BREAKING NEWS

Watsapp

Saturday, July 1, 2023

KRITERIA ISTRI:NASAB YANG BAIK

 


📘 *Kilas Nikah*

❁❅━━━━┉┉┈


🧕 _*Kriteria Istri ; Nasab Yang Baik*_

----------------------


Menikahi wanita yang nasabnya baik dianjurkan...❇️

     

                        --<>--<>--<>--<>--


*ذات نسب طيب، لا بنت زناً ولا بنت فاسق، ومثلهما اللقيطة ومن لا يعرف لها أب؛ لخبر « تخيروا لِنُطَفَكُم »، غير ذات قرابة قريبة بأن كانت أجنبية أو ذات قرابة بعيدة؛ لضعف الشهوة في ذات القرابة القريبة؛ كبنت العم، فيجيء الولد نحيفاً.*

[الباجوري، ٢/ ١٨٧]


_(Dianjurkan) menikahi wanita yang memiliki nasab yang baik. Bukan hasil zina dan bukan anak orang fasik. Seumpama dengan itu adalah anak temuan dan wanita yang tidak diketahui siapa ayahnya. Hal ini sesuai Hadits «Pilihlah (tempat yang baik) untuk Sperma Kalian»¹. Bukan yang memiliki hubungan kekerabatan dekat. Bentuknya bisa merupakan wanita ajnabiyah atau yang memiliki hubungan kekerabatan jauh. Sebab, kekerabatan yang dekat mengakibatkan lemahnya syahwat. Seperti anaknya paman. Maka, dapat mengakibatkan anaknya kurus._

_

¹Diperselisihkan kesohihannya. lihat Faidhul Qodir hadits no.3268.


✿❁ ═══════

https://t.me/fikih_nikah

Thursday, June 29, 2023

JABAT TANGAN DENGAN YANG BUKAN MAHRAM*


MWC NUGAR.ANZAAY


*JABAT TANGAN DENGAN YANG BUKAN MAHRAM*


Biasanya saat hari raya, kita bersalam²man dengan saudara dan tetangga. Maka hindarilah bersalaman dengan lawan jenis yg bukan mahram. Dan jika terpaksa hendaknya memakai sarung tangan. Berikut pendapat para ulama ttg salaman dengan yg bukan mahram:


1). Madzhab Hanafiyah > Haram kalau masih muda, kalau perempuan tua boleh apabila tidak syahwat.


تحفة الفقهاء لِعلاء الدين السمرقندي - (ج 3 / ص 333)


وأما المس فيحرم سواء عن شهوة أو عن غير شهوة وهذا إذا كانت شابة فإن كانت عجوزا فلا بأس بالمصافحة إن كان غالب رأيه أنه لا يشتهي ولا تحل المصافحة إن كانت تشتهي وإن كان الرجل لا يشتهي


2). Madzhab Malikiyah > Haram Mutlaq.


حاشية الصاوي على الشرح الصغير - (ج 11 / ص 279)


وَلَا تَجُوزُ مُصَافَحَةُ الرَّجُلِ الْمَرْأَةَ أَيْ الْأَجْنَبِيَّةَ وَإِنَّمَا الْمُسْتَحْسَنُ الْمُصَافَحَةُ بَيْنَ الْمَرْأَتَيْنِ لَا بَيْنَ رَجُلٍ وَامْرَأَةٍ أَجْنَبِيَّةٍ، وَالدَّلِيلُ عَلَى حُسْنِ الْمُصَافَحَةِ مَا تَقَدَّمَ وَقَوْلُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمَنْ قَالَ لَهُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ الرَّجُلُ مِنَّا يَلْقَى أَخَاهُ أَوْ صَدِيقَهُ أَيَنْحَنِي لَهُ قَالَ : لَا .


3). Madzhab Syafi’iyyah > Haram kecuali pakai sarung tangan, dan tidak timbul syahwat.


حاشية البجيرمي على الخطيب – (ج 10 / ص 113)


وَتُسَنُّ مُصَافَحَةُ أَيْ عِنْدَ اتِّحَادِ الْجِنْسِ، فَإِنْ اخْتَلَفَ فَإِنْ كَانَتْ مَحْرَمِيَّةً أَوْ زَوْجِيَّةً أَوْ مَعَ صَغِيرٍ لَا يُشْتَهَى أَوْ مَعَ كَبِيرٍ بِحَائِلٍ جَازَتْ مِنْ غَيْرِ شَهْوَةٍ وَلَا فِتْنَةٍ؛ نَعَمْ يُسْتَثْنَى الْأَمْرَدُ الْجَمِيلُ فَتَحْرُمُ مُصَافَحَتُهُ كَمَا قَالَهُ الْعَبَّادِيُّ ا هـ مَرْحُومِيٌّ .


4). Madzhab Hambaliyah > Haram Mutlaq.


الإقناع في فقه الإمام لأحمد الحجاوي- (ج 1 / ص239)


ولا يجوز مصافحة المرأة الأجنبية الشابة وأن سلمت شابة على رجل رده عليها وإن سلم عليها لم ترده وإرسال السلام إلى الأجنبية وإرسالها إليه لا بأس به للمصلحة وعدم المحذور

SEMOGA BERMANFAATNYA BAGI KITA SEMUA. Aamiin ya Rabbal Alamin 

LIMA MASALAH QURBAN YANG PERLU KITA FAHAMI BERSAMA

 


*LIMA MASALAH KURBAN YANG PERLU KITA FAHAMI* 


1. Kurban satu kambing untuk satu keluarga. 

- Kalau yg dimaksud adalah diatas-namakan satu keluarga, tidak sah sebagai kurban, tapi sah sebagai daging sedekah. Kalau yg dimaksud adalah diatasnamakan satu orang, sedang pahala untuk sekeluarga, sah-sah saja. Sebab aturan sudah jelas. Satu kambing untuk satu orang, Sapi untuk 7 orang. 


2. Menjual kulit kurban.

- Boleh, asal sudah diberikan pada yang menjual (yang berhak menerima kurban, bukan orang yg berkorban) Intinya dimiliki dulu, baru dijual. Sedangkan hasil penjualannya terserah dia (yg diberi hewan korban). 


3. Bolehkah berkurban, sementara ia belum Aqiqoh?

- Boleh. Sebab keduanya ibadah sunah, satu sama lainnya tidak ada ketergantungan. 


4. Jika orang memberi kabar atau ditanya tentang kambing miliknya untuk apa. Lalu ia menjawab "Untuk Kurban". Apakah sudah menjadi Nadzar?

- Pendapat paling kuat belum menjadi Nadzar. Kecuali memang ia sudah berniat Nadzar. Sebab Nadzar adalah berjanji sungguh-sungguh sampai kehati terhadap Allah SWT, bahwa ia akan berkorban. Bukan sekedar memberi kabar atau menjawab pertanyaan. Bahkan sebagian ulama men-syaratkan harus memakai lafadz Qosam (Sumpah). 


5. Kesunahan menyembelih hewan kurban.

- Wudlu, menghadap kiblat (yg menyembelih dan hewan kurbanya), baca Bismillah, baca sholawat, baca takbir dan berdoa setelahnya: 


اَللّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَ اِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ نِعْمَةً مِنْكَ عَلَيَّ ( عَلَى.......) و تَقَرَّبْتُ بِهَا اِلَيْكَ فَتَقَبَّلْهَا مِنِّي (مِنْ.........)


Titik-titik di isi nama mudlohi (yang berkurban), jika si penyembelih menjadi wakil dari mudlohi. 


Sumber: Kitab Al-Bajuri Hasyiah Fathal Qorib, Fathal Mu'in ma'a I'anah Al-Tholibin, Ihya Ulumuddin, Jamal 'Alal Manhaj.

HUKUM KULIT SAPI DAN KEPALANYA, BAGAIMANAKAH?



۝ إِنَّ اللَّهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا

عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا ۝ ﷺ.

Jual kulit dan kepala sapi qurban

TANYA MASAIL DINIYYAH 

 Deskripsi 

Sail Sholimin

Ponpes i'anatul mujtahidin blembeng, purwodadi, tegalrejo, magelang.


Assalamualaikum gus ijin bertanya

Deskripsi soal 

Saya pernah melihat disuatu tempat qurban yang ditempat itu ada 30 hewan sapi.

Dan disuatu tempat itu kulit dan kepala sapi dijual kemudian uang hasil jualan itu dibelikan sapi lagi untuk qurban.


✳️Pertanyaan 

1. Apakah boleh seseorang menjual kulit dan kepala sapi yang telah diqurbankan ?


 Jawaban 

 Menjual kulit dan kepala sapi yang telah diqurbankan (baik qurban nadzar atau sunnah) dalam madzhab Syafiiyyah adalah Haram dan tidak sah (qoul masyhur).


 *━•⊰Referensi⊱•━*

📚الباجوري ج ٢ ص ٣١١

(قوله ولايبيع) اى يحرم على المضحى بيع شيئ (من الاضحية ) اى من لحمها اوشعرها اوجلدها ويحرم ايضا جعله اجرة للجزار ولوكانت الاضحية تطوعا


📚المجموع ج ٢ ص ١٥٠

ولايجوز بيع شيئ من الهدي والأضحية نذرا كان او تطوعا


📚تلخيص احكام الاضحية (الشافعية) ص ١١

ولا يجوز بيعه ولا بيع شيء من اللحم والشحم مثله وكذا الصوف والجلد لخبر "من باع جلد اضحيته فلا اضحية له" ولا يجوز إعطاء الجزار اجرته منها ولو جلدها بل مؤنته على الذابح


📚المجموع ج ٨ ص ٣٩٧

واتفقت نصوص الشافعي والاصحاب على انه لا يجوز بيع شئ من الهدي والاضحية نذرا  كان أو تطوعا سواء في ذلك اللحم والشحم والجلد والقرن والصوف وغيره ولا يجوز جعل الجلد وغيره اجرة للجزار بل يتصدق به المضحي والمهدي أو يتخذ منه ما ينتفع بعينه كسقاء أو دلو أو خف وغير ذلك


📚فيض القدير ج ٦ ص ١٢١

من باع جلد أضحيته فلا أضحية له) أي لا يحصل له الثواب الموعود للمضحي على أضحيته


📚فقه الاسلامي ٤/٢٧٤١

ﻭﻳﺤﺮﻡ ﺑﻴﻊ ﺟﻠﺪ الاﺿﺤﻴﺔ ﻭﺷﺤﻤﻬﺎ ﻭﻟﺤﻤﻬﺎ ﻭﺃﻃﺮاﻓﻬﺎ ﻭﺭﺃﺳﻬﺎ ﻭﺻﻮﻓﻬﺎ ﻭﺷﻌﺮﻫﺎ ﻭﻭﺑﺮﻫﺎ ﻭﻟﺒﻨﻬﺎ اﻟﺬﻱ ﻳﺤﻠﺒﻪ ﻣﻨﻬﺎ ﺑﻌﺪ ﺫﺑﺤﻬﺎ، ﻭاﺟﺒﺔ ﻛﺎﻧﺖ ﺃﻭ ﺗﻄﻮﻋﺎ؛ ﻷﻥ اﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻣﺮ ﺑﻘﺴﻢ ﺟﻠﻮﺩﻫﺎ ﻭﻧﻬﻰ ﻋﻦ ﺑﻴﻌﻬﺎ، ﻓﻘﺎﻝ: «ﻣﻦ ﺑﺎﻉ ﺟﻠﺪ ﺃﺿﺤﻴﺘﻪ، ﻓﻼ ﺃﺿﺤﻴﺔ ﻟﻪ» (¬1).

ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺇﻋﻄﺎء اﻟﺠﺰاﺭ ﺃﻭ اﻟﺬاﺑﺢ ﺟﻠﺪﻫﺎ ﺃﻭ ﺷﻴﺌﺎ ﻣﻨﻬﺎ ﻛﺄﺟﺮﺓ ﻟﻠﺬﺑﺢ، ﻟﻤﺎ ﺭﻭﻯ ﻋﻠﻲ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ: «ﺃﻣﺮﻧﻲ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻥ ﺃﻗﻮﻡ ﻋﻠﻰ ﺑﺪﻧﻪ (ﺃﻱ ﻋﻨﺪ ﻧﺤﺮﻫﺎ)، ﻭﺃﻥ ﺃﻗﺴﻢ ﺟﻠﻮﺩﻫﺎ، ﻭﺟﻼلها (¬2)، ﻭﺃﻻ ﺃﻋﻄﻲ اﻟﺠﺎﺯﺭ ﺷﻴﺌﺎ ﻣﻨﻬﺎ» ﻭﻗﺎﻝ: «ﻧﺤﻦ ﻧﻌﻄﻴﻪ ﻣﻦ ﻋﻨﺪﻧﺎ» (¬3).

ﻓﺈﻥ ﺃﻋﻄﻲ اﻟﺠﺰاﺭ ﺷﻴﺌﺎ ﻣﻦ الاﺿﺤﻴﺔ ﻟﻔﻘﺮﻩ، ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﺳﺒﻴﻞ الهدية، ﻓﻼ ﺑﺄﺱ؛ ﻷﻧﻪ ﻣﺴﺘﺤﻖ ﻟﻷﺧﺬ ﻓﻬﻮ ﻛﻐﻴﺮﻩ، ﺑﻞ ﻫﻮ ﺃﻭﻟﻰ، ﻷﻧﻪ ﺑﺎﺷﺮﻫﺎ، ﻭﺗﺎﻗﺖ ﻧﻔﺴﻪ ﺇﻟﻴﻬﺎ.


📚(الباجوري ٤/ ٣٨٢) 

قوله : ( ولا يبيع ) أي ، ولا يصح البيع مع الحرمة ، فقول الشارح : ( أي : يحرم ) أي : ولا يصح أيضا وإن كان يوهم أن المراد : أنه يحرم مع الصحة ؛ كاليع وقت نداء الجمعة ، وليس كذلك ، لكن المبيع صورة يقع الموقع إذا كان المشتري من أهلها ؛ بأن كان فقيرا ، يقع صدقة له ويسترد الثمن من البائع . 


📚النجم الوهاج ٩/٥٢٠


ﻗﺎﻝ: (ﻭﻳﺘﺼﺪﻕ ﺑﺠﻠﺪﻫﺎ ﺃﻭ ﻳﻨﺘﻔﻊ ﺑﻪ) ﻛﻨﻄﻊ ﺃﻭ ﺧﻒ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻫﻤﺎ، ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺑﻴﻌﻪ ﻭﻟﻮ ﻣﻦ اﻟﺘﻄﻮﻉ، ﻭﻻ ﺃﻥ يجعله ﺃﺟﺮﺓ اﻟﺠﺰاﺭ؛ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺻﻠﻰ اﻝﻟﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: (ﻣﻦ ﺑﺎﻉ ﺟﻠﺪ ﺃﺿﺤﻴﺘﻪ .. ﻓﻼ ﺃﺿﺤﻴﺔ ﻟﻪ) ﺭﻭاﻩ اﻟﺤﺎﻛﻢ 

[ 2/ 390] 

ﻭﻗﺎﻝ: ﺻﺤﻴﺢ اﻹﺳﻨﺎﺩ.

*ﻭﻓﻲ ﻗﻮﻝ ﻏﺮﻳﺐ: ﻳﺠﻮﺯ ﺑﻴﻌﻪ ﻭﻳﺼﺮﻑ ﺛﻤﻨﻪ ﺇﻟﻰ ﻣﺎ ﺗﺼﺮﻑ اﻝﺃﺿﺤﻴﺔ ﺇﻟﻴﻪ.*

ﻭﻓﻲ ﻭﺟﻪ: ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﻨﻔﺮﺩ ﺑﺎﻻﻧﺘﻔﺎﻉ ﺑﻪ.

*ﻭﻋﻨﺪ ﺃﺑﻲ ﺣﻨﻴﻔﺔ: ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﺒﻴﻌﻪ ﻭﻳﺘﺼﺪﻕ ﺑﺜﻤﻨﻪ، ﻭﺃﻥ ﻳﺸﺘﺮﻱ ﺑﻌﻴﻨﻪ ﻣﺎ ﻳﻨﺘﻔﻊ ﺑﻪ ﻓﻲ اﻟﺒﻴﺖ.*

*ﻟﻨﺎ: اﻟﻘﻴﺎﺱ ﻋﻠﻰ اﻟﻠﺤﻢ، ﻭاﻟﻘﺮﻥ ﻛﺎﻟﺠﻠﺪ.*


📚 بلغة الطلاب  ص ٣٦٢

مسئلة ق يجوز بيع جلد الأضحية مع كونه خلاف السنة الا اذا كانت منذورة فلم يجز


 2. Dan kalo boleh dibelikan sapi lagi, sapi yang dari hasil penjualan tersebut pas waktu qurban dinamakan siapa?

Matur suwun gus 


 🌨️Jawaban 🌨️

Sesuai jawaban di atas Qoul masyhur : Haram dan tidak sah penjualannya sehingga panitia harus mengganti kulit dan kepala atau mendapatkannya kembali sedangkan sapi (yang di beli) masih milik penjual.

⚜️🌐 *━•⊰Referensi⊱•━*⚜️🌐


IDEM

Solusi nya tidak pake akad jual beli, dikasih kan ke orang, lalu orang tersebut shodaqoh uang 😁

HUKUM QURBAN HEWAN BETINA DAN ADA ANAKNYA, BAGAIMANAKAH?

 


Soal 

Bagai mana para suhu hukumnya kalo kita QORBAN dengan hewan betina pas di potong ada anaknya dalemnya 😅🙏

Jawabannya sebagai berikut dibawah ini 

Wajib di shadaqah juga😃


(وَيَتَصَدَّقَ بِجِلْدِهَا أَوْ يَنْتَفِعَ بِهِ) أَيْ فِي اسْتِعْمَالِهِ وَإِعَارَتِهِ دُونَ بَيْعِهِ وَإِجَارَتِهِ.

(وَوَلَدُ الْوَاجِبَةِ) الْمُعَيَّنَةِ ابْتِدَاءً بِلَا نَذْرٍ أَوْ بِهِ أَوْ عَنْ نَذْرٍ فِي الذِّمَّةِ (كَهِيَ) فِي وُجُوبِ الذَّبْحِ وَالتَّفْرِقَةِ سَوَاءٌ أَمَاتَتْ أَمْ لَا وَسَوَاءٌ أَكَانَتْ حَامِلًا عِنْدَ التَّعْيِينِ أَمْ حَمَلَتْ بَعْدَهُ وَلَيْسَ فِيهِ تَضْحِيَةٌ بِحَامِلٍ فَإِنَّ الْحَمْلَ قَبْلَ انْفِصَالِهِ لَا يُسَمَّى وَلَدًا كَمَا ذَكَرَهُ الشَّيْخَانِ فِي كِتَابِ الْوَقْفِ

حاشية الجمل على شرح المنهج ج ٥ ص ٢٧١

Artinya

Danging qorban harus di shadaqahkan,

Dan juga wajib di shodaqohkan anak yang di lahirkan dari hewan qorban wajib yang bukan nadzar atau qorban nadzar tapi bukan tanggungan, 

Dan hukum anaknya seperti ibunya (wajib di sambelih, dan di bagi) baik ibunya ibunya sudah mati atau tidak, baik kehamilan hewan tadi dari sebelum ditentukan, atau sesudah nya.

Wednesday, June 28, 2023

AWAL DAN AKHIR TAKBIR IDUL FITRI DAN IDUL ADHA

 


Awal dan akhir takbir idul Fitri dan idul Adha di Qiyaskan ke IDHUL FITRI 

*(ويكبر) ندبا كلٌّ من ذكر وأنثى، وحاضر ومسافر، في المنازل والطرُق، والمساجد والأسواق (من غروب الشمس من ليلة العيد) أي عيد الفطر، ويستمر هذا التكبير (إلى أن يدخل الإمام في الصلاة) للعيد.*

[محمد بن قاسم الغزي ,فتح القريب المجيب في شرح ألفاظ التقريب ,page 103]


_Disunnahkan [Takbiran], orang laki-laki dan perempuan, orang yang tidak sedang safar/perjalanan dan yang sedang safar, yang sedang di rumah, di jalan, di masjid, dan pasar [dari waktu tenggelam matahari di malam hari Raya Ied] yakni Idul Fitri. Takbiran ini berlanjut sampai [Imam hendak memulai sholat] Ied._

Semoga bermanfaat untuk kita semuanya 

QURBAN DALAM PANDANGAN SUFI

 


*Secangkir☕Kopi Dhuha*


Rabu, 28 Juni 2023 M/ 09 Dzul Hijjah 1444 H.


Oleh :A. Hasanuddin. HR.


*"Berkurban Dalam Pandangan Sufi"*

*(Melestarikan Nilai-Nilai Berkurban Dalam Kehidupan)*


Ada sebuah dialog yang terjadi antara seorang pemuda yang baru pulang dari menunaikan ibadah haji dengan syeikh Junaid Al-Baghdadi:

"Ketika engkau sampai ditempat penyembelihan untuk melakukan kurban, apakah engkau telah mengorbankan semua obyek hewani?"

"Tidak" jawab si pemuda itu.

"Maka engkau," kata Junaid, "belum berkurban." (Dikutip dari kitab Kasyful Mahjub oleh Mulyadhi Kartanegara dalam buku Dinamika dan Perspektif Haji Indonesia, hal.4 - 5)


Dalam pandangan para sufi, kurban memberi makna lain yang sangat dalam bila dipandang dari sudut spiritual. Bagi mereka, berkurban yang sejati bukanlah mengorbankan hewan ternak yang bisa dengan mudah dilakukan oleh orang- orang yang mempunyai uang dan berniat. Tapi berkurban yang lebih tinggi maknanya ialah; "Mengorbankan segala nafsu hewani dan nafsu rendah yang ada dalam diri kita".

Inilah model pengorbanan yang lebih signifikan dan akan berdampak lebih besar pada kemaslahatan umat. (Dikutip dari buku Dinamika dan Perspektif Haji Indonesia, hal. 12 - 13)


*Sahabat-Sahabat*


*رحمكم الله*


Berkurban di samping sebagai ibadah yang memiliki keutamaan dan pahala yang besar, juga memiliki pesan moral yang sangat tinggi bagi orang yang beriman.


Berkurban bukan hanya sekedar dima'nai menyembelih hewan untuk dijadikan kurban saja, yang jauh lebih penting dari itu adalah adanya pesan untuk selalu ikhlas berkorban dan membantu mereka yang membutuhkan bantuan kapan saja dan di mana saja yang dilandasi dengan nilai-nilai ketaqwaan kepada Allah *تعالى*:

"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridoan) Allah, tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya." (QS. Al-Hajj : 37)


*"Semoga Momen Hari Raya 'Iedul Qurban Ini Menjadi Momen Bagi Kita Untuk Juga Mengorbankan Nafsu Hewani Dan Nafsu Rendah Yang Ada Dalam Diri Kita, Agar Kita Bisa Meningkatkan Kualitas Ikhlas Dan Ketaqwaan Kita Kepada Allah تعالى Dalam Setiap Langkah Kehidupan Semata Untuk Menggapai Ampunan Dan Keberkahan Serta Ridho-Nya."*


*امين يارب العالمين*🤲🤲🤲


*والله اعلم بالصواب*


- *اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد*

- *اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد*

- *اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد*


*Saya: A. Hasanuddin. HR. Beserta Keluarga Mengucapkan:*


*"Selamat Hari Raya 'Iedul Adha 1444 H."*


*Mohon Ma'af Lahir Dan Batin Atas Semua Khilaf Dan Kesalahan 🙏🙏🙏*

*"Semoga Limpahan Ampunan Dan Keberkahan Dari Allah Selalu Menyertai Kita Semua" امين يارب العالمين*


*Semoga Bermanfa'at*

🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏

*Monggo diseruput ☕ Kopinya.*

😄😄😄🙏🙏🙏

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes