluar mani...(Artinya tanpa di kaitkan dengan mubasyarah sekalipun ,jika ada usaha untuk mengeluarkan mani dengan cara apapun ,tetap batal puasanya)


*CONTOH MUBASYARAH (BERSENTUHAN KULIT)*


كقبلة ولمس ما ينقض لمسه كالاجننبية فان نزول المني بذلك مفطران كان ناشئا عن مباشرة فان كان بحائل فلا فطر


Seperti *mencium* dan menyentuh sesuatu yang membatalkan wudhu seperti *menyentuh ajnabi* Maka jika keluar Mani dengan sebab demikian (Batallah puasanya) dengan catatan keluar mani timbul dari mubasyarah,adapun jika ada penghalang maka tidak batal puasanya


(قوله وهو خروج المنى) خرج به خروج المذى ولو عن مباشرة فلا يفطر به كالبول


Perkataan musannif :.  *Keluar mani* mengecualikan keluar  Madzi , walaupun dengan sebab mubasyarah, maka tidak Batal puasa dengan nya(keluar Madzi) Sama seperti keluar kencing


*APA ITU MUBASYARAH*


(قوله عن مباشرة) أى مس البشرة بغير حائل بخلاف ما لو كان ذلك بحائل 


Perkataan musannif:

*Daripada Mubasyarah* Artinya menyentuh kulit tanpa ada penghalang, adapun jika ada penghalang (maka tidak di katakan Mubasyarah)


*MENCIUM ISTRI DI SIANG HARI RAMADHAN*


وحرم نحو لمس كقبلة ان حرك شهوة لخوف الانزال والا فتركه أولى اذ يسن للصائم ترك الشهوات


Dan haram seupama menyentuh seperti mencium,jika menggerakkan syawat karena khawatir keluar mani ,,Adapun jika bukan karena menggerakkan syahwat dan khawatir keluar mani,maka meninggalkan (mencium) itu lebih utama , karena disunatkan bagi orang yang puasa untuk meninggalkan syahwat !!


وانما لم يحرم لضعف احتمال أدائه الى الانزال


Hanya Sanya tidak haram lah mencium istri karena lemah kemungkinan terbawa kepada inzal .


*SEKILAS HUKUM ISTIMNA (ONANI/ MASTURBASI)*


(قوله محرما كان (الخ) هذا التعميم بالنسبة للاستمناء واختلف فيه فقيل كبيرة وقيل صغيرة وقيل مكروه


Perkataan musannif :

Mengeluarkan mani itu batal ,baik dengan cara yang  haram atau dengan cara yang tidak haram, Hukum istimna'(onani/Masturbasi) itu KHILAF : dalam hasyiah Bajuri di sebutkan ada 3 pendapat qila :

1.Dosa besar(haram)

2.Dosa kecil

3.Makruh 


Catatan :

Istimna' yaitu upaya untuk mengeluarkan Mani


(قوله محرما كان الخ) هذا التعميم بالنسبة للاستمناء واختلف فيه فقيل كبيرة وقيل صغيرة وقيل مكروه وقوله أوغير محرم أى بقطع النظر عن الصوم والا فهو بالنسبة للصوم حرام مطلقا


*MELIHAT ATAU MENGHAYAL 18+*

(dalam Bab puasa)


(قوله بالاحتلام) وكذا بالنظر والفكر ان لم تجر عادته بالانزال بهما والا أفطر على المعتمد


Perkataan musannif:

*Dengan sebab mimpi*

Begitu pula tidak batal puasa (keluar mani) dengan sebab melihat atau menghayal/berpikir ,jika tidak berlaku pada adat kebiasaan dengan keluar mani dengan sebab melihat dan menghayal !!


-Adapun jika sudah berlaku kebiasaan keluar mani dengan sebab melihat dan menghayal , MAKA batallah puasanya,Atas pendapat yang Mu'tamad


Wallahu a'lam 

Harap di koreksi dan Simak kajian lanjutan, insyaallah !!


Penyusun :*F.......Z*

KADAR UKURAN ZAKAT FITRAH

 


KAJIAN tentang 

_*Kadar Zakat Fitrah*_


Kadar atau ukuran zakat fitrah ternyata memang tidak ada perbedaan yaitu 1 sho', sedangkan 1 sho' itu adalah 4 mud. Namun ketika dikonversikan ke dalam satuan berat maka akan terjadi beberapa perbedaan. Berikut kami himpun ukuran zakat fitrah dari kitab yang kami punya -walaupun aplikasi atau pdf-, yaitu :


▪️Buku RUMUS DAN UKURAN DALAM FIQIH 2,719 kg

▪️Kitab Taqrirot Assadidah 2,75 kg, sebagian ulama mengatakan 3 kg, karena lebih utama berhati-hati.

▪️Kitab Ghoyatul Muna 2,75 kg

▪️Kitab Alfiqhul Manhaji 2,4 kg

▪️Kitab Tadzhib 2,4 kg

▪️Kitab Mukhtashor Tasyyid AlBunyan 2,5 kg

▪️Alfiqhul Islami wa Adillatuhu lizzuhaili 2,751 kg

▪️Fatawa Darul Ifta' 2 kg


Referensi :


📒 التقريرات السديدة قسم العبادات، ٤١٩

الواجب فيها : صاح عن كل شخص (٤)، أي: أربعةُ أَمْدَادٍ بِمُد النبي ، وهو ما يساوي حالياً ٢,٧٥ كيلو تقريباً (٥) .

------

(٥) وبعضهم يقول : ثلاثة كيلوات تقريباً، فالأفضل الاحتياط. 


📒 غاية المنى شرح سفينة النجا ص ٥٤٩ مكتبة تريم الحديثة

وقدر زكاة الفطر صاع لحديث ابن عمر المتقدم، والصاع أربعة أمداد نبوية، ومقداره وزنا بالأوزان الحالية ثلاثة كيلو غرام إلا ربعا من غالب قوت المؤدى عنه، وقيل من قوت نفسه. إهـ


📒 [مجموعة من المؤلفين، الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي، ٢٣٠/١]

والصاع الذي كان يستعمله رسول الله - صلى الله عليه وسلم - إنما هو عبارة عن أربعة أمداد، أي حفنات، وهذه الحفنات الأربع مقدرة بثلاثة ألتار كيلاً، وتساوي بالوزن (2400) غراماً تقريباً.


📒 [مصطفى ديب البغا، التذهيب في أدلة متن الغاية والتقريب، صفحة ١٠٠]

صاعا من قوت بلده (1) وقدره خمسة أرطال وثلث بالعراقي (2).

(2) وتساوَي بالوزن 2400 غراماً تقريباً.


📒 مختصر تشييد البنيان ص ٢٠٥

وتجب زكاة الفطرة صاعا برا أم شعيرا أو مسيبليا أم كنيا أم دخنا أصفر كما اعتمدوه في الجهة بل يجوز من كل حب وجبت فيه الزكاة والصاع أربعة أمداد والمد ثمانية عشر أوقية عن رطل ونصف في جهتنا في حضر موت الداخل سابقا أما اليوم فالرطل موحد وهو ستة عشر أوقية في كامل المنطقة (إثنان كيلو ونصف تقريبيا)


📒 [وهبة الزحيلي ,الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي ,1/142]

الصاع الشرعي أو البغدادي: (4) أمدادأو (5 و3/ 1) رطل، أي أربع حَفَنات كبار، ووزنه: (7،685) درهماً أو (75،2) لتراً أو (2176) غم وهو رأي الشافعي وفقهاء الحجاز والصاحبين باعتبارأن المد: رطل وثلث بالعراقي، وعند أبي حنيفة وفقهاء العراق: ثمانية أرطال باعتبار أن المد رطلان، فيكون (3800غم).وفي تقدير آخر هو الشائع أن الصاع (2751غم). قال النووي: الأصح أن الصاع ست مئة وخمسة وثمانون درهماً وخمسة أسباع درهم. والرطل مئة وثمانية وعشرون درهماً وأربعة أسباع درهم. والعبرة بالصاع النبوي إن وجد أومعياره، فإن فقد أخرج مزكي الفطرة قدراً يتيقن أنه لا ينقص عن صاع. والصاع بالكيل المصري: قَدَحان.


📒 [مجموعة من المؤلفين، فتاوى دار الإفتاء المصرية، ٢٤٧/٩]

هذا، والصاع يساوى اثنين من الكيلو جرامات، 48 درهما، أى أربع أوقيات.

وبالنسبة لحكمة مشروعية هذه


® Sibawaih

Saturday, March 18, 2023

6 SYARAT PEKERJA BERAT BOLEH TIDAK BERPUASA ROMADLON

 


📖 *pasal (6)pepiling ❤️*

_*Bab puasa*_

*6 SYARAT PEKERJA BERAT BOLEH TIDAK BERPUASA ROMADLON*

Bagi para pekerja berat seperti kuli bangunan , buruh panen dll diperbolehkan tidak berpuasa jika memenuhi enam syarat :

1 . Pekerjaan tidak mungkin di lakukan di luar romadhon .

2 . Tidak bisa dikerjakan di malam hari .

3 . Secara umum pekerjaan terasa berat jika dikerjakan sambil berpuasa .

4 . Di malam hari tetap niat sehingga pagi hari dalam keadaan puasa , dia baru boleh membatalkan puasa jika memang sudah tidak mampu melanjutkan .

5 . Ketika membatalkan puasa diniati mengambil keringanan yang di perbolehkan oleh agama .

6 . Tujuan dari mengambil pekerjaan tersebut bukan karena ingin tidak berpuasa .

Jika ada satu saja syarat diatas yg tidak terpenuhi maka tidak boleh bagi dia membatalkan puasa .

بغية المسترشدين  ص : ١١٣

PUASANYA ORANG HAMIL, BAGAIMANA KAH?

 



Kajian orang yang batal PUASA RAMADHAN 

Wa'alaikum salaam, orang hamil tetap wajib berpuasa, akan tetapi bila hawatir timbul efek negativ baik pada janin atau pada ibunya maka makruh berpuasa dan boleh tidak berpuasa dan bla yaqin akan menimbul efek negativ maka harus tidak berpuasa dan harom hukumnya bila berpuasa.

: .فللمريض ثلاثة أحوال : إن توهم ضرر يبيح التيمم كره له الصوم وجاز له الفطر وإن تحقق الضرر المذكور أو غلب على ظنه أو انتهى به العذر إلى الهلاك أو ذهاب منفعة عضو حرم الصوم و وجب الفطر وإن كان المرض خفيفا بحيث لا يتوهم فيه ضررا يبيح التيمم حرم الفطر و وجب الصوم مالم يخف الزيادة وكالمريض الحصادون والملاحون والفعلة ونحوهم، ومثله الحامل والمرضع ولو كان الحمل من زنا أو شبهة ولو بغير آدمي حيث كان معصوما أو كانت المرضع مستأجرة أو متبرعة ولو لغير آدمي. نهاية الزين ص : ١٧٢


Bila orang hamil yang tidak berpuasa tersebut karena menimbulkan efek negatif pada janinnya maka wajib qodlo' dan bayar fidyah 1 mud / 7 ons,bila menimbulkan efek negatif pada ibunya atau pada ibu dan janinnya maka wajib qodlo' saja tanpa bayar fidyah.

: ويجب المد مع القضاء على حامل ومرضع أفطرتا للخوف على الولد___واحترز بقوله للخوف على الولد عما إذا أفطرتا خوفا على أنفسهما أن يحصل لهما من الصوم مبيح تيمم فإنه يجب عليهما القضاء بلا فدية كالمريض المرجو البرء وإن انضم لذلك الخوف على الولد لأنه وقع تبعا. إعانة الطالبين   ٢/٢٤١-٢٤٢

Berikut tabel ketentuan orang yang batal PUASA RAMADHAN 






SEMOGA bermanfaat 

KESUNAHANNYA QUNUT DITANGGAL 15-16 PERTENGAHAN ROMADHON

 


KAJIAN TENTANG MEROKOK DARI BERBAGAI SUDUT PANDANG




APAKAH HUKUMNYA MEROKOK SAMBIL BAB (Buang Air Besar)....???


Hukum BAB (buang Air besar ) sambil MEROKOK (jawa Ngudhut/ngeses)  : 


REFERENSI KITAB 

KIFAYATUL AKHYAAR 

Hal 30~31, Juz 1

(ولا يتكلم على البول والغائط) أي ندباً، قال أبو سعيد رضي الله عنه سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: (لا يخرج الرجلان يضربان الغائط كاشفي عورتيهما يتحدثان فإن الله تعالى يمقت على ذلك). رواه أبو داود والمقت أشد البغض، والحديث مكروه، ولم يفض إلى التحريم كما في قوله صلى الله عليه وسلم: (أبغض الحلال إلى الله تعالى الطلاق) وفي معنى الكلام رد السلام وتشميت العاطس والتحميد، فلو عطس حمد الله تعالى بقلبه ولا يحرك لسانه، قال المحب الطبري : وينبغي أن لا يأكل ولا يشرب ، وينبغي أن لا ينظر ما يخرج منه، ولا إلى فرجه، ولا إلى السماء، ولا يعبث بيده،


FOKUS :

قال المحب الطبري : وينبغي أن لا يأكل ولا يشرب

Sabda kanjeng Al-Muhib Ath-Thobari "Dan sebaiknyaTIIDAK MAKAN dan MINUM  ketika buang hajat" 

(ini bisa diartikan sebagai sesuatu yang MAKRUH ).

@ETIKA BUANG ANGIN@

BERSIN , SENDAWA, MENGUAP, dan KENTUT /(BUANG ANGIN) ,

termasuk aktivitas yang hampir setiap hari terjadi pada diri kita ,

atau minimal kita melihat orang lain melakukannya. Termasuk keistimewaan syari’at Islam yang mulia adalah tidak satupun aktivitas seorang manusia melainkan telah ada petunjuk dan aturannya di dalam ajaran islam.

 Salah satu adab (jawa toto keromo) , KENTUT /BUANG ANGIN adalah :


1. Tidak melakukannya ketika bersama orang lain,


2. Tidak mempermainkan suaranya, (Jawa Ngedhen sak kuate )


3. Tidak menertawkannya sambil jingkrak jingkrak.

4.    Dilarang menertawakan Kentut. 

Di antara ETIKA dalam ISLSM  yang diajarkan KANJENG NABI MUHAMMAD SAW  adalah, :

~ Tidak menghina (mencelah) ,keadaan orang lain, yang dirinya sendiri juga melakukannya. 

~Kentut adalah bagian dari rangkaian metabolisme tubuh manusia. 

Sehingga semua orang yang normal mengalaminya.

~ Untuk itu, ketika kita mendengar ada orang yang kentut, kita dilarang menertawakannya. Karena kita sendiripun pernah mengalaminya.


(BETUL APA BETUL ..

BENAR APA BENAR TO !!!)

Dari sahabat Abdullah bin Zam’ah radhiyallahu ‘anhu, Suatu hari KANJENG NABI SAW menyampaikan khutbah. Beliau menceritakan tentang kisah onta Nabi Sholeh yang disembelih kaumnya yang membangkang.

 Beliau menafsirkan firman Allah di surat as-Syams. Kemudian beliau menasehati agar bersikap lembut dengan wanita, dan tidak boleh memukulnya.

Kemudian beliau menasehati sikap sahabat yang tertawa ketika mendengar ada yang kentut.

لَمَ يَضْحَكُ أَحَدُكُمْ مِمَّا يَفْعَلُ؟

“Mengapa kalian mentertawakan kentut yang kalian juga biasa mengalaminya.” 


(HR. Bukhari 4942 dan Muslim 2855).


TANBIH :

Menertawakan Kentut adlah Kebiasaan Jahiliyah (Orang yg bodoh alias dhungu.)!!!

Mulai dari sekarang kita buang ANGIN ALIAS KENTUT , YA SALING MENGHORMATI DLM ETIKA ....TIDAK ELOK DI BUAT MAINAN 

SALING MAWAS DIRI  !!!!!!

JIKA MAU DI BUAT MAINAN ALAIS DI KERASKAN SUARANYA , BAGUS KITA BELI TROMPET JUMBO.. .....SATU KAMPUNG MENDENGAR.SEMUA IRAMANYA...

HE HE HE HE.😁😁😆

وكانوا في الجاهلية إذا وقع ذلك من أحد منهم في مجلس يضحكون فنهاهم عن ذلك

“Dulu mereka (para sahabat) di masa jahiliyah, apabila ada salah satu peserta majlis yang kentut, mereka pada tertawa. Kemudian beliau melarang hal itu.”


واللّه أعلم باالصواب۔۔۔۔


Kajian selanjutnya sektor sejarah 

ROKOK KLOBOT DAN HARGA DIRI ANAK BANGSA_*


_*Masya Allah*_

_Pada bulan Desember 1949, dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) yang digelar di Den Haag, Belanda._

_Dalam sesi rehat, semua orang terganggu karena ruangan dipenuhi asap yang beraroma rempah terbakar. Semua mata tertuju pada seorang pria tua berjanggut yang sedang merokok di pojok ruangan._

_Rokok klobot campuran dari tembakau, cengkeh, dan lada._ 

_Delegasi AS perlahan mendekati pria tersebut yang tampak acuh tak acuh meski diperhatikan semua orang. Seketika itu juga beberapa orang dari Delegasi Belanda, Australia, dan Swedia ikut menghampirinya._ 

_"Apa Tuan tidak punya rasa hormat?" ujar Delegasi Belanda._

_Pria tua berjanggut itu hanya tersenyum seraya mengembuskan asap rokok yang membentuk huruf O._

Pria tua itu menjawab: _"Apa maksud Tuan dengan rasa hormat?"_

_"Asap dan aromanya itu (rokok) sangat menyengat, mengganggu kami semua," jawab orang Belanda._

_"Tahukah Tuan, aroma itu berasal dari tembakau Deli, cengkeh dari Sulawesi, lada dari Lampung. Ketiga komoditas itulah yang mendorong Tuan beserta balatentara Tuan datang ke negeri kami dan akhirnya menjajah kami. Tanpa ketiga komoditas itu, apa Tuan masih mau datang ke negeri kami?" ucap  pria tua itu dengan santun dalam bahasa diplomat berkelas._

_"Ya, tapi ini 'kan tempat terhormat? Tidak ada tempat merokok di sini", jawab orang Belanda._

_"Kami memang tidak pandai menciptakan tempat bagi orang terhormat, tetapi kami mampu beramah-tamah sekian ratus tahun dengan orang yang menjarah negeri kami. Apakah itu kurang cukup mengajarkan Tuan tentang rasa malu?"_ jawab pria tua itu lagi.

Kemudian pria tua itu menatap ke semua orang yang mengerumuninya, _*"Setujui dan akui sajalah kedaulatan negeri kami, maka Tuan-tuan tidak akan pernah bertemu dengan orang seperti saya lagi. Tempat terhormat ini tidak akan lagi tercemar dengan asap beraroma tembakau, cengkeh dan lada,"*_ tuturnya.

_Orang Belanda itu tersipu malu._ _Sementara para Delegasi AS, Australia dan Swedia bertepuk tangan sebagai ungkapan rasa hormat._

---

_Siapakah tetua itu?_

_Ia adalah *H. Agus Salim, Bapak Pendiri bangsa Indonesia*._ 

_Beliau menguasai 6 bahasa._ _Diplomat yang seumur hidupnya melarat untuk pengabdiannya kepada kemerdekaan RI._ Pada tahun 1953, ia dipercayai menjadi dosen selama setengah tahun di Cornell University, AS._

---

_*Proklamasi itu kemerdekaan secara de facto, namun secara de jure orang-orang terbaik bangsa mati-matian memperjuangkannya di Den Haag, Belanda.*_

*_Begitulah cara H. Agus Salim menghadapi penjajah beserta kacungnya yang mengatasnamakan "INTERNASIONAL"_*

---

_Semua orang itu sama. Punya rasa takut, baik itu kepada Tuhan, sesama manusia maupun bencana alam._ 

*_Orang yang kita lihat hari ini berani karena dulunya sering diintimidasi oleh rasa takut. Karena sudah biasa menghadapi rasa takut, akhirnya mereka mampu mengendalikan rasa takutnya menjadi kekuatan untuk berani._*


Copas

(AP)


[Tentang Rokok ada keterangan yg saya kutip, barangkali bisa membantu :

القهوة والدخان: سئل صاحب العباب الشافعي عن القهوة، فأجاب: للوسائل حكم المقاصد فإن قصدت للإعانة على قربة كانت قربة أو مباح فمباحة أو مكروه فمكروهة أو حرام فمحرمة وأيده بعض الحنابلة على هذا التفضيل. وقال الشيخ مرعي بن يوسف الحنبلي صاحب غاية المنتهى: ويتجه حل شرب الدخان والقهوة والأولى لكل ذي مروءة تركهما

الفقه  الإسلام وادلته ج :  6 ص 166

 Masalah kopi dan rokok; penyusun kitab Al-'Ubab dari madzhab Asy-Syafi'i ditanya mengenai kopi, lalu ia menjawab: (Kopi itu sarana) hukum, setiap sarana itu sesuai dengan tujuannnya. Jika sarana itu dimaksudkan untuk ibadah maka menjadi ibadah, untuk yang mubah maka menjadi mubah, untuk yang makruh maka menjadi makruh, atau haram maka menjadi haram. Hal ini dikuatkan oleh sebagian ulama' dari madzhab Hanbaliy terkait penetapan tingkatan hukum ini. Syaikh Mar'i ibn Yusuf dari madzhab Hanbaliy, penyusun kitab Ghayah al-Muntaha mengatakan : Jawaban tersebut mengarah pada rokok dan kopi itu hukumnya mubah, tetapi bagi orang yang santun lebih utama meninggalkan keduanya.


Pada kitab bughyah dan al bajuri dijelaskan bahwa hukum merokok itu makruh. Hukum rokok ada 3 pendapat:


- menurut qoul dlo'if haram,karena di dalam nya terdapat bahaya yang besar,

- mubah

- makruh menurut qoul mu'tamad.


dan merokok bisa menjadi wajib jika pekerjaan wajib bisa ditinggalkan sebab meninggalkan rokok, oleh karena itu hukum jual beli rokok sah.dan bisa haram jika untuk membeli rokok menggunakan harta untuk memenuhi perkara yang wajib,sprt harta untuk menafkahi keluarga yang seharusya harta tersebut untuk menafkahi keluarga.


HASIL MUSYAWARAH JAM'IYYAH RIYADLOTUTTHOLABAH PONPES ALFALAH PLOSO MOJO KEDIRI Tentang Hukum Merokok


156.  SOAL : Bagaimana hukumnya merokok ?

JAWAB : Dalam menetapkan hukum merokok ada tiga kelompok ulama :

1. ulama yang mengatakan haram secara mutlak.

2. ulama yang mengatakan halal secara mutlak.

3. ulama yang mengatakan bahwa hukumnya dapat berubah menjadi lima (halal, haram, mubah,makruh, dan sunah) menurut situasi dan kondisinya;dalam arti bisa :

a. Haram, seperti merokok hanya karena sengaja untuk ber hambur hamburan yang diharamkan atau akan menimbulkan bahaya .


b. Makruh, seperti merokok tanpa tujuan apa apa dan tidak berbahaya dikarenakan merokok termasuk hal yang masih di khilafkan ulama yang menyebabkan keraguan (hukumnya), padahal melakukan perkara yang masih diragukan halal dan haramnya adalah makruh .


c. Wajib, (seperti) apabila punya penyakit / bahaya pada dirinya yang tidak bisa sembuh / hilangkecuali dengan merokok .


d. Sunah, (seperti) apabila mempunyai penyakit yang berbahaya tetapi masih ada obat lain,dikarenakan berobat hukumnya sunah .


e. Mubah, artinya dalam situasi makruh, sunah, danwajib bisa dinamakan mubah.


Sab'atu Kutubin Mufidah 135-137 :

ﻭﻋﺒﺎﺭﺓ ﺍﻟﺘﻨﺒﺎﻙ : ﺇﺫﺍ ﺗﻘﺮﺭ ﺫﻟﻚ ﻓﺎﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﻣﺴﺌﻠﺔ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻝﺍﻟﺘﻨﺒﺎﻙ ﺷﺮﺑﺎ ﻭﺳﻌﻮﻃﺎ ﻣﻦ ﺟﻤﻠﺔ ﺇﻓﺮﺍﺩ ﺍﻷﻣﻮﺭ ﺍﻟﻤﺘﺸﺒﻬﺎﺕ ﺍﻟﺘﻰﻓﺴﺮﻫﺎ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﺭﺣﻤﻬﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﻜﻞ ﻣﺎ ﻟﻴﺲ ﺑﻮﺍﺿﺢ ﺍﻟﺤﺎﻝﻭﺍﻟﺤﺮﻣﺔ ﻣﻤﺎ ﺗﻨﺎﺯﻋﺘﻪ ﺍﻷﺩﻟﺔ ﻭﺗﺠﺎﺫﺑﻨﻪ ﺍﻟﻤﻌﺎﻧﻰ ﻭﺍﻷﺳﺒﺎﺏﺍﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ ﻭﻣﻦ ﺃﺟﻞ ﺫﻟﻚ ﺇﻧﻘﺴﻢ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻓﻰ ﺍﻟﻜﻼﻡ ﻋﻠﻰﺣﻜﻤﻪ ﺛﻼﺛﺔ ﻣﺬﺍﻫﺐﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﺍﻷﻭﻝ ﻣﺬﺍﻫﺐ ﻣﻦ ﺃﻃﻠﻖ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺑﺘﺤﺮﻳﻢ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﺇﻟﻰﺃﻥ ﻗﺎﻝﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﺍﻟﺜﺎﻧﻰ ﻣﺬﻫﺐ ﻣﻦ ﺃﻃﻠﻖ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺑﻌﺪﻡ ﺗﺤﺮﻳﻢ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻝﺍﻟﺘﻨﺒﺎﻙ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭ ﺍﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﻣﺬﻫﺐ ﻣﻦ ﻟﻢ ﻳﺮ ﺇﻃﻼﻕ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺑﺘﺤﺮﻳﻢﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﺍﻟﺘﻨﺒﺎﻙ ﺃﻭ ﺗﺤﻠﻴﻠﻪ ﻷﻧﻪ ﻳﺮﻯ ﺃﻥ ﺍﻟﻤﻘﺎﻡ ﻣﻘﺎﻡ ﺗﻔﺼﻴﻞﻭﺍﻟﻘﺎﻋﺪﺓ ﺃﻥ ﺍﻹﻃﻼﻕ ﻟﻠﺤﻜﻢ ﻓﻰ ﻣﻘﺎﻡ ﺍﻟﺘﻔﺼﻴﻞ ﺧﻄﺎﺀ ، ﻓﻴﺮﻯﺃﻥ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻷﺣﻜﺎﻡ ﺍﻟﺸﺮﻋﻴﺔ ﺍﻟﺨﻤﺴﺔ ﺍﻟﺤﺮﻣﺔ ﻭﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ ﻭﺍﻟﻮﺟﻮﺏ ﻭﺍﻟﻨﺪﺏ ﻭﺍﻹﺑﺎﺣﺔ ﺗﺠﺮﻱ ﻓﻰ ﻣﺴﺌﻠﺔ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﺍﻟﺘﻨﺒﺎﻙ ﺑﺤﺴﺐﺍﻟﻤﻘﺘﻀﻴﺎﺕ ﺍﻟﻮﺿﻌﻴﺔ ﺍﻟﺸﺮﻋﻴﺔ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝﻓﺎﻋﻠﻢ ﺃﻥ ﺃﻣﺜﻠﺔ ﺫﻟﻚ ﻻ ﺗﺪﺧﻞ ﺗﺤﺖ ﺍﻟﺤﺼﺮ ﻭﻟﻜﻦ ﻻ ﺑﺄﺱﺑﺎﻹﺷﺎﺭﺓ ﺍﻟﻰ ﺑﻴﺎﻥ ﺫﻟﻚ ﻓﻴﻤﺎ ﻧﺤﻞ ﺑﺼﺪﺩﻩ ﻣﻦ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻷﺣﻜﺎﻡﺍﻟﺨﻤﺴﺔ


ﻓﻤﻦ ﺃﻣﺜﻠﺔ ﺑﺎﺏ ﺍﻟﺤﺮﺍﻡ ﺃﻥ ﻳﻘﺎﻝ ﺇﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﺍﻟﺘﻨﺒﺎﻙ ﻟﻤﻦ ﻛﺎﻥﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﻟﻪ ﻟﻴﺲ ﺇﻻ ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻪ ﺍﻹﺳﺮﺍﻑ ﺍﻟﻤﺤﺮﻡ ﺃﻭ ﺗﺮﺗﺐ ﻋﻠﻰﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﺿﺮﺭ ﻣﺤﺮﻡ ﻳﻜﻮﻥ ﺫﻟﻚ ﺣﻜﻤﺎ ﻭﺿﻌﻴﺎ ﻟﺤﺮﻣﺔﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﺍﻟﺘﻨﺒﺎﻙ ﻓﻰ ﺣﻖ ﻣﻦ ﻫﺬﺍ ﺻﻔﺘﻪ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝﻭﻣﻦ ﺃﻣﺜﻠﺔ ﺑﺎﺏ ﺍﻟﻤﻜﺮﻭﻩ ﺃﻥ ﻳﻘﺎﻝ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﺍﻟﺘﻨﺒﺎﻙ ﺍﺧﺘﻠﻒﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﺭﺣﻤﻬﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻓﻰ ﺣﻜﻤﻪ ﻭﺍﺧﺘﻼﻓﻬﻢ ﻓﻰ ﺍﻟﺸﻲﺀﺣﻜﻢ ﻭﺿﻌﻲ ﻟﻜﺮﻫﺔ ﺍﻗﺘﺤﺎﻡ ﺍﻟﺮﻳﺐ ، ﻗﺎﻝ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺍﻟﺴﻼﻡﺩﻉ ﻣﺎ ﻳﺮﺑﻚ ﺍﻟﻰ ﻣﺎ ﻻ ﻳﺮﺑﻚ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﻨﺴﺎﺉ ﻭﺍﻟﺘﺮﻣﺬﻯ ﻭﺍﻟﺤﺎﻛﻢﻭﺻﺤﺤﺎﻩﻭﻣﻦ ﺃﻣﺜﻠﺔ ﺃﻣﺜﻠﺔ ﺑﺎﺏ ﺍﻟﻮﺟﻮﺏ ﺃﻥ ﻳﻘﺎﻝ ﺩﻓﻊ ﺍﻟﻀﺮﺭ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻔﺲﺇﺫﺍ ﺗﻌﻴﻦ ﺣﻜﻢ ﻭﺿﻌﻲ ﻟﻮﺟﻮﺏ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﻣﺎ ﻳﻘﻊ ﺑﻪ ﺍﻟﺪﻓﻊﻟﻤﻔﻬﻮﻡ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﻻ ﺗﻘﺘﻠﻮﺍ ﺍﻧﻔﺴﻜﻢ ـ ﺑﻞ ﻟﻮ ﻭﻗﻌﺖ ﺍﻟﺘﺠﺮﻳﺔﻓﻰ ﺃﻥ ﺍﻟﺪﻓﻊ ﻟﺬﻟﻚ ﺍﻟﻀﺮﺭ ﻟﻴﺲ ﺇﻻ ﺑﺘﻌﺎﻃﻰ ﺍﻟﻤﺤﺮﻡ ﺃﻛﻼ ﻭﺷﺮﺑﺎﻭﺟﺐ ﻷﻧﻪ ﻣﻀﻄﺮ ﻓﻰ ﺑﻘﺎﺀ ﺭﻭﺣﻪ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝﻭﻣﻦ ﺃﻣﺜﻠﺔ ﺑﺎﺏ ﺍﻟﻨﺪﺏ ﺃﻥ ﻳﻘﺎﻝ ﺩﻓﻊ ﺍﻟﻀﺮﺭ ﻋﻦ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻣﻦﻋﺎﺭﺽ ﺍﻟﺪﺍﺀ ﺣﻜﻢ ﻭﺿﻌﻲ ﻟﻨﺪﺏ ﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻝ ﻣﺎ ﻳﻘﻊ ﺑﻪ ﺍﻟﻨﻔﻊﻣﻦ ﺗﻌﺎﻃﻰ ﺍﻟﺪﻭﺍﺀ ﻟﺘﻈﺎﻫﺮ ﺍﻷﺩﻟﺔ ﺍﻟﺴﻤﻌﻴﺔ ﺍﻟﻤﺘﻜﺎﺛﺮﺓ ﻋﻠﻰﻣﺸﺮﻭﻋﻴﺔ ﺍﻟﺘﺪﺍﻭﻯ ﺇﻟﻰ ﺃﻥ ﻗﺎﻝ


ﻭﻗﺪ ﺫﻛﺮ ﺍﻷﻃﺒﺎﺀ ﺍﻟﻤﺘﺄﺧﺮﻭﻥ ﺃﻧﻪ ﻳﻨﻔﻊ ﻷﻭﺟﺎﻉ ﺍﻟﻜﺒﺪ ﻭﻣﻦﺍﻟﺤﻤﻴﺎﺕ ﺍﻟﻐﻠﻴﻈﺔ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻤﻐﺾ ﻭﺍﻟﻴﺮﻓﺎﻥ ﻭﻟﺘﺠﻔﻴﻒ ﺍﻟﺮﻃﻮﺑﺎﺕﻭﻏﻴﺮ ﺧﺎﻑ ﺟﺮﻳﺎﻥ ﻣﺎ ﺫﻛﺮ ﻓﻰ ﺍﻟﺘﻨﺒﺎﻙ ﺳﻮﺍﺀ ﻗﻠﻨﺎ ﺑﺠﻮﺍﺯﺍﺳﺘﻌﻤﺎﻟﻪ ﺃﻭ ﺑﺤﺮﻣﺘﻪ ﻭﺃﻥ ﻛﺮﺍﻫﺔ ﺍﻟﺘﻨﺒﺎﻙ ﻭﻧﺪﺑﻪ ﻭﻭﺟﻮﺑﻪ ﻳﻄﻠﻖﻋﻠﻴﻪ ﺍﺳﻢ ﺍﻟﺠﺎﺋﺰ ﺑﻤﻌﻨﻰ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻤﻤﻨﻮﻉ ﻣﻦ ﻓﻌﻠﻪ

ﺇﻧﺘﻬﻰ ﺭﺳﺎﻟﺔ ﻓﻰ ﻗﻤﻊ ﺍﻟﺸﻬﻮﺍﺕ ﻋﻦ ﺗﻨﺎﻭﻝ ﺍﻟﺘﻨﺒﺎﻙ ﻣﻦ ﺳﺒﻌﺔﻛﺘﺐ ﻣﻔﻴﺪﺓ ﺹ 135-137 :


Hukum rokok

(قوله ولا بيع لا منفعة فيه) قيل منه الدخان المعروف لانه لا منفعة فيه بل يحرم استعماله لان فيه ضررا كبيرا وهذا ضعيف وكذا القول بانه مباح والمعتمد انه مكروه بل قد يعتريه الوجوب كما اذا كان يعلم الضرر بتركه وحينئذ فبيعه صحيح وقد تعتريه الحرمة كما اذا كان يشتريه بما يحتاجه لنفقة عياله او تيقن ضرره


Dan tidak sah jual beli yang tidak ada manfaatnya, ada yang berpendapat rokok itu termasuk tidak sah jual belinya karena termasuk barang yang tidak ada manfaatnya bahkan haram menggunakan/menghisapnya karena adanya dampak negatif dan pendapat ini dianggap lemah/dlo'if.begitu juga pendapat yang menyatakan rokok itu halal juga dianggap dloif/lemah..dan pendapat yang mu'tamad/yang bisa dibuat pegangan yaitu sesungguhnya hukum rokok itu makruh,,bahkan bisa menjadi wajib jika tau kalau meninggalkan rokok bisa berdampak negatif pada dirinya,kalau sudah begitu maka jual beli rokok tadi hukumnya sah..kadang juga hukumnya rokok tadi menjadi haram seperti membeli rokok dengan uang yang seharusnya untuk nafaqoh keluarganya atau ada keyakinan jika merokok akan langsung berdampak negatif pada dirinya. [ keterangan dari kitab albajuri juz 1 hal 343 cetakan alhidayah ].

والله أعلم بالصواب...

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes