Allhumma Hadza minka wa ilaika fa taqobbal hadzihil udlkhiyyah ni'matan minka 'alayya wa taqorrobtu biha ilaika fa taqobbalha. [Hasyiyah Bajuri Juz 2].
- Al Fiqhu 'Ala Madzahibil Arba'ah :
الشافعية قالوا : يسن في الأضحية كونها سمينة سواء كان سمنها بفعله أو بفعل غيره وأن لا تكون مكسورة القرن ولا فاقدته وأن تذبح بعد صلاة العيد وأن يكون الذابح مسلما وأن يكون الذبح نهارا ويكره ليلا إن لم يكن لحاجة وإلا فلا كراهة وأن يطلب لها موضعا لينا لأنه أسهل لها وأن يوجه مذبحها للقبلة وأن يتوجه هو إليها أيضا . وأن يسمي الله تعالى ويكره تعمد ترك التسمية كما تقدم ويسن أن يصلي ويسلم على النبي صلى الله عليه و سلم وأن يكبر ثلاثا بعد التسمية وأن يقول : اللهم هذا منك وإليك . فتقبل مني . وأن تذبح الغنم والبقر . وتنحر الإبل وأن لا يبين رأسها . ويسن قطع الودجين ويسن أن تكون الإبل عند النحر قائمة معقولة رجلها اليسرى والغنم والبقر مضجعة على جنبها الأيسر وأن يحد المدية ويكره أن يحدها والذبيحة تنظر إليه كما يكره أن يذبح واحدة والأخرى تنظر
- Al Fiqhul Islamiy wa adillatuh :
وأضاف الجمهور كالحنفية: أنه يندب توجيه الذبيحة إلى القبلة على جنبها الأيسر إن كانت من البقر والغنم، ويقول الذابح: «بسم الله والله أكبر، اللهم هذا منك وإليك» لما روى ابن عمر: «أن النبي صلّى الله عليه وسلم ذبح يوم العيد كبشين، ثم قال حين وجهها: وجهت وجهي للذي فطر السموات والأرض حنيفاً، وما أنا من المشركين، إن صلاتي ونُسُكي (1) ومحياي ومماتي لله رب العالمين، لا شريك له، وبذلك أمرت، وأنا أول المسلمين، بسم الله ، والله أكبر، اللهم هذا منك ولك» (2) فإن قال بعدئذ: «اللهم تقبل مني كما تقبلت من إبراهيم خليلك» فحسن. وإن اقتصر على التسمية فقد ترك الأفضل.
وقد عدد الشافعية خمسة أشياء تستحب عند الذبح وهي: التسمية بالبسملة كلها أو بسم الله ، والصلاة على النبي صلّى الله عليه وسلم ، واستقبال القبلة بالذبيحة، والتكبير قبل التسمية أو بعدها، والدعاء بالقبول فيقول الذابح: اللهم هذه منك وإليك، أي نعمة صادرة منك، تقربت بها إليك. الكتاب : الفِقْهُ الإسلاميُّ وأدلَّتُهُ
LAFAD NIAT BERQURBAN :
Shighot niatnya bisa seperti ini :
Qurban wajib: nawaitu an udlokhi 'an nafsi fardlon lillahi ta'ala
Qurban sunnah: nawaitu an udlokhi 'an nafsi sunnatan lillahi ta'ala
Niat qurban untuk orang banyak (qurban sapi) : nawaitu an udokhi 'an parmin, wa paimin, wa bejo, wa katijo, wa suradi, wa ngatini, wa sumini sunnatan lillahi ta'ala.
Kalau pengen lebih singkat, bisa semacam ini : nawaitu an udokhi 'an haaulaa'i sunnatan lillahi ta'ala.
Maksud qurban wajib adalah qurban yang sebelumnya diniati nadzar. Sedang qurban sunnah adalah qurban yang sebelumnya tidak diniati nadzar. Wallohu a'lam
Ketika seorang guru sedang sibuk mengajar murid-muridnya di lembaga pendidikan formal atau santri-santrinya di pesantren,maka dia sedang menghadapi urusan yang sangat besar sehingga harus menjaga etika serta memenuhi kewajibannya.
Inilah pituah-pituah dari imam Al - gojali yang dituangkan ke dalam kitab " ihya ulumuddin " juz : 1 hal : 55 - 58 Al-Hidayah surabaya.
Sebagai bekal seorang guru,kyai atau ustazd yang berhasil ketika membimbing dan mengajar murid-muridnya agar mereka mendapat ilmu yang barokah, manfaat serta maslahat sebagai bekal hidupnya di dunia dan di akhirat.amin 3x
Sebelumnya saya mohon maaf,kalau keterangan dari kitabnya tidak dicantumkan semua,karena terlalu panjang menulisnya,hanya poin-poin pentingnya saja,di sini saya tidak lebih hanya menterjemahkannya dengan bahasa yang sangat sederhana,dengan harapan semoga besar manfaatnya bagi para guru,kyai dan asatizd.
الوظيفة الاولي : الشفقة علي المتعلمين وان يجريهم مجري بنيه، قال رسول الله صلعم إنما انا لكم مثل الوالد لولده،رواه ابو داود والنسائ وابن ماجه وابن حبان
بأن يقصد انقاذهم من نار الاخرة وهو اهم من انقاد الوالدين ولدهما من نار الدنيا ولذلك صار حق المعلم اعظم من حق الوالدين فان الوالد سبب الوجود الحاضر والحياة الفانية والمعلم سببب الحياة الباقية لولا المعلم لانساق ما حصل من جهة الاب الي الهلاك الدائم وانما المعلم هو المفيد للحياة الاخر ية الدائمة اعني معلم علوم الاخرة او علوم الدنيا علي قصد الاخرة لا علي قصد الدنيا فاما التعليم علي قصد الدنيا فهو هلاك واهلاك نعوذ بالله منه وكما ان حق ابناء الرجل الواحد ان يتحابوا ويتعاونوا علي المقاصد كلها فكذلك حق تلامذة الرجل الواحد التحاب والتوادد ولا يكون الا كذلك ان كان مقصدهم الاخرة ولايكون الا التحاسد والتباغض ان كان مقصدهم الدنيا فان العلماء وابناء الاخرة مسافرون الي الله تعالي وسالكون اليه .
1. Guru harus menyayangi murid-muridnya atau santri-santrinya sebagaimana ia menyayangi anak-anaknya sendiri,karena murid butuh kasih sayang gurunya,sebagaimana mereka butuh kasih sayang orang tuanya sendiri,sebagaimana sabda nabi saw : sesungguhnya aku bagi kalian bagaikan orang tua terhadap anak-anaknya ( Hr abu daud,nasai,ibnu majah,ibnu hiban ).
Guru mempunyai tanggung jawab untuk menyelamatkan murid-muridnya dari siksa api neraka di akhirat kelak,hal ini lebih penting dibanding kedua orangtua yang harus menyelamatkan anak-anaknya dari api dunia,maka tanggung jawab guru lebih berat daripada orangtua,kalau saja orangtua menjadi penyebab lahirnya manusia di dunia yang fanna ini,maka guru menjadi penyebab adanya kehidupan kelak diakhirat yang abadi
Tanpa bimbingan guru seseorang akan celaka selamanya,karena guru akan berguna untuk kehidupan akhirat yang kekal,baik guru yang mengajarkan ilmu akhirat atau ilmu dunia dengan tujuan akhirat.
Guru harus mendidik murid-muridnya atau santri-santrinya untuk selalu kompak,saling menyayangi,saling membantu di antara mereka untuk mencapai tujuannya,karena tujuan mereka adalah akhirat.
Guru harus selalu bersikap sabar dalam menghadapi berbagai karakter murid-muridnya, karena tidak semua anak didiknya rajin,penurut,taat,ada juga yang malas,nakal,bandel,ada juga yang cerdas ,yang lamban dll,sebagaimana orang tua ketika mengurus anak-anaknya,namun bagaimanapun karakter dan sifat mereka yangberbeda, mungkin mereka selalu menyusahkan,menjengkelkan,Mereka tetap anak-anaknya yang harus mendapat perlakuan yang sama tanpa pilih kasih,itu lah proses pengajaran dan pendidikan yang memang membutuhkan waktu dan kesabaran untuk merubah anak didiknya menjadi baik,berilmu,berakhlakul karimah serta bermartabat,oleh karena itu anggaplah murid-murid & santri-santri itu sebagai anak-anaknya.
الوظيفة الثانية : ان يقتدي بصاحب الشرع صلوات الله عليه وسلامه،فلا يطلب علي افادة العلم اجراولا يقصد به جزاء ولا شكرا بل يعلم لوجه الله تعالي طلبا للتقرب اليه لا يري لنفسه منة عليهم ان كانت المنة لازمة عليهم بل يري الفضل لهم اذ هذبوا فلوبهم لان تتقرب الي الله تعالي بزراعة العلوم فيها كالذي يعيرك الارض لتزرع فيها لنفسك زراعة فمنفعتك بها تزيد علي منفعة صاحب الارض فكيف تقلده منة وثوابك في التعليم اكثر من ثواب المتعلمعند الله تعالي الخ ...
2.Guru harus mengikuti jejak langkah rosululloh saw,mengajar dengan sepenuh hati,tanpa pamrih,tidak mengharapkan upah,balasan atau imbalan,tetapi mengajar karena alloh,dengan tujuan mendekatkan diri kepada alloh,tidak menganggap dirinya istimewa akan tetapi murid-muridnya itu yang istimewa baginya,ketika mereka membersihkan hati-hatinya untuk mendekatkan diri kepada alloh swt, karena menanamkan ilmunya di hati mereka.
Guru seperti orang yang meminjamkan sebidang tanah kepada muridnya untuk bercocok tanam,tentunnya orang yang dipinjami tanah itu akan merasakan manfaat yang lebih besar dari pada pemilik tanah itu sendiri,maka bagaimana seorang guru akan mengalungkan anugrahnya itu padahal pahala mengajar itu lebih banyak daripada pahala muridnya di sisi alloh swt
الو ظيفة الثالثة : ان لا يدع من نصح المتعلم شيئا وذلك بان يمنعه من التصدي لرتبة قبل استحقاقها التشاغل بعلم خفي قبل الفراغ من الجلي ثم ينبه ان الغرض بطلب العلوم القرب الي الله تعالي دون الرياسة المباهات الخ ...
3. Guru harus senantiasa menasehati dan mengarahkan santri-santrinya,agar jangan sampai tegiur bahkan terganggu atau terhambat oleh ilmu yang belum tingkatannya / belum saatnya dipelajari seperti terlena dengan ilmu kanuragan,atau dengan ilmu di luar program pesantrennya atau lembaga formalnya,padahal disiplin ilmu yg sudah diprogram di pesantren atau lembaga formal pun belum terkuasai,maka santri harus lebih fokus terlebih dahulu untuk mengaji,menghafal,mempelajari serta mendalami berbagai bidang ilmu yang jumlahnya ada 12 bidang yang harus dikuasai,karena tujuan mengaji adalah mendekatkan diri kepada alloh swt, bukan untuk mencari pangkat atau kedudukan.
الوظيفة الرابعة : وهي من دقائق صناعة التعليم،ان يزجر المتعلم عن سوء الاخلاق بطريق التعريض ما امكن ولا يصرح وبطريق الرحمة لا بطريق التوبيخ فان التصريح يهتك حجاب الهيئة ويورث الجرأة علي الهجوم بالخلاف الخ...
4. Guru harus mendidik murid-muridnya atau santri-santrinya agar tidak menerapkan budi pekerti yang tidak baik meskipun tugas ini sangat berat,namun harus tetap dengan kasih sayang,tidak dengan cara yang kasar bahkan caci maki,karena hal itu akan merusak wibawanya sehingga murid-muridnya mungkin akan berani menentangnya.
الوظيفة الخامسة : ان المتكفل ببعض العلوم ينبغي ان لا يقبح في نفس المتعلم العلوم التي وراءه كمعلم اللغة اذ عادته تقبيح علم الفقه ومعلم الفقه تقبيح علم الحديث والتفسير ان ذلك نقل محض وسماع وهو شأن العجائز ولا نظر للعقل فيه،ومعلم الكلام ينفر عن الفقه يق ل ذلك فروع وهو كلام في حيض النسوان فاين ذلك من الكلام في صفة الرحمن فهذه اخلاق مذمومةللمعلمين ينبغي ان يجتنب بل المتكفل بعلم واحد ينبغي ان يوسع علي المتعلم طريق التعلم في غيره،فينبغي ان يراعي التدريج في ترقية المتعلم من رتبة الي رتبة
5. Guru tidak cukup hanya mengajarkan satu bidang ilmu,namun juga harus memperluas ilmu serta wawasan murid-muridnya dengan berbagai bidang ilmu,agar pola pikir murid-muridnya tidak ortodok dan picik,atau kaku ( bahasa arab : jumud ) secara bertahap,dari satu jenjang ke jenjang yang lebih tinggi secara terprogram
الو ظيفة السادسة : ان يقتصر بالمتعلم علي قدر فهمه فلا يلقي اليه مالا يبلغه فينفره او يخبط عليه عقلها اقتداء افي ذلك بسيد البشر صلعم حيث قال [ نحن معاشر الانبياء امرنا ان ننزل الناس منازلهم ونكلمهم علي قدر عقولهم الخ...
6. Guru mengajarkan disiplin ilmu sesuai dengan kemampuan murid-muridnya atau santri-santrinya,karena jika mengajarkan ilmu di luar kemampuan santri-santrinya,pasti mereka akan menjauhinya karena tidak dapat dijangkau oleh akalnya.
Sebagaimana sabda nabi saw: kami para nabi memerintahkan untuk menempatkan manusia pada tempatnya dan bicara kepada mereka sesuai kemampuan akalnya.
الو ظيفة السابعة : إن المتعلم القاصر ينبغي ان يلقي اليه الجلي اللائق به ولا يذكر له ان وراء هذا تدفيقا وهو يدخره عنه فان ذلك يفتر رغبة في الجلي ويشوس عليه قلبه ويوهم اليه البخل به عنه اذ يظن كل احد انه اهل لكل علم دقييق
7. Guru harus membuat program belajar dan pelajaran yang jelas dan menyusun kurikulum yang lengkap terhadap murid-muridnya atau santri-santrinya,supaya mereka tidak asal-asalan semaunya sendiri dalam belajarnya,jangan pula mengiming-iminginya dengan ilmu lain yang lebih dalam atau lebih menarik yang selama ini dirahasiahkan,karena hal tersebut bisa mengganggu konsentrasi belajarnya,mereka akan menduga kalau gurunya itu pelit dengan ilmunya,karena akan menyangka kalau gurunya itu membidani setiap ilmu yang mendalam
الوظيفة الثامنة : ان يكون المعلم عاملا بعلمه فلا يكذب قوله فعله لأن العلم يدرك بالبصائر والعمل يدرك بالأبصار وارباب الابصار اكثر فاذاخالف العمل العلم منع الرشد كل من تناول شيئا و قال للناس لا تناولوه فانه سم مهلك
واتهموه وزاد حرصهم علي ما نهوا عنه فيقولون لولا انه اطيب الاشياء و الذها لما كان يستأثر به الخ ...
8. Guru harus memberikan pelajaran ilmu yang sudah diterapkan oleh dirinya,jangan sampai dusta, ucapannya berbeda dengan perbuatannya ( menipu muridnya ),karena ilmu bisa ditemukan dengan mata begitu pula amal,karena akan lebih banyaknya orang yang memperhatikannya,jika amal dan ilmunya berbeda,maka tidak akan mendapat petunjuk.
Setiap orang yang meraih sesuatu lalu dia mengatakan kepada orang lain agar jangan sampai meraih sesuatu itu,maka itu racun yang akan meruksak harga dirinya,orang lain / masyarakat akan menduga dan penasaran atas larangannya,mereka akan mengatakan seandainya sesuatu itu lebih wangi dan lebih enak pasti dia akan mengambilnya.
ada wanita yg sudah berkeluarga kemudian hamil... singkat cerita wanita yg hamil tsb digosipkan hamil dengan pria lain.
Apakah ini termasuk kategori tuduhan zina?
Zina muhson
Zina ada dua macam: 1. Muhson ( sudsh berkeluarga ), 2. Ghoiru Muhson ( Belum berkeluarga )
فالمحصن حده الرجم, وغير المحصن حده مائة جلدة, وتغريب عام, إلى مسافة القصر
Zina Muhson Hadnya Di ranjam. dan Ghoiru Muhson Hadnya adalah 100 cambukan dan diusir selama setahun sejauh perjalanan solat kosor
وشرائط الإحصان أربع البلوغ والعقل والحرية ووجود الوطء في نكاح صحيح
والعبد والأمة حدهما نصف حد الحر وحكم اللواط وإتيان البهائم كحكم الزنا, ومن وطئ فيما دون الفرج
عزر ولا يبلغ بالتعزير أدنى الحدود.
Syarat Muhson ada empat: 1. Baligh, 2. Berakal.3. Merdeka dan adanya Wati dalam nikah yang sah.Seorang hamba baik laki laki atau perempuan maka hadnya separo dari hadnya orang merdeka. Adapun Had Liwati dan menyetubuhi hewan adalah seperti Zina. Dana baranga siapa yanjg wati selain farji maka hadnya diusir yang tidak sampai sejauh ukuran usiran yang terendahnya Had.
"فصل" وإذا قذف غيره بالزنا فعليه حد القذف بثمانية شرائط, ثلاثة منها في القاذف, وهو أن يكون بالغا
عاقلا, وأن لا يكون والدا للمقذوف, وخمسة في المقذوف, وهو أن يكون مسلما بالغا عاقلا حرا عفيفا
ويحد الحر ثمانين والعبد أربعين ويسقط حد القذف بثلاثة أشياء إقامة البينة أو عفو المقذوف أو اللعان في
حق الزوجة.
Fasal
Bila seseorang menuduh orang lain berbuat zina maka dia berhak dihad tuduhan dengnan delapan sarat. Tiga di yang menuduh yaitu dia baligh, berakal dan bukan orang tua yang dituduh. Lima yang di tertuduh yaitu: Yang dituduh baligh, berakal, berakal merdeka dan terjaga. Dan dihad orang merdeka 80 kali dan hamba 40 kali. Had menuduh bias gugur dengan tiga sarat: Mendatangkan saksi, maaf dari yang dituduh atau lian di hak suami istri
Pasal: menerangkan hukum hukumnya Udh-hiyyah (Qurban).
بضم الهمزة فى الأشهر وهي إسم لما يذبح من النعم يوم عيد
النحر وأيام التشريق تقربا الى الله تعالى.
Kata "Udh-hiyyah " menurut pendapat yg lebih masyhur di baca dhommah.
Udh-hiyyah adalah nama bagi hewan yg di sembelih, yaitu berupa binatang piaraan pada hari raya kurban dn hari hari Tasyriq karena semata bertaqarrub(mendekatkan diri) kepada Allah.
Keterangan
Pengertian "Udh-hiyyah"atau "kurban" yaitu suatu tindak beribadah kepada Allah dengan cara menyembelih binatang tertentu (seperti kambing, kerbau, unta dll) pada hari raya haji (Qurban) dan hari hari Tasyriq (ya itu tgl 11,12,dan 13 Dhulhijjah) sesuai dengan ketentuan ketentuan syara'.
والأضحية سنة مؤكدة،، على الكفاية فإذا اتى بها واحد من اهل بيت كفى عن جميعهم ولا تجيب الأضحية الا بالنذر.
Berkurban hukumnya adalah sunah yg di tekankan atas dasar kifayah, maka apa bila salah seorang dari ahli rumah (suatu kluarga) telah mengerjakan kurban, maka cukuplah seluruh mereka, dan tidak menjadi wajib suatu Kurban kecuali sebab ada nadzar.
ويجزئ فيها الجذع من الضأن،، وهو ما له سنة وطعن فى الثانية ،،والثني من المعز،، وهو ما له سنتان وطعن فى الثالثة ، والثني من الإبل ما له خمس سنين ،وطعن فى الساد سة ،والثني من البقر ما له سنتان وطعن فى الثالثة.
Mencukupilah untuk kurban itu, domba yg telah gugur sebuah giginya yaitu domba yg berumur 1-2 tahun, kambing yg telah gugur dua giginya yaitu berumur 2-3 tahun, unta yg gugur dua giginya, yaitu yg berumur 5-6 tahun dan lembu (kerbau) yg telah gugur dua giginya yaitu yg berumur 2-3 tahun.
وتجزئ البدنة عن سبعة،، إشتركوا فى التضحية بها.
Dan mencukupilah seekor unta untuk menjadi kurban bagi 7 orang berserikat dalam berkurban dengan binatang unta tersebut.
وتجزئ ،، البقر عن سبعة،، كذالك وتجزئ ،، الشاة عن شخص ،،واحد،، وهى افضل من مشاركته فى بعير.
Juga mencukupi seekor lembu untuk berkurban bagi 7 orang yg berserikat dan mencukupi seekor kambing untuk kurban seorang saja. Hal ini (kambing satu untuk kurban seseorang)adalah lebih utama dari pada yg terjadi dengan perserikatan dalam hal berkurban unta.
Keterangan
Perlu di ketahui, bahwa binatang yg di jadikan kurban itu tidak harus berjenis jantan (laki laki), tetapi yg betina(perempuan)juga sah(boleh) di buat kurban asalkan umur binatang itu sudah mencukupi dengan ketentua ketentuan syara'. Jika sekiranya menghendaki yg lebih utama, maka sebaikny binatang yg di jadikan kurban itu tadi berjenis laki lalki.
وافصل انواع الاضحية ابل ثم بقر ثم غنم.
Adapun yg lebih utama macam macam binatang yg di buat kurban, yaitu unta, lembu kemudian kambing.
،،واربع،، وفى بعض النسخ واربعة ،، لا تجزئ فى الضحايا،،.
Empat binatang yg tidak mencukupi syarat untuk berkurban (menurut sebagian keterangan menggunakan kata "Arba'ah" ya itu...
والله أعلم....
Bersambung....
Meneruskan yang Kemarin 🙏🙏🙏
احد ها ،، العوراء البين،، اى الظهر ،،عورها،، وان بقيت الحدقة فى الاصح.
1. Binatang yg matanya rusak sebelah yg tampak terang rusaknya ,meskipun masih wujud kurnia(matanya) menurut pendapat yg lebih shoheh.
والثانى ،،العرجاء البين عرجها،، ولو كان حصول العرج لها عنداضجاعها للتضحية بها بسبب اضطرابها.
2. Binatang yg pincang yg tampak terang pincangnya, meskipun kepincanganya binatang itu dapat di ketahui ketika di baringkan karena hendak di sembelih sebab meronta-ronta.
والثالث ،،المريضة البين مرضها،، ولا يضر يسير هذه الأمور.
3. Binatang yg sakit yg tampak terang sakitnya dan tidak berbahaya akan sedikitnya beberapa perkara ini.
والرابع ،،العجفاء،، وهى التى ذهب مخها ،،اى ذهب دماغها ،،من الغزال،، الحاصل لها.
4. Binatang yang kurus yang telah hilang sumsumnya(sebab kekurusanya).
ويجزئ الخصى،، اى المقطوع الخصيتين ،،والمقسور القرن،، ان لم يؤثر فى اللحم.
Dan mencukupilah untuk berqurban, ya itu binatang yg di kebiri artinya binatang yg di potong kedua ginjalnya dan juga mencukupi binatang yg pecah kedua tanduknya jika memang pecahnya itu tidak sampai membekas pada daging.
ويجزئ ايضا فاقدة القرون وهي المسماة بالجلحاء.
Juga mencukupi (untuk berqurban) binatang yg tidak ada tanduknya, ya itu yg di namai binatang"prucul".
ولاتجزئ المقطوعة،، كل الأذن،، ولا بعضها ولاالمخلوقة بلااذن و لاالمقطوعة ،،الذنب،، ولابعضه.
Tidaklah mencukupi untuk qurban ya itu binatang yang buntung (putus) semua telinganya, juga binatang yang putus sebagian telinganya dan binatang yg terjadi tanpa telinga. Demikian pula binatang yg buntung (putus) ekornya.
Apakah ada batasan Rakaat dalam setiap sholat Sunnah , misalnya sholat Sunnah tahajjud , duha , witir , dsb ??
Dan apakah ada sholat Sunnah yang tiada batas rokaat nya , contohnya para ulama yang sholat Sunnah 100 - 1000 rakaat per malam ?
Mohon penjelasan dan referensi kitabnya ustadz/zah🙏
Jawabannya sebagai berikut dibawah ini
[10/5 21.40] +62 813-6760-8023: Sholat sunnah mutlak adalah sholat sunnah yang tidak dibatasi dengan waktu dan sebab tidak pula dibatasi dengan jumlah roka'atnya. Dalilnya adalah sabda Nabi kepada Abu Dzar : " sholat itu sebaik-baik apa yang disyariatkan maka perbanyaklah atau sedikitkan." Jadi dia boleh sholat sebanyak apapun walaupun tanpa meniatkan jumlahnya dan boleh melakukannya satu roka'at saja tanpa ada kemakruhan. Wallohu a'lam.
- Kitab Nihayatul Muhtaj (2/129) :
( ولا حصر للنفل المطلق ) وهو الذي لا يتقيد بوقت ولا سبب أي لا حصر لعدده ولا لعدد ركعاته لخبر { الصلاة خير موضوع فاستكثر منها أو أقل } فله أن يصلي ما شاء ولو من غير نية عدد ، وأن يقتصر على ركعة من غير كراهة
قَالَ صلى الله عَلَيْهِ وَسلم لأبي ذَر الصَّلَاة خير مَوْضُوع استكثر أَو أقل فَإِن نوى فَوق رَكْعَة تشهد آخرا فَقَط أَو آخر كل رَكْعَتَيْنِ فَأكْثر فَلَا يتَشَهَّد فِي كل رَكْعَة وَإِذا نوى قدرا فَلهُ الزِّيَادَة عَلَيْهِ وَالنَّقْص عَنهُ إِن نويا وَإِلَّا بطلت صلَاته فَإِن قَامَ لزائد سَهوا فَتذكر قعد ثمَّ قَامَ للزائد إِن شَاءَ وَالنَّفْل الْمُطلق بلَيْل أفضل مِنْهُ بِالنَّهَارِ
: ويسن التهجد إجماعا، وهو التنفل ليلا بعد النوم.قال الله تعالى: * (ومن الليل فتهجد به نافلة لك) * وورد في فضله أحاديث كثيرة، وكره لمعتاده تركه بلا ضرورة.ويتأكد أن لا يخل بصلاة في الليل بعد النوم ولوركعتين لعظم فضل ذلك.ولا حد لعدد ركعاته، وقيل: حدها ثنتا عشرة،
Boleh sebelum tidur ndak yai?
Jawabannya sebagai berikut
Ketika orang sholat malam dengan niat sholat tahajjud dan dia belum tidur maka sholatnya itu tetap sah, namun sholatnya tidak dikatakan sebagai shalat tahajjud melainkan sholat qiyamul lail.
صلاة سنة قيام الليل, أقلها ركعتان وأكثرها بلا حد, وهي المؤكدة. الأفضل أن تصلى ركعتين ركعتين. وإذا صلى بعد نوم تسمى تهجدا([21]). ويجوز أن يقرأ ما شاء من السور.
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: عليكم بقيام الليل, فإنه دأب الصالحين قبلكم, وقربة لكم إلى ربكم, ومكفرة للسيآت([22]).
14. Sholat Sunah Qiyamul Lail
Sholat Sunah Qiyamul Lail, paling sedikit dua rekaat. Paling banyaknya tak terbatas. Merupakan sholat Sunat Mu'akkad. Yang paling utama dilakukan dengan setiap dua rekaat salam. Apabila melakukannya sesudah tidur, dinamakan Sholat Tahajjud. Bacaan suratnya bebas apa saja.
Baginda Rasulullah SAW bersabda : "Lakukanlah selalu oleh kalian sholat Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang-orang sholihin sebelum kalian, dan merupakan amalan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, serta melebur dosa-dosa kalian".
اعانة الطالبين
ثم إن فعل الوتر بعد النوم حصل له
به سنة التهجد أيضا وإلا كان وترا لا تهجدا.
. (قوله: ثم إن فعل إلخ) أي ثم إن أخره وفعله بعد النوم حصل له بالوتر سنة التهجد، لما مر من أن التهجد هو الصلاة بعد النوم. (قوله: وإن كان وترا) أي وإن لم يفعله بعد النوم بل فعله قبله كان وترا لا تهجدا، فليس كل وتر تهجدا كعكسه، فبينهما العموم والخصوص الوجهي، فيجتمعان في صلاة بعد النوم بنية الوتر، وينفرد الوتر بصلاة قبل النوم، والتهجد بصلاة بعده من غير نية الوتر
تفسير ابن رجب الحنبلي
ويدخل فيه من نام ثم قام من نومه بالليل للتهجد، وهو أفضل أنواع التطوع بالصلاة مطلقًا. انتهى
تفسير القرطبي
والتهجد التيقظ بعد رقدة، فصار اسمًا للصلاة؛ لأنه ينتبه لها، فالتهجد القيام إلى الصلاة من النوم، قال: معناه الأسود، وعلقمة، وعبد الرحمن بن الأسود، وغيرهم، وروى إسماعيل بن إسحاق القاضي من حديث الحجاج بن عمر صاحب النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: أيحسب أحدكم إذا قام من الليل كله أنه قد تهجد! إنما التهجد الصلاة بعد رقدة ثم الصلاة بعد رقدة ثم الصلاة بعد رقدة. كذلك كانت صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم. انتهى
وقال أيضًا : وقالت عائشة، وابن عباس أيضًا، ومجاهد: إنما الناشئة القيام بالليل بعد النوم. ومن قام أول الليل قبل النوم فما قام ناشئة. انتهى
بحر المذهب للروياني ج ٢ ص ٢٢٧
ومن صلى قبل النوم لا يسمى متهجداً،
Dan orang yang menunaikan sholat sebelum tidur maka tidak bisa disebut orang yang sholat tahajjud.
فتح العزيز بشرح الوجيز ج ٤ ص ٢٣٣
اما الصلاة قبل النوم فلا تسمى تهجدا
Adapun sholat sebelum tidur tidak bisa disebut tahajjud.
حاشية العبادي على الغرر البهية في شرح البهجة الوردية ج ١ ص ٣٩١
Maka bisa dimaklumi bahwa syarat tahajjud adalah ditunaikan setelah tidur dan setelah melakukan sholat isya sebagaimana ditemukan pada tulisan guru kami As-Syihab Ar-Romli rohimahulloh rohmatullohi alaih.
Azay Nipira itu saya sebuah nama untuk dalam bermedia saja. Adalah terlahir dari seorang ibu yang cantik, baik, sholehah berdarah Sunda. Tentu saya adalah seorang manusia makhluk biasa yang senantiasa berdoa dan berusaha untuk terus berupaya dan untuk terus berdaya sekemampuan berbuat kebaikan untuk ibu, saudara saudari, seggenap keluarga, masyarakat, bangsa, negara sebagai perintah agama Islam yang saya yakini kebenarannya. Dengan tetap saling menghormati, menghargai, serta menjungjung tinggi siapapun orang untuk tetap saling mengenal satu sama yang lainnya. Ucapan terimakasih kepada siapapun yang telah memberikan ilmu ilmu kepada sayadan menjadi guruku, namun mohon ma'af saya tidak bisa membalasnya hanya saya selalu berdo'a untuk semua yang menjadi guruku dengan mendo'akan agar menjadi nilai tambah baginya sehingga mendapatkan balasan yang setimpal sepadan dari Allah SWT sebaik baiknya Dzat pemberi balasan kebaikan. Aamii..n. yaa..Rabbal Aalamiin....