BREAKING NEWS

Watsapp

Sunday, June 2, 2024

Dimanakah ruh orang yang sudah meninggal setelah kematian?

 Dimanakah ruh orang yang sudah meninggal setelah kematian?


واعلم) أن الأرواح على خمسة أقسام: أرواح الأنبياء، وأرواح الشهداء، وأرواح المطيعين، وأرواح العصاة من المؤمنين، وأرواح الكفار.


Ketahuilah, sesungguhnya arwah terbagi kepada 5 golongan


1. Arwah para Nabi 

2. Arwah orang-orang syahid 

3. Arwah orang-orang yang ta'at 

4. Arwah orang-orang yang maksiat dari kalangan orang beriman 

5. Arwah orang-orang kafir


فأما أرواح الأنبياء: فتخرج عن أجسادها، وتصير على صورتها مثل المسك والكافور، وتكون في الجنة، تأكل، وتتنعم، وتأوي بالليل إلى قناديل معلقة تحت العرش.


Arwah para Nabi, setelah keluar dari jasadnya jadi seperti bentuk miski & kafur dan berada dalam surga ,makan dan bernikmat-nikmat pada malam hari mengambil tempat dalam sebuah kandil yang tergantung dibawah 'arasy.

وأرواح الشهداء: إذا خرجت من أجسادها فإن الله يجعلها في أجواف طيور خضر تدور بها في أنهار الجنة، وتأكل من ثمارها، وتشرب من مائها، وتأوي إلى قناديل من ذهب معلقة في ظل العرش، هكذا قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم -.

Adapun arwah orang-orang syahid, apabila keluar dari jasadnya maka Allah SWT akan meletakkan nya dalam perut burung yang berwarna hijau dan terbang diantara sungai-sungai surga,makan dari buah-buahan surga,minum dari minuman surga ,dan mengambil tempat dalam sebuah kandil yang terbuat dari emas dan tergantung di naungan 'arasy, seperti itu lah yang disampaikan oleh Rasulullah Saw.


وأما أرواح المطيعين من المؤمنين: فهي في رياض الجنة، لا تأكل ولا تتنعم، لكن تنظر في الجنة فقط.

Adapun ruh orang-orang ta'at dari golongan orang beriman,maka Allah tempatkan dalam kebun surga ,tidak makan dan tidak menikmati, karena hanya menunggu. 

وأما أرواح العصاة من المؤمنين: فبين السماء والأرض في الهواء.

Adapun ruh orang-orang maksiat dari kalangan orang beriman maka Allah letakkan diudara antara langit dan bumi .


وأما أرواح الكفار: فهي في أجواف طيور سود في سجين، وسجين تحت الأرض السابعة، وهي متصلة بأجسادها، فتعذب أرواحها، فيتألم بذلك الجسد.

كالشمس: في السماء الرابعة، ونورها في الأرض، كما أن أرواح المؤمنين في عليين، متنعمة ونورها متصل بالجنة.


Adapun ruh orang-orang kafir,maka dia berada dalam perut burung yang hitam dalam sijjin,dan sijjin terletak di bawah bumi yang ketujuh dan ruhnya bersambung dengan jasadnya dan ketika ruhnya diazab maka jasad nya pun merasakan kesakitan, seperti matahari yang terletak di langit ke empat dan cahaya nya tembus ke bumi.seperti itu juga ruh orang-orang beriman dan 'illiyin yang bernikmat-nikmat dan cahaya nya bersambung dengan surga.


[البكري الدمياطي ,إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ,2/123]

Bagaimana hukum wudhu bagi wanita HAID?


*PERTANYAAN*

Bagaimana Hukum وضوء bagi wanita yg sedang Haid?


*JAWABAN*


📎 Haram jika wudhu nya diniatkan untuk menghilangkan hadats atau niat untuk ibadah, sehingga menjadi tala'ub (bermain-main) dalam ibadah.

📎 Diperbolehkan jika untuk kebersihan diri (linnadzofah).

📎 Sunnah jika setelah tuntas atau bersih dari haid nya karena disamakan dengan orang yg jubub, seperti sebelum makan, minum, jimak dan tidur.


*REFERENSI*


 *[الرملي، شمس الدين ,نهاية المحتاج إلى شرح المنهاج ,1/330]* 

 وَمِمَّا يَحْرُمُ عَلَيْهَا الطَّهَارَةُ عَنْ الْحَدَثِ بِقَصْدِ التَّعَبُّدِ مَعَ عِلْمِهَا بِالْحُرْمَةِ لِتَلَاعُبِهَا، فَإِنْ كَانَ الْمَقْصُودُ مِنْهَا النَّظَافَةَ كَأَغْسَالِ الْحَجِّ لَمْ يَمْتَنِعْ

 *[النووي، المجموع شرح المهذب، ٣٤٩/٢]* 

(فَرْعٌ)

هَذَا الَّذِي ذَكَرْنَاهُ مِنْ أَنَّهُ لَا تَصِحُّ طَهَارَةُ حَائِضٍ هُوَ فِي طَهَارَةٍ لِرَفْعِ حَدَثٍ سَوَاءٌ كَانَتْ وُضُوءًا أَوْ غُسْلًا وَأَمَّا الطَّهَارَةُ الْمَسْنُونَةُ لِلنَّظَافَةِ كَالْغُسْلِ لِلْإِحْرَامِ وَالْوُقُوفِ وَرَمْيِ الجمرة فمسونة لِلْحَائِضِ بِلَا خِلَافٍ صَرَّحَ بِذَلِكَ أَصْحَابُنَا وَصَرَّحَ بِهِ الْمُصَنِّفُ أَيْضًا فِي أَوَّلِ بَابِ الْإِحْرَامِ


 *[درية العيطة، فقه العبادات على المذهب الشافعي، ١٩٨/١]* 

- 1- تحرم على الحائض والنفساء الطهارة بنية رفع الحدث، أو نية العبادة كغسل الجمعة، أما الطهارة المسنونة للنظافة كالغسل للإحرام وغسل العيد ونحوه من الأغسال المشروعة التي لا تفتقر إلى طهارة فلا تحرم، والدليل عليه قوله صلى الله عليه وسلم لعائشة رضي الله عنها حين حاضت في الحج: (افعلي كما يفعل الحاج غير أن لا تطوفي بالبيت حتى تطهري) (البخاري ج 2/ كتاب الحج باب 80/1567)


 *[الخطيب الشربيني، مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج، ٢٨٠/١]* 

وَرَابِعُهَا: الطَّهَارَةُ لِرَفْعِ الْحَدَثِ فَتَحْرُمُ عَلَيْهَا إذَا قَصَدَتْ التَّعَبُّدَ بِهَا مَعَ عِلْمِهَا بِأَنَّهَا لَا تَصِحُّ لِتَلَاعُبِهَا. أَمَّا الطَّهَارَةُ الْمَقْصُودَةُ لِلتَّنْظِيفِ كَأَغْسَالِ الْحَجِّ، فَإِنَّهَا تَأْتِي بِهَا كَمَا سَيَأْتِي فِي بَابِهِ إنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى


 *[وهبة الزحيلي، الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي، ٢١٨٨/٣]* 

 - يغتسل تنظفاً، أو يتوضأ، والغسل أفضل؛ لأنه أتم نظافة، ولأنه عليه الصلاة والسلام اغتسل لإحرامه (1)، وهو للنظافة لا للطهارة، ولذا تفعله المرأة الحائض والنفساء، لما روى ابن عباس مرفوعاً إلى النبي صلّى الله عليه وسلم: «أن النفساء والحائض تغتسل وتُحرم، وتقضي المناسك كلها، غير أن لا تطوف بالبيت» (2) وأمر النبي صلّى الله عليه وسلم أسماء بنت عميس، وهي نفساء أن تغتسل (3).


 *(الإبانة والإفاضة ،ص، ٥٤)* 

الحادي عشر : 

الطهارة بنية التعبي إذا حاضت المرأة حرم عليها الطهارة بنية التعبد مع عليها بأنها لا تصح، فتأثم؛ لأنها متلاعبة بالعبادة.


(۱) رواه البخاري، كتاب الحيض، باب مباشرة الحائض. (۲) ينظر : بشرى الكريم (ص ١٦٤)، ... «قال الإسنوي : إن بين التعبير بالاستمتاع والمباشرة عموما وخصوصا من وجه، أي لكون المباشرة لا تكون إلا باللمس سواء أكان بشهوة أم لا، والاستمتاع يكون باللمس والنظر ولا يكـون إلا بشهوة». اهـ (نهاية المحتاج» (۱/ ۳۳۱).


وهذا الذي ذكرناه من أنه لا تصح طهارة الحائض هو في طهارة يرفع حدث سواء كانت وضوءا أو غشلًا، وأما الطهارة المسنونة للنظافة كالغسل للإحرام والوقوف ورمي الجمرة نمسنونة للحائض بلا خلاف)، ويدل عليه قول رسول الله لعائشة -رضي الله عنها- حين حاضت : «اصنعي ما يصنع الحاج غير أن لا تطوفي» : رواه البخاري ومسلم).


 *[النووي ,المجموع شرح المهذب ,2/155]* 

[ومن اجنب حرم عليه الصلاة والطواف ومس المصحف وحمله لانا دللنا علي أن ذلك يحرم على المحدث فلان يحرم على الجنب اولى ويحرم عليه قراءة القرآن لِمَا رَوَى ابْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا إنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ (لَا يَقْرَأُ الْجُنُبُ وَلَا الْحَائِضُ شَيْئًا مِنْ القرآن) ويحرم عليه اللبث في المسجد ولا يحرم عليه العبور لقوله تَعَالَى (لا تَقْرَبُوا الصَّلاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ وَلا جُنُبًا إِلا عَابِرِي سبيل) واراد موضع الصلاة وقال في البويطي ويكره له ان ينام حتى يتوضأ لِمَا رُوِيَ أَنَّ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيَرْقُدُ أَحَدُنَا وَهُوَ جنب قال (نعم إذا توضأ احدكم فليرقد) قال أبو على الطبري وإذا اراد ان يطأ أو يأكل أو يشرب توضأ

 *ولا يستحب ذلك للحائض لان الوضوء لا يؤثر في حدثها ويؤثر في حدث الجنابة لانه يخففه ويزيله عن اعضاء الوضوء]*


والله اعلم

SHOLAT JANAZAH PART 9

BAROKAH NGAJI KIYAI SHOLIHIN

TERJEMAH FATHUL MU'IN

SHOLAT JANAZAH 

PART 9

LOMBA pencak silat siswa SDN GARAWANGI tingkat Kabupaten 


وَ يَقُوْلُ فِيْ وَلَدِ الزِّنَا: “اللّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا لِأَمِّهِ”. 

 Untuk mayat kanak kanak hasil zina, doanya diganti dengan ucapan: (اللّهُمَّ اجْعَلْهُ فَرَطًا لِأَمِّهِ) – sampai akhir; “Ya Allah, jadikanlah anak ini sebagai persediaan untuk ibunya”. 📝

 ------------

📝

أي لأنه لا ينسب إلى أب، وإنما ينسب إلى أمه.

Karena anak hasil zina tidak bisa dinasabksn ke bapak, sesungguhnya dinasabkan ke ibunya.

Ianatuttholibin juz hal 128

Nurul ilmi.

-------------

وَ الْمُرَادُ بِالْإِبْدَالِ فِي الْأَهْلِ وَ الزَّوْجَةِ، إِبْدَالُ الْأَوْصَافِ لَا الذَّوَاتِ، لِقَوْلِهِ تَعَالَى: {أَلْحِقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ} وَ لِخَبَرِ الطَّبَرَانِيِّ وَ غَيْرِهِ: “إِنَّ نِسَاءَ الْجَنَّةِ مِنْ نِسَاءِ الدُّنْيَا أَفْضَلُ مِنَ الْحُوْرِ الْعِيْنِ”. اِنْتَهَى.

Yang dimaksud dengan “penggantian ahli keluarga dan istri” adalah penggantian dalam segi sifat-sifatnya, bukan pada dzātnya ( postur tubuh ). Berdasarkan firman Allah yang artinya: “….. dan Kami temukan pada mereka keturunan mereka”, dan hadits yang diriwayatkan oleh Imām ath-Thabrānī dan lainnya: Bahwa wanita-wanita surga yang berasal dari wanita dunia lebih utama daripada bidadari surga. – Habis. –

---------------

ثُمَّ رَأَيْتُ شَيْخَنَا، قَالَ: وَقَوْلُهُ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجَةٍ: لِمَنْ لَا زَوْجَةَ لَهُ - يُصَدَّقُ بِتَقْدِيرِهَا لَهُ أَنْ لَوْ كَانَتْ لَهُ.

Kemudian saya melihat guru kami berkata: Dan perkataanya "dan pasangan yang lebih baik daripada istri": untuk orang yang tidak memiliki istri - dianggap benar jika diperkirakan ia memilikinya..

ويؤخذ منه أنه فيمن مات وهي في عصمته ولم تتزوج بعده، فإن لم تكن في عصمة أحدهم عند موته احتمل القول بأنها تخير، وأنها للثاني.

Dan dapat diambil dari (pernyataan)Abi Darda, ini bahwa bagi orang Lelaki yang meninggal sementara dia (istrinya) masih dalam pernikahannya dan dia tidak menikah lagi setelahnya, jika dia ( wanita ) tidak berada dalam pernikahan salah satu dari mereka saat kematiannya wanita, mungkin dikatakan bahwa dia boleh memilih, dan (mungkin juga dikatakan) bahwa dia (menjadi istri) yang kedua,

ولو مات أحدهم وهي في عصمته، ثم تزوجت وطلقت ثم ماتت، فهل هي للأول أو الثاني؟ ظاهر الحديث أنها للثاني

"Jika salah satu dari mereka meninggal sementara dia (wanita tersebut) masih dalam ikatan pernikahan dengannya, kemudian dia menikah lagi dan bercerai, lalu meninggal, apakah dia (wanita tersebut) milik yang pertama atau yang kedua? Secara lahiriah dari hadis tersebut, dia adalah milik yang kedua."

Ianah Tholibin juz 2 hal 128

Nurul Ilmi

وفي حديث رواه جمع لكنه ضعيف: المرأة منا ربما يكون لها زوجان في الدنيا فتموت ويموتان ويدخلان الجنة، لأيهما هي؟ قال: لأحسنهما خلقا كان عندها في الدنيا. اهـ

"Dan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh beberapa orang tetapi lemah: Seorang wanita dari kita mungkin memiliki dua suami di dunia, kemudian dia meninggal dan keduanya juga meninggal lalu masuk surga. Untuk siapa dia (wanita tersebut)? Dikatakan: Untuk yang paling baik akhlaknya ketika bersamanya di dunia."


Ianah Tholibin juz 2 hal 129

Nurul Ilmi

-------------

(وَ) سَابِعُهَا: (سَلَامٌ) كَغَيْرِهَا (بَعْدَ رَابِعَةٍ)، وَ لَا يَجِبُ فِيْ هذِهِ ذِكْرُ غَيْرِ السَّلَامِ 

(7. Salām – sebagaimana halnya dengan shalat-shalat lain – setelah takbīr yang keempat. Sesudah takbīr ini, tidak ada dzikir yang wajib selain salam. ✅

---------------

أي كسلام غير صلاة الجنازة من الصلوات في

الكيفية، كالالتفات في التسليمة الأولى على يمينه، وفي الثانية على اليسار. وفي العدد، ككونه تسليمتين.

"Setiap salam, selain salam dalam salat jenazah, dari salat-salat lainnya, baik dari segi cara, seperti memalingkan wajah pada salam pertama ke kanan, dan pada salam kedua ke kiri.Dan dari segi jumlah, yaitu terdiri dari dua salam."

Ianah Tholibin juz 2 hal 129

Nurul Ilmi.

---------------

لكِنْ يُسَنُّ: اللَّهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ أَيْ أَجْرَ الصَّلَاةِ عَلَيْهِ، أَوْ أَجْرَ الْمُصِيْبَةِ وَ لَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُ أَيْ بِارْتِكَابِ الْمَعَاصِيْ وَ اغْفِرْ لَنَا وَ لَهُ. ـ

Tetapi (sebelum salām) sunnah berdoa (37): (اللَّهُمَّ لَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ….) dan seterusnya – Ya Allah janganlah Engkau menutup kami dari pahalanya – Maksudnya adalah pahala menshalatinya atau pahala musibah – dan janganlah Engkau turunkan fitnah setelah kematiannya – Maksudnya setelah melakukan maksiat, – dan ampunilah dosa kami dan dosanya – . 

-------------

37)

.أی ولوكان طفلا لأن المغفرة لا تستدعي سبق ذنب ولا بأس بزيادة وللمسلمين

Dan meskipun dia adalah seorang anak kecil, karena ampunan/istighfar tidak memerlukan adanya dosa sebelumnya. Tidak ada salahnya menambahkan "dan untuk kaum Muslimin".

I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 129   

Nurul ilmi

-------------

وَ لَوْ تَخلَّفَ عَنْ إِمَامِهِ بِلَا عُذْرٍ بِتَكْبِيْرَةٍ حَتَّى شَرَعَ إِمَامُهُ فِيْ أُخْرَى بَطَلَتْ صَلَاتُهُ. 

Apabila dalam shalat jenazah ini seseorang tertinggal dari imām satu takbīr tanpa ada ‘udzur✅ sampai sang imam memulai takbīr lainnya, maka batallah shalat ma’mūm tersebut (38). 

 -------------

يفيد أن التخلف بتكبيرة مع العذر - كنسيان، وبطء قراءة، وعدم سماع تكبير، وجهل - يعذر به لا يبطل، بخلاف التخلف بتكبيرتين، ولا يتحقق التخلف بذلك إلا إذا شرع في الرابعة وهو في الأولى، فإنه يبطل، وهذا ما جرى عليه الجمال الرملي.

Ini menunjukkan bahwa keterlambatan satu takbir dengan alasan yang sah - seperti lupa, lambat dalam membaca, tidak mendengar takbir, atau ketidaktahuan - dimaafkan dan tidak membatalkan salat. Berbeda halnya dengan keterlambatan dua takbir, yang menyebabkan salat menjadi batal. Keterlambatan tersebut dianggap terjadi jika imam telah memulai takbir keempat sementara makmum masih pada takbir pertama, maka salatnya batal. Inilah pendapat yang dipegang oleh Jamal Ramli.


38).

وذلك لأن المتابعة لا تظهر في هذه الصلاة إلا بالتكبيرات، فيكون التخلف بها فاحشا، كالتخلف بركعة 

 Sebab mengikuti imām dalam shalat janazah ini tidak dapat tampak, kecuali mengikuti takbīr imām.

 sehingga keterlambatan dalam melakukannya dianggap keterlambatan yang parah, seperti halnya keterlambatan satu rakaat.


 I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 129 

 Nurul ilmi.

--------------

وَ لَوْ كَبَّرَ إِمَامُهُ تَكْبِيْرَةً أُخْرَى قَبْلَ قِرَاءَةِ الْمَسْبُوْقِ الْفَاتِحَةَ تَابَعَهُ فِيْ تَكْبِيْرِهِ، وَ سَقَطَتِ الْقِرَاءَةُ عَنْهُ. 

Apabila sang imām telah memulai takbīr berikutnya, 📝sedang ma’mūm masbūq belum sempat membaca fātiḥah, maka harus mengikuti bertakbīr, dan fātiḥah ( keseluruhan atau sebagian) gugur baginya.

------------

📝

في تكبيرة أخرى، بأن شرع الإمام في الثالثة والمأموم في الأولى، أو شرع في الرابعة والمأموم في الثانية.

Dalam takbir lainnya, apabila imam memulai takbir yang ketiga dan makmum masih dalam takbir yang pertama, atau imam memulai takbir yang keempat dan makmum masih dalam takbir yang kedua.

I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 129 

 Nurul ilmi.

-----------------

وَ إِذَا سَلَمَ الْإِمَامُ تَدَارَكَ الْمَسْبُوْقُ مَا بَقِيَ عَلَيْهِ مَعَ الْأَذْكَارِ. 

 Setelah imāmnya salām, maka bagi ma’mūm masbūq tersebut harus menambah takbīr-takbīr yang belum ia kerjakan beserta dzikir-dzikirnya. 

وَ يُقَدَّمُ فِي الْإِمَامَةِ فِيْ صَلَاةِ الْمَيِّتِ وَ لَوِ امْرَأَةٌ: أَبٌ، أَوْ نَائِبُهُ، فَأَبُوْهُ، ثُمَّ ابْنٌ فَابْنُهُ، ثُمَّ أَخٌ لِأَبَوَيْنِ فَلِأَبٍ، ثُمَّ ابْنُهُمَا، ثُمَّ الْعَمُّ كَذلِكَ، ثُمَّ سَائِرُ الْعَصَبَاتِ، ثُمَّ مُعْتِقٌ، ثُمَّ ذُوْ رَحِمٍ، ثُمَّ زَوْجٌ


Di dalam shalat Jenazah – sekalipun mayatnya seorang wanita yang didahulukan untuk menjadi imām adalah dengan urutan sebagai berikut: Ayah atau gantinya, kakek dari garis laki-laki, anak laki-laki mayat, cucu laki-laki dari garis laki-laki, saudara laki-laki sekandung, saudara laki-laki, saudara laki-laki sekandung, saudara laki-laki seayah, keponakan laki-laki dari kedua mereka, paman seayah, waris ashabah lainnya, orang yang memerdekakan mayat dzaw-il-arḥām, kemudian suami. (39)

----+-------

39).

واعلم أن من ذكر يقدم علی غيره ولو السلطان أو إمام المسجد ولو عصی بتقديمه وذلك لانه حقه

 Urutan-urutan tersebut lebih didahulukan daripada orang lain walaupun sultan atau imām masjid walaupun mayat berwasiyat untuk mendahulukan sulatn atau imam masjid sebab itu adalah haknya. I‘ānat-uth-Thālibīn juz 2 hal. 148. Dār-ul-Fikr.

----------------


MOHON DIKOREKSI DILENGKAPI 

SEMOGA BERMANFAAT

DO'A DAN CARA MENYEMBELIH HEWAN QURBAN

Saturday, June 1, 2024

KAIFIYAT TATACARA MANDI WAJIB YANG MENCAKUP WUDHU, BAGAIMANAKAH?

 📎 TATACARA MANDI WAJIB YANG MENCAKUP WUDHU

P5 SPENTWOGAR BERSINERGI 

1- Basuh qubul-dubur dengan niat menghilangkan hadats besar "secara khusus". Pas basuh dubur niat "saya niat menghilangkan hadats besar khusus pada dubur". Dan pas basuh qubul niat "saya niat menghilangkan hadats besar khusus pada qubul." 


Kalau ingin niat bahasa Arab :

• Saat basuh Qubul :

نَوَيْت رفعَ الْحَدثِ الْأَكْبَر عَن القُبُلِ بِخُصُوصِهِ


• Saat basuh Dubur :

نَوَيْت رفعَ الْحَدثِ الْأَكْبَر عَن الدبر بِخُصُوصِهِ


2. Setelah itu jangan lagi memegang qubul dubur, karena itu bisa membatalkan wudhu yg nanti mandinya dinilai tidak lagi mencakup wudhu. Juga jangan sampai ada yang batalin wudhu selama proses mandi, seperti kencing, kentut dll. Kalau kencing lakukanlah sebelum proses mandi wajib.


3. Setelah basuh qubul dubur secara khusus kemudian basuh seluruh badan lain (selain qubul dubur) dengan niat menghilangkan hadats besar pada seluruh tubuh seperti yang telah lumrah di ketahui. Misal "saya niat menghilangkan hadats besar pada badan saya fardhon lillahi ta'ala". 


Atau kalau ingin yang bahasa Arab :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ اْلأَكْبَرِ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى


o0o

Jika sesuai ketentuan nomor satu sampai tiga ini, maka mandi wajibnya sudah mencakup wudhu. Nantinya sehabis mandi wajib, tidak wudhu, langsung shalat, maka sudah sah, walaupun tidak wudhu sama sekali saat mandi.


Keterangan: Tulisan ini hanya berfokus membahas mandi wajib yang mencakup wudhu. Tidak membahas kesunahan dalam mandi wajib dll. karena khawatir kepanjangan.

Referensi: Nihayatuz Zain & Hasyiyah Bujairomi


ثمَّ الِاغْتِسَال عَن الْحَدث الْأَكْبَر إِمَّا بالانغماس أَو بالصب أَو بالاغتراف من المَاء فَإِن كَانَ بالانغماس فَالْأَمْر ظَاهر وَإِن كَانَ بالصب فيبقي للمغتسل مُرَاعَاة مَحل الِاسْتِنْجَاء لِأَنَّهُ رُبمَا لَا يصل إِلَيْهِ مَاء الصب فَيَنْبَغِي عَلَيْهِ الْحَدث الْأَكْبَر فَيحْتَاج إِلَى غسله آخرا

فَإِن مَسّه بِبَطن كَفه من غير حَائِل انْتقض وضوؤه وَإِن لف على يَده خرقَة مثلا فَفِيهِ كلفة والمخلص من ذَلِك أَنه بعد فرَاغ الِاسْتِنْجَاء يَنْوِي رفع الْحَدث الْأَكْبَر مَعَ صب المَاء على الْمحل وَهَذِه الْمَسْأَلَة تسمى الدقيقة

لَكِن إِذا أطلق النِّيَّة فَإِن الْحَدث الْأَكْبَر يرْتَفع عَن مَحل الِاسْتِنْجَاء وَعَن بَاطِن كف المغتسل لملاقاة ذَلِك للْمَاء حَال النِّيَّة ويرتفع الْحَدث الْأَصْغَر عَن بَاطِن الْكَفّ فِي ضمن ارْتِفَاع الْحَدث الْأَكْبَر

ثمَّ يعود الْحَدث الْأَصْغَر على بَاطِن الْكَفّ بِمَسّ حَلقَة الدبر فَيحْتَاج المغتسل إِلَى إفَاضَة المَاء على بطن كَفه بنية رفع الْحَدث الْأَصْغَر عَنهُ بعد رفع حدث وَجهه وَإِنَّمَا قُلْنَا بعد رفع حدث وَجهه لوُجُوب التَّرْتِيب فِي الْحَدث الْأَصْغَر إِذا لم يكن ارتفاعه فِي ضمن الْأَكْبَر وَحدث الْكَفّ فِي هَذِه الْحَالة لَيْسَ فِي ضمن الْأَكْبَر فيراعى فِيهِ التَّرْتِيب وَالْمُسلم من هَذِه الورطة أَن يُقيد النِّيَّة بِأَن يَقُول نَوَيْت رفع الْحَدث الْأَكْبَر عَن مَحل الِاسْتِنْجَاء بِخُصُوصِهِ ثمَّ يَأْتِي بنية أُخْرَى لباقي بدنه وَهَذِه تسمى دقيقة الدقيقة فمجموع الْمَسْأَلَتَيْنِ يُسمى الدقيقة ودقيقة الدقيقة

[نووي الجاوي ,نهاية الزين ,30]


قَوْلُهُ: (يَنْبَغِي لَهُ) أَيْ يُنْدَبُ إلَخْ. وَتَرْتَفِعُ الْجَنَابَةُ عَنْ كَفِّهِ وَعَنْ مَحَلِّ الِاسْتِنْجَاءِ أَيْ: إذَا نَوَى رَفْعَ الْجَنَابَةِ عَنْهُمَا أَمَّا الْحَدَثُ الْأَصْغَرُ فَهُوَ بَاقٍ عَلَى كَفِّهِ بِمَسِّهِ حَالَ النِّيَّةِ النَّاقِضِ اهـ. قَالَ ابْنُ حَجَرٍ: فَيَحْتَاجُ إلَى غَسْلِ كَفِّهِ بَعْدَ ذَلِكَ أَيْ بَعْدَ رَفْعِ حَدَثِ الْوَجْهِ بِنِيَّةٍ مُعْتَبَرَةٍ مِنْ نِيَّاتِ الْوُضُوءِ لِتَعَذُّرِ الِانْدِرَاجِ حِينَئِذٍ، فَإِنَّ جَنَابَةَ الْيَدِ ارْتَفَعَتْ ثُمَّ طَرَأَ الْحَدَثُ الْأَصْغَرُ عَلَيْهَا بِالْمَسِّ أَيْ: فَالشَّرْطُ أَنْ لَا يُقَدِّمَ غَسْلَ كَفَّيْهِ عَلَى الْوَجْهِ فَلَوْ أَخَّرَهُ بِالْكُلِّيَّةِ عَنْ غَسْلِ جَمِيعِ الْأَعْضَاءِ، وَنَوَى كَفَى فَتَأَمَّلْ م د.

وَقَالَ شَيْخُنَا الْعَشْمَاوِيُّ: وَهَذِهِ الْمَسْأَلَةُ تُسَمَّى بِالدَّقِيقَةِ أَوْ دَقِيقَةِ الدَّقِيقَةِ، فَالدَّقِيقَةُ النِّيَّةُ عِنْدَ غَسْلِ مَحَلِّ الِاسْتِنْجَاءِ، وَدَقِيقَةُ الدَّقِيقَةِ بَقَاءُ الْحَدَثِ الْأَصْغَرِ عَلَى كَفِّهِ، وَهَذَا إذَا نَوَى رَفْعَ الْحَدَثِ الْأَكْبَرِ عَنْ الْمَحَلِّ وَالْيَدِ مَعًا أَوْ أَطْلَقَ، فَإِنْ نَوَى رَفْعَ الْجَنَابَةِ عَنْ الْمَحَلِّ فَقَطْ فَلَا يَحْتَاجُ إلَى نِيَّةِ رَفْعِ حَدَثٍ أَصْغَرَ عَنْهَا؛ لِأَنَّ الْجَنَابَةَ لَمْ تَرْتَفِعْ عَنْهَا فَهَذَا مُخَلِّصٌ لَهُ مِنْ غَسْلِ يَدِهِ ثَانِيًا اهـ.

[البجيرمي، حاشية البجيرمي على الخطيب = تحفة الحبيب على شرح الخطيب، ٢٣٩/١]

HUKUM AIR MINERAL DI GUNAKAN UNTUK BERSUCI, BAGAIMANAKAH?

 *HUKUM AIR MINERAL DI GUNAKAN UNTUK BERSUCI* 


Pertanyaan:

Apakah sah berwuduk atau bersuci menggunakan air mineral dalam kemasan botol/gelas contoh air mineral AQUA...? 

sekian trimakasih


Jawab:

Boleh berwudhu memakai air mineral atau aqua atau sejenisnya.

Jika ada ulama yang tidak memperbolehkannya itu karena memandang AQUA itu musabbal lissyurbi, hanya diperuntukkan untuk diminum. Kalau saya melihat tidak demikian, aqua itu peruntukannya bebas, boleh untuk cuci muka ataupun nyiram tanaman. Coba tanya ke pabrik aqua, boleh nggak jika aqua dipakai selain diminum.

Muhtarom atau tidak itu sangat kondisional. Di daerah yang kesulitan air minum, berwudlu dengan aqua bisa disebut tindakan tabdzir dan berlebihan. Namun di daerah dimana air bersih tersedia berlimpah tentu bukan masalah berwudlu dengan Aqua. Kalau di kereta dimana air selain air kemasan sulit didapat, maka berwudlu dengan aqua adalah hal lumrah yang jauh dari nilai makruh apalagi haram. Tapi saat air gratis berlimpah dan tak mengandung mudarat maka berwudlu dengan aqua bisa menjadi makruh bahkan haram.


📖فتح القريب المجيب باب المياه


والقسم الثالث طاهر في نفسه غير مطهر لغيره وهو الماء المستعمل في رفع أو إزالة نجس ان لم يتغير ولم يزد وزنه بعد انفصاله عما كان بعد اعتبار ما يتشربه المغسول من الماء والمتغير أي ومن هذا القسم الماء المتغير أحد أوصافه بما أي بشيء خالطه من الطاهرات تغيرا يمنع اطلاق اسم الماء عليه فإنه طاهر غير طهور حسيا كان التغير أو تقديريا كان اختلط بالماء ما يوافقه في صفاته كماء الورد المنقطع الرائحة والماء المستعمل فان لم يمنع اطلاق اسم الماء عليه بأن كان تغيره بالطاهر يسيرا أو بما يوافق الماء في صفاته وقدر مخالفا ولم يغيره فلا يسلب طهوريته فهو مطهر لغيره واحترز بقوله خالطه عن الطاهر المجاور له فإنه باق على طهوريته ولو كان التغير كثيرا وكذا المتغير بمخالط لايستغنى الماء عنه كطين وطحلب وما في مقره وممره والمتغير بطول المكث فإنه طهور.


📖إعانة الطالبين حاشية فتح المعين ج ١


(ﻗﻮﻟﻪ: ﻳﺤﺮﻡ اﻟﺘﻄﻬﺮ ﺑﺎﻝﻣﺴﺒﻞ ﻟﻠﺸﺮﺏ) ﺃﻱ ﺃﻭ ﺑﺎﻟﻤﺎء اﻟﻐﺼﻮﺏ، ﻭﻣﻊ اﻟﺤﺮﻣﺔ ﻳﺼﺢ اﻟﻮﺿﻮء. (ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻛﺬا ﺑﻤﺎء ﺟﻬﻞ ﺣﺎﻟﻪ) ﺃﻱ ﻭﻛﺬﻟﻚ ﻳﺤﺮﻡ اﻟﺘﻄﻬﺮ ﺑﻤﺎء ﻟﻢ ﻳﺪﺭ ﻫﻞ ﻫﻮ ﻣﺴﺒﻞ ﻟﻠﺸﺮﺏ ﺃﻭ ﻟﻠﺘﻄﻬﺮ. ﻭﺳﻴﺬﻛﺮ اﻟﺸﺎﺭﺡ ﻓﻲ ﺑﺎﺏ اﻟﻮﻗﻒ ﺃﻧﻪ ﺣﻴﺚ ﺃﺟﻤﻞ اﻟﻮاﻗﻒ ﺷﺮﻃﻪ اﺗﺒﻊ ﻓﻴﻪ اﻟﻌﺮﻑ اﻟﻤﻄﺮﺩ ﻓﻲ ﺯﻣﻨﻪ ﻷﻧﻪ ﺑﻤﻨﺰﻟﺔ ﺷﺮﻁ اﻟﻮاﻗﻒ.

ﻗﺎﻝ: ﻭﻣﻦ ﺛﻢ اﻣﺘﻨﻊ ﻓﻲ اﻟﺴﻘﺎﻳﺎﺕ اﻝﻣﺴﺒﻞﺓ ﻏﻴﺮ اﻟﺸﺮﺏ ﻭﻧﻘﻞ اﻟﻤﺎء ﻣﻨﻬﺎ ﻭﻟﻮ ﻟﻠﺸﺮﺏ.


ﺛﻢ ﻗﺎﻝ: ﻭﺳﺌﻞ اﻟﻌﻼﻣﺔ اﻟﻄﻨﺒﺪاﻭﻱ ﻋﻦ اﻟﺠﻮاﺑﻲ ﻭاﻟﺠﺮاﺭ اﻟﺘﻲ ﻋﻨﺪ اﻟﻤﺴﺎﺟﺪ ﻓﻴﻬﺎ اﻟﻤﺎء ﺇﺫا ﻟﻢ ﻳﻌﻠﻢ ﺃﻧﻬﺎ ﻣﻮﻗﻮﻓﺔ ﻟﻠﺸﺮﺏ ﺃﻭ ﻟﻠﻤﻮﺿﻮء ﺃﻭ اﻟﻐﺴﻞ اﻟﻮاﺟﺐ ﺃﻭ اﻟﻤﺴﻨﻮﻥ ﺃﻭ ﻏﺴﻞ اﻟﻨﺠﺎﺳﺔ؟. ﻓﺄﺟﺎﺏ: ﺃﻧﻪ ﺇﺫا ﺩﻟﺖ ﻗﺮﻳﻨﺔ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ اﻟﻤﺎء ﻣﻮﺿﻮﻉ ﻟﺘﻌﻤﻴﻢ اﻻﻧﺘﻔﺎﻉ ﺟﺎﺯ ﺟﻤﻴﻊ ﻣﺎ ﺫﻛﺮ، ﻣﻦ اﻟﺸﺮﺏ ﻭﻏﺴﻞ اﻟﻨﺠﺎﺳﺔ ﻭﻏﺴﻞ اﻟﺠﻨﺎﺑﺔ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ. ﻭﻣﺜﺎﻝ اﻟﻘﺮﻳﻨﺔ ﺟﺮﻳﺎﻥ اﻟﻨﺎﺱ ﻋﻠﻰ ﺗﻌﻤﻴﻢ اﻻﻧﺘﻔﺎﻉ ﺑﺎﻟﻤﺎء ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﻧﻜﻴﺮ ﻣﻦ ﻓﻘﻴﻪ ﻭﻏﻴﺮﻩ، ﺇﺫ اﻟﻈﺎﻫﺮ ﻣﻦ ﻋﺪﻡ اﻟﻨﻜﻴﺮ ﺃﻧﻬﻢ ﺃﻗﺪﻣﻮا ﻋﻠﻰ ﺗﻌﻤﻴﻢ اﻻﻧﺘﻔﺎﻉ ﺑﺎﻟﻤﺎء ﺑﻐﺴﻞ ﻭﺷﺮﺏ ﻭﻭﺿﻮء ﻭﻏﺴﻞ ﻧﺠﺎﺳﺔ، ﻓﻤﺜﻞ ﻫﺬا ﺇﻳﻘﺎﻉ ﻳﻘﺎﻝ ﺑﺎﻟﺠﻮاﺯ. ﻭﻗﺎﻝ: ﺇﻥ ﻓﺘﻮﻯ اﻟﻌﻼﻣﺔ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﺎﻣﺨﺮﻣﺔ ﻳﻮاﻓﻖ ﻣﺎ ﺫﻛﺮﻩ.

اﻩ.

والله اعلم بالصواب



"Kapan makan lebih utama dari pada sholat?

 *"Kapan makan lebih utama dari pada sholat?*

"Yaitu ketika hidangan sdh datang, tiba tiba adzan berkumandang, sdngkn perut keroncongan, maka Ibh utama makan dulu, bahkan makruh jika mendahulukan sholat menurut jumhur ulama' (mayoritas ulama').


Kenapa lebih utama makan terlebih dahulu? "Karna sholat dalam keadaan lapar dapat mengurangi kekhusyu'an."

(يُذْهِبُ كَمَالَ الْخُشُوع)

Nb: hukum ini berlaku jika waktu sholat masih panjang, adapun jika waktu sholat sudah sempit, maka wajib mendahulukan sholat dari pada makan.

Referensi:

نيل الأوطار ج ۲ ص ٨ مكتبة الشاملة باب تقديم العشاء إذا حضر على تعجيل صلاة المغرب - عن أنس أن النبي - صلى الله عليه وسلم - قال: «إذا قدم العشاء فابدءوا به قبل صلاة المغرب، ولا تعجلوا عن عشائكم - وعن عائشة عن النبي - صلى الله عليه وسلم - قال: «إذا أقيمت الصلاة وحضر العشاء فابدءوا بالعشاء) » 446 - ( وعن ابن عمر قال: قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم -: إذا وضع عشاء أحدكم وأقيمت الصلاة فابدءوا بالعشاء ولا تعجل حتى تفرغ منه متفق عليهن وللبخاري وأبي داود " وكان ابن عمر يوضع له الطعام، وتقام الصلاة فلا يأتيها حتى يفرغ، وإنه يسمع قراءة الإمام ")


 "Bab mendahulukan makan sore ketika telah datang daripada bersegera sholat maghrib " Hadis nomor 444 dari Anas sesungguhnya Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda: " ketika makan sore telah di datangkan maka mulailah dengannya sebelum sholat magrib, dan janganlah tergesa gesa dengan makan sore kalian."

Hadis no 445 dari Aisyah dari Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda: " ketika sholat telah di iqomati dan datang makan sore maka mulailah dengan makan sore ".

Hadis no 446 dari ibnu umar berkata: Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bersabda: "ketika makan sore kalian telah diletakkan dan sholat telah di iqomati maka mulailah dengan makan sore dan janganlah tergesa gesa hingga selesai dari makan sore." Semua hadis tersebut adalah muttafaq alaih. Sedang riwayat dari al bukhori dan abu dawud dengan redaksi : " adalah ibnu umar diletakkan padanya makanan dan sholat telah di iqomati maka ibnu umar tidak mendatangi sholat hingga selesai (makan) dan sungguh ibnu umar mendengar bacaannya imam ". (Nailul authar juz 2 hal 8 maktabah syamilah)

شرح النواوي على مسلم ج ٥ ص ٥٤ مكتبة الشاملة باب كراهة الصلاة بحضرة الطعام الذي يريد أكله في الحال) وكراهة الصلاة مع مدافعة الحدث ونحوه

قوله صلى الله عليه وسلم إذا حضر العشاء وأقيمت الصلاة فابدوا بالعشاء وفي رواية إذا قرب العشاء وحضرت الصلاة فابدوا به قبل أن تصلوا صلاة المغرب ولا تعجلوا عن عشائكم الى.. رواية لا صلاة بحضرة طعام ولا وهو يدافعه الأخبثان في هذه الأحاديث كراهة الصلاة بحضرة الطعام الذي يريد أكله لما فيه من اشتغال القلب به وذهاب كمال الخشوع وكراهتها مع مدافعة الأخبثين وهما البول والغائط ويلحق بهذا ما كان في معناه مما يشغل القلب ويذهب كمال الخشوع وهذه الكراهة عند جمهور أصحابنا وغيرهم إذا صلى كذلك وفي الوقت سعة فإذا ضاق بحيث لو أكل أو تطهر خرج وقت الصلاة صلى على حاله محافظة على حرمة الوقت ولا يجوز تأخيرها

"Nabi muhammad SAW mengatakan:ketika makan sore telah datang dan sholat telah di iqomati maka mulailah dengan makan sore.

Dlm riwayat lain: " ketika makan sore dekatkan dan sholat datang maka mulailah dengan makan sore sebelum sholat magrib dilaksanakan dan janganlah tergesa-gesa dengan makan sore kalian " Dlm riwayat lain " ketika makan sore salah seorang diantara kalian telah diletakkan dan sholat di iqomati maka mulailah dengan makan sore dan jangan tergesa gesa hingga selesai darinya."

Dlm riwayat lain: " tiada sholat dengan hadirnya makanan dan tiada sholat sedangkan dia menahan kencing dan kotoran ".

Dlm hadist2 ini menunjukkan makruhnya sholat ketika makanan telah hadir dan dia menginginkan untuk memakannya, karena bisa menimbulkan kesibukan dalam hati dan menghilangkan kesempurnaan kekhusyu'an, serta makruhnya sholat bagi org yg menahn kencing dan kotoran.

Kemakruhn ini menurut jumhur ulama' adalah ktika wktu sholatnya masih luas, maka ketika waktunya sudah sempit maka wajib mendahulukan sholat. wallahu a'lam

 
Copyright © 2014 anzaaypisan. Designed by OddThemes